Mitsubishi Indo Usulkan Xpander 1.300 cc ke Prinsipal Buat Tantang Avanza

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
fabreguz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 832
Joined: Mon Jan 17, 2011 6:32
Location: Paragon City

Mitsubishi Indo Usulkan Xpander 1.300 cc ke Prinsipal Buat Tantang Avanza

Post by fabreguz »

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/ ... ang-avanza
Jakarta, CNN Indonesia -- Mitsubishi Indonesia berniat menambah varian baru Xpander bermesin 1.300 cc. Tambahan opsi tersebut diyakini Mitsubishi dapat mengerek penjualan Xpander hingga mampu mengalahkan rivalnya, Toyota Avanza yang ditawarkan mesin 1.500 cc dan 1.300 cc.

Kepala Grup Penjualan dan Pemasaran Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Imam Choeru Cahya mengatakan pihaknya sudah menyampaikan ide tersebut kepada prinsipal.

"Kami sih menginformasikan ke prinsipal mengenai kondisi pasar yang ada. Dan dari MMC (Mitsubishi Motors Corporation) juga sering turun ke bawah untuk mendengar langsung permintaan seperti apa," kata Imam di BSD, Tangerang, Jumat (25/1).

Imam menyampaikan pilihan mesin lebih kecil perlu buat mendongkrak penjualan Xpander. Hal tersebut berkaca pada penjualan Avanza sebanyak 82.167 unit pada 2018 yang mayoritas 1.300cc.

Sementara itu sepanjang 2018, Xpander terjual 75.075 unit hanya dari satu pilihan mesin, 1.500 cc.

"Kami juga sadar 1.3 ini paling banyak dikonsumsi oleh fleet konsumen. Nah ini cukup banyak dan sudah terdengar oleh prinsipal. Tapi ga tau, masih study," ungkap Imam.

Imam menuturkan dari ide yang sudah disampaikan tersebut, prinsipal hingga kini belum menentukan pilihan. Menurut dia hal tersebut tentu harus dipikirkan matang-matang, mengingat Xpander sudah jadi produk global.

"Respon (prinsipal) masih belum. Peluang ada, tapi tetap yang menentukan prinsipal. Yang jelas kami udah melaporkan, mungkin mereka punya pertimbangan lain, karena Xpander ini global produk," kata Imam.

Sembari menunggu keputusan mesin baru untuk Xpander, pihaknya kini fokus menggarap konsumen 'kasta atas' pada kelas Low Multi Purpose Vehicle (MPV) di Tanah Air.

"Kami masih konsentrasi bagaimana menggarap konsumen 1.5 ini. Walau kami ke fleet, ini segmennya bukan yang low grade, tapi ke medium MPV," ujarnya.

Raja Low MPV 1.500 cc

Kendati kalah keseluruhan dari Avanza, Imam mengatakan Mitsubishi bangga sebab Xpander merupakan mobil 1.500 cc terlaris di Indonesia.

"Kami (pangsa pasar Low MPV) 1.5 hampir 45 persen. Nah kalau dihitung Avanza dan Xenia, mereka itu dihitung punya mesin 1.3 dan 1.5. Nah kue paling banyak dari Toyota ini 1.3. Dan kami tidak punya itu," kata Imam.

Buat tahun ini, Imam mengungkap pihaknya bakal memberi kejutan melalui penyegaran Xpander. Meski begitu belum ada informasi detail yang dibeberkan. (ryh/fea)
slain nisssin jren lipina berbasis xvender ternyata diem2 ada usulan xvender enjin 1300 cc ke miksubiji jepang :mky_03: :mky_01:
kalo usulan miksubiji endo ini dikabulkan oleh prinsipal jepang, wah bener2 smakin seru n sengit pertempuran antara xvender dgn papanja di segmen lou empivi 1300-1500 cc
saat ini utk papanja enjin 1500 cc udah bertekuk lutut di hadapan xvender
papanja cenggo cc hanya terjual sbanyak 18.822 unit vs xvender sebanyak 75.772 unit
yg brarti lou empivi cenggo terlaris di endo adalah xvender :mky_08: :mky_02:
dan bener bahwa papanja 1300 cc manual adalah yg terlaris karna mayoritas fleet konsumen dan ini yg hendak langsung disasar oleh miksubiji endo yg tetapi tetap menunggu respon yes or no dari prinsipal jepang nya

https://www.viva.co.id/otomotif/mobil/1 ... an-xpander

jika xvender bener2 masuk ke 1300 cc , sperti apa langkah toyodai selanjut nya ?: :big_think: :big_grin:
mungkin harus mempercepat peluncuran unit produksi dn multi 6 utk antisipasi perubahan pasar lou empivi

cmn kalo newbie tok sperti saya berharap enjin xvender jgn downgrade ke 1300 cc, takut nya underpowered dgn body xvender yg jauh lbih berat gede dari papanja :big_chicken: :big_slap:
lha wong ol niu ertelu aja naikin semua kubikasi enjin dijel dan bensin ke 1500 cc dari yg semula 1300 cc n 1400 cc
malah lbih berharap kalo dinaikin kubikasi enjin xvender bensin ke 1800 cc ato varian enjin dijel 1500 cc turbo metik :big_exellent: :big_exellent:
ato jangan2 utk enjin kubkasi di atas 1500 cc akan diambil oleh nissin lavender yg akan meluncur di endo taon ini :big_think: :big_think:

bagimana dgn pendapat master2 di sini ?

:big_deal: :big_okay: :thanks:
Don't Imageate
quyquy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08

Re: Mitsubishi Indo Usulkan Xpander 1.300 cc ke Prinsipal Buat Tantang Avanza

Post by quyquy »

Mau ketawa takut dosa.. :big_childish:

Lha 1300cc ngegendong bodi yang gedenya ampir sama ama kijang kapsul, nggak bisa ngebanyangin gimana kuatnya itu mobil di tanjakan.
Yang pada akhirnya buat ngurangin bobot peredam dilepasin, karpet ditipisin, material jok disunat lebih enteng.
Sama halnya kayak si Confero 1200..
Okelah si kijang kapsul dulu tenaga seuprit. Tapi jangan salah torsinya gede dan bisa diraih di rpm cukup rendah kayak diesel. Belum lagi girboks dan final gearnya yang enteng. Jd walau HP rendah tpi torsi cukup gede buat menghela bodi bongsornya.

Makanya si duo kembar bodinya nggak digedein. Soalnya masih ada mesin 1300.
Walau sebenernya sih kalo ane bilang dimensi si duo kembar itu uda yang paling ideal buat selip2 di mostly jalan2 sempit Indonesia.
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Mitsubishi Indo Usulkan Xpander 1.300 cc ke Prinsipal Buat Tantang Avanza

Post by Pugman »

Bisa jadi strategi yang menarik untuk dipertimbangkan, jadi nanti lineup Mitsu itu Xpander 1300 dan 1500cc lalu Nissan pakai 1500 dan 1800cc diadakan kembali. Jadi sebaran targetnya makin lebar..

Permasalahannya, mau dikasih harga berapa? Karena disegment ini menurut saya lebih price sensitif, mau dipotong berapa banyak fitur yang 1300cc, dalam skala produksi masal, biaya produksi mesin 1300cc dan 1500cc kalau sama 4silinder itu bisa dibilang ga beda jauh. Kecuali pakai basis mesin Nissan March atau Mirage, 3 silinder yang di stroke up atau bore up jadi 1300cc. Kalau ngejar torsi ya di stroke up.
sammyjimun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 207
Joined: Tue Jul 12, 2016 0:38

Re: Mitsubishi Indo Usulkan Xpander 1.300 cc ke Prinsipal Buat Tantang Avanza

Post by sammyjimun »

1. kira2 mau pake mesin apa? kya nya yg masih pake enjin 1.3 ya miras/mars, 3 stroker, klo ngembangin baru kya nya kemahalan
2. konsumen fleet ngambil papansa krn yg paling abusable diantara low mpv, apa esbelnder mampu?
3. mau bikin kopong ala transmover kah spy bisa ngimbangin enjin 1.3, yg sayangnya transmover pun kurang laku buat cust fleet, cm BB kaya nya yg pake, itupun cerita supir BB mau d stop krn cust sering komplain krn suspensinya keras (mungkin cust terbiasa pke unit mobiliong)
User avatar
Duvebriliant0
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 789
Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
Daily Vehicle: 4 Banger

Re: Mitsubishi Indo Usulkan Xpander 1.300 cc ke Prinsipal Buat Tantang Avanza

Post by Duvebriliant0 »

Eeh tiba tiba avanza ada yg versi dijel
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow

NCP91R
TGN140R
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Mitsubishi Indo Usulkan Xpander 1.300 cc ke Prinsipal Buat Tantang Avanza

Post by Winz »

Daripada ngejar pasar Fleet kenapa Mitsubishi ga kejar pasar lain aja ya?

Toh Fleet mau yang terbukti Abusable, esblender juga blm terbukti

Macam pasar Small Crossover 5-seater yang didominasi oleh HR-V

mosok cuma andelin Low MPV dan Mid SUV aja di Indo DM
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1068
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: Mitsubishi Indo Usulkan Xpander 1.300 cc ke Prinsipal Buat Tantang Avanza

Post by Zaxis »

Cocok lah bikin versi kopongan pake velg kaleng
Nti yg konsumen kan bisa beli asesoris sendiri trus dimasukin yutub modif expander kopong jd ultimate
albertsimm
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Mon Jun 04, 2018 8:13
Location: Medan

Re: Mitsubishi Indo Usulkan Xpander 1.300 cc ke Prinsipal Buat Tantang Avanza

Post by albertsimm »

Kalo xpander pake mesin 1.3 untuk menggendong body besarnya akan seperti wuling cortez 1.5 yang akselerasi 0-100 diraih dalam 19 detikan.
marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44

Re: Mitsubishi Indo Usulkan Xpander 1.300 cc ke Prinsipal Buat Tantang Avanza

Post by marama »

g yakin lari nya enak kl 1300, nanti bisa jadi mirip cortez 1500cc yg akslerasi 0-100 nya sampai 19,8 detik (data otodriver) bodi besar cc kecil. Better focus di tipe sekarang aja dan meningkatkan aftersales.
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Mitsubishi Indo Usulkan Xpander 1.300 cc ke Prinsipal Buat Tantang Avanza

Post by martinnn »

mending 1.0 T.... :lol:...... :mky_05:
:big_biglaugh:
sudahlah
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Thu Jan 03, 2019 6:50
Location: Jakarta Timur

Re: Mitsubishi Indo Usulkan Xpander 1.300 cc ke Prinsipal Buat Tantang Avanza

Post by sudahlah »

Mending bikin yang 1.200 cc sekalian buat nyaingin calsig tapi pake body yang baru dan mesin yang seimbang menghadapi calsig.. Sekarang datgo+ udah ga ada perlawanan berarti ke calsig.. Pernah naik calsig duduk di depan ternyata not bad.. Tuas transmisi ada dashboard yang sienta aja ga disitu.. Kalo ngejar 1.300 cc dengan body yang sekarang sih kayaknya sulit ya..
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1561
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Mitsubishi Indo Usulkan Xpander 1.300 cc ke Prinsipal Buat Tantang Avanza

Post by lemonadelovers »

Mending usul k prinsipal bikin MPV pakai mesin old pajero sport dgn sasisnya pajero sport

Pakai taktik IMV toyota

Mesin bensinnya pakai punya Outlander
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
impactful
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 446
Joined: Tue Jan 09, 2018 1:09
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2023 27 kWh powerbank on a wheel

Re: Mitsubishi Indo Usulkan Xpander 1.300 cc ke Prinsipal Buat Tantang Avanza

Post by impactful »

1.2 + forced induction...
sepertinya lebih powerful dan (mungkin) ekonomis
1x1 XM 2023 | 1 Speed Direct Drive 26.7 kWh
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Mitsubishi Indo Usulkan Xpander 1.300 cc ke Prinsipal Buat Tantang Avanza

Post by b8099ok »

4n13 plis,... 6at iz enough :ngacir:
FWD + eRWD + 4WD + 4WD = :big_cat:
Astargea
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Sat Mar 31, 2018 14:14

Re: Mitsubishi Indo Usulkan Xpander 1.300 cc ke Prinsipal Buat Tantang Avanza

Post by Astargea »

Daripada Xpander 1.3, mending Mitsubishi discover ke segmen lebih atas atau lebih bawah. Misalnya pesaing Calsig atau pesaing Innova. Lebih mudah bikin pesaing Innova, tinggal pakai platform Pajero Sport dengan bodi baru, dibuat lebih empuk, lebih ceper dan lebih lega, pakai mesin milik Dakar dan pilihan mesin bensin Outlander Sport, dijamin Innova nangis darah...
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Mitsubishi Indo Usulkan Xpander 1.300 cc ke Prinsipal Buat Tantang Avanza

Post by ak4ng »

Astargea wrote: Fri Feb 01, 2019 17:38 Daripada Xpander 1.3, mending Mitsubishi discover ke segmen lebih atas atau lebih bawah. Misalnya pesaing Calsig atau pesaing Innova. Lebih mudah bikin pesaing Innova, tinggal pakai platform Pajero Sport dengan bodi baru, dibuat lebih empuk, lebih ceper dan lebih lega, pakai mesin milik Dakar dan pilihan mesin bensin Outlander Sport, dijamin Innova nangis darah...
Idem, pesaing innova basic anps, pake mesin old Dakar atau delica :big_smoking: jauh lebih masuk akal :off_good:
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Mitsubishi Indo Usulkan Xpander 1.300 cc ke Prinsipal Buat Tantang Avanza

Post by ginting »

b8099ok wrote: Fri Feb 01, 2019 16:20 4n13 plis,... 6at iz enough :ngacir:
NO need for 4n13....
1.3 N/A with FRD fluid is enough !!! :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07:
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Mitsubishi Indo Usulkan Xpander 1.300 cc ke Prinsipal Buat Tantang Avanza

Post by b8099ok »

ginting wrote: Mon Feb 04, 2019 9:39
b8099ok wrote: Fri Feb 01, 2019 16:20 4n13 plis,... 6at iz enough :ngacir:
NO need for 4n13....
1.3 N/A with FRD fluid is enough !!! :mky_07: :mky_07: :mky_07: :mky_07:
FRD fluid :big_love:
FWD + eRWD + 4WD + 4WD = :big_cat:
sudahlah
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 67
Joined: Thu Jan 03, 2019 6:50
Location: Jakarta Timur

Re: Mitsubishi Indo Usulkan Xpander 1.300 cc ke Prinsipal Buat Tantang Avanza

Post by sudahlah »

ak4ng wrote: Sat Feb 02, 2019 6:12
Astargea wrote: Fri Feb 01, 2019 17:38 Daripada Xpander 1.3, mending Mitsubishi discover ke segmen lebih atas atau lebih bawah. Misalnya pesaing Calsig atau pesaing Innova. Lebih mudah bikin pesaing Innova, tinggal pakai platform Pajero Sport dengan bodi baru, dibuat lebih empuk, lebih ceper dan lebih lega, pakai mesin milik Dakar dan pilihan mesin bensin Outlander Sport, dijamin Innova nangis darah...
Idem, pesaing innova basic anps, pake mesin old Dakar atau delica :big_smoking: jauh lebih masuk akal :off_good:
Kalo mau cepet (ga perlu riset terlalu lama) hidupin aja grandis lagi bener2 plek sama yang lama terus kasih ground clearance tinggian dikit sama safety kasih VSC itu akan cukup mengganggu pasar innova..
nylekamin
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 139
Joined: Sat Jul 01, 2017 15:23

Re: Mitsubishi Indo Usulkan Xpander 1.300 cc ke Prinsipal Buat Tantang Avanza

Post by nylekamin »

Tol trans jawa udah jadi malah bikin yang cc nya kecil..makin boyo dan meraung2 mesinnya ateuh..

Bikin yg versi 2000cc gitu dong..biar lebih kekar. Bisa nyaingin Innova sm Cortez apalagi Xpander udah ada cruise control jg..
Newmember2018
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Sat Dec 08, 2018 7:13
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Ignis

Re: Mitsubishi Indo Usulkan Xpander 1.300 cc ke Prinsipal Buat Tantang Avanza

Post by Newmember2018 »

Mitsubishi kenapa gak masuk segmen lcgc ya biar rame dan banyak pilihan?
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Mitsubishi Indo Usulkan Xpander 1.300 cc ke Prinsipal Buat Tantang Avanza

Post by maastricht889 »

nylekamin wrote: Mon Feb 04, 2019 12:54 Tol trans jawa udah jadi malah bikin yang cc nya kecil..makin boyo dan meraung2 mesinnya ateuh..

Bikin yg versi 2000cc gitu dong..biar lebih kekar. Bisa nyaingin Innova sm Cortez apalagi Xpander udah ada cruise control jg..
Saya pingin nya pasangin mesin mr18 livina udah seneng om. Cuma kalo di remap sama mbah bebok yg mesin sekarang ini, hp sama torque nya bs nyamain mr18 livina di atas kertas
blink182surabay
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: Mon Dec 31, 2018 4:39
Location: Jakarta Utara

Re: Mitsubishi Indo Usulkan Xpander 1.300 cc ke Prinsipal Buat Tantang Avanza

Post by blink182surabay »

Harusnya Xpander naikin cc jadi 1800, tambahin fitur - fitur gimmick, naikin harga jadi 300jt an.
Jadi deh pesaing Innova, yg mana sekarang ga ada lawan sama sekali.
Toh harga Xpander sekarang jauh diatas LMPV lain (setelah diskon tentunya), dan masih laku.

Ngapain malah ngeributin pasar 1300cc, yg jelas ga akan menang lawan Avanza.
Konsumen di harga 150 - 200jt ini paling kritis, minta murah tapi banyak maunya.
Peredam di Mobilio jelek aja dihujat habis - habisan, maunya kaya CRV.
Astargea
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 250
Joined: Sat Mar 31, 2018 14:14

Re: Mitsubishi Indo Usulkan Xpander 1.300 cc ke Prinsipal Buat Tantang Avanza

Post by Astargea »

^^plus dikasih merek Nissan, biar bantu2 penjualan Nissan yang dua tahun belakangan ambrol
User avatar
pcx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 805
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:44

Re: Mitsubishi Indo Usulkan Xpander 1.300 cc ke Prinsipal Buat Tantang Avanza

Post by pcx »

Ane yakin prinsipal Mitsu Jepun menolak ide Xpander 1.3 ini :mrgreen: :mrgreen:
Psy war aja untuk TAM wkwkwk

Ga ada guna ikutan bertempur di pasar Apanja 1.3 selain malah memperburuk image Esblender aza :e-snooty: :big_weee:
Mitsubishi adalah keiretsu tertua Jepun yang menguasai semua lini bisnis semacam perbankan & financial, heavy industries bahkan alutsista militer Jepun sejak dulu sampe sekarang :frm_salut:
Yang sayangna ini malah membuat divisi otomotif Mitsu menjadi anak tiri Mitsu grup Jepun :e-doh:

Nubie melihat dimensi bodi Xpander yang seukuran Mid MPV(Panther dan Innova lama) bukan small mpv. seharusna langsung dikasih enjin diesel Mitsu modern semacam 4N13. Pasti yahud :frm_tumbright: :frm_tumbleft:
ZERO EMISSION...............BETTER FUTURE