Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

diidoot
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 302
Joined: Wed May 11, 2016 8:40

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by diidoot »

vipere wrote: Thu Nov 01, 2018 3:53 mungkin kecepatan pesawat gak bisa dikendalikan kali ya..karena flight control bermasalah tadi. sehingga menabrak laut dengan kecepatan penuh,gak bisa mendarat darurat.
soalnya dulu kan ada pilot garuda yang mesin pesawatnya dua duanya udah mati, tapi kok masih bisa mendaratkan pesawat di bengawan solo, semua penumpang selamat, kecuali pramugari 1. luar biasa skill nya nih pilot.
yang GIA itu kan mesinnya mati dan masih di 23.000 feat jadi pesawat masih gliding dan bisa dikendalikan sedangkan JT610 KEMUNGKINAN ada trouble di flight control yang bikin pesawat ga bisa dikendalikan. Udah dibahas di tirto https://tirto.id/kejanggalan-kejanggala ... -knkt-c8Tt


Anyway OOT, pilot garudanya kemaren kena musibah waktu gempa Palu. Sempet kejebak di Hotel yang roboh. Luar biasa ini sih masih bisa hidup di 2 musibah besar :big_smile]
-
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?

Post by b8099ok »

FRDair jg ga pernah crash,... :ngacir:
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?

Post by Turboman »

b8099ok wrote:FRDair jg ga pernah crash,... :ngacir:
coba liat foto pilotnya donk
* Bukan ajakan Beli *
teretenteng
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: Fri Nov 18, 2016 13:10

Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?

Post by teretenteng »

Om NR cabut ya.


Black box dtemukan, kita unggu hasilnya. Ga tau tu yg dangkat VCR atai FDR....
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1966
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by alvin23 »

diidoot wrote: Thu Nov 01, 2018 4:05
vipere wrote: Thu Nov 01, 2018 3:53 mungkin kecepatan pesawat gak bisa dikendalikan kali ya..karena flight control bermasalah tadi. sehingga menabrak laut dengan kecepatan penuh,gak bisa mendarat darurat.
soalnya dulu kan ada pilot garuda yang mesin pesawatnya dua duanya udah mati, tapi kok masih bisa mendaratkan pesawat di bengawan solo, semua penumpang selamat, kecuali pramugari 1. luar biasa skill nya nih pilot.
yang GIA itu kan mesinnya mati dan masih di 23.000 feat jadi pesawat masih gliding dan bisa dikendalikan sedangkan JT610 KEMUNGKINAN ada trouble di flight control yang bikin pesawat ga bisa dikendalikan. Udah dibahas di tirto https://tirto.id/kejanggalan-kejanggala ... -knkt-c8Tt


Anyway OOT, pilot garudanya kemaren kena musibah waktu gempa Palu. Sempet kejebak di Hotel yang roboh. Luar biasa ini sih masih bisa hidup di 2 musibah besar :big_smile]
dia masih aktif pilot apa udh pensiun?

kalo memang belum saatnya ya belum saatnya. tapi mungkin pengetahuan dia mengenai bagaimana menghadapi keadaan darurat dll juga membantu.
takdir usually 50% luck and 50% skill
Rocky R ADS CVT 2021
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1966
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?

Post by alvin23 »

Turboman wrote: Thu Nov 01, 2018 3:28
josomba wrote:
Turboman wrote: Wed Oct 31, 2018 17:27 LCC panen saat high season

Juga kalo ada pesanan kursi dadakan2, kan ada aja orang yg harus berangkat tiba2.....berapapun dibayar
Nambahin aja om turbo, LCC burung hijau waktu 2016-2017 juga panen buat rute2 charter ke China (skrg kalau ga salah udah jadi rute regular). Biasa China-Manado atau China-Bali (via manado) untuk rombongan tour. Kalau charter2 gitu most likely full terisi, karena namanya charter, maskapai minta si travel agent dari negara asal buat bayar 1 pesawat.
LCC ijo dulu rame disewa utk rombongan tour ke Inner Mongolia (Ordos)

ada kawan pernah ikut......terbangnya CGK - Batam - Ordos

wkwkwkwkwk
OOT, ordos liat apaan wkwkwkw
Rocky R ADS CVT 2021
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3050
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by solar_kerosen »

Kecelakaan pesawat ini , musibah secara logika mobil cacat produksi saja indo ga bisa nuntut apalagi super hightech begini ngimpi.... kl plg trima jasa raharja plus uang kompensasi lion

100+150 juta :big_deal:
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
muvaed
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 88
Joined: Sat Dec 05, 2015 9:25

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by muvaed »

Pesawat itu ada CCTV nya engga si om, khususnya di cockpit pesawat.?
FMEAKD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1497
Joined: Sat Mar 26, 2011 6:18

Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?

Post by FMEAKD »

Turboman wrote: Thu Nov 01, 2018 2:11 Qantas yg A 380 enjin meleduk itu udah nyaris2 loh

untung aja gak merusak sistem hidrolik rudder sayap

kalo sampe hidrolik bocor en rudder sayap mati......wahhhh.......walahualam

amit2
Nah ini bener berarti seinget dulu ada penundaan di A380, berarti yg ini buat A380 sempat hold productionnya
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Apakah B 737 MAX & LEAP engine = Perlu RECALL ?

Post by martinnn »

alvin23 wrote: Thu Nov 01, 2018 5:50
Turboman wrote: Thu Nov 01, 2018 3:28
josomba wrote:
Nambahin aja om turbo, LCC burung hijau waktu 2016-2017 juga panen buat rute2 charter ke China (skrg kalau ga salah udah jadi rute regular). Biasa China-Manado atau China-Bali (via manado) untuk rombongan tour. Kalau charter2 gitu most likely full terisi, karena namanya charter, maskapai minta si travel agent dari negara asal buat bayar 1 pesawat.
LCC ijo dulu rame disewa utk rombongan tour ke Inner Mongolia (Ordos)

ada kawan pernah ikut......terbangnya CGK - Batam - Ordos

wkwkwkwkwk
OOT, ordos liat apaan wkwkwkw
Liat padang rumput , sapi Dan domba.... Inner Mongolia itu Sentra penghasil susu di China .... Ada tuh Dua perusahaan dari Sana uda jualan di indo
:big_biglaugh:
User avatar
Pugman
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1435
Joined: Sat Aug 16, 2014 4:39

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by Pugman »

alvin23 wrote: Thu Nov 01, 2018 5:45
diidoot wrote: Thu Nov 01, 2018 4:05
vipere wrote: Thu Nov 01, 2018 3:53 mungkin kecepatan pesawat gak bisa dikendalikan kali ya..karena flight control bermasalah tadi. sehingga menabrak laut dengan kecepatan penuh,gak bisa mendarat darurat.
soalnya dulu kan ada pilot garuda yang mesin pesawatnya dua duanya udah mati, tapi kok masih bisa mendaratkan pesawat di bengawan solo, semua penumpang selamat, kecuali pramugari 1. luar biasa skill nya nih pilot.
yang GIA itu kan mesinnya mati dan masih di 23.000 feat jadi pesawat masih gliding dan bisa dikendalikan sedangkan JT610 KEMUNGKINAN ada trouble di flight control yang bikin pesawat ga bisa dikendalikan. Udah dibahas di tirto https://tirto.id/kejanggalan-kejanggala ... -knkt-c8Tt


Anyway OOT, pilot garudanya kemaren kena musibah waktu gempa Palu. Sempet kejebak di Hotel yang roboh. Luar biasa ini sih masih bisa hidup di 2 musibah besar :big_smile]
dia masih aktif pilot apa udh pensiun?

kalo memang belum saatnya ya belum saatnya. tapi mungkin pengetahuan dia mengenai bagaimana menghadapi keadaan darurat dll juga membantu.
takdir usually 50% luck and 50% skill
Latihan tanggap darurat memang bisa meningkatkan reflek saat menghadapi bahaya atau setidaknya membuat kita lebih tenang. Soal sesuatu yang belum waktunya saya malah jadi ingat film "Final Destination"

BTT to JT610, semoga keluarga korban mendapatkan yang terbaik.
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by ginting »

Dapat dari FB teman

1 org dpt 1,25 M
FB_IMG_1541080408339.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
satriakarisma
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 567
Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by satriakarisma »

ginting wrote: Thu Nov 01, 2018 13:57 Dapat dari FB teman

1 org dpt 1,25 M

FB_IMG_1541080408339.jpg
Semoga bener terealisasi dan gak ribet ngurusnya.
😧
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2941
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by Salvanost »

Akan tetapi, Koordinator Air Safety Investigation KNKT Oni Soerjo Wibowo menuturkan pihaknya akan mengungkap ke publik temuan awal tim dari black box itu satu bulan lagi.

"Seperti yang diatur dalam undang-undang, KNKT punya waktu satu tahun untuk melakukan evaluasi dan menganalisis data dari black box. Namun, dalam waktu satu bulan, kami juga akan menyampaikan temuan sementara," ucap Oni dalam jumpa pers di kantor KNKT, Kamis.
flamboyan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 229
Joined: Tue Nov 18, 2014 1:58

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by flamboyan »

satriakarisma wrote: Thu Nov 01, 2018 14:42
ginting wrote: Thu Nov 01, 2018 13:57 Dapat dari FB teman

1 org dpt 1,25 M

FB_IMG_1541080408339.jpg
Semoga bener terealisasi dan gak ribet ngurusnya.
😧
1. Saya menyampaikan dukacita sedalam-dalamnya pada semua korban JT-610

2. Saya teringat pada ulasan Om NR saat mnyampaikan bagaimana pemerintah tidak mau ribet dalam proses negosiasi pada Saudi mengenai ganti rugi korban tragedi terowongan Mina. Ini berbeda dengan pemerintah negara lain

3. Saya juga ingat penjelasan Om NR juga mengenai kasus kecelakaan (seingat saya) Frotener. Yang mana sebenarnya bisa hire ahli hukum luar untuk menggugat produsen mobil tersebut di negara yang berkaitan (dalam hal ini tempat tes Frotener). Nah, kalo kasus ini, apabila benar ada cacat produk, mungkin bisa dilakukan proses hukum di luar Indonesia dan di luar negara produsen selama negara tersebut dijadikan tempat tes produk
frilla
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Thu Nov 01, 2018 13:18
Daily Vehicle: Picanto 2013

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by frilla »

ane ikutan sedih gan, suami dari rekan kerja ane termasuk penumpang pesawat tersebut
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7374
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by newrubble »

1 org dpt 1,25 M = bodoh
Semoga bener terealisasi dan gak ribet ngurusnya. = kasian
000000.jpg
000000.jpg
net
jgn ganggu sy ya.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2941
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by Salvanost »

6,425M net?

Buat ganti rugi 2 korban?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by Turboman »

Asuransi IAPA sebelum th 1995 nilai ganti rugi-nya sebesar USD 1,3 JT USD utk korban pesawat kecelakaan
* Bukan ajakan Beli *
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2941
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by Salvanost »

Sorry kalau terlalu lucu pertanyaan saya
Tapi saya malah penasaran drngan travel insurance yg harganya 20000-40000/orang

Apakah di saat kecelakaan seperti ini bakalan otomatis diproses juga? Ada cover kecelakaan juga?
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1063
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by vipere »

Salvanost wrote: Thu Nov 01, 2018 19:37 Sorry kalau terlalu lucu pertanyaan saya
Tapi saya malah penasaran drngan travel insurance yg harganya 20000-40000/orang

Apakah di saat kecelakaan seperti ini bakalan otomatis diproses juga? Ada cover kecelakaan juga?
Itu up nya kan kecil bgt. Paling 100 juta
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by josomba »

newrubble wrote: Thu Nov 01, 2018 18:57 1 org dpt 1,25 M = bodoh
Semoga bener terealisasi dan gak ribet ngurusnya. = kasian
000000.jpg
000000.jpg
net
jgn ganggu sy ya.
Terlepas dari kasus ini, moga2 oom NR masih akan memberi insight di thread2 lain

*Maaf oot* :p
Image
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1397
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by iwing »

newrubble wrote: Thu Nov 01, 2018 18:57 1 org dpt 1,25 M = bodoh
Semoga bener terealisasi dan gak ribet ngurusnya. = kasian
000000.jpg
000000.jpg
net
jgn ganggu sy ya.
terima kasih om NR sudah mau memberikan insight nya. jangan bosen2 ya om
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by Turboman »

Salvanost wrote:Sorry kalau terlalu lucu pertanyaan saya
Tapi saya malah penasaran drngan travel insurance yg harganya 20000-40000/orang

Apakah di saat kecelakaan seperti ini bakalan otomatis diproses juga? Ada cover kecelakaan juga?
Harus diliat si klausul nya

Biasanya sih kalo ada kecelakaan fatal spt ini sampe pembeli polis meninggal ya lgs ganti

CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
Abangaja
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 164
Joined: Sat Mar 18, 2017 14:15

Re: Kecelakaan pesawat lion air jakarta- pangkal pinang

Post by Abangaja »

Tempo Hari pernah ngobrol sama Principal Jepang Yang lagi kunjungan, dia bt coz macet cikampek. Nanya kalau kecelakaan, sampai jatuh korban jiwa Di Indonesia gimana pertanggungan jiwa nya, saya bilang biasanya ada asuransi jasa raharja jumlah ga begitu hapal, mungkin dibawah 100jt. Kalau dari si pelaku (misal supir truk paling uang dukacita).
Dia kaget, wah dijepang kalau sampe korban jiwa itu sampai Milyaran Rupiah kecelakaan dijalan aja.makanya mereka hati2 berkendara. Ya walau itu tetap tidak sepadan dgn nyawa seseorang.
Mungkin regulasi disini harus diperketat dan sanksinya diperberat lagi, atau regulasi kalau memang sudah baik ya dijalankan dengan benar, tanpa nego2 lagi.