Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by ginting »

Winz wrote:
teppey wrote: Sun Sep 02, 2018 8:11 Ganti filsol kok cepet, 10.000 km itu udah keluar warning belum?
pertadex Aman Sentosa, Om : https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20 ... tamina-dex
saya baru baca link itu.

penasaran, FAME itu dicampur saat akhir atau ikut digodog bareng Dex di mesin refinery ?
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1063
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by vipere »

kenapa shell diesel diwajibkan bio, dan pertadex gak kena bio ya..kayak gak adil.
User avatar
Gasoline24
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 385
Joined: Thu Nov 10, 2016 8:24
Location: lippo cikarang
Daily Vehicle: Tetradrive

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by Gasoline24 »

Pertamina memberikan informasi kok sepertinya berubah ubah yah, kaya gak konsisten.

Melihat spesifikasi Pertadex sebelum penerapan B20 mulai 1 september, ada kandungan FAME sebesar 10% artinya dex comply B10 sesuai regulasi yang sama di terapkan oleh biosolarnya, yg membedakan Dex banyak additive keknya jd nominal lubrisitasnya juga masih ada di angka 460 micron HFRR, cmiiw

Image

https://www.pertamina.com/industrialfu ... na-dex.pdf

Tapi kalo melihat statement beberapa media nasional terakhir, bahwa pertadex adalah B0 artinya murni tanpa FAME 0%, ini salah satu sumbernya dari web pertamina

https://pertamina.com/id/news-room/new ... lurkan-b20

Jadi yang bener yang mana nih, dex itu......??!!

B0
B10
B20

Xixixixi.......🤪


Nunggu spek terbaru dari pertamini, eh pertamina [emoji16]



iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1397
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by iwing »

Gasoline24 wrote: Wed Sep 05, 2018 1:18 Pertamina memberikan informasi kok sepertinya berubah ubah yah, kaya gak konsisten.

Melihat spesifikasi Pertadex sebelum penerapan B20 mulai 1 september, ada kandungan FAME sebesar 10% artinya dex comply B10 sesuai regulasi yang sama di terapkan oleh biosolarnya, yg membedakan Dex banyak additive keknya jd nominal lubrisitasnya juga masih ada di angka 460 micron HFRR, cmiiw

Image

https://www.pertamina.com/industrialfu ... na-dex.pdf

Tapi kalo melihat statement beberapa media nasional terakhir, bahwa pertadex adalah B0 artinya murni tanpa FAME 0%, ini salah satu sumbernya dari web pertamina

https://pertamina.com/id/news-room/new ... lurkan-b20

Jadi yang bener yang mana nih, dex itu......??!!

B0
B10
B20

Xixixixi.......🤪


Nunggu spek terbaru dari pertamini, eh pertamina [emoji16]
data iku kan isi nya max om. jadi kalaupun ada fame, nilai nya ya sesuai itu max nya. cuma default nya ya tetep 0. imho
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by Winz »

ginting wrote: Wed Sep 05, 2018 0:41
Winz wrote:
teppey wrote: Sun Sep 02, 2018 8:11 Ganti filsol kok cepet, 10.000 km itu udah keluar warning belum?
pertadex Aman Sentosa, Om : https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20 ... tamina-dex
saya baru baca link itu.

penasaran, FAME itu dicampur saat akhir atau ikut digodog bareng Dex di mesin refinery ?
Guna mengikuti mandatori B20 tersebut, maka ke depan akan ada penyesuaian pada Dexlite yang baru saja diluncurkan pada 2016. Sementara untuk Pertamina Dex sendiri diklaim Adiatma belum ada rencana, karena secara peruntukan masuk dalam kategori Solar Premium.

"Dalam mandatori juga disebutkan bila nantinya produk BO itu hanya untuk diesel premium atau Pertadex. Jadi kalau pertanyaan apakah Pertamina Dex akan memakai FAME juga, sampai saat ini belum ada pembicaraan ke arah sana," ucap Adiatman.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pertamina Bakal Bikin Dexlite B20", https://otomotif.kompas.com/read/2018/0 ... exlite-b20

DexLite Fix kena aturan B20, mending Dex sekalian, beda seribuan aja juga per liter, nanggung
slowipah
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 288
Joined: Fri Sep 30, 2016 3:52

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by slowipah »

kompresorz wrote: Wed Sep 05, 2018 0:22 pernah rasain pake biosolar n pertadek...

duit gak boong...

pertadek itu super...

kalo mau cari irit ya pilihannya biosolar atau b20 atau B1 atau B2...entahlah apa namanya...

gampang liatnya beli aja solar n pertadek pake botol akua atau yg lainnya...
terus simpan bbrp hari liat lagi perubahannya...

simpel aja....

saya sempat isi biosolar tapi krn dinasehatin teman selama masih mampu isi pertadek ya knp enggak...

lagipula mobilnya juga irit..disel gitu loh...

pikir2 udah pernah harian rasain naik mobil bensin pertamak konsumsi 1 :4 and 1:3...

ini disel 1 :10 itupun ngebut sekuat2nya..tiap jalan dr diam selalu gak pake urut gas...gak sabar

apalg kalo santai...

mantap jiwa...
betul om, liatin aja kaca yg di selang pom nya, biosolar uda kyk teh item, pertadex lebih bening dr premium. mmg biosolar yg kemurahan (1/2 nya pertadex) jd economic sense org pasti condong ke biosolar, pdhl anggap aja py mbl bensin isi pertamax/pertabo. ane akui dl py 2kd jg bykan isi biosolar soalnya tiap kl mau isi slalu itung2 dl akhirnya belok ke pom biosolar, tp sejak ganti mbl bensin pake vpower/pertabo karna beda sama super/pertamax cm 1500 apalagi abis remap uda ga bs turun ke ron 92 :big_cry:
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by Winz »

slowipah wrote: Wed Sep 05, 2018 1:55
kompresorz wrote: Wed Sep 05, 2018 0:22 pernah rasain pake biosolar n pertadek...

duit gak boong...

pertadek itu super...

kalo mau cari irit ya pilihannya biosolar atau b20 atau B1 atau B2...entahlah apa namanya...

gampang liatnya beli aja solar n pertadek pake botol akua atau yg lainnya...
terus simpan bbrp hari liat lagi perubahannya...

simpel aja....

saya sempat isi biosolar tapi krn dinasehatin teman selama masih mampu isi pertadek ya knp enggak...

lagipula mobilnya juga irit..disel gitu loh...

pikir2 udah pernah harian rasain naik mobil bensin pertamak konsumsi 1 :4 and 1:3...

ini disel 1 :10 itupun ngebut sekuat2nya..tiap jalan dr diam selalu gak pake urut gas...gak sabar

apalg kalo santai...

mantap jiwa...
betul om, liatin aja kaca yg di selang pom nya, biosolar uda kyk teh item, pertadex lebih bening dr premium. mmg biosolar yg kemurahan (1/2 nya pertadex) jd economic sense org pasti condong ke biosolar, pdhl anggap aja py mbl bensin isi pertamax/pertabo. ane akui dl py 2kd jg bykan isi biosolar soalnya tiap kl mau isi slalu itung2 dl akhirnya belok ke pom biosolar, tp sejak ganti mbl bensin pake vpower/pertabo karna beda sama super/pertamax cm 1500 apalagi abis remap uda ga bs turun ke ron 92 :big_cry:
saya juga pakai DexLite aja mikir2, toh beda seribuan aja per liter, sekali isi klo pakai dexlite sekali isi 500 ribuan, pakai dex 600 ribuan, beda yang ga seberapa ya hajar PertaDex aja, klo pakai SolBus kasian Mesin Diesel Modern'nya, pas delivery dkasih SolBus aja berasa bgt ga enaknya, gtu isi ulang pakai pertaDex langsung maknyoss performa'nya, belum pernah isi DexLite maupun SolBus sampai sekarang juga
User avatar
Gasoline24
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 385
Joined: Thu Nov 10, 2016 8:24
Location: lippo cikarang
Daily Vehicle: Tetradrive

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by Gasoline24 »

iwing wrote: Wed Sep 05, 2018 1:54
Gasoline24 wrote: Wed Sep 05, 2018 1:18


Nunggu spek terbaru dari pertamini, eh pertamina [emoji16]
data iku kan isi nya max om. jadi kalaupun ada fame, nilai nya ya sesuai itu max nya. cuma default nya ya tetep 0. imho
hehehehe.....berarti takaran bisa berubah ubah dong, lagi beruntung dapet B0 tanpa FAME atau giliran lagi asmyong dapat B10 or B20.....ini mah logika sederhana ajah. harusnya konsisten tanpa FAME kalo B0, murni solar. prakteknya gak tau lah.......

pake biosolar ajah plus racun......kerasa di dompet bedanya ketimbang beli dex


#dieseltua
#dukungB0
#stabilkanrupiah
#2019teteproadtrip

:mky_08: :mky_08: :mky_08:
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by KielConstantine »

Coba kira2 lebih efisien mana:
Ambil contoh mesin diesel modern pjs dakar (4N15)
Dan fortuner VRZ / innova reborn (2gd)

Beli dari baru, selalu isi biosolar yg skarang sdh B20 (Rp 5150/ltr). Kemungkinan rusak injektornya di tahun ke berapa kira2? Harga injektornya brapa per piece ? Ada yg tau? Butuh 4 piece coz 4 cylinder.

VS

Dari baru selalu isi pertadex diangka (Rp. 10500/ltr)
Injektor umurnya apakah akan awet lebih lama? Atau tetep musti ganti jg dengan lifespan, let's say 2 tahun lebih kuat drpd yg isi full biosolar dari baru.
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by marama »

KielConstantine wrote: Wed Sep 05, 2018 7:33 Coba kira2 lebih efisien mana:
Ambil contoh mesin diesel modern pjs dakar (4N15)
Dan fortuner VRZ / innova reborn (2gd)

Beli dari baru, selalu isi biosolar yg skarang sdh B20 (Rp 5150/ltr). Kemungkinan rusak injektornya di tahun ke berapa kira2? Harga injektornya brapa per piece ? Ada yg tau? Butuh 4 piece coz 4 cylinder.

VS

Dari baru selalu isi pertadex diangka (Rp. 10500/ltr)
Injektor umurnya apakah akan awet lebih lama? Atau tetep musti ganti jg dengan lifespan, let's say 2 tahun lebih kuat drpd yg isi full biosolar dari baru.
Menurut saya VRZ isi pertadex 10.500 itu msh g memberatkan ya, toh juga rata2 mbl bensin dgn range hrg yg sama dgn VRZ isi nya bbm pertamax/shell super minimal dgn hrg yg mirip2 pertadex.

Cuma mslh kl ad yg murah knp beli yg mahal
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by Turboman »

CRV Turbo juga idealnya isi RON 95 kan ?

RON 95 = setara DEX

Jadi utk mobil Diesel gigi 6 / up ya gak masalah lah isi DEX kan terkompensasi dgn FC yg irit

kalo mobil Diesel 5 AT or less ya Biosol aja krn gak seirit yg 6 AT / up

Wajib racun & 20.000 km purging aja

wekekekkekekke
* Bukan ajakan Beli *
osbertc0ol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: Tue Apr 22, 2008 14:51

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by osbertc0ol »

Gasoline24 wrote: Wed Sep 05, 2018 1:18 Pertamina memberikan informasi kok sepertinya berubah ubah yah, kaya gak konsisten.

Melihat spesifikasi Pertadex sebelum penerapan B20 mulai 1 september, ada kandungan FAME sebesar 10% artinya dex comply B10 sesuai regulasi yang sama di terapkan oleh biosolarnya, yg membedakan Dex banyak additive keknya jd nominal lubrisitasnya juga masih ada di angka 460 micron HFRR, cmiiw

https://www.pertamina.com/industrialfu ... na-dex.pdf

Tapi kalo melihat statement beberapa media nasional terakhir, bahwa pertadex adalah B0 artinya murni tanpa FAME 0%, ini salah satu sumbernya dari web pertamina

https://pertamina.com/id/news-room/new ... lurkan-b20

Jadi yang bener yang mana nih, dex itu......??!!

B0
B10
B20

Xixixixi.......🤪


Nunggu spek terbaru dari pertamini, eh pertamina [emoji16]
Itu spek nya yang Industrial Fuel om. yang retail bisa diliat disini https://www.pertamina.com/id/fuel-retail
sayangnya yang retail nggak ada technical spesification nya. Cuman gini aja yang DEX

"Dengan kandungan sulfurnya yang rendah (kurang dari 300 ppm) dan dengan angka cetane 53 serta telah memenuhi standar Euro 3, menjadikannya sejajar dengan bahan bakar diesel premium kelas dunia."
Koddy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 729
Joined: Thu Jan 21, 2016 11:01
Location: Semarang

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by Koddy »

Logika sotoy aja...
Shell diesel jual diesel premium, nom subsidi, dipaksa ikut regulasi B20, sehingga jadi Shell Diesel Bio.
Kalau Pertamina Dex bisa bebas tidak ikut regulasi yang sama, ngapain Shell ikut regulasi tersebut?
gadjahalphien
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 457
Joined: Tue Oct 25, 2016 0:53
Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by gadjahalphien »

osbertc0ol wrote: Wed Sep 05, 2018 9:12
Itu spek nya yang Industrial Fuel om. yang retail bisa diliat disini https://www.pertamina.com/id/fuel-retail
sayangnya yang retail nggak ada technical spesification nya. Cuman gini aja yang DEX

"Dengan kandungan sulfurnya yang rendah (kurang dari 300 ppm) dan dengan angka cetane 53 serta telah memenuhi standar Euro 3, menjadikannya sejajar dengan bahan bakar diesel premium kelas dunia."
Masak sih itu solar industri om?
Barusan teman info, per-hari ini Pertamina supply nya biosolar juga meski ke industri.

Lagipula klo misahin jalur filling solar B0 dg B20 di plumpang, pasti bakal nambah investasi alat lagi om. Mana efektif
Daily : 65kW 3NR-VE or Bus TJ or RB jadul
Weekend Occasional : 150kW M271DE
Occasional : 75kW 1.6BGU | 89kW 1ZZ-FE | 132kW K24Z
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1207
Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
Location: Jakarta

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by paidjho »

maviacrazy wrote:Semalem baru isi pertamina dex, tanya kang spbu. "Bang pertamina dex kena campur b20 sawit gak?". Dia jawab "gak pak, krn harganya mahal, gak dicampur b20, cuma biosolar aja yg dicampur". Dalam hati (syukur alhamdul8llah mobil gwe aman).
Menurut kang spbu ya. Mudah"an sih bener. Hahahaha
Tetangga gw makin bingung dah....
Eh atau makin yakin ama xdrive...


Kaborrr......

[emoji125] [emoji100] [emoji100] [emoji100] [emoji100] [emoji100]
Gasoline24 wrote:Pertamina memberikan informasi kok sepertinya berubah ubah yah, kaya gak konsisten.

Melihat spesifikasi Pertadex sebelum penerapan B20 mulai 1 september, ada kandungan FAME sebesar 10% artinya dex comply B10 sesuai regulasi yang sama di terapkan oleh biosolarnya, yg membedakan Dex banyak additive keknya jd nominal lubrisitasnya juga masih ada di angka 460 micron HFRR, cmiiw

Image

https://www.pertamina.com/industrialfu ... na-dex.pdf

Tapi kalo melihat statement beberapa media nasional terakhir, bahwa pertadex adalah B0 artinya murni tanpa FAME 0%, ini salah satu sumbernya dari web pertamina

https://pertamina.com/id/news-room/new ... lurkan-b20

Jadi yang bener yang mana nih, dex itu......??!!

B0
B10
B20

Xixixixi.......🤪


Nunggu spek terbaru dari pertamini, eh pertamina [emoji16]
Leonhart
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 531
Joined: Wed Sep 26, 2012 21:17
Location: South Sumatera
Daily Vehicle: Honda_HR-V_1,8

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by Leonhart »

Ane heran dah ama kenapa b20 terlalu dirisaukan

Di eropa ama ameriki sono eh amerika udah lama lho pake b20

Apa ada mbl diesel di eropa vw, bmw, range rover diesel dkk yg bermaslaah ? Kyknya gk ada

Terus di amerika jg apa ada double cabin / truk gmc yg diesel2 heavy dutynya jebol ? Gk ada jg noh perasaan ane


Lagian setau ane di indo b20 dah berlaku dari awal 2016
dech dijual di spbu dengan nama bio solar / solar busuk

https://otomotif.kompas.com/read/2016/0 ... Lebih.Baik

1 september 2018
B20 diterapkan untuk industri / Usaha


Jd solbus yg ente cekokin ke anps, anf, ama ops, unfortuner lama ente selama ini
Adalah b20

Apa ada masalah om ?
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1397
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by iwing »

osbertc0ol wrote: Wed Sep 05, 2018 9:12
Itu spek nya yang Industrial Fuel om. yang retail bisa diliat disini https://www.pertamina.com/id/fuel-retail
sayangnya yang retail nggak ada technical spesification nya. Cuman gini aja yang DEX

"Dengan kandungan sulfurnya yang rendah (kurang dari 300 ppm) dan dengan angka cetane 53 serta telah memenuhi standar Euro 3, menjadikannya sejajar dengan bahan bakar diesel premium kelas dunia."
di tempat kerja saya juga ada genset yang pakai solar. pakainya ya biosolar juga tapi harga nya gak ada diskon sama sekali layaknya biosolar di spbu kwkwkwkwk
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by Turboman »

gadjahalphien wrote:
osbertc0ol wrote: Wed Sep 05, 2018 9:12
Itu spek nya yang Industrial Fuel om. yang retail bisa diliat disini https://www.pertamina.com/id/fuel-retail
sayangnya yang retail nggak ada technical spesification nya. Cuman gini aja yang DEX

"Dengan kandungan sulfurnya yang rendah (kurang dari 300 ppm) dan dengan angka cetane 53 serta telah memenuhi standar Euro 3, menjadikannya sejajar dengan bahan bakar diesel premium kelas dunia."
Masak sih itu solar industri om?
Barusan teman info, per-hari ini Pertamina supply nya biosolar juga meski ke industri.

Lagipula klo misahin jalur filling solar B0 dg B20 di plumpang, pasti bakal nambah investasi alat lagi om. Mana efektif
HSD Pertamina kan = Biosolar tanpa subsidi

Beda dgn DEX

hahahahahha
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by Turboman »

Leonhart wrote:Ane heran dah ama kenapa b20 terlalu dirisaukan

Di eropa ama ameriki sono eh amerika udah lama lho pake b20

Apa ada mbl diesel di eropa vw, bmw, range rover diesel dkk yg bermaslaah ? Kyknya gk ada

Terus di amerika jg apa ada double cabin / truk gmc yg diesel2 heavy dutynya jebol ? Gk ada jg noh perasaan ane


Lagian setau ane di indo b20 dah berlaku dari awal 2016
dech dijual di spbu dengan nama bio solar / solar busuk

https://otomotif.kompas.com/read/2016/0 ... Lebih.Baik

1 september 2018
B20 diterapkan untuk industri / Usaha


Jd solbus yg ente cekokin ke anps, anf, ama ops, unfortuner lama ente selama ini
Adalah b20

Apa ada masalah om ?
setahu ane di negara lain rata2 itu B5 yg umum

Kalo dari pabrikan mobil rata2 batasnya B7

Juga perlu dicatat :

BioDiesel di negara maju udah banyak yg hasil pengolahan Hydrogenated dan metode TransEster udah byk ditinggalkan

BD HG ini sangat2 Superior dgn CN sampe 80 - 90 dan konon bebas kontaminan2 / zat2 yg tdk diinginkan

gugel = NEXtBTL - Neste Oil (contoh saja)

Lah di kita kan masi TransEster

bwaakkakakakkak
* Bukan ajakan Beli *
gobale
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 599
Joined: Thu Sep 25, 2008 1:20

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by gobale »

osbertc0ol wrote: Wed Sep 05, 2018 9:12
Gasoline24 wrote: Wed Sep 05, 2018 1:18 Pertamina memberikan informasi kok sepertinya berubah ubah yah, kaya gak konsisten.

Melihat spesifikasi Pertadex sebelum penerapan B20 mulai 1 september, ada kandungan FAME sebesar 10% artinya dex comply B10 sesuai regulasi yang sama di terapkan oleh biosolarnya, yg membedakan Dex banyak additive keknya jd nominal lubrisitasnya juga masih ada di angka 460 micron HFRR, cmiiw

https://www.pertamina.com/industrialfu ... na-dex.pdf

Tapi kalo melihat statement beberapa media nasional terakhir, bahwa pertadex adalah B0 artinya murni tanpa FAME 0%, ini salah satu sumbernya dari web pertamina

https://pertamina.com/id/news-room/new ... lurkan-b20

Jadi yang bener yang mana nih, dex itu......??!!

B0
B10
B20

Xixixixi.......🤪


Nunggu spek terbaru dari pertamini, eh pertamina [emoji16]
Itu spek nya yang Industrial Fuel om. yang retail bisa diliat disini https://www.pertamina.com/id/fuel-retail
sayangnya yang retail nggak ada technical spesification nya. Cuman gini aja yang DEX

"Dengan kandungan sulfurnya yang rendah (kurang dari 300 ppm) dan dengan angka cetane 53 serta telah memenuhi standar Euro 3, menjadikannya sejajar dengan bahan bakar diesel premium kelas dunia."
Paling bingung kalau udah liat websitenya pertamina, kebanyakan web nanti tiap ada produk baru bikin web baru lagi...katanya perusahaan kelas dunia, tapi kelola web aja membingungkan
User avatar
fabreguz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Mon Jan 17, 2011 6:32
Location: Paragon City

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by fabreguz »

dgn kebijakan yg bingungke gini, sperti nya keinginan beli boil enjin dijel ol niu kudu dipikir ulang2 :mky_03: :mky_01:

hail enjin bensin :big_smoking: :big_smoking:
Don't Imageate
User avatar
lonely1999
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 260
Joined: Wed Jun 18, 2014 3:07
Location: kolong langit
Daily Vehicle: supra fit

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by lonely1999 »

apakah dengan polemik b20 ini akan membuat harga mobil diesel second akan menurun ?

semoga turun biar ane bisa kebeli he he... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by Winz »

lonely1999 wrote: Thu Sep 06, 2018 5:41 apakah dengan polemik b20 ini akan membuat harga mobil diesel second akan menurun ?

semoga turun biar ane bisa kebeli he he... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Kebeli tapi nanti dapat Bermasalah di Injector gara2 telat ganti Filter untuk orang2 awam :big_slap:
User avatar
lonely1999
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 260
Joined: Wed Jun 18, 2014 3:07
Location: kolong langit
Daily Vehicle: supra fit

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by lonely1999 »

Winz wrote: Thu Sep 06, 2018 5:51
lonely1999 wrote: Thu Sep 06, 2018 5:41 apakah dengan polemik b20 ini akan membuat harga mobil diesel second akan menurun ?

semoga turun biar ane bisa kebeli he he... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Kebeli tapi nanti dapat Bermasalah di Injector gara2 telat ganti Filter untuk orang2 awam :big_slap:
wah bener juga.... :mky_01:
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by Winz »

lonely1999 wrote: Thu Sep 06, 2018 5:58
Winz wrote: Thu Sep 06, 2018 5:51
lonely1999 wrote: Thu Sep 06, 2018 5:41 apakah dengan polemik b20 ini akan membuat harga mobil diesel second akan menurun ?

semoga turun biar ane bisa kebeli he he... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Kebeli tapi nanti dapat Bermasalah di Injector gara2 telat ganti Filter untuk orang2 awam :big_slap:
wah bener juga.... :mky_01:
efeknya walau murah susah cari yang sehat klo cari Boil Diesel 2nd pasti, rata2 awam pada hajar SolBus

Belum lagi ganti Filter tetap seperti sedia kala yang menyebabkan komplikasi kerusakan di mesin

orang2 bodo amat mau B20 atau B30 sekalian juga ga masalah, nanti uda rusak baru pusing