Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Pertamina memberikan informasi kok sepertinya berubah ubah yah, kaya gak konsisten.
Melihat spesifikasi Pertadex sebelum penerapan B20 mulai 1 september, ada kandungan FAME sebesar 10% artinya dex comply B10 sesuai regulasi yang sama di terapkan oleh biosolarnya, yg membedakan Dex banyak additive keknya jd nominal lubrisitasnya juga masih ada di angka 460 micron HFRR, cmiiw
Tapi kalo melihat statement beberapa media nasional terakhir, bahwa pertadex adalah B0 artinya murni tanpa FAME 0%, ini salah satu sumbernya dari web pertamina
Gasoline24 wrote: Wed Sep 05, 2018 1:18
Pertamina memberikan informasi kok sepertinya berubah ubah yah, kaya gak konsisten.
Melihat spesifikasi Pertadex sebelum penerapan B20 mulai 1 september, ada kandungan FAME sebesar 10% artinya dex comply B10 sesuai regulasi yang sama di terapkan oleh biosolarnya, yg membedakan Dex banyak additive keknya jd nominal lubrisitasnya juga masih ada di angka 460 micron HFRR, cmiiw
Tapi kalo melihat statement beberapa media nasional terakhir, bahwa pertadex adalah B0 artinya murni tanpa FAME 0%, ini salah satu sumbernya dari web pertamina
penasaran, FAME itu dicampur saat akhir atau ikut digodog bareng Dex di mesin refinery ?
Guna mengikuti mandatori B20 tersebut, maka ke depan akan ada penyesuaian pada Dexlite yang baru saja diluncurkan pada 2016. Sementara untuk Pertamina Dex sendiri diklaim Adiatma belum ada rencana, karena secara peruntukan masuk dalam kategori Solar Premium.
"Dalam mandatori juga disebutkan bila nantinya produk BO itu hanya untuk diesel premium atau Pertadex. Jadi kalau pertanyaan apakah Pertamina Dex akan memakai FAME juga, sampai saat ini belum ada pembicaraan ke arah sana," ucap Adiatman.
kompresorz wrote: Wed Sep 05, 2018 0:22
pernah rasain pake biosolar n pertadek...
duit gak boong...
pertadek itu super...
kalo mau cari irit ya pilihannya biosolar atau b20 atau B1 atau B2...entahlah apa namanya...
gampang liatnya beli aja solar n pertadek pake botol akua atau yg lainnya...
terus simpan bbrp hari liat lagi perubahannya...
simpel aja....
saya sempat isi biosolar tapi krn dinasehatin teman selama masih mampu isi pertadek ya knp enggak...
lagipula mobilnya juga irit..disel gitu loh...
pikir2 udah pernah harian rasain naik mobil bensin pertamak konsumsi 1 :4 and 1:3...
ini disel 1 :10 itupun ngebut sekuat2nya..tiap jalan dr diam selalu gak pake urut gas...gak sabar
apalg kalo santai...
mantap jiwa...
betul om, liatin aja kaca yg di selang pom nya, biosolar uda kyk teh item, pertadex lebih bening dr premium. mmg biosolar yg kemurahan (1/2 nya pertadex) jd economic sense org pasti condong ke biosolar, pdhl anggap aja py mbl bensin isi pertamax/pertabo. ane akui dl py 2kd jg bykan isi biosolar soalnya tiap kl mau isi slalu itung2 dl akhirnya belok ke pom biosolar, tp sejak ganti mbl bensin pake vpower/pertabo karna beda sama super/pertamax cm 1500 apalagi abis remap uda ga bs turun ke ron 92
kompresorz wrote: Wed Sep 05, 2018 0:22
pernah rasain pake biosolar n pertadek...
duit gak boong...
pertadek itu super...
kalo mau cari irit ya pilihannya biosolar atau b20 atau B1 atau B2...entahlah apa namanya...
gampang liatnya beli aja solar n pertadek pake botol akua atau yg lainnya...
terus simpan bbrp hari liat lagi perubahannya...
simpel aja....
saya sempat isi biosolar tapi krn dinasehatin teman selama masih mampu isi pertadek ya knp enggak...
lagipula mobilnya juga irit..disel gitu loh...
pikir2 udah pernah harian rasain naik mobil bensin pertamak konsumsi 1 :4 and 1:3...
ini disel 1 :10 itupun ngebut sekuat2nya..tiap jalan dr diam selalu gak pake urut gas...gak sabar
apalg kalo santai...
mantap jiwa...
betul om, liatin aja kaca yg di selang pom nya, biosolar uda kyk teh item, pertadex lebih bening dr premium. mmg biosolar yg kemurahan (1/2 nya pertadex) jd economic sense org pasti condong ke biosolar, pdhl anggap aja py mbl bensin isi pertamax/pertabo. ane akui dl py 2kd jg bykan isi biosolar soalnya tiap kl mau isi slalu itung2 dl akhirnya belok ke pom biosolar, tp sejak ganti mbl bensin pake vpower/pertabo karna beda sama super/pertamax cm 1500 apalagi abis remap uda ga bs turun ke ron 92
saya juga pakai DexLite aja mikir2, toh beda seribuan aja per liter, sekali isi klo pakai dexlite sekali isi 500 ribuan, pakai dex 600 ribuan, beda yang ga seberapa ya hajar PertaDex aja, klo pakai SolBus kasian Mesin Diesel Modern'nya, pas delivery dkasih SolBus aja berasa bgt ga enaknya, gtu isi ulang pakai pertaDex langsung maknyoss performa'nya, belum pernah isi DexLite maupun SolBus sampai sekarang juga
Nunggu spek terbaru dari pertamini, eh pertamina [emoji16]
data iku kan isi nya max om. jadi kalaupun ada fame, nilai nya ya sesuai itu max nya. cuma default nya ya tetep 0. imho
hehehehe.....berarti takaran bisa berubah ubah dong, lagi beruntung dapet B0 tanpa FAME atau giliran lagi asmyong dapat B10 or B20.....ini mah logika sederhana ajah. harusnya konsisten tanpa FAME kalo B0, murni solar. prakteknya gak tau lah.......
pake biosolar ajah plus racun......kerasa di dompet bedanya ketimbang beli dex
Coba kira2 lebih efisien mana:
Ambil contoh mesin diesel modern pjs dakar (4N15)
Dan fortuner VRZ / innova reborn (2gd)
Beli dari baru, selalu isi biosolar yg skarang sdh B20 (Rp 5150/ltr). Kemungkinan rusak injektornya di tahun ke berapa kira2? Harga injektornya brapa per piece ? Ada yg tau? Butuh 4 piece coz 4 cylinder.
VS
Dari baru selalu isi pertadex diangka (Rp. 10500/ltr)
Injektor umurnya apakah akan awet lebih lama? Atau tetep musti ganti jg dengan lifespan, let's say 2 tahun lebih kuat drpd yg isi full biosolar dari baru.
KielConstantine wrote: Wed Sep 05, 2018 7:33
Coba kira2 lebih efisien mana:
Ambil contoh mesin diesel modern pjs dakar (4N15)
Dan fortuner VRZ / innova reborn (2gd)
Beli dari baru, selalu isi biosolar yg skarang sdh B20 (Rp 5150/ltr). Kemungkinan rusak injektornya di tahun ke berapa kira2? Harga injektornya brapa per piece ? Ada yg tau? Butuh 4 piece coz 4 cylinder.
VS
Dari baru selalu isi pertadex diangka (Rp. 10500/ltr)
Injektor umurnya apakah akan awet lebih lama? Atau tetep musti ganti jg dengan lifespan, let's say 2 tahun lebih kuat drpd yg isi full biosolar dari baru.
Menurut saya VRZ isi pertadex 10.500 itu msh g memberatkan ya, toh juga rata2 mbl bensin dgn range hrg yg sama dgn VRZ isi nya bbm pertamax/shell super minimal dgn hrg yg mirip2 pertadex.
Gasoline24 wrote: Wed Sep 05, 2018 1:18
Pertamina memberikan informasi kok sepertinya berubah ubah yah, kaya gak konsisten.
Melihat spesifikasi Pertadex sebelum penerapan B20 mulai 1 september, ada kandungan FAME sebesar 10% artinya dex comply B10 sesuai regulasi yang sama di terapkan oleh biosolarnya, yg membedakan Dex banyak additive keknya jd nominal lubrisitasnya juga masih ada di angka 460 micron HFRR, cmiiw
Tapi kalo melihat statement beberapa media nasional terakhir, bahwa pertadex adalah B0 artinya murni tanpa FAME 0%, ini salah satu sumbernya dari web pertamina
Nunggu spek terbaru dari pertamini, eh pertamina [emoji16]
Itu spek nya yang Industrial Fuel om. yang retail bisa diliat disini https://www.pertamina.com/id/fuel-retail
sayangnya yang retail nggak ada technical spesification nya. Cuman gini aja yang DEX
"Dengan kandungan sulfurnya yang rendah (kurang dari 300 ppm) dan dengan angka cetane 53 serta telah memenuhi standar Euro 3, menjadikannya sejajar dengan bahan bakar diesel premium kelas dunia."
Logika sotoy aja...
Shell diesel jual diesel premium, nom subsidi, dipaksa ikut regulasi B20, sehingga jadi Shell Diesel Bio.
Kalau Pertamina Dex bisa bebas tidak ikut regulasi yang sama, ngapain Shell ikut regulasi tersebut?
osbertc0ol wrote: Wed Sep 05, 2018 9:12
Itu spek nya yang Industrial Fuel om. yang retail bisa diliat disini https://www.pertamina.com/id/fuel-retail
sayangnya yang retail nggak ada technical spesification nya. Cuman gini aja yang DEX
"Dengan kandungan sulfurnya yang rendah (kurang dari 300 ppm) dan dengan angka cetane 53 serta telah memenuhi standar Euro 3, menjadikannya sejajar dengan bahan bakar diesel premium kelas dunia."
Masak sih itu solar industri om?
Barusan teman info, per-hari ini Pertamina supply nya biosolar juga meski ke industri.
Lagipula klo misahin jalur filling solar B0 dg B20 di plumpang, pasti bakal nambah investasi alat lagi om. Mana efektif
maviacrazy wrote:Semalem baru isi pertamina dex, tanya kang spbu. "Bang pertamina dex kena campur b20 sawit gak?". Dia jawab "gak pak, krn harganya mahal, gak dicampur b20, cuma biosolar aja yg dicampur". Dalam hati (syukur alhamdul8llah mobil gwe aman).
Menurut kang spbu ya. Mudah"an sih bener. Hahahaha
Tetangga gw makin bingung dah....
Eh atau makin yakin ama xdrive...
Gasoline24 wrote:Pertamina memberikan informasi kok sepertinya berubah ubah yah, kaya gak konsisten.
Melihat spesifikasi Pertadex sebelum penerapan B20 mulai 1 september, ada kandungan FAME sebesar 10% artinya dex comply B10 sesuai regulasi yang sama di terapkan oleh biosolarnya, yg membedakan Dex banyak additive keknya jd nominal lubrisitasnya juga masih ada di angka 460 micron HFRR, cmiiw
Tapi kalo melihat statement beberapa media nasional terakhir, bahwa pertadex adalah B0 artinya murni tanpa FAME 0%, ini salah satu sumbernya dari web pertamina
osbertc0ol wrote: Wed Sep 05, 2018 9:12
Itu spek nya yang Industrial Fuel om. yang retail bisa diliat disini https://www.pertamina.com/id/fuel-retail
sayangnya yang retail nggak ada technical spesification nya. Cuman gini aja yang DEX
"Dengan kandungan sulfurnya yang rendah (kurang dari 300 ppm) dan dengan angka cetane 53 serta telah memenuhi standar Euro 3, menjadikannya sejajar dengan bahan bakar diesel premium kelas dunia."
di tempat kerja saya juga ada genset yang pakai solar. pakainya ya biosolar juga tapi harga nya gak ada diskon sama sekali layaknya biosolar di spbu kwkwkwkwk
osbertc0ol wrote: Wed Sep 05, 2018 9:12
Itu spek nya yang Industrial Fuel om. yang retail bisa diliat disini https://www.pertamina.com/id/fuel-retail
sayangnya yang retail nggak ada technical spesification nya. Cuman gini aja yang DEX
"Dengan kandungan sulfurnya yang rendah (kurang dari 300 ppm) dan dengan angka cetane 53 serta telah memenuhi standar Euro 3, menjadikannya sejajar dengan bahan bakar diesel premium kelas dunia."
Masak sih itu solar industri om?
Barusan teman info, per-hari ini Pertamina supply nya biosolar juga meski ke industri.
Lagipula klo misahin jalur filling solar B0 dg B20 di plumpang, pasti bakal nambah investasi alat lagi om. Mana efektif
Gasoline24 wrote: Wed Sep 05, 2018 1:18
Pertamina memberikan informasi kok sepertinya berubah ubah yah, kaya gak konsisten.
Melihat spesifikasi Pertadex sebelum penerapan B20 mulai 1 september, ada kandungan FAME sebesar 10% artinya dex comply B10 sesuai regulasi yang sama di terapkan oleh biosolarnya, yg membedakan Dex banyak additive keknya jd nominal lubrisitasnya juga masih ada di angka 460 micron HFRR, cmiiw
Tapi kalo melihat statement beberapa media nasional terakhir, bahwa pertadex adalah B0 artinya murni tanpa FAME 0%, ini salah satu sumbernya dari web pertamina
Nunggu spek terbaru dari pertamini, eh pertamina [emoji16]
Itu spek nya yang Industrial Fuel om. yang retail bisa diliat disini https://www.pertamina.com/id/fuel-retail
sayangnya yang retail nggak ada technical spesification nya. Cuman gini aja yang DEX
"Dengan kandungan sulfurnya yang rendah (kurang dari 300 ppm) dan dengan angka cetane 53 serta telah memenuhi standar Euro 3, menjadikannya sejajar dengan bahan bakar diesel premium kelas dunia."
Paling bingung kalau udah liat websitenya pertamina, kebanyakan web nanti tiap ada produk baru bikin web baru lagi...katanya perusahaan kelas dunia, tapi kelola web aja membingungkan