Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
demonicorchestra
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: Wed May 03, 2017 6:33
Location: Bandung
Daily Vehicle: Jazz

Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by demonicorchestra »

As subject
Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Ruly Kurniawan - detikOto

Jakarta - Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartanto mengatakan bahan bakar minyak (BBM) biodiesel 20% atau B20 mulai diterapkan dalam waktu dekat. Menerapkan standar baru tersebut dikatakan akan menguntungkan Indonesia dalam berbagai pihak. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) di suatu kesempatan bahkan mengatakan Indonesia membutuhkan implementasi biodiesel B20.

Namun bagi operator bus, hal ini malah menjadi 'mimpi buruk'. Salah satu anggota Organda dari PO SAN Putra Sejahtera, Kurnia Lesani Adnan mengucapkan, penerapan B20 sangat bertolak belakang akan perkembangan teknologi otomotif saat ini khususnya di bus. Akibatnya, akan banyak masalah ketika diterapkan dalam waktu dekat.

"Saat ini armada saya menggunakan solar B10, dan bisa membuat performa mesin pada kendaraan bus mengalami problem yang cukup krusial. Akibatnya terjadi blocking pada filter atau penyaring BBM (solar) pada mesin bus. Ketika hal ini terjadi, risiko kecelakaan sangat tinggi ketika bus dalam posisi jalan menanjak dengan kecepatan tinggi," ungkap Sani berdasarkan siaran pers yang diterima detikOto di Jakarta, Selasa (28/8/2018).

"Jika kualitas solar tidak sesuai dengan kriteria mesin bakal membuat tenaga mesin menjadi drop/low compretion secara mendadak akibat filter BBM tersumbat (terjadi blocking karena gel)," tambahnya.

Dengan menggunakan solar B10, bus lebih sering mengganti filter BBM lebih cepat dari jadwal yang direkomendasikan oleh pabrikan (15.000 km). "Bisa dibayangkan jika kami sebagai operator lalai akan hal ini," keluh Sani.

Dari sisi teknis Biodiesel atau disebut Fatty Acid Methyl Ester (FAME) merupakan minyak solar campuran minyak sawit 20 persen dan solar minyak bumi 80 persen. Bahan baku pencampur biodiesel pun bisa dikatakan dapat diperoleh dari produk-produk pertanian, seperti minyak goreng.

Untuk proses pembuatan biodiesel, dengan mengurai molekul trigliserida menggunakan metanol atau etanol dan dibantu katalisator. Reaksi ini menghasilkan ester metil atau etil asam lemak yang sifat fisiknya mirip dengan minyak solar. Untuk mendapatkan campuran yang homogen antara FAME dengan minyak solar maka dilakukan di kilang. 

"Masalahnya, apakah bisa dijamin campurannya bisa konsisten? Campuran FAME dengan solar dikhawatirkan tidak konsisten. Bisa saja nanti didaerah tertentu campurannya lebih banyak FAME di atas 20 persen," kata Sani.
Jd penasaran ama pengaruh jangka panjang B20 di durability mesin2 diesel canggih dgn teknologi commonrail (terutama BMW ama Hyundai/Kia) jga mesin2/alat berat
industri dgn bahan bakar diesel yg beredar saat ini bakal kek gmn
Chester Bennington 1976-2017, gone but not forgotten
"I've become so numb, I can't feel you there. Become so tired, so much more aware"
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1068
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by vipere »

katanya yg non subsidi juga mau dicampur bio ? berarti dex juga bakal dicampur ?
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by Winz »

Kongkalikong sama Pengusaha Sawit ini, di luar negeri ga ada ributin bio2 begini

malah emisi gas buang kendaraan ga keurus, ini yang lebih fatal buat lingkungan
dionfc
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: Sun Nov 26, 2017 3:46
Location: Jawa Timur
Daily Vehicle: Yaris

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by dionfc »

bakal banyak problem engine low power & problem injector..
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by martinnn »

semakin banyak bus ngebul di jalanan
:big_biglaugh:
Koddy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 729
Joined: Thu Jan 21, 2016 11:01
Location: Semarang

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by Koddy »

vipere wrote:katanya yg non subsidi juga mau dicampur bio ? berarti dex juga bakal dicampur ?
Sekarang juga udah dicampur bio kok
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1068
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by vipere »

Koddy wrote: Tue Aug 28, 2018 8:47
vipere wrote:katanya yg non subsidi juga mau dicampur bio ? berarti dex juga bakal dicampur ?
Sekarang juga udah dicampur bio kok
wew..bayar mahal2 udah dicampur juga. [emo-yesno]
User avatar
riizv89
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 175
Joined: Wed Apr 12, 2017 5:52
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Tokinov

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by riizv89 »

Koddy wrote:
vipere wrote:katanya yg non subsidi juga mau dicampur bio ? berarti dex juga bakal dicampur ?
Sekarang juga udah dicampur bio kok
Informasinya dapat darimana om? Wah pakai Dex sudah B20 ya, apa ada alternatif lain untuk ganti Dex.
User avatar
Winz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2599
Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
Location: Bali, Indonesia
Daily Vehicle: ANPS+XpC

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by Winz »

vipere wrote: Tue Aug 28, 2018 8:49
Koddy wrote: Tue Aug 28, 2018 8:47
vipere wrote:katanya yg non subsidi juga mau dicampur bio ? berarti dex juga bakal dicampur ?
Sekarang juga udah dicampur bio kok
wew..bayar mahal2 udah dicampur juga. [emo-yesno]
harus'nya Dex tidak dicampur lah, juga harga 2x lipat lebih sama Bio Solar

Mending dibikin Solar B20, DexLite B10, Dex B0, toh juga ga subsidi loh

kaya gini diesel yurop pada ambruk semua dah, uda mulai protes nih

Harusnya Pemerintah lebih fokus tentang aturan hybrid car

dampak ke lingkungan juga lebih besar kebaikannya
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by ilhami »

Produksi sawit berlebih, dan untuk mengurangi impor bbm solar sambil menyelamatkan rupiah
User avatar
demonicorchestra
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: Wed May 03, 2017 6:33
Location: Bandung
Daily Vehicle: Jazz

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by demonicorchestra »

ilhami wrote: Tue Aug 28, 2018 9:00 Produksi sawit berlebih, dan untuk mengurangi impor bbm solar sambil menyelamatkan rupiah
Berharap aja pemerintah bs muter otak biar kebijakan B20 bs diimplementasikan tanpa mengurangi kualitas solar klo begitu, secara mesin bus yg terdorong kelas heavy duty aja seperti yg kepayahan disuruh minum solar yg B10
Chester Bennington 1976-2017, gone but not forgotten
"I've become so numb, I can't feel you there. Become so tired, so much more aware"
Nugrohonug
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 193
Joined: Sat Sep 10, 2016 16:26
Daily Vehicle: D4-D and CRDi

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by Nugrohonug »

Setau ane nih koreksi aja kalo salah,kalo shell ada kandungan bionya kalo dex dan total sih kayaknya ngga ada karna mereka kerasa lebih enteng dimesin crdi ane tapi entah knp kalo pake dex atau total lebih item asepnya,entah kandungan bio ngaruh ngga sama asep
danielkt
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: Sun Aug 17, 2014 7:43

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by danielkt »

Nugrohonug wrote: Tue Aug 28, 2018 9:53 Setau ane nih koreksi aja kalo salah,kalo shell ada kandungan bionya kalo dex dan total sih kayaknya ngga ada karna mereka kerasa lebih enteng dimesin crdi ane tapi entah knp kalo pake dex atau total lebih item asepnya,entah kandungan bio ngaruh ngga sama asep
dex ada kandungan FAME 10%, bisa dicek di spec yg dipublish pertamina

btw, ini dari salah 1 sumber

Disadvantages of biodiesel fuel

• Another biodiesel fuel disadvantage is that it can harm rubber hoses in some engines.
• As Biodiesel cleans the dirt from the engine, this dirt can then get collected in the fuel filter, thus clogging it. So, filters have to be changed after the first several hours of biodiesel use.

source : http://www.berkeleybiodiesel.org/advant ... iesel.html
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by Herman7103 »

Dari informasi yg saya baca, pemakaian biodiesel B20
membuat user harus mempercepat penggantian fuel filter mobilnya.

https://m.cnnindonesia.com/teknologi/20 ... g-konsumen
:glodak:
HR15DE 2014
Koddy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 729
Joined: Thu Jan 21, 2016 11:01
Location: Semarang

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by Koddy »

riizv89 wrote:
Koddy wrote:
vipere wrote:katanya yg non subsidi juga mau dicampur bio ? berarti dex juga bakal dicampur ?
Sekarang juga udah dicampur bio kok
Informasinya dapat darimana om? Wah pakai Dex sudah B20 ya, apa ada alternatif lain untuk ganti Dex.
https://www.pertamina.com/industrialfue ... na-dex.pdf

Specs nya FAME 10%, mengikuti aturan B10 yang berlaku hingga saat ini.
Ntar September 2018 waktu aturan B20 berlaku, ya ikutan jadi B20.
Itu di Datasheet nya, kan ada * nya. Baca aja tulisan di bawah, mengikuti standarisasi pemerintah.
Lagian emang B20 kan berlaku buat semua, baik bbm bersubsidi maupun non subsidi.
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1645
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by pengendiesel »

Selama ini solar goceng B berapa? Pertadex?
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by nugroho bagor »

Operator bus n truck demo aja,ramai2 bikin lumpuh,jalan di mana2 pasti gak jadi 😂
slowipah
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 288
Joined: Fri Sep 30, 2016 3:52

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by slowipah »

danielkt wrote: Tue Aug 28, 2018 10:12
Nugrohonug wrote: Tue Aug 28, 2018 9:53 Setau ane nih koreksi aja kalo salah,kalo shell ada kandungan bionya kalo dex dan total sih kayaknya ngga ada karna mereka kerasa lebih enteng dimesin crdi ane tapi entah knp kalo pake dex atau total lebih item asepnya,entah kandungan bio ngaruh ngga sama asep
dex ada kandungan FAME 10%, bisa dicek di spec yg dipublish pertamina

btw, ini dari salah 1 sumber

Disadvantages of biodiesel fuel

• Another biodiesel fuel disadvantage is that it can harm rubber hoses in some engines.
• As Biodiesel cleans the dirt from the engine, this dirt can then get collected in the fuel filter, thus clogging it. So, filters have to be changed after the first several hours of biodiesel use.

source : http://www.berkeleybiodiesel.org/advant ... iesel.html
Setau ane sih point 1 jeleknya biodiesel. Dr dulu brazil yg uda b20 kl ga salah, dan mmg mbl2 diesel situ hose2 nya uda spec/khusus buat tahan biodiesel. Kl issue filter solar n injector itu lbh ke pemakaian pertama ke mbl2 lama yg tangkinya uda kotor. Kotoran akan kebawa. Mending kuras tangki dl.
Ingkak
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: Wed Mar 08, 2017 13:46
Location: Pekanbaru
Daily Vehicle: Grandlivina

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by Ingkak »

Buah simalakama... B20 gak diterapin, rakyat sawit di sumatera, kalimantan, sulawesi & papua menjerit. Harga sawit ada di posisi terendah karena produksi berlebih banyak dan seiring panen bunga matahari dan wijen di eropa dan amerika (eropa dan amerika kampanye anti sawit ya intinya melindungi komoditas mereka ini) sehingga murni china dan india pemakai produk minyak sawit kita. Pemerintah pusing kepala bagaimana optimalisasi produk minyak sawit ini, dapatlah B20 ini. Tapi klo di terapin di seluruh jenis solar di Indonesia ya kasian mesin diesel modern, dengan solar sekarang aja sudah banyak triton dan double cab lainnya yg terkapar karena injectornya jebol. Makanya gak heran organda dan pengusaha bus triak ttg kebijakan B 20 ini. Di detik siang tadi pemilim PO SAN (kurnia lesani adnan) juga protes apabila B20 ini diterapkan, karen mesin armada SAN rata2 adalah mesin kekinian dari mercedes dan scania
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11855
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by marmut »

Herman7103 wrote: Tue Aug 28, 2018 10:37 Dari informasi yg saya baca, pemakaian biodiesel B20
membuat user harus mempercepat penggantian fuel filter mobilnya.

https://m.cnnindonesia.com/teknologi/20 ... g-konsumen

belum sempet ganti fuel filter, sudah ganti mobilnya duluan......
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 794
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by silentIm2 »

Kalo saya sih jujur aja no worry juga dengan B20. Selama ini saya juga mempercepat ganti fuel filter saya. Selama ini saya juga pake biosolar ga pernah ada masalah. Biodiesel menaikkan cetane dan meningkatkan lubricity solar.

Yang worry tuh 80 persen solar sisanya. Pertamina mungkin saja impor base diesel yang grade penyulingannya lebih rendah, nilai sulfurnya lebih tinggi, supaya spesifikasi biosolar tercapai.

Tapi memang selama ini saya rajin ganti fuel filter sih, setiap 2x ganti oli, lebih cepat dari jadwal pabrik.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1645
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by pengendiesel »

silentIm2 wrote: Tue Aug 28, 2018 16:56 Kalo saya sih jujur aja no worry juga dengan B20. Selama ini saya juga mempercepat ganti fuel filter saya. Selama ini saya juga pake biosolar ga pernah ada masalah. Biodiesel menaikkan cetane dan meningkatkan lubricity solar.

Yang worry tuh 80 persen solar sisanya. Pertamina mungkin saja impor base diesel yang grade penyulingannya lebih rendah, nilai sulfurnya lebih tinggi, supaya spesifikasi biosolar tercapai.

Tapi memang selama ini saya rajin ganti fuel filter sih, setiap 2x ganti oli, lebih cepat dari jadwal pabrik.
Pake mobil apa om?
efact
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 520
Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by efact »

Herman7103 wrote: Tue Aug 28, 2018 10:37 Dari informasi yg saya baca, pemakaian biodiesel B20
membuat user harus mempercepat penggantian fuel filter mobilnya.

https://m.cnnindonesia.com/teknologi/20 ... g-konsumen
Agak aneh sama statement yang ini, jd kegelitik pengen komen
"Jadi tugas saringan bahan bakar itu sangat penting untuk menyaring kotoran. Kalau misalnya konsumen membiarkan sampai lebih dari 5.000 km, saringan rusak lalu kotoran akan masuk ke ruang pembakaran. Injektor juga lama-lama pasti rusak," ucap Tonton.

Kok bisa ya saringan dirusak sama bio fuel, :wkkk: bisa bolong gtu saringannya sampe kotoran pada masuk ke ruang bakar??
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
Sonzz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 210
Joined: Sat Dec 02, 2017 11:37
Location: BTH-CGK
Daily Vehicle: Veloz 3SZ-VE Brio L12

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by Sonzz »

penerapan B20 agar penyerapan Minyak Sawit lebih tinggi sehingga bsa menaikkan harga Minyak sawit...serta menurunkan konsumsi Minyak Bumi (SOLAR) sehingga impornya berkurang dan bsa mengurangi defisit neraca berjalan....mobil2 lawas yg mau pake B20 ya harus kuras tangki dan ganti filter solar dulu lah
Or4cle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1312
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Operator Bus Keluhkan Kebijakan Standar Biodiesel B20

Post by Or4cle »

Pengembangan mesin diesel saat ini di persimpangan jalan. Eropa sebagai pusat kiblat perkembangan otomotif penjualan mobil diesel semakin merosot sejak skandal Dieselgate. Toyota & Honda sdh menghentikan penjualan mesin diesel di Eropa, dan fokus ke mobil hybrid. BMW masih setengah hati, pabrikan lain pun skeptis masa depan mesin diesel. Hanya Mercedes - Benz yang masih yakin diesel masih cerah di masa depan.

Kebijakan standar Biodiesel B20 kayak buah simalakama, pemerintah terpaksa turun-tangan untuk menyelamatkan industri kelapa sawit di saat harga kelapa sawit anjlok.