kaca mobil terbuat dr bahan apa seh? kuat banget!!!

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

kaca mobil terbuat dr bahan apa seh? kuat banget!!!

Post by nichol »

anjrit!!! kemaren gue jatoh dr motor gara2 ada orang buka pintu mobilnya pas gue lagi jalan pelan di kemacetan, pas disampingnya. Sial bener gue...gue jatoh bareng cewe gue (boncengan). Pas gue bangun, tuh orang langsung masuk lagi ke mobil tanpa sepatah katapun, gak minta maap, gak bantuin berdiriin motor, ato ngapa2in alias belagak ga ada kejadian apa2. Kontan gue ngamuk, gue tonjok kaca mobilnya sekenceng mungkin. Tapi aneh ya, koq dah gue tonjok, gak retak/ ancur kaca mobilnya? dr bahan apa sih? krn ga ancur, gue tendang aja pintu mobilnya 2 kali. :ppp tuh orang juga ga respon, kayaknya ketakutan liat gue ngamuk :P untung gw n motor gak kenapa2, cuma bonyok aja tangan gue!

info: mobilnya kijang tipe thn 2000 an gitu
Just Call Me Nichol !!!
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Waduh, galak amir ! Pantes ketakutan tuh driver. Hehehe ... Emang ngga tau diri tuh driver, harusnya say sorry ato apa kek. Emang msy sini suka cuek dgn lingkungan.

Mengenai bahan kaca, gw juga kurang tau. Tapi ati2 kalo nonjok sampe hancur, tangan loe bisa2 cedera parah.

Emang gw akui kaca mobil kuat banget, soalnya waktu gw di tol ada sebongkah batu kecil yg langsung loncat ke kaca depan. Tp kaca mobil gw gpp, padahal gw kaget banget suaranya prak (keras banget). Gw lari 150an waktu itu. Tp kacanya fine2 aja, cuma sedikit baret kecil (ngga begitu keliatan deh).
Laserghia
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Wed Jul 06, 2005 5:27

Post by Laserghia »

Wah tuh pintu bonyok dong kayak tangan lo? hehe.. :x
Setau gw kaca mobil ya tentunya sama2 berbahan pasir silica juga, cuma proses pembuatannya yang bikin dia kuat banget, kaca samping tuh dibuat dengan proses tempered dengan menggunakan suhu tinggi betul sampe kacanya mendekati leleh dan dipanaskan dengan tiba2. Hasilnya bisa disebut "thoughened" kerna memang kuat banget2. Kalo gak salah breaking pointnya sekitar 24.000 psi. Kebayang kan kuatnya. :e-naughty:
Dan akibat proses itu juga kalo remuk dia pecah kayak jagung, meskipun diclaim aman, tapi namanya kaca ya kulit lo pasti gores2 juga, kalo digebuk gitu, gw yakin ada juga yang masuk ke daging.. hiii... kayak dibilang bung Digi, bisa jadi parah tuh! :cry:
Pernah kaca depan mobil civic lama gw (masih tempered) pecah kena batang pohon yang tumbang dan gw lagi nyetir (hujan pula), badang gw langsung dipenuhi butiran2 kaca dimana2, gak luka sih, tapi pas mandi.. buseeet.. kayak disayat2 seluruh muka, tangan sama leher...
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

bahkan kapak merahpun tidak segampang itu memecahkan kaca samping mobil kita,orang nyerahin handphone sebenarnya kalah psikologis aja......kalo pake kapak yg gagangnya panjang dan diayunkan dari jauh mungkin si pecah......
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

waktu pertama kali launch US safe (maaf ngak ada maksud promosi) waktu itu ada pintu yang udah dilepas dilapisin ama kaca film nya lalu kita di suruh mukul pakai pemukul base ball hehehhehee.
waktu itu saya ada coba pukul,ngak keras amat sih cuman lumayan juga tuh kaca kuat hehehehehe.
User avatar
adisantosa
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Tue Nov 30, 2004 19:38
Location: surabaya

Hikhikhik..

Post by adisantosa »

Kalo kaca depan kurang kuat dibanding kaca sampong kali yee
Kaca depan pick up ku aja pernah hancur berantakan cuma karena batu kecil yang jatuh dari truk pasir dan langsung kena deh mobilku. Waktu itu kecepatan 80an kmph.
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Re: Hikhikhik..

Post by datsu »

adisantosa wrote:Kalo kaca depan kurang kuat dibanding kaca sampong kali yee
Kaca depan pick up ku aja pernah hancur berantakan cuma karena batu kecil yang jatuh dari truk pasir dan langsung kena deh mobilku. Waktu itu kecepatan 80an kmph.
Nanya dong... ada kemungkinan gak kalo kualitas antar kaca tempered itu juga beda2...tergantung kelas mobilnya...??
the-mantal
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 572
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Post by the-mantal »

bisa jadi tuh orang pakai kaca film yang anti pecah. Kayak 3M punya, sodara gua pakai itu! N ada pengalaman yang ngga akan gue lupakan, di perempatan cempaka putih,ditodong kapak merah, n dipukulin sampai 10 kali, ngga pecah ngga retak, cuma lecet dikit doank.....
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

wah turut prihatin juga bos nichol... tanpa say sorry mai kabur aja....mungkin gebukin pintunya bisa penyok kali, dibanding gebukin kacanya....apalagii avanza xenia, dulu otomotif pernah bilang bodi avanza xenia jelek banget...

kalo kaca samping udah ditempelin kaca film akan memperkuat kaca nya dari hantaman benda asing...dibandingkan kaca itu tanpa kaca film...
belum lagi daya kedap udara dari mobil itu juga mempengaruhi kekuatan kaca.
sebagai contoh kalo kijang itu tertutup rapat semua pintu dan kaca jendelanya, maka kita memerlukan kekuatan ekstra untuk memecahkan kaca itu .
Nah kalo ada salah satu pintu / kaca jendela yang terbuka sedikit saja dari kijang itu, maka tenaga yang dibutuhkan untuk memecahkan kaca slah satu jendela akan lebih kecil, karena daya kedap udara nya hilang.
Image
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

ooh, gile, pantesan, namanya kaca tempered ya, pantesan gak ancur tuh kaca, dikampak aja gak mempan...tangan gue herannya gak kenapa2 yak? ada sih kayak sedikit memar, itupun gak keliatan n paling seumprit doang. berarti tangan gue kuat juga ya, huehehe...

kalo pintunya sih, gue juga heran, kayaknya gak parah penyoknya, mungkin krn gw pake sendal kali yak, jadi agak teredam sedikit....kayaknya sih penyok dikit, gak gitu ketara, palingan ada bekas tanah warna coklat dr sendal gue, huehe...

gak abis pikir juga, gue dah ngalemin kejadian ini 2 kali bo! yg pertama sama taxi, kejadiannya persis mirip...gue jalan pelan, tau2 penumpangnya di belakang maen buka pintu, nyusruk gue sama cewe gue, jari manis gue nyaris patah...untung tukang taxinya bertanggung jawab, kebetulan juga deket pos polisi. penumpang tadi adlh ibu2, dia cuma say sori n buru2 jalan seribu langkah masuk mall. sial...alhasil, gw maapin tuh pengemudi taxi-nya, gw gak apa2in, minta dilepasin (tdnya mo diperpanjang urusannya ma polisi), dia mo ganti rugi gue, gue tolak, kasian..

andaikata penumpang kijang tadi minta maap n tanggung jawab (minimal ada itikat baik lha) ke gue, pasti kejadiannya takkan seemosional itu, pasti lha gw maapin kayak pengemudi taxi sblmnya...

dr pengamatan gue sih, tuh mobil kijang pake kaca film yg lumayan bagus, gelap, dalem hampir gak keliatan, kayaknya dr plastik gitu bahan kacanya...

cm gue bilang sih, kalo pake kaca film yg sedeng2 aja kali ya, soalnya kalo terlalu keras, apalagi pake yg 3m yg disebutin itu. Takutnya pas kecelakaan, malah gak bisa keluar lagi, wong kaca mobilnya gak bisa pecah...bisa2 terpanggan di dalam..hehe...
Just Call Me Nichol !!!
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

>>Setau gw kaca mobil ya tentunya sama2 berbahan pasir silica juga, cuma proses pembuatannya yang bikin dia kuat banget, kaca samping tuh dibuat dengan proses tempered dengan menggunakan suhu tinggi betul sampe kacanya mendekati leleh dan dipanaskan dengan tiba2. Hasilnya bisa disebut "thoughened" kerna memang kuat banget2. Kalo gak salah breaking pointnya sekitar 24.000 psi. Kebayang kan kuatnya.<<

wakksss...jangan pake deh, giliran ada kecelakaan, malah gak bisa keluar lagi....yg beginian mah, ancurnya pake bazzoka kali yak.....
Just Call Me Nichol !!!
User avatar
adisantosa
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Tue Nov 30, 2004 19:38
Location: surabaya

Post by adisantosa »

safety driving bro

8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8)
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

kalo mau sih yang di pukul itu kap mesin pasti penyok,apalagi kalo kijang.di tekan dikit aja langsung turun deh hahahahhahaha.

lagian sayang pak jangan pukul kaca sakit kalo hancur sih ngak papa,kalo ngak wah bisa memar tangan. ehehehehehe.
User avatar
adisantosa
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Tue Nov 30, 2004 19:38
Location: surabaya

Post by adisantosa »

mpoezz wrote:kalo mau sih yang di pukul itu kap mesin pasti penyok,apalagi kalo kijang.di tekan dikit aja langsung turun deh hahahahhahaha.

lagian sayang pak jangan pukul kaca sakit kalo hancur sih ngak papa,kalo ngak wah bisa memar tangan. ehehehehehe.

uang obatnya lebih mahal kekhekekhe
tul kap mesin memang daerah paling tipis untuk mobil downgrade.

mobilnya parkir diem ato jalan trus stop krn macet?
mas nichol gak liat ta kalo tuh mobil buka pintu?
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

yup soalnya temen saya pernah tangan nya senderan di kap mobil nya sendiri kebetulan kijang tahun 2001,langsung pesok masuk kebawah padahal orang nya kurus dan ditekan pake siku aja ngak dipukul.

apalagi kalo dipukul tuh hahahahahhaha
Laserghia
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Wed Jul 06, 2005 5:27

Post by Laserghia »

Kalo kaca depan kurang kuat dibanding kaca sampong kali yee
Mungkin karena perbedaan ukuran lebar, makin jauh dari tepi kan makin rapuh.
Kaca depan mobil tahun sebelom 90an masih tempered, tapi yang baru2 udah pake lamisafe/lamipane yaitu ada lapisan film yang extra liat ditengah kaca, dan kalo pecah kayak kaca biasa (retak manjang) tapi gak akan jatuh. Soalnya kaca tempered sekali pecah (meskipun pake kaca film) langsung gak bisa liat kedepan, bahaya..
wakksss...jangan pake deh, giliran ada kecelakaan, malah gak bisa keluar lagi....

Kaca lamisafe ini lebih kuat lagi, dan film ditengahnya liat banget sampe sulit ditembus. Makanya cuma boleh dipake di kaca depan, kaca samping dan belakang masih tempered, soalnya relatif lebih "pecah-able" dalam kondisi darurat.
Liat aja deh identifikasi kaca mobil teman2 masing..
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

oh..itu toh kelemahan mobil...hehehe...thanks buat infonya ya, laen kali (moga2 gak ada lagi) kalo ada yg rese2, gue embat kap depannya aja yah, hehe..siap2 yg punya mobil.. :p

>>mobilnya parkir diem ato jalan trus stop krn macet?
>>mas nichol gak liat ta kalo tuh mobil buka pintu?

lagi macet kebetulan, saya/motor2 jalan di sebelah kanan, ada lowong lebar jalan 1 meteran.
nah, pas gue melintasi sblh kanan kijang tsb, tiba2 tuh orang maen buka pintu aja "pas" gw lewat sblh kanan mobilnya, boro2 bisa ngerem, wong gw kagetnya stgh hidup....kalo dia buka pintu sblm gw lewat, masih bisa gw rem..tp ini 'pas' gw lewat. untung gw jalan pelaan sekali, 10 kpj lha, krn jln rame...

untung gak luka serius, cuma memar dikit, diurut urut sama cewe gw juga baekan..hehe...
tp pikir punya pikir, tuh yg buka pintu kijang, lucu juga ya bisa ketakutan gitu, abis jatoin gw, dia cepet2 masuk lagi ke dalam mobil...cewe gue sempet buka pintu mobilnya (maksudnya suruh tuh orang angkat motor gw ato apa keq), tp dia langsung tarik pintunya n dikunci dr dalem...mungkin dia takut kali yak dibantai warga ato rider laen, hehe...melihat tdk ada itikad baik dr org tsb, kontan gw ngamuk...yaaa...mungkin serba salah juga kali ya dia, satu sisi takut diamuk massa...tp untungnya massa sekitar gak ikut2 ngamuk, hehe.....
Just Call Me Nichol !!!
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

oya, ada yg inget gak, pernah ada kejadian (kayaknya di indo deh)...sbh bus terbalik, masuk jurang ato kali lupa gw...penumpangnya kalo gak salah tewas semua, lantaran itu bus terkunci, penumpang gak bisa keluar, mo pecahin kaca tp gak ada yg bisa pecah (bus AC kayaknya)....makanya sempet keluar aturan, bus2 harus dilengkapi semacam palu kecil khusus buat pecahin kaca...
Just Call Me Nichol !!!
User avatar
adisantosa
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Tue Nov 30, 2004 19:38
Location: surabaya

T T

Post by adisantosa »

nichol wrote:oya, ada yg inget gak, pernah ada kejadian (kayaknya di indo deh)...sbh bus terbalik, masuk jurang ato kali lupa gw...penumpangnya kalo gak salah tewas semua, lantaran itu bus terkunci, penumpang gak bisa keluar, mo pecahin kaca tp gak ada yg bisa pecah (bus AC kayaknya)....makanya sempet keluar aturan, bus2 harus dilengkapi semacam palu kecil khusus buat pecahin kaca...
Setuju karena angkutan umum memang harus mengutamakan keselamatan penumpangnya..

Yah kalo pas disamping mobil trus main buka pintu aja itu sih salah mobilnya.
Apalagi gak ada bantu angkat tuh motor memang keterlaluan.
Anda layak marah... "Tanya kenapaa..."


Mungkin juga karena kebiasaan orang di indonesia kalo ada kendaraan jatuh karena mobil pasti yang salah tuh mobil.
Trus kalo jatuh minta ganti kerusakan seenaknya (bukan anda lho bung nichol) yang sepertinya memeras yang punya mobil.
("Please don't ever do that again")


8) 8) 8) 8) 8) 8) 8) 8)
Audiophile
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: Thu Aug 05, 2004 7:48

Re: T T

Post by Audiophile »

adisantosa wrote:Mungkin juga karena kebiasaan orang di indonesia kalo ada kendaraan jatuh karena mobil pasti yang salah tuh mobil.
Betul, padahal, banyak sekali kejadian di mana si pengendara motor yg seenaknya nyalip dan motong tanpa kasih lampu sein atau aba2 terlebih dahulu.
Udah gitu, nyalipnya mempet banget, kalo gue gak konsentrasi banget, kejadian deh ... :evil: :mad:
Udah gitu, mereka malah lebih galak pula :mad:

Yg paling sering, waktu mau masuk parkiran, udah jauh2 sblmnya (kira2 50 m) gue kasih lampu sein kiri, udah mepetin mobil ke sebelah kiri, eeehhh, banyak pengemudi motor yg mungkin 'buta' gak bisa lihat lampu sein (jarak mereka dari mobil juga lebih dari 20 m), masih aja nekat mau mendahului dari sebelah kiri, mau memotong moncong mobil gue yg cuma tinggal kurang dari 50 cm dari gerbang parkir ! dan bukan mendahului dari sebelah kanan ! :mad:
User avatar
adisantosa
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Tue Nov 30, 2004 19:38
Location: surabaya

Re: T T

Post by adisantosa »

Audiophile wrote:
adisantosa wrote:Mungkin juga karena kebiasaan orang di indonesia kalo ada kendaraan jatuh karena mobil pasti yang salah tuh mobil.
Betul, padahal, banyak sekali kejadian di mana si pengendara motor yg seenaknya nyalip dan motong tanpa kasih lampu sein atau aba2 terlebih dahulu.
Udah gitu, nyalipnya mempet banget, kalo gue gak konsentrasi banget, kejadian deh ... :evil: :mad:
Udah gitu, mereka malah lebih galak pula :mad:

Yg paling sering, waktu mau masuk parkiran, udah jauh2 sblmnya (kira2 50 m) gue kasih lampu sein kiri, udah mepetin mobil ke sebelah kiri, eeehhh, banyak pengemudi motor yg mungkin 'buta' gak bisa lihat lampu sein (jarak mereka dari mobil juga lebih dari 20 m), masih aja nekat mau mendahului dari sebelah kiri, mau memotong moncong mobil gue yg cuma tinggal kurang dari 50 cm dari gerbang parkir ! dan bukan mendahului dari sebelah kanan ! :mad:
Mereka mau pamer kalo motornya jago jadi bisa lebih cepat dari motor yang lain yang mau menunggu, apalagi bisa motong dari jarak 20m yang cuma menyisakan ruang 50cm.

Tapi tidak semua pengendara motor begitu.
Ada juga yang lebih sopan dan baik, tidak seperti para jagoan motor tsb.
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

pengendara motor yg maen nyalip itu namanya tidak menghormati sesama pemakai jalan...Low level manner....Not eating school chair...pasti nilai ppkn nya rendah... :p
Just Call Me Nichol !!!
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

<<Mungkin juga karena kebiasaan orang di indonesia kalo ada kendaraan jatuh karena mobil pasti yang salah tuh mobil.
Trus kalo jatuh minta ganti kerusakan seenaknya (bukan anda lho bung nichol) yang sepertinya memeras yang punya mobil.
("Please don't ever do that again") <<

itu namanya tindak premanisme...menggunakan hukum jalanan untuk maksud mencari untung, krn di jalanan, prakteknya memang menyedihkan...boleh dibilang, "orang" menduduki rantai makanan terendah, "motor" rantai kedua, "mobil" rantai ketiga...
jadi kalau ada "orang" dan "motor" yg celaka, pasti motor yg dibakar walau "orang" tsb yg salah..demikian juga antara "motor" dengan "mobil", kalo ada yg celaka pasti "mobil" yg disalahin apapun alasannya...rendahnya moral bangsa kita...

gw sendiri suka teriakin motor yg maen salip sana, salip sini seenaknya ditengah kemacetan 2 arah..."Woi bego, dah tau macet, ngapain lu maju!!!"....jalan macet total, dia seenaknya jalan cari sela2, akibatnya arah sana macet, arah sini gak gerak istilahnya...

kalo mo perbaiki moral bangsa ini, mungkin sampe 3-4 regenerasi baru bisa..

<<Trus kalo jatuh minta ganti kerusakan seenaknya (bukan anda lho bung nichol) yang sepertinya memeras yang punya mobil. >>

tentu doong...sori yeee, emangnya gue preman... :)
wong waktu gw dicelakain taxi aja gw maapin, krn drivernya ada itikat baik....sepeserpun gw ga terima, malah gw sempet bilang "buat bapak aja, bayar setoran".......malah gw bebasin die dr cengkeraman polisi yg mungkin malah memanfaatkan situasi memulai praktek 'premanisme' mereka.......bae kan gue?...huehehehehe.........
Just Call Me Nichol !!!
the-mantal
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 572
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Post by the-mantal »

masalahnya pak nichol....
pengendara motor yang saya temui jarang2 seperti bapak!!!
yg sering ketemu malah yang tipe satu lagi tuh....

mungkin bagus juga kalo kita adakan penelitian, berapa banyak pengendara motor yang "sopan" dan yang "tidak sopan"
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

>>mungkin bagus juga kalo kita adakan penelitian, berapa banyak pengendara motor yang "sopan" dan yang "tidak sopan">>

hehe, dari 10 motor, paling banyak cuma 1 yg sopan :p yg lainnya ngawur...
Just Call Me Nichol !!!