Mobil ini awalnya dibeli untuk ngegantiin mazda 323 tua, tapi akhirnya yang dijual malah ayla yang di sini viewtopic.php?f=19&t=25083
Karena belum ada yang pernah review Avega dan saya berusaha membantu khalayak ramai untuk mempertimbangkan mobil ini kalau mau beli mobkas

Mobilnya baru dipake sebulan, udah hampir 2000 kilometer, mobil ini jarang dipake, tapi sekali pake kilometernya nambahnya banyak karena jarak tempuhnya lumayan. Mudah mudahan awet mobilnya karena mau dipake buat mobil perang
Sekilas Pandang Hyundai Avega
Hyundai Avega mendarat di bumi ibu pertiwi pada tahun 2007. Ngegantiin hyundai accent verna. Hadir dalam tiga tipe: G, GL, SG. G itu setara fiturnya kayak buat taksi, serba manual. GL tipe tengah yang udah komplit. SG fitur sama kaya GL tapi ditambah jok kulit (ini ga tau asli apa engga) dan beberapa lapisan kulit di interiornya (shift knob, lingkar setir).
Sempet facelift di 2009, ganti velg, grill, sama lampu depan. Tahun 2010 lampu belakangnya berubah (seinnya jadi smoke). Tipenya juga berubah, GL jadi GX sama SG limited (CMIIW tolong dikoreksi). Tipe SG selepas IIMS juga udah ga ada, diganti sama yang sporty. Tahun 2011 pilar B dicat hitam, di spion juga ditambah lampu sein. Ada bodykit di lips bumper depan yang bakalan sering gesrot di jalanan indonesia
Eksterior
Relatif sih ini, cuman menurut saya desainnya terlalu tua (iya lah orang masih seplatform sama accent). Desain pantatnya cukup sporty dan cantik, cuman desain depannya aja yang kurang. Oh iya, mobil ini masuk ke kategori minibus dalam kewajiban perpajakannya karena bagasinya jadi satu sama kabin.



Saya suka sih model model liftback begini. Jadi inget Ford Laser Champ milik bokap dahulu dan corolla liftback. Menurut saya garis desainnya pabrikan si honda miring ini ingin mengejar kesan sporty. Bodynya cukup tebal terutama kap mesin itu ngangkatnya mayan berat. Ga tau deh gimana crumple zone nya


7/10 deh menurut saya
Interior
Interiornya too old! Mirip mobil 90an, even type Z dan Aerio yang lebih tua, masih keliatan lebih modern tampilannya. Pemilihan warna abu abu cerah ini sih masalahnya, kalau aja warnanya full black atau beige mungkin akan keliatan lebih modern.

Disamping desain jeleknya itu menurut saya kualitasnya masih cukup baik, rattle ada sedikit tapi masih jauh lebih baik dibanding mobil mobil baru jaman sekarang. Plastik kerasnya masih terhitung kokoh.

Untuk kenyamanan joknya bisa dibilang cukup baik, tapi penyetelan kursi cuman reclining + sliding doang. Cukup mengecewakan di mana Verna ada height adjuster dan setelan punggung untuk pengemudi. Tapi ya posisinya menurut postur badan saya yang 170cm ini masih dalam kategori βcukupβ
6,5/10 menurut saya
Fitur
Fiturnya standar aja, lebih baik dibanding avanza aja. Kalau dibanding mobil sekelasnya sih masih paling minim fitur. Ada penurunan fitur dibanding hyundai verna (Tilt steering, penyetelan kursi, defogger spion). Tilt steering sih yang paling disayangkan terlepas dari harganya yang jamannya emang paling murah di kelasnya

Sun visor belum ada cerminnya jadi saya tambahkan sendiri (beli di AC* Hardwar*)
Power window belum auto up untuk supir
Ga ada tilt steering dan seat height adjuster, menurut saya itu harusnya jadi fitur standar di sedan begini
indikator gigi juga ga ada
Fitur keselamatan hanya seatbelt
Sisanya standar aja, standar mobil 90an.
Ada timing sih buat wiper intermitten, lumayan bantu juga kalau ujan, walaupun kaca belakangnya ga pake wiper

6,5/10
Driving impression
Mobil ini suspensinya full independen, makanya bisa saya bilang nyaman namun stabil. Saat melewati polisi tidur dan speedbump, bantingan bisa diredam dengan baik. Kalau lagi nyetir sendiri juga lumayan firm. Ga sampai tahap keras, masih cukup lembut. Namun kalau diisi 4 orang dewasa bantingannya bisa dibilang sangat nyaman di kelasnya.

Steering feedbacknya agak terlalu ringan padahal belum EPS, enak sih di dalam kota, masih lebih ringan dibanding Ayla saya dulu.
Kekedapan ya so so lah, suara kolong sama luar masih dalam tahap cukup baik. Suara mesin yang masuk kalau digeber.
8,5/10
Performance
92 hp @5500 rpm dan 132nm @2900 rpm standar mobil 90an. Maklum aja mesinnya jadul, turunan Mitsubishi lancer dan gan 12 valve. Mesin tua tapi ngelitik kalau dikasih bensin oktan rendahan. Suara mesinnya mirip mitsubishi jadul. Suara ngeek khas eterna masih ada di mobil ini

Bisa dibilang sedikit underpowered tapi torsi di putaran bawahnya lumayan. Kalau pemakaian dalam kota sih lebih dari cukup. Masih enak selap selip berhubung radius putarnya lumayan bagus. Agak ngempos di putaran atasnya tapi jalan 170 kmh bukan perkara yang sulit. Tapi ya mesin basic begini punya kelebihan di perawatan yang mudah dan minim sensor. Udah gitu partsnya bisa dibilang termasuk murah.
Konsumsi BBMnya untuk dalam kota 1:7-8 pake pertamax. Itu 1:7 kalau ga lewat tol. Kalau kombinasi sama tol 1:9-10. Luar kota 1:14. Ga boros tapi ga irit juga. Jalan 100 km/j ada di rpm 2000an. Oh iya, Avega ini termasuk akurat speedometernya. Kalau mobil lain sama GPS ada selisih 10%, avega ini hampir ga ada selisih.
7/10
Verdict
Menurut saya dengan harga yang cukup murah (50 jutaan dapet mobil tahun 2010) mobil ini sangat worth it untuk dibeli bagi yang cari kenyamanan tapi ga mau ngeluarin biaya perawatan yang tinggi, terlepas dari fitur dan desain interiornya yang kurang baik.
+ suspensi nyaman dan stabil
+ sparepart murah dan berlimpah
+ harga murah untuk tahun muda
+ tarikan putaran bawahnya enak
- BBM ga irit
- Ngelitik pake BBM oktan rendah
- Interior
- Fitur
- Underpowered
Others
Waktu saya beli mobil ini harganya ada di range 50 jutaan tengah. Kondisinya waktu itu muffler belakang bocor, ban masih bawaan pabrik, kaca film luntur, dan pajak mati dari januari. Perbaikan dll abis sekitar 10 jutaan,
Ban pake hankook ventus concept 2, 4 unit 2,5 juta sama spooring. Baru 2 hari pake, yang 1 kena batu gede di jalan tol, sobek dan harus ganti = 2,5 jt + 600 rb
Knalpot ganti muffler dan pipanya (ternyata bolong juga) = 750 ribu
Carbon clean 250 ribu
Ganti oli fastron 10/40 300 ribu
Filter oli 40 ribu
Engine flush prestone 100 ribu
Busi 1 set 120 ribu
Ganti tutup radiator karena air banyak yang balik ke reservoir = 40 ribu
Ganti fanbelt karena ternyata ada yang sobek. 3 fanbelt 160 ribu
Ganti long tie rod kanan = 565 ribu di beres. Kalau di luaran cuman 250an + jasa 150 sepertinya
Ganti kampas rem depan yang bunyi duk duk + service rem di beres = 350 ribu
Service AC di luar + ganti filter kabin = 550 ribu
BBN lagi gratis. Cabut berkasnya aja bayar = 350 ribu
Pajak + denda 1,9 juta
Pasang kaca film HPP + HP = 1,1 juta
Total sekitar 9,9 juta.