Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by coklatMetalik »

haristk7 wrote: Wed Jul 05, 2017 2:15
btw, saya lagi demen ama locomotive yang satu ini, CC300

Image
Sayangnya si CC300 ini statusnya bukan milik PT KAI, tp milik departemen perhubungan. Jd gk narik kereta reguler

Baru narik kalo ada tugas khusus dari dephub, misalnya angkut bahan buat pembangunan/perbaikan rel, narik rombongan pejabat/tamu negara, atau narik crane jika ada kecelakaan. Selebihnya ya cuma nongkrong di garasi....
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21997
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Turboman »

haristk7 wrote:Bagusnya untuk angkutan barang itu memang lebih bagus pakai kereta barang untuk intercity transportnya.

Di kota A, let say truk, pabrik, jasa pengiriman barang, dll dalam jarak radius 40-60 kilometer dari stasiun kereta kargo A, kargo dibawa oleh truk dan dikumpulkan di terminal kargo A, kemudian setelah kereta penuh terisi muatan kargo maka kereta akan melaju menuju destinasi, misalnya kota B dengan kecepatan rata 90km/h dengan jarak tempuh (bervariasi) 400-800km (atau lebih) dengan perjalanan yang memakan waktu 5-9 jam.

Bayangkan kalau pakai kereta hampir tidak mungkin terjebak macet kecuali menunggu pergantian sinyal, dan kereta sendiri apabila ketemu grade-crossing selalu mendapat prioritas yang artinya dia tidak terjebak macet jalan raya. Belom lagi dengan penggunaan kereta emisi dan gas buang yang dihasilkan bisa ditekan seminimal mungkin, misalnya saja 1 rangkaian kereta barang berjumlah 15 gerbong (1 locomotive + 15 gerbong = 16 cars) vs 16 truk trailer. Belom lagi dengan kondisi truk tuh kalo jalan suka pelan banget karena kelebihan muatan vs kereta yang bisa hampir selalu konstan 60-90 atau bahkan 120km/h. Belom lagi efisiensi waktu yang dihasilkan ketika memakai kereta untuk mengangkut barang dalam perjalanan jauh.

Ketika sampai di kota B, kargo yang diturunkan dari kereta kemudian didistribusikan ke truk yang sudah menunggu di stasiun kargo B untuk kemudian dibawa ke tujuan akhir...let say radius 40-60 kilometer dari stasiun kargo kota B.

Image

Image

Image
EF66 high speed electric locomotive

Image
DF200 diesel locomotive

______________________________

btw, saya lagi demen ama locomotive yang satu ini, CC300

Image
kalo di negara normal pasti begitu

kalo di negara aneh......udah diusulkan pembangunan Transportasi massal.......end up nya jalan tol yg dibangun

sometimes.......I smell something fishy........
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21997
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Turboman »

emang si kalo udah liat gimana larinya loko / kereta listrik......udah gak minat ama loko Desel......kecuali utk perjalanan ke pelosok yg gak ada electric grid

Kereta penumpang antar kota di Jawa pada pake loko Diesel.......lucu kesannya

Di Xiaoshan ane pas turun dr Bulletrain liat ada kereta barang melintas......Loko nya listrik......itu melintas stasiun ada kali speed 80 - 90 kpj........padahal rangkaian gerbong mayan panjang

* Bukan ajakan Beli *
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 437
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Bibieight »

Oom Haristk7 CMMIW ya, pernah denger katanya untuk narik kontainer di jaringan sepur jawa gak feasible gara2 kebanyakan stasiun panjang peron-nya cuma max 20 gerbong, nah padahal BEP-nya harus diatas 20 gerbong ?, jadi agak susah ngatur langsirannya, terutama kalo papasan sama sepur lain. Emang bener gak sih ?
User avatar
grandis_GT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1550
Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
Location: Riau

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by grandis_GT »

Mantap nih , saya yg slama ni cuma paham di dunia pesawat dan mobil , sekarang udah ngerti sedikit dengan dunia perkereta apian , lanjoetkann :D
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by coklatMetalik »

Turboman wrote: Wed Jul 05, 2017 2:35 emang si kalo udah liat gimana larinya loko / kereta listrik......udah gak minat ama loko Desel......kecuali utk perjalanan ke pelosok yg gak ada electric grid

Kereta penumpang antar kota di Jawa pada pake loko Diesel.......lucu kesannya

Di Xiaoshan ane pas turun dr Bulletrain liat ada kereta barang melintas......Loko nya listrik......itu melintas stasiun ada kali speed 80 - 90 kpj........padahal rangkaian gerbong mayan panjang
Yg bikin loko listrik kenceng apanya sih?

Kan loko listrik dgn loko diesel elektrik (spt yg banyak dipake di Indonesia) rodanya sama2 digerakkan motor listrik, sehingga (mungkin) torsinya ya sama2 gede sejak RPM 0 (dan sama2 sensitip trhadap banjir)
Yg beda kan cm sumber listriknya, yg satu dr mesin diesel, yg satu lg dr kabel listrik di atas...
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
denmas8
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 309
Joined: Wed Apr 20, 2016 0:54

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by denmas8 »

Mgk jg faktor "kelebihan" tenaga kerja.. jd moda transportasi/kargo lebih diprioritaskan yg muat kecil - banyak armada.. sbnarnya yg bikin terpuruk wilayah yg kaya komoditi - maritim - agraris - perkebunan - wisata ini ya govt saat ini (nkri).. govt2 dl2 yg smpt berkuasa silih berganti di Indo ini ternayta lebih bagus & maksimal memanfaatkan potensi wilayah ini drpd govt yg skg (pdhl scara umurnya udh tergolong manula)..
Michaelktp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Michaelktp »

Bibieight wrote: Tue Jul 04, 2017 14:39
newrubble wrote: Tue Jul 04, 2017 10:32
coklatMetalik wrote: Tue Jul 04, 2017 9:53 Sayang bgt

Pdhl dulu lokomotip uap tercepat utk lebar rel 1067 dimiliki Hindia Belanda loh....
tdk cuma itu dutch indie dulu koloni paling ma'mur di asia ...... skolah dari level basic sampe professor itu gratis ..... kerjaan di kasih ...... raja sampe kuli pribumi di gaji bulanan

fertilizer gratis ....... agricultural products yg ga bs jual ke market ya jual ke govt

nordic of asia
Kalo yg fertilizer gratis jd ingat cerita almarhum kakek saya. Beliau tinggal di Gondanglegi, Malang, punya lahan tebu beberapa hektar. Katanya kalo jaman koningin Wilhelmina dulu, pupuk dikasih gratis, traktor (masih uap) dikasih pinjam gratis, bibit tebu dikasih gratis setelah beberapa kali panen (katanya dari Curacao), terus kondisi lahan rutin dicek sama sinder tebu, kadang2 bule dari pabrik gulanya datang juga. Terus kalo panen jadwal tebang dan angkut (pake lori) jelas, masuk pabrik itungan rendemen jelas (belasan persen). Lha sekarang, nyari pupuk aja ribut, belum ongkos angkut (harus pake truk, lorinya dah mampus) yang gak jelas, antrian masuk pabrik juga sama gak jelasnya jadi sering tebunya kering di truk.....
Dalam perjalanan ke Surabaya via pantura, saya pernah melihat lori-lori tebu di jalur Kudus menuju Pati. Spertinya juga ada bekas Pabrik Gula besar di sisi kirinya. Menyenangkan dan luar biasa pastinya kalau masih aktif.
Itu masa keemasan komoditas gula kan ya? Sampai konon kebutuhan gula dunia dipasok dari Hindia Belanda. Apalagi hanya Asia. Belum hasil-hasil agribisnis lainnya. Negara exportir kelas wahid. Sekarang ? Hehehe
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21997
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Turboman »

coklatMetalik wrote: Wed Jul 05, 2017 2:54
Turboman wrote: Wed Jul 05, 2017 2:35 emang si kalo udah liat gimana larinya loko / kereta listrik......udah gak minat ama loko Desel......kecuali utk perjalanan ke pelosok yg gak ada electric grid

Kereta penumpang antar kota di Jawa pada pake loko Diesel.......lucu kesannya

Di Xiaoshan ane pas turun dr Bulletrain liat ada kereta barang melintas......Loko nya listrik......itu melintas stasiun ada kali speed 80 - 90 kpj........padahal rangkaian gerbong mayan panjang
Yg bikin loko listrik kenceng apanya sih?

Kan loko listrik dgn loko diesel elektrik (spt yg banyak dipake di Indonesia) rodanya sama2 digerakkan motor listrik, sehingga (mungkin) torsinya ya sama2 gede sejak RPM 0 (dan sama2 sensitip trhadap banjir)
Yg beda kan cm sumber listriknya, yg satu dr mesin diesel, yg satu lg dr kabel listrik di atas...
ya liat aja dii web pabrikan loko...rata2 loko high performance / high speed type nya apa

ya ada aja sii loko Desel yg bisa high speed, tapi perlu diingat mesin Desel ukuran besar itu berat nya ampun2 an lohhh.......bobot mesin udah jadi parasitic load tersendiri

jangan disamakan dgn Ipah 1KD or D Max drag 4JJ yg powernya udah diperas abis2 an sampe 500 - 600 hp or more, mesin Desel loko volume to power ratio rendah utk kejar longevity

kalo soal performa, loko uap pun ada yg lari bisa 200 kpj....yaitu Mallard

* Bukan ajakan Beli *
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by haristk7 »

Bibieight wrote: Wed Jul 05, 2017 2:44 Oom Haristk7 CMMIW ya, pernah denger katanya untuk narik kontainer di jaringan sepur jawa gak feasible gara2 kebanyakan stasiun panjang peron-nya cuma max 20 gerbong, nah padahal BEP-nya harus diatas 20 gerbong ?, jadi agak susah ngatur langsirannya, terutama kalo papasan sama sepur lain. Emang bener gak sih ?
yang saya juga denger selain BEP nya juga makan waktu dan mesti narik banyak gerbong, juga gak semua area dapet double track dan jadi terbatas pergerakannya. Belom lagi di Indonesia masih otomotif-centric ya jadi orang pengennya yang cepet ada dan instan..yaitu truk tanpa mikirin emisi dan gas buang yang menurut mereka gak penting asla bisa cuan..

mungkin sebaiknya memang harus ada stasiun khusus kargo di kota2 besar yang letaknya terpisah dari stasiun penumpang..

saya juga kurang paham sih ama kondisi stasiun kereta kargo/barang dan kereta barangnya di indonesia
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
denmas8
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 309
Joined: Wed Apr 20, 2016 0:54

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by denmas8 »

haristk7 wrote: Wed Jul 05, 2017 3:22
Bibieight wrote: Wed Jul 05, 2017 2:44 Oom Haristk7 CMMIW ya, pernah denger katanya untuk narik kontainer di jaringan sepur jawa gak feasible gara2 kebanyakan stasiun panjang peron-nya cuma max 20 gerbong, nah padahal BEP-nya harus diatas 20 gerbong ?, jadi agak susah ngatur langsirannya, terutama kalo papasan sama sepur lain. Emang bener gak sih ?
yang saya juga denger selain BEP nya juga makan waktu dan mesti narik banyak gerbong, juga gak semua area dapet double track dan jadi terbatas pergerakannya. Belom lagi di Indonesia masih otomotif-centric ya jadi orang pengennya yang cepet ada dan instan..yaitu truk tanpa mikirin emisi dan gas buang yang menurut mereka gak penting asla bisa cuan..

mungkin sebaiknya memang harus ada stasiun khusus kargo di kota2 besar yang letaknya terpisah dari stasiun penumpang..

saya juga kurang paham sih ama kondisi stasiun kereta kargo/barang dan kereta barangnya di indonesia
Soal itu (jalur - desain track rel) kan hmpir smw peninggalan londo.. dulu tinggal ngelanjutin aj sbnrnya.. tp spt oom NR bilang, dulu2nya smw warisan kolonial dihukumi haram u/ diteruskan baik2 - smooth transition - reformasi - ga mau nunggu lama2.. smw harus direvolusi secepatnya - aka dinasionalisasi (rampas & ambil paksa) - usir/paksa keluar teknisi - mgmt bule2nya.. krn berasa lebih pintar & berkuasa penuh.. py pikiran sgt nasionalis - kl blm bisa ngelola sndiri ya ditunggu smpi bisa ada "warga asli" yg bisa ngelola - akhirnya krn ekonomi makin melarat - malah dirinya kemakan karma/revolusinya sndiri..
D03ng90
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Mon Jul 03, 2017 5:47

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by D03ng90 »

Baca thread ini nambah ilmu soal perkeretaapian.
Kalo kargo pake kereta pasti harga barang maupun sembako jadi lebih murah.
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by haristk7 »

btw untuk yang penasaran ama MRT Jakarta East - West, ini ada study dari JICA. disitu diperlihatkan untuk trayeknya bisa mengakomodasi warga yang tinggal di Bekasi khususnya Bekasi Utara. Kemudian juga memperhitungkan busway service, membandingkan biaya dan travel time menggunakan moda transportasi lain. Kemudian diperlihatkan di study kalo Metropolitan Jakarta itu radius nya 50 km dari titik tengah Jakarta dan bagaimana transport dari dan sekitar Jakarta..

bacaan yang menarik..walaupun sebenernya study ini 5 tahun yang lalu sih..dan dalam waktu 5 tahun ini sepertinya ada perubahan land use di bbrp area yang akan dilewati MRT E-W

akses ke: http://libopac.jica.go.jp/top/index.do?method=open dan di quick search silahkan cari: "The preparatory survey for Jakarta mass rapid transit east-west line project : final report "

akan ada 2 result, yang satu final report dan yang satu appendix nya (isinya berupa denah lokasi stasiun, trase, dll).
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by adityabp »

diidoot wrote: Tue Jul 04, 2017 4:27
coklatMetalik wrote: Tue Jul 04, 2017 3:42
Mentang2 paling baru, semua kereta eksekutip pake CC206 pdhl akselerasinya kurang. CC203 krn udh agak tua malah narik ekonomi, pdhl ini lokomotip plg ngebut di Indonesia...
iya nih sebenernya saya paling suka sama cc203 dari segi desain dan larinya itu. Waktu kecil kalau cc 203 lewat di perlintasan langsung excited :mky_02:

cc206 sama cc201 aja masih kalah akselerasinya itu :big_bored:
--cut--
Pantesan CC201 kalo lagi akselerasi sampe keluar api :mky_03:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21997
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Turboman »

denmas8 wrote:
haristk7 wrote: Wed Jul 05, 2017 3:22
Bibieight wrote: Wed Jul 05, 2017 2:44 Oom Haristk7 CMMIW ya, pernah denger katanya untuk narik kontainer di jaringan sepur jawa gak feasible gara2 kebanyakan stasiun panjang peron-nya cuma max 20 gerbong, nah padahal BEP-nya harus diatas 20 gerbong ?, jadi agak susah ngatur langsirannya, terutama kalo papasan sama sepur lain. Emang bener gak sih ?
yang saya juga denger selain BEP nya juga makan waktu dan mesti narik banyak gerbong, juga gak semua area dapet double track dan jadi terbatas pergerakannya. Belom lagi di Indonesia masih otomotif-centric ya jadi orang pengennya yang cepet ada dan instan..yaitu truk tanpa mikirin emisi dan gas buang yang menurut mereka gak penting asla bisa cuan..

mungkin sebaiknya memang harus ada stasiun khusus kargo di kota2 besar yang letaknya terpisah dari stasiun penumpang..

saya juga kurang paham sih ama kondisi stasiun kereta kargo/barang dan kereta barangnya di indonesia
Soal itu (jalur - desain track rel) kan hmpir smw peninggalan londo.. dulu tinggal ngelanjutin aj sbnrnya.. tp spt oom NR bilang, dulu2nya smw warisan kolonial dihukumi haram u/ diteruskan baik2 - smooth transition - reformasi - ga mau nunggu lama2.. smw harus direvolusi secepatnya - aka dinasionalisasi (rampas & ambil paksa) - usir/paksa keluar teknisi - mgmt bule2nya.. krn berasa lebih pintar & berkuasa penuh.. py pikiran sgt nasionalis - kl blm bisa ngelola sndiri ya ditunggu smpi bisa ada "warga asli" yg bisa ngelola - akhirnya krn ekonomi makin melarat - malah dirinya kemakan karma/revolusinya sndiri..
Nah itu yg terjadi dgn perkebunan2 ex Belanda di Sukabumi

sesudah diambil alih oleh Pem Indo, jadi gak terurus.......krn gak punya know how utk me manage nya......akibat sok2 - an lgs take over tanpa ada proses alih know how terlebih dahulu

akibatnya kota Sukabumi yg dulu sgt jaya, pelan2 memudar / menurun ekonomi nya........dan puluhan tahun sesudah th 45 ya Sukabumi boleh dibilang jadi agak terbelakang / pendapatan rata2 masy nya agak rendah.......

kalo skg si udah agak lumayan krn banyaknya industri di sepanjang jalur Ciawi - Sukabumi


* Bukan ajakan Beli *
denmas8
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 309
Joined: Wed Apr 20, 2016 0:54

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by denmas8 »

beresin lokasi yg dekat stasiun aj susah, apalagi revitalisasi jalur2 KA lawas..

https://news.detik.com/berita-jawa-teng ... kai-arogan
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by coklatMetalik »

adityabp wrote: Wed Jul 05, 2017 3:50
Pantesan CC201 kalo lagi akselerasi sampe keluar api :mky_03:
Lokomotip yg keluarin api itu krn pembakaran tdk sempurna, trlalu banyak solarnya drpd udaranya. Kalo gk salah dulu bis Hino jadul jg ada yg suka keluarin api dr knalpot...

Kalo lokomotip baru kyk CC204 & CC206 udh jarang (atau mungkin gk pernah) keluarin api krn komposisi campuran solar & udaranya diatur komputer sehingga lbh presisi


CMIIW
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21997
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Turboman »

Cummins Common Rail V16 - Quad Turbo utk Siemens Loco

Image

Bisa di remap nih ECU nya......wkwkwkwkkw
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21997
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Turboman »

Image

Ternyata Trem pernah ada di UPG

Kalo baca di atas jadi makin keki ama Jipango Bageroooo.........memang pantas dulu taun 45 Jipango Bagero dapat kado Fat Man - Little Boy send by Enola Gay
* Bukan ajakan Beli *
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by adityabp »

coklatMetalik wrote: Wed Jul 05, 2017 5:00
adityabp wrote: Wed Jul 05, 2017 3:50
Pantesan CC201 kalo lagi akselerasi sampe keluar api :mky_03:
Lokomotip yg keluarin api itu krn pembakaran tdk sempurna, trlalu banyak solarnya drpd udaranya. Kalo gk salah dulu bis Hino jadul jg ada yg suka keluarin api dr knalpot...

Kalo lokomotip baru kyk CC204 & CC206 udh jarang (atau mungkin gk pernah) keluarin api krn komposisi campuran solar & udaranya diatur komputer sehingga lbh presisi


CMIIW
Gak heran kalo akselerasi CC204 dan CC206 berasa tidak cepat. Ibarat mobil yg TBW, cenderung kurang fun to drive. :mky_01:
BTW, seingat saya power CC201 cuma sekitar 1500dk. Beda dgn seri di atas nya (CC203 dst) yg sdh 2000an dk.
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by coklatMetalik »

adityabp wrote: Wed Jul 05, 2017 5:26
coklatMetalik wrote: Wed Jul 05, 2017 5:00
adityabp wrote: Wed Jul 05, 2017 3:50
Pantesan CC201 kalo lagi akselerasi sampe keluar api :mky_03:
Lokomotip yg keluarin api itu krn pembakaran tdk sempurna, trlalu banyak solarnya drpd udaranya. Kalo gk salah dulu bis Hino jadul jg ada yg suka keluarin api dr knalpot...

Kalo lokomotip baru kyk CC204 & CC206 udh jarang (atau mungkin gk pernah) keluarin api krn komposisi campuran solar & udaranya diatur komputer sehingga lbh presisi


CMIIW
Gak heran kalo akselerasi CC204 dan CC206 berasa tidak cepat. Ibarat mobil yg TBW, cenderung kurang fun to drive. :mky_01:
BTW, seingat saya power CC201 cuma sekitar 1500dk. Beda dgn seri di atas nya (CC203 dst) yg sdh 2000an dk.
CC201 itu 1800an HP
Sebenernya mesin CC201, CC203, CC204, CC206 sama blok mesinnya, GE 7FDL8 (diesel 4 tak, V8, 120ribuan CC)
Cuma beda setting aja, dan CC204 & CC206 udh pake ECU dan TBW. Barangkali om bebong garage mau menawarkan diri ke PT KAI buat remap ECU lokomotip? :mky_03:

CMIIW
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21997
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Turboman »

coklatMetalik wrote:
adityabp wrote: Wed Jul 05, 2017 5:26
coklatMetalik wrote: Wed Jul 05, 2017 5:00 Lokomotip yg keluarin api itu krn pembakaran tdk sempurna, trlalu banyak solarnya drpd udaranya. Kalo gk salah dulu bis Hino jadul jg ada yg suka keluarin api dr knalpot...

Kalo lokomotip baru kyk CC204 & CC206 udh jarang (atau mungkin gk pernah) keluarin api krn komposisi campuran solar & udaranya diatur komputer sehingga lbh presisi


CMIIW
Gak heran kalo akselerasi CC204 dan CC206 berasa tidak cepat. Ibarat mobil yg TBW, cenderung kurang fun to drive. :mky_01:
BTW, seingat saya power CC201 cuma sekitar 1500dk. Beda dgn seri di atas nya (CC203 dst) yg sdh 2000an dk.
CC201 itu 1800an HP
Sebenernya mesin CC201, CC203, CC204, CC206 sama blok mesinnya, GE 7FDL8 (diesel 4 tak, V8, 120ribuan CC)
Cuma beda setting aja, dan CC204 & CC206 udh pake ECU dan TBW. Barangkali om bebong garage mau menawarkan diri ke PT KAI buat remap ECU lokomotip? :mky_03:

CMIIW
nanti bisa sprint di rel loko nya

eh tapi tu ECU nya ada soket OBD2 nya nda ?
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
abrof
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 949
Joined: Sat May 24, 2008 11:07

Re: RE: Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by abrof »

Turboman wrote: Wed Jul 05, 2017 2:30
kalo di negara normal pasti begitu

kalo di negara aneh......udah diusulkan pembangunan Transportasi massal.......end up nya jalan tol yg dibangun

sometimes.......I smell something fishy........
:wkkk: :wkkk: ya itulah, kita pernah propose ke KPK agar standar harga satuan itu dikurangi senilai harga pasar riil, ternyata yah korupsi itu dipiara. Biar KPK, Polisi, Jaksa, Hakim itu tetap bisa hidup dari kasus korupsi.

Sudah gitu penentuan tarif tolnya itu kenaikannya kayak diatur, agar investasi yg sudah dimarkup bisa kembali...
racho
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 418
Joined: Fri Dec 28, 2012 22:59
Location: CID +6221
Daily Vehicle: Kawa EX650E

Re: RE: Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by racho »

Turboman wrote: Wed Jul 05, 2017 6:20
coklatMetalik wrote:
adityabp wrote: Wed Jul 05, 2017 5:26
Gak heran kalo akselerasi CC204 dan CC206 berasa tidak cepat. Ibarat mobil yg TBW, cenderung kurang fun to drive. :mky_01:
BTW, seingat saya power CC201 cuma sekitar 1500dk. Beda dgn seri di atas nya (CC203 dst) yg sdh 2000an dk.
CC201 itu 1800an HP
Sebenernya mesin CC201, CC203, CC204, CC206 sama blok mesinnya, GE 7FDL8 (diesel 4 tak, V8, 120ribuan CC)
Cuma beda setting aja, dan CC204 & CC206 udh pake ECU dan TBW. Barangkali om bebong garage mau menawarkan diri ke PT KAI buat remap ECU lokomotip? :mky_03:

CMIIW
nanti bisa sprint di rel loko nya

eh tapi tu ECU nya ada soket OBD2 nya nda ?
ya kalopun ga ada, main pigibek aja lah... "cuma" 8 silinder kok...
yang penting cusss-nya lebih berasa
:mky_03:
The Government wants Power! They rob it from our engines.

EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
goldthisice
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Wed May 25, 2016 1:39

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by goldthisice »

Ngomongin Sukabumi dan Tol, jadi inget salah satu jalur yaitu Bogor-Bandung Via Sukabumi dan Cianjur
Jalur ini sempet mati suri kemudian diaktifkan kembali namun hanya sampai Cianjur. Cianjur - Padalarang masih ga jelas nasibnya.
Tol Bocimi sedang dikebut, jangan2 keduluan lagi nih jalur, hehehe
Nyambung dengan Elektrifikasi, saya punya angan2 kalau jalur Bogor-Bandung dielektrifikasi. jalur kelak kelok dan landai penentu (tanjakan/turunan) yang cukup besar,dan tanah labil perlu locomotif tenaga besar (saat ini lok2 tenaga besar ya Lok kelas CC yang Diesel Electric) namun di sisi lain, seperti kata Om Turbo, Loco tersebut berat ga cocok dengan kondisi tanah yg labil, tp dengan adanya loc electric atau kereta penumpang EMU bisa lewat dsini dengan lebih mudah (tapi kendala investasi LAA/Catenary system-nya, hehehe)
Btw, Om Coklat Metalik pemerhati KA juga nih, hehehe