Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
haristk7 wrote: Wed Jul 05, 2017 2:15
btw, saya lagi demen ama locomotive yang satu ini, CC300
Sayangnya si CC300 ini statusnya bukan milik PT KAI, tp milik departemen perhubungan. Jd gk narik kereta reguler
Baru narik kalo ada tugas khusus dari dephub, misalnya angkut bahan buat pembangunan/perbaikan rel, narik rombongan pejabat/tamu negara, atau narik crane jika ada kecelakaan. Selebihnya ya cuma nongkrong di garasi....
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
haristk7 wrote:Bagusnya untuk angkutan barang itu memang lebih bagus pakai kereta barang untuk intercity transportnya.
Di kota A, let say truk, pabrik, jasa pengiriman barang, dll dalam jarak radius 40-60 kilometer dari stasiun kereta kargo A, kargo dibawa oleh truk dan dikumpulkan di terminal kargo A, kemudian setelah kereta penuh terisi muatan kargo maka kereta akan melaju menuju destinasi, misalnya kota B dengan kecepatan rata 90km/h dengan jarak tempuh (bervariasi) 400-800km (atau lebih) dengan perjalanan yang memakan waktu 5-9 jam.
Bayangkan kalau pakai kereta hampir tidak mungkin terjebak macet kecuali menunggu pergantian sinyal, dan kereta sendiri apabila ketemu grade-crossing selalu mendapat prioritas yang artinya dia tidak terjebak macet jalan raya. Belom lagi dengan penggunaan kereta emisi dan gas buang yang dihasilkan bisa ditekan seminimal mungkin, misalnya saja 1 rangkaian kereta barang berjumlah 15 gerbong (1 locomotive + 15 gerbong = 16 cars) vs 16 truk trailer. Belom lagi dengan kondisi truk tuh kalo jalan suka pelan banget karena kelebihan muatan vs kereta yang bisa hampir selalu konstan 60-90 atau bahkan 120km/h. Belom lagi efisiensi waktu yang dihasilkan ketika memakai kereta untuk mengangkut barang dalam perjalanan jauh.
Ketika sampai di kota B, kargo yang diturunkan dari kereta kemudian didistribusikan ke truk yang sudah menunggu di stasiun kargo B untuk kemudian dibawa ke tujuan akhir...let say radius 40-60 kilometer dari stasiun kargo kota B.
EF66 high speed electric locomotive
DF200 diesel locomotive
______________________________
btw, saya lagi demen ama locomotive yang satu ini, CC300
kalo di negara normal pasti begitu
kalo di negara aneh......udah diusulkan pembangunan Transportasi massal.......end up nya jalan tol yg dibangun
emang si kalo udah liat gimana larinya loko / kereta listrik......udah gak minat ama loko Desel......kecuali utk perjalanan ke pelosok yg gak ada electric grid
Kereta penumpang antar kota di Jawa pada pake loko Diesel.......lucu kesannya
Di Xiaoshan ane pas turun dr Bulletrain liat ada kereta barang melintas......Loko nya listrik......itu melintas stasiun ada kali speed 80 - 90 kpj........padahal rangkaian gerbong mayan panjang
Oom Haristk7 CMMIW ya, pernah denger katanya untuk narik kontainer di jaringan sepur jawa gak feasible gara2 kebanyakan stasiun panjang peron-nya cuma max 20 gerbong, nah padahal BEP-nya harus diatas 20 gerbong ?, jadi agak susah ngatur langsirannya, terutama kalo papasan sama sepur lain. Emang bener gak sih ?
Turboman wrote: Wed Jul 05, 2017 2:35
emang si kalo udah liat gimana larinya loko / kereta listrik......udah gak minat ama loko Desel......kecuali utk perjalanan ke pelosok yg gak ada electric grid
Kereta penumpang antar kota di Jawa pada pake loko Diesel.......lucu kesannya
Di Xiaoshan ane pas turun dr Bulletrain liat ada kereta barang melintas......Loko nya listrik......itu melintas stasiun ada kali speed 80 - 90 kpj........padahal rangkaian gerbong mayan panjang
Yg bikin loko listrik kenceng apanya sih?
Kan loko listrik dgn loko diesel elektrik (spt yg banyak dipake di Indonesia) rodanya sama2 digerakkan motor listrik, sehingga (mungkin) torsinya ya sama2 gede sejak RPM 0 (dan sama2 sensitip trhadap banjir)
Yg beda kan cm sumber listriknya, yg satu dr mesin diesel, yg satu lg dr kabel listrik di atas...
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
Mgk jg faktor "kelebihan" tenaga kerja.. jd moda transportasi/kargo lebih diprioritaskan yg muat kecil - banyak armada.. sbnarnya yg bikin terpuruk wilayah yg kaya komoditi - maritim - agraris - perkebunan - wisata ini ya govt saat ini (nkri).. govt2 dl2 yg smpt berkuasa silih berganti di Indo ini ternayta lebih bagus & maksimal memanfaatkan potensi wilayah ini drpd govt yg skg (pdhl scara umurnya udh tergolong manula)..
Pdhl dulu lokomotip uap tercepat utk lebar rel 1067 dimiliki Hindia Belanda loh....
tdk cuma itu dutch indie dulu koloni paling ma'mur di asia ...... skolah dari level basic sampe professor itu gratis ..... kerjaan di kasih ...... raja sampe kuli pribumi di gaji bulanan
fertilizer gratis ....... agricultural products yg ga bs jual ke market ya jual ke govt
nordic of asia
Kalo yg fertilizer gratis jd ingat cerita almarhum kakek saya. Beliau tinggal di Gondanglegi, Malang, punya lahan tebu beberapa hektar. Katanya kalo jaman koningin Wilhelmina dulu, pupuk dikasih gratis, traktor (masih uap) dikasih pinjam gratis, bibit tebu dikasih gratis setelah beberapa kali panen (katanya dari Curacao), terus kondisi lahan rutin dicek sama sinder tebu, kadang2 bule dari pabrik gulanya datang juga. Terus kalo panen jadwal tebang dan angkut (pake lori) jelas, masuk pabrik itungan rendemen jelas (belasan persen). Lha sekarang, nyari pupuk aja ribut, belum ongkos angkut (harus pake truk, lorinya dah mampus) yang gak jelas, antrian masuk pabrik juga sama gak jelasnya jadi sering tebunya kering di truk.....
Dalam perjalanan ke Surabaya via pantura, saya pernah melihat lori-lori tebu di jalur Kudus menuju Pati. Spertinya juga ada bekas Pabrik Gula besar di sisi kirinya. Menyenangkan dan luar biasa pastinya kalau masih aktif.
Itu masa keemasan komoditas gula kan ya? Sampai konon kebutuhan gula dunia dipasok dari Hindia Belanda. Apalagi hanya Asia. Belum hasil-hasil agribisnis lainnya. Negara exportir kelas wahid. Sekarang ? Hehehe
Turboman wrote: Wed Jul 05, 2017 2:35
emang si kalo udah liat gimana larinya loko / kereta listrik......udah gak minat ama loko Desel......kecuali utk perjalanan ke pelosok yg gak ada electric grid
Kereta penumpang antar kota di Jawa pada pake loko Diesel.......lucu kesannya
Di Xiaoshan ane pas turun dr Bulletrain liat ada kereta barang melintas......Loko nya listrik......itu melintas stasiun ada kali speed 80 - 90 kpj........padahal rangkaian gerbong mayan panjang
Yg bikin loko listrik kenceng apanya sih?
Kan loko listrik dgn loko diesel elektrik (spt yg banyak dipake di Indonesia) rodanya sama2 digerakkan motor listrik, sehingga (mungkin) torsinya ya sama2 gede sejak RPM 0 (dan sama2 sensitip trhadap banjir)
Yg beda kan cm sumber listriknya, yg satu dr mesin diesel, yg satu lg dr kabel listrik di atas...
ya liat aja dii web pabrikan loko...rata2 loko high performance / high speed type nya apa
ya ada aja sii loko Desel yg bisa high speed, tapi perlu diingat mesin Desel ukuran besar itu berat nya ampun2 an lohhh.......bobot mesin udah jadi parasitic load tersendiri
jangan disamakan dgn Ipah 1KD or D Max drag 4JJ yg powernya udah diperas abis2 an sampe 500 - 600 hp or more, mesin Desel loko volume to power ratio rendah utk kejar longevity
kalo soal performa, loko uap pun ada yg lari bisa 200 kpj....yaitu Mallard
Bibieight wrote: Wed Jul 05, 2017 2:44
Oom Haristk7 CMMIW ya, pernah denger katanya untuk narik kontainer di jaringan sepur jawa gak feasible gara2 kebanyakan stasiun panjang peron-nya cuma max 20 gerbong, nah padahal BEP-nya harus diatas 20 gerbong ?, jadi agak susah ngatur langsirannya, terutama kalo papasan sama sepur lain. Emang bener gak sih ?
yang saya juga denger selain BEP nya juga makan waktu dan mesti narik banyak gerbong, juga gak semua area dapet double track dan jadi terbatas pergerakannya. Belom lagi di Indonesia masih otomotif-centric ya jadi orang pengennya yang cepet ada dan instan..yaitu truk tanpa mikirin emisi dan gas buang yang menurut mereka gak penting asla bisa cuan..
mungkin sebaiknya memang harus ada stasiun khusus kargo di kota2 besar yang letaknya terpisah dari stasiun penumpang..
saya juga kurang paham sih ama kondisi stasiun kereta kargo/barang dan kereta barangnya di indonesia
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
Bibieight wrote: Wed Jul 05, 2017 2:44
Oom Haristk7 CMMIW ya, pernah denger katanya untuk narik kontainer di jaringan sepur jawa gak feasible gara2 kebanyakan stasiun panjang peron-nya cuma max 20 gerbong, nah padahal BEP-nya harus diatas 20 gerbong ?, jadi agak susah ngatur langsirannya, terutama kalo papasan sama sepur lain. Emang bener gak sih ?
yang saya juga denger selain BEP nya juga makan waktu dan mesti narik banyak gerbong, juga gak semua area dapet double track dan jadi terbatas pergerakannya. Belom lagi di Indonesia masih otomotif-centric ya jadi orang pengennya yang cepet ada dan instan..yaitu truk tanpa mikirin emisi dan gas buang yang menurut mereka gak penting asla bisa cuan..
mungkin sebaiknya memang harus ada stasiun khusus kargo di kota2 besar yang letaknya terpisah dari stasiun penumpang..
saya juga kurang paham sih ama kondisi stasiun kereta kargo/barang dan kereta barangnya di indonesia
Soal itu (jalur - desain track rel) kan hmpir smw peninggalan londo.. dulu tinggal ngelanjutin aj sbnrnya.. tp spt oom NR bilang, dulu2nya smw warisan kolonial dihukumi haram u/ diteruskan baik2 - smooth transition - reformasi - ga mau nunggu lama2.. smw harus direvolusi secepatnya - aka dinasionalisasi (rampas & ambil paksa) - usir/paksa keluar teknisi - mgmt bule2nya.. krn berasa lebih pintar & berkuasa penuh.. py pikiran sgt nasionalis - kl blm bisa ngelola sndiri ya ditunggu smpi bisa ada "warga asli" yg bisa ngelola - akhirnya krn ekonomi makin melarat - malah dirinya kemakan karma/revolusinya sndiri..
btw untuk yang penasaran ama MRT Jakarta East - West, ini ada study dari JICA. disitu diperlihatkan untuk trayeknya bisa mengakomodasi warga yang tinggal di Bekasi khususnya Bekasi Utara. Kemudian juga memperhitungkan busway service, membandingkan biaya dan travel time menggunakan moda transportasi lain. Kemudian diperlihatkan di study kalo Metropolitan Jakarta itu radius nya 50 km dari titik tengah Jakarta dan bagaimana transport dari dan sekitar Jakarta..
bacaan yang menarik..walaupun sebenernya study ini 5 tahun yang lalu sih..dan dalam waktu 5 tahun ini sepertinya ada perubahan land use di bbrp area yang akan dilewati MRT E-W
coklatMetalik wrote: Tue Jul 04, 2017 3:42
Mentang2 paling baru, semua kereta eksekutip pake CC206 pdhl akselerasinya kurang. CC203 krn udh agak tua malah narik ekonomi, pdhl ini lokomotip plg ngebut di Indonesia...
iya nih sebenernya saya paling suka sama cc203 dari segi desain dan larinya itu. Waktu kecil kalau cc 203 lewat di perlintasan langsung excited
cc206 sama cc201 aja masih kalah akselerasinya itu
--cut--
Pantesan CC201 kalo lagi akselerasi sampe keluar api
Bibieight wrote: Wed Jul 05, 2017 2:44
Oom Haristk7 CMMIW ya, pernah denger katanya untuk narik kontainer di jaringan sepur jawa gak feasible gara2 kebanyakan stasiun panjang peron-nya cuma max 20 gerbong, nah padahal BEP-nya harus diatas 20 gerbong ?, jadi agak susah ngatur langsirannya, terutama kalo papasan sama sepur lain. Emang bener gak sih ?
yang saya juga denger selain BEP nya juga makan waktu dan mesti narik banyak gerbong, juga gak semua area dapet double track dan jadi terbatas pergerakannya. Belom lagi di Indonesia masih otomotif-centric ya jadi orang pengennya yang cepet ada dan instan..yaitu truk tanpa mikirin emisi dan gas buang yang menurut mereka gak penting asla bisa cuan..
mungkin sebaiknya memang harus ada stasiun khusus kargo di kota2 besar yang letaknya terpisah dari stasiun penumpang..
saya juga kurang paham sih ama kondisi stasiun kereta kargo/barang dan kereta barangnya di indonesia
Soal itu (jalur - desain track rel) kan hmpir smw peninggalan londo.. dulu tinggal ngelanjutin aj sbnrnya.. tp spt oom NR bilang, dulu2nya smw warisan kolonial dihukumi haram u/ diteruskan baik2 - smooth transition - reformasi - ga mau nunggu lama2.. smw harus direvolusi secepatnya - aka dinasionalisasi (rampas & ambil paksa) - usir/paksa keluar teknisi - mgmt bule2nya.. krn berasa lebih pintar & berkuasa penuh.. py pikiran sgt nasionalis - kl blm bisa ngelola sndiri ya ditunggu smpi bisa ada "warga asli" yg bisa ngelola - akhirnya krn ekonomi makin melarat - malah dirinya kemakan karma/revolusinya sndiri..
Nah itu yg terjadi dgn perkebunan2 ex Belanda di Sukabumi
sesudah diambil alih oleh Pem Indo, jadi gak terurus.......krn gak punya know how utk me manage nya......akibat sok2 - an lgs take over tanpa ada proses alih know how terlebih dahulu
akibatnya kota Sukabumi yg dulu sgt jaya, pelan2 memudar / menurun ekonomi nya........dan puluhan tahun sesudah th 45 ya Sukabumi boleh dibilang jadi agak terbelakang / pendapatan rata2 masy nya agak rendah.......
kalo skg si udah agak lumayan krn banyaknya industri di sepanjang jalur Ciawi - Sukabumi
adityabp wrote: Wed Jul 05, 2017 3:50
Pantesan CC201 kalo lagi akselerasi sampe keluar api
Lokomotip yg keluarin api itu krn pembakaran tdk sempurna, trlalu banyak solarnya drpd udaranya. Kalo gk salah dulu bis Hino jadul jg ada yg suka keluarin api dr knalpot...
Kalo lokomotip baru kyk CC204 & CC206 udh jarang (atau mungkin gk pernah) keluarin api krn komposisi campuran solar & udaranya diatur komputer sehingga lbh presisi
CMIIW
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
Kalo baca di atas jadi makin keki ama Jipango Bageroooo.........memang pantas dulu taun 45 Jipango Bagero dapat kado Fat Man - Little Boy send by Enola Gay
adityabp wrote: Wed Jul 05, 2017 3:50
Pantesan CC201 kalo lagi akselerasi sampe keluar api
Lokomotip yg keluarin api itu krn pembakaran tdk sempurna, trlalu banyak solarnya drpd udaranya. Kalo gk salah dulu bis Hino jadul jg ada yg suka keluarin api dr knalpot...
Kalo lokomotip baru kyk CC204 & CC206 udh jarang (atau mungkin gk pernah) keluarin api krn komposisi campuran solar & udaranya diatur komputer sehingga lbh presisi
CMIIW
Gak heran kalo akselerasi CC204 dan CC206 berasa tidak cepat. Ibarat mobil yg TBW, cenderung kurang fun to drive.
BTW, seingat saya power CC201 cuma sekitar 1500dk. Beda dgn seri di atas nya (CC203 dst) yg sdh 2000an dk.
adityabp wrote: Wed Jul 05, 2017 3:50
Pantesan CC201 kalo lagi akselerasi sampe keluar api
Lokomotip yg keluarin api itu krn pembakaran tdk sempurna, trlalu banyak solarnya drpd udaranya. Kalo gk salah dulu bis Hino jadul jg ada yg suka keluarin api dr knalpot...
Kalo lokomotip baru kyk CC204 & CC206 udh jarang (atau mungkin gk pernah) keluarin api krn komposisi campuran solar & udaranya diatur komputer sehingga lbh presisi
CMIIW
Gak heran kalo akselerasi CC204 dan CC206 berasa tidak cepat. Ibarat mobil yg TBW, cenderung kurang fun to drive.
BTW, seingat saya power CC201 cuma sekitar 1500dk. Beda dgn seri di atas nya (CC203 dst) yg sdh 2000an dk.
CC201 itu 1800an HP
Sebenernya mesin CC201, CC203, CC204, CC206 sama blok mesinnya, GE 7FDL8 (diesel 4 tak, V8, 120ribuan CC)
Cuma beda setting aja, dan CC204 & CC206 udh pake ECU dan TBW. Barangkali om bebong garage mau menawarkan diri ke PT KAI buat remap ECU lokomotip?
CMIIW
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
coklatMetalik wrote: Wed Jul 05, 2017 5:00
Lokomotip yg keluarin api itu krn pembakaran tdk sempurna, trlalu banyak solarnya drpd udaranya. Kalo gk salah dulu bis Hino jadul jg ada yg suka keluarin api dr knalpot...
Kalo lokomotip baru kyk CC204 & CC206 udh jarang (atau mungkin gk pernah) keluarin api krn komposisi campuran solar & udaranya diatur komputer sehingga lbh presisi
CMIIW
Gak heran kalo akselerasi CC204 dan CC206 berasa tidak cepat. Ibarat mobil yg TBW, cenderung kurang fun to drive.
BTW, seingat saya power CC201 cuma sekitar 1500dk. Beda dgn seri di atas nya (CC203 dst) yg sdh 2000an dk.
CC201 itu 1800an HP
Sebenernya mesin CC201, CC203, CC204, CC206 sama blok mesinnya, GE 7FDL8 (diesel 4 tak, V8, 120ribuan CC)
Cuma beda setting aja, dan CC204 & CC206 udh pake ECU dan TBW. Barangkali om bebong garage mau menawarkan diri ke PT KAI buat remap ECU lokomotip?
Turboman wrote: Wed Jul 05, 2017 2:30
kalo di negara normal pasti begitu
kalo di negara aneh......udah diusulkan pembangunan Transportasi massal.......end up nya jalan tol yg dibangun
sometimes.......I smell something fishy........
ya itulah, kita pernah propose ke KPK agar standar harga satuan itu dikurangi senilai harga pasar riil, ternyata yah korupsi itu dipiara. Biar KPK, Polisi, Jaksa, Hakim itu tetap bisa hidup dari kasus korupsi.
Sudah gitu penentuan tarif tolnya itu kenaikannya kayak diatur, agar investasi yg sudah dimarkup bisa kembali...
adityabp wrote: Wed Jul 05, 2017 5:26
Gak heran kalo akselerasi CC204 dan CC206 berasa tidak cepat. Ibarat mobil yg TBW, cenderung kurang fun to drive.
BTW, seingat saya power CC201 cuma sekitar 1500dk. Beda dgn seri di atas nya (CC203 dst) yg sdh 2000an dk.
CC201 itu 1800an HP
Sebenernya mesin CC201, CC203, CC204, CC206 sama blok mesinnya, GE 7FDL8 (diesel 4 tak, V8, 120ribuan CC)
Cuma beda setting aja, dan CC204 & CC206 udh pake ECU dan TBW. Barangkali om bebong garage mau menawarkan diri ke PT KAI buat remap ECU lokomotip?
CMIIW
nanti bisa sprint di rel loko nya
eh tapi tu ECU nya ada soket OBD2 nya nda ?
ya kalopun ga ada, main pigibek aja lah... "cuma" 8 silinder kok...
yang penting cusss-nya lebih berasa
The Government wants Power! They rob it from our engines.
Ngomongin Sukabumi dan Tol, jadi inget salah satu jalur yaitu Bogor-Bandung Via Sukabumi dan Cianjur
Jalur ini sempet mati suri kemudian diaktifkan kembali namun hanya sampai Cianjur. Cianjur - Padalarang masih ga jelas nasibnya.
Tol Bocimi sedang dikebut, jangan2 keduluan lagi nih jalur, hehehe
Nyambung dengan Elektrifikasi, saya punya angan2 kalau jalur Bogor-Bandung dielektrifikasi. jalur kelak kelok dan landai penentu (tanjakan/turunan) yang cukup besar,dan tanah labil perlu locomotif tenaga besar (saat ini lok2 tenaga besar ya Lok kelas CC yang Diesel Electric) namun di sisi lain, seperti kata Om Turbo, Loco tersebut berat ga cocok dengan kondisi tanah yg labil, tp dengan adanya loc electric atau kereta penumpang EMU bisa lewat dsini dengan lebih mudah (tapi kendala investasi LAA/Catenary system-nya, hehehe)
Btw, Om Coklat Metalik pemerhati KA juga nih, hehehe