Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

diidoot
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 302
Joined: Wed May 11, 2016 8:40

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by diidoot »

coklatMetalik wrote: Mon Jul 03, 2017 10:43
AFAIK speed limit 100kmpj cuma di jalur yg lurus, datar, dan relnya bagus, misalnya yogya - solo, atau jakarta - cirebon...

Jalur2 lain umumnya 60-80kmpj
yess. kemaren saya naik taksaka lebaran, pas dari cikampek ke cirebon relatif ngebut. Di speedo gps hp 99 kmh terus (kalau di speedo mobil sekitar 105 kmh)

begitu lewat cirebon cuman 70 kmh. Itu ditarik pake loko cc 206 yang terkenal lamban akselerasinya :mky_05:
-
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by coklatMetalik »

diidoot wrote: Tue Jul 04, 2017 3:30
coklatMetalik wrote: Mon Jul 03, 2017 10:43
AFAIK speed limit 100kmpj cuma di jalur yg lurus, datar, dan relnya bagus, misalnya yogya - solo, atau jakarta - cirebon...

Jalur2 lain umumnya 60-80kmpj
yess. kemaren saya naik taksaka lebaran, pas dari cikampek ke cirebon relatif ngebut. Di speedo gps hp 99 kmh terus (kalau di speedo mobil sekitar 105 kmh)

begitu lewat cirebon cuman 70 kmh. Itu ditarik pake loko cc 206 yang terkenal lamban akselerasinya :mky_05:
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by coklatMetalik »

diidoot wrote: Tue Jul 04, 2017 3:30
coklatMetalik wrote: Mon Jul 03, 2017 10:43
AFAIK speed limit 100kmpj cuma di jalur yg lurus, datar, dan relnya bagus, misalnya yogya - solo, atau jakarta - cirebon...

Jalur2 lain umumnya 60-80kmpj
yess. kemaren saya naik taksaka lebaran, pas dari cikampek ke cirebon relatif ngebut. Di speedo gps hp 99 kmh terus (kalau di speedo mobil sekitar 105 kmh)

begitu lewat cirebon cuman 70 kmh. Itu ditarik pake loko cc 206 yang terkenal lamban akselerasinya :mky_05:
Mentang2 paling baru, semua kereta eksekutip pake CC206 pdhl akselerasinya kurang. CC203 krn udh agak tua malah narik ekonomi, pdhl ini lokomotip plg ngebut di Indonesia...
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7386
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by newrubble »

problem di indo itu listrik voltage naik turun spt genital erection n sering on n off spt org mau mati n tdk byk trainset (bukan cuma loco / wagon) yg designed u operating in hell ....... tdk ada untung nya ..... sdh market kecil ...... bayar nya utang ....... minta nya byk....... beli bekas jpn juga sdh bagus n byk yg dpt extra budgetary support ........ mau nya kan bgitu

tar wang nya (buat apa lh kalo tdk u) kawin lg ..... beli mobil (mewah kan di indo) ...... beli rumah yg byk (u di kontrak wong asing ha ha ha ) sama naik hajjjjjjjjji (cuci dosa) ...... kalo masih ada lebihan (tggu giliran tertangkap) ya bangun praying hall
diidoot
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 302
Joined: Wed May 11, 2016 8:40

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by diidoot »

coklatMetalik wrote: Tue Jul 04, 2017 3:42
Mentang2 paling baru, semua kereta eksekutip pake CC206 pdhl akselerasinya kurang. CC203 krn udh agak tua malah narik ekonomi, pdhl ini lokomotip plg ngebut di Indonesia...
iya nih sebenernya saya paling suka sama cc203 dari segi desain dan larinya itu. Waktu kecil kalau cc 203 lewat di perlintasan langsung excited :mky_02:

cc206 sama cc201 aja masih kalah akselerasinya itu :big_bored:






btw karena saya dinas di purwakarta, tiap nganterin temen kantor atau main ke stasiun purwakarta, agak sedih liat tumpukan gerbong KRL. Terutata KRL Rheo sama Holec. itu kalau dimuseumin kan lumayan daripada dipajang gitu aja, mau masuk terus foto foto juga ga bisa sembarangan :big_childish:
-
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by haristk7 »

Turboman wrote: Tue Jul 04, 2017 2:38 Japun mah mmg pandai bicara

yg bikin ide MPV murah dan LCGC ? Dia orang......

yg jualan motor gila2-an......ya dia orang juga

di negaranya sendiri orang2 naek sepeda semua (Osaka)

kalo concern dgn macetnya Jkt, knp Toshiba / Hitachi / Kawasaki HI nggak nge lobby Pem Indo dgn intensive sejak dulu spt yg dilakukan si T or H or Y or S.......wkwkwkwkkwkwkw

di proyek HSR juga Kawasaki kok keok ama CSR Sifang, padahal di otomotif mrk orang bisa juara.......

padahal kalo utk kereta mah sy lebih prefer buatan Japun drpd Panda........apalagi utk negara yg tradisi perawatan ala kadarnya gini......wkwkkwkw
hahaha tergantung tempatna juga ah, di Nagano orang2 pd pake mobil karena transport umum gak begitu bagus (bahkan sevel yang seuprit aja lahan parkir mobilnya gede bener), di Chiba teman saya orang lokal aja bilang di daerah itu orang lokal prefer punya mobil karena transport umum juga kurang bagus, di Kawasaki kenalan saya commute sehari2 pake mobil karena lebih efektif karena suka dadakan site visit ke tempat yang jauh dari stasiun/halte, teman saya sendiri di Tokyo ke kantor pake mobil tiap hari wkwkwkwk "stasiun jauh dari rumah gw, tapi lebih jauh lagi dari kantor gw ke stasiun ! dah pake mobil aja, dibayarin kantor ini bensinnya, dikasi free dashcam pula ama kantor"

kalo ke Jepang coba main2 ke daerah perumahan kota besar, tp yang suburb area..orang jepang lebih prefer punya mobil dan sepeda karena mass transport gak begitu bagus dan kurang fleksibel, motor gak disenangi karena dapetin SIM nya jauh lebih susah dari mobil + lebih gengsi pake mobil hahaha..

dulu kampus saya salah satunya daerah Suzukakedai, naik Tokyu Den-en-Toshi line, sepanjang jalan liat daerah perumahan suburban..banyak juga rumah yang punya mobil lebih dari 1. Pas naik Keio Main Line ke arah Hachioji juga banyak rumah2 yang mobilnya lebih dari 1..alasannya sama kok kayak disini, "transportnya susah"..

itu kawasaki/fuji/dll juga gw rasa mau nego pun pasti kehalang ama sesama "nihonjin" alias toyota dkk..mau gmn, tu produsen mobil kan anggap indonesia pasar gemuk banget, lagian pemerintah jaman dulu kayaknya juga kurang fokus ama infrastrukur terutama jalur kereta commuter

itu HSR menang cina juga kalo gak salah karena dia yang memenuhi syarat dari pemerintah..kalo gak salah karena Cina mau skema B to B dan Indo gak mau biaya ditanggung pemerintah...but who knows ke depannya ini gimana kelanjutannya, saat ini masih problem pembebasan tanah dan dana belom cair, di forum skyscrapercity ada bahasannya http://www.skyscrapercity.com/showthread.php?t=714056

Makanya Jepang pengen banget gol mereka dapet kereta semi-cepat Jakarta-Surabaya..ini juga menarik karena pemerintah bilang "yang study sih jepang, tp yang jalanin proyek belom tentu jepang"..nah loh
____________________________________

btw loco CC203 itu salah satu favorit saya dengan CC206, tapi ntah kenapa kalo untuk tampilan luar CC201 yang dari EMD GT26 itu klasik banget dan kalo kinclong kondisinya mantep banget, Korail saja sampe sekarang masih make

Image

Image
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by coklatMetalik »

haristk7 wrote: Tue Jul 04, 2017 4:34
Turboman wrote: Tue Jul 04, 2017 2:38 Japun mah mmg pandai bicara

yg bikin ide MPV murah dan LCGC ? Dia orang......

yg jualan motor gila2-an......ya dia orang juga

di negaranya sendiri orang2 naek sepeda semua (Osaka)

kalo concern dgn macetnya Jkt, knp Toshiba / Hitachi / Kawasaki HI nggak nge lobby Pem Indo dgn intensive sejak dulu spt yg dilakukan si T or H or Y or S.......wkwkwkwkkwkwkw

di proyek HSR juga Kawasaki kok keok ama CSR Sifang, padahal di otomotif mrk orang bisa juara.......

padahal kalo utk kereta mah sy lebih prefer buatan Japun drpd Panda........apalagi utk negara yg tradisi perawatan ala kadarnya gini......wkwkkwkw
hahaha tergantung tempatna juga ah, di Nagano orang2 pd pake mobil karena transport umum gak begitu bagus (bahkan sevel yang seuprit aja lahan parkir mobilnya gede bener), di Chiba teman saya orang lokal aja bilang di daerah itu orang lokal prefer punya mobil karena transport umum juga kurang bagus, di Kawasaki kenalan saya commute sehari2 pake mobil karena lebih efektif karena suka dadakan site visit ke tempat yang jauh dari stasiun/halte, teman saya sendiri di Tokyo ke kantor pake mobil tiap hari wkwkwkwk "stasiun jauh dari rumah gw, tapi lebih jauh lagi dari kantor gw ke stasiun ! dah pake mobil aja, dibayarin kantor ini bensinnya, dikasi free dashcam pula ama kantor"

kalo ke Jepang coba main2 ke daerah perumahan kota besar, tp yang suburb area..orang jepang lebih prefer punya mobil dan sepeda karena mass transport gak begitu bagus dan kurang fleksibel, motor gak disenangi karena dapetin SIM nya jauh lebih susah dari mobil + lebih gengsi pake mobil hahaha..

dulu kampus saya salah satunya daerah Suzukakedai, naik Tokyu Den-en-Toshi line, sepanjang jalan liat daerah perumahan suburban..banyak juga rumah yang punya mobil lebih dari 1. Pas naik Keio Main Line ke arah Hachioji juga banyak rumah2 yang mobilnya lebih dari 1..alasannya sama kok kayak disini, "transportnya susah"..

itu kawasaki/fuji/dll juga gw rasa mau nego pun pasti kehalang ama sesama "nihonjin" alias toyota dkk..mau gmn, tu produsen mobil kan anggap indonesia pasar gemuk banget, lagian pemerintah jaman dulu kayaknya juga kurang fokus ama infrastrukur terutama jalur kereta commuter

itu HSR menang cina juga kalo gak salah karena dia yang memenuhi syarat dari pemerintah..kalo gak salah karena Cina mau skema B to B dan Indo gak mau biaya ditanggung pemerintah...but who knows ke depannya ini gimana kelanjutannya, saat ini masih problem pembebasan tanah dan dana belom cair, di forum skyscrapercity ada bahasannya http://www.skyscrapercity.com/showthread.php?t=714056

Makanya Jepang pengen banget gol mereka dapet kereta semi-cepat Jakarta-Surabaya..ini juga menarik karena pemerintah bilang "yang study sih jepang, tp yang jalanin proyek belom tentu jepang"..nah loh
____________________________________

btw loco CC203 itu salah satu favorit saya dengan CC206, tapi ntah kenapa kalo untuk tampilan luar CC201 yang dari EMD GT26 itu klasik banget dan kalo kinclong kondisinya mantep banget, Korail saja sampe sekarang masih make

Image

Image
Beda om
yg Korail itu kan EMD
kalo CC201 itu GE U18C
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21996
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Turboman »

di Jepun emang rata2 punya nya mobil dan sepeda (ngeliat di Osaka)

kalo di Indo mobil & motor

Well.......di Indo.....jualan mobil & motor omzetnya lebih manis drpd kereta sih yah




Last edited by Turboman on Tue Jul 04, 2017 5:06, edited 1 time in total.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by haristk7 »

Beda om
yg Korail itu kan EMD
kalo CC201 itu GE U18C
ooh berarti CC201 itu based on universal series toh ya, kalo CC204 juga sama ya om based on universal series ?
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by coklatMetalik »

haristk7 wrote: Tue Jul 04, 2017 5:07
Beda om
yg Korail itu kan EMD
kalo CC201 itu GE U18C
ooh berarti CC201 itu based on universal series toh ya, kalo CC204 juga sama ya om based on universal series ?
cc201, 203, 204 itu universal series semua
Mesinnya pun sama, 7FDL8, cuma beda setting output powernya, boost turbonya, dan elektroniknya (CC204 udh pake ECU, dan injeksi elektronik)

CC203 dan CC204 gk pake kabin standar GE, tp kabin custom yg dirancang oleh INKA madiun & UGL rail australia. Makanya sedunia yg bentuk kabinnya hidung miring begitu cuma ada di Indonesia....
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21996
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Turboman »

Japun bikin kereta / signaling bagus

sayangnya persh2 konstruksinya kurang aggressip cari pasar di negara lain

beda dgn Persh2 konstruksi Cungkuo yg agressip di berbagai negara.......ya kalo project bikin rel yg sifatbya Soft Loan ya pasti akan 1 paket dgn Loko & rolling stock buatan negaranya juga

CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by coklatMetalik »

Tdk hanya mobil, faktor ASS jg penting utk kehidupan lokomotip

CC201 generasi pertama (buatan 1977) msh bs idup smp skrg, karena GE terus menyediakan sparepartnya...
Beda dgn lokomotip lain yg seangkatan yg buatan Jerman Barat (Henschell & Krupp), skrg banyak yg mangkrak akibat gk ada sparepart...
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
piko25
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 207
Joined: Mon Mar 03, 2014 8:43
Location: Kab.Bogor-Jakarta-Omah Surabaya
Daily Vehicle: Honda Mobilio E CVT 2017 Remap Mbah Bebonk

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by piko25 »

haristk7 wrote: Tue Jul 04, 2017 4:34 --cut--

kalo ke Jepang coba main2 ke daerah perumahan kota besar, tp yang suburb area..orang jepang lebih prefer punya mobil dan sepeda karena mass transport gak begitu bagus dan kurang fleksibel, motor gak disenangi karena dapetin SIM nya jauh lebih susah dari mobil + lebih gengsi pake mobil hahaha..
--cut
sori OOT, kenapa ya kok bisa sim motor lebih susah dari mobil? di jepun :big_smile]
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by coklatMetalik »

Akhir Tragis Proyek Bus "Ngangkang" di China

http://a.msn.com/r/2/BBDJrIo?a=1&m=ID-ID
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
Michaelktp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Michaelktp »

newrubble wrote: Sun Jul 02, 2017 19:06 indo itu anti colonialism (timor leste was one single exception) smua ex colonials hrs diancurkan trmsk (1960) electric tremway network..........ganti dgn bus

bgitu juga railway network (firaun jawa bilang bbrp x) yg lambat n inefficient diganti dgn road based truckings spt juga sealines yg di antar-pulau kan sehingga bs focused on airbridge

ini negara modern n (kata nya) nationalistic
Absolutely right Om NR. Dosa terbesar Firaun Jawa adalah penutupan railway network yang menuju ke pelabuhan di seluruh kota pesisir pantai pulau Jawa. Bahkan dulu di Cilacap yang notabene pantai selatan Jawa berombak besar pun ada railway network menuju pelabuhan. Setelah itu semua yang berbasis rel diganti dengan roda karet. Padahal rata-rata panjang rel yang ditutup hanya sekitar 3 - 5 km saja tapi dampaknya massive (negative) hingga saat ini. Port-port Indonesia populer banget dengan dwelling timenya hahaha.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21996
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Turboman »

Michaelktp wrote:
newrubble wrote: Sun Jul 02, 2017 19:06 indo itu anti colonialism (timor leste was one single exception) smua ex colonials hrs diancurkan trmsk (1960) electric tremway network..........ganti dgn bus

bgitu juga railway network (firaun jawa bilang bbrp x) yg lambat n inefficient diganti dgn road based truckings spt juga sealines yg di antar-pulau kan sehingga bs focused on airbridge

ini negara modern n (kata nya) nationalistic
Absolutely right Om NR. Dosa terbesar Firaun Jawa adalah penutupan railway network yang menuju ke pelabuhan di seluruh kota pesisir pantai pulau Jawa. Bahkan dulu di Cilacap yang notabene pantai selatan Jawa berombak besar pun ada railway network menuju pelabuhan. Setelah itu semua yang berbasis rel diganti dengan roda karet. Padahal rata-rata panjang rel yang ditutup hanya sekitar 3 - 5 km saja tapi dampaknya massive (negative) hingga saat ini. Port-port Indonesia populer banget dengan dwelling timenya hahaha.
ya itu kan krn manusia dgn IQ 500++

* Bukan ajakan Beli *
Michaelktp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sat Nov 02, 2013 8:00

Re: RE: Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Michaelktp »

@Turboman:
Yup bener Boss. Einstein saja kalah jauh hahahaha.
Turboman wrote: Tue Jul 04, 2017 2:38 Japun mah mmg pandai bicara

yg bikin ide MPV murah dan LCGC ? Dia orang......

yg jualan motor gila2-an......ya dia orang juga

di negaranya sendiri orang2 naek sepeda semua (Osaka)

kalo concern dgn macetnya Jkt, knp Toshiba / Hitachi / Kawasaki HI nggak nge lobby Pem Indo dgn intensive sejak dulu spt yg dilakukan si T or H or Y or S.......wkwkwkwkkwkwkw

di proyek HSR juga Kawasaki kok keok ama CSR Sifang, padahal di otomotif mrk orang bisa juara.......

padahal kalo utk kereta mah sy lebih prefer buatan Japun drpd Panda........apalagi utk negara yg tradisi perawatan ala kadarnya gini......wkwkkwkw
Selain itu Jepun juga berjualan truk-truk dan bus bus. Kalau sampai kehilangan pasar gemuk, sektor otomotif bisa kolaps menyusul elektroniknya nanti hahaha
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by haristk7 »

By the way, untuk jalur kereta api non-aktif di pulau Jawa dan Sumatera, gimana ya kalo misalnya diaktifkan lagi + rapihkan/bikin stasiun dengan standar yang sama, dan untuk stop-gap measure impor kereta diesel bekas jepang, seperti

1. KiHa 40 series
Image

Image

Image

bentuknya memang mirip banget ama kereta yang diimpor Indonesia dari Jepang era 70-80an, di Jepang sendiri kereta ini diakui sangat awet dan sampai sekarang dipakai di rute2 perintis yang minim penumpang dan minim frekuensi. Karena itu kereta ini sering terlihat hanya berjalan 1-2 gerbong saja, jarang bisa sampai 3-6 gerbong.

2. KiHa 110 series

Image

yah Diesel Multiple Unit yang lebih canggih dari KiHa40, dan seri 110 punya panjang badan 20 meter per gerbongnya. Ngomong2 yang buat ini Fuji Heavy Industry (sekarang namanya Subaru Corporation)
____________________________

mungkin ada yang pikir, "yah bekas lagi", toh..kereta bekas jepang menikmati hidupnya di berbagai negara, Malaysia saja baru2 ini impor Diesel Multiple Unit bekas dari Jepang. Kondisinya lumayan bagus dan sebagian kereta yang diekspor keluar jepang masih dipakai di Jepang, sparepart juga terjamin.

Contohnya pas Indonesia impor 4 set kereta JR103, sekarang udah pada pensiun tuh JR103 di Indonesia, di Jepang ? masih gagah dan banyak itu di daerah Kansai dan Kyoto.

Saya kemarin naik Nara Line, JR103, wow kinclong banget luar dalam hahaha

____________________________
sori OOT, kenapa ya kok bisa sim motor lebih susah dari mobil? di jepun
salah satu tes nya, mereka harus melaju sepanjang 15 meter di permukaan yang lebarnya 30 cm, dengan maksimal waktu 10 detik. Mau ngebut juga gak bisa karena ujungnya suka diberi tembok/pembatas..jadi kudu pelan2.

Kalo tes mobilnya sih gak gitu ribet, tes start tanjakan gak boleh mati mesin/kemundur, trus tes apa yang harus dilakukan kalo mau nyebrang rel, trus tes belok di lampu merah, tes parkir, tes menghidupkan kendaraan dan check list, dll

yah...cuma 2 bulan sih normalnya untuk dapetin sim kendaraan, dan percobaan pertama biasanya gagal (orang indo yang udah ambil sim jepang bilang, karena terbiasa nyetir ala indo, nyetir ala peraturan sana dan pas lagi ujian praktek bener2 ribet dan ruwet)..bisa express, cuma 2 minggu, tapi wajib tinggal di tempat sekolah mengemudi selama 2 minggu itu.
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
Dekyarov
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 445
Joined: Thu Nov 24, 2016 4:11

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Dekyarov »

Kayaknya sejak restorasi meiji Jepang cinta mati ama kereta api.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21996
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Turboman »

Dekyarov wrote:Kayaknya sejak restorasi meiji Jepang cinta mati ama kereta api.
Penggunaan kereta adalah hal normal di negara2 normal

di US dan Canada aja penggunaan kereta sgt luas.......ada Amtrak yg sgt legendaris......Long train Canada yg 1 rangkaian bisa 3 km dll

negara2 Petro dollar - middle east pun semua pada bangun MRT / LRT di kota2 besarnya

See :
http://www.railway-technology.com/projects/region/asia/

sebetulnya yg intensive dlm penggunaan kereta malah negara2 komunis dan socialist



Last edited by Turboman on Tue Jul 04, 2017 8:54, edited 2 times in total.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21996
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Turboman »

om Haris

boleh nih kite cari2 kereta ex JR di junkyard sana.....siapa tahu dijual kiloan......bawa ke Indo, restorasi di Indo......jual ke PT KAI

* grin *
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21996
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by Turboman »

Bagaimana perkembangan penggunaan kereta di Indonesia sejak th 1945 hingga skg ini

Monggo bandingkan dengan negara2 di Afrika dan Amerika Selatan dulu deh

http://www.railway-technology.com/projects/region/

Di Nigeria / Aljazair / Marokko / Kairo aja udah ada MRT / Trem sejak lama

Kalo bandingin ama negara2 Asia lainnya ?

ane cuman bisa nulis :

Hamponnn minahhhhhhhhh.....…...wkwkwkwkk

Indo mungkin masuk kelompok ranking bontot utk region Asia dlm pengembangan kereta / MRT / LRT

yah dgn adanya MRT / LRT udah agak mayan naik ranking nya......tapi tetap masih jauh di bawah rangking tengah2

Harusnya data spt ini dibuka luas supaya publik semua bisa baca........lalu dibuat talk show di TV........wkwkwkwkqk



Sent from my Marklin HO using Seraya Motor mobile app


* Bukan ajakan Beli *
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by coklatMetalik »

Sayang bgt

Pdhl dulu lokomotip uap tercepat utk lebar rel 1067 dimiliki Hindia Belanda loh....
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7386
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by newrubble »

coklatMetalik wrote: Tue Jul 04, 2017 9:53 Sayang bgt

Pdhl dulu lokomotip uap tercepat utk lebar rel 1067 dimiliki Hindia Belanda loh....
tdk cuma itu dutch indie dulu koloni paling ma'mur di asia ...... skolah dari level basic sampe professor itu gratis ..... kerjaan di kasih ...... raja sampe kuli pribumi di gaji bulanan

fertilizer gratis ....... agricultural products yg ga bs jual ke market ya jual ke govt

nordic of asia
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Reaktivasi jalur rel mati di indonesia dan kereta api yang mengagumkan

Post by haristk7 »

Turboman wrote: Tue Jul 04, 2017 8:56 om Haris

boleh nih kite cari2 kereta ex JR di junkyard sana.....siapa tahu dijual kiloan......bawa ke Indo, restorasi di Indo......jual ke PT KAI

* grin *
hahaha

ngomong2 KiHa40 series yang saya sebutkan diatas akan digusur dari tugas aktif di area Niigata dan Akita, akan digantikan Electric Diesel GV-E400 series.

Image

https://trafficnews.jp/post/75064/

http://www.jreast.co.jp/press/2017/20170706.pdf
__________________________________________________________

untuk railway yang di Afrika, saya salut dengan Ethiopia dan Djibouti. Dengan kerja sama Cina, kedua negara tersambung dengan railway. Infrastruktur nya juga terlihat bagus.

http://www.bbc.com/news/world-africa-37562177

Image



kemudian ibu kota Ethiopia, Addis Ababa telah selesai membangun LRT. LRT nya juga berperan mengubah lifestyle masyarakat kota nya

http://www.bbc.com/news/av/business-345 ... ture-boost


__________________________________________________________

Saya dengar Surabaya juga sudah mulai pengerjaan Tram..
http://www.thejakartapost.com/news/2017 ... -2019.html
http://www.thejakartapost.com/news/2017 ... -tram.html

kemudian ada rencana Light Rail di Jayapura menggunakan teknologi Jepang
https://finance.detik.com/berita-ekonom ... 25-triliun
http://economy.okezone.com/amp/2016/11/ ... api-ringan

Yang saya "greget" ingin ada itu:
- KRL Jogja - Solo untuk menggantikan Prameks, menggunakan listrik 1500V DC dan track gauge 1067mm
- Kereta Komuter disekitaran Surabaya, Medan, dan Semarang digantikan KRL, sistem kelistrikan 1500V DC, track gauge 1067mm
- Railbus Solo - Wonogiri mungkin bisa diconvert menjadi KRL dengan menggunakan jalur baru seperti elevated track ? kemudian diberi elektrifikasi 1500V DC dan track gauge 1067mm
- KRL Palembang - Indralaya, Indralaya bisa berfungsi jadi kota satelit nya Palembang dengan adanya tol baru dan KRL menghubungkan kedua kota.

Kenapa menurut saya yang pas itu 1500V DC dan 1067mm track gauge ? agar compatible dengan KRL Jakarta, cara operasi KRL Jakarta bisa diterapkan di berbagai daerah lain sehingga ada standarisasi. Kemudian rolling stock KRL di Jakarta bisa dipindahkan dan beroperasi di daerah lain jika dibutuhkan. Contohnya jika KRL Jakarta dapat membeli rolling stock JR East 209 series, model lama 203 dan 205 series bisa dilimpahkan ke daerah Jogja/Solo, Surabaya, dll.

Bukan tidak mungkin dengan adanya KRL maka dapat memancing ekonomi daerah setempat, jadwal perjalanan dapat diperbanyak, dibuatnya stasiun baru serta daerah pemukiman baru disekitaran stasiun, headway dapat dibuat lebih pendek (5-15 menit), serta kecepatan maksimum operasi dapat ditingkatkan.

___________________________________________________________________________

Image

Peta rel kereta pulau jawa, rute mana saja selain Jakarta - Surabaya yang perlu ada double tracking dan elektrifkasi ? menurut saya yang tidak kalah penting adalah Jogjakarta.
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"