Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ramdani1978
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Thu Jan 05, 2017 4:48

Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?

Post by ramdani1978 »

Smers,

Selama saya pakai Innova diesel matic dari tahun 2012, seringkali saat mengurangi kecepatan karena didepan macet atau lainnya, saya donwshift dulu dulu dari D ke 3, lalu kalau di bawah 60km/h saya turunin lagi ke 2, kalau masih kencang baru pakai rem atau kombinasi dengan rem sebelum downshift tergantung jarak dengan mobil di depan.

Nah apakah cara ini bagus, atau jelek atau ga efek ke konsumsi bbm atau umur kampas rem?

Selama ini rata-rata konsumsi bbm sekitar 1:12km/L, dan kampas rem depan baru diganti di servis 90ribu, itupun masih agak tebal. Km sekarang diposisi 114ribu.
ery1973
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 201
Joined: Wed Dec 30, 2015 7:54

Re: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?

Post by ery1973 »

Ikutan nyimak om, up.

Sent from my Infinix_X601_LTE using Seraya Motor mobile app

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?

Post by Turboman »

ramdani1978 wrote:Smers,

Selama saya pakai Innova diesel matic dari tahun 2012, seringkali saat mengurangi kecepatan karena didepan macet atau lainnya, saya donwshift dulu dulu dari D ke 3, lalu kalau di bawah 60km/h saya turunin lagi ke 2, kalau masih kencang baru pakai rem atau kombinasi dengan rem sebelum downshift tergantung jarak dengan mobil di depan.

Nah apakah cara ini bagus, atau jelek atau ga efek ke konsumsi bbm atau umur kampas rem?

Selama ini rata-rata konsumsi bbm sekitar 1:12km/L, dan kampas rem depan baru diganti di servis 90ribu, itupun masih agak tebal. Km sekarang diposisi 114ribu.
gak masalah

saya sering spt itu

yg penting ATF nya bagus
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?

Post by POS VETT »

Mestijya sih gak masalah walaupun engine compression braking itu juga menambah thermal load di transmisi. Satu lagi prinsipnya, rem jauh lebih murah daripada transmisi.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
User avatar
nuwbee
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Thu Nov 06, 2014 11:14

Re: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?

Post by nuwbee »

Sama sy juga sering, tapi pake yasir lele at pas di subang arah lembang buat iring2an bareng fortuner dasteran, maen redline dan di gigi 2-3..gpp kan om Turbo?
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Re: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?

Post by g4ndalf »

POS VETT wrote: Mon Apr 03, 2017 15:06 Mestijya sih gak masalah walaupun engine compression braking itu juga menambah thermal load di transmisi. Satu lagi prinsipnya, rem jauh lebih murah daripada transmisi.
Setuju sama ini... biasanya saya downshift kalau pas turunan aja, lain dari itu mending pakai rem karena kampas rem jauh lebih murah ketimbang sistem transmisi problem.
ECTO1
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Sun Mar 05, 2017 13:43

Re: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?

Post by ECTO1 »

Saya juga sering untuk engine braking di Yaris bakpao. Tapi saya cukup penasaran, waktu downshifting itu kan rpm mesin tinggi, apakah akan mempengaruhi engine mounting?
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11779
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?

Post by Omnibus »

mungkin asal pakai common sense aja sih ngga apa2 ya ..... jgn dipaksa turun gigi kasar maksudnya
waterlo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Sat Nov 26, 2016 6:44

Re: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?

Post by waterlo »

yaaa kalo bisa sih kurang2in deh ya. daripada kaya ane, dulu di rush gak terlalu sering sih tapi pernah kaya gitu. dan pada akhirnya jebol wkwkwkwkwk.... gigi 1-2 nyentak halus, gigi mundur nyentak kasar. walhasil benerin yang mundur dulu karena kalo masuk R pasti nyentak and loncat. kena 5jt di bengkel matik langganan di bintaro. kalo di A2K?? dicharge 18jt aja untuk beresinnya :frm_snipper: jadi mendingan ngerem yang pakem, lasih lebih murah ganti kampas. gak sampe juta2an :big_deal:
gobale
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 599
Joined: Thu Sep 25, 2008 1:20

Re: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?

Post by gobale »

untuk engine braking bantu ngerem di turunan gpp...daripada rem jadi panas and ngeloss ujung2nya malah bahaya
User avatar
ipat
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 679
Joined: Thu Oct 29, 2015 17:33

Re: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?

Post by ipat »

gobale wrote: Tue Apr 04, 2017 0:13 untuk engine braking bantu ngerem di turunan gpp...daripada rem jadi panas and ngeloss ujung2nya malah bahaya
Sy sering parno dulu kalo matik trus turunan,main rem trus bisa ngelos,sy pake dakar sering downshift,karna pernah baca, pjs dakar turun daerah kopeng(salatiga), remnya ngelos dan berasap...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?

Post by Turboman »

waterlo wrote:yaaa kalo bisa sih kurang2in deh ya. daripada kaya ane, dulu di rush gak terlalu sering sih tapi pernah kaya gitu. dan pada akhirnya jebol wkwkwkwkwk.... gigi 1-2 nyentak halus, gigi mundur nyentak kasar. walhasil benerin yang mundur dulu karena kalo masuk R pasti nyentak and loncat. kena 5jt di bengkel matik langganan di bintaro. kalo di A2K?? dicharge 18jt aja untuk beresinnya :frm_snipper: jadi mendingan ngerem yang pakem, lasih lebih murah ganti kampas. gak sampe juta2an :big_deal:
om pake ATF apa dan gimana ganti ATF nya ?

asal pake ATF bagus dan ganti rutin si ga masalah, saya udah buktikan, yg penting kita downshift di range kecepatan yg wajar aja sesuai posisi gigi nya

intinya kita downshift kan agar supaya si Torq Con nge lock sampe kecepatan agak rendah utk membantu engine brake

krn kalo gliding di D, begitu di bawah kecepatan tertentu, Torq Con akan release / nggak nge lock

di luar negeri bahkan ada yg jual modul kontrol Torq Con override, jadi kita bisa atur kapan Torq Con nge lock sesuka kita.



* Bukan ajakan Beli *
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1224
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: RE: Re: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?

Post by adityabp »

Turboman wrote: Tue Apr 04, 2017 0:50
waterlo wrote:yaaa kalo bisa sih kurang2in deh ya. daripada kaya ane, dulu di rush gak terlalu sering sih tapi pernah kaya gitu. dan pada akhirnya jebol wkwkwkwkwk.... gigi 1-2 nyentak halus, gigi mundur nyentak kasar. walhasil benerin yang mundur dulu karena kalo masuk R pasti nyentak and loncat. kena 5jt di bengkel matik langganan di bintaro. kalo di A2K?? dicharge 18jt aja untuk beresinnya :frm_snipper: jadi mendingan ngerem yang pakem, lasih lebih murah ganti kampas. gak sampe juta2an :big_deal:
om pake ATF apa dan gimana ganti ATF nya ?

asal pake ATF bagus dan ganti rutin si ga masalah, saya udah buktikan, yg penting kita downshift di range kecepatan yg wajar aja sesuai posisi gigi nya

intinya kita downshift kan agar supaya si Torq Con nge lock sampe kecepatan agak rendah utk membantu engine brake

krn kalo gliding di D, begitu di bawah kecepatan tertentu, Torq Con akan release / nggak nge lock

di luar negeri bahkan ada yg jual modul kontrol Torq Con override, jadi kita bisa atur kapan Torq Con nge lock sesuka kita.
Hehehe, ujung2xnya balik kayak MT donk. Nginjek kopling spy mesin gak stall :D
User avatar
adrevolution
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1221
Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?

Post by adrevolution »

Ane sering juga nih pake teknik kayak gini terutama di saat butuh power / butuh engine brake, sangat membantu kalau di jalan luar kota buat overtake...

Di tol juga sangat2 membantu kalau ada yang rem mendadak, biasanya di M2 saya langsung pencet tombol hold, kalo di GK5 tangan kiri udah siap sedia pencet paddle shift (-) buat downshift, di GNKI geser shifter ke 3 atau 2. Beberapa kali selamat dari tabrakan beruntun karena ini salah satu faktornya (selain faktor luck & masih ada space utk pindah jalur).

Kalau liat dari MID real time sih (sedikit) lebih irit ya konsumsi bbmnya karena engine brake diatas rpm tertentu (kalau gak salah di M2 diatas 1500 rpm) mesin nggak membakar bbm sama sekali. Tapi kalau downshift untuk overtake sepertinya sama aja seperti gak downshift, cuma tenaga lebih keluar, malah cenderung lebih boros kalau keenakan nginjek gasnya :mky_03:

Cuma kalau ke keawetan transmisi ini juga ane masih ragu, ada yang bilang nggak masalah tapi ada juga yang bilang kalo keseringan solenoidnya cepet KO... ane butuh jawaban yg meyakinkan kalau soal ini.
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?

Post by Turboman »

adrevolution wrote:Ane sering juga nih pake teknik kayak gini terutama di saat butuh power / butuh engine brake, sangat membantu kalau di jalan luar kota buat overtake...

Di tol juga sangat2 membantu kalau ada yang rem mendadak, biasanya di M2 saya langsung pencet tombol hold, kalo di GK5 tangan kiri udah siap sedia pencet paddle shift (-) buat downshift, di GNKI geser shifter ke 3 atau 2. Beberapa kali selamat dari tabrakan beruntun karena ini salah satu faktornya (selain faktor luck & masih ada space utk pindah jalur).

Kalau liat dari MID real time sih (sedikit) lebih irit ya konsumsi bbmnya karena engine brake diatas rpm tertentu (kalau gak salah di M2 diatas 1500 rpm) mesin nggak membakar bbm sama sekali. Tapi kalau downshift untuk overtake sepertinya sama aja seperti gak downshift, cuma tenaga lebih keluar, malah cenderung lebih boros kalau keenakan nginjek gasnya :mky_03:

Cuma kalau ke keawetan transmisi ini juga ane masih ragu, ada yang bilang nggak masalah tapi ada juga yang bilang kalo keseringan solenoidnya cepet KO... ane butuh jawaban yg meyakinkan kalau soal ini.
kalo ane prinsip ya punya barang utk dinikmati semua ability dan fitur2 nya

Yg penting perawatan bagus, oli bagus

ane liat Taxi Hyundai Sonata di Sing juga matic, supirnya mainkan matic nya

pernah juga naek mobil Travel tour H1 CRDi matic di Taiwan, supirnya juga mainkan matic nya

kalo takut rusak ya naek Uber aja, mobil tarok garasi

wkwkw

* Bukan ajakan Beli *
User avatar
adrevolution
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1221
Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: RE: Re: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?

Post by adrevolution »

Turboman wrote: Tue Apr 04, 2017 5:14
kalo ane prinsip ya punya barang utk dinikmati semua ability dan fitur2 nya

Yg penting perawatan bagus, oli bagus

kalo takut rusak ya naek Uber aja, mobil tarok garasi

wkwkw
Betul juga sih, ngapain udah beli mahal2 tapi nggak dimaksimalin :mky_01: Toh namanya barang dipake pasti ada umurnya.

Cuma gara2 pernah diomelin bapake downshift manual di shifter dikira mau ngebut padahal cuma nyalip mobil yg larinya tanggung :frm_shock: jadinya research dikit2 deh soal beginian. Maklum bapak saya masih agak jadul prinsipnya kalo matic ya udah gak usah ganti2 gigi lagi (padahal masih perlu, in some cases otak kita masi lebih pintar dari TCU).
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16676
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: RE: Re: RE: Re: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?

Post by ChZ »

adrevolution wrote:
Turboman wrote: Tue Apr 04, 2017 5:14
kalo ane prinsip ya punya barang utk dinikmati semua ability dan fitur2 nya

Yg penting perawatan bagus, oli bagus

kalo takut rusak ya naek Uber aja, mobil tarok garasi

wkwkw
Betul juga sih, ngapain udah beli mahal2 tapi nggak dimaksimalin :mky_01: Toh namanya barang dipake pasti ada umurnya.

Cuma gara2 pernah diomelin bapake downshift manual di shifter dikira mau ngebut padahal cuma nyalip mobil yg larinya tanggung :frm_shock: jadinya research dikit2 deh soal beginian. Maklum bapak saya masih agak jadul prinsipnya kalo matic ya udah gak usah ganti2 gigi lagi (padahal masih perlu, in some cases otak kita masi lebih pintar dari TCU).
Krn otak kita yang nyiptain tcu dan ecu wkwkkw...

Tcu auto keterbatasannya dia based on input (pedal gas). Cepet/lambat nya tergantung setelan pabrikan dan di mode D dia akan kesulitan hold posisi gear krn input bisa berubah2.

Jd kenapa ada fitur sequential jg itu... Bwat override lockup dan hold gear spt manual.

Cmiiw.

Intinya kalo sebuah fitur diciptakan itu bkn buat break down/ngerusak mobilnya. Wkwkwkwk. Kecuali fiturrnya overused. Misal launch control. Itupun uda di warning wkwkwkw.

Sent from my 2014817 using Seraya Motor mobile app


1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: RE: Re: RE: Re: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?

Post by Turboman »

ChZ wrote:
adrevolution wrote:
Turboman wrote: Tue Apr 04, 2017 5:14
kalo ane prinsip ya punya barang utk dinikmati semua ability dan fitur2 nya

Yg penting perawatan bagus, oli bagus

kalo takut rusak ya naek Uber aja, mobil tarok garasi

wkwkw
Betul juga sih, ngapain udah beli mahal2 tapi nggak dimaksimalin :mky_01: Toh namanya barang dipake pasti ada umurnya.

Cuma gara2 pernah diomelin bapake downshift manual di shifter dikira mau ngebut padahal cuma nyalip mobil yg larinya tanggung :frm_shock: jadinya research dikit2 deh soal beginian. Maklum bapak saya masih agak jadul prinsipnya kalo matic ya udah gak usah ganti2 gigi lagi (padahal masih perlu, in some cases otak kita masi lebih pintar dari TCU).
Krn otak kita yang nyiptain tcu dan ecu wkwkkw...

Tcu auto keterbatasannya dia based on input (pedal gas). Cepet/lambat nya tergantung setelan pabrikan dan di mode D dia akan kesulitan hold posisi gear krn input bisa berubah2.

Jd kenapa ada fitur sequential jg itu... Bwat override lockup dan hold gear spt manual.

Cmiiw.

Intinya kalo sebuah fitur diciptakan itu bkn buat break down/ngerusak mobilnya. Wkwkwkwk. Kecuali fiturrnya overused. Misal launch control. Itupun uda di warning wkwkwkw.

Sent from my 2014817 using Seraya Motor mobile app
Betul

kalo user modif Valve Body matic nah itu laen cerita deh......enter at your own risk
* Bukan ajakan Beli *
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1068
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?

Post by vipere »

kalo buat overtake darurat sih ya masih ok lah.
Kalo cuman sekedar ngirit kampas rem, ogah banget dah..beli aja mobil manual kalo gitu.wekkekek.
Orang pake matic ya mau praktis.
User avatar
Gasoline24
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 385
Joined: Thu Nov 10, 2016 8:24
Location: lippo cikarang
Daily Vehicle: Tetradrive

Re: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?

Post by Gasoline24 »

waduh.....kok saya belum pernah nyoba nih downshift buat bantu breaking. biasanya downshift kalo mau nanjak aja. pencerahaannnnnn
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4358
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?

Post by kunaskun »

saya si sering, biar sirkulasi itu ATF dan well latihan emergency manouevere. yang malah parah itu kalau jarang kickdown, parkir di P, dari D langsung ke R ga pake berhenti pol, di tanjakan masukin D, dengan alesan takut rusak, ga kenapa2 tuh, dll.
singachu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1584
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?

Post by singachu »

pakai baleno next g matic dari malang ke surabaya, di turunan bakpao telo, masuk di D dan biarin nggelinding.....
rpm rendah speed bisa skitar 80 kpj-an.
ta biarin, eh TCU nya turunin gigi sendiri, kerasa engine brake dan rpm lebih naik. tuas masih di D.
jadi mestinya diturunin secara manual ya sama aja dengan TCU yang turunin mestinya, sama2 aman.
ya matic masih konvensional banyak "kampas" matic di tiap2 gigi, kalau aus ya harus ganti dan harganya mahal, jadi setuju ama yang sebelum2nya kampas rem lebih murah dari kampas matic, jadi daripada karena menghemat kampas rem malah mengorbankan kampas matic.
pemakaian sewajarnya aja.


mungkin yang drag race pakai innova diesel matic bisa cerita pengalaman lebih, kan itu maticnya lebih di siksa

regards,
singachu
singachu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1584
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?

Post by singachu »

kunaskun wrote: Tue Apr 04, 2017 9:25 <cut>di tanjakan masukin D, dengan alesan takut rusak, ga kenapa2 tuh, dll.
yang ini bisa diperjelas maksudnya gimana ?

regards,
singachu
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4358
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?

Post by kunaskun »

singachu wrote: Tue Apr 04, 2017 9:29
kunaskun wrote: Tue Apr 04, 2017 9:25 <cut>di tanjakan masukin D, dengan alesan takut rusak, ga kenapa2 tuh, dll.
yang ini bisa diperjelas maksudnya gimana ?

regards,
singachu
salah cara pemakaian om maksudnya :mky_01:
User avatar
adrevolution
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1221
Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?

Post by adrevolution »

singachu wrote: Tue Apr 04, 2017 9:27 pakai baleno next g matic dari malang ke surabaya, di turunan bakpao telo, masuk di D dan biarin nggelinding.....
rpm rendah speed bisa skitar 80 kpj-an.
ta biarin, eh TCU nya turunin gigi sendiri, kerasa engine brake dan rpm lebih naik. tuas masih di D.
jadi mestinya diturunin secara manual ya sama aja dengan TCU yang turunin mestinya, sama2 aman.
ya matic masih konvensional banyak "kampas" matic di tiap2 gigi, kalau aus ya harus ganti dan harganya mahal, jadi setuju ama yang sebelum2nya kampas rem lebih murah dari kampas matic, jadi daripada karena menghemat kampas rem malah mengorbankan kampas matic.
pemakaian sewajarnya aja.


mungkin yang drag race pakai innova diesel matic bisa cerita pengalaman lebih, kan itu maticnya lebih di siksa

regards,
singachu
wah ini karakteristik matic baleno next g mirip di M2 old gen... biar masih 4-speed tapi rada pinteran...
di turunan2 cipularang kalau balik ke arah jakarta dari bandung speed 80an dan kondisi lepas gas / lagi trail braking, posisi di D tanpa pencet tombol hold gear dia pindah sendiri dari gigi 4 ke gigi 3 rpm sekitar 3000, udah kelar turunannya injek gas lagi sedikit baru dia naik ke gigi 4 lagi. kalau injek gas agak dalem (misal ketemu tanjakan lagi) anteng aja di gigi 3. beda sama di innova kalau di D nggak ada mekanisme kayak gitu, ngeloyor aja di gigi 4 rpm <2000 jadi harus trail braking atau oper ke 3 supaya kecepatannya terkontrol. nggak tau kalau di ANKI/ANF apakah masih begitu atau nggak.
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE