Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Thu Jan 05, 2017 4:48
Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?
Smers,
Selama saya pakai Innova diesel matic dari tahun 2012, seringkali saat mengurangi kecepatan karena didepan macet atau lainnya, saya donwshift dulu dulu dari D ke 3, lalu kalau di bawah 60km/h saya turunin lagi ke 2, kalau masih kencang baru pakai rem atau kombinasi dengan rem sebelum downshift tergantung jarak dengan mobil di depan.
Nah apakah cara ini bagus, atau jelek atau ga efek ke konsumsi bbm atau umur kampas rem?
Selama ini rata-rata konsumsi bbm sekitar 1:12km/L, dan kampas rem depan baru diganti di servis 90ribu, itupun masih agak tebal. Km sekarang diposisi 114ribu.
Selama saya pakai Innova diesel matic dari tahun 2012, seringkali saat mengurangi kecepatan karena didepan macet atau lainnya, saya donwshift dulu dulu dari D ke 3, lalu kalau di bawah 60km/h saya turunin lagi ke 2, kalau masih kencang baru pakai rem atau kombinasi dengan rem sebelum downshift tergantung jarak dengan mobil di depan.
Nah apakah cara ini bagus, atau jelek atau ga efek ke konsumsi bbm atau umur kampas rem?
Selama ini rata-rata konsumsi bbm sekitar 1:12km/L, dan kampas rem depan baru diganti di servis 90ribu, itupun masih agak tebal. Km sekarang diposisi 114ribu.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 201
- Joined: Wed Dec 30, 2015 7:54
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: RE: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?
gak masalahramdani1978 wrote:Smers,
Selama saya pakai Innova diesel matic dari tahun 2012, seringkali saat mengurangi kecepatan karena didepan macet atau lainnya, saya donwshift dulu dulu dari D ke 3, lalu kalau di bawah 60km/h saya turunin lagi ke 2, kalau masih kencang baru pakai rem atau kombinasi dengan rem sebelum downshift tergantung jarak dengan mobil di depan.
Nah apakah cara ini bagus, atau jelek atau ga efek ke konsumsi bbm atau umur kampas rem?
Selama ini rata-rata konsumsi bbm sekitar 1:12km/L, dan kampas rem depan baru diganti di servis 90ribu, itupun masih agak tebal. Km sekarang diposisi 114ribu.
saya sering spt itu
yg penting ATF nya bagus
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?
Mestijya sih gak masalah walaupun engine compression braking itu juga menambah thermal load di transmisi. Satu lagi prinsipnya, rem jauh lebih murah daripada transmisi.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 28
- Joined: Thu Nov 06, 2014 11:14
Re: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?
Sama sy juga sering, tapi pake yasir lele at pas di subang arah lembang buat iring2an bareng fortuner dasteran, maen redline dan di gigi 2-3..gpp kan om Turbo?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1109
- Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30
Re: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?
Setuju sama ini... biasanya saya downshift kalau pas turunan aja, lain dari itu mending pakai rem karena kampas rem jauh lebih murah ketimbang sistem transmisi problem.POS VETT wrote: Mon Apr 03, 2017 15:06 Mestijya sih gak masalah walaupun engine compression braking itu juga menambah thermal load di transmisi. Satu lagi prinsipnya, rem jauh lebih murah daripada transmisi.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 21
- Joined: Sun Mar 05, 2017 13:43
Re: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?
Saya juga sering untuk engine braking di Yaris bakpao. Tapi saya cukup penasaran, waktu downshifting itu kan rpm mesin tinggi, apakah akan mempengaruhi engine mounting?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11779
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?
mungkin asal pakai common sense aja sih ngga apa2 ya ..... jgn dipaksa turun gigi kasar maksudnya
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 159
- Joined: Sat Nov 26, 2016 6:44
Re: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?
yaaa kalo bisa sih kurang2in deh ya. daripada kaya ane, dulu di rush gak terlalu sering sih tapi pernah kaya gitu. dan pada akhirnya jebol wkwkwkwkwk.... gigi 1-2 nyentak halus, gigi mundur nyentak kasar. walhasil benerin yang mundur dulu karena kalo masuk R pasti nyentak and loncat. kena 5jt di bengkel matik langganan di bintaro. kalo di A2K?? dicharge 18jt aja untuk beresinnya
jadi mendingan ngerem yang pakem, lasih lebih murah ganti kampas. gak sampe juta2an 


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 599
- Joined: Thu Sep 25, 2008 1:20
Re: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?
untuk engine braking bantu ngerem di turunan gpp...daripada rem jadi panas and ngeloss ujung2nya malah bahaya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 679
- Joined: Thu Oct 29, 2015 17:33
Re: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?
Sy sering parno dulu kalo matik trus turunan,main rem trus bisa ngelos,sy pake dakar sering downshift,karna pernah baca, pjs dakar turun daerah kopeng(salatiga), remnya ngelos dan berasap...gobale wrote: Tue Apr 04, 2017 0:13 untuk engine braking bantu ngerem di turunan gpp...daripada rem jadi panas and ngeloss ujung2nya malah bahaya
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: RE: Re: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?
om pake ATF apa dan gimana ganti ATF nya ?waterlo wrote:yaaa kalo bisa sih kurang2in deh ya. daripada kaya ane, dulu di rush gak terlalu sering sih tapi pernah kaya gitu. dan pada akhirnya jebol wkwkwkwkwk.... gigi 1-2 nyentak halus, gigi mundur nyentak kasar. walhasil benerin yang mundur dulu karena kalo masuk R pasti nyentak and loncat. kena 5jt di bengkel matik langganan di bintaro. kalo di A2K?? dicharge 18jt aja untuk beresinnyajadi mendingan ngerem yang pakem, lasih lebih murah ganti kampas. gak sampe juta2an
asal pake ATF bagus dan ganti rutin si ga masalah, saya udah buktikan, yg penting kita downshift di range kecepatan yg wajar aja sesuai posisi gigi nya
intinya kita downshift kan agar supaya si Torq Con nge lock sampe kecepatan agak rendah utk membantu engine brake
krn kalo gliding di D, begitu di bawah kecepatan tertentu, Torq Con akan release / nggak nge lock
di luar negeri bahkan ada yg jual modul kontrol Torq Con override, jadi kita bisa atur kapan Torq Con nge lock sesuka kita.
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1224
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: RE: Re: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?
Hehehe, ujung2xnya balik kayak MT donk. Nginjek kopling spy mesin gak stallTurboman wrote: Tue Apr 04, 2017 0:50om pake ATF apa dan gimana ganti ATF nya ?waterlo wrote:yaaa kalo bisa sih kurang2in deh ya. daripada kaya ane, dulu di rush gak terlalu sering sih tapi pernah kaya gitu. dan pada akhirnya jebol wkwkwkwkwk.... gigi 1-2 nyentak halus, gigi mundur nyentak kasar. walhasil benerin yang mundur dulu karena kalo masuk R pasti nyentak and loncat. kena 5jt di bengkel matik langganan di bintaro. kalo di A2K?? dicharge 18jt aja untuk beresinnyajadi mendingan ngerem yang pakem, lasih lebih murah ganti kampas. gak sampe juta2an
asal pake ATF bagus dan ganti rutin si ga masalah, saya udah buktikan, yg penting kita downshift di range kecepatan yg wajar aja sesuai posisi gigi nya
intinya kita downshift kan agar supaya si Torq Con nge lock sampe kecepatan agak rendah utk membantu engine brake
krn kalo gliding di D, begitu di bawah kecepatan tertentu, Torq Con akan release / nggak nge lock
di luar negeri bahkan ada yg jual modul kontrol Torq Con override, jadi kita bisa atur kapan Torq Con nge lock sesuka kita.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1221
- Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mazda 2
Re: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?
Ane sering juga nih pake teknik kayak gini terutama di saat butuh power / butuh engine brake, sangat membantu kalau di jalan luar kota buat overtake...
Di tol juga sangat2 membantu kalau ada yang rem mendadak, biasanya di M2 saya langsung pencet tombol hold, kalo di GK5 tangan kiri udah siap sedia pencet paddle shift (-) buat downshift, di GNKI geser shifter ke 3 atau 2. Beberapa kali selamat dari tabrakan beruntun karena ini salah satu faktornya (selain faktor luck & masih ada space utk pindah jalur).
Kalau liat dari MID real time sih (sedikit) lebih irit ya konsumsi bbmnya karena engine brake diatas rpm tertentu (kalau gak salah di M2 diatas 1500 rpm) mesin nggak membakar bbm sama sekali. Tapi kalau downshift untuk overtake sepertinya sama aja seperti gak downshift, cuma tenaga lebih keluar, malah cenderung lebih boros kalau keenakan nginjek gasnya
Cuma kalau ke keawetan transmisi ini juga ane masih ragu, ada yang bilang nggak masalah tapi ada juga yang bilang kalo keseringan solenoidnya cepet KO... ane butuh jawaban yg meyakinkan kalau soal ini.
Di tol juga sangat2 membantu kalau ada yang rem mendadak, biasanya di M2 saya langsung pencet tombol hold, kalo di GK5 tangan kiri udah siap sedia pencet paddle shift (-) buat downshift, di GNKI geser shifter ke 3 atau 2. Beberapa kali selamat dari tabrakan beruntun karena ini salah satu faktornya (selain faktor luck & masih ada space utk pindah jalur).
Kalau liat dari MID real time sih (sedikit) lebih irit ya konsumsi bbmnya karena engine brake diatas rpm tertentu (kalau gak salah di M2 diatas 1500 rpm) mesin nggak membakar bbm sama sekali. Tapi kalau downshift untuk overtake sepertinya sama aja seperti gak downshift, cuma tenaga lebih keluar, malah cenderung lebih boros kalau keenakan nginjek gasnya

Cuma kalau ke keawetan transmisi ini juga ane masih ragu, ada yang bilang nggak masalah tapi ada juga yang bilang kalo keseringan solenoidnya cepet KO... ane butuh jawaban yg meyakinkan kalau soal ini.
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: RE: Re: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?
kalo ane prinsip ya punya barang utk dinikmati semua ability dan fitur2 nyaadrevolution wrote:Ane sering juga nih pake teknik kayak gini terutama di saat butuh power / butuh engine brake, sangat membantu kalau di jalan luar kota buat overtake...
Di tol juga sangat2 membantu kalau ada yang rem mendadak, biasanya di M2 saya langsung pencet tombol hold, kalo di GK5 tangan kiri udah siap sedia pencet paddle shift (-) buat downshift, di GNKI geser shifter ke 3 atau 2. Beberapa kali selamat dari tabrakan beruntun karena ini salah satu faktornya (selain faktor luck & masih ada space utk pindah jalur).
Kalau liat dari MID real time sih (sedikit) lebih irit ya konsumsi bbmnya karena engine brake diatas rpm tertentu (kalau gak salah di M2 diatas 1500 rpm) mesin nggak membakar bbm sama sekali. Tapi kalau downshift untuk overtake sepertinya sama aja seperti gak downshift, cuma tenaga lebih keluar, malah cenderung lebih boros kalau keenakan nginjek gasnya![]()
Cuma kalau ke keawetan transmisi ini juga ane masih ragu, ada yang bilang nggak masalah tapi ada juga yang bilang kalo keseringan solenoidnya cepet KO... ane butuh jawaban yg meyakinkan kalau soal ini.
Yg penting perawatan bagus, oli bagus
ane liat Taxi Hyundai Sonata di Sing juga matic, supirnya mainkan matic nya
pernah juga naek mobil Travel tour H1 CRDi matic di Taiwan, supirnya juga mainkan matic nya
kalo takut rusak ya naek Uber aja, mobil tarok garasi
wkwkw
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1221
- Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mazda 2
Re: RE: Re: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?
Betul juga sih, ngapain udah beli mahal2 tapi nggak dimaksimalinTurboman wrote: Tue Apr 04, 2017 5:14
kalo ane prinsip ya punya barang utk dinikmati semua ability dan fitur2 nya
Yg penting perawatan bagus, oli bagus
kalo takut rusak ya naek Uber aja, mobil tarok garasi
wkwkw

Cuma gara2 pernah diomelin bapake downshift manual di shifter dikira mau ngebut padahal cuma nyalip mobil yg larinya tanggung

P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
-
- SM Specialist
- Posts: 16676
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: RE: Re: RE: Re: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?
Krn otak kita yang nyiptain tcu dan ecu wkwkkw...adrevolution wrote:Betul juga sih, ngapain udah beli mahal2 tapi nggak dimaksimalinTurboman wrote: Tue Apr 04, 2017 5:14
kalo ane prinsip ya punya barang utk dinikmati semua ability dan fitur2 nya
Yg penting perawatan bagus, oli bagus
kalo takut rusak ya naek Uber aja, mobil tarok garasi
wkwkwToh namanya barang dipake pasti ada umurnya.
Cuma gara2 pernah diomelin bapake downshift manual di shifter dikira mau ngebut padahal cuma nyalip mobil yg larinya tanggungjadinya research dikit2 deh soal beginian. Maklum bapak saya masih agak jadul prinsipnya kalo matic ya udah gak usah ganti2 gigi lagi (padahal masih perlu, in some cases otak kita masi lebih pintar dari TCU).
Tcu auto keterbatasannya dia based on input (pedal gas). Cepet/lambat nya tergantung setelan pabrikan dan di mode D dia akan kesulitan hold posisi gear krn input bisa berubah2.
Jd kenapa ada fitur sequential jg itu... Bwat override lockup dan hold gear spt manual.
Cmiiw.
Intinya kalo sebuah fitur diciptakan itu bkn buat break down/ngerusak mobilnya. Wkwkwkwk. Kecuali fiturrnya overused. Misal launch control. Itupun uda di warning wkwkwkw.
Sent from my 2014817 using Seraya Motor mobile app
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: RE: Re: RE: Re: RE: Re: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?
BetulChZ wrote:Krn otak kita yang nyiptain tcu dan ecu wkwkkw...adrevolution wrote:Betul juga sih, ngapain udah beli mahal2 tapi nggak dimaksimalinTurboman wrote: Tue Apr 04, 2017 5:14
kalo ane prinsip ya punya barang utk dinikmati semua ability dan fitur2 nya
Yg penting perawatan bagus, oli bagus
kalo takut rusak ya naek Uber aja, mobil tarok garasi
wkwkwToh namanya barang dipake pasti ada umurnya.
Cuma gara2 pernah diomelin bapake downshift manual di shifter dikira mau ngebut padahal cuma nyalip mobil yg larinya tanggungjadinya research dikit2 deh soal beginian. Maklum bapak saya masih agak jadul prinsipnya kalo matic ya udah gak usah ganti2 gigi lagi (padahal masih perlu, in some cases otak kita masi lebih pintar dari TCU).
Tcu auto keterbatasannya dia based on input (pedal gas). Cepet/lambat nya tergantung setelan pabrikan dan di mode D dia akan kesulitan hold posisi gear krn input bisa berubah2.
Jd kenapa ada fitur sequential jg itu... Bwat override lockup dan hold gear spt manual.
Cmiiw.
Intinya kalo sebuah fitur diciptakan itu bkn buat break down/ngerusak mobilnya. Wkwkwkwk. Kecuali fiturrnya overused. Misal launch control. Itupun uda di warning wkwkwkw.
Sent from my 2014817 using Seraya Motor mobile app
kalo user modif Valve Body matic nah itu laen cerita deh......enter at your own risk
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1068
- Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41
Re: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?
kalo buat overtake darurat sih ya masih ok lah.
Kalo cuman sekedar ngirit kampas rem, ogah banget dah..beli aja mobil manual kalo gitu.wekkekek.
Orang pake matic ya mau praktis.
Kalo cuman sekedar ngirit kampas rem, ogah banget dah..beli aja mobil manual kalo gitu.wekkekek.
Orang pake matic ya mau praktis.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 385
- Joined: Thu Nov 10, 2016 8:24
- Location: lippo cikarang
- Daily Vehicle: Tetradrive
Re: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?
waduh.....kok saya belum pernah nyoba nih downshift buat bantu breaking. biasanya downshift kalo mau nanjak aja. pencerahaannnnnn
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4359
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?
saya si sering, biar sirkulasi itu ATF dan well latihan emergency manouevere. yang malah parah itu kalau jarang kickdown, parkir di P, dari D langsung ke R ga pake berhenti pol, di tanjakan masukin D, dengan alesan takut rusak, ga kenapa2 tuh, dll.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1584
- Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10
Re: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?
pakai baleno next g matic dari malang ke surabaya, di turunan bakpao telo, masuk di D dan biarin nggelinding.....
rpm rendah speed bisa skitar 80 kpj-an.
ta biarin, eh TCU nya turunin gigi sendiri, kerasa engine brake dan rpm lebih naik. tuas masih di D.
jadi mestinya diturunin secara manual ya sama aja dengan TCU yang turunin mestinya, sama2 aman.
ya matic masih konvensional banyak "kampas" matic di tiap2 gigi, kalau aus ya harus ganti dan harganya mahal, jadi setuju ama yang sebelum2nya kampas rem lebih murah dari kampas matic, jadi daripada karena menghemat kampas rem malah mengorbankan kampas matic.
pemakaian sewajarnya aja.
mungkin yang drag race pakai innova diesel matic bisa cerita pengalaman lebih, kan itu maticnya lebih di siksa
regards,
singachu
rpm rendah speed bisa skitar 80 kpj-an.
ta biarin, eh TCU nya turunin gigi sendiri, kerasa engine brake dan rpm lebih naik. tuas masih di D.
jadi mestinya diturunin secara manual ya sama aja dengan TCU yang turunin mestinya, sama2 aman.
ya matic masih konvensional banyak "kampas" matic di tiap2 gigi, kalau aus ya harus ganti dan harganya mahal, jadi setuju ama yang sebelum2nya kampas rem lebih murah dari kampas matic, jadi daripada karena menghemat kampas rem malah mengorbankan kampas matic.
pemakaian sewajarnya aja.
mungkin yang drag race pakai innova diesel matic bisa cerita pengalaman lebih, kan itu maticnya lebih di siksa
regards,
singachu
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1584
- Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10
Re: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?
yang ini bisa diperjelas maksudnya gimana ?kunaskun wrote: Tue Apr 04, 2017 9:25 <cut>di tanjakan masukin D, dengan alesan takut rusak, ga kenapa2 tuh, dll.
regards,
singachu
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4359
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1221
- Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mazda 2
Re: Nyetir sering downshift gear matic, bagus atau tidak?
wah ini karakteristik matic baleno next g mirip di M2 old gen... biar masih 4-speed tapi rada pinteran...singachu wrote: Tue Apr 04, 2017 9:27 pakai baleno next g matic dari malang ke surabaya, di turunan bakpao telo, masuk di D dan biarin nggelinding.....
rpm rendah speed bisa skitar 80 kpj-an.
ta biarin, eh TCU nya turunin gigi sendiri, kerasa engine brake dan rpm lebih naik. tuas masih di D.
jadi mestinya diturunin secara manual ya sama aja dengan TCU yang turunin mestinya, sama2 aman.
ya matic masih konvensional banyak "kampas" matic di tiap2 gigi, kalau aus ya harus ganti dan harganya mahal, jadi setuju ama yang sebelum2nya kampas rem lebih murah dari kampas matic, jadi daripada karena menghemat kampas rem malah mengorbankan kampas matic.
pemakaian sewajarnya aja.
mungkin yang drag race pakai innova diesel matic bisa cerita pengalaman lebih, kan itu maticnya lebih di siksa
regards,
singachu
di turunan2 cipularang kalau balik ke arah jakarta dari bandung speed 80an dan kondisi lepas gas / lagi trail braking, posisi di D tanpa pencet tombol hold gear dia pindah sendiri dari gigi 4 ke gigi 3 rpm sekitar 3000, udah kelar turunannya injek gas lagi sedikit baru dia naik ke gigi 4 lagi. kalau injek gas agak dalem (misal ketemu tanjakan lagi) anteng aja di gigi 3. beda sama di innova kalau di D nggak ada mekanisme kayak gitu, ngeloyor aja di gigi 4 rpm <2000 jadi harus trail braking atau oper ke 3 supaya kecepatannya terkontrol. nggak tau kalau di ANKI/ANF apakah masih begitu atau nggak.
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE