2015 Daihatsu Ayla X M/T In-Depth : Questioning the "Green" Side

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

2015 Daihatsu Ayla X M/T In-Depth : Questioning the "Green" Side

Post by ChZ »

Halooo semuanya...

Kali ini ane akan me-review sebuah... mobil murah (?). Yaa sudah banyak review nya di SM ini...

Kebetulan ada sebuah Ayla berwarna merah yang lagi dititipin ke ane... Ya udah... ane coba aja. Udah seizin yang punya dengan janji ane ngisiin bensinnya :big_peace:

Dan ane ingin berbagi pengalaman menggunakan Ayla ini untuk muter-muter kota Surabaya...

===================
Well mungkin soal definisi LCGC yang salah kaprah dan salah sasaran disini sudah sering dibahas... Terutama dibahas secara in-depth oleh mod AD74YA di thread "Liga LCGC"

viewtopic.php?t=20811

Saya nggak akan membahas secara hurufiah... Karena saya setuju 1000% dengan definisi mod AD74YA soal green... Tapi satu yang saya sesalkan : label LCGC ini secara tidak langsung membuat para penggunanya merasa mereka menggunakan mobil yang "green". :big_think:

Jadi ceritanya sempat ada pengalaman saya bepergian dengan dua orang pengguna mobil kembar identik ini... Lalu mereka mendiskusikan BBM yang mereka pakai...

"Bro lu isi apa nih mobil lu?"
"Pake 92 bro"
"jangan pake 88 atau 90 loh bro, gua takut ini mobil murah nanti kenapa-napa mesinnya"
"Iya lah apalagi mobil green begini jangan deh"

....dan membuat ane sebagai pengguna sedan Honda 1.800cc yang udah lepas katalis merasa berdosa dengan lingkungan dengan konsumsi BBM yang "cuma" 1 : 10 maks sedangkan mereka bisa mencetak 1 : 16-17 dengan gampangnya :big_childish: .

Tapi ane gak mau memulai dengan sebuah judgment, ane sangat appreciate user seperti mereka yang berintegritas pake BBM RON92, berarti setidaknya mereka sudah melakukan sesuatu yang "agak green" dengan tidak ngisi BBM kualitas rendah. Walaupun ya tetep aja, itu bahan bakar fosil, hanya mobil-mobil kutu ini hausnya nggak sehaus sedan 1800cc atau SUV 2400cc... Kalo ibarat judul lagu "killing me softly"... Tetep aja ngabisin cadangan minyak...

Yang jadi masalah adalah label "green" ini seakan ngadalin banyak sekali orang, dikira LCGC adalah mobil dengan requirement khusus... Congrats, sudah berapa orang yang jadi korban "dikadalin" ini. Padahal yang mereka gunakan tidak ubahnya sebuah citycar biasa yang gak beda dari Suzuki Karimun generasi pertama... :big_biglaugh: ternyata mudah sekali bikin mobil dengan embel-embel Green di Indonesia... Gak perlu Dual VVT-i, hybrid, fuel cell, turbo, atau teknologi mutakhir lain, cukup bodi kaleng dan mesin kecil yang bisa tembus 20 km/l...

Jadi well, ane sebagai konsumen yang kurang teredukasi karena pake sedan yang boros BBM... akhirnya ane mencoba "green" dengan mobil kutu yang dititipkan teman ane... :ngacir: And here's my experience using the Daihatsu Ayla X M/T.

1. The Looks

Satu hal kenapa Ayla perlu di apresiasi adalah : mobil ini didesain oleh Mark Widjaja, desainer mobil lulusan ITS yang mulai beken dari munculnya Daihatsu A-Concept sebelum resmi namanya berganti menjadi Agya dan Ayla. Menyisihkan kontestan - kontestan dari negara lain, A-Concept inilah yang akhirnya dipilih oleh Daihatsu Japan untuk dilanjutkan ke production line.

Image

Image

Percayalah, ini adalah hal terbaik yang sangat bisa dibanggakan oleh para pengguna Agya dan Ayla ketika ngomongin mobilnya... Selain konsumsi BBM dan akselerasi gigi 3 tentunya :upss:

Desain mobil ini sebetulnya standar-standar aja, cenderung ingin menampilkan kesan elegant dengan tidak banyak tarikan garis seperti di Honda Brio yang berusaha keras menampilkan kesan sporty atau terlalu konservatif ala K-Car seperti di Karimun WagonR. Simpel dan elegant. Bukan mobil yang eye-catching, tapi juga bukan mobil yang jelek.

Mark Widjaja mengklaim bahwa lekukan di bahu pintu mobil ini terinspirasi dari mobil Eropa, dan memberi efek long-lasting.

Image

Image

Image
Logo ajaib penanda LCGC

Image
Ban unyu berukuran 14 inch dengan ban eco... Supaya makin meyakinkan para penggunanya ini mobil yang "green". :ngacir:

Image

Image

Image

Image

Banyak krum dan aksesoris gak penting sebetullnya di Ayla tipe X ini... seperti handel pintu, foglamp.... :big_bored:

Sangat miris ketika kita lihat seorang anak bangsa bisa gambar mobil seperti ini sampe menang dipilih oleh prinsipal Jepang, tapi proyek mobil nasional kebanyakan desainnya kayak anak TK belajar nggambar mobil...

Mungkin ngebayarin anak TK nggambar lebih murah cuma ditraktir permen dan es krim... Sedangkan desainer serius begini fee nya mahal kali yah.

Image

Image

Image


2. Inside

Image
Standar sebuah mobil murah... Bahan seadanya... Fitur seadanya... Head unit asbun... Nothing special. Setidaknya fitur di head unitnya cukup banyak. Dan cukup well built untuk sebuah mobil murah. Walaupun begitu muncul Calya dan Sigra kebanting udah kualitasnya.

Image
Cluster dengan jarum speedo yang agak diragukan kebenarannya... Plus bayang-bayang fitur lain yang disunat semua dengan jenius... Traction control, VSC, bahkan ABS...

Image
Doortrim nya tipis dan flat... Bentuknya literally kayak papan.

Image
Krum... beri resing... :big_love:

Hal bagus lain di interiornya :
- Bentuk setir bagus
- Ada airbag
- Baris keduanya luas
- Posisi nyetir surprisingly lebih enak daripada Avanza maupun Innova... mungkin karena ane terbiasa pakai sedan yah jadi suka yang rendah. Tapi masalah yang sama seperti di Calya/Sigra juga... Headrestnya terlalu pendek untuk orang setinggi ane... mungkin mobil ini diciptakan untuk wanita.

Hal jelek lain di interiornya :
- Jok baris kedua kayak dingklik... bener-bener gak enak. Duduk di dingklik aja rasanya lebih suportif...

Oh iya sekarang ane tau mungkin satu satunya bagian green di mobil ini adalah plastik interiornya yang bisa didaur ulang... :ngacir:

3. Engine & Driving

Mobil ini diberi unit 1KR-DE 998cc 3-silinder tanpa tambahan teknologi apapun... Termasuk bahkan mobil ini belum Drive-by-Wire... :mky_05: so much for a car that is claimed as green...

Unit ini sebetulnya sama dengan Toyota Aygo dan Peugeot 107... tapi bedanya ini nggak VVT-i... :mky_05:

Image

Image

Image

Ruang mesinnya lowong... selain karena mesin kecil... juga karena mobil ini tidak dilengkapi ABS... :mky_05:

Image
Tali gas... Responsif sih... Cuma bukan itu pointnya... :frm_bang_head:

Power rated at 65 hp @6000 RPM dan Torque 88 Nm @3600 RPM. Mated with 5-speed Manual.

Stater mesin dan terdengar suara kasar khas mesin 3 silinder. Bedanya karena ini versi yang sudah menggunakan engine mounting baru, jadi getarannya tidak sekasar versi awal.

Tenaga mobil ini melimpah di awal... Start di gigi 1 jambakannya cukup kuat... Sayangnya karena karakter gearing yang cenderung kasar untuk mengejar torsi, nafas mobil ini pendek-pendek, tapi itu bukan masalah karena di atas 4000 RPM malah jadi gak tega mbejek... Mesinnya cenderung dipaksa meraung. Plus jarak gear 1 dan gear 2 yang sangat jauh.... gear 1 rasionya 3.417, gear 2 1.960. Mungkin Daihatsu merancangnya supaya kuat nanjak... Tapi jadi bingung, pake gear 1 terlalu nyentak, pake gear 2 loyo... Prefer beli yang Automatic karena lebih halus.

Shifting mobil ini optimum di 3000-4000 saja, di atas itu nggak efektif dan malah mobilnya jadi meraung enggak jelas, masih mending kalo merdu... Suaranya nggak enak blas dan bocor semua di kabin :big_slap: lupakan akselerasi 0-100 km/jam... Karena sebelum sampe 100 km/jam ane yakin nggak tega dengerin suaranya... di gear 5 100 km/jam, tachometernya berada di 3000 RPM jadi yaaa bisa bayangin di gigi 3 atau 4 dia teriaknya kayak gimana.

Shifter mobil ini jangan ditanya... Sangat-sangat nggak enak. Jarak antar gigi kejauhan, masukin giginya nggak kerasa mantep kayak di Brio Satya, jadi untuk quickshift jelas nggak direkomendasikan... :big_slap: yah tentunya orang beli mobil ini nggak buat quickshifting... Koplingnya so-so, tapi feelnya nggak seenak Brio Satya... Feeling yang saya dapatkan lebih mirip kayak Daihatsu Sirion manual...

Top speed yang ane capai dengan mobil ini adalah 140 km/jam... selain faktor mesinnya udah teriak... mobilnya juga ngeri dibawa ngebut... Manuver mendadak di 140 km/jam dijamin kayak naik roller coaster, bedanya ini gak ada pengamannya... Jadi bisa keguling...

Jadi heran sama yang koar-koar Ayla bisa 170 km/jam... Rasanya kek gimana ya.... 140 km/jam aja udah ngeri dan berat... 170 km/jam butuh jarak berapa panjang? :big_think:

Braking... Yaa... so-so... Nggak ngeloyor... Cukup pakem mungkin karena bobot mobil ringan.

Kualitas bantingan... Sebetulnya mobil ini nggak keras kayak Brio... Tapi mungkin karena damping dan kompon ban keras jadi kesannya mobil ini gedubrakan... kalo lewat jalan keriting dijamin orkestra suara gedubrakan dari kaki-kaki...

Intinya kalau anda cari mobil yang enak dikendarai, trust me, go away and take Brio Satya. Ini bukan mobil yang tepat.

Tapi soal konsumsi bahan bakar... mobil ini juara, dengan cara nyetir yang bener bisa sangat irit. Teman saya rumah di sidoarjo kerja di Surabaya, kebanyakan ngetol, kadang mix macet-macet, di MID menunjukkan 18.8 km/l...

Cara nyetir nya shifting gak lebih dari 2000 RPM. Temen saya kakinya ngirit dibanding saya... Makanya kalo saya disetirin sama dia kok rasanya mobil kagak ada tenaganya... Pantesan... Waktu saya coba lha wong surge / tarikannya baru terasa di atas 2000-3000... 18.8 itu udah kecampur kaki saya... asalnya 18.9. Sehari jalan kurang lebih 100 KM ... Mobil ini tahun 2015 tapi odo nya sudah 50ribu. Civic saya 2012 saja odo nya masih 47ribu... :big_slap:

Image

4. Conclusion

Buy the Automatic, seriously. Even if you're a [cencored] Manual lover.

Transmisi manual di mobil ini betul-betul nggak enjoyable bagi saya... Saya sengaja pake mobil ini instead of Civic karena lagi kepengen bawa manual di samping karena mobil ini irit, tapi malah manualnya nggak enjoyable.

Mobil ini cocok bagi kaum mahasiswa / mahasiswi yang sangat concern dengan pengeluaran bulanan, tentunya dibanding naik sepeda motor kalo kampusnya jauh, karena seperti saya paparkan mobil ini sangat irit, mungkin yang automatic akan lebih boros 1-2 km/l... but still, iritnya dapet, nyaman juga dapet.

Satu hal yang mau saya tekankan ke para pengguna adalah, lupakan ide untuk ngebut pake mobil ini... Nikmati mobil ini sebagai mobil untuk ganti kaki / sepeda motor anda... Apalagi untuk para mahasiswa/i yang terkadang nyetirnya serampangan...

Image

Dan soal green...? Saya tetap berpegang ini cuma citycar biasa... no green thing here, ya kecuali plastik interiornya mau dibilang green karena bisa didaur ulang.

Literally mobil ini adalah citycar... dari desain transmisinya dan karakter mesinnya... Buat luar kota / tol terasa sekali meraung-raung...

Mungkin untuk yang berencana menebus mobil ini dalam kondisi baru... Wait and see versi 1200cc dulu saja... Karena saya yakin akan banyak refinement dibanding Agya/Ayla lama... Mungkin refinement setara Calya/Sigra. Dan mobil itu lebih GREEN walaupun cc lebih besar... setidaknya ada Dual VVT-i....

=================================

Sekian review saya... :mky_01:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
hariy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2269
Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT

Re: 2015 Daihatsu Ayla X M/T In-Depth : Questioning the "Green" Side

Post by hariy »

Pertama xxxxx...................

Baru tau saya, kalo itu si alay belum dikasih edukasi eh teknologi pipitiai... :mky_01:
User avatar
grandis_GT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1553
Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
Location: Riau

Re: 2015 Daihatsu Ayla X M/T In-Depth : Questioning the "Green" Side

Post by grandis_GT »

Pertaliteee....
atas ane koneksi dewa :ngacir:

Nicee Review om Chriz, ane penasaran nunggu ayla/agya facelift , karna desain leih ganteng dan mesin 1200cc , ada info kapan mulai launching di sini om ?
adty
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 932
Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06

Re: 2015 Daihatsu Ayla X M/T In-Depth : Questioning the "Green" Side

Post by adty »

Nice review om,

Btw nyetir mobil ini enak kayak bom bom car, terus GCnya tinggi jadi aman blusukan masuk2 gang dengan poldur segede gaban. Terus pernah nyetir Ayla temen yg pake kamera mundur, kerasa aneh aja karena udah mobil kecil pake kamera mundur pula...
Penikmat roti tawar beroda
User avatar
cumulonimbus993
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Tue May 10, 2016 23:38

Re: 2015 Daihatsu Ayla X M/T In-Depth : Questioning the "Green" Side

Post by cumulonimbus993 »

the green side. hmmmm...
mgkn krn ramah terhadap lingkungan (lokasi parkir) plus ramah d kantong shg akn mmbuat green mata masyarakat utk membeli. :mky_01:


saya sangat apresiasi dengan orang yg menggunakan bahan bakar sesuai dengan rekomendasi pabrikan :big_exellent: .
jangan smpai mobily pasport or fortune tp ad d barisan pengisian biosol :big_bored: :big_slap: mampu beli mobily tp ngk mampu kasih minum yg layak buat mobily :big_childish: :big_dunno: no offense ya :big_chicken:
salah khilafy mohon maaf :ngacir: :glodak:
it's about your driving style
User avatar
setsuka09
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 559
Joined: Fri Jun 26, 2015 9:04

Re: 2015 Daihatsu Ayla X M/T In-Depth : Questioning the "Green" Side

Post by setsuka09 »

Another spot on review about ayla... nice review om.

Bg sy review2 yg banyak u/ satu type unit itu semakin menarik krn setiap review dr berbagai sudut pandang berbeda & makin membuka wawasan u/ para calon user.

Sy punya sedikit pengalaman dgn mobil ini krn sempat jd inventaris kantor versi AT kurleb 2 thn & di g@ng b@ng rame2 kami semua setuju dgn satu kesimpulan : kasian mobil ini kl diajak lari--sebetulnya sayang nyawa--oya jd rebutan kl pemakaian dalkot saking iritnya.

Kl dr exterior jujur sy suka modelnya dibanding lcgc lain kecuali krom2 yg overkill, oya dimensi mobil ini enak u/ selap selip di kota & parkir [emoji1303]

Interior.. ☹️rasanya para user hrs dipaksa pasrah terima kenyataan bhw ini low cost car dgn kualitas plastik yg keterlaluan tipisnya & durability yg jg keterlaluan--rattling magnet-- nilai plus interior ada di lapangnya interior & ac yg dingin buat cuaca panas siang.

Driving experience.. unit kantor pernah sekali dicoba ke dusun bambu via cihanjuang kondisi penumpang 5 org dewasa, jalan kecepatan max 20km/h NOS on alias ac padam jendela buka sukses melewati jalan tanjakan yg panjang & extreme ditambah sukses jd uji coba kelayakan klakson kendaraan lain di blkg [emoji217]
Rute tol saran u/para calon user beli mobil ini buat dinikmati cruising santai and that's it, jgn percaya itu speedometer ada angka 200 it's just gimmick.

Soal opsi MT / AT... ini murni ke selera masing2 sih, kl u/ dalkot AT bakal lebih berguna, mobil ini enak u/ jelajah dalkot & macet2an & maticnya cukup reliable, unit kntr terakhir di km 70rb maticnya masih ok2 saja krn perawatan & pemakaian secara benar.

Ahh malah curcol.. sekali lg nice review om Chz, ditunggu yg berikutnya[emoji122][emoji1303][emoji92].


Sent from my iPhone using Tapatalk
Redboost
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Tue Feb 14, 2017 12:08
Location: CGK-SRG

Re: 2015 Daihatsu Ayla X M/T In-Depth : Questioning the "Green" Side

Post by Redboost »

Wah ada yg bahas ayla sekalian nimbrung deh hehe. Kebetulan saya cukup sering bawa ayla M automatic 2014 kepunyaan tante saya dan emang ini mobil kyk bom bom car feel nya, steer enteng,ban kecil,body kecil,tinggal gas rem doang karena matic. Sekalinya bawa luar kota langsung jalan semarang-jogja-dieng dengan muatan 4 orang serta barang seabrek. Awalnya ragu buat nanjak ke dieng( gk ada locking di gear 1 alias langsung 2) dan ternyata sukses ke dieng via wonosobo walaupun pas pulang rem kepanasan saat menuju pekalongan karena gk ada engine brake wkwkwkwk

Oh iya kadang di jagorawi si kutu kecil ini hanya jogging 100-120 km/h pernah coba 140 km/h tapi masih sayang nyawa
Jan07
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 438
Joined: Thu Dec 22, 2016 18:18

Re: 2015 Daihatsu Ayla X M/T In-Depth : Questioning the "Green" Side

Post by Jan07 »

nice review om,patuh terhadap aturan dong orangnya mau ngisi pertamax 😂😂
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: 2015 Daihatsu Ayla X M/T In-Depth : Questioning the "Green" Side

Post by nugroho bagor »

adty wrote: Sat Apr 01, 2017 23:07 Nice review om,

Btw nyetir mobil ini enak kayak bom bom car, terus GCnya tinggi jadi aman blusukan masuk2 gang dengan poldur segede gaban. Terus pernah nyetir Ayla temen yg pake kamera mundur, kerasa aneh aja karena udah mobil kecil pake kamera mundur pula...
GC berapa om,penasaran.thanks
DMS2812
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 81
Joined: Tue Jan 05, 2016 2:51

Re: 2015 Daihatsu Ayla X M/T In-Depth : Questioning the "Green" Side

Post by DMS2812 »

Waaah, mobil saya juga nih..
:mky_02:
Tanggal 29/3 kemaren ultah yg pertama.
Mestinya mobil ini punya modal yg cukup oke loh, dibalik body yg imut, interiornya lega, enak buat selap selip, cari parkir jg gampang.
Dibuat kendaraan harian, seminggu cm habis 100rb (pertamax)..
Mobil ini amat sangat jelas bukan untuk tujuan speed maker, tp buat daily commuter, cm mendukung mobilitas qta..
Saya di tol cm berani bawa max 80km/jam aja loh..
Hahaha..
Next facelift sih berharap banget bisa kayak Perodua Axia dengan tampang luar yg ganteng & safety yg cukup lengkap, interior yg lebih apik lg, terutama ada perbaikan di driving experience, terutama transmisi manualnya..
Btw, another nice review bro Chz..
:big_exellent:
User avatar
adrevolution
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1221
Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: 2015 Daihatsu Ayla X M/T In-Depth : Questioning the "Green" Side

Post by adrevolution »

Sudah kuduga... green di mobil ini (dan LCGC lainnya) cuma kata2 marketing saja...
Emang nyatanya kan LCGC tujuannya cuma bikin city car lebih affordable aja. Gak ada green2nya. Contoh brio satya sama brio RS saya yakin 99% emisinya sama :mky_04:

Anyway nice review as usual :big_exellent:
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
ABEDUL
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 226
Joined: Sat Oct 15, 2016 22:21

Re: 2015 Daihatsu Ayla X M/T In-Depth : Questioning the "Green" Side

Post by ABEDUL »

nice review om chris

sedikit cerita, kadang suka kesel karena kalau di tol mereka yang bawa agya/ayla maen bejek gas sampe gak ingat nyawa yg di dalam. no offense ya tuk pemilik agya/ayal
kasihan juga, kalau mereka sudah kejadian yg naas

IMHO, tidak dipungkiri bahwa dengan adanya mobil ini membawa nilai plus bagi mereka yang baru upgrade kendaraan dari motor ke agya/ayla ini, cukup kasihan melihat pengendara motor yang bawa satu keluarga

dan yg terpenting mobil ini bukan di desain untuk kebut-kebut an...ngeriiii
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2308
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: 2015 Daihatsu Ayla X M/T In-Depth : Questioning the "Green" Side

Post by PRBS »

nice review. mantap reviewnya.

saya beberapa kali bawa kembarannya (agya), dan penilaian saya sama persis dengan om chz.. mobil ini jujur untuk sruntal sruntul enak betul..
tapi pas di toll waduh, menyeramkan betul kalau udah diatas 120.. 120 aja ngobrol di kabin udah agak teriak2..

yang saya heran, angka di speedonya setelah 120kmh itu ngaco ya? teman saya pernah bawa sampai 155 tapi speed actual di gps cuma 139an (bingung).,

oiya dibanding picanto yg sering saya pakai jakarta - jepara dikala malam hari.. lebih enak dan stabil picanto kemana2.. dibawa 150 masih ga goal goel kekanan kekiri..
(ini serius, saya aja kaget)
herp
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 184
Joined: Sun Aug 09, 2015 0:58

Re: 2015 Daihatsu Ayla X M/T In-Depth : Questioning the "Green" Side

Post by herp »

Nice review om chris

Masalah green, ane setuju bener klo mobil ini gk ada green nya sama sekali, pengecualian fc nya yg irit. Tapi ya..... iritnya juga karna cc nya kecil

Masalah handling, mobil ini jdi lebih stabil klo full load ampe mentok stoper, tapi larinya itu miris bener

Masalah leleyebel, mobil ini cukup leleyebel sepemandangan ane, karna mobil ini dari awal dipake (feb 2014) ampe skg, odo 26.[cencored], perawatannya cuma ganti oli 2x (@8.[cencored] dan 18.[cencored]). Bahkan filter oli blm ganti samsek.

Jadi, mobil ini cukup layak sebagai city commuter yg leleyabel dan irit. Tapi ya jangan berharap lebih dari mobil ini
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: 2015 Daihatsu Ayla X M/T In-Depth : Questioning the "Green" Side

Post by NYoman »

Salah satu munculnya Green Car adalah ya mau ngikutin dr negara asalnya sono bedanya disini dapat mesin NA..
Berlabel LCGC basis awal kendaraan ini (Daihatsu Mira) yg juga sebetulnya Kei-Car disono dan bentuknya memang lebih kalem dan gak aneh2 seperti kei-car pada umumnya.. Posisi mengemudi mobil ini kalau dibuat agak turun mungkin lebih enak, dari 3 LCGC yang pernah saya coba cuma brio yang kayak mobil sedan lain nya persis seperti mengemudi minibus walau setirnya kagak tinggi ky minibus sih.. Saya kurang tau mobil ini GC nya berapa tapi berasa ky bawa a/x limbung kalau di test slalom dan agak capek kalau dipakai jarak agak jauh.. Mengingat akan ada facelift dengan mesin baru (lumayan 1.2L ya setara dengan mesin brio sebelum facelift dengan output yang nyaris sama) berharap ada improvement di dashboard dan tentunya di handling nya yang limbung..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
aipiesblue
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 298
Joined: Mon Aug 10, 2009 3:01

Re: 2015 Daihatsu Ayla X M/T In-Depth : Questioning the "Green" Side

Post by aipiesblue »

mobil pertama saya nih om, mayanlah yang tadinya naik motor jadi gak kepanasan atopun keujanan.

untuk first time buyer atopun yg baru married dan punya 1 anak, mobil ini udah cukup. bagasi lega, 2nd row jg cukup lega.
posisi menyetir agak kagok, kaki lega tapi tangan jd menjauh dari setir. AC dingin, biasa blower disetel di angka 1 dengan temperature di 1/2 ato 1/4.

untuk pemakaian dalam kota bisa dibilang gak terlalu irit juga, stop n go kemacetan jakarta palingan dapet 1:10-12. Tetapi kalo pake keluar kota mobil saya manual jakarta-jogja dengan lalu lintas cukup lancar bisa 1:25.

tahun kemarin road trip jkt-malang-jogja-bandung-jkt selama 7 hari bensinnya cuma habis 550rb (selang-seling diisi pertalite/pertamax).
ddyta27
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: Sat Dec 28, 2013 14:26

Re: 2015 Daihatsu Ayla X M/T In-Depth : Questioning the "Green" Side

Post by ddyta27 »

PRBS wrote: Sun Apr 02, 2017 3:58 yang saya heran, angka di speedonya setelah 120kmh itu ngaco ya? teman saya pernah bawa sampai 155 tapi speed actual di gps cuma 139an (bingung).,
hehe.. speedometernya loncat yah, aneh.. mau bohongin konsumen atau hitungannya gearnya ga presisi yah jadi angka speedonya diloncatin gitu..

btw gigi 5 100km/jam rpm 3000 rendah yah dibanding wagon r kondisi yang sama rpm sekitaran 3400, tapi better dibanding avanza udah diatas 4000
racho
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 418
Joined: Fri Dec 28, 2012 22:59
Location: CID +6221
Daily Vehicle: Kawa EX650E

Re: 2015 Daihatsu Ayla X M/T In-Depth : Questioning the "Green" Side

Post by racho »

speedometer loncat, semua mobil juga gitu cuma beda kadarnya aja.
worldwide, speedometer wajib menampilkan angka sama atau lebih besar dari riil maksimal 10%, dilebihkan untuk alasan safety, so does si Alay ini.

dihasut udah ngitung si alay ga akan tembus 140kph riil (kecuali mungkin punya om mobi), so deviasi ga akan pernah tembus 10%.
angka2 merah di spido hanya euforia bagi yang terkena delusi
:mky_03:
The Government wants Power! They rob it from our engines.

EX650E '12 | NA4W '08 | CBA-RJ1 '08 | CBA-YA5 '09
djia
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
Daily Vehicle: laptop_dan_hape

Re: 2015 Daihatsu Ayla X M/T In-Depth : Questioning the "Green" Side

Post by djia »

Yang matic (ayla/agya) dibanding brio satya cvt, utk stop n go irit mana ya?
vp920b
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41

Re: 2015 Daihatsu Ayla X M/T In-Depth : Questioning the "Green" Side

Post by vp920b »

Harganya skg uda ga masuk akal karena LCGC itu maximum pricenya kan 100juta

Sekarang malah 130an lebih, LCGCnya dimana y?

Mobil ini worth it beli pas pertama keluar. Skg mending beli yang lain.
User avatar
siputKW
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Wed Aug 08, 2012 3:52
Location: 2000, NSW

Re: 2015 Daihatsu Ayla X M/T In-Depth : Questioning the "Green" Side

Post by siputKW »

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2015 Daihatsu Ayla X M/T In-Depth : Questioning the "Green" Side

Post by ChZ »

hariy wrote: Sat Apr 01, 2017 20:39 Pertama xxxxx...................

Baru tau saya, kalo itu si alay belum dikasih edukasi eh teknologi pipitiai... :mky_01:
Belum oom... makanya teknologi mesinnya sebenernya gak beda sama Kijang EFI jaman dulu... :mky_05:

Lebih modern sikit dari Karimun...
grandis_GT wrote: Sat Apr 01, 2017 20:43 Pertaliteee....
atas ane koneksi dewa :ngacir:

Nicee Review om Chriz, ane penasaran nunggu ayla/agya facelift , karna desain leih ganteng dan mesin 1200cc , ada info kapan mulai launching di sini om ?
Menurut beberapa sumber sekitar bulan ini atau bulan depan gitu oom... :mky_01:
adty wrote: Sat Apr 01, 2017 23:07 Nice review om,

Btw nyetir mobil ini enak kayak bom bom car, terus GCnya tinggi jadi aman blusukan masuk2 gang dengan poldur segede gaban. Terus pernah nyetir Ayla temen yg pake kamera mundur, kerasa aneh aja karena udah mobil kecil pake kamera mundur pula...
Wkwkwkwkwk makanya si pemiliknya suka bilang ini "mobil mainan"... :big_biglaugh: kayak bawa boom boom car sih.

Hissss kutu begini pake kamera mundur koq lucu... :big_slap:
cumulonimbus993 wrote: Sat Apr 01, 2017 23:36 the green side. hmmmm...
mgkn krn ramah terhadap lingkungan (lokasi parkir) plus ramah d kantong shg akn mmbuat green mata masyarakat utk membeli. :mky_01:


saya sangat apresiasi dengan orang yg menggunakan bahan bakar sesuai dengan rekomendasi pabrikan :big_exellent: .
jangan smpai mobily pasport or fortune tp ad d barisan pengisian biosol :big_bored: :big_slap: mampu beli mobily tp ngk mampu kasih minum yg layak buat mobily :big_childish: :big_dunno: no offense ya :big_chicken:
salah khilafy mohon maaf :ngacir: :glodak:
Hijau terhadap kantong pemiliknya... :big_slap:

Yup kalau mau jujur sebenernya mobil sekarang semua juga minim 92 kok, cuma pemiliknya pada bandel aja bikin aturan sendiri bisa 88 sama 90...
setsuka09 wrote: Sat Apr 01, 2017 23:49 Another spot on review about ayla... nice review om.

Bg sy review2 yg banyak u/ satu type unit itu semakin menarik krn setiap review dr berbagai sudut pandang berbeda & makin membuka wawasan u/ para calon user.

Sy punya sedikit pengalaman dgn mobil ini krn sempat jd inventaris kantor versi AT kurleb 2 thn & di g@ng b@ng rame2 kami semua setuju dgn satu kesimpulan : kasian mobil ini kl diajak lari--sebetulnya sayang nyawa--oya jd rebutan kl pemakaian dalkot saking iritnya.

Kl dr exterior jujur sy suka modelnya dibanding lcgc lain kecuali krom2 yg overkill, oya dimensi mobil ini enak u/ selap selip di kota & parkir [emoji1303]

Interior.. ☹️rasanya para user hrs dipaksa pasrah terima kenyataan bhw ini low cost car dgn kualitas plastik yg keterlaluan tipisnya & durability yg jg keterlaluan--rattling magnet-- nilai plus interior ada di lapangnya interior & ac yg dingin buat cuaca panas siang.

Driving experience.. unit kantor pernah sekali dicoba ke dusun bambu via cihanjuang kondisi penumpang 5 org dewasa, jalan kecepatan max 20km/h NOS on alias ac padam jendela buka sukses melewati jalan tanjakan yg panjang & extreme ditambah sukses jd uji coba kelayakan klakson kendaraan lain di blkg [emoji217]
Rute tol saran u/para calon user beli mobil ini buat dinikmati cruising santai and that's it, jgn percaya itu speedometer ada angka 200 it's just gimmick.

Soal opsi MT / AT... ini murni ke selera masing2 sih, kl u/ dalkot AT bakal lebih berguna, mobil ini enak u/ jelajah dalkot & macet2an & maticnya cukup reliable, unit kntr terakhir di km 70rb maticnya masih ok2 saja krn perawatan & pemakaian secara benar.

Ahh malah curcol.. sekali lg nice review om Chz, ditunggu yg berikutnya[emoji122][emoji1303][emoji92].


Sent from my iPhone using Tapatalk
Yup kalo bawa LCGC gini udah lah di tol nikmatin jalur kiri, setel lagu pelan, jalan 60-80... Bawa Calya maupun Ayla di tol ane lebih milih masukin gear 5 lalu jalan di lajur kiri ajah.

Kalau selera saya sih enakan versi ATnya... kebetulan kemarin juga bawa Agya AT... Nurut saya penyaluran tenaganya lebih enak dan halus dibanding yang MT. Sama kayak Avanza MT dan AT...

Yup kalo bilang reliabel, tenang aja mobil skrg gak ada yang dirancang untuk broke down dalam waktu 10 tahun...
Redboost wrote: Sun Apr 02, 2017 0:40 Wah ada yg bahas ayla sekalian nimbrung deh hehe. Kebetulan saya cukup sering bawa ayla M automatic 2014 kepunyaan tante saya dan emang ini mobil kyk bom bom car feel nya, steer enteng,ban kecil,body kecil,tinggal gas rem doang karena matic. Sekalinya bawa luar kota langsung jalan semarang-jogja-dieng dengan muatan 4 orang serta barang seabrek. Awalnya ragu buat nanjak ke dieng( gk ada locking di gear 1 alias langsung 2) dan ternyata sukses ke dieng via wonosobo walaupun pas pulang rem kepanasan saat menuju pekalongan karena gk ada engine brake wkwkwkwk

Oh iya kadang di jagorawi si kutu kecil ini hanya jogging 100-120 km/h pernah coba 140 km/h tapi masih sayang nyawa
Wah gimana tuh bawa Ayla dengan muatan segitu... :big_slap: gak serem oom?

Yup yang matic gak ada L nya... masalah yang sama di Calya juga... :mky_05: padahal udah tau ini mobil dijual di Indonesia yang banyak jalan nanjak sedangkan dia jual mobil dengan cc kecil begitu.

Kemarin beberapa kali clocking 140 km/h dan langsung ane ngerem ... niat nakal mau lanjutin tapi udah berat banget dan ngeri mobilnya.
Jan07 wrote: Sun Apr 02, 2017 1:03 nice review om,patuh terhadap aturan dong orangnya mau ngisi pertamax 😂😂
Ya oom... temen saya ngisi 92 dengan alesan takut meleduk :big_slap:
DMS2812 wrote: Sun Apr 02, 2017 1:39 Waaah, mobil saya juga nih..
:mky_02:
Tanggal 29/3 kemaren ultah yg pertama.
Mestinya mobil ini punya modal yg cukup oke loh, dibalik body yg imut, interiornya lega, enak buat selap selip, cari parkir jg gampang.
Dibuat kendaraan harian, seminggu cm habis 100rb (pertamax)..
Mobil ini amat sangat jelas bukan untuk tujuan speed maker, tp buat daily commuter, cm mendukung mobilitas qta..
Saya di tol cm berani bawa max 80km/jam aja loh..
Hahaha..
Next facelift sih berharap banget bisa kayak Perodua Axia dengan tampang luar yg ganteng & safety yg cukup lengkap, interior yg lebih apik lg, terutama ada perbaikan di driving experience, terutama transmisi manualnya..
Btw, another nice review bro Chz..
:big_exellent:
Yup mobil ini ngisi 50ribu aja udah sampe kemana-mana... :big_biglaugh: iritnya gila. Memang sesuai peruntukannya sebagai citycar, gak buat ngebut.

Cocoknya kalo menurut saya buat yang masih mahasiswa / single... Kalo buat yang berkeluarga atau buat mamak-mamak Sigra lebih cocok kali yah... Mamak mamak kalo belanja suka kalap... :big_slap:

Saya di faceliftnya berharap refinement aja minimal setara Calya/Sigra deh... Hehehe... Karena dua spesies ini walau sodaraan tapi beda jauh soal kualitas...
adrevolution wrote: Sun Apr 02, 2017 3:40 Sudah kuduga... green di mobil ini (dan LCGC lainnya) cuma kata2 marketing saja...
Emang nyatanya kan LCGC tujuannya cuma bikin city car lebih affordable aja. Gak ada green2nya. Contoh brio satya sama brio RS saya yakin 99% emisinya sama :mky_04:

Anyway nice review as usual :big_exellent:
Program mobil murah yang salah sasaran, menurut saya... :mky_05: cuma memanfaatkan konsumerisme masyarakat Indonesia... Yang beli mayoritas juga mahasiswa anak orang kaya yang nggak hobi mobil... terutama cewek.

Justru Prius, Camry Hybrid, X-Trail Hybrid, CR-Z yang jelas jelas hybrid kagak dikasih insentif malah pajeknya dobel... :mky_05:
ABEDUL wrote: Sun Apr 02, 2017 3:45 nice review om chris

sedikit cerita, kadang suka kesel karena kalau di tol mereka yang bawa agya/ayla maen bejek gas sampe gak ingat nyawa yg di dalam. no offense ya tuk pemilik agya/ayal
kasihan juga, kalau mereka sudah kejadian yg naas

IMHO, tidak dipungkiri bahwa dengan adanya mobil ini membawa nilai plus bagi mereka yang baru upgrade kendaraan dari motor ke agya/ayla ini, cukup kasihan melihat pengendara motor yang bawa satu keluarga

dan yg terpenting mobil ini bukan di desain untuk kebut-kebut an...ngeriiii
Ah, same experience here oom... Kalo ketemu di jalan kelakuannya suka bikin esmosi... Pelan-pelan di tengah, ugal-ugalan, main serobot antrian...

Ngomongin pengendara motor yang bawa satu keluarga... Inilah potret kehidupan bangsa kita yang kesadaran akan safety nya rendah sekali... Dan pemerintah seakan tidak peduli dengan banyak nyawa melayang saat musim libur lebaran... Naik motor bebek 100-125cc ke luar kota 4 orang di motor... Nyetirnya masih ugal-ugalan juga.

Ane gak tau sih dengan orang-orang seperti ini kenapa nggak mau pake jalan darat seperti kereta api yang jelas aman dan lebih nyaman buat anak bini... kalo Bus AKAP sih saya jujur juga ngeri. Memang ngerasain booking ticket kereta di musim lebaran itu gila sih cuma yaaa kan bisa direncanakan...
PRBS wrote: Sun Apr 02, 2017 3:58 nice review. mantap reviewnya.

saya beberapa kali bawa kembarannya (agya), dan penilaian saya sama persis dengan om chz.. mobil ini jujur untuk sruntal sruntul enak betul..
tapi pas di toll waduh, menyeramkan betul kalau udah diatas 120.. 120 aja ngobrol di kabin udah agak teriak2..

yang saya heran, angka di speedonya setelah 120kmh itu ngaco ya? teman saya pernah bawa sampai 155 tapi speed actual di gps cuma 139an (bingung).,

oiya dibanding picanto yg sering saya pakai jakarta - jepara dikala malam hari.. lebih enak dan stabil picanto kemana2.. dibawa 150 masih ga goal goel kekanan kekiri..
(ini serius, saya aja kaget)
Kalo lewat 100 itu suara mesin, suara angin, suara ban, nyampur jadi satu semua... :big_slap:

Sebetulnya speedo itu ada standar deviasinya setau saya, tapi kalo dugaan saya sih ngaco... ngukurnya gimana bisa loncat gitu... Dan ngapain juga dikasih speedo tipuan yang sampe 200 orang nggak mungkin sampe 200... Malah bikin orang makin ngaco pikirannya buat coba-coba.

New Picanto jujur masih lebih well built dibanding Agya/Ayla.
herp wrote: Sun Apr 02, 2017 4:13 Nice review om chris

Masalah green, ane setuju bener klo mobil ini gk ada green nya sama sekali, pengecualian fc nya yg irit. Tapi ya..... iritnya juga karna cc nya kecil

Masalah handling, mobil ini jdi lebih stabil klo full load ampe mentok stoper, tapi larinya itu miris bener

Masalah leleyebel, mobil ini cukup leleyebel sepemandangan ane, karna mobil ini dari awal dipake (feb 2014) ampe skg, odo 26.[cencored], perawatannya cuma ganti oli 2x (@8.[cencored] dan 18.[cencored]). Bahkan filter oli blm ganti samsek.

Jadi, mobil ini cukup layak sebagai city commuter yg leleyabel dan irit. Tapi ya jangan berharap lebih dari mobil ini
Kalo FC itu bisa banget diakalin wkwkwk... Masalahnya iya dikasih mobil yang sanggup tembus 20 km/l... Yang nyetir gimana? Kalo yang nyetir seruntulan dibejek terus ya sama aja nggak green dong. Ini baru namanya konsumennya butuh edukasi...

Kayak avanza ya oom yang stabil kalo difull-in... Sama kalo mentok stopper serem euy oom sama karetnya dan shocknya.

Yup teman ane ini 2 taun 50.000 juga masih cukup bagus kondisinya... padahal bkn tipe yang ngerawat mobil banget standar orang kebanyakan servis di bengkel resmi sesuai jadwal.
NYoman wrote: Sun Apr 02, 2017 4:15 Salah satu munculnya Green Car adalah ya mau ngikutin dr negara asalnya sono bedanya disini dapat mesin NA..
Berlabel LCGC basis awal kendaraan ini (Daihatsu Mira) yg juga sebetulnya Kei-Car disono dan bentuknya memang lebih kalem dan gak aneh2 seperti kei-car pada umumnya.. Posisi mengemudi mobil ini kalau dibuat agak turun mungkin lebih enak, dari 3 LCGC yang pernah saya coba cuma brio yang kayak mobil sedan lain nya persis seperti mengemudi minibus walau setirnya kagak tinggi ky minibus sih.. Saya kurang tau mobil ini GC nya berapa tapi berasa ky bawa a/x limbung kalau di test slalom dan agak capek kalau dipakai jarak agak jauh.. Mengingat akan ada facelift dengan mesin baru (lumayan 1.2L ya setara dengan mesin brio sebelum facelift dengan output yang nyaris sama) berharap ada improvement di dashboard dan tentunya di handling nya yang limbung..
Idenya bukan green, idenya adalah insentif pajak untuk mobil dengan spesifikasi tertentu. Di negara asalnya pun begitu. Masalahnya aturan Kei-Car di Jepang dibuat saat World War 2 dimana itu masa orang-orang Jepang sulit punya mobil krn harga mahal... Dan mereka butuh moda transportasi buat ngangkut komoditas dari desa ke kota. Sehingga program insentif pajak ini menjawab kebutuhan masyarakat terutama masyarakat desa.

Kemarin ngobrol sama mahasiswa Jepang yang lagi exchange di kampus ane... Justru di Jepang orang desa lebih banyak pake mobil dibanding orang kota.

Di sini menjawab kebutuhan apa? Kalo menjawab kebutuhan mobil terjangkau... Okelah... Tapi mental masyarakatnya masih belum dirobah buat beralih ke transportasi umum... Ya transportasi umumnya juga jelek soalnya. Akibatnya, bikin sesek kota, orang desa tetep nggak bisa beli karena LCGC bentuknya citycar dan small MPV semua yang dirancang buat jalanan kota... Pedesaan di Indonesia kan butuh minimal mobil dengan spek macem Avanza (RWD).

Tinggi tapi nggak se-aneh WagonR dan masih lebih rendah dibanding Calya/Sigra... Limbungnya kayak Avanza/Xenia, yang lucu justru ngga terjadi di Calya/Sigra... Mungkin faktor bobot lebih berat 100 kg. Walaupun sama aja sih ngerinya kalo dibawa manuver kecepatan tinggi.
aipiesblue wrote: Sun Apr 02, 2017 4:16 mobil pertama saya nih om, mayanlah yang tadinya naik motor jadi gak kepanasan atopun keujanan.

untuk first time buyer atopun yg baru married dan punya 1 anak, mobil ini udah cukup. bagasi lega, 2nd row jg cukup lega.
posisi menyetir agak kagok, kaki lega tapi tangan jd menjauh dari setir. AC dingin, biasa blower disetel di angka 1 dengan temperature di 1/2 ato 1/4.

untuk pemakaian dalam kota bisa dibilang gak terlalu irit juga, stop n go kemacetan jakarta palingan dapet 1:10-12. Tetapi kalo pake keluar kota mobil saya manual jakarta-jogja dengan lalu lintas cukup lancar bisa 1:25.

tahun kemarin road trip jkt-malang-jogja-bandung-jkt selama 7 hari bensinnya cuma habis 550rb (selang-seling diisi pertalite/pertamax).
Waah good then ... Bisa bawa jalan anak bini tanpa kuatir resiko apapun di jalan...

Kalo baru punya 1 anak mungkin masih ngatasin ya oom... kalau udah 2 baru deh wajib nambah ke Sigra... :mky_01:

Temen saya kombinasi 18.8 ada macet tapi mayoritas tol wkwkwkw... Yang manual memang irit sekali sih. Pertama saya kira temen saya bluffing atau habis reset aja bisa dapet 18-19... eh beneran MIDnya konstan 18.8...

Wuih 7 hari cuma 550ribu sih irit bener yak oom... buat harian juga nggak tekor :mky_01:
ddyta27 wrote: Sun Apr 02, 2017 5:42 hehe.. speedometernya loncat yah, aneh.. mau bohongin konsumen atau hitungannya gearnya ga presisi yah jadi angka speedonya diloncatin gitu..

btw gigi 5 100km/jam rpm 3000 rendah yah dibanding wagon r kondisi yang sama rpm sekitaran 3400, tapi better dibanding avanza udah diatas 4000
Mungkin di wagonR karena bentuknya kotak... Dia harus compensate juga dengan aerodynamics... Karena bentuk kotak drag nya pasti tinggi. Butuh effort lebih buat ngelawan hambatan angin. Plus gearing lebih kasar juga bisa jadi.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16667
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2015 Daihatsu Ayla X M/T In-Depth : Questioning the "Green" Side

Post by ChZ »

racho wrote: Sun Apr 02, 2017 7:50 speedometer loncat, semua mobil juga gitu cuma beda kadarnya aja.
worldwide, speedometer wajib menampilkan angka sama atau lebih besar dari riil maksimal 10%, dilebihkan untuk alasan safety, so does si Alay ini.

dihasut udah ngitung si alay ga akan tembus 140kph riil (kecuali mungkin punya om mobi), so deviasi ga akan pernah tembus 10%.
angka2 merah di spido hanya euforia bagi yang terkena delusi
:mky_03:
Bukan loncat, itu deviasi oom... Yang aneh di Ayla ini kan bukan deviasi yang besar tapi skalanya yang tiba-tiba berubah setelah 120 km/jam...

Kalo deviasi, makin tinggi speed makin tinggi deviasi... Tapi ini bukan deviasi yang ngawur, skalanya yang berubah.

Deviasi = penyimpangan data terhadap kondisi real...
djia wrote: Sun Apr 02, 2017 9:53 Yang matic (ayla/agya) dibanding brio satya cvt, utk stop n go irit mana ya?
Blum coba oom... tapi menurut pengalaman user-user iritan Agya/Ayla... mungkin krn cc lebih kecil. brio Satya kan 1.200cc.
vp920b wrote: Sun Apr 02, 2017 10:40 Harganya skg uda ga masuk akal karena LCGC itu maximum pricenya kan 100juta

Sekarang malah 130an lebih, LCGCnya dimana y?

Mobil ini worth it beli pas pertama keluar. Skg mending beli yang lain.
Standarnya kalau gak salah dulu harga off the road 75juta...

Skrg makin ngawur sih.
siputKW wrote: Sun Apr 02, 2017 11:24 Program green abal2 ini menurut berita mau dihapus dan akan diganti skema baru yg lebih green katanya

http://m.bisnis.com/koran/read/20170330 ... al-dihapus
http://m.bisnis.com/koran/read/20170209 ... itlah-lcev
https://m.kumparan.com/gesit-prayogi/pe ... obil-murah
Baguslah, segera dihapuskan aja... Capek denger program basa-basi gini. Mobilnya juga sekarang mahal banget.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
maxbilly
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 160
Joined: Tue Dec 06, 2016 14:11

Re: 2015 Daihatsu Ayla X M/T In-Depth : Questioning the "Green" Side

Post by maxbilly »

nice review om lanjutkan

LCGC udah ga worth it banget sekarang harganya udah menyentuh 150, mending nambah dikit untuk ambil sijuki ignis kalo udah rilis resmi
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: 2015 Daihatsu Ayla X M/T In-Depth : Questioning the "Green" Side

Post by NYoman »

Betul, di Jepang kei-car banyak digunakan masyarakat desa dan saya sempat berlibur di desa sana kebanyakan kei-car dengan macam Tanto dan WagonR.. Di desa juga karena transportasi umum ada namun juga sulit kalau perlu angkut2 contoh jualan sayur (di Jepang orang punya tanah sepetak di buat bertani dan hasilnya mereka kelola sendiri) dan lagi desa disana jalanan nya mulus bukan jalan pedesaan disini yang mulus kalau mau ada pejabat datang.. Jadi pengajuan kei-car alias mobil murah tepat sasaran disana.. Harganya juga memper2 kalau di setarakan rupiah contoh Toyota Roomy harganya sekitar 1.48jt yen yg artinya gak lebih mahal dari LCGC disini cuma disini lebih banyak gak tepat sasaran.. Cocok untuk yang baru beralih dari motor ke mobil atau mobil pertama tapi malah jadi mobil kedua atau ketiga..

Anyway balik ke agya/ayla.. Saya juga aneh gejala limbung itu hilang, selain wheelbase yang lebih panjang "flexing" yang dihasilkan sasis sigra menjadikan lebih forgiving alias membantu untuk kestabilan nya serta tambahan berat juga.. Selain itu ayla kalau di sejajarkan dengan mobil sekelasnya termasuk tinggi posisi spion juga tinggi kalau dibandingkan kompetitor. Oh ya satu lagi, kebetulan saya juga sempat long drive dengan Agya Surabaya-Bali dengan jalur yang sama dengan yang saya lalui 3thn lalu saat long term test brio. Pertamakali yang saya rasakan memang matic dan mesinya kurang superior dibanding brio but it's because 65ps vs 88ps dan 3 vs 4il cyl.. Yang kedua kali perjalanan teman saya mengganti velg nya dengan velg yaris 16" lengkap dengan ban bawaan, body roll slightly better cuma limbung nya masih ada walau sedikit tereduksi.. Mungkin ada yang pengalaman dengan velg 'besar di agya/ayla?
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)