
Sebelomnya mohon maap kalo bahasanya pake bahasa gampang sehari2, mager ngetik pake teknis2 gitu wkwk

=================================
Bulan ini temen ada yg nitipin mobil livina nya ke ane karna lagi dinas ke luar kota as pilot jd mobilnya nganggur, & akhirnya ane pake2 di Bandung dan sekitarnya selama 2 minggu... Bukan waktu yang lama buat ngerasain semua2nya as owner, tapi sepertinya lebih dari cukup untuk direview, so here we go...


Unit yang ada di gambar adalah sebuah Grand Livina type XV yang isinya mesin HR15DE berpadu dengan transmisi matic 4-speed, yang semuanya dirakit di pabrik nissan di tahun 2008. Berarti, ini tuh seri nissan GL jaman purba (jauh sebelom yang sekarang) yang dari baru juga udah penuh... problem?


Modelnya... Mungkin agak ketinggalan jaman dibanding LMPV yang beredar masa kini kaya ertiga, mobilio dsb... Keliatan banget desainnya dibuat dari 1 dekade lalu. Dari depan, samping, ya bulet2 manis dan plain abis tanpa garis2 tegas ala mobil jepang di jaman itu. Yaa wajar sih namanya juga mobil 2008 hehe... Aura2nya mencerminkan mobil keluarga untuk keluarga modern masa kini.
Tapi, kalo kita liat di jamannya, dia cuma punya 1 kompetitor langsung yaitu Avanza, dan dibanding kaleng2an toyota jaman itu mah mobil ini JAUUUUH lebih bagus modelnya, sleek dan terlihat lebih mahal. Sampe 2017 ini juga kalo dicompare, masih lebih ngerasa bangga kalo ditanya orang 'mobil lo apaan' dan kita jawab 'Grand Livina' daripada 'Avanza G' tahun sama...


Yang ane suka, mobil ini MPV tapi modelnya bisa sleek alias ramping. Dari luar hampir kaya wagon, padahal di dalem 7 seater...

Kayanya untuk desain ga banyak yang bisa dibahas, karna yaaa ini mah mobil semua orang juga udah tau rupa2nya gimana wkwkwk, intinya mah ga ada yang bisa dikeluhkan soal desain selain bikin ngantuk karna ngebosenin banget modelnya............wajar untuk LMPV mah

=========================================

Masuk ke interior (maap banget lupa foto2 interior, ga niat direview juga awalnya ini mah iseng2 aja sih hehe), kombinasi warnanya cerah semua dengan dominasi beige yang ngetren di jaman itu (avanza aja dulu pas facelift jadi beige dari abu2).
Model interiornya lagi2 plain abis, ga ada yang bisa dikeluhin tapi membosankan dibanding interior LMPV jaman sekarang.
TAPI, lagi2 kita harus liat rival di jaman dia beredar dan kalo dicompare ya livina ini JAUUUUH lebih bagus. Model dashboard & doortrim masih berasa niat dirancangnya, dipadu dengan bahan yg bagus tanpa ada cerita plastik tipis & meler2 kaya di avanza tahun sama.

Soal bahan, bahkan mobilio aja masih kalah bagus plastiknya dibanding livina jadul ini, di livina dashboardnya kalo diketok masih berasa solid dan pemasangan trim2 plastik di interiornya lumayan presisi dan rapih diliatnya. Good job Nissan!
Untuk jok, ukurannya ga gitu besar, tapi memadai buat ane yang 185/76, cukup nyaman dan lagi2 JAUUUUUH banget lah sama avanza jadul. Masih bisa diadu sama ertiga n mobilio soal kenyamanan jok mah.
Jok belakang bisa di sliding & reclining juga jadi nyaman buat penumpang belakang. Poin plusnya sama kaya ertiga, yaitu ada armrest di tengah jd tangan bisa sandaran ke doortrim & armrest...
Kekurangan kata ane ada di space kabinnya... Sempit!
Ngga berasa sempit kaya naik citycar sih alias masih cukup, tapi dibanding lawan2nya ya ini sempit sih termasuknya. Ruang kepala ngga masalah, tapi ruang kaki & mandang kedepan itu berasa banget ini bukan mobil yg lega.
Kalo lagi nyetir dan ga liat ke belakang, pasti ngiranya ini citycar dan lupa kalo ini MPV 7 seater... Which means that's a plus for the driver. Tapi buat penumpang apalagi baris kedua n ketiga, kalo dijejelin 3 orang di tengah dan 2 orang di belakang ya sempit abis berasanya. Kata ane mah ini 5+2, karna row3nya sempit abis, masih mending avanza...

Tapi kalo butuh pake row3, bisa nyuruh penumpang row2 ngalah sih dengan geser kedepan jok row2nya buat nambah extra legroom di row3.
Urusan ergonomi ane juga ga nemuin keluhan, segala peletakan ga ada yang ribet mulai dari storage, tombol2, tuas transmisi, posisi pedal, posisi nyetir (steernya udah bisa tilt), jok, spion, pandangan ke luar via kaca2, semuanya oke.


Soal bagasi, lumayan menurut ane mah. Jok baris ketiganya bisa dilipet rata lantai kalo ga dipake dan ini ngebantu banget jadi rapih bagasinya tanpa keliatan jok lagi dilipet. Nah sayangnya jok baris kedua ga bisa dilipet rata lantai, alias sandarannya cuma bisa ditekukin ampe sekitar 45 derajat lebih. Buat ngangkut barang2 banyak ternyata mobil ini bisa banget...

...bahkan buat pindahan rumah aja muat banyak


=======================================
AC mobil ini udah diganti blowernya sama yg Livina XR, jadi ga ada cerita blower depan kekencengan pas di 1 kaya livina lainnya. Tapi, penggantian blower ini malah ane bilang bikin acnya jadi ga sedingin GL yg pake blower bawaan gara2 angin yang tiupannya mengecil.
Mana mobil ini ga double blower, dan rear vent di tengah2 bawah row2 anginnya cuma becanda doang. Pas diisi ramean ber6, ya udah ACnya ga mempan lagi buat dinginin mobil siang2, semuanya termasuk ane yg nyetir engap dan akhirnya kami buka kaca. Untung udara bandung cukup bersahabat buat naik mobil sambil nikmatin AC alami...

Kenapa ya, dari pengalaman ane nyetir Xtrail T30, Navara Sports, March 2011, ampe livina ini ACnya ga ada yg becus kaya toyota...

Audio mobil ini udah diganti sama aftermarket AVT. Kalo HU aslinya yang Clarion, ane inget banget itu SAMPAH suaranya dan ga bisa nyetel format MP3 di CD, meanwhile rata2 mobil tahun segini udah pada bisa ngeplay MP3. Tapi ya masih baik sih dikasih CD gitu, daripada avanza tahun sama yg masih betah berkaset ria (kecuali type S)...

Kualitas speakernya biasa banget, yaa tapi lagi2 masih lebih bagus dari avanza dan gaada cerita doortrim geter2 pas setel volume gede.

Outputnya kedengeran jelas di telinga, thanks to peredaman kabin yang oke sangat buat kelas LMPV gini

Fitur? Duh apa aja ya... Kayanya ga ada fitur2 aneh, cuma ada fitur2 standar aja kaya tilt steering, audio with 4 speakers, odometer digital... power window... power steering... ac.... wiper... lampu... itu fitur kan ya diitungnya

Nah soal peredaman kabin, ini nih yg ane suka banget. Buat LMPV gini livina termasuk kedap, kalo ada motor matic lewat ya kedengeran dikit doang ga sampe kedengeran banget, malah cenderung ga kedengeran. Sesuatu yg avanza ga punya, dan masih bisa diadu lah sama LMPV baru 2017 soal kekedapan mah

=======================================
Selesai bahas exterior interior & pernak perniknya, now let's ride!
Sekedar info, mobil ini odometernya udah lumayan capek di 170rb an, dengan kondisi exterior babak belur, interior kotor, tapi mesin masih baik n kerawat teratur, matic yang masih oke kaya livina2 baruan, dan suspensi yang sangat oke (sepertinya baru ganti shock) walaupun ada sedikit bunyi2 gluduk minor yg ga mengganggu.

Pertama nyalain mesin, suaranya ga begitu alus kaya mobil jaman sekarang, tapi masih acceptable buat 4 cylinder.
Pas dipake jalan, di jalan yang lurus dan smooth mobil ini enak banget buat ukuran LMPV 1 dekade lalu. Smooth, digas dikit maju, tenaganya dominan putaran atas, dan maticnya masih lebih smooth dari avanza walaupun ya ga bisa dibilang smooth juga perpindahan giginya. Rasanya di toll tuh enak pake livina ini, mesinnya kalo udah speed tinggi gampang naiknya sama sekali no effort, lebih suka main di puteran atas HR15DE ini.

Dibanding city vtec '05 ane masih enakan city jauh sih sebenernya soal tenaga mah ((((yaiyalah, ga head to head bgt perbandingannya

Sama mobilio, masih jauh enakan mobilio baaaaangeet baik puteran rendah/atas, wajar si lebih modern juga abisnya secara mesin n transmisi. Ertiga, ngga tau karna ga pernah bawa hehehe.
Sama avanza, enakan avanza di dalkot karna tenaga bawahnya asik bgt dan enakan livina di toll karna maticnya lebih alus, mesinnya diem ga berasa meraung2 dan masih sanggup nambah speed terus tanpa effort. Tapi, ada 1 poin soal power livina ini yg bikin kesel ampe tingkat ga tau lagi apaan...
Kontras sama di jalan lurus, Livina ini di tanjakan LEMOT BANGET. Awalnya ane ga percaya orang2 pada bilang livina selemot itu di tanjakan, ane pikir ah paling merekanya aja yang ga bisa nyetirnya atau black campaign toyota jaman dulu itu jg bahas hal ini. Ehhhh taunya pas ane pegang unit ini, beneran lemotnya ampe bikin pengen marah2...

Ini ceritanya lagi woro2 di seputaran Dago Pakar, tepatnya kompleks Dago Resort karna lagi nemenin temen ngurus pernak pernik rumahnya yg lagi dibangun (yang orang Bandung pasti tau tanjakan2 yg banyak dan panjang di kompleks ini gimana). Isi mobil 3 orang cowo dengan total bobot 250kg, bagasi kosong. Itu ane udah gas rata lantai pas ketemu tanjakan gitu dan ya ngeden aja, kerasa torsinya abis dan mobilnya ga bisa nambah speed lebih dr yg di speedo, sampe kemaren sempet disalip motor bak viar dan emak2 motor mio di tanjakan itu jg

kesel banget udah mesinnya ga kuat nanjak, maticnya rada bego lagi mindah gigi pas nanjak tuh perlu di kickdown rata, kalo ga dia bakal manteng aja di gigi tinggi.

Apalagi pas sempet nyoba berenti di tanjakan situ, terus jalan lagi. Ga bisa jalan langsung di D, harus pake L dan itu juga ga bisa kenceng, terus pindah 2, baru deh pas lurus lagi pindah D. Baru kali ini nyetir mobil gini, agya trd matic kendaraan kelg woro2 d medan aja ga begini soalnya

(mesin n maticnya sehat walafiat, aman lah cuma emang odonya udah 170k aja)...
Lebih kagok lagi pas jalan tanjakan yang butuh nyalip2 bus/truk, kaya ke Pangalengan. Ini mobil mau nyalip truk didepan antara pede-ga pede-bisa-ga bisa, gara2 bener2 kerasa torsinya udah abis padahal udah pake overdrive bahkan 2 (ga mungkin L karna jalan di 40-50).
Mungkin di manual ga begini2 amat karna bisa kita tahan terus RPMnya di 4000an yg notabene torsi max nya keluar di sekitaran segitu, tapi kalo yg matic gini ane angkat tangan nyerah deh.

Satu lagi, ngelitik di mobil ini kayaknya udah jadi ciri khas mesinnya. Mau mobilnya sehat, sakit, diisi pertamax, diisi premium, tetep aja ngelitik tiap ketemu tanjakan dikit/dibejek... Ga usah dikhawatirin sih sebenernya, orang sampe 170k aja ga rusak2 mesinnya walaupun udah ngelitik dari baru jg

Konsumsi BBM, ini nih yg bikin ane demen banget bawa Livina ini woro2. Irit banget banget buat ane mah, isi pertalite 50 ribu bisa ngiter2 keliling bandung ampe pegel2

Sekitar 1:12 buat dalkot bandung yang banyakan pelannya dari kencengnya dan kena macet lama hasil turis2 jakarta yg membludak mampir ke Bandung.

Untuk suspensi, emang mobil ini nyaman banget. Lewat jalan jelek tuh cuma geli2 doang, alias empuk banget. Empuknya ga bisa disamain sama Eropa atau bahkan camry jadul ane loh ya (salah kaprah banget suspensi livina disamain sama mobil eropa, lha beda jauh pak ), tapi ini bisa ngeredam geter2 dr jalan dengan baik dibanding rival2nya, dari avanza seusia yg mentul2 keras ga jelas sampe mobilio/ertiga baru.
Cuma memang katanya kaki2nya sering jajan ya? Livina yg ane pegang ini cuma ada gluduk2 minor yg cuma kedengeran kalo didengerin sih, ga tau deh ownernya udah abis berapa buat beresin kaki2...

Stabilitas, mobil ini okeeeee sangat. Di toll mudah bgt dikendalikan sampe 120 juga, lebih dari itu baru agak2 melayang (which is normal karna ini LMPV, lah avanza mah 120 udah serem bgt

Dipake manuver, didalem kota lincah kaya bawa hatchback cuma buntutnya panjang aja.

Ground clearance, ane ga nemu masalah sih. Selama dipake ada lewat jalan2 bebatuan juga, ga pernah ada cerita gasruk. Cuma emang kalo disii 7 orang belakangnya jadi turun banget, tapi ga tau deh soalnya ga pernah dipake ber7 ke jalan batu2 gitu tp kalo polisi tidur sejauh ini amannn...
Safety features, apa itu safety? Sandarkan nyawa anda hanya kepada seatbelt dan driver...

Rem mobil ini lumayan pakem, dan halus ga nyentak2. Enakan rem ini jauh dari avanza tahun sama yang bikin sport jantung pas ngerem mendadak

Steernya ringan banget, tapi ya biasalah standar mobil kelas gini ga ada feedback & kerasa ga konek sama jalan. Bukan masalah sih, masih berasa stabil di tol dan buat muter balik juga gampang. Cuma somehow, masih berasa seruan nyetir avanza lama yg seumuran sama mobil ini, entah kenapa berasa lebih 'idup' aja. Sama mobilio juga seruan mobilio, walaupun sama2 ringan2 kopong gitu tapi rasanya steer mobilio lebih 'sigap' buat belok.
Rasa nyetirnya ane cuma bisa bilang satu kata : membosankan (yaiyalah namanya juga mpv)

Enakan livina jauh lah, walaupun avanza lebih fun tapi bikin pegel. Nyetir mobil ini lama? Hayu aja, da badannya tetep ga pegel2 ini walaupun nyetir lama juga

Nyetir avanza berjam-jam? Makasih.

============================
Buat dibeli di tahun 2017 ini, apa masih worth it?
Kalo untuk ane pribadi sih, ane ngerasa cocok sih sama livina ini buat harian. Masih berasa mobil bagus gitu, kalo bawa avanza 2008 berasa banget ini mobil murahan n kasar amat sih, tidak dengan livina. Toh juga ane ngerawat mobil orangnya, dan suka bgt sama nyaman dan iritnya mobil ini.
Menurut ane : kalo emang nyari LMPV second yang :
-nyaman buat angkut keluarga kecil dengan 2 anak dan perlengkapan2nya serta pengen anak2nya ngerasa nyaman di perjalanan,
-buat dipake harian macet2an dan ga ngeluarin banyak buat duit bensin,
-mudah dikendalikan buat pengemudi pemula/wanita,
-ga malu2in buat dipajang di garasi dan diliat tetangga

-harga belinya murah karna secondnya ramah dikantong, dan
-pengen LMPV yang oke disetir sendiri tanpa ngerasa lagi bawa mobil kantor

Maka jawabannya adalah YES

Tapi kalo nyari yang dead-reliable alias ogah ngerawat bahkan yg simpel2 kaya ganti oli n filter sesuai jadwal, kabin lega, buat disiksa di jalan jelek, dan kuat di tanjakan karna sering keluar kota, yaaa sebaiknya hindarin mobil ini jauh2...
