Review - 2 Weeks With Nissan Grand Livina XV 1.5 AT 2008
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Review - 2 Weeks With Nissan Grand Livina XV 1.5 AT 2008
Permisi SMers, numpang bikin review pengalaman ane sama nissan sejuta umat yaa, semoga bisa jadi referensi para SMers yg minat beli mobil ini berhubung secondnya lumayan jatoh...
Sebelomnya mohon maap kalo bahasanya pake bahasa gampang sehari2, mager ngetik pake teknis2 gitu wkwk
=================================
Bulan ini temen ada yg nitipin mobil livina nya ke ane karna lagi dinas ke luar kota as pilot jd mobilnya nganggur, & akhirnya ane pake2 di Bandung dan sekitarnya selama 2 minggu... Bukan waktu yang lama buat ngerasain semua2nya as owner, tapi sepertinya lebih dari cukup untuk direview, so here we go...
Unit yang ada di gambar adalah sebuah Grand Livina type XV yang isinya mesin HR15DE berpadu dengan transmisi matic 4-speed, yang semuanya dirakit di pabrik nissan di tahun 2008. Berarti, ini tuh seri nissan GL jaman purba (jauh sebelom yang sekarang) yang dari baru juga udah penuh... problem?
Modelnya... Mungkin agak ketinggalan jaman dibanding LMPV yang beredar masa kini kaya ertiga, mobilio dsb... Keliatan banget desainnya dibuat dari 1 dekade lalu. Dari depan, samping, ya bulet2 manis dan plain abis tanpa garis2 tegas ala mobil jepang di jaman itu. Yaa wajar sih namanya juga mobil 2008 hehe... Aura2nya mencerminkan mobil keluarga untuk keluarga modern masa kini.
Tapi, kalo kita liat di jamannya, dia cuma punya 1 kompetitor langsung yaitu Avanza, dan dibanding kaleng2an toyota jaman itu mah mobil ini JAUUUUH lebih bagus modelnya, sleek dan terlihat lebih mahal. Sampe 2017 ini juga kalo dicompare, masih lebih ngerasa bangga kalo ditanya orang 'mobil lo apaan' dan kita jawab 'Grand Livina' daripada 'Avanza G' tahun sama...
Yang ane suka, mobil ini MPV tapi modelnya bisa sleek alias ramping. Dari luar hampir kaya wagon, padahal di dalem 7 seater...
Kayanya untuk desain ga banyak yang bisa dibahas, karna yaaa ini mah mobil semua orang juga udah tau rupa2nya gimana wkwkwk, intinya mah ga ada yang bisa dikeluhkan soal desain selain bikin ngantuk karna ngebosenin banget modelnya............wajar untuk LMPV mah
=========================================
Masuk ke interior (maap banget lupa foto2 interior, ga niat direview juga awalnya ini mah iseng2 aja sih hehe), kombinasi warnanya cerah semua dengan dominasi beige yang ngetren di jaman itu (avanza aja dulu pas facelift jadi beige dari abu2).
Model interiornya lagi2 plain abis, ga ada yang bisa dikeluhin tapi membosankan dibanding interior LMPV jaman sekarang.
TAPI, lagi2 kita harus liat rival di jaman dia beredar dan kalo dicompare ya livina ini JAUUUUH lebih bagus. Model dashboard & doortrim masih berasa niat dirancangnya, dipadu dengan bahan yg bagus tanpa ada cerita plastik tipis & meler2 kaya di avanza tahun sama.
Soal bahan, bahkan mobilio aja masih kalah bagus plastiknya dibanding livina jadul ini, di livina dashboardnya kalo diketok masih berasa solid dan pemasangan trim2 plastik di interiornya lumayan presisi dan rapih diliatnya. Good job Nissan!
Untuk jok, ukurannya ga gitu besar, tapi memadai buat ane yang 185/76, cukup nyaman dan lagi2 JAUUUUUH banget lah sama avanza jadul. Masih bisa diadu sama ertiga n mobilio soal kenyamanan jok mah.
Jok belakang bisa di sliding & reclining juga jadi nyaman buat penumpang belakang. Poin plusnya sama kaya ertiga, yaitu ada armrest di tengah jd tangan bisa sandaran ke doortrim & armrest...
Kekurangan kata ane ada di space kabinnya... Sempit!
Ngga berasa sempit kaya naik citycar sih alias masih cukup, tapi dibanding lawan2nya ya ini sempit sih termasuknya. Ruang kepala ngga masalah, tapi ruang kaki & mandang kedepan itu berasa banget ini bukan mobil yg lega.
Kalo lagi nyetir dan ga liat ke belakang, pasti ngiranya ini citycar dan lupa kalo ini MPV 7 seater... Which means that's a plus for the driver. Tapi buat penumpang apalagi baris kedua n ketiga, kalo dijejelin 3 orang di tengah dan 2 orang di belakang ya sempit abis berasanya. Kata ane mah ini 5+2, karna row3nya sempit abis, masih mending avanza...
Tapi kalo butuh pake row3, bisa nyuruh penumpang row2 ngalah sih dengan geser kedepan jok row2nya buat nambah extra legroom di row3.
Urusan ergonomi ane juga ga nemuin keluhan, segala peletakan ga ada yang ribet mulai dari storage, tombol2, tuas transmisi, posisi pedal, posisi nyetir (steernya udah bisa tilt), jok, spion, pandangan ke luar via kaca2, semuanya oke.
\
Soal bagasi, lumayan menurut ane mah. Jok baris ketiganya bisa dilipet rata lantai kalo ga dipake dan ini ngebantu banget jadi rapih bagasinya tanpa keliatan jok lagi dilipet. Nah sayangnya jok baris kedua ga bisa dilipet rata lantai, alias sandarannya cuma bisa ditekukin ampe sekitar 45 derajat lebih. Buat ngangkut barang2 banyak ternyata mobil ini bisa banget...
...bahkan buat pindahan rumah aja muat banyak yang berarti GL memenuhi kodrat LMPV seperti yg seharusnya, harus flexible bisa buat dipake apa aja
=======================================
AC mobil ini udah diganti blowernya sama yg Livina XR, jadi ga ada cerita blower depan kekencengan pas di 1 kaya livina lainnya. Tapi, penggantian blower ini malah ane bilang bikin acnya jadi ga sedingin GL yg pake blower bawaan gara2 angin yang tiupannya mengecil.
Mana mobil ini ga double blower, dan rear vent di tengah2 bawah row2 anginnya cuma becanda doang. Pas diisi ramean ber6, ya udah ACnya ga mempan lagi buat dinginin mobil siang2, semuanya termasuk ane yg nyetir engap dan akhirnya kami buka kaca. Untung udara bandung cukup bersahabat buat naik mobil sambil nikmatin AC alami...
Kenapa ya, dari pengalaman ane nyetir Xtrail T30, Navara Sports, March 2011, ampe livina ini ACnya ga ada yg becus kaya toyota...
Audio mobil ini udah diganti sama aftermarket AVT. Kalo HU aslinya yang Clarion, ane inget banget itu SAMPAH suaranya dan ga bisa nyetel format MP3 di CD, meanwhile rata2 mobil tahun segini udah pada bisa ngeplay MP3. Tapi ya masih baik sih dikasih CD gitu, daripada avanza tahun sama yg masih betah berkaset ria (kecuali type S)...
Kualitas speakernya biasa banget, yaa tapi lagi2 masih lebih bagus dari avanza dan gaada cerita doortrim geter2 pas setel volume gede.
Outputnya kedengeran jelas di telinga, thanks to peredaman kabin yang oke sangat buat kelas LMPV gini
Fitur? Duh apa aja ya... Kayanya ga ada fitur2 aneh, cuma ada fitur2 standar aja kaya tilt steering, audio with 4 speakers, odometer digital... power window... power steering... ac.... wiper... lampu... itu fitur kan ya diitungnya
Nah soal peredaman kabin, ini nih yg ane suka banget. Buat LMPV gini livina termasuk kedap, kalo ada motor matic lewat ya kedengeran dikit doang ga sampe kedengeran banget, malah cenderung ga kedengeran. Sesuatu yg avanza ga punya, dan masih bisa diadu lah sama LMPV baru 2017 soal kekedapan mah
=======================================
Selesai bahas exterior interior & pernak perniknya, now let's ride!
Sekedar info, mobil ini odometernya udah lumayan capek di 170rb an, dengan kondisi exterior babak belur, interior kotor, tapi mesin masih baik n kerawat teratur, matic yang masih oke kaya livina2 baruan, dan suspensi yang sangat oke (sepertinya baru ganti shock) walaupun ada sedikit bunyi2 gluduk minor yg ga mengganggu.
Pertama nyalain mesin, suaranya ga begitu alus kaya mobil jaman sekarang, tapi masih acceptable buat 4 cylinder.
Pas dipake jalan, di jalan yang lurus dan smooth mobil ini enak banget buat ukuran LMPV 1 dekade lalu. Smooth, digas dikit maju, tenaganya dominan putaran atas, dan maticnya masih lebih smooth dari avanza walaupun ya ga bisa dibilang smooth juga perpindahan giginya. Rasanya di toll tuh enak pake livina ini, mesinnya kalo udah speed tinggi gampang naiknya sama sekali no effort, lebih suka main di puteran atas HR15DE ini.
Dibanding city vtec '05 ane masih enakan city jauh sih sebenernya soal tenaga mah ((((yaiyalah, ga head to head bgt perbandingannya ))))
Sama mobilio, masih jauh enakan mobilio baaaaangeet baik puteran rendah/atas, wajar si lebih modern juga abisnya secara mesin n transmisi. Ertiga, ngga tau karna ga pernah bawa hehehe.
Sama avanza, enakan avanza di dalkot karna tenaga bawahnya asik bgt dan enakan livina di toll karna maticnya lebih alus, mesinnya diem ga berasa meraung2 dan masih sanggup nambah speed terus tanpa effort. Tapi, ada 1 poin soal power livina ini yg bikin kesel ampe tingkat ga tau lagi apaan...
Kontras sama di jalan lurus, Livina ini di tanjakan LEMOT BANGET. Awalnya ane ga percaya orang2 pada bilang livina selemot itu di tanjakan, ane pikir ah paling merekanya aja yang ga bisa nyetirnya atau black campaign toyota jaman dulu itu jg bahas hal ini. Ehhhh taunya pas ane pegang unit ini, beneran lemotnya ampe bikin pengen marah2... seperti di video berikut yg ane rekam :
Ini ceritanya lagi woro2 di seputaran Dago Pakar, tepatnya kompleks Dago Resort karna lagi nemenin temen ngurus pernak pernik rumahnya yg lagi dibangun (yang orang Bandung pasti tau tanjakan2 yg banyak dan panjang di kompleks ini gimana). Isi mobil 3 orang cowo dengan total bobot 250kg, bagasi kosong. Itu ane udah gas rata lantai pas ketemu tanjakan gitu dan ya ngeden aja, kerasa torsinya abis dan mobilnya ga bisa nambah speed lebih dr yg di speedo, sampe kemaren sempet disalip motor bak viar dan emak2 motor mio di tanjakan itu jg
kesel banget udah mesinnya ga kuat nanjak, maticnya rada bego lagi mindah gigi pas nanjak tuh perlu di kickdown rata, kalo ga dia bakal manteng aja di gigi tinggi.
Apalagi pas sempet nyoba berenti di tanjakan situ, terus jalan lagi. Ga bisa jalan langsung di D, harus pake L dan itu juga ga bisa kenceng, terus pindah 2, baru deh pas lurus lagi pindah D. Baru kali ini nyetir mobil gini, agya trd matic kendaraan kelg woro2 d medan aja ga begini soalnya
(mesin n maticnya sehat walafiat, aman lah cuma emang odonya udah 170k aja)...
Lebih kagok lagi pas jalan tanjakan yang butuh nyalip2 bus/truk, kaya ke Pangalengan. Ini mobil mau nyalip truk didepan antara pede-ga pede-bisa-ga bisa, gara2 bener2 kerasa torsinya udah abis padahal udah pake overdrive bahkan 2 (ga mungkin L karna jalan di 40-50).
Mungkin di manual ga begini2 amat karna bisa kita tahan terus RPMnya di 4000an yg notabene torsi max nya keluar di sekitaran segitu, tapi kalo yg matic gini ane angkat tangan nyerah deh.
Satu lagi, ngelitik di mobil ini kayaknya udah jadi ciri khas mesinnya. Mau mobilnya sehat, sakit, diisi pertamax, diisi premium, tetep aja ngelitik tiap ketemu tanjakan dikit/dibejek... Ga usah dikhawatirin sih sebenernya, orang sampe 170k aja ga rusak2 mesinnya walaupun udah ngelitik dari baru jg
Konsumsi BBM, ini nih yg bikin ane demen banget bawa Livina ini woro2. Irit banget banget buat ane mah, isi pertalite 50 ribu bisa ngiter2 keliling bandung ampe pegel2
Sekitar 1:12 buat dalkot bandung yang banyakan pelannya dari kencengnya dan kena macet lama hasil turis2 jakarta yg membludak mampir ke Bandung.
Untuk suspensi, emang mobil ini nyaman banget. Lewat jalan jelek tuh cuma geli2 doang, alias empuk banget. Empuknya ga bisa disamain sama Eropa atau bahkan camry jadul ane loh ya (salah kaprah banget suspensi livina disamain sama mobil eropa, lha beda jauh pak ), tapi ini bisa ngeredam geter2 dr jalan dengan baik dibanding rival2nya, dari avanza seusia yg mentul2 keras ga jelas sampe mobilio/ertiga baru.
Cuma memang katanya kaki2nya sering jajan ya? Livina yg ane pegang ini cuma ada gluduk2 minor yg cuma kedengeran kalo didengerin sih, ga tau deh ownernya udah abis berapa buat beresin kaki2...
Stabilitas, mobil ini okeeeee sangat. Di toll mudah bgt dikendalikan sampe 120 juga, lebih dari itu baru agak2 melayang (which is normal karna ini LMPV, lah avanza mah 120 udah serem bgt ).
Dipake manuver, didalem kota lincah kaya bawa hatchback cuma buntutnya panjang aja.
Ground clearance, ane ga nemu masalah sih. Selama dipake ada lewat jalan2 bebatuan juga, ga pernah ada cerita gasruk. Cuma emang kalo disii 7 orang belakangnya jadi turun banget, tapi ga tau deh soalnya ga pernah dipake ber7 ke jalan batu2 gitu tp kalo polisi tidur sejauh ini amannn...
Safety features, apa itu safety? Sandarkan nyawa anda hanya kepada seatbelt dan driver...
Rem mobil ini lumayan pakem, dan halus ga nyentak2. Enakan rem ini jauh dari avanza tahun sama yang bikin sport jantung pas ngerem mendadak
Steernya ringan banget, tapi ya biasalah standar mobil kelas gini ga ada feedback & kerasa ga konek sama jalan. Bukan masalah sih, masih berasa stabil di tol dan buat muter balik juga gampang. Cuma somehow, masih berasa seruan nyetir avanza lama yg seumuran sama mobil ini, entah kenapa berasa lebih 'idup' aja. Sama mobilio juga seruan mobilio, walaupun sama2 ringan2 kopong gitu tapi rasanya steer mobilio lebih 'sigap' buat belok.
Rasa nyetirnya ane cuma bisa bilang satu kata : membosankan (yaiyalah namanya juga mpv) . Jauuuuh lebih fun nyetir mobilio. Tapi yaaa lagi2 kan mobilio mobil baru sedangkan ini buatan 9 tahun lalu, yang berarti lagi2 ampe bosen ane bandinginnya sama avanza.
Enakan livina jauh lah, walaupun avanza lebih fun tapi bikin pegel. Nyetir mobil ini lama? Hayu aja, da badannya tetep ga pegel2 ini walaupun nyetir lama juga
Nyetir avanza berjam-jam? Makasih.
============================
Buat dibeli di tahun 2017 ini, apa masih worth it?
Kalo untuk ane pribadi sih, ane ngerasa cocok sih sama livina ini buat harian. Masih berasa mobil bagus gitu, kalo bawa avanza 2008 berasa banget ini mobil murahan n kasar amat sih, tidak dengan livina. Toh juga ane ngerawat mobil orangnya, dan suka bgt sama nyaman dan iritnya mobil ini.
Menurut ane : kalo emang nyari LMPV second yang :
-nyaman buat angkut keluarga kecil dengan 2 anak dan perlengkapan2nya serta pengen anak2nya ngerasa nyaman di perjalanan,
-buat dipake harian macet2an dan ga ngeluarin banyak buat duit bensin,
-mudah dikendalikan buat pengemudi pemula/wanita,
-ga malu2in buat dipajang di garasi dan diliat tetangga walaupun bekas dan bukan sedan,
-harga belinya murah karna secondnya ramah dikantong, dan
-pengen LMPV yang oke disetir sendiri tanpa ngerasa lagi bawa mobil kantor ,
Maka jawabannya adalah YES
Tapi kalo nyari yang dead-reliable alias ogah ngerawat bahkan yg simpel2 kaya ganti oli n filter sesuai jadwal, kabin lega, buat disiksa di jalan jelek, dan kuat di tanjakan karna sering keluar kota, yaaa sebaiknya hindarin mobil ini jauh2...
Sebelomnya mohon maap kalo bahasanya pake bahasa gampang sehari2, mager ngetik pake teknis2 gitu wkwk
=================================
Bulan ini temen ada yg nitipin mobil livina nya ke ane karna lagi dinas ke luar kota as pilot jd mobilnya nganggur, & akhirnya ane pake2 di Bandung dan sekitarnya selama 2 minggu... Bukan waktu yang lama buat ngerasain semua2nya as owner, tapi sepertinya lebih dari cukup untuk direview, so here we go...
Unit yang ada di gambar adalah sebuah Grand Livina type XV yang isinya mesin HR15DE berpadu dengan transmisi matic 4-speed, yang semuanya dirakit di pabrik nissan di tahun 2008. Berarti, ini tuh seri nissan GL jaman purba (jauh sebelom yang sekarang) yang dari baru juga udah penuh... problem?
Modelnya... Mungkin agak ketinggalan jaman dibanding LMPV yang beredar masa kini kaya ertiga, mobilio dsb... Keliatan banget desainnya dibuat dari 1 dekade lalu. Dari depan, samping, ya bulet2 manis dan plain abis tanpa garis2 tegas ala mobil jepang di jaman itu. Yaa wajar sih namanya juga mobil 2008 hehe... Aura2nya mencerminkan mobil keluarga untuk keluarga modern masa kini.
Tapi, kalo kita liat di jamannya, dia cuma punya 1 kompetitor langsung yaitu Avanza, dan dibanding kaleng2an toyota jaman itu mah mobil ini JAUUUUH lebih bagus modelnya, sleek dan terlihat lebih mahal. Sampe 2017 ini juga kalo dicompare, masih lebih ngerasa bangga kalo ditanya orang 'mobil lo apaan' dan kita jawab 'Grand Livina' daripada 'Avanza G' tahun sama...
Yang ane suka, mobil ini MPV tapi modelnya bisa sleek alias ramping. Dari luar hampir kaya wagon, padahal di dalem 7 seater...
Kayanya untuk desain ga banyak yang bisa dibahas, karna yaaa ini mah mobil semua orang juga udah tau rupa2nya gimana wkwkwk, intinya mah ga ada yang bisa dikeluhkan soal desain selain bikin ngantuk karna ngebosenin banget modelnya............wajar untuk LMPV mah
=========================================
Masuk ke interior (maap banget lupa foto2 interior, ga niat direview juga awalnya ini mah iseng2 aja sih hehe), kombinasi warnanya cerah semua dengan dominasi beige yang ngetren di jaman itu (avanza aja dulu pas facelift jadi beige dari abu2).
Model interiornya lagi2 plain abis, ga ada yang bisa dikeluhin tapi membosankan dibanding interior LMPV jaman sekarang.
TAPI, lagi2 kita harus liat rival di jaman dia beredar dan kalo dicompare ya livina ini JAUUUUH lebih bagus. Model dashboard & doortrim masih berasa niat dirancangnya, dipadu dengan bahan yg bagus tanpa ada cerita plastik tipis & meler2 kaya di avanza tahun sama.
Soal bahan, bahkan mobilio aja masih kalah bagus plastiknya dibanding livina jadul ini, di livina dashboardnya kalo diketok masih berasa solid dan pemasangan trim2 plastik di interiornya lumayan presisi dan rapih diliatnya. Good job Nissan!
Untuk jok, ukurannya ga gitu besar, tapi memadai buat ane yang 185/76, cukup nyaman dan lagi2 JAUUUUUH banget lah sama avanza jadul. Masih bisa diadu sama ertiga n mobilio soal kenyamanan jok mah.
Jok belakang bisa di sliding & reclining juga jadi nyaman buat penumpang belakang. Poin plusnya sama kaya ertiga, yaitu ada armrest di tengah jd tangan bisa sandaran ke doortrim & armrest...
Kekurangan kata ane ada di space kabinnya... Sempit!
Ngga berasa sempit kaya naik citycar sih alias masih cukup, tapi dibanding lawan2nya ya ini sempit sih termasuknya. Ruang kepala ngga masalah, tapi ruang kaki & mandang kedepan itu berasa banget ini bukan mobil yg lega.
Kalo lagi nyetir dan ga liat ke belakang, pasti ngiranya ini citycar dan lupa kalo ini MPV 7 seater... Which means that's a plus for the driver. Tapi buat penumpang apalagi baris kedua n ketiga, kalo dijejelin 3 orang di tengah dan 2 orang di belakang ya sempit abis berasanya. Kata ane mah ini 5+2, karna row3nya sempit abis, masih mending avanza...
Tapi kalo butuh pake row3, bisa nyuruh penumpang row2 ngalah sih dengan geser kedepan jok row2nya buat nambah extra legroom di row3.
Urusan ergonomi ane juga ga nemuin keluhan, segala peletakan ga ada yang ribet mulai dari storage, tombol2, tuas transmisi, posisi pedal, posisi nyetir (steernya udah bisa tilt), jok, spion, pandangan ke luar via kaca2, semuanya oke.
\
Soal bagasi, lumayan menurut ane mah. Jok baris ketiganya bisa dilipet rata lantai kalo ga dipake dan ini ngebantu banget jadi rapih bagasinya tanpa keliatan jok lagi dilipet. Nah sayangnya jok baris kedua ga bisa dilipet rata lantai, alias sandarannya cuma bisa ditekukin ampe sekitar 45 derajat lebih. Buat ngangkut barang2 banyak ternyata mobil ini bisa banget...
...bahkan buat pindahan rumah aja muat banyak yang berarti GL memenuhi kodrat LMPV seperti yg seharusnya, harus flexible bisa buat dipake apa aja
=======================================
AC mobil ini udah diganti blowernya sama yg Livina XR, jadi ga ada cerita blower depan kekencengan pas di 1 kaya livina lainnya. Tapi, penggantian blower ini malah ane bilang bikin acnya jadi ga sedingin GL yg pake blower bawaan gara2 angin yang tiupannya mengecil.
Mana mobil ini ga double blower, dan rear vent di tengah2 bawah row2 anginnya cuma becanda doang. Pas diisi ramean ber6, ya udah ACnya ga mempan lagi buat dinginin mobil siang2, semuanya termasuk ane yg nyetir engap dan akhirnya kami buka kaca. Untung udara bandung cukup bersahabat buat naik mobil sambil nikmatin AC alami...
Kenapa ya, dari pengalaman ane nyetir Xtrail T30, Navara Sports, March 2011, ampe livina ini ACnya ga ada yg becus kaya toyota...
Audio mobil ini udah diganti sama aftermarket AVT. Kalo HU aslinya yang Clarion, ane inget banget itu SAMPAH suaranya dan ga bisa nyetel format MP3 di CD, meanwhile rata2 mobil tahun segini udah pada bisa ngeplay MP3. Tapi ya masih baik sih dikasih CD gitu, daripada avanza tahun sama yg masih betah berkaset ria (kecuali type S)...
Kualitas speakernya biasa banget, yaa tapi lagi2 masih lebih bagus dari avanza dan gaada cerita doortrim geter2 pas setel volume gede.
Outputnya kedengeran jelas di telinga, thanks to peredaman kabin yang oke sangat buat kelas LMPV gini
Fitur? Duh apa aja ya... Kayanya ga ada fitur2 aneh, cuma ada fitur2 standar aja kaya tilt steering, audio with 4 speakers, odometer digital... power window... power steering... ac.... wiper... lampu... itu fitur kan ya diitungnya
Nah soal peredaman kabin, ini nih yg ane suka banget. Buat LMPV gini livina termasuk kedap, kalo ada motor matic lewat ya kedengeran dikit doang ga sampe kedengeran banget, malah cenderung ga kedengeran. Sesuatu yg avanza ga punya, dan masih bisa diadu lah sama LMPV baru 2017 soal kekedapan mah
=======================================
Selesai bahas exterior interior & pernak perniknya, now let's ride!
Sekedar info, mobil ini odometernya udah lumayan capek di 170rb an, dengan kondisi exterior babak belur, interior kotor, tapi mesin masih baik n kerawat teratur, matic yang masih oke kaya livina2 baruan, dan suspensi yang sangat oke (sepertinya baru ganti shock) walaupun ada sedikit bunyi2 gluduk minor yg ga mengganggu.
Pertama nyalain mesin, suaranya ga begitu alus kaya mobil jaman sekarang, tapi masih acceptable buat 4 cylinder.
Pas dipake jalan, di jalan yang lurus dan smooth mobil ini enak banget buat ukuran LMPV 1 dekade lalu. Smooth, digas dikit maju, tenaganya dominan putaran atas, dan maticnya masih lebih smooth dari avanza walaupun ya ga bisa dibilang smooth juga perpindahan giginya. Rasanya di toll tuh enak pake livina ini, mesinnya kalo udah speed tinggi gampang naiknya sama sekali no effort, lebih suka main di puteran atas HR15DE ini.
Dibanding city vtec '05 ane masih enakan city jauh sih sebenernya soal tenaga mah ((((yaiyalah, ga head to head bgt perbandingannya ))))
Sama mobilio, masih jauh enakan mobilio baaaaangeet baik puteran rendah/atas, wajar si lebih modern juga abisnya secara mesin n transmisi. Ertiga, ngga tau karna ga pernah bawa hehehe.
Sama avanza, enakan avanza di dalkot karna tenaga bawahnya asik bgt dan enakan livina di toll karna maticnya lebih alus, mesinnya diem ga berasa meraung2 dan masih sanggup nambah speed terus tanpa effort. Tapi, ada 1 poin soal power livina ini yg bikin kesel ampe tingkat ga tau lagi apaan...
Kontras sama di jalan lurus, Livina ini di tanjakan LEMOT BANGET. Awalnya ane ga percaya orang2 pada bilang livina selemot itu di tanjakan, ane pikir ah paling merekanya aja yang ga bisa nyetirnya atau black campaign toyota jaman dulu itu jg bahas hal ini. Ehhhh taunya pas ane pegang unit ini, beneran lemotnya ampe bikin pengen marah2... seperti di video berikut yg ane rekam :
Ini ceritanya lagi woro2 di seputaran Dago Pakar, tepatnya kompleks Dago Resort karna lagi nemenin temen ngurus pernak pernik rumahnya yg lagi dibangun (yang orang Bandung pasti tau tanjakan2 yg banyak dan panjang di kompleks ini gimana). Isi mobil 3 orang cowo dengan total bobot 250kg, bagasi kosong. Itu ane udah gas rata lantai pas ketemu tanjakan gitu dan ya ngeden aja, kerasa torsinya abis dan mobilnya ga bisa nambah speed lebih dr yg di speedo, sampe kemaren sempet disalip motor bak viar dan emak2 motor mio di tanjakan itu jg
kesel banget udah mesinnya ga kuat nanjak, maticnya rada bego lagi mindah gigi pas nanjak tuh perlu di kickdown rata, kalo ga dia bakal manteng aja di gigi tinggi.
Apalagi pas sempet nyoba berenti di tanjakan situ, terus jalan lagi. Ga bisa jalan langsung di D, harus pake L dan itu juga ga bisa kenceng, terus pindah 2, baru deh pas lurus lagi pindah D. Baru kali ini nyetir mobil gini, agya trd matic kendaraan kelg woro2 d medan aja ga begini soalnya
(mesin n maticnya sehat walafiat, aman lah cuma emang odonya udah 170k aja)...
Lebih kagok lagi pas jalan tanjakan yang butuh nyalip2 bus/truk, kaya ke Pangalengan. Ini mobil mau nyalip truk didepan antara pede-ga pede-bisa-ga bisa, gara2 bener2 kerasa torsinya udah abis padahal udah pake overdrive bahkan 2 (ga mungkin L karna jalan di 40-50).
Mungkin di manual ga begini2 amat karna bisa kita tahan terus RPMnya di 4000an yg notabene torsi max nya keluar di sekitaran segitu, tapi kalo yg matic gini ane angkat tangan nyerah deh.
Satu lagi, ngelitik di mobil ini kayaknya udah jadi ciri khas mesinnya. Mau mobilnya sehat, sakit, diisi pertamax, diisi premium, tetep aja ngelitik tiap ketemu tanjakan dikit/dibejek... Ga usah dikhawatirin sih sebenernya, orang sampe 170k aja ga rusak2 mesinnya walaupun udah ngelitik dari baru jg
Konsumsi BBM, ini nih yg bikin ane demen banget bawa Livina ini woro2. Irit banget banget buat ane mah, isi pertalite 50 ribu bisa ngiter2 keliling bandung ampe pegel2
Sekitar 1:12 buat dalkot bandung yang banyakan pelannya dari kencengnya dan kena macet lama hasil turis2 jakarta yg membludak mampir ke Bandung.
Untuk suspensi, emang mobil ini nyaman banget. Lewat jalan jelek tuh cuma geli2 doang, alias empuk banget. Empuknya ga bisa disamain sama Eropa atau bahkan camry jadul ane loh ya (salah kaprah banget suspensi livina disamain sama mobil eropa, lha beda jauh pak ), tapi ini bisa ngeredam geter2 dr jalan dengan baik dibanding rival2nya, dari avanza seusia yg mentul2 keras ga jelas sampe mobilio/ertiga baru.
Cuma memang katanya kaki2nya sering jajan ya? Livina yg ane pegang ini cuma ada gluduk2 minor yg cuma kedengeran kalo didengerin sih, ga tau deh ownernya udah abis berapa buat beresin kaki2...
Stabilitas, mobil ini okeeeee sangat. Di toll mudah bgt dikendalikan sampe 120 juga, lebih dari itu baru agak2 melayang (which is normal karna ini LMPV, lah avanza mah 120 udah serem bgt ).
Dipake manuver, didalem kota lincah kaya bawa hatchback cuma buntutnya panjang aja.
Ground clearance, ane ga nemu masalah sih. Selama dipake ada lewat jalan2 bebatuan juga, ga pernah ada cerita gasruk. Cuma emang kalo disii 7 orang belakangnya jadi turun banget, tapi ga tau deh soalnya ga pernah dipake ber7 ke jalan batu2 gitu tp kalo polisi tidur sejauh ini amannn...
Safety features, apa itu safety? Sandarkan nyawa anda hanya kepada seatbelt dan driver...
Rem mobil ini lumayan pakem, dan halus ga nyentak2. Enakan rem ini jauh dari avanza tahun sama yang bikin sport jantung pas ngerem mendadak
Steernya ringan banget, tapi ya biasalah standar mobil kelas gini ga ada feedback & kerasa ga konek sama jalan. Bukan masalah sih, masih berasa stabil di tol dan buat muter balik juga gampang. Cuma somehow, masih berasa seruan nyetir avanza lama yg seumuran sama mobil ini, entah kenapa berasa lebih 'idup' aja. Sama mobilio juga seruan mobilio, walaupun sama2 ringan2 kopong gitu tapi rasanya steer mobilio lebih 'sigap' buat belok.
Rasa nyetirnya ane cuma bisa bilang satu kata : membosankan (yaiyalah namanya juga mpv) . Jauuuuh lebih fun nyetir mobilio. Tapi yaaa lagi2 kan mobilio mobil baru sedangkan ini buatan 9 tahun lalu, yang berarti lagi2 ampe bosen ane bandinginnya sama avanza.
Enakan livina jauh lah, walaupun avanza lebih fun tapi bikin pegel. Nyetir mobil ini lama? Hayu aja, da badannya tetep ga pegel2 ini walaupun nyetir lama juga
Nyetir avanza berjam-jam? Makasih.
============================
Buat dibeli di tahun 2017 ini, apa masih worth it?
Kalo untuk ane pribadi sih, ane ngerasa cocok sih sama livina ini buat harian. Masih berasa mobil bagus gitu, kalo bawa avanza 2008 berasa banget ini mobil murahan n kasar amat sih, tidak dengan livina. Toh juga ane ngerawat mobil orangnya, dan suka bgt sama nyaman dan iritnya mobil ini.
Menurut ane : kalo emang nyari LMPV second yang :
-nyaman buat angkut keluarga kecil dengan 2 anak dan perlengkapan2nya serta pengen anak2nya ngerasa nyaman di perjalanan,
-buat dipake harian macet2an dan ga ngeluarin banyak buat duit bensin,
-mudah dikendalikan buat pengemudi pemula/wanita,
-ga malu2in buat dipajang di garasi dan diliat tetangga walaupun bekas dan bukan sedan,
-harga belinya murah karna secondnya ramah dikantong, dan
-pengen LMPV yang oke disetir sendiri tanpa ngerasa lagi bawa mobil kantor ,
Maka jawabannya adalah YES
Tapi kalo nyari yang dead-reliable alias ogah ngerawat bahkan yg simpel2 kaya ganti oli n filter sesuai jadwal, kabin lega, buat disiksa di jalan jelek, dan kuat di tanjakan karna sering keluar kota, yaaa sebaiknya hindarin mobil ini jauh2...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 85
- Joined: Tue Jan 26, 2016 16:07
Re: Review - 2 Weeks With Nissan Grand Livina XV 1.5 AT 2008
Nice repiew om
Grand Livina X-tra Value... wkwkw...
Ac-nya emang agak aneh nih GL, bisa bikin masuk angin...
170k kuat juga nih mobil..
Kaki2 emang empuk om, ane pernah numpang duduk di GL '11 depan lewat jalan pinggiran pangandaran batu karas yang naujubilah rusaknya masih enak gak mental mentul.....
1 lg ciri khas GL yang ane gak ngerti lebih mending pasang roof monitor di banding blower, mana masangnya terlalu mundur bikin nonton pegel leher
Grand Livina X-tra Value... wkwkw...
Ac-nya emang agak aneh nih GL, bisa bikin masuk angin...
170k kuat juga nih mobil..
Kaki2 emang empuk om, ane pernah numpang duduk di GL '11 depan lewat jalan pinggiran pangandaran batu karas yang naujubilah rusaknya masih enak gak mental mentul.....
1 lg ciri khas GL yang ane gak ngerti lebih mending pasang roof monitor di banding blower, mana masangnya terlalu mundur bikin nonton pegel leher
Boil berisik?.... Kencengin aja lagunya - My Honda Car's
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1056
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
- Daily Vehicle: Galant + Mx King
Re: Review - 2 Weeks With Nissan Grand Livina XV 1.5 AT 2008
Nice review om
Berarti untuk mobil tempur cocok ya om
Irit, mesin cukup, sayang gak enak buat tarikan/tanjakan dan kaki2
Pantes di jalan gak pernah ketemu livina yang ngebut
Btw lampu belakang kirinya pecah ya?
Berarti untuk mobil tempur cocok ya om
Irit, mesin cukup, sayang gak enak buat tarikan/tanjakan dan kaki2
Pantes di jalan gak pernah ketemu livina yang ngebut
Btw lampu belakang kirinya pecah ya?
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 354
- Joined: Mon May 02, 2016 14:54
Re: Review - 2 Weeks With Nissan Grand Livina XV 1.5 AT 2008
Klo disuruh numpang, paling enak emang grand livina dibanding mobil sekelasnya, kedap, nyaman, ga bikin mentul2. Di kantor aku dulu mobil operasionalnya grand livina, sering bgt numpang itu. Pas peremajaan diganti luxio, aduuh jauh bgt jeleknya, mulai dr goyangan, kekedapan, sandaran punggung yg pendek, cuman sampe setengah punggung lebih dikit doank. Tp wajar sih emang bukan kelas n rivalnya. Karyawan2 yg sering pake pada protes tuh minta balikin ke grand livina.
emansipasi perempuan....tapi jangan panggil saya "om"
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 179
- Joined: Sun Aug 09, 2015 0:58
Re: Review - 2 Weeks With Nissan Grand Livina XV 1.5 AT 2008
good review
*menunggu om kelep komen
*menunggu om kelep komen
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1220
- Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mazda 2
Re: Review - 2 Weeks With Nissan Grand Livina XV 1.5 AT 2008
Nice review om
Jaman dulu pas baru keluar bapak ane hampir beli livina, sampe yg XV inden 6 bulan kalau gak salah, cuman ready stock yg SV which is super kopong, electric mirror ama tachometer gak dikasih dong
Tapi emang bantingan paling nyaman sih buat row 1 sama row 2, mirip innova, tapi row 3 terlalu ngayun dan kalo gak biasa gampang mabok kalo duduk di row 3
Jaman dulu pas baru keluar bapak ane hampir beli livina, sampe yg XV inden 6 bulan kalau gak salah, cuman ready stock yg SV which is super kopong, electric mirror ama tachometer gak dikasih dong
Tapi emang bantingan paling nyaman sih buat row 1 sama row 2, mirip innova, tapi row 3 terlalu ngayun dan kalo gak biasa gampang mabok kalo duduk di row 3
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 742
- Joined: Thu Nov 29, 2012 5:58
- Location: Malang city
Re: Review - 2 Weeks With Nissan Grand Livina XV 1.5 AT 2008
Nice repiuw oom..
Ane malah ga pernah nyetir livina yg ini..yg ane sering setir tipe 1.8 mt ultimate taun 2008, mobil operasional kantor..
Yg ane suka sih suaranya kalo dibejek..kering tp agak ngebas dikit. Dan menurut ane sih enak ditarik buat ngebut..hehe..
Ane malah ga pernah nyetir livina yg ini..yg ane sering setir tipe 1.8 mt ultimate taun 2008, mobil operasional kantor..
Yg ane suka sih suaranya kalo dibejek..kering tp agak ngebas dikit. Dan menurut ane sih enak ditarik buat ngebut..hehe..
4A91 4at - Slow Driver
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3964
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Review - 2 Weeks With Nissan Grand Livina XV 1.5 AT 2008
pernah nyobain ini waktu rental di bali, type SV 1.5 AT. enak juga, bantingan kenyamanan khas nissan lah, kenyal pas, memang ada gejala limbung tapi acceptable, yg paling saya ingat itu justru di meteran bensin yang ngaco blas, sampe panik abis isi bensin 100 ribu malah turun... lapor ke rental, malah bingung karena sudah dibenerin katanya. steering memang kopong tapi masih toleransi untuk mobil ciptaan dekade lalu...
memang tidak roomy, hanya daripada avanza memang jauh lebih mobil ini, fitur pun ga banyak, AC cukup dingin dan cukup bikin masuk angin karena blower diset kenceng demi sampe ke baris kedua dan ketiga.
memang tidak roomy, hanya daripada avanza memang jauh lebih mobil ini, fitur pun ga banyak, AC cukup dingin dan cukup bikin masuk angin karena blower diset kenceng demi sampe ke baris kedua dan ketiga.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Review - 2 Weeks With Nissan Grand Livina XV 1.5 AT 2008
kunaskun wrote: ↑Tue Mar 28, 2017 9:14 pernah nyobain ini waktu rental di bali, type SV 1.5 AT. enak juga, bantingan kenyamanan khas nissan lah, kenyal pas, memang ada gejala limbung tapi acceptable, yg paling saya ingat itu justru di meteran bensin yang ngaco blas, sampe panik abis isi bensin 100 ribu malah turun... lapor ke rental, malah bingung karena sudah dibenerin katanya. steering memang kopong tapi masih toleransi untuk mobil ciptaan dekade lalu...
memang tidak roomy, hanya daripada avanza memang jauh lebih mobil ini, fitur pun ga banyak, AC cukup dingin dan cukup bikin masuk angin karena blower diset kenceng demi sampe ke baris kedua dan ketiga.
Makasih om ehe 1.8 mah emang katanya enak banget tenaganya + yg manual juga canggih 6speed gitu. Lebih menarik yg 1.8 sebenernyajar-jit-no wrote: ↑Tue Mar 28, 2017 8:26 Nice repiuw oom..
Ane malah ga pernah nyetir livina yg ini..yg ane sering setir tipe 1.8 mt ultimate taun 2008, mobil operasional kantor..
Yg ane suka sih suaranya kalo dibejek..kering tp agak ngebas dikit. Dan menurut ane sih enak ditarik buat ngebut..hehe..
Makasih om hehe Nah iya tuh dulu saking boomingnya sampe inden 6 bulan, saking pelitnya sampe type SV ga dikasih tachometer DAN bahkan sandaran kepala row2. Mobil 2007 harga 100an juta literally ga ada sandaran kepala di belakang ... hebatadrevolution wrote: ↑Tue Mar 28, 2017 8:11 Nice review om
Jaman dulu pas baru keluar bapak ane hampir beli livina, sampe yg XV inden 6 bulan kalau gak salah, cuman ready stock yg SV which is super kopong, electric mirror ama tachometer gak dikasih dong
Tapi emang bantingan paling nyaman sih buat row 1 sama row 2, mirip innova, tapi row 3 terlalu ngayun dan kalo gak biasa gampang mabok kalo duduk di row 3
Row3 nya juga alakadarnya sih, ane bilang mah cuma bisa digunain buat jarak2 deket...
Sama nih nunggu om kelep master livina komen
Yupp dibanding mobil2 sekelas emang paling nyaman, kecuali kalo dibandingin sama ertiga karna menurut ane nyamanan ertiga sih ...alicevamps wrote: ↑Tue Mar 28, 2017 7:39 Klo disuruh numpang, paling enak emang grand livina dibanding mobil sekelasnya, kedap, nyaman, ga bikin mentul2. Di kantor aku dulu mobil operasionalnya grand livina, sering bgt numpang itu. Pas peremajaan diganti luxio, aduuh jauh bgt jeleknya, mulai dr goyangan, kekedapan, sandaran punggung yg pendek, cuman sampe setengah punggung lebih dikit doank. Tp wajar sih emang bukan kelas n rivalnya. Karyawan2 yg sering pake pada protes tuh minta balikin ke grand livina.
Baru kemaren juga nih naik grab luxio, waduh ancur banget itu sandaran punggungnya. Buat cewe sih pas, tapi buat cowo kok kaya cuma setengah doang yg disangga. Paling plusnya kabin segede lapangan kontener...
Makasih om hehe, cocok banget buat mobil tempur mah ane dikasih ini juga ga nolak soalnya bensinnya irit banget buat kantong mahasiswa dan muat barang banyak wkwk... Di jalan datar mah ngebut om, pas ketemu tanjakan dikit baru deh langsung pada nyerahmichaelgiri93 wrote: ↑Tue Mar 28, 2017 7:02 Nice review om
Berarti untuk mobil tempur cocok ya om
Irit, mesin cukup, sayang gak enak buat tarikan/tanjakan dan kaki2
Pantes di jalan gak pernah ketemu livina yang ngebut
Btw lampu belakang kirinya pecah ya?
Pecah wkwk, sama bempernya juga bonyok di bagian situ, mobil perang bgt secara exterior...
Makasih om ACnya aneh banget emang blower aslinya, banyak yg ngeluh bikin masuk angin wkwk...prayuda4846 wrote: ↑Tue Mar 28, 2017 6:16 Nice repiew om
Grand Livina X-tra Value... wkwkw...
Ac-nya emang agak aneh nih GL, bisa bikin masuk angin...
170k kuat juga nih mobil..
Kaki2 emang empuk om, ane pernah numpang duduk di GL '11 depan lewat jalan pinggiran pangandaran batu karas yang naujubilah rusaknya masih enak gak mental mentul.....
1 lg ciri khas GL yang ane gak ngerti lebih mending pasang roof monitor di banding blower, mana masangnya terlalu mundur bikin nonton pegel leher
Hooh 170k termasuknya gede buat seekor grand livina, dan masih enak2 aja sih dipakenya cuma emang exterior interiornya aja yg kacrut...
Roof monitor di versi facelift ya, itu ga guna banget cuma hiasan doang bener2 dah
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1220
- Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Mazda 2
Re: Review - 2 Weeks With Nissan Grand Livina XV 1.5 AT 2008
Kalau nggak salah dulu tipe SV di 2007 harganya 135jt OTR jkt... fitur jauh sekali dibawah avanza G yg harganya mirip2 waktu itu. Tipe XV kalau gak salah sekitar 150an juta pas baru launching. Mepet2 avanza S.amfibi wrote: ↑Tue Mar 28, 2017 10:53
Makasih om hehe Nah iya tuh dulu saking boomingnya sampe inden 6 bulan, saking pelitnya sampe type SV ga dikasih tachometer DAN bahkan sandaran kepala row2. Mobil 2007 harga 100an juta literally ga ada sandaran kepala di belakang ... hebat
Row3 nya juga alakadarnya sih, ane bilang mah cuma bisa digunain buat jarak2 deket...
Yang lengkap sebetulnya di tipe 1.8 ultimate, fiturnya hampir sama ama innova V saat itu dgn harga -+30 juta lebih murah (udah ada ABS+EBD), tapi memang waktu itu paling value for money ya yang 1.5 XV sih
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 269
- Joined: Sat Dec 28, 2013 14:26
Re: Review - 2 Weeks With Nissan Grand Livina XV 1.5 AT 2008
Hihi.. jalan lurus oke banget, begitu ketemu tanjakan langsung blaaarrr padahal itu tanjakan cuma seiprit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 354
- Joined: Tue Dec 31, 2013 14:57
- Daily Vehicle: transjakarta
Re: Review - 2 Weeks With Nissan Grand Livina XV 1.5 AT 2008
pernah naik omprengan GL tipe S (bukan SV) th 2012,
1. row 3nya bener2 gak manusiawi utk 3 orang, terbukti dr 3 penumpang semuanya ngomel2 kesempitan dan salah satu keluar dr mobil..
2. Speaker cuma 2 biji, HU single DIN. Avanza aja gak separah ini yg speakernya 2 biji
3. baris 2 dan 3 gak ada pegangan tangan di plafon, sampe ini aja disunat...
4. gak ada headrest utk 3rd row
Kesimpulan: mobil yg lumayan enak, tp sunatannya kelewat tajam...
1. row 3nya bener2 gak manusiawi utk 3 orang, terbukti dr 3 penumpang semuanya ngomel2 kesempitan dan salah satu keluar dr mobil..
2. Speaker cuma 2 biji, HU single DIN. Avanza aja gak separah ini yg speakernya 2 biji
3. baris 2 dan 3 gak ada pegangan tangan di plafon, sampe ini aja disunat...
4. gak ada headrest utk 3rd row
Kesimpulan: mobil yg lumayan enak, tp sunatannya kelewat tajam...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Review - 2 Weeks With Nissan Grand Livina XV 1.5 AT 2008
Yes this is the car that help me decide not to buy another 1500cc car, especially after riding it to bandung for a couple time i buy it at 2007 dec for 158 jt and sell it at 2010 feb sell at 148 jt
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Review - 2 Weeks With Nissan Grand Livina XV 1.5 AT 2008
1 dekade berlalu, kini duit segitu cuma bisa beli...caylaadrevolution wrote: ↑Tue Mar 28, 2017 12:11Kalau nggak salah dulu tipe SV di 2007 harganya 135jt OTR jkt... fitur jauh sekali dibawah avanza G yg harganya mirip2 waktu itu. Tipe XV kalau gak salah sekitar 150an juta pas baru launching. Mepet2 avanza S.amfibi wrote: ↑Tue Mar 28, 2017 10:53
Makasih om hehe Nah iya tuh dulu saking boomingnya sampe inden 6 bulan, saking pelitnya sampe type SV ga dikasih tachometer DAN bahkan sandaran kepala row2. Mobil 2007 harga 100an juta literally ga ada sandaran kepala di belakang ... hebat
Row3 nya juga alakadarnya sih, ane bilang mah cuma bisa digunain buat jarak2 deket...
Yang lengkap sebetulnya di tipe 1.8 ultimate, fiturnya hampir sama ama innova V saat itu dgn harga -+30 juta lebih murah (udah ada ABS+EBD), tapi memang waktu itu paling value for money ya yang 1.5 XV sih
Iya om, ketemu tanjakan dikit langsung keok yg matic gini. Parah benerr
S nih buat lawan avanza E di jamannya, dulu pernah liat di pameran busettt dah ini mobil bener2 kopong kasarnya cuma ada ac audio alakadar n lampu2, bahan joknya kasar lagicarl wrote: ↑Tue Mar 28, 2017 13:58 Re: Review - 2 Weeks With Nissan Grand Livina XV 1.5 AT 2008Quote carl
by carl » Today, 20:58
pernah naik omprengan GL tipe S (bukan SV) th 2012,
1. row 3nya bener2 gak manusiawi utk 3 orang, terbukti dr 3 penumpang semuanya ngomel2 kesempitan dan salah satu keluar dr mobil..
2. Speaker cuma 2 biji, HU single DIN. Avanza aja gak separah ini yg speakernya 2 biji
Umm this one is the worst 1.5L car i've ever driven in term of power distribution at the steep roads... So, Jakarta-Bandung via Puncak/Cipularang would be a very hard n challenging journey for an impatient driver ofc
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1550
- Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
- Location: Riau
Re: Review - 2 Weeks With Nissan Grand Livina XV 1.5 AT 2008
wew , pemakaian kurleb 3 tahun cuma turun 10 juta , mustahil untuk sebuah batu makam
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 680
- Joined: Thu Nov 03, 2016 17:51
Re: Review - 2 Weeks With Nissan Grand Livina XV 1.5 AT 2008
Ini jadi salah satu masukan saya buat temen saya yg lagi cari mobil 2nd 100jt max.. gak butuh2 bgt 3 baris tp klo emang dpt ya nilai plus bagasi..
Pilihan dia mirage, gl sama march..
Saya arahin miras sm gl si krn miras pernah pake 4 tahunan dan gl jg sering bawa dulu..
Saya akui lemotnya.. even manualnya.. untuk 1.5 ya..
Pilihan dia mirage, gl sama march..
Saya arahin miras sm gl si krn miras pernah pake 4 tahunan dan gl jg sering bawa dulu..
Saya akui lemotnya.. even manualnya.. untuk 1.5 ya..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 322
- Joined: Thu Jun 16, 2016 3:44
Re: Review - 2 Weeks With Nissan Grand Livina XV 1.5 AT 2008
second row bisa lipat rata dengan third row kok om
copot headrest nya, terus tarik belt penarik di bagian alas duduk jok, terus tarik deh belt reclining sandaran jok yang ada di posisi bahu...
kelipat rata itu, saya pernah tidur kok di GL XV 2009 saya semalaman.... hahaha
copot headrest nya, terus tarik belt penarik di bagian alas duduk jok, terus tarik deh belt reclining sandaran jok yang ada di posisi bahu...
kelipat rata itu, saya pernah tidur kok di GL XV 2009 saya semalaman.... hahaha
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4585
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Review - 2 Weeks With Nissan Grand Livina XV 1.5 AT 2008
Nice review om
Mobil ini memang cocok buat orang yang mentingin kenyamanan & peredaman kabin, belom lagi harga 2ndnya sekarang cukup terjangkau dibanding LMPV sekelasnya, sayang ASS Nissan belom sebaik merek jepang lainnya , serta ATPMnya yang terkesan setengah hati dalam menjual mobil ini menurut saya (terbukti dengan penjualan ANGL yang ga semoncer dulu)
Mobil ini memang cocok buat orang yang mentingin kenyamanan & peredaman kabin, belom lagi harga 2ndnya sekarang cukup terjangkau dibanding LMPV sekelasnya, sayang ASS Nissan belom sebaik merek jepang lainnya , serta ATPMnya yang terkesan setengah hati dalam menjual mobil ini menurut saya (terbukti dengan penjualan ANGL yang ga semoncer dulu)
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 680
- Joined: Thu Nov 03, 2016 17:51
Re: Review - 2 Weeks With Nissan Grand Livina XV 1.5 AT 2008
Tapi klo ngomongin bentuk yang ketinggalan jaman jadi gak juga yah karena gl ini sampe sekarang belum keluar all new nya.. masih sekedar fl muka sama lampu aja.. jd biarpun hampir 1 dekade masih mirip2 sama yg barunya haha
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Review - 2 Weeks With Nissan Grand Livina XV 1.5 AT 2008
Pas beli emang pricelist 158 juta, pas jual price list kl gak salah dah 180 jt an deh, pemakaian 2 tahun 2 bulan dong ah masih jauh dari 3 tahun, pajak panjang tuh baru perpanjanggrandis_GT wrote: ↑Tue Mar 28, 2017 15:39wew , pemakaian kurleb 3 tahun cuma turun 10 juta , mustahil untuk sebuah batu makam
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Review - 2 Weeks With Nissan Grand Livina XV 1.5 AT 2008
Sekarang aja sekennya masih lumayan vs harga barunya dulu, belom jatoh sampe setengah harga barunya jg dan udah 1 dekade hahahagrandis_GT wrote: ↑Tue Mar 28, 2017 15:39wew , pemakaian kurleb 3 tahun cuma turun 10 juta , mustahil untuk sebuah batu makam
iya hahaha orang liatnya tuh masih kaya mobil buatan 2010-2012 gitu, beda sama liat avanza G 2008 yg sekarang jadulnya parah. Gengsi tinggi beli tetep terjaga beli ginian tuh
Makasih omm iyaa cocok banget buat yg mentingin 2 hal itu, sama satu lagi bensin irit. Mobil tahun2 segini sih rasanya ga perlu service di bengkel resmi lagi, cukup di bengkel umum jg kehandle n partsnya jauh lebih murah hahaha + ga perlu bayar biaya jasaPboyz97 wrote: ↑Wed Mar 29, 2017 2:48 Nice review om
Mobil ini memang cocok buat orang yang mentingin kenyamanan & peredaman kabin, belom lagi harga 2ndnya sekarang cukup terjangkau dibanding LMPV sekelasnya, sayang ASS Nissan belom sebaik merek jepang lainnya , serta ATPMnya yang terkesan setengah hati dalam menjual mobil ini menurut saya (terbukti dengan penjualan ANGL yang ga semoncer dulu)
Ooooh gitu ya jadi headrest harus dilepas maap om ganyadar bisa dilipet rata gitu wkwksatrialiar69 wrote: ↑Wed Mar 29, 2017 2:37 second row bisa lipat rata dengan third row kok om
copot headrest nya, terus tarik belt penarik di bagian alas duduk jok, terus tarik deh belt reclining sandaran jok yang ada di posisi bahu...
kelipat rata itu, saya pernah tidur kok di GL XV 2009 saya semalaman.... hahaha
Nah iya tuh dibanding march yg -maaf- rubbish, mendingan ini banget jauuuuuuuuuh kemana2, sama2 lemot juga abisan. Mirage lebih baik di fuel consumptionnya sih, ga becanda iritnya lebih dr livina yg udh irit bgt buat mobil 7 seater 2008 menurut anecursQ wrote: ↑Tue Mar 28, 2017 16:22 Ini jadi salah satu masukan saya buat temen saya yg lagi cari mobil 2nd 100jt max.. gak butuh2 bgt 3 baris tp klo emang dpt ya nilai plus bagasi..
Pilihan dia mirage, gl sama march..
Saya arahin miras sm gl si krn miras pernah pake 4 tahunan dan gl jg sering bawa dulu..
Saya akui lemotnya.. even manualnya.. untuk 1.5 ya..
Manual tapi seengganya kita bisa enak ngejaga puteran mesinnya di rpm tinggian karna tenaganya keluar di rpm segitu. Matic ini udah maticnya rada bego, bikin kesel masa lagi nanjak kalo di D, belom kelar nanjak pas di 1 dia udah pindah ke gear 2 padahal tenaganya di 2 ya abis
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26934
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Review - 2 Weeks With Nissan Grand Livina XV 1.5 AT 2008
hmmm... lipina yahh.... jd pengen nebus lg janda nya... ntuh konci2 pas d lemari kayanya dah pd karatan...
btw apa yg dtulis ama fibi dah bener smua tuh... ini mobil mah kl kondisi sehat mah enak buat pemakaian sehari2... peredeman tebel, bahkan ampe ad peredaman tambahan di plaat bodi... ANKI aj ga ad tuh... cuman kl audio ampe speaker nya sehh entah knapa ampas bener bagi ane... tp bgt upgret speaker ama HU aj lgs berasa banget bedany... mungkin ketolong gara2 peredaman extra nya...
ini mobil enak buat mentokin speedo tp buat tarikan bkin malu... torsi bawah melempem... kl mau enak musti ambil yg xgear atau xr... itupun masi kalah lawan M2 atau GE8... dan glitik all the way...
kalo kaki2... ya sudalah... yg penting skrg ud murmer...
btw apa yg dtulis ama fibi dah bener smua tuh... ini mobil mah kl kondisi sehat mah enak buat pemakaian sehari2... peredeman tebel, bahkan ampe ad peredaman tambahan di plaat bodi... ANKI aj ga ad tuh... cuman kl audio ampe speaker nya sehh entah knapa ampas bener bagi ane... tp bgt upgret speaker ama HU aj lgs berasa banget bedany... mungkin ketolong gara2 peredaman extra nya...
ini mobil enak buat mentokin speedo tp buat tarikan bkin malu... torsi bawah melempem... kl mau enak musti ambil yg xgear atau xr... itupun masi kalah lawan M2 atau GE8... dan glitik all the way...
kalo kaki2... ya sudalah... yg penting skrg ud murmer...
numpang lewat aja....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Review - 2 Weeks With Nissan Grand Livina XV 1.5 AT 2008
Tebusss om sekalian balik ke cinta lama si om haha, ane rasa worth it buat dipiara sih kalo kaya gini asal jangan suka bawa2 penumpang banyak ke tanjakan aja wkwkDOHC wrote: ↑Wed Mar 29, 2017 11:34 hmmm... lipina yahh.... jd pengen nebus lg janda nya... ntuh konci2 pas d lemari kayanya dah pd karatan...
btw apa yg dtulis ama fibi dah bener smua tuh... ini mobil mah kl kondisi sehat mah enak buat pemakaian sehari2... peredeman tebel, bahkan ampe ad peredaman tambahan di plaat bodi... ANKI aj ga ad tuh... cuman kl audio ampe speaker nya sehh entah knapa ampas bener bagi ane... tp bgt upgret speaker ama HU aj lgs berasa banget bedany... mungkin ketolong gara2 peredaman extra nya...
ini mobil enak buat mentokin speedo tp buat tarikan bkin malu... torsi bawah melempem... kl mau enak musti ambil yg xgear atau xr... itupun masi kalah lawan M2 atau GE8... dan glitik all the way...
kalo kaki2... ya sudalah... yg penting skrg ud murmer...
Benerr. Emang mobilnya ngebosenin, tapi nyaman buat dipake hari2 dan ga makan duit banyak buat bensinnya itu loh yg ane suka bgt
Nah xgear/xr katanya ga selemot grand ini ya? se-signifikan itu apa cuma dikit? xr murah banget sekennya sekarang wkwk...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 326
- Joined: Fri Sep 18, 2015 17:54
- Location: Pagedangan
- Daily Vehicle: 2016 Toyota AN140 2GD Q AT
Re: Review - 2 Weeks With Nissan Grand Livina XV 1.5 AT 2008
sy udh 2x pake livina, yang pertama 2011 1.5 HWS M/T, trus kecelakaan jual ganti yang skrg, 2014 1.5 SV M/T
dari OGL ke ANGL, kerasa bener bedanya.. mgkn jg beda kastanya jd perbedaan nya kerasa btul ya hahaha..
2015 awal pilih angl dibanding lio (wkt itu udh TD) karena pas masuk lio udh ilfeel bener sama qualitynya, meskipun harus diakui enjin honda diatas nissan.. tp ya pikiran cm bwt pake daily sama sesekali menyalurkan hasrat darah muda, ya sudah cukuplah HR15+M/T..
btw kemaren barusan test drag sama temen, dia M2 Nagare 2013 A/T.. M2 menang start awal, tp seterusnya kesusul jg tuh M2 hehehe.. penumpang sama2 dua orang laki2, bensin sama2 setengah tangki.. saya jg sering pentokin ini mobil, on speedo 180 dapet (bensin pertalit).. tp ya kalo on GPS paling sekitar 165 kurleb.. not bad lah bwt mobil yang dibilang lemot heheh..
tinggal tunggu hasil kobelan mod b8099ok nih
dari OGL ke ANGL, kerasa bener bedanya.. mgkn jg beda kastanya jd perbedaan nya kerasa btul ya hahaha..
2015 awal pilih angl dibanding lio (wkt itu udh TD) karena pas masuk lio udh ilfeel bener sama qualitynya, meskipun harus diakui enjin honda diatas nissan.. tp ya pikiran cm bwt pake daily sama sesekali menyalurkan hasrat darah muda, ya sudah cukuplah HR15+M/T..
btw kemaren barusan test drag sama temen, dia M2 Nagare 2013 A/T.. M2 menang start awal, tp seterusnya kesusul jg tuh M2 hehehe.. penumpang sama2 dua orang laki2, bensin sama2 setengah tangki.. saya jg sering pentokin ini mobil, on speedo 180 dapet (bensin pertalit).. tp ya kalo on GPS paling sekitar 165 kurleb.. not bad lah bwt mobil yang dibilang lemot heheh..
tinggal tunggu hasil kobelan mod b8099ok nih
2016 Toyota AN140 Q 2GD-FTV 6AT
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1050
- Joined: Sun Aug 30, 2015 12:49
- Location: BSD (Bogor Sana Dikit)
- Daily Vehicle: Civic FD2
Re: Review - 2 Weeks With Nissan Grand Livina XV 1.5 AT 2008
resingpsiturism wrote: ↑Wed Mar 29, 2017 17:51 sy udh 2x pake livina, yang pertama 2011 1.5 HWS M/T, trus kecelakaan jual ganti yang skrg, 2014 1.5 SV M/T
dari OGL ke ANGL, kerasa bener bedanya.. mgkn jg beda kastanya jd perbedaan nya kerasa btul ya hahaha..
2015 awal pilih angl dibanding lio (wkt itu udh TD) karena pas masuk lio udh ilfeel bener sama qualitynya, meskipun harus diakui enjin honda diatas nissan.. tp ya pikiran cm bwt pake daily sama sesekali menyalurkan hasrat darah muda, ya sudah cukuplah HR15+M/T..
btw kemaren barusan test drag sama temen, dia M2 Nagare 2013 A/T.. M2 menang start awal, tp seterusnya kesusul jg tuh M2 hehehe.. penumpang sama2 dua orang laki2, bensin sama2 setengah tangki.. saya jg sering pentokin ini mobil, on speedo 180 dapet (bensin pertalit).. tp ya kalo on GPS paling sekitar 165 kurleb.. not bad lah bwt mobil yang dibilang lemot heheh..
tinggal tunggu hasil kobelan mod b8099ok nih
2009 Honda Civic FD2
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
2015 Honda CR-V 2.4l A/T