Review All New Pajero Sport Dakar 4x2

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

psiturism
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: Fri Sep 18, 2015 17:54
Location: Pagedangan
Daily Vehicle: 2016 Toyota AN140 2GD Q AT

Review All New Pajero Sport Dakar 4x2

Post by psiturism »

Halo warga SM sekalian, kali ini saya akan mereview sebuah SUV ladder frame yg mungkin sudah banyak bertebaran reviewnya disini, tetapi saya akan mencoba kembali membuat review ANPS ini dari sudut pandang saya.

Kebetulan, hari ini hari pertama puasa, dan saya libur. Lalu, di grup WA, ternyata banyak juga yang libur hari ini. Akhirnya, saya dan om piggypig77 contact2an, kebetulan dia jg sedang libur. Awalnya, om piggypig77 cuma mau pergi ke bengkel lampu di serpong buat nyari2 DRL buat RM PFLnya yg DRLnya kena sunat oleh lugin.. eh, pisjon :big_slap: , dan karena dia gatau tempatnya, akhirnya saya temenin. Abis nanya2, kita bingung mau kemana, akhirnya setelah makan siang, kita putuskan untuk berkeliling2 dealer buat TD mobil apa aja. Dan karena saya ngebet pengen TD CX5, akhirnya pertama kita pergi dulu ke dealer Mazda BSD.

Pas sampe sana, gataunya unit TD lagi ada di bintaro menurut pengakuan si sales :big_bored: oke, akhirnya kita meluncur ke bintaro, tapi bukannya ke dealer mazda malah mampir ke BMW dulu :big_weee: pas sampe BMW, unit TD yg tersedia hanya 320i dan all new X1, dan kebetulan keduanya sedang dipakai untuk keperluan dealer :big_dunno: oke, karena gagal lagi, akhirnya kita meluncur ke dealer mazda bintaro, karena menurut pengakuan sales BSD unit TD CX5 ada disitu. Dannn.. setelah kita sampai, unit TD TIDAK ADA LAGI!! :big_cry: How come, udh keliling 3 dealer semua unit TDnya gaada. Akhirnya, kita jalan balik ke serpong. Di BSD, iseng2 kita mampir ke dealer mitsu BSD, dan kebetulan unit TD ANPS Dakar ready :big_peace: Jadilah, akhirnya kita TD ANPS, yg akan saya jabarkan pendapat saya ttg mobil ini dibawah ini..

So, let's started

1. Exterior

Image

Dari depan, bisa kita lihat kalau ANPS ini sangat gagah, meskipun bagi sebagian orang agak overchrome. Lampu LED Projie yg berpadu dgn DRL yg terlihat sangat mewah kalau di malam hari. Kita juga mendapatkan sepasang Jet Washer untuk kedua lampu depan seperti halnya Xtrail T31. Grill yg besar juga berguna untuk masuknya udara kedalam ruang mesin.

Image

Dari samping, bisa terlihat kalau bentuk pajero ini agak aneh, mulai dari pilar C ke belakang. Desainnya terlalu menukik menurut saya, ditambah belum adanya spoiler sebagai perangkat standar menambah keanehan mobil ini dari samping. Disini, kita juga mendapatkan banyak sekali chrome, mulai dari rumah spion, handle pintu, dan lis kaca. Velg 18" bawaannya juga terlihat pas bersanding dgn besarnya badan ANPS ini. Yang saya suka, plat body mobil ini terasa lebih berbobot dibandingkan ANF, ketika saya coba tekan2 bodinya terasa jauh lebih mantap dibanding ANF yg bisa penyok seperti halnya CRV RM.

Image

Pada unit ANPS ini, ban yang terpasang adalah Toyo. Yang saya kurang suka, bagian spakbor roda mobil ini tidak tertutup seperti halnya mobil2 monokok jaman sekarang. Hal ini menyebabkan kita bisa melihat dgn jelas chassis ladder frame yg terpasang di mobil ini.

Image

Image

Pada bagian belakang, inilah aib dari mobil ini. Depan sudah gagah, eh belakangnya montok2 meler begini. Apalagi unit yg difoto belum pakai spoiler, jadinya kalo dilihat culun banget. Penggunaan spoiler akan jauh memperbaiki tampilan belakang mobil ini. Lampu melernya menjadi icon dari mobil ini, yg sebenarnya jika dilihat pada malam hari akan sangat keren. Tetapi, pada siang hari.. uelekk tenannn... :big_dunno:

Overall Score: 7.5/10

2. Interior

Image

Desain interior mobil ini lebih kearah sporty ketimbang elegant dan mewah seperti ANF. Even salesnya sendiri mengakui kalo desain interior ANF lebih mewah dibanding ini. Tetapi, dari pemilihan material, ANPS ini terasa lebih merata kualitasnya dibanding ANF. Semua bagian terasa solid, even di bagian2 yg tidak kelihatan spt kolong kabin atau plastik doortrim bagian bawah yg jarang disentuh. Build quality juga baik, dgn panel gap yg sempit dan pemasangan parts2 yg terasa mantap. Jok jauh lebih empuk dari ANF, dan material kulitnya juga lebih terasa mewah ketimbang ANF. Wood panel yg terlihat [cencored] di foto, saat dilihat lgsg lumayan juga, ga jelek2 amat. Yg terasa kurang dari mobil ini adalah storagenya, yg harus diakui ANF jauh lebih pintar dalam memanfaatkan celah untuk dibuat storage ketimbang ANPS ini. Meskipun Center consolenya cukup dalam sehingga bisa menampung cukup banyak barang didalamnya. Satu hal yg janggal adalah antena GPS mobil ini yg mudah lepas, meskipun pada unit yg didalam showroom belum lepas, ttp pada unit TD kami, antena itu seakan2 sudah tidak betah dan ingin makan samtjan :big_slap:

Image

Tambahan foto:

Image
Image
Image
Image

Overall Score: 8/10

3. Accomodation

Akomodasi pada ANPS ini lebih luas dibanding ANF, hal ini berbanding terbalik dgn pajero lama yg lebih sempit daripada fortuner lama. Saya duduk di baris kedua mobil ini masih terasa lega, tidak spt di ANF yg kepala saya mentok keatap (postur saya 178/69). Bagasi juga lebih luas, apalagi kursi bari ketiganya bisa dilipat rata lantai, tdk spt ANF yg masih pake model dilipat kesamping.

Image
Image

Overall score: 8/10

4. Mechanical System and Test Drive

Sebelum kita siksa unit TD, mari kita lihat2 dulu ruang mesinnya.

Image

Terdapat disana mesin 4N15 baru, bertenaga 181 HP dan bertorsi 430 Nm (spec sheet brosur), dipadukan dgn transmisi 8-speed yg mode manualnya bisa manual beneran, tidak spt ANF yg mode manualnya saya gatau buat apaan :big_slap: Mesin ini sangat halus, jauh lebih halus dibanding 2GD, dan saat ditarik pun suaranya jauh lebih menarik dibanding 2GD :mky_02: Tetapi, om piggypig77 menemukan ada peredam yg potongannya tidak rapih, seperti pd gambar dibawah ini

Image

Oke, setelah puas nontonin 4N15, sales nonik datang dan lgsg menyerahkan kunci ke saya.

Let's roll :big_smoking:

Pertama menyalakan mesin, spt yg sudah saya bilang, suaranya jauh lebih halus dibanding ANF. Getaran masih terasa, ttp jauh lebih sedikit dibanding ANF, even om piggypig77 merasa kalau getaran mobil ini lebih halus dibanding getaran RM PFLnya. Saat AC dinyalakan, getaran hilang karena idle RPM lebih tinggi, dan suara yg lebih banyak masuk adalah suara blower AC, ketimbang suara mesin. Peredaman kabin dari luar saat idle juga baik, dan suara audio jg cukup jernih karena kedapnya kabin mobil ini.

Image

Sales nonik masuk ke mobil setelah mengurus surat2, lalu kita jalan. Disini saya berperan sebagai driver dan om piggypig77 sebagai navigator (udh kaya rifat sungkar aja :big_slap:) Jalan keluar dari dealer, saya harus pembiasaan dulu dgn remnya karena diinjak sedikit mobil lgsg berenti, lebih pakem dibanding ANF :big_exellent: pertanda aman untuk saya siksa hari ini. Keluar dari dealer, jalannya cukup rusak, bantingan suspensi terasa lebih empuk dibanding ANF. Saat masuk jalan raya, kondisinya ramai lancar, saya mencoba membawa mobil ini dgn gaya mengemudi santai. Ternyata, jika dibawa santai, mobil ini terasa sekali lemotnya. Antara 1k-1.5k RPM terasa sekali turbo lagnya. Awalnya, saya cukup kecewa. Begitu muter balik di bsd junction, karena kita kearah golf, jalanan lebih sepi dibanding yg tadi, lgsg saya hajar ini mobil di mode D. Begitu masuk 2k RPM, tenaganya SETAN! :big_exellent: Saya selip2 diantara motor2 lalu gas pol, gaada abis2nya ini tenaganya. Untung remnya pakem, kalo ngga mungkin skrg udh masuk headline de***.com "TEST DRIVE ANPS MEMBAWA PETAKA" :big_slap: Pas selip2, body terasa goyang, tetapi tetap mantap meskipun dibanding ANF lebih stabil ANF karena suspensinya lebih keras. Begitu masuk golf, jalan lurus, kosong, saya masuk ke M, turunin gigi 1, lgsg pedal to the metal... and surprisingly, turbo lag tadi tidak terasa lagi setelah saya kebut sebelumnya. Lgsg saya hajar abis ini mobil, sampe indikator fuelnya kedip2. Zigzag pake ini mobil di turunan golf, kondisi basah hujan, dgn kecepatan 120, pede aja nikung sambil nyelip2. Ketemu VRZ tetot sekali lgsg saya ilang bles. BUENER2 ENAK POL TENAGANYA! Pas nikung, terasa sekali kalau stabillity control mobil ini sangat berguna, karena begitu mau understeer, mobil seakan terkoreksi lagi kearah yg seharusnya. (Kalo yg tau tikungan golf pasti ngertilah tikungan ini lumayan tajam). Mungkin saya tidak akan berani nikung begitu pake ANF, karena meskipun suspensinya lebih keras, kenyataannya stabillity control lebih banyak membantu saat kondisi spt itu ketimbang set up suspensi yg sok2 dikerasin seakan2 menipu kodratnya sebagai Ladder Frame SUV. Lampu merah, lalu saya puter balik, dan terpampang didpn saya sebuah jalanan damai indah golf yg kosong dan hanya terdapat motor2 dipinggiran. Kembali, saya mainkan mode manualnya, karena pas yg sebelumnya saya tidak terlalu memperhatikan upshift dan downshiftnya karena konsen selap selip. Masuk ke M1, pedal to the metal again, and go! Upshift sangat cepat, spt tidak ada jeda, dan saya prediksi 0-100 mobil ini bisa sekitar 10 detikan (dgn kondisi jalanan basah). Yg menjadi kekurangannya adalah, saat downshift, jedanya cukup lama shg agak menyulitkan untuk engine brake. Tetapi, itu tidak menjadi masalah karena rem mobil ini sangat pakem. Begitu keluar golf, saya kembali berhadapan dgn jalan stop and go untuk kembali ke dealer, dan surprisingly turbo lagnya tidak terasa lagi. Digas dikit loncat. Sepertinya ECU mobil ini mempelajari karakter pengemudinya, saat ingin santai dia santai, saat kita hajar kebut ya dia responsif. Setelah kembali ke dealer, sales nonik tadi saya lihat jalannya sampe gemeteran :big_biglaugh: Saya dan om piggypig77 cuma ketawa aja ngeliatnya :mky_07:

Yang lucu, pas mau parkir di dealer, kelihatannya kamera parkirnya copot gara2 saya bawa kebut sebelumnya :big_biglaugh:

Image

Overall Score: 8,5/10

5. Verdict

Dgn sesi TD yg singkat ini, bisa dibilang bahwa ANPS memilih mechanical system yg jauh lebih baik dibandingkan ANF, tetapi dgn kemasan yg lebih rough. Keseimbangan antara kenyamanan dan keasikan mengemudi yg disajikannya juga pas, ketimbang ANF yg lebih keras set up suspensinya ttp sangat tidak nyaman untuk penumpang. Fitur yg didapat juga merupakan fitur2 yg lebih berguna untuk dijalan, spt stabillity control, 8-speed transmission with REAL manual mode, 4-disc brakes, dll. Fitur2 tadi tentu akan jauh lebih berguna ketimbang PBD, All-Auto power window, interior kulit2an ttp tenaganya ngempos :big_slap: . So, jika saya punya uang 500 jt cash, dan saya ingin membeli sebuah ladder frame SUV, maka ANPS ini akan menjadi pilihan saya.

So, that's it for today, I hope all of you enjoy reading this review. Thanks
adityawei
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 742
Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013

Re: Review All New Pajero Sport Dakar 4x2

Post by adityawei »

Jadi ini tadi pelampiasan check in dealer BMW :mky_07:
Nice review, komplit foto2nya.. Sayangnya, foto sales noniknya dong tim.. Masa foto mobil doang :weekk:
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1805
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: Review All New Pajero Sport Dakar 4x2

Post by FRD »

cir ngedate berdua ama bro victor hari ini akhirnya dapet TD anps wuahahahaha... ga bayangin tu kek gmn si sales ngumpat di dalam hati, dan juga ada penampakan bro victornya :mky_03:


nice review bro!




vipseries mana vipseries :ngacir:
:big_smoking:
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 795
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: Review All New Pajero Sport Dakar 4x2

Post by doge »

:mky_02: Great review om


Tp kamera blkgnya kok bs geser gitu ya abis dikebut...
Kesannya kyk barang pasang sndiri..
:ngacir:
User avatar
Mitsubishisale
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 593
Joined: Tue Sep 23, 2014 11:46
Location: Jl.Danau Sunter Utara Blok B No 14

Re: Review All New Pajero Sport Dakar 4x2

Post by Mitsubishisale »

Cie...cie... yang abis ngedate :mky_03:


Nice ripiu :big_exellent:

Tpi sayang bsa ada foto nonik nya :weekk:
Menerima Pemesanan Kendaraan MITSUBISHI dan Merk Lain nya :big_deal:

More Info :

Xl : 0877-7778-1377 ( WA + Tlp )


:big_cat:
User avatar
fizrmen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1052
Joined: Sun Aug 30, 2015 12:49
Location: BSD (Bogor Sana Dikit)

Re: Review All New Pajero Sport Dakar 4x2

Post by fizrmen »

setelah di pehape-in Masdah dan BMW, jd ini pelampiasan ente? makanya ke avant ajak2.... :mky_03: anyway nice review :big_exellent:

jadi kapan para iblis tangerang berkumpul................. :ngacir:
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
2022 Mitsubishi Xpander Cross CVT
dimassn25
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 474
Joined: Sun Dec 27, 2015 6:41
Location: Bekasi

Re: Review All New Pajero Sport Dakar 4x2

Post by dimassn25 »

Review di anf katanya suspensinya lebih empuk dari anps. Eh disini klaimnya lebih empuk anps dari anf, jadi penasaran test drive dua-duanya. Mungkin nanti terwujud pas giias.

Bener nih setelah masuk ke kabin kompartemennya kurang banyak, sayang buat mobil suv adventure kayak gini.
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Review All New Pajero Sport Dakar 4x2

Post by evolution21 »

Pas downshift jeda agak lama, jadi transmisinya agak lemot ya?
psiturism
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: Fri Sep 18, 2015 17:54
Location: Pagedangan
Daily Vehicle: 2016 Toyota AN140 2GD Q AT

Re: Review All New Pajero Sport Dakar 4x2

Post by psiturism »

adityawei wrote:Jadi ini tadi pelampiasan check in dealer BMW :mky_07:
Nice review, komplit foto2nya.. Sayangnya, foto sales noniknya dong tim.. Masa foto mobil doang :weekk:
Thankss om AB :mky_01:

Sales nonik lgsg ngacir begitu turun dari mobil :big_slap:
FRD wrote:cir ngedate berdua ama bro victor hari ini akhirnya dapet TD anps wuahahahaha... ga bayangin tu kek gmn si sales ngumpat di dalam hati, dan juga ada penampakan bro victornya :mky_03:


nice review bro!




vipseries mana vipseries :ngacir:
Uwe ngedate sama CC rid barusan :big_slap:

Vipseries ngacir abis kalah lawan CR2 sigma :mky_07:
doge wrote::mky_02: Great review om


Tp kamera blkgnya kok bs geser gitu ya abis dikebut...
Kesannya kyk barang pasang sndiri..
Makanya saya juga heran oom, mau lihat kebelakang area parkirnya lumpur semua, saya pake sendal jepit.. jadi ya gajadi deh hehe

btw thanks om
Mitsubishisale wrote:Cie...cie... yang abis ngedate :mky_03:

Nice ripiu :big_exellent:

Tpi sayang bsa ada foto nonik nya :weekk:
Ngedate ama sales noniknya om wen :mky_03:
fizrmen wrote:setelah di pehape-in Masdah dan BMW, jd ini pelampiasan ente? makanya ke avant ajak2.... :mky_03: anyway nice review
:big_exellent:

jadi kapan para iblis tangerang berkumpul................. :ngacir:
Makanya ente udh disuruh bolos kuliah malah gamau :big_weee:

siapa yang iblis? uwe fallen angel (kata2nya vipseries :mky_03: )
dimassn25 wrote:Review di anf katanya suspensinya lebih empuk dari anps. Eh disini klaimnya lebih empuk anps dari anf, jadi penasaran test drive dua-duanya. Mungkin nanti terwujud pas giias.

Bener nih setelah masuk ke kabin kompartemennya kurang banyak, sayang buat mobil suv adventure kayak gini.
Harus TD dua2nya om, biar bisa bandingin lgsg antar keduanya.

Kebetulan saya udh TD ANF 2x, ANPS 2x. Jadi ya saya bisa bandingin lebih nyaman mana diantara kedua mobil ini. Power mesin juga berasa beda kok om, jauhlah 2GD sama 4N15 (kondisi standart). Tapi, untuk low RPM, lebih responsif ANF, tapi begitu diatas 3k RPM ANF udh ngilang tenaganya.

Kalo TD, cari sales nonik om, biar lebih mantab TDnya :big_slap:

evolution21 wrote:Pas downshift jeda agak lama, jadi transmisinya agak lemot ya?
Kalo upshift ga ada jeda om, pas downshift doang, dia ada jeda sepersekian detik. Kebalik sama spin punya, yg kalo upshift ada jeda tpi pas downshift lgsg turun giginya tanpa jeda. Saran saya sih, kalo timbang buat tarik2an di tol, taro D aja udh cukup. Toh ini transmisinya jauh lebih pintar dari transmisinya ANF, yg mode manualnya palsu. Taro di D aja kita lepas gas dia ga lgsg ngeloss kok om, ada berasa engine brakenya juga, meskipun emg ga seberasa kalo mainin mode manualnya.
2016 Toyota AN140 Q 2GD-FTV 6AT