Kebetulan, hari ini hari pertama puasa, dan saya libur. Lalu, di grup WA, ternyata banyak juga yang libur hari ini. Akhirnya, saya dan om piggypig77 contact2an, kebetulan dia jg sedang libur. Awalnya, om piggypig77 cuma mau pergi ke bengkel lampu di serpong buat nyari2 DRL buat RM PFLnya yg DRLnya kena sunat oleh lugin.. eh, pisjon

Pas sampe sana, gataunya unit TD lagi ada di bintaro menurut pengakuan si sales





So, let's started
1. Exterior

Dari depan, bisa kita lihat kalau ANPS ini sangat gagah, meskipun bagi sebagian orang agak overchrome. Lampu LED Projie yg berpadu dgn DRL yg terlihat sangat mewah kalau di malam hari. Kita juga mendapatkan sepasang Jet Washer untuk kedua lampu depan seperti halnya Xtrail T31. Grill yg besar juga berguna untuk masuknya udara kedalam ruang mesin.

Dari samping, bisa terlihat kalau bentuk pajero ini agak aneh, mulai dari pilar C ke belakang. Desainnya terlalu menukik menurut saya, ditambah belum adanya spoiler sebagai perangkat standar menambah keanehan mobil ini dari samping. Disini, kita juga mendapatkan banyak sekali chrome, mulai dari rumah spion, handle pintu, dan lis kaca. Velg 18" bawaannya juga terlihat pas bersanding dgn besarnya badan ANPS ini. Yang saya suka, plat body mobil ini terasa lebih berbobot dibandingkan ANF, ketika saya coba tekan2 bodinya terasa jauh lebih mantap dibanding ANF yg bisa penyok seperti halnya CRV RM.

Pada unit ANPS ini, ban yang terpasang adalah Toyo. Yang saya kurang suka, bagian spakbor roda mobil ini tidak tertutup seperti halnya mobil2 monokok jaman sekarang. Hal ini menyebabkan kita bisa melihat dgn jelas chassis ladder frame yg terpasang di mobil ini.


Pada bagian belakang, inilah aib dari mobil ini. Depan sudah gagah, eh belakangnya montok2 meler begini. Apalagi unit yg difoto belum pakai spoiler, jadinya kalo dilihat culun banget. Penggunaan spoiler akan jauh memperbaiki tampilan belakang mobil ini. Lampu melernya menjadi icon dari mobil ini, yg sebenarnya jika dilihat pada malam hari akan sangat keren. Tetapi, pada siang hari.. uelekk tenannn...

Overall Score: 7.5/10
2. Interior

Desain interior mobil ini lebih kearah sporty ketimbang elegant dan mewah seperti ANF. Even salesnya sendiri mengakui kalo desain interior ANF lebih mewah dibanding ini. Tetapi, dari pemilihan material, ANPS ini terasa lebih merata kualitasnya dibanding ANF. Semua bagian terasa solid, even di bagian2 yg tidak kelihatan spt kolong kabin atau plastik doortrim bagian bawah yg jarang disentuh. Build quality juga baik, dgn panel gap yg sempit dan pemasangan parts2 yg terasa mantap. Jok jauh lebih empuk dari ANF, dan material kulitnya juga lebih terasa mewah ketimbang ANF. Wood panel yg terlihat [cencored] di foto, saat dilihat lgsg lumayan juga, ga jelek2 amat. Yg terasa kurang dari mobil ini adalah storagenya, yg harus diakui ANF jauh lebih pintar dalam memanfaatkan celah untuk dibuat storage ketimbang ANPS ini. Meskipun Center consolenya cukup dalam sehingga bisa menampung cukup banyak barang didalamnya. Satu hal yg janggal adalah antena GPS mobil ini yg mudah lepas, meskipun pada unit yg didalam showroom belum lepas, ttp pada unit TD kami, antena itu seakan2 sudah tidak betah dan ingin makan samtjan


Tambahan foto:




Overall Score: 8/10
3. Accomodation
Akomodasi pada ANPS ini lebih luas dibanding ANF, hal ini berbanding terbalik dgn pajero lama yg lebih sempit daripada fortuner lama. Saya duduk di baris kedua mobil ini masih terasa lega, tidak spt di ANF yg kepala saya mentok keatap (postur saya 178/69). Bagasi juga lebih luas, apalagi kursi bari ketiganya bisa dilipat rata lantai, tdk spt ANF yg masih pake model dilipat kesamping.


Overall score: 8/10
4. Mechanical System and Test Drive
Sebelum kita siksa unit TD, mari kita lihat2 dulu ruang mesinnya.

Terdapat disana mesin 4N15 baru, bertenaga 181 HP dan bertorsi 430 Nm (spec sheet brosur), dipadukan dgn transmisi 8-speed yg mode manualnya bisa manual beneran, tidak spt ANF yg mode manualnya saya gatau buat apaan



Oke, setelah puas nontonin 4N15, sales nonik datang dan lgsg menyerahkan kunci ke saya.
Let's roll

Pertama menyalakan mesin, spt yg sudah saya bilang, suaranya jauh lebih halus dibanding ANF. Getaran masih terasa, ttp jauh lebih sedikit dibanding ANF, even om piggypig77 merasa kalau getaran mobil ini lebih halus dibanding getaran RM PFLnya. Saat AC dinyalakan, getaran hilang karena idle RPM lebih tinggi, dan suara yg lebih banyak masuk adalah suara blower AC, ketimbang suara mesin. Peredaman kabin dari luar saat idle juga baik, dan suara audio jg cukup jernih karena kedapnya kabin mobil ini.

Sales nonik masuk ke mobil setelah mengurus surat2, lalu kita jalan. Disini saya berperan sebagai driver dan om piggypig77 sebagai navigator (udh kaya rifat sungkar aja






Yang lucu, pas mau parkir di dealer, kelihatannya kamera parkirnya copot gara2 saya bawa kebut sebelumnya


Overall Score: 8,5/10
5. Verdict
Dgn sesi TD yg singkat ini, bisa dibilang bahwa ANPS memilih mechanical system yg jauh lebih baik dibandingkan ANF, tetapi dgn kemasan yg lebih rough. Keseimbangan antara kenyamanan dan keasikan mengemudi yg disajikannya juga pas, ketimbang ANF yg lebih keras set up suspensinya ttp sangat tidak nyaman untuk penumpang. Fitur yg didapat juga merupakan fitur2 yg lebih berguna untuk dijalan, spt stabillity control, 8-speed transmission with REAL manual mode, 4-disc brakes, dll. Fitur2 tadi tentu akan jauh lebih berguna ketimbang PBD, All-Auto power window, interior kulit2an ttp tenaganya ngempos

So, that's it for today, I hope all of you enjoy reading this review. Thanks