Review: All New Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Review: All New Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2

Post by haristk7 »

Halo rekan-rekan dan pengunjung website SerayaMotor, kembali berjumpa dengan saya. :big_smile]

Kali ini saya akan mereview sebuah ladder frame SUV yang lumayan populer di Indonesia, Mitsubishi Pajero Sport. Tipe yang saya tes ini adalah tipe yang sekarang lagi populer di Indonesia, Pajero Sport Dakar 4x2 8AT.

Image

1. Prolog

Sebenarnya sesi test drive kali ini tidak begitu direncanakan, karena kebetulan saja dengan tempat seseorang disini, maka langsung kontak dan tanya “unit TD ada ?” “ada nih”, langsung deh capcus ke lokasi. Sesampainya disana, sudah menunggu ANPS Dakar 4x2 warna silver siap untuk dicoba.

Mitsubishi Pajero Sport adalah salah satu SUV Ladder Frame yang lumayan populer di Indonesia, generasi sebelumnya yang diluncurkan tahun 2008 secara global sukses mendapat tempat di Masyarakat Indonesia, terbukti dengan puluhan ribu unit yang bertebaran di Indonesia dengan berbagai varian.

Pada bulan Agustus 2015, All New Pajero Sport diperkenalkan di Thailand dan akhirnya awal tahun 2016 tiba di Indonesia. Mobil ini terbukti langsung menjadi primadona di pasar SUV Ladder Frame medium dimana penjualannya sendiri telah mengalahkan All New Toyota Fortuner. Tersiar kabar juga bahwa pada tahun 2017 mobil ini akan dirakit di Indonesia.

Data Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 (2WD)
- Mesin: 4N15 2.4L MIVEC Turbocharged and Intercooled (EURO II)
- Drivetrain: Rear Wheel Drive
- Transmission: 8 Speed Automatic with manual mode and paddle shifter (Dakar only)
- Ban: Dunlop AT20 Grand Trek 265/60R18
- Berat Kosong: 1.935kg (Sumber: KTB Mitsubishi)
- Fuel Tank Capacity: 68L
- Dimension (P x L x T) (meter): 4.7 x 1.8 x 1.8 ; wheelbase: 2.8
- Brakes: Front with ventilated disc. Rear with solid disc
- Steering: Hydraulic Power assisted rack and pinion steering
- Offroad Performance (Angle Degree): Approach 30, Ramp Break Over 23, Departure 30
- Harga Jual OTR Jakarta: Rp 496.000.000,00

2. Eksterior

Image
that's kinda cool..really good looking !

Mobil ini memiliki tampang depan yang sangat cakep dan terkesan agresif, mungkin ini adalah SUV Ladder Frame kelas menengah dengan tampang depan paling bagus saat ini. Kalau dilihat dari samping, SUV ini proporsinya sepertinya agak kurang pas, mungkin tarikan garis jendelanya agak terlalu kurus untuk mobil sebesar ini, dan pilar C nya sepertinya memiliki blind spot yang lumayan besar.

Untuk Pantatnya.......well, mobil ini...either you love it or hate it. Pertama kali teaser mobil ini keluar dan memperlihatkan lampu belakangnya, kesan saya pribadi adalah “Mitsubishi ngapain sih ? ini pantatnya kok jelek banget ?”. Ternyata bukan saya saja yang memiliki pendapat tersebut, hampir sebagian besar orang dan mungkin sebagian orang disini tahu, Bapak Gubernur DKI Jakarta, Pak Ahok, tidak menyukai desain pantat Pajero Sport yang baru. “Jelek banget”, “kok aneh sih ?”, “ini maksudnya apa tarikan garis lampunya begini ?”, “ini yang desain semalam habis minum sake kebanyakan ya ?”, itu sebagian kalimat yang saya dengar pada saat orang-orang melihat pantatnya Pajero Sport. Buat saya pribadi, yes, it’s “fugly” (buat yang tidak tahu arti fugly, silahkan cari tahu sendiri apa maksud kata itu).

Image
errmm...okay..guys or whoever design this, what have you done !?

Tapi desain pantatnya agak terobati dengan penambahan spoiler belakang dan rear garnish, agak sedikit tertolong kalau berbicara soal “enak dipandang mata”. Kalau anda tidak peduli soal aerodinamis dan yang berhubungan dengan hal tersebut, kalau anda beli Pajero Sport Dakar jangan lupa sekalian beli atau minta bonus spoiler belakang, kalau terlanjur beli silahkan kunjungi dealer Mitsubishi terdekat untuk membeli spoiler belakang tersebut (catatan: saya bukan sales mitsubishi, cuma seseorang yang tidak tahan dengan desain pantat Pajero Sport). Tapi ada satu hal yang pasti dari desain pantat yang nyeleneh tersebut: Mobil ini sangat noticeable di malam hari dari kejauhan.

Image

Desain velgnya yang berukuran 18 inch lumayan bagus, terlihat keren, dan cocok untuk Pajero Sport.

Score: 7/10

3. Interior

Image

Untuk urusan interior, All New Pajero Sport Dakar benar-benar berbenah secara drastis dibanding pendahulunya. Kabinnya sekarang lebih terkesan agak premium dengan penggunaan material yang cukup bagus, catatan datang dari wood panel di center console yang sepertinya salah total ada disitu. Maaf ya, wood panelnya norak, gak pas untuk mobil beginian. Kenapa tidak memakai black piano finish seperti versi luar negeri yang membuat ambience interior menjadi jauh lebih bagus ? semoga pada saat versi CKD keluar, center console Dakar berubah menjadi black piano finish...ooh untuk material plastik sih masih agak bertebaran, tapi lebih bagus feel nya dibanding generasi sebelumnya...hmm tapi menurut saya pribadi, bentuk interior Toyota Fortuner VRZ masih lebih oke dari ANPS..

Image
hmm much better...but wait ! something's missing !

3.1 Seating

Image
1st row]

Oke mari kita coba duduk-duduk manis di mobil ini. Berdasarkan pengalaman saya menyetir Pajero Sport model sebelumnya di Palembang, model baru ini posisi duduk pengemudi dan penumpang depan terasa lebih enak dan lebih nyaman. Bergeser ke baris kedua, sepertinya disini agak sempit ya, lantainya rada tinggi pula, tidak ada perubahan berarti di baris kedua. Pada saat IIMS 2016 kemarin, saya sempat mencoba duduk di baris kedua ditemani dengan 2 orang teman saya berpostur sedang. Kami cukup kaget dengan kenyataan apabila baris kedua diisi dengan 3 orang dewasa, posisi duduk kami jadi lumayan sempit dan agak kurang nyaman untuk perjalanan jauh. Untuk baris ketiga, sekilas melihat, yaa sepertinya lebih cocok untuk anak kecil yang duduk disitu.

Image
2nd row nya rada sempit

Image
yah ala kadarnya deh..buat anak kecil atau emergency use only

Kursi pengemudi sudah dilengkapi dengan kursi elektrik untuk memudahkan pengaturan kursi dan mencari posisi duduk yang pas ketika akan mengemudi. Kursinya sudah dilengkapi dengan jok kulit yang buat saya pribadi sudah cukup nyaman. Posisi duduk nya lumayan oke dengan visibilitas lumayan baik, kecuali pandangan ke pillar C yang agak sedikit kurang enak karena ada blind spot. Ruang kepala sendiri untuk baris depan masih lumayan luas. Dari semua hal yang berhubungan dengan seating di Pajero Sport, saya menarik kesimpulan bahwa mobil ini adalah untuk dikemudikan sendiri, kurang enak memakai jasa sopir dan duduk manis di baris kedua.

Score: 7/10

3.2 Features

Image
MID yang informatif

Untuk urusan fitur, bisa dibilang gak begitu banyak peningkatan dari generasi sebelumnya. Untuk versi CBU Thai Dakar 2WD, ini daftar fitur yang terdapat di mobil: Electric Driver Seat, Audio Control Button, Clarion Double Din Head Unit with Rear Camera and Navigation System + 6 Speaker Audio System, MID, Paddleshift, Dual Zone Climate Control, Headlamp Washer, Sunroof, Push Start Button, 3rd row seating, dan parking sensor. Nothing much, tidak bertabur banyak fitur ala SUV monokok seperti CRV, Forester, dan CX5.

Image

Score: 7.25/10

3.3 Entertainment

Image
I need your loving, loving
I need it now
When I'm without you
I'm something weak

:e-whistle:

Urusan hiburan, mobil ini dilengkapi dengan audio 6 speaker dan mempunyai head unit merk Clarion dengan tipe NX403AW yang sudah dilengkapi dengan kamera mundur serta sistem Navigasi yang menurut saya lumayan bagus. Tapi ntah kenapa saya pribadi lebih suka dengan suara audio Pajero Sport Dakar sebelumnya yang dibekali 8 speaker berkekuatan 420 watt.

Image
Excellent navigation system i must say

Score: 8/10

3.4 Storage

Image
area bagasi, kondisi baris ketiga sedang terlipat

Oke masuk ke bagian storage, area penyimpanan di dalam mobil. Untuk bagasinya sendiri lumayan lapang apabila kursi baris ketiga sedang tidak aktif, apabila aktif maka ruang penyimpanan bagasi menjadi agak terbatas. Tiap pintu sudah dilengkapi dengan door pocket untuk penyimpanan barang atau pernak-pernik pelengkap perjalanan, misalnya botol minum.

Image
yang hilang di pintu depan

Kemudian ada glovebox berukuran cukup standar, bisa menampung botol air minum, buku service dan manual, snack, gadget. Adajuga tempat penyimpanan di balik center armrest. Yang disayangkan adalah penyimpanan di center console sangat minim dan tidak ada tempat di door trim, bagian untuk menarik pintu dari dalam untuk menaruh...misalnya koin. Mobil adventure kok storage area nya kurang ? :big_bored:

Score: 6.5/10

Total score for interior: 7.1/10

4. On the road

Image
hello there 4N15 !

Mari kita ajak jalan si mobil. Untuk menyalakan pastikan kunci di dalam mobil, injak rem, dan tekan tombol start-stop button. Mesin diesel 4N15 MIVEC VGT bertenaga 181ps @3500rpm dan torsi sebesar 430Nm @2500rpm mulai meraung menunjukkan tanda kehidupan. Mesin ini dipandu dengan transmisi 8 speed maju + 1 speed mundur..8 speed, ini levelnya sepertinya setara dengan mobil Eropa seperti BMW, Mercedes Benz, dan Land Rover. Mundur perlahan dari parkiran dibantu kamera mundur, mobil ini terasa cukup besar dan untuk yang tidak terbiasa menyetir mobil besar akan terasa sedikit terintimidasi dengan dimensinya, apalagi kalau sedang di parkiran.

Image

Mobil yang dibalut dengan ban Dunlop AT20 Grand Trek 265/60/R18 ini saya arahkan ke Jalanan Sunter. Kalau di jalanan mobil ini buat saya pribadi dimensinya tidak membuat saya terintimidasi, hanya saja saya harus memperhitungkan panjang badannya yang 4.7-4.8 meter. Dalam hal berbelok kesana kemari di sekitaran sunter, saya tidak menemui kesulitan berarti ketika bermanuver, stirnya tidak seberat Pajero Sport sebelumnya dan masih lumayan komunikatif. Selama di jalanan non-tol, saya sempat menemui beberapa titik kemacetan. Perilaku mobil, khususnya transmisi cenderung halus dalam merayap di kemacetan, terlebih lagi torsinya yang cukup besar di putaran bawah membuatnya tidak kesulitan untuk maju ketika harus jalan merayap. Mobil kemudian saya arahkan ke Tanjung Priok sebelum saya masuk ke jalan tol dalam kota.

Image

Masuk ke tol dengan rute: Tanjung Priok – Ancol – Slipi – Grogol – Sudirman – Kuningan – Cawang – Kelapa Gading. Saya kemudian sedikit mengetes performa mesin dan transmisi mobil ini. Buat saya sendiri 8 speed AT nya not bad dan smooth, tarikan awal memang jadi rada cepet shift up nya dan nafasnya jadi rada pendak, daaann.....kayaknya perpindahan gigi di sekitar gigi 6-7-8 agak sedikit lambat, maksudnya adalah dia nahan RPM nya agak terlalu tinggi sebelum dia shift up ke gigi berikutnya. Jadi sepanjang jalan saya kebanyakan hanya bertengger di gigi 6. Sepertinya ini karakter transmisi ANPS yang disebut beberapa rekan2 SM. Buat cruising sih enak kalo gak keseringan ganti gigi, tapi kalo mau ngejer irit jadi rada susah. Mode manual sempat saya mainkan dan perpindahan giginya cukup halus dan lumayan menarik, di kecepatan 100km/h mobil ini RPM nya anteng di sekitar 1800-2000rpm, saya lupa berapa tepatnya tapi cukup rendah dan membantu efisiensi bahan bakar, FYI unit test drive ini memakai bensin Pertadex dengan konsumsi bahan bakar rata-rata 8.1-8.4l/100km.

Pengereman mobil ini cukup bagus, lumayan gigit, walaupun gejala body mobil menungging ketika pengeraman masih agak terasa. Untuk suspensi dia lebih empuk dari generasi sebelumnya dan limbungnya masih terasa, khususnya di kecepatan tinggi. Berdasarkan pengalaman saya menyetir Pajero Sport Dakar generasi sebelumnya di Palembang, generasi terbaru ini chassisnya lebih enak dan lebih kalem, body controlnya ada improvement, stirnya juga lebih komunikatif dan lebih presisi. Untuk kabinnya sendiri berasa lebih kedap dari generasi sebelumnya, suara dari luar dan suara mesin dieselnya juga tidak terlalu terdengar di dalam kabin.

Image
yang mau ngetes SUV/Crossover rada offroad dikit bisa kesini, jalanannya lumayan hancur

Selesai bermain di tol, mobil saya arahkan masuk ke jalan jelek di sekitaran sunter. Mungkin lebih tepatnya bukan jalanan ya, tapi seperti semacam kubangan, pokoknya jalannya hancur deh. “Berani kotor itu baik”, kalimat itu tiba-tiba saja terngiang di kepala saya melihat adanya banyaknya kubangan dan hati saya terpanggil untuk menyemplungkan si Dakar ke kubangan-kubangan kecil tersebut. Mobil pun naik turun mengikuti kontur jalanan yang sudah sangat tidak rata...hancur lebih tepatnya. Beruntung kubangan tersebut juga tidak terlalu parah bener sehingga Dakar 4x2 ini masih bisa melewatinya dengan aman...dalam hati saya berkata, ”hmm, yang 2WD aja udah lumayan nih, yang 4WD pasti jauh lebih mantep”.

Setelah puas “kencan” dengan sang bintang baru dari Mitsubishi, saya mengarahkan mobil kembali ke dealer. Overall saya lumayan puas dengan Pajero Sport terbaru ini, walaupun masih belom sempurna, saya harap kedepannya akan ada perbaikan di beberapa sektor, terutama interior.

Score: 8/10

5. Safety Features

Mitsubishi Pajero Sport Dakar terbaru dilengkapi dengan 2 Airbags depan, ABS EBD, Stability Control with Traction Control System, Parking Sensor, Rear Camera..hmm ada yang disunat, harusnya bisa lebih baik lagi safety featuresnya..tapi adanya Traction Control menjadi nilai plus di mobil ini.

Score: 7/10

6. Conclusion

Okeee, setelah kencan singkat dengan si primadona baru dari Mitsubishi, am i fall in love with her ? hmmm, yeah, i’m in love with her ! Mesinnya mantap, transmisi lumayan oke, dan overall quite an improvement dari model sebelumnya.

Oke mungkin semua orang yang akan meminang mobil ini akan memiliki kesan pertama “apaan sih ini dengan desain bagian belakangnya ? kok aneh/jelek/gak jelas begini ?”..oke itu masuk akal karena kalau dilihat dari luar, terutama kalo dari belakang, rada susah dicerna desainnya. Tapi sepertinya akan terlupakan kalau kita lihat dari depan dan pada saat mengemudikannya, mungkin anda akan cepat melupakan desain belakangnya ketika anda mengendarai mobil ini sambil menikmati tenaga yang keluar dari mesinnya dan melihat bagian depannya yang terlihat keren dan gagah.

Sebenarnya yang bikin saya agak sedikit hati adalah harganya, ketika melihat pricing Pajero Sport di Australia, dengan harga yang tidak jauh berbeda, spesifikasi yang ditawarkan jauh lebih lengkap versi Australia dimana sudah dilengkapi dengan Rear Differential Lock, Blind Spot Monitor, Forward Collision Mitigation, black piano finish di center console, dll.

Okelah itu spek Australia, dan yaaa..jika mengikuti spek Australia mungkin harga PJS akan tembus 600—800jt rupiah...dan jadi gak kompetitif harganya hehehe..ironis.

lalu..kira-kira..mobil ini gimana ya ? coba kita lihat..
- Apakah anda sering bepergian keluar kota untuk urusan pekerjaan, melewati jalanan jelek, jalanan menanjak, dan suka agak ngebut ? kalo iya, mungkin All New Pajero Sport bisa menjadi salah satu pilihan anda
- Apakah anda suka berlibur dan berpetualang keluar kota ? kalo iya, All New Pajero Sport bisa menjadi salah satu pilihan anda
- Anda hanya ingin sekedar mencari mobil bebas banjir ? dengan wading depth 700mm mobil ini bisa menjadi pilihan menarik untuk anda


Dari saya untuk Mitsubishi Pajero Sport Dakar, “Forget about the rear, please just enjoy her exciting power !

Well, jika ada yang fullspek seperti versi Australia, minus sunroof, saya mau satu deh yang 4WD dan berwarna Deep Bronze Metallic

Pros
- Mesinnya mantap
- Transmisi 8AT menjamin keiritan bahan bakar
- Wading depth 700mm
- Tampang depan keren
- Interiornya big improvement dari generasi sebelumnya
- Kalo kepepet, ada baris ketiga walaupun legroom kurang manusiawi
- Ada Stability dan Traction Control
- Ada sunroof
- Tampang depannya keren parah

Cons
- Desain pantatnya aneh
- Transmisinya agak lambat untuk upshift di 6-7-8
- Tempat penyimpanan barang di bagian depan kurang banyak
- Buat saya pribadi, suara audio kurang semantep Dakar generasi sebelumnya
- Blind spot Pillar C
- Gak ada cruise control
- Wood panel di center console terlihat aneh, bagusan yang piano black

Total Score: 7.2/10

Saran ke KTB untuk versi CKD: center console diganti ke Piano Black, tambahan cruise control karena jaringan jalan tol makin panjang kedepannya, tambahan side ama curtain airbags jika memungkinkan, ada rear differential lock untuk versi 4WD

sorry kalo ada salah kata dan kekurangan sana sini, saya hanya seorang penikmat mobil yang masih harus banyak belajar :mky_01:

sekian dari saya, terima kasih :big_smile]
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
phakbola
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 193
Joined: Sat Dec 12, 2015 14:43

Re: Review: All New Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2

Post by phakbola »

Pertamax dulu baru baca :mky_01:
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1805
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: Review: All New Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2

Post by FRD »

ada penampakan impreza nya juga :mky_03:
:big_smoking:
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1370
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Review: All New Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2

Post by arfs »

nice review om...... :mky_02:
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: Review: All New Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2

Post by KodokPushUp »

Nice review pak harist

Btw, abis baca review, trus liat comment si ndut, scroll keatas cari impreza item.
Akhirnya ketemu... :mky_02:
jadi figuran di foto interior dan foto bokong anps
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5952
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Review: All New Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2

Post by sintoni »

Nais ripiu om.

Kalo ane sendiri malah ngerada untuk 8 speed ini jujur belom kepake lah, apalg kalo ECU nya masih kurang pinter untuk ngatur upshift downshift begitu. Tapi ya boleh lah dianggap gimmick dulu.

Emamg secara on the road diatas kertas pasti menang diatas VRZ yang ane coba sama modcing dan mafia hape, itu mobil mah tenaganya mengecewakan. Tapi emang suasana interior lebih mending dari mobil ini yang diperparah wood panel.

Kalo eksterior ane juga ngerasa ga suka sama lampu belakangnya, tapi emang kalo ada spoiler jadi lumayan kebantu.
User avatar
fizrmen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1052
Joined: Sun Aug 30, 2015 12:49
Location: BSD (Bogor Sana Dikit)

Re: Review: All New Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2

Post by fizrmen »

Nice review om harist.... emg sih waktu kmrn TD ANPS sempet sakit mata liat wood panelnya.... gabisa dibikin lebih gelap dikit gt motif kayunya yg kayak di CR-V RM FL 2.4 atogak Dokar yg lama kan kalo gasala di tengah dash ada wood panel gelep bgt motifnya
2015 Honda CR-V 2.4l A/T
2022 Mitsubishi Xpander Cross CVT
User avatar
Mitsubishisale
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 593
Joined: Tue Sep 23, 2014 11:46
Location: Jl.Danau Sunter Utara Blok B No 14

Re: Review: All New Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2

Post by Mitsubishisale »

Mantap review nya capt :big_exellent:

Lengkap bgt :mky_02:
Menerima Pemesanan Kendaraan MITSUBISHI dan Merk Lain nya :big_deal:

More Info :

Xl : 0877-7778-1377 ( WA + Tlp )


:big_cat:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16672
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review: All New Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2

Post by ChZ »

Hahaha... My first laff with ladder SUV... sebelumnya gak pernah se suka ini sama ladder SUV.

Dakar baru ini... gak ngira dulu KTB bakal all out keluarin mesin 4N15... ee dikeluarin beneran. Dan jauh lebih refined, jauh lebih kenceng, suaranya pun jauh lebih merdu dibanding 2GD. Jarang diesel suaranya bisa enak banget. Kenapa sih pada ribut soal bokongnya? Nissan Juke jelek gitu juga banyak yang beli.

Karakter transmisi 8-speed nya justru gua suka... nggak terlalu sering pindah pindah kayak BMW punya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Review: All New Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2

Post by nugroho bagor »

Ok emang kita sering di dalam cabin,tapi saya seneng poles2 juga dan senang liat eksterior mobil,jadi forget the rear :mrgreen: saya masih sadar belum mabuk kok Om :upss:
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Review: All New Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2

Post by haristk7 »

ada penampakan impreza nya juga
salah fokus ente
nice review om......
thanks om
Nice review pak harist

Btw, abis baca review, trus liat comment si ndut, scroll keatas cari impreza item.
Akhirnya ketemu... :mky_02:
jadi figuran di foto interior dan foto bokong anps
thanks om, walah korban salah fokus kedua nih hahahaha
Nais ripiu om.

Kalo ane sendiri malah ngerada untuk 8 speed ini jujur belom kepake lah, apalg kalo ECU nya masih kurang pinter untuk ngatur upshift downshift begitu. Tapi ya boleh lah dianggap gimmick dulu.

Emamg secara on the road diatas kertas pasti menang diatas VRZ yang ane coba sama modcing dan mafia hape, itu mobil mah tenaganya mengecewakan. Tapi emang suasana interior lebih mending dari mobil ini yang diperparah wood panel.

Kalo eksterior ane juga ngerasa ga suka sama lampu belakangnya, tapi emang kalo ada spoiler jadi lumayan kebantu.
thanks om, iya untuk urusan interior ane akuin Fortuner VRZ menang tapi untuk on the road Pajero Dakar menang
Nice review om harist.... emg sih waktu kmrn TD ANPS sempet sakit mata liat wood panelnya.... gabisa dibikin lebih gelap dikit gt motif kayunya yg kayak di CR-V RM FL 2.4 atogak Dokar yg lama kan kalo gasala di tengah dash ada wood panel gelep bgt motifnya
thanks om, saya juga pas pertama kali nyobain Dakar, kesan pertama di interior "ini wood panel apaan sih ? kok kayak salah tempat ?"
Mantap review nya capt :big_exellent:

Lengkap bgt
thank you om...next..Delica ? :mky_03:
Hahaha... My first laff with ladder SUV... sebelumnya gak pernah se suka ini sama ladder SUV.

Dakar baru ini... gak ngira dulu KTB bakal all out keluarin mesin 4N15... ee dikeluarin beneran. Dan jauh lebih refined, jauh lebih kenceng, suaranya pun jauh lebih merdu dibanding 2GD. Jarang diesel suaranya bisa enak banget. Kenapa sih pada ribut soal bokongnya? Nissan Juke jelek gitu juga banyak yang beli.

Karakter transmisi 8-speed nya justru gua suka... nggak terlalu sering pindah pindah kayak BMW punya.
wkwkwk sama, baru kali ini juga gw enjoy bawa ladder SUV..banyak improvement dari PJS sebelumnya..yah jelek atau gak bokongnya ujung2nya banyak yang beli juga yaa wkwkwk
Ok emang kita sering di dalam cabin,tapi saya seneng poles2 juga dan senang liat eksterior mobil,jadi forget the rear :mrgreen: saya masih sadar belum mabuk kok Om
wkwkwkwk bagian lampu belakangnya ditutupin aja om kalo lagi moles2
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
dsign1990
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1624
Joined: Thu May 28, 2015 0:12

Re: Review: All New Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2

Post by dsign1990 »

setelah beberapa bulan ini lihat ANPS seliweran dijalan , IMHO bokong nya pas untuk warna cerah , terutama warna putih kombinasinya pas kalau nemu putih dilihat dilhat kesannya lebih clean dan antik apalagi dilihat dari samping warna mika lampu belakangnya yg lebih ngejreng dibanding ANF dg ukuran agak besar bikin penampilannya mentereng
beda banget kalau warnanya hitam kesanya kayak mengecil dan datar bokongnya bikin keliatan nabrak gaya nya
User avatar
Andrian
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1633
Joined: Thu Apr 08, 2010 9:37
Location: Citeureup- Lebak Bulus - Citeureup

Re: Review: All New Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2

Post by Andrian »

nice review capt. :mky_02:

Dan... ane masih gagal paham dengan design bokongnya.

Yayang ane pas lihat bokong ANPJS bilang " kok bentuknya kayak skrup buat cantolin kipas angin di plafon ya?" :big_think:

Kalo boleh custom, depan ANPJS dakar, bokong ANF.


.......... :ngacir:
Image
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 978
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: Review: All New Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2

Post by dieselman228 »

salah satu mobil jadi inceran (selain isuzu mux 1.9L ddi blue power) buat diajak nguli bareng.
karena masih CBU nanti kedepannya bakal ngaruh di ketersediaan sparepart ga yah?

180ps dan 430 nm masih enak ga sih dalam bentuk standar performanya? apalagi kalau full load gitu..
bobot kosongnya sampe 2 ton-an kan ya?

kalau ambil mobil ini sih ga ada niat buat upgrade piggyback paling standar basic tuning aja yang masuk dan keluar lancar..
2015 - 2KD :big_deal:
2024 - K15B :mky_08:
User avatar
Mozawa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 781
Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47

Re: Review: All New Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2

Post by Mozawa »

Lampu belakang dan bokong, aneh, tapi justru itu yg bikin penasaran untuk melirik...

lama2 kelihatan lebih modern dan menarik daripada anf yg main design aman dan membosankan...

secara keseluruhan sementara anps menang telak dari anp...

pantesan lebih laku....., nilai dari ane anps 8 , anf 5...
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3209
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Review: All New Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2

Post by walid_007 »

Sy liat di jalan lama2 bagus juga mobil ini.. malah menirut saya masalahnya mobil ini terlalu cingkrang (ketinggian) ban sama bodi nya.. jadi kurang manis
engine roaring!
Shonen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 569
Joined: Sun Jan 27, 2013 13:34

Re: Review: All New Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2

Post by Shonen »

numpang baca di tret bergizi....nice review as always...bro haristk
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Review: All New Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2

Post by htannis »

*bakar penangkal racun
*elus2 dakar 260hp/580nm yg sudah 4 tahun menemani

:e-dance: :e-whistle: :e-naughty:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
pilotgaruda
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59

Re: Review: All New Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2

Post by pilotgaruda »

Wah, jalur kubangan itu juga saya lewatin pas test drive ANPS dakar di sunter, anak saya duduk di raw tengah ampe kejeduk2 jendela..kesian.. :mky_01:

Menurut saya, setir pajero sport dakar terbaru emang jauh lebih ringan dari versi lawas, mungkin ringannya mirip2 setir inova. Tapi untuk power di low rpm, rasa2nya masih mirip sama pajero dakar lawas. Diinjak lembut terasa seperti turbo lag/torsinya belum keluar. Kudu dalem bejeknya buat mancing torsinya keluar.

Utk tambahan, saya tinggi 174 berat 110kg, masih bisa duduk wajar di raw3. Kalopun kerasa sempit, itu emang sayanya yg udah kegembrotan..
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Review: All New Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2

Post by BADAK »

Review nya komplit n mantap :frm_salut:
Udah pake ANPS sekitar 2 bulan, overall sangat puas dan sesuai expektasi. Setuju dgn bro Chz untuk suara dieselnya terdengar merdu n renyah. Padahal kalo diluar suara dieselnya mayan kenceng jg, cmn terbantu peredaman kabin yg bagus jadinya gak seberapa terdengar. Untuk transmisi 8AT nya dari gigi 1 ke 2 mmg terasa pendek bgt. Sedangkan gigi 8 kyk nya bakal jarang banget terpakai.
Minggu kemarin coba test speed di tol pandaan-sby dapet 150kpj masih anteng, padahal jalannya kombinasi beton n aspal. Mungkin karena terbantu suspensinya yg sudah mendapat perbaikan dr pajero sebelumnya.
Walopun body nya bongsor tapi buat mendahului terasa mantap dan pede karena torsinya yg besar. Cuman ya untuk ukuran diesel menurut saya rada boros, apalgi kalo makenya agresif. Dari MID kyk nya rata2 cuman dapet 1:9 aja (selalu pake dex sejak dr dealer), padahal ane setirnya banyak santainya. Kalo dibanding innova udah pasti irit innova, apalagi ama panther ane dulu. Hehehe

Selain itu yg masih perlu diperbaiki, seperti review om haritz, tempat penyimpanan didashboard termasuk minim. Buat tempat coin atau simpan uang parkir ga ada, buat laci tempat kaca mata jg ga ada. Walopun sepele kadang mengganggu jg kalo bingung mau naruh coin n uang parkir. Hehehe
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Review: All New Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2

Post by b8099ok »

Pingin yg 4x4,... FRD ngepet sana, uwe jaga lilin deh,...
FWD + FWD + 4WD + 4WD = :big_cat:
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1805
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: Review: All New Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2

Post by FRD »

b8099ok wrote:Pingin yg 4x4,... FRD ngepet sana, uwe jaga lilin deh,...
jahat banget ente ama gw bang :ungg: ....... :ngacir:
:big_smoking:
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Review: All New Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2

Post by b8099ok »

FRD wrote:
b8099ok wrote:Pingin yg 4x4,... FRD ngepet sana, uwe jaga lilin deh,...
jahat banget ente ama gw bang :ungg: ....... :ngacir:
Ntar gw beliin dedak deh,...
FWD + FWD + 4WD + 4WD = :big_cat:
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Review: All New Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2

Post by haristk7 »

setelah beberapa bulan ini lihat ANPS seliweran dijalan , IMHO bokong nya pas untuk warna cerah , terutama warna putih kombinasinya pas kalau nemu putih dilihat dilhat kesannya lebih clean dan antik apalagi dilihat dari samping warna mika lampu belakangnya yg lebih ngejreng dibanding ANF dg ukuran agak besar bikin penampilannya mentereng
beda banget kalau warnanya hitam kesanya kayak mengecil dan datar bokongnya bikin keliatan nabrak gaya nya
setuju om, kalo warna hitam kesannya biasa banget mau diliat dari sisi manapun..prefer warna cerah atau bronze nya deh kalo PJS yang sekarang
nice review capt. :mky_02:

Dan... ane masih gagal paham dengan design bokongnya.

Yayang ane pas lihat bokong ANPJS bilang "kok bentuknya kayak skrup buat cantolin kipas angin di plafon ya?" :big_think:

Kalo boleh custom, depan ANPJS dakar, bokong ANF.
:wkkk: :wkkk: :wkkk:
salah satu mobil jadi inceran (selain isuzu mux 1.9L ddi blue power) buat diajak nguli bareng.
karena masih CBU nanti kedepannya bakal ngaruh di ketersediaan sparepart ga yah?

180ps dan 430 nm masih enak ga sih dalam bentuk standar performanya? apalagi kalau full load gitu..
bobot kosongnya sampe 2 ton-an kan ya?

kalau ambil mobil ini sih ga ada niat buat upgrade piggyback paling standar basic tuning aja yang masuk dan keluar lancar..
kayaknya sparepart gak akan masalah om, terlebih lagi nanti akan jadi unit CKD..untuk standar sih tenaga mesinnya udah mencukupi untuk harian kok
Lampu belakang dan bokong, aneh, tapi justru itu yg bikin penasaran untuk melirik...

lama2 kelihatan lebih modern dan menarik daripada anf yg main design aman dan membosankan...

secara keseluruhan sementara anps menang telak dari anp...

pantesan lebih laku....., nilai dari ane anps 8 , anf 5...
mungkin faktor tenaga dan adanya TCS jadi faktor lainnya om knp PJS lebih laku
numpang baca di tret bergizi....nice review as always...bro haristk
thx om
Wah, jalur kubangan itu juga saya lewatin pas test drive ANPS dakar di sunter, anak saya duduk di raw tengah ampe kejeduk2 jendela..kesian.. :mky_01:

Menurut saya, setir pajero sport dakar terbaru emang jauh lebih ringan dari versi lawas, mungkin ringannya mirip2 setir inova. Tapi untuk power di low rpm, rasa2nya masih mirip sama pajero dakar lawas. Diinjak lembut terasa seperti turbo lag/torsinya belum keluar. Kudu dalem bejeknya buat mancing torsinya keluar.

Utk tambahan, saya tinggi 174 berat 110kg, masih bisa duduk wajar di raw3. Kalopun kerasa sempit, itu emang sayanya yg udah kegembrotan..
tapi rasanya kalo ama Innova, stir PJS ini lebih enak dan lebih komunikatif om hehehehe
Review nya komplit n mantap :frm_salut:
Udah pake ANPS sekitar 2 bulan, overall sangat puas dan sesuai expektasi. Setuju dgn bro Chz untuk suara dieselnya terdengar merdu n renyah. Padahal kalo diluar suara dieselnya mayan kenceng jg, cmn terbantu peredaman kabin yg bagus jadinya gak seberapa terdengar. Untuk transmisi 8AT nya dari gigi 1 ke 2 mmg terasa pendek bgt. Sedangkan gigi 8 kyk nya bakal jarang banget terpakai.
Minggu kemarin coba test speed di tol pandaan-sby dapet 150kpj masih anteng, padahal jalannya kombinasi beton n aspal. Mungkin karena terbantu suspensinya yg sudah mendapat perbaikan dr pajero sebelumnya.
Walopun body nya bongsor tapi buat mendahului terasa mantap dan pede karena torsinya yg besar. Cuman ya untuk ukuran diesel menurut saya rada boros, apalgi kalo makenya agresif. Dari MID kyk nya rata2 cuman dapet 1:9 aja (selalu pake dex sejak dr dealer), padahal ane setirnya banyak santainya. Kalo dibanding innova udah pasti irit innova, apalagi ama panther ane dulu. Hehehe

Selain itu yg masih perlu diperbaiki, seperti review om haritz, tempat penyimpanan didashboard termasuk minim. Buat tempat coin atau simpan uang parkir ga ada, buat laci tempat kaca mata jg ga ada. Walopun sepele kadang mengganggu jg kalo bingung mau naruh coin n uang parkir. Hehehe
iyaa om, lucunya hal2 yang sepele si mitsubishi ini malah miss :big_bored:
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5507
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Review: All New Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2

Post by nugroho bagor »

Andrian wrote:nice review capt. :mky_02:

Dan... ane masih gagal paham dengan design bokongnya.

Yayang ane pas lihat bokong ANPJS bilang " kok bentuknya kayak skrup buat cantolin kipas angin di plafon ya?" :big_think:

Kalo boleh custom, depan ANPJS dakar, bokong ANF.


.......... :ngacir:
Custom :e-think: Boleh kok.................................. :ngacir: