Motor disimpan bertahun-tahun?????

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Handy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 481
Joined: Sat Jan 17, 2004 5:53
Location: Jakarta

Motor disimpan bertahun-tahun?????

Post by Handy »

Hi guys saya minta sarannya dong! Rencananya saya mau melanjutkan study saya di luar negeri, tapi motor saya mau saya simpan untuk beberapa tahun tanpa di dihidupkan sama sekali mesinnya karena dirumah saya ngak ada yang bisa naik motor selain saya. Bagaimana caranya supaya mesinnya ngak rusak disimpan sampai bertahun-tahun tanpa dihidupkan? Yang saya tau paling akinya dicopot. Oli mesin dikuras atau diisi penuh, dan air radiator perlu dikuras ngak? Trus tangki bensin dan tangki oli samping perlu di kuras juga ngak?
Mohon saran dan masukannya ya! Thanks.
User avatar
hery_jul
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 309
Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
Location: Anywhere in front of you

Post by hery_jul »

waduh bertahun tahun .....
kayaknya sih nggak ada tindakan pencegahan tuh
misalnya:
1. tengki bensin, mo diisi penjuh atau tidak akan berdampak sama, bakal karatan, karena pengaruh udara lembab dari sekitar
2. mesin, bisa ajah oli diisi, tapi bagaimana dengan bagina yg atas mesin, kan nggak pernah tuh kesentuh oli, akhirnya karat
3. ban, yang pasti karet bakal mati
4. karet-karet, pasti bakal kering dan rusak
jadi mending motornya dijual, duitnya ditaruh di tabungan, toh pada saat anda balik itu duit udah nambah (karena interest) dan bisa beli the new one ......
User avatar
Handy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 481
Joined: Sat Jan 17, 2004 5:53
Location: Jakarta

Post by Handy »

Justru saya sayang mau jual, soalnya motor ini ud ga diproduksi lagi. Rencananya sih klo ud balik ke indo mau di rebuilt dari mesin sampai kaki2. Klo spare parts sih udah ada semua.<br/><br/><br/><i>.:Posted via WAP:.</i>
User avatar
Black&White
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 191
Joined: Sat Apr 02, 2005 12:19
Location: Bandung

Post by Black&White »

udah aja titip ma orang rumah buat dipanasin tiap hari...klo gak dia ajak jalan2 keliling komplek
klo boleh tau motornya apa ya bro???
hehehe...
ayo ksih liat motornya...di "Tunjukan Motor mu"....hehehe skalian promosi...
oh yah skalian nitip ke orang rumah buat ngurusin surat motornya(STNK)...biar ga kena denda... :P
...(-_-)..zzZZZ
User avatar
Handy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 481
Joined: Sat Jan 17, 2004 5:53
Location: Jakarta

Post by Handy »

NSR150, malu ah motornya std abis.<br/><br/><br/><i>.:Posted via WAP:.</i>
User avatar
Black&White
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 191
Joined: Sat Apr 02, 2005 12:19
Location: Bandung

Post by Black&White »

gapapa lah... motor gw aja standar abiszzzzz... ga da apa2 nya deh....
ayo kirim aja....
wah keren ... bisa sekolah ke luar negri... gw juga pengen...tapi gw paling gak bisa bhs Inggris...And pling benci ama pelajaran Inggris...hukhuk....

yup-yup sayang yah NSR udah ga diproduksi lg padahal tuh motor enakeun kan...???...
...(-_-)..zzZZZ
User avatar
Archapada
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: Sun Apr 03, 2005 15:26
Location: Palembang

Post by Archapada »

oke dech ini yg aku tahu dikit yach mudah2an mbantu:
1. bersihkan seluruh bagian motor
2.hidupkan mesin kira2 5 menit untuk memanaskan oli, matikan dan keluarkan oli mesin.
3. isi dengan oli baru
4. kosongkan bensin dari tangki bensin dan kosongkan karburator dengan membuka skrup pembuangan pada ruang pelampung (jika dibiarkan dalam jangka waktu lama, bensin akan mengendap dan dapat menyumbat karbu)
5. lepaskan tangki bensin tuangkan -+ 250 ml oli kedalem tangki, kocok tangki berualang-ulang samapai seluruh permukaan didalam tangki terlapisi oli.
6.lepaskan busi dan masukkan beberapa tetes oli SAE 10W40(pake Oli Elf) kelas SE atau SF kedalam silender. injak pedal starter perlahan beberapa kali untuk melapisi seluruh permukaan silender dengan oli, dan pasang busi kembali.
7.kurangin tekana ban sampai 20%
8.Tempatkan motor didalam kotak atau penahan hingga "kedua rodanya tidak menyentuh tanah"
9.semprotkan oli pada "semua permukaan metal yg tidak di cat" untuk mencegah karat. hindari memberi oli pada bagian karet dan rem.
10 lepaskan batterai dan lettakan ditempat yg tdk terkena langsung sinar matahari, kelembaban atau suhu dingin. selama penyimpana sebaiknya di "Charge" dengan arus kecil(0,3 ampere ato kurang) kurang lebih sebulan.
11. ikatkan kantung plastik pada pipa knalpot untuk mencegah kelembaban
12.Tutup sepeda motor untuk menghindari debu dan kotoran (pake kain sprei ato plastik meja makan )

ada tambahan silahkan bantu bro kita...
Junjunglah langit dimana tempat engkau berpijak..
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

satu lagi...

di-laminating kayak KTP..huehehehe......

biar bagaimana-pun, yg namanya barang kalo didiemin lama2 ga awet lah bro.....

mungkin bro bisa ajarin orang rumah (sebaiknya cowok), gimana caranya nyalain motor n panasin...situ ga buru2 ini kan perginya? kasih training aja.....masak sih diajarin ga ngerti2...? pasti bisa lha....
Just Call Me Nichol !!!
User avatar
jihad koplo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 366
Joined: Tue Jun 29, 2004 15:53

Post by jihad koplo »

berhubung saya pecinta motor, motornya di pinjamkan saja ke saya, akan saya rawat baik2 sampai situ pulang,
huhuhu, gimana tertarik?? biar si bedebah ada teman
Scorpio Bedebah!!
kymco free LX lamban tapi nyaman
Faster Is Safer
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

Archapada wrote:oke dech ini yg aku tahu dikit yach mudah2an mbantu:
1. bersihkan seluruh bagian motor
2.hidupkan mesin kira2 5 menit untuk memanaskan oli, matikan dan keluarkan oli mesin.
3. isi dengan oli baru
4. kosongkan bensin dari tangki bensin dan kosongkan karburator dengan membuka skrup pembuangan pada ruang pelampung (jika dibiarkan dalam jangka waktu lama, bensin akan mengendap dan dapat menyumbat karbu)
5. lepaskan tangki bensin tuangkan -+ 250 ml oli kedalem tangki, kocok tangki berualang-ulang samapai seluruh permukaan didalam tangki terlapisi oli.
6.lepaskan busi dan masukkan beberapa tetes oli SAE 10W40(pake Oli Elf) kelas SE atau SF kedalam silender. injak pedal starter perlahan beberapa kali untuk melapisi seluruh permukaan silender dengan oli, dan pasang busi kembali.
7.kurangin tekana ban sampai 20%
8.Tempatkan motor didalam kotak atau penahan hingga "kedua rodanya tidak menyentuh tanah"
9.semprotkan oli pada "semua permukaan metal yg tidak di cat" untuk mencegah karat. hindari memberi oli pada bagian karet dan rem.
10 lepaskan batterai dan lettakan ditempat yg tdk terkena langsung sinar matahari, kelembaban atau suhu dingin. selama penyimpana sebaiknya di "Charge" dengan arus kecil(0,3 ampere ato kurang) kurang lebih sebulan.
11. ikatkan kantung plastik pada pipa knalpot untuk mencegah kelembaban
12.Tutup sepeda motor untuk menghindari debu dan kotoran (pake kain sprei ato plastik meja makan )

ada tambahan silahkan bantu bro kita...
bener2 repot....udah merem aja,liar aja kalo udah balik ke indo masih idup gak motornya... :lol:
Image
User avatar
valve
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 364
Joined: Fri Apr 22, 2005 6:50

Post by valve »

saya setuju ama bung handling :lol: :lol:

KLo mogok yaa tinggal dorong ke bengkel.. Gampang kan..
Paling biar g budug dikasi kain aja
Death is not the end..
Death is the start of a new experience, through the dessert until the judgment day..
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

SETUJU...!!!!! hehehe....
gua mau koq menerima dengan tangan terbuka kalo situ mo kasih :ppp
Just Call Me Nichol !!!
User avatar
Handy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 481
Joined: Sat Jan 17, 2004 5:53
Location: Jakarta

Post by Handy »

Thanks guys atas saran dan infonya.

Bung Archapada oli 4T-nya diisi dengan takaran std (850 ml) atau isi penuh supaya semua komponen mesin bawahnya terendam oli? Oya oli yang dimasukkan kedalam tangki itu oli 4T atau 2T?
Thanks
Image
ホンダ NSR レヌ バィク
User avatar
pinoh_boy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1136
Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47

Post by pinoh_boy »

Wah motor g juga bakal nganggur selama satu bulan neh....Apa yang harus g lakukan ya dengan motor g? Apa di biarin aja ngangur selama sebulan tanpa di hidupin motornya???
User avatar
Handy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 481
Joined: Sat Jan 17, 2004 5:53
Location: Jakarta

Post by Handy »

wah klo cuma sebulan sih ngak apa2 bro biarin begitu aja paling aki dicopot aja. motor gw aja satu setengah thn tidur bisa dinyalain dgn gampang.
Image
ホンダ NSR レヌ バィク
User avatar
tsu81
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 238
Joined: Thu Jan 04, 2007 15:25
Location: Neo Venezia

Post by tsu81 »

bro handy, yang ditinggal cuman si R doang ato sama RR nya sekalian ? waduh... sayang juga yah, dijual jelas bukan option ni...
gasa_gandony
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 246
Joined: Wed Feb 21, 2007 7:40

Post by gasa_gandony »

klo saran gw:
1. oli ganti ama yg baru bisa tahan 1 tahun jd bro sempet ganti klo pulang kampung.
2. handle kopling iket ma ke pegangan biar koplingnya ga lengket.
3. komponen yang mudah karatan kasih gemuk/grease.
4. kosongin tangki trus jemur ampe kering, biarpun berkarat tapi gampang bersihinnya.

itu saran dari gw tapi sebenernya yg bagus dititipin ma kenalan ato sodara yg bisa ngerawat motor. klo di laminating tar motornya jadi poster bro....wakakak....
gasa_gandony
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 246
Joined: Wed Feb 21, 2007 7:40

Post by gasa_gandony »

oya lupa, met berjuang di negara orang bro... tapi ati2 banyak AIDS disono moga2 pulang ada yang diwa buat kita2 asal jangan AIDS aja he..he..
User avatar
Handy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 481
Joined: Sat Jan 17, 2004 5:53
Location: Jakarta

Post by Handy »

tsu81 wrote:bro handy, yang ditinggal cuman si R doang ato sama RR nya sekalian ? waduh... sayang juga yah, dijual jelas bukan option ni...
yang NSR-R
Image
ホンダ NSR レヌ バィク
User avatar
pinoh_boy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1136
Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47

Post by pinoh_boy »

Thank's bro handy atas sarannya...

Paling lama, g tinggalin motor g selama satu bulan aja kok....

Wah g ga tau lagi bagaimana mencopot aki supra x125dnya....kakakaka
User avatar
weechoo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: Thu Sep 08, 2005 13:28

Re: Motor disimpan bertahun-tahun?????

Post by weechoo »

Handy wrote:Hi guys saya minta sarannya dong! Rencananya saya mau melanjutkan study saya di luar negeri, tapi motor saya mau saya simpan untuk beberapa tahun tanpa di dihidupkan sama sekali mesinnya karena dirumah saya ngak ada yang bisa naik motor selain saya. Bagaimana caranya supaya mesinnya ngak rusak disimpan sampai bertahun-tahun tanpa dihidupkan? Yang saya tau paling akinya dicopot. Oli mesin dikuras atau diisi penuh, dan air radiator perlu dikuras ngak? Trus tangki bensin dan tangki oli samping perlu di kuras juga ngak?
Mohon saran dan masukannya ya! Thanks.
saran ane... titipkan di sodara atau teman yg bisa dipercaya merawat motor...

itu yg ane lakukan ke motor ane...

secara ane sekarang juga lagi di negaranya sarkozy neh...dah ampir setaun...
Image
User avatar
Handy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 481
Joined: Sat Jan 17, 2004 5:53
Location: Jakarta

Post by Handy »

ngapain disana bro jadi agen KGB ya?
Image
ホンダ NSR レヌ バィク
User avatar
weechoo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: Thu Sep 08, 2005 13:28

Post by weechoo »

Handy wrote:ngapain disana bro jadi agen KGB ya?
hikhikhik...
lagi dideportasi ama kantor ane...
Image
User avatar
Handy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 481
Joined: Sat Jan 17, 2004 5:53
Location: Jakarta

Post by Handy »

wah asik dong.
Image
ホンダ NSR レヌ バィク
gasa_gandony
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 246
Joined: Wed Feb 21, 2007 7:40

Post by gasa_gandony »

weechoo wrote:
Handy wrote:ngapain disana bro jadi agen KGB ya?
hikhikhik...
lagi dideportasi ama kantor ane...
bro dideportasi ma kantor???, jangan2 bro handy main mata ma sekertaris gacoan boss kantor ente........... :lol: :lol: :lol: