Motor disimpan bertahun-tahun?????
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 481
- Joined: Sat Jan 17, 2004 5:53
- Location: Jakarta
Motor disimpan bertahun-tahun?????
Hi guys saya minta sarannya dong! Rencananya saya mau melanjutkan study saya di luar negeri, tapi motor saya mau saya simpan untuk beberapa tahun tanpa di dihidupkan sama sekali mesinnya karena dirumah saya ngak ada yang bisa naik motor selain saya. Bagaimana caranya supaya mesinnya ngak rusak disimpan sampai bertahun-tahun tanpa dihidupkan? Yang saya tau paling akinya dicopot. Oli mesin dikuras atau diisi penuh, dan air radiator perlu dikuras ngak? Trus tangki bensin dan tangki oli samping perlu di kuras juga ngak?
Mohon saran dan masukannya ya! Thanks.
Mohon saran dan masukannya ya! Thanks.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 309
- Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
- Location: Anywhere in front of you
waduh bertahun tahun .....
kayaknya sih nggak ada tindakan pencegahan tuh
misalnya:
1. tengki bensin, mo diisi penjuh atau tidak akan berdampak sama, bakal karatan, karena pengaruh udara lembab dari sekitar
2. mesin, bisa ajah oli diisi, tapi bagaimana dengan bagina yg atas mesin, kan nggak pernah tuh kesentuh oli, akhirnya karat
3. ban, yang pasti karet bakal mati
4. karet-karet, pasti bakal kering dan rusak
jadi mending motornya dijual, duitnya ditaruh di tabungan, toh pada saat anda balik itu duit udah nambah (karena interest) dan bisa beli the new one ......
kayaknya sih nggak ada tindakan pencegahan tuh
misalnya:
1. tengki bensin, mo diisi penjuh atau tidak akan berdampak sama, bakal karatan, karena pengaruh udara lembab dari sekitar
2. mesin, bisa ajah oli diisi, tapi bagaimana dengan bagina yg atas mesin, kan nggak pernah tuh kesentuh oli, akhirnya karat
3. ban, yang pasti karet bakal mati
4. karet-karet, pasti bakal kering dan rusak
jadi mending motornya dijual, duitnya ditaruh di tabungan, toh pada saat anda balik itu duit udah nambah (karena interest) dan bisa beli the new one ......
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 481
- Joined: Sat Jan 17, 2004 5:53
- Location: Jakarta
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 191
- Joined: Sat Apr 02, 2005 12:19
- Location: Bandung
udah aja titip ma orang rumah buat dipanasin tiap hari...klo gak dia ajak jalan2 keliling komplek
klo boleh tau motornya apa ya bro???
hehehe...
ayo ksih liat motornya...di "Tunjukan Motor mu"....hehehe skalian promosi...
oh yah skalian nitip ke orang rumah buat ngurusin surat motornya(STNK)...biar ga kena denda...
klo boleh tau motornya apa ya bro???
hehehe...
ayo ksih liat motornya...di "Tunjukan Motor mu"....hehehe skalian promosi...
oh yah skalian nitip ke orang rumah buat ngurusin surat motornya(STNK)...biar ga kena denda...

...(-_-)..zzZZZ
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 481
- Joined: Sat Jan 17, 2004 5:53
- Location: Jakarta
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 191
- Joined: Sat Apr 02, 2005 12:19
- Location: Bandung
gapapa lah... motor gw aja standar abiszzzzz... ga da apa2 nya deh....
ayo kirim aja....
wah keren ... bisa sekolah ke luar negri... gw juga pengen...tapi gw paling gak bisa bhs Inggris...And pling benci ama pelajaran Inggris...hukhuk....
yup-yup sayang yah NSR udah ga diproduksi lg padahal tuh motor enakeun kan...???...
ayo kirim aja....
wah keren ... bisa sekolah ke luar negri... gw juga pengen...tapi gw paling gak bisa bhs Inggris...And pling benci ama pelajaran Inggris...hukhuk....
yup-yup sayang yah NSR udah ga diproduksi lg padahal tuh motor enakeun kan...???...
...(-_-)..zzZZZ
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 178
- Joined: Sun Apr 03, 2005 15:26
- Location: Palembang
oke dech ini yg aku tahu dikit yach mudah2an mbantu:
1. bersihkan seluruh bagian motor
2.hidupkan mesin kira2 5 menit untuk memanaskan oli, matikan dan keluarkan oli mesin.
3. isi dengan oli baru
4. kosongkan bensin dari tangki bensin dan kosongkan karburator dengan membuka skrup pembuangan pada ruang pelampung (jika dibiarkan dalam jangka waktu lama, bensin akan mengendap dan dapat menyumbat karbu)
5. lepaskan tangki bensin tuangkan -+ 250 ml oli kedalem tangki, kocok tangki berualang-ulang samapai seluruh permukaan didalam tangki terlapisi oli.
6.lepaskan busi dan masukkan beberapa tetes oli SAE 10W40(pake Oli Elf) kelas SE atau SF kedalam silender. injak pedal starter perlahan beberapa kali untuk melapisi seluruh permukaan silender dengan oli, dan pasang busi kembali.
7.kurangin tekana ban sampai 20%
8.Tempatkan motor didalam kotak atau penahan hingga "kedua rodanya tidak menyentuh tanah"
9.semprotkan oli pada "semua permukaan metal yg tidak di cat" untuk mencegah karat. hindari memberi oli pada bagian karet dan rem.
10 lepaskan batterai dan lettakan ditempat yg tdk terkena langsung sinar matahari, kelembaban atau suhu dingin. selama penyimpana sebaiknya di "Charge" dengan arus kecil(0,3 ampere ato kurang) kurang lebih sebulan.
11. ikatkan kantung plastik pada pipa knalpot untuk mencegah kelembaban
12.Tutup sepeda motor untuk menghindari debu dan kotoran (pake kain sprei ato plastik meja makan )
ada tambahan silahkan bantu bro kita...
1. bersihkan seluruh bagian motor
2.hidupkan mesin kira2 5 menit untuk memanaskan oli, matikan dan keluarkan oli mesin.
3. isi dengan oli baru
4. kosongkan bensin dari tangki bensin dan kosongkan karburator dengan membuka skrup pembuangan pada ruang pelampung (jika dibiarkan dalam jangka waktu lama, bensin akan mengendap dan dapat menyumbat karbu)
5. lepaskan tangki bensin tuangkan -+ 250 ml oli kedalem tangki, kocok tangki berualang-ulang samapai seluruh permukaan didalam tangki terlapisi oli.
6.lepaskan busi dan masukkan beberapa tetes oli SAE 10W40(pake Oli Elf) kelas SE atau SF kedalam silender. injak pedal starter perlahan beberapa kali untuk melapisi seluruh permukaan silender dengan oli, dan pasang busi kembali.
7.kurangin tekana ban sampai 20%
8.Tempatkan motor didalam kotak atau penahan hingga "kedua rodanya tidak menyentuh tanah"
9.semprotkan oli pada "semua permukaan metal yg tidak di cat" untuk mencegah karat. hindari memberi oli pada bagian karet dan rem.
10 lepaskan batterai dan lettakan ditempat yg tdk terkena langsung sinar matahari, kelembaban atau suhu dingin. selama penyimpana sebaiknya di "Charge" dengan arus kecil(0,3 ampere ato kurang) kurang lebih sebulan.
11. ikatkan kantung plastik pada pipa knalpot untuk mencegah kelembaban
12.Tutup sepeda motor untuk menghindari debu dan kotoran (pake kain sprei ato plastik meja makan )
ada tambahan silahkan bantu bro kita...
Junjunglah langit dimana tempat engkau berpijak..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1215
- Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
- Location: Jakarta Barat
satu lagi...
di-laminating kayak KTP..huehehehe......
biar bagaimana-pun, yg namanya barang kalo didiemin lama2 ga awet lah bro.....
mungkin bro bisa ajarin orang rumah (sebaiknya cowok), gimana caranya nyalain motor n panasin...situ ga buru2 ini kan perginya? kasih training aja.....masak sih diajarin ga ngerti2...? pasti bisa lha....
di-laminating kayak KTP..huehehehe......
biar bagaimana-pun, yg namanya barang kalo didiemin lama2 ga awet lah bro.....
mungkin bro bisa ajarin orang rumah (sebaiknya cowok), gimana caranya nyalain motor n panasin...situ ga buru2 ini kan perginya? kasih training aja.....masak sih diajarin ga ngerti2...? pasti bisa lha....
Just Call Me Nichol !!!
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 366
- Joined: Tue Jun 29, 2004 15:53
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
bener2 repot....udah merem aja,liar aja kalo udah balik ke indo masih idup gak motornya...Archapada wrote:oke dech ini yg aku tahu dikit yach mudah2an mbantu:
1. bersihkan seluruh bagian motor
2.hidupkan mesin kira2 5 menit untuk memanaskan oli, matikan dan keluarkan oli mesin.
3. isi dengan oli baru
4. kosongkan bensin dari tangki bensin dan kosongkan karburator dengan membuka skrup pembuangan pada ruang pelampung (jika dibiarkan dalam jangka waktu lama, bensin akan mengendap dan dapat menyumbat karbu)
5. lepaskan tangki bensin tuangkan -+ 250 ml oli kedalem tangki, kocok tangki berualang-ulang samapai seluruh permukaan didalam tangki terlapisi oli.
6.lepaskan busi dan masukkan beberapa tetes oli SAE 10W40(pake Oli Elf) kelas SE atau SF kedalam silender. injak pedal starter perlahan beberapa kali untuk melapisi seluruh permukaan silender dengan oli, dan pasang busi kembali.
7.kurangin tekana ban sampai 20%
8.Tempatkan motor didalam kotak atau penahan hingga "kedua rodanya tidak menyentuh tanah"
9.semprotkan oli pada "semua permukaan metal yg tidak di cat" untuk mencegah karat. hindari memberi oli pada bagian karet dan rem.
10 lepaskan batterai dan lettakan ditempat yg tdk terkena langsung sinar matahari, kelembaban atau suhu dingin. selama penyimpana sebaiknya di "Charge" dengan arus kecil(0,3 ampere ato kurang) kurang lebih sebulan.
11. ikatkan kantung plastik pada pipa knalpot untuk mencegah kelembaban
12.Tutup sepeda motor untuk menghindari debu dan kotoran (pake kain sprei ato plastik meja makan )
ada tambahan silahkan bantu bro kita...


-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 364
- Joined: Fri Apr 22, 2005 6:50
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1215
- Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
- Location: Jakarta Barat
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 481
- Joined: Sat Jan 17, 2004 5:53
- Location: Jakarta
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1136
- Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 481
- Joined: Sat Jan 17, 2004 5:53
- Location: Jakarta
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 238
- Joined: Thu Jan 04, 2007 15:25
- Location: Neo Venezia
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 246
- Joined: Wed Feb 21, 2007 7:40
klo saran gw:
1. oli ganti ama yg baru bisa tahan 1 tahun jd bro sempet ganti klo pulang kampung.
2. handle kopling iket ma ke pegangan biar koplingnya ga lengket.
3. komponen yang mudah karatan kasih gemuk/grease.
4. kosongin tangki trus jemur ampe kering, biarpun berkarat tapi gampang bersihinnya.
itu saran dari gw tapi sebenernya yg bagus dititipin ma kenalan ato sodara yg bisa ngerawat motor. klo di laminating tar motornya jadi poster bro....wakakak....
1. oli ganti ama yg baru bisa tahan 1 tahun jd bro sempet ganti klo pulang kampung.
2. handle kopling iket ma ke pegangan biar koplingnya ga lengket.
3. komponen yang mudah karatan kasih gemuk/grease.
4. kosongin tangki trus jemur ampe kering, biarpun berkarat tapi gampang bersihinnya.
itu saran dari gw tapi sebenernya yg bagus dititipin ma kenalan ato sodara yg bisa ngerawat motor. klo di laminating tar motornya jadi poster bro....wakakak....
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 246
- Joined: Wed Feb 21, 2007 7:40
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 481
- Joined: Sat Jan 17, 2004 5:53
- Location: Jakarta
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1136
- Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 114
- Joined: Thu Sep 08, 2005 13:28
Re: Motor disimpan bertahun-tahun?????
saran ane... titipkan di sodara atau teman yg bisa dipercaya merawat motor...Handy wrote:Hi guys saya minta sarannya dong! Rencananya saya mau melanjutkan study saya di luar negeri, tapi motor saya mau saya simpan untuk beberapa tahun tanpa di dihidupkan sama sekali mesinnya karena dirumah saya ngak ada yang bisa naik motor selain saya. Bagaimana caranya supaya mesinnya ngak rusak disimpan sampai bertahun-tahun tanpa dihidupkan? Yang saya tau paling akinya dicopot. Oli mesin dikuras atau diisi penuh, dan air radiator perlu dikuras ngak? Trus tangki bensin dan tangki oli samping perlu di kuras juga ngak?
Mohon saran dan masukannya ya! Thanks.
itu yg ane lakukan ke motor ane...
secara ane sekarang juga lagi di negaranya sarkozy neh...dah ampir setaun...

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 481
- Joined: Sat Jan 17, 2004 5:53
- Location: Jakarta
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 114
- Joined: Thu Sep 08, 2005 13:28
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 481
- Joined: Sat Jan 17, 2004 5:53
- Location: Jakarta
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 246
- Joined: Wed Feb 21, 2007 7:40