Mengapa jarang yg bikin MPV tinggi (Ground Cl tinggi)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 22001
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Mengapa jarang yg bikin MPV tinggi (Ground Cl tinggi)
kenapa yah pabrikan mobil besar dunia jarang yg bikin MPV dgn ground Clearance tinggi
Yg bikin cuman :
- Toyota dgn Ipah
- Mitsu dgn Delica & Zinger (proyek Kuda malah dimatikan / Zinger idup segan - mati ogah)
- Isuzu dgn Panther (idup segan - mati ogah)
Tapi yg aktif utk development / update si Toyota
Malah yg ikutin jejak Toyota adalah produsen2 India
- Mahindra dgn Xylo
- TATA dgn Aria
Xylo :
http://www.mahindraxylo.co.in/
Padahal sebetulnya pasar utk MPV dgn GC tinggi cukup banyak
Ipah sangat populer di Indonesia dan India (combined sales around 10.000 unit / month), di luar Pinoy / Tim Teng / Malaysia
Mahindra Xylo juga dijual di Nepal
Sebetulnya MPV dgn GC tinggi kalo mau diseriusin bisa dipasarkan ke negara2 lainnya juga spt negara2 Afrika / Asia Tengah / Amerika Selatan / Russia. Dimana masih banyak jalanan jelek / semi off road di daerah2 yg belum ter-develop. Mau ladder frame atau Monokok, yg penting GC tinggi.
Zaman dulu Kijang kapsul dijual di AfSel dgn nama T Condor, malah ada variant 4X4 nya (sebelum keluarnya Fortuner di sana)
Spt nya para produsen lebih senang masuk ke pasar2 tsb dgn SUV ladder frame dgn 7 seater ? (Bisa jual dgn harga lebih tinggi / lebih profitable ?). Walau sebetulnya di segment ini persaingan udah gontok2-an
Terbukti SUV ladder frame 7 seater banyak yg bikin, malah konon Nissan sedangkan mempertimbangkan Navara based SUV.
Kalao dibuat daftarnya, bbrp produsen yg sudah punya platform yg lgs dapat dibuat MPV tinggi selain si T :
- Mitsu (update Zinger-nya, share platform dgn PJS & Triton)
- Isuzu (update Panther-nya, share platform dgn MU-X & D-Max)
- Nissan (share platform dgn Navara)
- Ford (share pltform dgn ranger & Everest)
- Chevrolet (share platform dgn Trail B & Colorado)
- VW (share platform dgn Amarok)
- Mercedes Benz (gunakan platform ML class gen.1)
- Hyundai (gunakan platform Terracan)
CMIIW
Aksi demo thd buruknya jalan di salah 1 wilayah di Russia :
Referensi versi Borjouis :
Dan versi "Poor Man" nya :
Yg bikin cuman :
- Toyota dgn Ipah
- Mitsu dgn Delica & Zinger (proyek Kuda malah dimatikan / Zinger idup segan - mati ogah)
- Isuzu dgn Panther (idup segan - mati ogah)
Tapi yg aktif utk development / update si Toyota
Malah yg ikutin jejak Toyota adalah produsen2 India
- Mahindra dgn Xylo
- TATA dgn Aria
Xylo :
http://www.mahindraxylo.co.in/
Padahal sebetulnya pasar utk MPV dgn GC tinggi cukup banyak
Ipah sangat populer di Indonesia dan India (combined sales around 10.000 unit / month), di luar Pinoy / Tim Teng / Malaysia
Mahindra Xylo juga dijual di Nepal
Sebetulnya MPV dgn GC tinggi kalo mau diseriusin bisa dipasarkan ke negara2 lainnya juga spt negara2 Afrika / Asia Tengah / Amerika Selatan / Russia. Dimana masih banyak jalanan jelek / semi off road di daerah2 yg belum ter-develop. Mau ladder frame atau Monokok, yg penting GC tinggi.
Zaman dulu Kijang kapsul dijual di AfSel dgn nama T Condor, malah ada variant 4X4 nya (sebelum keluarnya Fortuner di sana)
Spt nya para produsen lebih senang masuk ke pasar2 tsb dgn SUV ladder frame dgn 7 seater ? (Bisa jual dgn harga lebih tinggi / lebih profitable ?). Walau sebetulnya di segment ini persaingan udah gontok2-an
Terbukti SUV ladder frame 7 seater banyak yg bikin, malah konon Nissan sedangkan mempertimbangkan Navara based SUV.
Kalao dibuat daftarnya, bbrp produsen yg sudah punya platform yg lgs dapat dibuat MPV tinggi selain si T :
- Mitsu (update Zinger-nya, share platform dgn PJS & Triton)
- Isuzu (update Panther-nya, share platform dgn MU-X & D-Max)
- Nissan (share platform dgn Navara)
- Ford (share pltform dgn ranger & Everest)
- Chevrolet (share platform dgn Trail B & Colorado)
- VW (share platform dgn Amarok)
- Mercedes Benz (gunakan platform ML class gen.1)
- Hyundai (gunakan platform Terracan)
CMIIW
Aksi demo thd buruknya jalan di salah 1 wilayah di Russia :
Referensi versi Borjouis :
Dan versi "Poor Man" nya :
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4235
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Mengapa jarang yg bikin MPV tinggi (Ground Cl tinggi)
denger kabar angin ud lupa seh angin dari mana katanya seh honda mau mulai masuk segmen pickup ladder frame mungkin mau bikin baby ridgeline.....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 609
- Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
- Daily Vehicle: 205系電車
Re: Mengapa jarang yg bikin MPV tinggi (Ground Cl tinggi)
kayaknya di seluruh dunia ini yg pertumbuhannya tinggi adalah:
1. 5seat crossover suv macam hrv, juki
2. 7seat compact suv macam xtrail, fortie, pasport
imho mpv kalo ingin laku diluar negara2 yg disebut mod turbo harus beraroma suv juga. anki sebenarnya ada dikit aroma crossover kalo dilihat dari belakang n ban terutama yg 17 inch. sapa tau diluar nanti beneran dibuat versi crossover macam xgear dgn moncong n aksesoris yg lebih macho (overfender, roof rail, popok, tanduk, etc).
1. 5seat crossover suv macam hrv, juki
2. 7seat compact suv macam xtrail, fortie, pasport
imho mpv kalo ingin laku diluar negara2 yg disebut mod turbo harus beraroma suv juga. anki sebenarnya ada dikit aroma crossover kalo dilihat dari belakang n ban terutama yg 17 inch. sapa tau diluar nanti beneran dibuat versi crossover macam xgear dgn moncong n aksesoris yg lebih macho (overfender, roof rail, popok, tanduk, etc).
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 7399
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Mengapa jarang yg bikin MPV tinggi (Ground Cl tinggi)
krn sy tdk pintar omong n awam ... sy jwp dg pertanyaan
knp skrg jarang (bukan tdk ada ya) ... jarang pakai steering house ... pakainya rack-n-pinion
brp untung jualan di low-mid developing market indo vs jualan di upper developing market brazil / thai
knp skrg jarang (bukan tdk ada ya) ... jarang pakai steering house ... pakainya rack-n-pinion
brp untung jualan di low-mid developing market indo vs jualan di upper developing market brazil / thai
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3964
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Mengapa jarang yg bikin MPV tinggi (Ground Cl tinggi)
masalahnya negara yang mau dan butuh kendaraan kaya gini, rata2 kan masuk negara berkembang atau baru mau naik ke kelas negara berkembang, daya beli konsumennya berapa banyak? apa bisa nutup biaya R&D atau bikin pabrikan atau katakan biaya import dari negara lain yang ada duluan? kecuali bikin platform global macem IMV project toyota yg mana berapa merek yang mampu bikin kaya gini selain toyota?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 918
- Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49
Re: Mengapa jarang yg bikin MPV tinggi (Ground Cl tinggi)
Panther gosip2 nya bakal ada penggantinya RU30.. Ntah sampe sekarang ga ada kabarnya lagi...
Kalo panther versi india (chevy tavera) sekarang ini udah lebih update daripada di Indonesia dan Philippines.. Interior lebih fresh, hu double din
Kalo panther versi india (chevy tavera) sekarang ini udah lebih update daripada di Indonesia dan Philippines.. Interior lebih fresh, hu double din
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
-
- SM Specialist
- Posts: 22001
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Mengapa jarang yg bikin MPV tinggi (Ground Cl tinggi)
Agree dgn 3mul
Spt nya SUV bernuansa MPV (kalo kata si om mobi : MPV yang di SUV kan) lebih menarik bagi pasar scr umum, bisa bikin lebih banyak variasi (4X2 / 4X4), daerah pemasaran lebih luas, harga jual bisa lebih tinggi drpd MPV siblingnya walau padahal material yg digunakan hampir sama banyaknya
Si ANKI ada bernuansa SUV.......kalau feeling ane pribadi, ANKI dikembangkan dgn dipasangnya item2 advance, spt nya si Toyota ingin membungkam ancaman dari TATA Aria
Selama Ipah dipasarkan dr 2004 sampe skg di Indonesia, Toyota melenggang tanpa ancaman
TAPI.......di India, dimana Ipah launching 2005.......dalam waktu bbrp tahun saja langsung muncul pesaing2 yg sekelas spt Mahindra Xylo dan kemudian muncul TATA Aria yang positioning di atas Ipah (walau Aria gagal dalam pemasaran),
Lalu muncul Mahindra XUV 500 yg walau sebetulnya ini SUV monokok FWD Diesel (lebih pas di segment Captiva), tapi krn harganya dekat dgn Ipah V, konsumen2 di India sering bandingin XUV 500 vs Ipah sebelum beli mobilnya
Di India si Ipah dijepit :
1. Dari bawah oleh Mahindra Bolero - MUV
2. Dari atas oleh TATA Aria
3. Dari yg sekelas (harga lebih murah) oleh Mahindra Xylo
4. Dari jalur sebelah : SUV lokal 7 seater : Tata Safari & Mahindra Scorpio
Di India orang juga suka bandingin Ipah dgn Tata Safari sebelum beli mobilnya.
Spt nya si Toyota udah antisipasi jika suatu hari Xylo dan Aria berevolusi / Mahindra & TATA membuat produk "sakti" benar2 menjadi ancaman buat Ipah-nya
So.....fitur2 yg ada di Ipah skg.......we thanks to Mahindra (Xylo Voice command) and TATA with their Aria
Tanpa 2 itu, mungkin ANKI skg masih dgn 4 AT dan rem ABS doang
Voice Command Xylo
Komparasi Ipah vs Xylo
Khas :
"Absolutely No No......"
"Dead pedal...."
Kalo Aria sih semua udah pada liat yah.....heheheh
CMIIW
Spt nya SUV bernuansa MPV (kalo kata si om mobi : MPV yang di SUV kan) lebih menarik bagi pasar scr umum, bisa bikin lebih banyak variasi (4X2 / 4X4), daerah pemasaran lebih luas, harga jual bisa lebih tinggi drpd MPV siblingnya walau padahal material yg digunakan hampir sama banyaknya
Si ANKI ada bernuansa SUV.......kalau feeling ane pribadi, ANKI dikembangkan dgn dipasangnya item2 advance, spt nya si Toyota ingin membungkam ancaman dari TATA Aria
Selama Ipah dipasarkan dr 2004 sampe skg di Indonesia, Toyota melenggang tanpa ancaman
TAPI.......di India, dimana Ipah launching 2005.......dalam waktu bbrp tahun saja langsung muncul pesaing2 yg sekelas spt Mahindra Xylo dan kemudian muncul TATA Aria yang positioning di atas Ipah (walau Aria gagal dalam pemasaran),
Lalu muncul Mahindra XUV 500 yg walau sebetulnya ini SUV monokok FWD Diesel (lebih pas di segment Captiva), tapi krn harganya dekat dgn Ipah V, konsumen2 di India sering bandingin XUV 500 vs Ipah sebelum beli mobilnya
Di India si Ipah dijepit :
1. Dari bawah oleh Mahindra Bolero - MUV
2. Dari atas oleh TATA Aria
3. Dari yg sekelas (harga lebih murah) oleh Mahindra Xylo
4. Dari jalur sebelah : SUV lokal 7 seater : Tata Safari & Mahindra Scorpio
Di India orang juga suka bandingin Ipah dgn Tata Safari sebelum beli mobilnya.
Spt nya si Toyota udah antisipasi jika suatu hari Xylo dan Aria berevolusi / Mahindra & TATA membuat produk "sakti" benar2 menjadi ancaman buat Ipah-nya
So.....fitur2 yg ada di Ipah skg.......we thanks to Mahindra (Xylo Voice command) and TATA with their Aria
Tanpa 2 itu, mungkin ANKI skg masih dgn 4 AT dan rem ABS doang
Voice Command Xylo
Komparasi Ipah vs Xylo
Khas :
"Absolutely No No......"
"Dead pedal...."
Kalo Aria sih semua udah pada liat yah.....heheheh
CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Mengapa jarang yg bikin MPV tinggi (Ground Cl tinggi)
harusnya sih Isuzu n mitsibishi yang udah punya pengalaman main ginian, tinggal lanjutin aja
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 599
- Joined: Thu Sep 25, 2008 1:20
Re: Mengapa jarang yg bikin MPV tinggi (Ground Cl tinggi)
jadi apa bedanya suv 7 seater dengan high GC MPV ? penamaan saja ?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 241
- Joined: Sat Oct 26, 2013 2:48
Re: Mengapa jarang yg bikin MPV tinggi (Ground Cl tinggi)
jarang yang bikin mpv dg gc tinggi karena takut di review dg alasan :
# bodyroll parah
# kagak bisa diajak ngebut
# pengendalian buruk saat 100 kpj keatas
# susah masuk ke mobil tuk anak2 & orang sepuh
cmiiw ..
# bodyroll parah
# kagak bisa diajak ngebut
# pengendalian buruk saat 100 kpj keatas
# susah masuk ke mobil tuk anak2 & orang sepuh
cmiiw ..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: Mengapa jarang yg bikin MPV tinggi (Ground Cl tinggi)
kategori tinggi itu brp mm ? 200 mm ? 170 mm ? mobilio kan 189 mm kyknua uda cukup tinggi
k
k
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1292
- Joined: Sat Aug 04, 2007 11:06
- Location: mtg, jakarta
- Daily Vehicle: toyota fans boys
Re: Mengapa jarang yg bikin MPV tinggi (Ground Cl tinggi)
BRV bukan mpv ya?....maren lihat di jalan, lebih tinggi dr mobilio, innova, duo kaleng, hapir sejajar ma xtrail urban
Tersangkut Kabel, Honda B-RV Jatuh Dari Truk Di Kelapa Gading (detikcom)
Tersangkut Kabel, Honda B-RV Jatuh Dari Truk Di Kelapa Gading (detikcom)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Mengapa jarang yg bikin MPV tinggi (Ground Cl tinggi)
mungkin yang dimaksud tinggi itu ladder frame
-
- SM Specialist
- Posts: 22001
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Mengapa jarang yg bikin MPV tinggi (Ground Cl tinggi)
GC tinggi gak mesti ladder frame
Mitsu Pajero yg terakhir (real pajero), BMW X5, MB ML Class (gen. 2 - skg), Mitsu Delica semua monokok
Mitsu Pajero yg terakhir (real pajero), BMW X5, MB ML Class (gen. 2 - skg), Mitsu Delica semua monokok
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 167
- Joined: Fri Jan 15, 2016 14:56
Re: Mengapa jarang yg bikin MPV tinggi (Ground Cl tinggi)
grong cleaance tinggi ..patokan gc nya berapa mm yah om biar masuk katagory tinggi ?
kadang ada mobil "keliatan" nya tinggi kalo di photo ...pas liat barang nya standar aj contoh brv
kadang ada mobil "keliatan" nya tinggi kalo di photo ...pas liat barang nya standar aj contoh brv
jalan kaki ............ SEHAT !
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Mengapa jarang yg bikin MPV tinggi (Ground Cl tinggi)
Ipah GC nya brp?
Ertiga gc brp?
Mobilio gc brp?
Avanza gc brp?
Dri ke 4 itu tebak mana yg gc nya paling rendah
Ertiga gc brp?
Mobilio gc brp?
Avanza gc brp?
Dri ke 4 itu tebak mana yg gc nya paling rendah
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Billyd1773dz
Billyd1773dz
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 241
- Joined: Sat Oct 26, 2013 2:48
Re: Mengapa jarang yg bikin MPV tinggi (Ground Cl tinggi)
gc paling rendah = ipahbillyd1773dz wrote:Ipah GC nya brp?
Ertiga gc brp?
Mobilio gc brp?
Avanza gc brp?
Dri ke 4 itu tebak mana yg gc nya paling rendah
avanza = 200mm
mobilio = 189mm
ertiga = 185mm
ipah = 176mm
kata beberapa sumber di google
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: Wed Sep 18, 2013 9:28
Re: Mengapa jarang yg bikin MPV tinggi (Ground Cl tinggi)
Kalau GC tinggi dengan tujuan agar tidak "Gasrok" ada faktor lain juga yang mempengaruhi ogud lupa namanya kalau ga salah Angle of Attack dan Angle Of Depature (CMIIW). Contoh di Grobak Ogud... GL L11... Kalau dibandingkan sama L10, GC lebih kurang sama... Nah kenyataannya lebih sering gasrok L11... usut punya usut Angle Of Attack sama Angle Of Depature nya yang beda... sehingga ketemu tanjakan yang sama L10 "Wesssssss" Aman Sedangkan L11 "Sroooooookkkkkkk" *intip kolong bumper depan uda rata ampe keliatan Substrat*
REAL MAN USE THREE PEDALS
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5715
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Mengapa jarang yg bikin MPV tinggi (Ground Cl tinggi)
Mungkin MPV kalo di luar negeri kebanyakan dipake ibu2 paling yah.
Jadi nyari yg aksesnya gampang, secara banyak anak2 atau bawa belanjaan.
Jadi nyari yg aksesnya gampang, secara banyak anak2 atau bawa belanjaan.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 609
- Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
- Daily Vehicle: 205系電車
Re: Mengapa jarang yg bikin MPV tinggi (Ground Cl tinggi)
BRV bukannya lebih rendah dari R3? lebih tinggi dari mobilio sih iya bener, karena ada roof rail...ibar78 wrote:BRV bukan mpv ya?....maren lihat di jalan, lebih tinggi dr mobilio, innova, duo kaleng, hapir sejajar ma xtrail urban
Sesuai iklannya: only the braveribar78 wrote:Tersangkut Kabel, Honda B-RV Jatuh Dari Truk Di Kelapa Gading (detikcom)
Last edited by 3mul on Fri Feb 19, 2016 8:58, edited 1 time in total.
-
- SM Specialist
- Posts: 22001
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Mengapa jarang yg bikin MPV tinggi (Ground Cl tinggi)
Kalo ane sih lebih ngeliat jarak lantai dek ke aspal yah
Spec GC yg tertulis di brosur itu kan biasanya utk bagian suspensi / powertrain yg agak menjorok ke bawah, dan diukur jaraknya dari aspal
Tapi GC spt itu biasanya belum tentu berkorelasi dgn jarak lantai dek ke aspal
Kalau wading depth biasanya ada berkorelasi dgn jarak lantai dek ke aspal
CMIIW yah
Yah ini sih sudut pandang pribadi - preferensi pribadi ajah
Utk sudut pandang lain ya monggo dilanjut diskusinya, saya jadi pendengar ajah
Spec GC yg tertulis di brosur itu kan biasanya utk bagian suspensi / powertrain yg agak menjorok ke bawah, dan diukur jaraknya dari aspal
Tapi GC spt itu biasanya belum tentu berkorelasi dgn jarak lantai dek ke aspal
Kalau wading depth biasanya ada berkorelasi dgn jarak lantai dek ke aspal
CMIIW yah
Yah ini sih sudut pandang pribadi - preferensi pribadi ajah
Utk sudut pandang lain ya monggo dilanjut diskusinya, saya jadi pendengar ajah
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Mengapa jarang yg bikin MPV tinggi (Ground Cl tinggi)
nah iya LMPV sekarang GCnya kan lumayan tinggi2 karena monokok jadi kelihatan nggak tinggi mobilnyajalananDOHC wrote:
gc paling rendah = ipah
avanza = 200mm
mobilio = 189mm
ertiga = 185mm
ipah = 176mm
kata beberapa sumber di google
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 657
- Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08
Re: Mengapa jarang yg bikin MPV tinggi (Ground Cl tinggi)
Mungkin maksudnya TS, kenapa sih innova di Indonesia gak ada lawan yg setara speknya.. Hehehe..
Afaik, MPV ngambil platform dari sedan/hatcback jd GCnya gak tinggi2 amat.
Toyota mah ada jg MPV yg platformnya dari sedan/hatchback.
Tapi ya cerdiknya si Toyota. Dia pake pendekatan Toyota Way membaca konsumen need. Konsumen butuh MPV GC tinggi maka di modif tuh basis pickup jd MPV. Ditambah pny capital besar shg berani produksi tu pickup jd mpv.
Spt mitsubishi sebenernya mudah meracik MPV dari triton alias pajero sport MPV. Tp krn kapital gak segede toyota maka kapasitas pabrik hny utk pajero sport dan triton.
Afaik, MPV ngambil platform dari sedan/hatcback jd GCnya gak tinggi2 amat.
Toyota mah ada jg MPV yg platformnya dari sedan/hatchback.
Tapi ya cerdiknya si Toyota. Dia pake pendekatan Toyota Way membaca konsumen need. Konsumen butuh MPV GC tinggi maka di modif tuh basis pickup jd MPV. Ditambah pny capital besar shg berani produksi tu pickup jd mpv.
Spt mitsubishi sebenernya mudah meracik MPV dari triton alias pajero sport MPV. Tp krn kapital gak segede toyota maka kapasitas pabrik hny utk pajero sport dan triton.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 450
- Joined: Tue Dec 15, 2015 12:56
Re: Mengapa jarang yg bikin MPV tinggi (Ground Cl tinggi)
Ipah dan fortie basis dr Hilux kan? Dan KIJANG di pecah jadi 3
Avanza,Innova dan Hilux (pick-up)
GC lumayan bantu,terutama banjit
Btw,BRV ane lihat lebih pendek malah
Kalau mau share plafon sama pickup malah serasa mobil barang dan bantingan keras. Tapi ANKI bisa lebih nyaman,padahal mobil barang aslinya
Sent from my D5322 using Tapatalk
Avanza,Innova dan Hilux (pick-up)
GC lumayan bantu,terutama banjit
Btw,BRV ane lihat lebih pendek malah
Kalau mau share plafon sama pickup malah serasa mobil barang dan bantingan keras. Tapi ANKI bisa lebih nyaman,padahal mobil barang aslinya
Sent from my D5322 using Tapatalk
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Mengapa jarang yg bikin MPV tinggi (Ground Cl tinggi)
Betul....... so BUANYAK MPV yg lebih tinggi dari ipahjalananDOHC wrote:gc paling rendah = ipahbillyd1773dz wrote:Ipah GC nya brp?
Ertiga gc brp?
Mobilio gc brp?
Avanza gc brp?
Dri ke 4 itu tebak mana yg gc nya paling rendah
avanza = 200mm
mobilio = 189mm
ertiga = 185mm
ipah = 176mm
kata beberapa sumber di google
LMPV hatchback based gak keliat tinggi karena styling pakai body kit atau ujung bemper dpn blkng ber approach angle dan departure rendah biar sporty look
Ipah gak keliat low gc karna bagian paling rendah di gardan belakang atau dudukan shock which sangat mungkin gasruk
Kalau yg di maksud ga gampang gasruk ya ngapain ngukur floor clearence karna floor ga mungkin gasruk..... ukur ya GC, approach angle, rambreak over dan departure angke. Ke 3 sudut ini berhubungan langsung dengan gc. Ipah jg gak terlalu baik, hidungnya mancung.
Kalau wading depthnya kemampuan nembus banjir... monggo ganti judul treat...... mbl ceper asal pke snorkel jg bisa nembus banjir
Last edited by billyd1773dz on Fri Feb 19, 2016 11:36, edited 1 time in total.
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Billyd1773dz
Billyd1773dz