Yg bikin cuman :
- Toyota dgn Ipah
- Mitsu dgn Delica & Zinger (proyek Kuda malah dimatikan / Zinger idup segan - mati ogah)
- Isuzu dgn Panther (idup segan - mati ogah)
Tapi yg aktif utk development / update si Toyota
Malah yg ikutin jejak Toyota adalah produsen2 India
- Mahindra dgn Xylo
- TATA dgn Aria
Xylo :

http://www.mahindraxylo.co.in/
Padahal sebetulnya pasar utk MPV dgn GC tinggi cukup banyak
Ipah sangat populer di Indonesia dan India (combined sales around 10.000 unit / month), di luar Pinoy / Tim Teng / Malaysia
Mahindra Xylo juga dijual di Nepal
Sebetulnya MPV dgn GC tinggi kalo mau diseriusin bisa dipasarkan ke negara2 lainnya juga spt negara2 Afrika / Asia Tengah / Amerika Selatan / Russia. Dimana masih banyak jalanan jelek / semi off road di daerah2 yg belum ter-develop. Mau ladder frame atau Monokok, yg penting GC tinggi.
Zaman dulu Kijang kapsul dijual di AfSel dgn nama T Condor, malah ada variant 4X4 nya (sebelum keluarnya Fortuner di sana)
Spt nya para produsen lebih senang masuk ke pasar2 tsb dgn SUV ladder frame dgn 7 seater ? (Bisa jual dgn harga lebih tinggi / lebih profitable ?). Walau sebetulnya di segment ini persaingan udah gontok2-an
Terbukti SUV ladder frame 7 seater banyak yg bikin, malah konon Nissan sedangkan mempertimbangkan Navara based SUV.
Kalao dibuat daftarnya, bbrp produsen yg sudah punya platform yg lgs dapat dibuat MPV tinggi selain si T :
- Mitsu (update Zinger-nya, share platform dgn PJS & Triton)
- Isuzu (update Panther-nya, share platform dgn MU-X & D-Max)
- Nissan (share platform dgn Navara)
- Ford (share pltform dgn ranger & Everest)
- Chevrolet (share platform dgn Trail B & Colorado)
- VW (share platform dgn Amarok)
- Mercedes Benz (gunakan platform ML class gen.1)
- Hyundai (gunakan platform Terracan)
CMIIW
Aksi demo thd buruknya jalan di salah 1 wilayah di Russia :
Referensi versi Borjouis :

Dan versi "Poor Man" nya :

