Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Segala jenis Hatchback dan tipe - tipe mobil lainnya.
(Jazz, Yaris, Swift, xover dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by octafiantos »

Gua sih percaya aja. Konteksnya 60-80 kan. Ngetesnya juga di area itu, bisa jadi pagi atau malam. Ini kan soal kurva tenaga keluar di mana. Bisa jadi power band duo lcgc itu di sana.

Cuma flow traffic rata raya dalam kota apalagi Jakarta ga di posisi 60. Ini flow trafficnya Karawang ke arah Cikampek. Kurang datanya buat flow Komdak - Bekasi, habitat asli mobil dalam kota. Butuh tes flow 20-40, 40-60 :D

Sent from my 2014817 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
User avatar
Moonshade
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 386
Joined: Fri Apr 12, 2013 9:38

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by Moonshade »

amfibi wrote:
Moonshade wrote:
sucahyo wrote:Berikut ini sekedar mengira - ngira alasan mengapa kok banyak pemilik Ayla atau Agya yang merasa minder kalau di jalan, merasa mobilnya lambat.

Ini awalnya dari posting di suatu grup Ayla/Agya yang menyebutkan bahwa Ayla/Agya akselerasinya bisa menyaingi Fortuner Turbo ataupun Avanza. Karena pertimbangannya pemakaian di jalan raya, maka data tes yang dipakai adalah dari hasil uji autobild untuk akselerasi dari 60 ke 80 kpj. Diasumsikan adu ngebutnya terjadi pada waktu menyalip kendaraan lain, seberapa lelet kendaraan yang di depan, seberapa mampu untuk mengekor kendaraan yang sedang menyalip.
- cut - .
bangun pak bangun, jangan teralu banyak bermimpi dengan LCGC anda

sorry oot :off_bored:
Hmmm kalo yg dimaksud Fortuner Turbo AT non-VNT yg dalem keadaan standar ting2 make bensin biosolar sih ane percaya pake banget. Mobil itu lemotnya haduhhh emg bikin pengguna agya ayla bisa ngakak2, 0-100 aja diatas 20 detik, tenaga pas nyalip nihil :mky_07:

hahahaha iya sih mod kondisi standar memang pelan sekali Fortuner non vnt.
tapi tetep lah kalau lihat fortuner yang lagi (berusaha) kencang pasti orang bilang "wuih kenceng juga ya fortuner", sedangkan kalau lihat agya (yang sedang berjuang untuk kelihatan) kencang "nyawa nya ada 9 tuh orang" :big_weee:

tapi pengalaman ane sih belum pernah lihat agya yang kencang, apa lagi belok belok spt yg om kompre bilang. Sodara ane yang punya agya aja bilang tuh mobil nyampe 100 aja susah banget, malah sebelom sampe 100 udah keburu serem duluan.

tapi ya gapapa lah kalo om TS senang dengan agya-nya yang kencang itu, selamat ya om buat mobil kencang nya :mky_08:
jwid
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 426
Joined: Fri Apr 03, 2015 3:56

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by jwid »

ini orang yang dulu kaya tukang obat itu kan? berlembar lembar ngomongnya jualan obat?
User avatar
radinalakbar7
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 158
Joined: Thu Nov 21, 2013 12:23

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by radinalakbar7 »

Haha ane bukan nge bela TS yak, menurut nubi sih yang pernah bawa ayla M Manual,velg kaleng warna hitam, mobil rentalan.tuh mobil disiksa bgt. Buat dalem kota selap-selip memang enak,body kecil, gesit, tarikan ga jelek2 amat, pastinya modal nyali doang. Isi bbm pun cuma cepek utk 3 hari (harga bbm sebelum skrg) haha.

Sebelumnya jg ane pernah cerita juga ttg ayla ini. (ane bawa ayla, tarik2an dalam kota dg pajero dipermalukan, dan ane bawa civic fd juga pernah dipermalukan ayla di lampu merah :D karma berlaku)

Ane biasa bawa mobil pribadi ane civic fd & innova yang bongsor2 semua, bawa ayla ini kayak bawa bom-bom car haha, nih mobil fun juga, asal msh ingat nyawa cuma 1

*cerita doang ga mau berdebat hehe damai.

Sent from my BlackBerry Z30 using Tapatalk
User avatar
grandis_GT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1550
Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
Location: Riau

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by grandis_GT »

nubie nyimak aja di pojokan :mrgreen:
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1086
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by kenop »

Serasa dejavu baca isi thread ini.. Dulu kek nya pernah baca di manaa gt.. Naga2 nya bakal pointless and endless kek yg dulu2 :upss: :mky_03:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21994
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by Turboman »

Dikasih capacitor ajaaa.....siapa tahu 1 capacitor bisa bikin 0-100 lebih cepet 1 detik

Drivernya juga dpasangin capacitor aja di kaki kanan nya dan tangan kiri nya, hehehe

Kaboooorrrrrrrrr
:ngacir:
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
siGigiBiru
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Sun Apr 04, 2010 18:25

Re: RE: Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by siGigiBiru »

sucahyo wrote:Kok banyak yang salah paham ya? maksud saya Ayla / Agya kalau di jalan umum itu kencang, itu juga yang saya rasakan sendiri, tapi banyak pemiliknya minder walau belum pernah membandingkan.

Untuk link, lha wong dikasih link saja banyak yang masih tidak percaya, apalagi kalau tidak pakai link, bisa dianggap membual. Memang susah untuk bisa menerima kenyataan disalip sama mobil yang harganya separuh, kapasitas mesin separuh, tenaga mesin separuh, iritnya dua kali dari yang kita pakai. Yang jarang diingat adalah berat mobilnya juga separuh.
Mungkin faktor psikologis jg ya, yg punya mobil agya/ayla udh minder duluan sewaktu mw nyalip mobil lain yg lebih bagus walopun ag/ay sebenarnya mampu "katanya" (dan lebih minder lg kl ternyata yg mw disalip ga kunjung terlewati [emoji3] )
Nah....apakah pemilik ag/ay kl ketemu sesama lcgc minder jg ketika mw nyalip, kurasa dan pasti ga ada minder2nya tuh...
narji
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: Sat Mar 15, 2014 9:36

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by narji »

laporan dari teman kantor pemilik Agya matic yg doyan PP Serpong Cirebon lewat tol Cipali.. Agya bisa dibawa sampai 120 tapi bergetar banget.. stir sampe dikekep bener2..
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by DOHC »

tergelitik utk komen...

beberapa minggu lalu, ane sempet nyewa ayla manual type M... dpt tugas utk survey lapangan d sulawesi sana...

selap selip rute pegunungan khas sulawesi... emang ayla ini jauhh lebi kencang dr mobil dinas ane dl, terutama kl ad trek lurus kira2 200an meter...


jadi yahhh, memang benar ada nya TS, agya ayla ini kencang.... kencang sekali akselerasi nya.... :big_smoking: :big_smoking:



*btw, mobil dinas ane kijang 7K karbu taon 97 :ngacir: :ngacir: :ngacir:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by egibaio »

Agya memang harusnya ga selambat itu menurut ane, tenaga 68 hp dengan bobot di bawah 1 ton ya harusnya emg power to weight ratio nya at least lebih bagus daripada panther. Cuma performance kan ga diukur hanya dari 60-80 aja, torsi mesin 1000cc begitu ya pas take off dan di highway pasti bikin ga sabar.

Lagian menurut ane ga usah minder, toh kita bukan di sirkuit dan at least masih bisa ngikutin flow traffic. Mungkin lebih tepatnya orang yang bawa agya bukan minder, tapi tertampar fakta pas gaspol ada yang lebih kenceng apalagi begitu si mesin 1000cc keluar dari power bandnya yang memang sempit. Jangan lupa juga autobild ini suka ngeluarin magic number. Honda HRV dalkot jakarta 13.7 km/l? Come on.

Ane pribadi sih kalau lagi bawa panther turbo ane ga pernah minder karena ane memang ga lagi berkompetisi dan ga pernah ngajak tarik tarikan orang di jalan wkwk
User avatar
aufal
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 172
Joined: Mon Jul 07, 2014 9:05

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by aufal »

Mau gak komen ya gimana..

Ngakak abizzz..

Autobild..mmm..majalah bungkus kacang
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by ak4ng »

aufal wrote:Mau gak komen ya gimana..

Ngakak abizzz..

Autobild..mmm..majalah bungkus kacang
sbenernya sih saya mau awal komen nya gitu.. referensinya dari link autobild yg kita gatau mana hasil yang pesenan buat kepentingan marketing pabrik mobil mana yang hasil beneran di test mobil apa adanya :wkkk: :wkkk: :wkkk: :wkkk: :wkkk: :wkkk: tp yaa emg fortuner turbo nonvnt sangaattttt lelet :big_biglaugh:
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
arton
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 418
Joined: Wed Sep 04, 2013 3:28

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by arton »

sebenarnya banyak kok pemilik agya / ayla yang kencang, karena mobilnya emang enak buat sruntulan dalkot, apalagi manual..
mungkin yang ngerasa lelet kurang nyali aja.
kalo pake fortuner mau sruntulan ya susah, bodi bongsor begitu..yang ada di klaksonin orang..rem nya fortie juga kurang enak menurut ane, ga smooth, ..rem nya ayla lebih smooth
Ceban Me if I'm Wrong..
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by daftar »

kenapa regulasi LCGC ini gak dibuat 660cc kayak kei car aja ya, suka miris lihat dibawa kebut2an
:ngacir:
User avatar
Mamang555
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by Mamang555 »

Ayla itu memang kencang koq, apalagi tipe terbawah yang trondolan. Itu kencengnya udah kayak setan
Apalagi kalo ban cadangan dan bangku belakang dilepas dan spion dilepas.. wuih.. :frm_salut:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by maskopat »

ChZ wrote:Ngetes kok nanggung amat 60-80 kph? Powerband tiap mobil beda-beda keleus... Mungkin 60-80 cepet, diatas 80 bengek ga?

Gw bawa Nissan March A/T juga gak ngerasa lambat dari 0 ke 60 nya, tapi diatas 60 ya akselerasinya kayak tai, itu mesin udah ngeraung-raung kek mo meledak. Sama kayak bawa Datsun Go.
mod, tolong dijaga kata2 ente...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by sucahyo »

Yang ingin saya bahas disini adalah mengapa walau hasil ujinya cepat tapi banyak pemakai Ayla/Agya merasa mobilnya lambat. untuk mencari apa penyebabnya, kalau soal cepat atau tidak, tinggal percaya data / testimoni atau tidak. Tambahan penyebab:
- pakai gigi 5 di tol, seharusnya lebih cepat pakai gigi 4.
- pakai modif CAI / air bleed, walau nambah respon di rpm rendah, mengurangi tenaga di kecepatan tinggi.

Rasanya banyak orang yang salah paham dengan karakteristik mesin Ayla/Agya. Rasio gigi tidak sama dengan MPV. Di gigi 3, mentok rpm kecepatannya mendekati 120 km/h, Di gigi 4, secara teori bisa mencapai 160kpj. Bisa jadi yang pakai Ayla/Agya menyamakan dengan MPV sehingga kalau di tol pakai gigi 5, padahal bisa juga pakai gigi 4 dan bisa lebih cepat akselerasinya. Salah pakai gigi juga membuat mencapai kecepatan 100 susah.

Hasil pengujian menunjukkan bahwa Ayla/Agya termasuk lemah di akselerasi 0-100. Namun fun sendiri sangat tergantung selera. Kita gunakan Honda Brio Satya sebagai contoh. di Brio 0-100 bisa dicapai dalam 10,8 detik. Sementara di Agya M/T butuh 13,7 detik. Di Brio 60-80 butuh 4,3 detik sementara di Agya butuh 2,8 detik. Ini menunjukkan karakteristik mesin yang berbeda. Walau sama sama LCGC, Brio cocoknya di sirkuit, Agya cocoknya di jalan. Jadi Brio cocok dipergunakan dengan rpm meraung raung, sementara Agya cocok dipergunakan tanpa mesin meraung.

Bagi saya yang pakainya sering untuk jalan luar kota yang banyak kendaraan besar berjalan di kecepatan 40 km/h, banyak pengendara yang ngantri mau menyalip kendaraan besar tersebut, adu akselerasi lebih sering terjadi saat menyalip, cocoknya data akselerasi 40 ke 80.

Bagi yang sering lewat tol, angka yang lebih cocok mungkin 80 ke 120. Yang jelas angka 0-100 tidak relevan, bisa lihat sendiri di contoh bahwa akselerasi di 60-80 bisa berlawanan hasilnya dengan akselerasi 0-100. Tentu beda bila ini untuk membayangkan performa di sirkuit dimana kendaraan dipakai sampai meraung raung.

Di jalan umum, sangat beresiko untuk berlama - lama di sebelah kendaraan besar. Ada resiko roboh, ataupun kendaraan besarnya menghindari kendaraan lain mau menyeberang. Sebaiknya kalau tidak mampu menyalip ya jangan menyalip.

Ayla saya sendiri stabil saat dibawa kencang, memang nggak sampai mentok, tapi di kecepatan 120 km/h sampai tidak terasa. Kalau bergetar, saya curiga dia pakai modif velg alternatif. Kalau standaran semua, stabil kok. Kalau ada yang bilang limbung, perlu di cek apakah tekanan bannya standard di 36.

Mungkin ada yang tahu link alternatif selain autobild yang menyediakan data akselerasi 60-80 ?
User avatar
808BB
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 152
Joined: Fri Apr 11, 2014 9:53
Location: Padang, West Sumatera
Daily Vehicle: KE5FW ANH30 FJA300

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by 808BB »

Mamang555 wrote:Ayla itu memang kencang koq, apalagi tipe terbawah yang trondolan. Itu kencengnya udah kayak setan
Apalagi kalo ban cadangan dan bangku belakang dilepas dan spion dilepas.. wuih.. :frm_salut:
Apalagi kalo bumper nya di copot :mky_07:
GGL15 Obsidian
F30 Havana
KE5FW Soul red
ANH30 White pearl
J300 Precious white
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by martinnn »

egibaio wrote:Agya memang harusnya ga selambat itu menurut ane, tenaga 68 hp dengan bobot di bawah 1 ton ya harusnya emg power to weight ratio nya at least lebih bagus daripada panther. Cuma performance kan ga diukur hanya dari 60-80 aja, torsi mesin 1000cc begitu ya pas take off dan di highway pasti bikin ga sabar.

Lagian menurut ane ga usah minder, toh kita bukan di sirkuit dan at least masih bisa ngikutin flow traffic. Mungkin lebih tepatnya orang yang bawa agya bukan minder, tapi tertampar fakta pas gaspol ada yang lebih kenceng apalagi begitu si mesin 1000cc keluar dari power bandnya yang memang sempit. Jangan lupa juga autobild ini suka ngeluarin magic number. Honda HRV dalkot jakarta 13.7 km/l? Come on.

Ane pribadi sih kalau lagi bawa panther turbo ane ga pernah minder karena ane memang ga lagi berkompetisi dan ga pernah ngajak tarik tarikan orang di jalan wkwk

duo agya gak sampe 68 hp om.... kyknya cuman 60 hp

yang 68 hp itu datsun go :big_grin:
:big_biglaugh:
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by egibaio »

martinnn wrote:
egibaio wrote:Agya memang harusnya ga selambat itu menurut ane, tenaga 68 hp dengan bobot di bawah 1 ton ya harusnya emg power to weight ratio nya at least lebih bagus daripada panther. Cuma performance kan ga diukur hanya dari 60-80 aja, torsi mesin 1000cc begitu ya pas take off dan di highway pasti bikin ga sabar.

Lagian menurut ane ga usah minder, toh kita bukan di sirkuit dan at least masih bisa ngikutin flow traffic. Mungkin lebih tepatnya orang yang bawa agya bukan minder, tapi tertampar fakta pas gaspol ada yang lebih kenceng apalagi begitu si mesin 1000cc keluar dari power bandnya yang memang sempit. Jangan lupa juga autobild ini suka ngeluarin magic number. Honda HRV dalkot jakarta 13.7 km/l? Come on.

Ane pribadi sih kalau lagi bawa panther turbo ane ga pernah minder karena ane memang ga lagi berkompetisi dan ga pernah ngajak tarik tarikan orang di jalan wkwk

duo agya gak sampe 68 hp om.... kyknya cuman 60 hp

yang 68 hp itu datsun go :big_grin:
My bad, ternyata agya ayla pake mesin 1KR DE power max 65hp, curb weight 800kg menurut wikipedia. Power to weight rationya artinya 81.25 hp/ton yang sebenernya ga jelek jelek amat. Permasalahan mobil ringan dengan hp kecil ya tentunya kalau kita bawa penumpang dan barang mudah sekali berubah drastis power to weight rationya. Mungkin bisa sedikit membantu om TS menemukan jawaban kenapa performa agya ayla kok banyak yg nganggap kurang
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: RE: Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by imsus2c »

siGigiBiru wrote:
sucahyo wrote:Kok banyak yang salah paham ya? maksud saya Ayla / Agya kalau di jalan umum itu kencang, itu juga yang saya rasakan sendiri, tapi banyak pemiliknya minder walau belum pernah membandingkan.

Untuk link, lha wong dikasih link saja banyak yang masih tidak percaya, apalagi kalau tidak pakai link, bisa dianggap membual. Memang susah untuk bisa menerima kenyataan disalip sama mobil yang harganya separuh, kapasitas mesin separuh, tenaga mesin separuh, iritnya dua kali dari yang kita pakai. Yang jarang diingat adalah berat mobilnya juga separuh.
Mungkin faktor psikologis jg ya, yg punya mobil agya/ayla udh minder duluan sewaktu mw nyalip mobil lain yg lebih bagus walopun ag/ay sebenarnya mampu "katanya" (dan lebih minder lg kl ternyata yg mw disalip ga kunjung terlewati [emoji3] )
Nah....apakah pemilik ag/ay kl ketemu sesama lcgc minder jg ketika mw nyalip, kurasa dan pasti ga ada minder2nya tuh...
Hwaduhh.., sampai dibilang banyak yang salah paham :mky_01:

Forum disini kan untuk sharing pengalaman dan opini, sah sah saja mengajukan link sebagai pendukung. Istilahnya kalau orang nulis buku, di halaman belakang akan ada daftar referensi-nya yang dijadikan acuan.
Kalau hanya adu link, nanti saya mau usul ke pad admin, nama forumnya ganti saja, jangan serayamotor, tapi serayalink :D

Contoh paling cocok disini, kalau lihat forum "review", disana ditulis pengalaman penulis langsung, dan sekalian ditunjang dengan data2 link. Setidaknya, yg nulis ngerasakan sendiri, meski butt-o-meter tetap jadi faktor disclaimer.

Utk point yg dibahas disini, apakah pak Cahyo sudah uji sendiri kesemua mobil yg ada di link? Apakah sudah menggunakan metode terukur?
Kalau memang pernah dan ada data dokumentasi, tanpa link-pun ngga bakal dianggap membual kok.

Mengenai pernyataan "sulit menerima kenyataan disalip mobil harga separuh, dst...dst..."itu juga pernyataan provokatif. Mungkin yg disalip juga ngga pengen balapan kok. Saya juga pernah di tol pakai panther pick up nyalip Jaguar XFR di tol di kecepatan 120an kpj.
Tapi saya lihat Jaguar-nya ya anteng saja tetep di belakang dan tidak merasa sulit menerima kenyataan disalip pick up :mrgreen:
Nyatanya si Jag tetap stabil di kecepatan itu (perkiraan 100an kpj) dan terus menjauh dari spion saya :D

Mohon maaf, yg sering sruntulan di jalan itu sebenarnya justru banyak dari mobil "entry level", entah itu karena memang mobil rentalan, operasional (buru2, termasuk saya dulu pas bawa pick up) atau memang faktor psikologis atau orang yg baru migrasi dari R2 ke R4+, jadi masih mencari jati diri dan krisis pembuktian.
Saya justru lebih respect sama driver santun, ngikuti ritme irama lalu lintas pada jalurnya. Kenceng disaat kencang, pelan disaat pelan

Topic provokatif semacam ini, lebih bijak jika di postingkan di forum/bahasan komunitas, misalnya kalau ada tread khusus Agya/Ayla,
Silakan saja juga kalau mau klaim mobilnya lebih kenceng dari Ferrari :D
Kalau dgn bahasan spt ini dan ditampilkan di open topic, ya akhirnya seperti ini...yang dibilang salah paham tadi :D
sucahyo wrote: Ayla saya sendiri stabil saat dibawa kencang, memang nggak sampai mentok, tapi di kecepatan 120 km/h sampai tidak terasa. Kalau bergetar, saya curiga dia pakai modif velg alternatif. Kalau standaran semua, stabil kok. Kalau ada yang bilang limbung, perlu di cek apakah tekanan bannya standard di 36.
Dibanding apa pak...?
Kalau dibanding mobil kutilang macam KarWag ya bisa jadi

Sharing pengalaman pribadi..
Dulu lari pakai Santa Fe & CRV di 130an Kpj, merasa ini mobil hebat bener...jarum spido tiba2 di 130kpj ngga kerasa. Lari 60 nikung pun pede, stabil, anteng dst...dst..
Habis itu pakai Odyssey, lari 130-140 kpj, mulai ngerasa kalau di Santi/Crv jadi ngga enak

Kemudian pakai mobil umur 20 thn, 405 Sti, lari sampai 160-170.
Habis ngerasain mobil tua ini, saya udah mulai ngga berani lagi pacu Santi/Crv diatas 120-140kpj lagi...mereka kerasa limbung dan kayak gerobak :D
Dan kalau nikung udah ngga berani lagi diatas 40 kpj :D
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21994
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by Turboman »

Daripada nulis panjang lebar bikin capek & buang waktu, lebih baik lgs aja posting gambar / video saat uji akselerasi dengan :

Image
Di ebay banyak yg jual nih alat

Lalu sharing modif apa aja yg udah dilakukan
* Bukan ajakan Beli *
jwid
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 426
Joined: Fri Apr 03, 2015 3:56

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by jwid »

seinget saya dia di thread dulu itu tipe ndablek , lebih pilih ngomong sampe berbusa busa
payjoe
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Tue Nov 10, 2015 4:30

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by payjoe »

Kl menurut analisa ane menjawab dari judul topik trit ini, kemungkinan karena pemilik agya/ayla kurang pede dg boilnya secara cc kecil,3 silinder,dan murah/lcgc sehingga di jalan mereka jadi sopan nd gak pede shg berimbas penafsiran merasa mobil lamban walau padhl dari data yg di tampilkan gak lambat2 amat :big_okay: