siGigiBiru wrote:sucahyo wrote:Kok banyak yang salah paham ya? maksud saya Ayla / Agya kalau di jalan umum itu kencang, itu juga yang saya rasakan sendiri, tapi banyak pemiliknya minder walau belum pernah membandingkan.
Untuk link, lha wong dikasih link saja banyak yang masih tidak percaya, apalagi kalau tidak pakai link, bisa dianggap membual. Memang susah untuk bisa menerima kenyataan disalip sama mobil yang harganya separuh, kapasitas mesin separuh, tenaga mesin separuh, iritnya dua kali dari yang kita pakai. Yang jarang diingat adalah berat mobilnya juga separuh.
Mungkin faktor psikologis jg ya, yg punya mobil agya/ayla udh minder duluan sewaktu mw nyalip mobil lain yg lebih bagus walopun ag/ay sebenarnya mampu "katanya" (dan lebih minder lg kl ternyata yg mw disalip ga kunjung terlewati [emoji3] )
Nah....apakah pemilik ag/ay kl ketemu sesama lcgc minder jg ketika mw nyalip, kurasa dan pasti ga ada minder2nya tuh...
Hwaduhh.., sampai dibilang banyak yang salah paham
Forum disini kan untuk sharing pengalaman dan opini, sah sah saja mengajukan link sebagai pendukung. Istilahnya kalau orang nulis buku, di halaman belakang akan ada daftar referensi-nya yang dijadikan acuan.
Kalau hanya adu link, nanti saya mau usul ke pad admin, nama forumnya ganti saja, jangan serayamotor, tapi serayalink
Contoh paling cocok disini, kalau lihat forum "review", disana ditulis pengalaman penulis langsung, dan sekalian ditunjang dengan data2 link. Setidaknya, yg nulis ngerasakan sendiri, meski butt-o-meter tetap jadi faktor disclaimer.
Utk point yg dibahas disini, apakah pak Cahyo sudah uji sendiri kesemua mobil yg ada di link? Apakah sudah menggunakan metode terukur?
Kalau memang pernah dan ada data dokumentasi, tanpa link-pun ngga bakal dianggap membual kok.
Mengenai pernyataan "sulit menerima kenyataan disalip mobil harga separuh, dst...dst..."itu juga pernyataan provokatif. Mungkin yg disalip juga ngga pengen balapan kok. Saya juga pernah di tol pakai panther pick up nyalip Jaguar XFR di tol di kecepatan 120an kpj.
Tapi saya lihat Jaguar-nya ya anteng saja tetep di belakang dan tidak merasa sulit menerima kenyataan disalip pick up
Nyatanya si Jag tetap stabil di kecepatan itu (perkiraan 100an kpj) dan terus menjauh dari spion saya
Mohon maaf, yg sering sruntulan di jalan itu sebenarnya justru banyak dari mobil "entry level", entah itu karena memang mobil rentalan, operasional (buru2, termasuk saya dulu pas bawa pick up) atau memang faktor psikologis atau orang yg baru migrasi dari R2 ke R4+, jadi masih mencari jati diri dan krisis pembuktian.
Saya justru lebih respect sama driver santun, ngikuti ritme irama lalu lintas pada jalurnya. Kenceng disaat kencang, pelan disaat pelan
Topic provokatif semacam ini, lebih bijak jika di postingkan di forum/bahasan komunitas, misalnya kalau ada tread khusus Agya/Ayla,
Silakan saja juga kalau mau klaim mobilnya lebih kenceng dari Ferrari

Kalau dgn bahasan spt ini dan ditampilkan di open topic, ya akhirnya seperti ini...yang dibilang salah paham tadi
sucahyo wrote:
Ayla saya sendiri stabil saat dibawa kencang, memang nggak sampai mentok, tapi di kecepatan 120 km/h sampai tidak terasa. Kalau bergetar, saya curiga dia pakai modif velg alternatif. Kalau standaran semua, stabil kok. Kalau ada yang bilang limbung, perlu di cek apakah tekanan bannya standard di 36.
Dibanding apa pak...?
Kalau dibanding mobil kutilang macam KarWag ya bisa jadi
Sharing pengalaman pribadi..
Dulu lari pakai Santa Fe & CRV di 130an Kpj, merasa ini mobil hebat bener...jarum spido tiba2 di 130kpj ngga kerasa. Lari 60 nikung pun pede, stabil, anteng dst...dst..
Habis itu pakai Odyssey, lari 130-140 kpj, mulai ngerasa kalau di Santi/Crv jadi ngga enak
Kemudian pakai mobil umur 20 thn, 405 Sti, lari sampai 160-170.
Habis ngerasain mobil tua ini, saya udah mulai ngga berani lagi pacu Santi/Crv diatas 120-140kpj lagi...mereka kerasa limbung dan kayak gerobak

Dan kalau nikung udah ngga berani lagi diatas 40 kpj
