Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat
Gua sih percaya aja. Konteksnya 60-80 kan. Ngetesnya juga di area itu, bisa jadi pagi atau malam. Ini kan soal kurva tenaga keluar di mana. Bisa jadi power band duo lcgc itu di sana.
Cuma flow traffic rata raya dalam kota apalagi Jakarta ga di posisi 60. Ini flow trafficnya Karawang ke arah Cikampek. Kurang datanya buat flow Komdak - Bekasi, habitat asli mobil dalam kota. Butuh tes flow 20-40, 40-60
Sent from my 2014817 using Tapatalk
Cuma flow traffic rata raya dalam kota apalagi Jakarta ga di posisi 60. Ini flow trafficnya Karawang ke arah Cikampek. Kurang datanya buat flow Komdak - Bekasi, habitat asli mobil dalam kota. Butuh tes flow 20-40, 40-60
Sent from my 2014817 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 386
- Joined: Fri Apr 12, 2013 9:38
Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat
amfibi wrote:Hmmm kalo yg dimaksud Fortuner Turbo AT non-VNT yg dalem keadaan standar ting2 make bensin biosolar sih ane percaya pake banget. Mobil itu lemotnya haduhhh emg bikin pengguna agya ayla bisa ngakak2, 0-100 aja diatas 20 detik, tenaga pas nyalip nihilMoonshade wrote:bangun pak bangun, jangan teralu banyak bermimpi dengan LCGC andasucahyo wrote:Berikut ini sekedar mengira - ngira alasan mengapa kok banyak pemilik Ayla atau Agya yang merasa minder kalau di jalan, merasa mobilnya lambat.
Ini awalnya dari posting di suatu grup Ayla/Agya yang menyebutkan bahwa Ayla/Agya akselerasinya bisa menyaingi Fortuner Turbo ataupun Avanza. Karena pertimbangannya pemakaian di jalan raya, maka data tes yang dipakai adalah dari hasil uji autobild untuk akselerasi dari 60 ke 80 kpj. Diasumsikan adu ngebutnya terjadi pada waktu menyalip kendaraan lain, seberapa lelet kendaraan yang di depan, seberapa mampu untuk mengekor kendaraan yang sedang menyalip.
- cut - .
sorry oot
hahahaha iya sih mod kondisi standar memang pelan sekali Fortuner non vnt.
tapi tetep lah kalau lihat fortuner yang lagi (berusaha) kencang pasti orang bilang "wuih kenceng juga ya fortuner", sedangkan kalau lihat agya (yang sedang berjuang untuk kelihatan) kencang "nyawa nya ada 9 tuh orang"
tapi pengalaman ane sih belum pernah lihat agya yang kencang, apa lagi belok belok spt yg om kompre bilang. Sodara ane yang punya agya aja bilang tuh mobil nyampe 100 aja susah banget, malah sebelom sampe 100 udah keburu serem duluan.
tapi ya gapapa lah kalo om TS senang dengan agya-nya yang kencang itu, selamat ya om buat mobil kencang nya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 426
- Joined: Fri Apr 03, 2015 3:56
Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat
ini orang yang dulu kaya tukang obat itu kan? berlembar lembar ngomongnya jualan obat?
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 158
- Joined: Thu Nov 21, 2013 12:23
Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat
Haha ane bukan nge bela TS yak, menurut nubi sih yang pernah bawa ayla M Manual,velg kaleng warna hitam, mobil rentalan.tuh mobil disiksa bgt. Buat dalem kota selap-selip memang enak,body kecil, gesit, tarikan ga jelek2 amat, pastinya modal nyali doang. Isi bbm pun cuma cepek utk 3 hari (harga bbm sebelum skrg) haha.
Sebelumnya jg ane pernah cerita juga ttg ayla ini. (ane bawa ayla, tarik2an dalam kota dg pajero dipermalukan, dan ane bawa civic fd juga pernah dipermalukan ayla di lampu merah karma berlaku)
Ane biasa bawa mobil pribadi ane civic fd & innova yang bongsor2 semua, bawa ayla ini kayak bawa bom-bom car haha, nih mobil fun juga, asal msh ingat nyawa cuma 1
*cerita doang ga mau berdebat hehe damai.
Sent from my BlackBerry Z30 using Tapatalk
Sebelumnya jg ane pernah cerita juga ttg ayla ini. (ane bawa ayla, tarik2an dalam kota dg pajero dipermalukan, dan ane bawa civic fd juga pernah dipermalukan ayla di lampu merah karma berlaku)
Ane biasa bawa mobil pribadi ane civic fd & innova yang bongsor2 semua, bawa ayla ini kayak bawa bom-bom car haha, nih mobil fun juga, asal msh ingat nyawa cuma 1
*cerita doang ga mau berdebat hehe damai.
Sent from my BlackBerry Z30 using Tapatalk
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1550
- Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
- Location: Riau
Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat
nubie nyimak aja di pojokan
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1106
- Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06
Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat
Serasa dejavu baca isi thread ini.. Dulu kek nya pernah baca di manaa gt.. Naga2 nya bakal pointless and endless kek yg dulu2
-
- SM Specialist
- Posts: 22028
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat
Dikasih capacitor ajaaa.....siapa tahu 1 capacitor bisa bikin 0-100 lebih cepet 1 detik
Drivernya juga dpasangin capacitor aja di kaki kanan nya dan tangan kiri nya, hehehe
Kaboooorrrrrrrrr
Drivernya juga dpasangin capacitor aja di kaki kanan nya dan tangan kiri nya, hehehe
Kaboooorrrrrrrrr
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 39
- Joined: Sun Apr 04, 2010 18:25
Re: RE: Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat
Mungkin faktor psikologis jg ya, yg punya mobil agya/ayla udh minder duluan sewaktu mw nyalip mobil lain yg lebih bagus walopun ag/ay sebenarnya mampu "katanya" (dan lebih minder lg kl ternyata yg mw disalip ga kunjung terlewati [emoji3] )sucahyo wrote:Kok banyak yang salah paham ya? maksud saya Ayla / Agya kalau di jalan umum itu kencang, itu juga yang saya rasakan sendiri, tapi banyak pemiliknya minder walau belum pernah membandingkan.
Untuk link, lha wong dikasih link saja banyak yang masih tidak percaya, apalagi kalau tidak pakai link, bisa dianggap membual. Memang susah untuk bisa menerima kenyataan disalip sama mobil yang harganya separuh, kapasitas mesin separuh, tenaga mesin separuh, iritnya dua kali dari yang kita pakai. Yang jarang diingat adalah berat mobilnya juga separuh.
Nah....apakah pemilik ag/ay kl ketemu sesama lcgc minder jg ketika mw nyalip, kurasa dan pasti ga ada minder2nya tuh...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 114
- Joined: Sat Mar 15, 2014 9:36
Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat
laporan dari teman kantor pemilik Agya matic yg doyan PP Serpong Cirebon lewat tol Cipali.. Agya bisa dibawa sampai 120 tapi bergetar banget.. stir sampe dikekep bener2..
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26954
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat
tergelitik utk komen...
beberapa minggu lalu, ane sempet nyewa ayla manual type M... dpt tugas utk survey lapangan d sulawesi sana...
selap selip rute pegunungan khas sulawesi... emang ayla ini jauhh lebi kencang dr mobil dinas ane dl, terutama kl ad trek lurus kira2 200an meter...
jadi yahhh, memang benar ada nya TS, agya ayla ini kencang.... kencang sekali akselerasi nya....
*btw, mobil dinas ane kijang 7K karbu taon 97
beberapa minggu lalu, ane sempet nyewa ayla manual type M... dpt tugas utk survey lapangan d sulawesi sana...
selap selip rute pegunungan khas sulawesi... emang ayla ini jauhh lebi kencang dr mobil dinas ane dl, terutama kl ad trek lurus kira2 200an meter...
jadi yahhh, memang benar ada nya TS, agya ayla ini kencang.... kencang sekali akselerasi nya....
*btw, mobil dinas ane kijang 7K karbu taon 97
numpang lewat aja....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 854
- Joined: Tue May 19, 2015 4:08
Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat
Agya memang harusnya ga selambat itu menurut ane, tenaga 68 hp dengan bobot di bawah 1 ton ya harusnya emg power to weight ratio nya at least lebih bagus daripada panther. Cuma performance kan ga diukur hanya dari 60-80 aja, torsi mesin 1000cc begitu ya pas take off dan di highway pasti bikin ga sabar.
Lagian menurut ane ga usah minder, toh kita bukan di sirkuit dan at least masih bisa ngikutin flow traffic. Mungkin lebih tepatnya orang yang bawa agya bukan minder, tapi tertampar fakta pas gaspol ada yang lebih kenceng apalagi begitu si mesin 1000cc keluar dari power bandnya yang memang sempit. Jangan lupa juga autobild ini suka ngeluarin magic number. Honda HRV dalkot jakarta 13.7 km/l? Come on.
Ane pribadi sih kalau lagi bawa panther turbo ane ga pernah minder karena ane memang ga lagi berkompetisi dan ga pernah ngajak tarik tarikan orang di jalan wkwk
Lagian menurut ane ga usah minder, toh kita bukan di sirkuit dan at least masih bisa ngikutin flow traffic. Mungkin lebih tepatnya orang yang bawa agya bukan minder, tapi tertampar fakta pas gaspol ada yang lebih kenceng apalagi begitu si mesin 1000cc keluar dari power bandnya yang memang sempit. Jangan lupa juga autobild ini suka ngeluarin magic number. Honda HRV dalkot jakarta 13.7 km/l? Come on.
Ane pribadi sih kalau lagi bawa panther turbo ane ga pernah minder karena ane memang ga lagi berkompetisi dan ga pernah ngajak tarik tarikan orang di jalan wkwk
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 172
- Joined: Mon Jul 07, 2014 9:05
Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat
Mau gak komen ya gimana..
Ngakak abizzz..
Autobild..mmm..majalah bungkus kacang
Ngakak abizzz..
Autobild..mmm..majalah bungkus kacang
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat
sbenernya sih saya mau awal komen nya gitu.. referensinya dari link autobild yg kita gatau mana hasil yang pesenan buat kepentingan marketing pabrik mobil mana yang hasil beneran di test mobil apa adanya tp yaa emg fortuner turbo nonvnt sangaattttt leletaufal wrote:Mau gak komen ya gimana..
Ngakak abizzz..
Autobild..mmm..majalah bungkus kacang
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 418
- Joined: Wed Sep 04, 2013 3:28
Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat
sebenarnya banyak kok pemilik agya / ayla yang kencang, karena mobilnya emang enak buat sruntulan dalkot, apalagi manual..
mungkin yang ngerasa lelet kurang nyali aja.
kalo pake fortuner mau sruntulan ya susah, bodi bongsor begitu..yang ada di klaksonin orang..rem nya fortie juga kurang enak menurut ane, ga smooth, ..rem nya ayla lebih smooth
mungkin yang ngerasa lelet kurang nyali aja.
kalo pake fortuner mau sruntulan ya susah, bodi bongsor begitu..yang ada di klaksonin orang..rem nya fortie juga kurang enak menurut ane, ga smooth, ..rem nya ayla lebih smooth
Ceban Me if I'm Wrong..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat
kenapa regulasi LCGC ini gak dibuat 660cc kayak kei car aja ya, suka miris lihat dibawa kebut2an
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1083
- Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51
Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat
Ayla itu memang kencang koq, apalagi tipe terbawah yang trondolan. Itu kencengnya udah kayak setan
Apalagi kalo ban cadangan dan bangku belakang dilepas dan spion dilepas.. wuih..
Apalagi kalo ban cadangan dan bangku belakang dilepas dan spion dilepas.. wuih..
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat
mod, tolong dijaga kata2 ente...ChZ wrote:Ngetes kok nanggung amat 60-80 kph? Powerband tiap mobil beda-beda keleus... Mungkin 60-80 cepet, diatas 80 bengek ga?
Gw bawa Nissan March A/T juga gak ngerasa lambat dari 0 ke 60 nya, tapi diatas 60 ya akselerasinya kayak tai, itu mesin udah ngeraung-raung kek mo meledak. Sama kayak bawa Datsun Go.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 498
- Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46
Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat
Yang ingin saya bahas disini adalah mengapa walau hasil ujinya cepat tapi banyak pemakai Ayla/Agya merasa mobilnya lambat. untuk mencari apa penyebabnya, kalau soal cepat atau tidak, tinggal percaya data / testimoni atau tidak. Tambahan penyebab:
- pakai gigi 5 di tol, seharusnya lebih cepat pakai gigi 4.
- pakai modif CAI / air bleed, walau nambah respon di rpm rendah, mengurangi tenaga di kecepatan tinggi.
Rasanya banyak orang yang salah paham dengan karakteristik mesin Ayla/Agya. Rasio gigi tidak sama dengan MPV. Di gigi 3, mentok rpm kecepatannya mendekati 120 km/h, Di gigi 4, secara teori bisa mencapai 160kpj. Bisa jadi yang pakai Ayla/Agya menyamakan dengan MPV sehingga kalau di tol pakai gigi 5, padahal bisa juga pakai gigi 4 dan bisa lebih cepat akselerasinya. Salah pakai gigi juga membuat mencapai kecepatan 100 susah.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa Ayla/Agya termasuk lemah di akselerasi 0-100. Namun fun sendiri sangat tergantung selera. Kita gunakan Honda Brio Satya sebagai contoh. di Brio 0-100 bisa dicapai dalam 10,8 detik. Sementara di Agya M/T butuh 13,7 detik. Di Brio 60-80 butuh 4,3 detik sementara di Agya butuh 2,8 detik. Ini menunjukkan karakteristik mesin yang berbeda. Walau sama sama LCGC, Brio cocoknya di sirkuit, Agya cocoknya di jalan. Jadi Brio cocok dipergunakan dengan rpm meraung raung, sementara Agya cocok dipergunakan tanpa mesin meraung.
Bagi saya yang pakainya sering untuk jalan luar kota yang banyak kendaraan besar berjalan di kecepatan 40 km/h, banyak pengendara yang ngantri mau menyalip kendaraan besar tersebut, adu akselerasi lebih sering terjadi saat menyalip, cocoknya data akselerasi 40 ke 80.
Bagi yang sering lewat tol, angka yang lebih cocok mungkin 80 ke 120. Yang jelas angka 0-100 tidak relevan, bisa lihat sendiri di contoh bahwa akselerasi di 60-80 bisa berlawanan hasilnya dengan akselerasi 0-100. Tentu beda bila ini untuk membayangkan performa di sirkuit dimana kendaraan dipakai sampai meraung raung.
Di jalan umum, sangat beresiko untuk berlama - lama di sebelah kendaraan besar. Ada resiko roboh, ataupun kendaraan besarnya menghindari kendaraan lain mau menyeberang. Sebaiknya kalau tidak mampu menyalip ya jangan menyalip.
Ayla saya sendiri stabil saat dibawa kencang, memang nggak sampai mentok, tapi di kecepatan 120 km/h sampai tidak terasa. Kalau bergetar, saya curiga dia pakai modif velg alternatif. Kalau standaran semua, stabil kok. Kalau ada yang bilang limbung, perlu di cek apakah tekanan bannya standard di 36.
Mungkin ada yang tahu link alternatif selain autobild yang menyediakan data akselerasi 60-80 ?
- pakai gigi 5 di tol, seharusnya lebih cepat pakai gigi 4.
- pakai modif CAI / air bleed, walau nambah respon di rpm rendah, mengurangi tenaga di kecepatan tinggi.
Rasanya banyak orang yang salah paham dengan karakteristik mesin Ayla/Agya. Rasio gigi tidak sama dengan MPV. Di gigi 3, mentok rpm kecepatannya mendekati 120 km/h, Di gigi 4, secara teori bisa mencapai 160kpj. Bisa jadi yang pakai Ayla/Agya menyamakan dengan MPV sehingga kalau di tol pakai gigi 5, padahal bisa juga pakai gigi 4 dan bisa lebih cepat akselerasinya. Salah pakai gigi juga membuat mencapai kecepatan 100 susah.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa Ayla/Agya termasuk lemah di akselerasi 0-100. Namun fun sendiri sangat tergantung selera. Kita gunakan Honda Brio Satya sebagai contoh. di Brio 0-100 bisa dicapai dalam 10,8 detik. Sementara di Agya M/T butuh 13,7 detik. Di Brio 60-80 butuh 4,3 detik sementara di Agya butuh 2,8 detik. Ini menunjukkan karakteristik mesin yang berbeda. Walau sama sama LCGC, Brio cocoknya di sirkuit, Agya cocoknya di jalan. Jadi Brio cocok dipergunakan dengan rpm meraung raung, sementara Agya cocok dipergunakan tanpa mesin meraung.
Bagi saya yang pakainya sering untuk jalan luar kota yang banyak kendaraan besar berjalan di kecepatan 40 km/h, banyak pengendara yang ngantri mau menyalip kendaraan besar tersebut, adu akselerasi lebih sering terjadi saat menyalip, cocoknya data akselerasi 40 ke 80.
Bagi yang sering lewat tol, angka yang lebih cocok mungkin 80 ke 120. Yang jelas angka 0-100 tidak relevan, bisa lihat sendiri di contoh bahwa akselerasi di 60-80 bisa berlawanan hasilnya dengan akselerasi 0-100. Tentu beda bila ini untuk membayangkan performa di sirkuit dimana kendaraan dipakai sampai meraung raung.
Di jalan umum, sangat beresiko untuk berlama - lama di sebelah kendaraan besar. Ada resiko roboh, ataupun kendaraan besarnya menghindari kendaraan lain mau menyeberang. Sebaiknya kalau tidak mampu menyalip ya jangan menyalip.
Ayla saya sendiri stabil saat dibawa kencang, memang nggak sampai mentok, tapi di kecepatan 120 km/h sampai tidak terasa. Kalau bergetar, saya curiga dia pakai modif velg alternatif. Kalau standaran semua, stabil kok. Kalau ada yang bilang limbung, perlu di cek apakah tekanan bannya standard di 36.
Mungkin ada yang tahu link alternatif selain autobild yang menyediakan data akselerasi 60-80 ?
menambah tenaga tanpa aditif
https://www.bukalapak.com/p/onderdil-mo ... sin-bensin
https://www.bukalapak.com/p/onderdil-mo ... sin-bensin
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 152
- Joined: Fri Apr 11, 2014 9:53
- Location: Padang, West Sumatera
- Daily Vehicle: KE5FW ANH30 FJA300
Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat
Apalagi kalo bumper nya di copotMamang555 wrote:Ayla itu memang kencang koq, apalagi tipe terbawah yang trondolan. Itu kencengnya udah kayak setan
Apalagi kalo ban cadangan dan bangku belakang dilepas dan spion dilepas.. wuih..
GGL15 Obsidian
F30 Havana
KE5FW Soul red
ANH30 White pearl
J300 Precious white
F30 Havana
KE5FW Soul red
ANH30 White pearl
J300 Precious white
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat
egibaio wrote:Agya memang harusnya ga selambat itu menurut ane, tenaga 68 hp dengan bobot di bawah 1 ton ya harusnya emg power to weight ratio nya at least lebih bagus daripada panther. Cuma performance kan ga diukur hanya dari 60-80 aja, torsi mesin 1000cc begitu ya pas take off dan di highway pasti bikin ga sabar.
Lagian menurut ane ga usah minder, toh kita bukan di sirkuit dan at least masih bisa ngikutin flow traffic. Mungkin lebih tepatnya orang yang bawa agya bukan minder, tapi tertampar fakta pas gaspol ada yang lebih kenceng apalagi begitu si mesin 1000cc keluar dari power bandnya yang memang sempit. Jangan lupa juga autobild ini suka ngeluarin magic number. Honda HRV dalkot jakarta 13.7 km/l? Come on.
Ane pribadi sih kalau lagi bawa panther turbo ane ga pernah minder karena ane memang ga lagi berkompetisi dan ga pernah ngajak tarik tarikan orang di jalan wkwk
duo agya gak sampe 68 hp om.... kyknya cuman 60 hp
yang 68 hp itu datsun go
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 854
- Joined: Tue May 19, 2015 4:08
Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat
My bad, ternyata agya ayla pake mesin 1KR DE power max 65hp, curb weight 800kg menurut wikipedia. Power to weight rationya artinya 81.25 hp/ton yang sebenernya ga jelek jelek amat. Permasalahan mobil ringan dengan hp kecil ya tentunya kalau kita bawa penumpang dan barang mudah sekali berubah drastis power to weight rationya. Mungkin bisa sedikit membantu om TS menemukan jawaban kenapa performa agya ayla kok banyak yg nganggap kurangmartinnn wrote:egibaio wrote:Agya memang harusnya ga selambat itu menurut ane, tenaga 68 hp dengan bobot di bawah 1 ton ya harusnya emg power to weight ratio nya at least lebih bagus daripada panther. Cuma performance kan ga diukur hanya dari 60-80 aja, torsi mesin 1000cc begitu ya pas take off dan di highway pasti bikin ga sabar.
Lagian menurut ane ga usah minder, toh kita bukan di sirkuit dan at least masih bisa ngikutin flow traffic. Mungkin lebih tepatnya orang yang bawa agya bukan minder, tapi tertampar fakta pas gaspol ada yang lebih kenceng apalagi begitu si mesin 1000cc keluar dari power bandnya yang memang sempit. Jangan lupa juga autobild ini suka ngeluarin magic number. Honda HRV dalkot jakarta 13.7 km/l? Come on.
Ane pribadi sih kalau lagi bawa panther turbo ane ga pernah minder karena ane memang ga lagi berkompetisi dan ga pernah ngajak tarik tarikan orang di jalan wkwk
duo agya gak sampe 68 hp om.... kyknya cuman 60 hp
yang 68 hp itu datsun go
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: RE: Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat
Hwaduhh.., sampai dibilang banyak yang salah pahamsiGigiBiru wrote:Mungkin faktor psikologis jg ya, yg punya mobil agya/ayla udh minder duluan sewaktu mw nyalip mobil lain yg lebih bagus walopun ag/ay sebenarnya mampu "katanya" (dan lebih minder lg kl ternyata yg mw disalip ga kunjung terlewati [emoji3] )sucahyo wrote:Kok banyak yang salah paham ya? maksud saya Ayla / Agya kalau di jalan umum itu kencang, itu juga yang saya rasakan sendiri, tapi banyak pemiliknya minder walau belum pernah membandingkan.
Untuk link, lha wong dikasih link saja banyak yang masih tidak percaya, apalagi kalau tidak pakai link, bisa dianggap membual. Memang susah untuk bisa menerima kenyataan disalip sama mobil yang harganya separuh, kapasitas mesin separuh, tenaga mesin separuh, iritnya dua kali dari yang kita pakai. Yang jarang diingat adalah berat mobilnya juga separuh.
Nah....apakah pemilik ag/ay kl ketemu sesama lcgc minder jg ketika mw nyalip, kurasa dan pasti ga ada minder2nya tuh...
Forum disini kan untuk sharing pengalaman dan opini, sah sah saja mengajukan link sebagai pendukung. Istilahnya kalau orang nulis buku, di halaman belakang akan ada daftar referensi-nya yang dijadikan acuan.
Kalau hanya adu link, nanti saya mau usul ke pad admin, nama forumnya ganti saja, jangan serayamotor, tapi serayalink
Contoh paling cocok disini, kalau lihat forum "review", disana ditulis pengalaman penulis langsung, dan sekalian ditunjang dengan data2 link. Setidaknya, yg nulis ngerasakan sendiri, meski butt-o-meter tetap jadi faktor disclaimer.
Utk point yg dibahas disini, apakah pak Cahyo sudah uji sendiri kesemua mobil yg ada di link? Apakah sudah menggunakan metode terukur?
Kalau memang pernah dan ada data dokumentasi, tanpa link-pun ngga bakal dianggap membual kok.
Mengenai pernyataan "sulit menerima kenyataan disalip mobil harga separuh, dst...dst..."itu juga pernyataan provokatif. Mungkin yg disalip juga ngga pengen balapan kok. Saya juga pernah di tol pakai panther pick up nyalip Jaguar XFR di tol di kecepatan 120an kpj.
Tapi saya lihat Jaguar-nya ya anteng saja tetep di belakang dan tidak merasa sulit menerima kenyataan disalip pick up
Nyatanya si Jag tetap stabil di kecepatan itu (perkiraan 100an kpj) dan terus menjauh dari spion saya
Mohon maaf, yg sering sruntulan di jalan itu sebenarnya justru banyak dari mobil "entry level", entah itu karena memang mobil rentalan, operasional (buru2, termasuk saya dulu pas bawa pick up) atau memang faktor psikologis atau orang yg baru migrasi dari R2 ke R4+, jadi masih mencari jati diri dan krisis pembuktian.
Saya justru lebih respect sama driver santun, ngikuti ritme irama lalu lintas pada jalurnya. Kenceng disaat kencang, pelan disaat pelan
Topic provokatif semacam ini, lebih bijak jika di postingkan di forum/bahasan komunitas, misalnya kalau ada tread khusus Agya/Ayla,
Silakan saja juga kalau mau klaim mobilnya lebih kenceng dari Ferrari
Kalau dgn bahasan spt ini dan ditampilkan di open topic, ya akhirnya seperti ini...yang dibilang salah paham tadi
Dibanding apa pak...?sucahyo wrote: Ayla saya sendiri stabil saat dibawa kencang, memang nggak sampai mentok, tapi di kecepatan 120 km/h sampai tidak terasa. Kalau bergetar, saya curiga dia pakai modif velg alternatif. Kalau standaran semua, stabil kok. Kalau ada yang bilang limbung, perlu di cek apakah tekanan bannya standard di 36.
Kalau dibanding mobil kutilang macam KarWag ya bisa jadi
Sharing pengalaman pribadi..
Dulu lari pakai Santa Fe & CRV di 130an Kpj, merasa ini mobil hebat bener...jarum spido tiba2 di 130kpj ngga kerasa. Lari 60 nikung pun pede, stabil, anteng dst...dst..
Habis itu pakai Odyssey, lari 130-140 kpj, mulai ngerasa kalau di Santi/Crv jadi ngga enak
Kemudian pakai mobil umur 20 thn, 405 Sti, lari sampai 160-170.
Habis ngerasain mobil tua ini, saya udah mulai ngga berani lagi pacu Santi/Crv diatas 120-140kpj lagi...mereka kerasa limbung dan kayak gerobak
Dan kalau nikung udah ngga berani lagi diatas 40 kpj
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- SM Specialist
- Posts: 22028
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat
Daripada nulis panjang lebar bikin capek & buang waktu, lebih baik lgs aja posting gambar / video saat uji akselerasi dengan :
Di ebay banyak yg jual nih alat
Lalu sharing modif apa aja yg udah dilakukan
Di ebay banyak yg jual nih alat
Lalu sharing modif apa aja yg udah dilakukan
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 426
- Joined: Fri Apr 03, 2015 3:56
Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat
seinget saya dia di thread dulu itu tipe ndablek , lebih pilih ngomong sampe berbusa busa
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Tue Nov 10, 2015 4:30
Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat
Kl menurut analisa ane menjawab dari judul topik trit ini, kemungkinan karena pemilik agya/ayla kurang pede dg boilnya secara cc kecil,3 silinder,dan murah/lcgc sehingga di jalan mereka jadi sopan nd gak pede shg berimbas penafsiran merasa mobil lamban walau padhl dari data yg di tampilkan gak lambat2 amat