Minta saran untuk mobil pertama - mobil bekas, bujet max 50jt
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Tue Oct 27, 2015 15:28
Minta saran untuk mobil pertama - mobil bekas, bujet max 50jt
Dear para suhu,
Mau minta saran, saya mau beli mobil pertama. Target anggaran sekitar 50 juta. Kalau bisa sih di bawah 50 juta biar ada sisa buat beres-beresin mobilnya siapa tahu butuh perbaikan.
Pertimbangan utamanya:
- Mobil rencananya bakal sering dipakai jarak jauh, Jakarta-Bekasi dan Jakarta-Depok.
- Butuh yang kabinnya luas juga karena rencananya mobil juga bakal dipakai bawa barang-barang dagangan (kulakan) - mungkin bisa sampai 20 kiloan, paling seminggu sekali atau sebulan sekali. Jadi sejauh ini sedan gak masuk daftar incaran.
- Mesin gak rewel / gampang perawatannya. Maklum belum fasih mesin2 mobil
- bahan bakar gak boros
Saya coba browsing2 situs iklan, kebanyakan mobil yang di bawah 50 juta itu:
- tahun di bawah 2000-an. 1990-an, 1980-an, bahkan 1970-an.
- kabin besar, tapi mesinnya di bawah.. kayak Espass, Carry, etc. Takutnya kalau mesin di bawah gitu, ribet kalau harus cek-cek mesin sebelum perjalanan jauh etc. Iya gak sih? Kayaknya lebih gampang yang mesinnya di depan (kayak kijang kotak, avanza, ertiga, etc) - tinggal buka kap depan, daripada harus masuk2 kolong mobil?
- sedan
- pickup
Menurut para suhu:
- Bujet di bawah 50 juta bisa dapat mobil bekas yang sesuai pertimbangan di atas gak? Kira-kira ekspektasi mobil bekas untuk bujet 50 juta apa ya, jenis mobilnya, kondisinya gimana?
Mohon pencerahannya, suhu
Maaf banyak tanya butuh banyak masukan dari para suhu yang sudah banyak pengalaman
Mau minta saran, saya mau beli mobil pertama. Target anggaran sekitar 50 juta. Kalau bisa sih di bawah 50 juta biar ada sisa buat beres-beresin mobilnya siapa tahu butuh perbaikan.
Pertimbangan utamanya:
- Mobil rencananya bakal sering dipakai jarak jauh, Jakarta-Bekasi dan Jakarta-Depok.
- Butuh yang kabinnya luas juga karena rencananya mobil juga bakal dipakai bawa barang-barang dagangan (kulakan) - mungkin bisa sampai 20 kiloan, paling seminggu sekali atau sebulan sekali. Jadi sejauh ini sedan gak masuk daftar incaran.
- Mesin gak rewel / gampang perawatannya. Maklum belum fasih mesin2 mobil
- bahan bakar gak boros
Saya coba browsing2 situs iklan, kebanyakan mobil yang di bawah 50 juta itu:
- tahun di bawah 2000-an. 1990-an, 1980-an, bahkan 1970-an.
- kabin besar, tapi mesinnya di bawah.. kayak Espass, Carry, etc. Takutnya kalau mesin di bawah gitu, ribet kalau harus cek-cek mesin sebelum perjalanan jauh etc. Iya gak sih? Kayaknya lebih gampang yang mesinnya di depan (kayak kijang kotak, avanza, ertiga, etc) - tinggal buka kap depan, daripada harus masuk2 kolong mobil?
- sedan
- pickup
Menurut para suhu:
- Bujet di bawah 50 juta bisa dapat mobil bekas yang sesuai pertimbangan di atas gak? Kira-kira ekspektasi mobil bekas untuk bujet 50 juta apa ya, jenis mobilnya, kondisinya gimana?
Mohon pencerahannya, suhu
Maaf banyak tanya butuh banyak masukan dari para suhu yang sudah banyak pengalaman
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2269
- Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
- Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT
Re: Minta saran untuk mobil pertama - mobil bekas, bujet max 50jt
Nubie bantu jawab..
Di rentang harga 45-60jt, ada pilihan :
1. kijang kapsul 97 tipe LX (trim dan fitur paling sedikit dibanding LSX / LGX). Cuma, bbm nya lumayan boros..
2. Daihatsu taruna 99, lagi2 tipe terendah. Kabin tidak seluas kisul, bbm lebih baik drpd kisul.
3. Daihatsu xenia, tipe Mi / Li 1.0 keluaran 04 alias non vvti non power steering.
4. Ada yang mau nambahin?
Ajaklah teman / saudara / orang bengkel yg pny pengalaman mengecek mobkas, baik kondisi maupun dokumen nya. Pintar menawar juga sangat mempengaruhi harga jadi sebuah mobil.
Oia, saya sih ngga rekom mobil2 korea seken, biar pun penawaran harganya lebih murah dprd jepang punya.
Di rentang harga 45-60jt, ada pilihan :
1. kijang kapsul 97 tipe LX (trim dan fitur paling sedikit dibanding LSX / LGX). Cuma, bbm nya lumayan boros..
2. Daihatsu taruna 99, lagi2 tipe terendah. Kabin tidak seluas kisul, bbm lebih baik drpd kisul.
3. Daihatsu xenia, tipe Mi / Li 1.0 keluaran 04 alias non vvti non power steering.
4. Ada yang mau nambahin?
Ajaklah teman / saudara / orang bengkel yg pny pengalaman mengecek mobkas, baik kondisi maupun dokumen nya. Pintar menawar juga sangat mempengaruhi harga jadi sebuah mobil.
Oia, saya sih ngga rekom mobil2 korea seken, biar pun penawaran harganya lebih murah dprd jepang punya.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Minta saran untuk mobil pertama - mobil bekas, bujet max 50jt
- Kalo sedan, Baleno 97 - 99 (mesin G16A) banyak tuh yang jual 50 juta. Nyaman dan mesin bandel. Jangan starlet atau grand civic / LX terlalu tua.
- Mobil kutu: karimun kotak, irit interior lega
- 7 Seater: Isuzu panther. mitsubishi kuda kayaknya juga bisa
- Mobil kutu: karimun kotak, irit interior lega
- 7 Seater: Isuzu panther. mitsubishi kuda kayaknya juga bisa
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Tue Oct 27, 2015 15:28
Re: Minta saran untuk mobil pertama - mobil bekas, bujet max 50jt
Terima kasih saran2nya sejauh ini bisa buat pertimbangan
Kalau Toyota Kijang 1.5 MPV Minivans tahun 90-an awal gimana? Rekomended gak?
Trus, kalau mobil2 yang pakai karoseri itu bagus / gak sih? soalnya banyak lihat iklan mobkas yang chassisnya pakai karoseri... untung ruginya apa ya?
Kalau Toyota Kijang 1.5 MPV Minivans tahun 90-an awal gimana? Rekomended gak?
Trus, kalau mobil2 yang pakai karoseri itu bagus / gak sih? soalnya banyak lihat iklan mobkas yang chassisnya pakai karoseri... untung ruginya apa ya?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1602
- Joined: Thu May 28, 2015 0:12
Re: Minta saran untuk mobil pertama - mobil bekas, bujet max 50jt
Xenia budget max 50 jt jangan deh takutnya udah mbl super capekhariy wrote:Nubie bantu jawab..
Di rentang harga 45-60jt, ada pilihan :
1. kijang kapsul 97 tipe LX (trim dan fitur paling sedikit dibanding LSX / LGX). Cuma, bbm nya lumayan boros..
2. Daihatsu taruna 99, lagi2 tipe terendah. Kabin tidak seluas kisul, bbm lebih baik drpd kisul.
3. Daihatsu xenia, tipe Mi / Li 1.0 keluaran 04 alias non vvti non power steering.
4. Ada yang mau nambahin?
Ajaklah teman / saudara / orang bengkel yg pny pengalaman mengecek mobkas, baik kondisi maupun dokumen nya. Pintar menawar juga sangat mempengaruhi harga jadi sebuah mobil.
Oia, saya sih ngga rekom mobil2 korea seken, biar pun penawaran harganya lebih murah dprd jepang punya.
Tuh kalau taruna atau kijang aja paling recomended sekarang 50jt udh dpt CX minimal ada AC,PW,PS,CL coba aja di nego memang CX biasanya ditawarin 55-60 tapi , kondisi saat ini dan mbl seperti ini nggak menutup kemungkinan org yg jual mbl negonya biasanya gede2.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Minta saran untuk mobil pertama - mobil bekas, bujet max 50jt
Kijang kotak tahun tua jangan ah, bosen ane liat di toll yg mogok/nepi pasti kebanyakan kijang kotak... mau se kuat2nya apa jg kalo udh mobil capek bgt ya gmndhydhy wrote:Terima kasih saran2nya sejauh ini bisa buat pertimbangan
Kalau Toyota Kijang 1.5 MPV Minivans tahun 90-an awal gimana? Rekomended gak?
Trus, kalau mobil2 yang pakai karoseri itu bagus / gak sih? soalnya banyak lihat iklan mobkas yang chassisnya pakai karoseri... untung ruginya apa ya?
Terus mesin OHV jg ga ramah sama speed tinggi n boros. Ane lebih nyaranin cari carry/espass tahun mudaan jauh aja wkwk, ga buruk kok dipakenya enak2 aja ...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1602
- Joined: Thu May 28, 2015 0:12
Re: Minta saran untuk mobil pertama - mobil bekas, bujet max 50jt
Kuda durability nya bagus nggak ya ? Terutama kaki kaki sering pada bunyi kalau liat punya orang.daftar wrote:- Kalo sedan, Baleno 97 - 99 (mesin G16A) banyak tuh yang jual 50 juta. Nyaman dan mesin bandel. Jangan starlet atau grand civic / LX terlalu tua.
- Mobil kutu: karimun kotak, irit interior lega
- 7 Seater: Isuzu panther. mitsubishi kuda kayaknya juga bisa
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 166
- Joined: Mon Feb 02, 2015 17:02
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Xtrail T31
Re: Minta saran untuk mobil pertama - mobil bekas, bujet max 50jt
Taruna karburator dapet 50jtan.
Atau mazda vantrend. Bagasinya lumayan gede. Harga di bawah 35jt. Sisanya bisa buat rapi2. Cuma ya agak tua aja.
Atau mazda vantrend. Bagasinya lumayan gede. Harga di bawah 35jt. Sisanya bisa buat rapi2. Cuma ya agak tua aja.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 132
- Joined: Tue Mar 04, 2014 3:41
Re: Minta saran untuk mobil pertama - mobil bekas, bujet max 50jt
Panther kotak dapet gak ya? Kabin luas, jelas super duper uiiiriiiitttt dan bandel.
Pemuda sarapan bangsa
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Tue Oct 27, 2015 15:28
Re: Minta saran untuk mobil pertama - mobil bekas, bujet max 50jt
wah, kalau gitu kijang kotak tua dikeluarin dari daftar dulu nih. Gawat kalau sering mogok di tolamfibi wrote: Kijang kotak tahun tua jangan ah, bosen ane liat di toll yg mogok/nepi pasti kebanyakan kijang kotak... mau se kuat2nya apa jg kalo udh mobil capek bgt ya gmn
Terus mesin OHV jg ga ramah sama speed tinggi n boros. Ane lebih nyaranin cari carry/espass tahun mudaan jauh aja wkwk, ga buruk kok dipakenya enak2 aja ...
sempat tergoda carry sih, tapi mesinnya di bawah jadi pikir2 ulang, nanti ribet kalau harus cek-cek mesinnya sendiri
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Tue Oct 27, 2015 15:28
Re: Minta saran untuk mobil pertama - mobil bekas, bujet max 50jt
nemu iklan Isuzu Panther tahun 95 harganya 37juta. Panther sparepart dan perawatannya gampang gak? Oke diajak jalan jauh2?EKA666 wrote:Panther kotak dapet gak ya? Kabin luas, jelas super duper uiiiriiiitttt dan bandel.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Minta saran untuk mobil pertama - mobil bekas, bujet max 50jt
BTW om TS nya lokasi dimana ya? Kalo diluar jakarta (tapi masih di Jawa) sih harga second masih mahal. Taruna ga dapet 50 deh kayanya, apalagi Kijang kapsul
Kuda kalo kaki2 mirip sama panther om suka glodak2 juga, Cuman kan kebanyakan orang pake mobil kayak gini2 kaki2 bunyi masih dibiarin aja selama gak terlalu parah, asal steering masih bagus.dsign1990 wrote:Kuda durability nya bagus nggak ya ? Terutama kaki kaki sering pada bunyi kalau liat punya orang.daftar wrote:- Kalo sedan, Baleno 97 - 99 (mesin G16A) banyak tuh yang jual 50 juta. Nyaman dan mesin bandel. Jangan starlet atau grand civic / LX terlalu tua.
- Mobil kutu: karimun kotak, irit interior lega
- 7 Seater: Isuzu panther. mitsubishi kuda kayaknya juga bisa
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Tue Oct 27, 2015 15:28
Re: Minta saran untuk mobil pertama - mobil bekas, bujet max 50jt
Baru balik browsing2 mazda vantrend. Oke sih, bagasinya lumayan, sparepart katanya murah dan relatif gampang dicari, katanya juga irit. Tapi... entah kenapa belum sreg sama jenis sedan. Maap banyak maunyaDnisbo wrote: Atau mazda vantrend. Bagasinya lumayan gede. Harga di bawah 35jt. Sisanya bisa buat rapi2. Cuma ya agak tua aja.
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Tue Oct 27, 2015 15:28
Re: Minta saran untuk mobil pertama - mobil bekas, bujet max 50jt
Lokasi di Jakarta. Tapi lumayan sering mondar-mandir daerah Depok dan Bekasi.daftar wrote:BTW om TS nya lokasi dimana ya? Kalo diluar jakarta (tapi masih di Jawa) sih harga second masih mahal. Taruna ga dapet 50 deh kayanya, apalagi Kijang kapsul
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2269
- Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
- Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT
Re: Minta saran untuk mobil pertama - mobil bekas, bujet max 50jt
Ah, kata siapa taruna (trim terendah) taun 99 dan kisul Lx ga bs dapet 50jt...daftar wrote:BTW om TS nya lokasi dimana ya? Kalo diluar jakarta (tapi masih di Jawa) sih harga second masih mahal. Taruna ga dapet 50 deh kayanya, apalagi Kijang kapsul
Penawaran boleh tinggi, entah 55jt 60jt, 65jt, kan pinter2nya nawar hingga bs dapet 50jt...
Kalo masih g percaya, coba deh jalan2nya diperbanyak...dunia ini luas koq.
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Tue Oct 27, 2015 15:28
Re: Minta saran untuk mobil pertama - mobil bekas, bujet max 50jt
Boleh dong bisikin, jalan2nya enaknya kemana? ada tempat rekomendasi buat liat2 mobkas?hariy wrote: Kalo masih g percaya, coba deh jalan2nya diperbanyak...dunia ini luas koq.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Minta saran untuk mobil pertama - mobil bekas, bujet max 50jt
saya kan ngomongin di luar jkt om, di daerah saya terutama. tapi baru tau TS nya di depok, Yoweshariy wrote:Ah, kata siapa taruna (trim terendah) taun 99 dan kisul Lx ga bs dapet 50jt...daftar wrote:BTW om TS nya lokasi dimana ya? Kalo diluar jakarta (tapi masih di Jawa) sih harga second masih mahal. Taruna ga dapet 50 deh kayanya, apalagi Kijang kapsul
Penawaran boleh tinggi, entah 55jt 60jt, 65jt, kan pinter2nya nawar hingga bs dapet 50jt...
Kalo masih g percaya, coba deh jalan2nya diperbanyak...dunia ini luas koq.
oke oke aku percaya.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Minta saran untuk mobil pertama - mobil bekas, bujet max 50jt
Mentok 50juta? Harga mati?
Ok noted. BBN termasuk dalam 50juta itu apa ngga?
Kalau TIDAK termasuk bujet 50juta alias ada dana sendiri balik nama, good.
Kalau TERMASUK biaya baliknama, siapkan cadangan 15 juta maksimal dari 50juta. Ya. Dana tinggal 35juta. Ok toleransi sampai 40juta .
Sisa 10-15 juta itu untuk perbaikan dan BBN. Sebagai gambaran, perbaikan total mesin dan interior Kuda Bensin Grandia 2.0 MPi, kondisi tidak hancur, tidak repaint alias hanya poles, menyentuh 15jutaAN. Turun mesin, kopling, gardan, versneling, trondolin semua interior. Ganti yg aus dan usang. Segitu biayanya.
Supaya TS lebih fokus cari yg maksimal 40juta.
Sekedar saran aja siy, kalau bujet terbatas, alangkah bajik dan bijaknya kalau mengurangi 'banyak maunya'. Be realistic. Bujet terbatas, menyebabkan pilihan mobil bekas menjadi sangat terbatas pula.
Lupakan Panther, Kuda dan Xenia di bujet 40juta. Yang ada hanya keluar duit duit dan duit lagi.
Paling mungkin ke Kijang kotak sampai kijang super. Kalo nyari edisi kijang super, jangan resiko ambil karoseri selain karoserian Astra seperti Nusa Cendana Harum, Superior coach dan Nasmoco Autobody. Tau jenis karoseri nya darimana? Lihat emblem di pintu belakang, sisi kanan deket engsel pintu. Disitu biasanya ditaruh emblem nama karoseri.
Karoseri mbl Kijang super 89 ke atas nonastra, paling mencolok adalah kualitas bodynya yang rata rata udah hancur dimakan karat. Ibaratnya, non astra titik karat ada 20, karoseri astra baru 8-10. Itu perbandingannya.
Lupakan sejenak profil. Suzuki Carry 1.0 menurut saya masih jauh lebih bandel. Irit pula. Tapi kalo ga pake ac. Kalo pake ac, jangan dipasang double blower untuk yg 1.000cc. Malah kencing di jalan itu ntar bbmnya.
Nanti disambung lagi
Sent from my Lenovo S890 using Tapatalk
Ok noted. BBN termasuk dalam 50juta itu apa ngga?
Kalau TIDAK termasuk bujet 50juta alias ada dana sendiri balik nama, good.
Kalau TERMASUK biaya baliknama, siapkan cadangan 15 juta maksimal dari 50juta. Ya. Dana tinggal 35juta. Ok toleransi sampai 40juta .
Sisa 10-15 juta itu untuk perbaikan dan BBN. Sebagai gambaran, perbaikan total mesin dan interior Kuda Bensin Grandia 2.0 MPi, kondisi tidak hancur, tidak repaint alias hanya poles, menyentuh 15jutaAN. Turun mesin, kopling, gardan, versneling, trondolin semua interior. Ganti yg aus dan usang. Segitu biayanya.
Supaya TS lebih fokus cari yg maksimal 40juta.
Sekedar saran aja siy, kalau bujet terbatas, alangkah bajik dan bijaknya kalau mengurangi 'banyak maunya'. Be realistic. Bujet terbatas, menyebabkan pilihan mobil bekas menjadi sangat terbatas pula.
Lupakan Panther, Kuda dan Xenia di bujet 40juta. Yang ada hanya keluar duit duit dan duit lagi.
Paling mungkin ke Kijang kotak sampai kijang super. Kalo nyari edisi kijang super, jangan resiko ambil karoseri selain karoserian Astra seperti Nusa Cendana Harum, Superior coach dan Nasmoco Autobody. Tau jenis karoseri nya darimana? Lihat emblem di pintu belakang, sisi kanan deket engsel pintu. Disitu biasanya ditaruh emblem nama karoseri.
Karoseri mbl Kijang super 89 ke atas nonastra, paling mencolok adalah kualitas bodynya yang rata rata udah hancur dimakan karat. Ibaratnya, non astra titik karat ada 20, karoseri astra baru 8-10. Itu perbandingannya.
Lupakan sejenak profil. Suzuki Carry 1.0 menurut saya masih jauh lebih bandel. Irit pula. Tapi kalo ga pake ac. Kalo pake ac, jangan dipasang double blower untuk yg 1.000cc. Malah kencing di jalan itu ntar bbmnya.
Nanti disambung lagi
Sent from my Lenovo S890 using Tapatalk
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2286
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Minta saran untuk mobil pertama - mobil bekas, bujet max 50jt
Om Vanz benar, tapi ya biasanya nggak langsung sekaligus harus diperbaiki.
sebagai gambaran pernah dapat panther thn 96 atau 97 gitu,
Perbaikan yang dilakukan:
- ganti kopling
- ganti radiator
- servis power steering
- ban yang didapat nggak lama benjol nggak karuan. akhirnya harus diganti.
- ganti tierod dan sekitarnya
- as kopel bermasalah (karena ngebut dibawa turunan cipularang)
- shockbreaker sudah diganti, tapi mentok sampe ke damper nya kalau lewat poldur
hal lain:
- asap ngebul agak biru, belum sempat diperbaiki
- tape nggak jelas kualitasnya
tapi kita nggak sendiri kok, yang penting sabarrrr ke bengkel
sebagai gambaran pernah dapat panther thn 96 atau 97 gitu,
Perbaikan yang dilakukan:
- ganti kopling
- ganti radiator
- servis power steering
- ban yang didapat nggak lama benjol nggak karuan. akhirnya harus diganti.
- ganti tierod dan sekitarnya
- as kopel bermasalah (karena ngebut dibawa turunan cipularang)
- shockbreaker sudah diganti, tapi mentok sampe ke damper nya kalau lewat poldur
hal lain:
- asap ngebul agak biru, belum sempat diperbaiki
- tape nggak jelas kualitasnya
tapi kita nggak sendiri kok, yang penting sabarrrr ke bengkel
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 7403
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Minta saran untuk mobil pertama - mobil bekas, bujet max 50jt
hari hari skrg ini malah bgt mudah beli cicil.mobil baru dg DP rp.10juta lbh sdikit n byk bonus
skrg mobil baru sedang susah jualan ...byk bonus ...loan period sampai 8thn ....asuransi bisa gratis setahun pertama .
jalan jalan sj ke dealer resmi berbagai brands (kecuali tdk percaya diri itu masalah lain)
sy jamin belanja parts n jasa pasang parts lbh mahal drpd cicilan per bulan mobil dg loan period diatas 5thn
apalagi blm bgt faham mechanical problem mobil (sy juga awam)...mau bawa montir paling ahli-pun ...namanya mobil bekas pakai org lain ...kalo sdh wkt nya rusak ya itu wkt u buka dompet n kurangi isi nya (transfer ke rekening bengkel/toko parts)
tdk usah malu beli dg cicil ...jaman skrg yg punya wang banyak juga ikutan cicil krn beli cash (apalagi punya cuma 50jt) hanya buang buang wang
sdh pernah beli n cicil mobil baru / blm? kalo malu jawap jujur ya tdk usah di jawap ...tapi ini essential start n hanya jij yg tau ...dari jawap ini lah benefit di mulai ...atau ...dari jawap ini lah beban di mulai
skrg mobil baru sedang susah jualan ...byk bonus ...loan period sampai 8thn ....asuransi bisa gratis setahun pertama .
jalan jalan sj ke dealer resmi berbagai brands (kecuali tdk percaya diri itu masalah lain)
sy jamin belanja parts n jasa pasang parts lbh mahal drpd cicilan per bulan mobil dg loan period diatas 5thn
apalagi blm bgt faham mechanical problem mobil (sy juga awam)...mau bawa montir paling ahli-pun ...namanya mobil bekas pakai org lain ...kalo sdh wkt nya rusak ya itu wkt u buka dompet n kurangi isi nya (transfer ke rekening bengkel/toko parts)
tdk usah malu beli dg cicil ...jaman skrg yg punya wang banyak juga ikutan cicil krn beli cash (apalagi punya cuma 50jt) hanya buang buang wang
sdh pernah beli n cicil mobil baru / blm? kalo malu jawap jujur ya tdk usah di jawap ...tapi ini essential start n hanya jij yg tau ...dari jawap ini lah benefit di mulai ...atau ...dari jawap ini lah beban di mulai
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Tue Oct 27, 2015 15:28
Re: Minta saran untuk mobil pertama - mobil bekas, bujet max 50jt
Terima kasih banyak, om VanzMatic. Benar2 membuka mata. Jadi makin banyak pertimbangan.VanzMatic wrote:Mentok 50juta? Harga mati?
Ok noted. BBN termasuk dalam 50juta itu apa ngga?
Kalau TIDAK termasuk bujet 50juta alias ada dana sendiri balik nama, good.
Kalau TERMASUK biaya baliknama, siapkan cadangan 15 juta maksimal dari 50juta. Ya. Dana tinggal 35juta. Ok toleransi sampai 40juta .
Sisa 10-15 juta itu untuk perbaikan dan BBN. Sebagai gambaran, perbaikan total mesin dan interior Kuda Bensin Grandia 2.0 MPi, kondisi tidak hancur, tidak repaint alias hanya poles, menyentuh 15jutaAN. Turun mesin, kopling, gardan, versneling, trondolin semua interior. Ganti yg aus dan usang. Segitu biayanya.
Supaya TS lebih fokus cari yg maksimal 40juta.
Sekedar saran aja siy, kalau bujet terbatas, alangkah bajik dan bijaknya kalau mengurangi 'banyak maunya'. Be realistic. Bujet terbatas, menyebabkan pilihan mobil bekas menjadi sangat terbatas pula.
Lupakan Panther, Kuda dan Xenia di bujet 40juta. Yang ada hanya keluar duit duit dan duit lagi.
Paling mungkin ke Kijang kotak sampai kijang super. Kalo nyari edisi kijang super, jangan resiko ambil karoseri selain karoserian Astra seperti Nusa Cendana Harum, Superior coach dan Nasmoco Autobody. Tau jenis karoseri nya darimana? Lihat emblem di pintu belakang, sisi kanan deket engsel pintu. Disitu biasanya ditaruh emblem nama karoseri.
Karoseri mbl Kijang super 89 ke atas nonastra, paling mencolok adalah kualitas bodynya yang rata rata udah hancur dimakan karat. Ibaratnya, non astra titik karat ada 20, karoseri astra baru 8-10. Itu perbandingannya.
Lupakan sejenak profil. Suzuki Carry 1.0 menurut saya masih jauh lebih bandel. Irit pula. Tapi kalo ga pake ac. Kalo pake ac, jangan dipasang double blower untuk yg 1.000cc. Malah kencing di jalan itu ntar bbmnya.
Nanti disambung lagi
Sent from my Lenovo S890 using Tapatalk
Iya, kalau bisa 50 juta itu sudah termasuk biaya surat2 dan lain2nya. Yang diposkan untuk mobil cuma segitu
Memang sejauh ini, kayaknya Carry yang memenuhi kriteria2 utama di atas. Tapi letak mesin di bawah itu bikin pikir2 lagi. Selain nanti takutnya ribet waktu cek2 ringan / rutin mingguan mesin sendiri (harus masuk2 kolong?), saya was2 juga kalau ada genangan air di jalan (maklum Jakarta) - mesin di bawah lebih rawan kena air? CMIIW. Menurut om gimana?
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Tue Oct 27, 2015 15:28
Re: Minta saran untuk mobil pertama - mobil bekas, bujet max 50jt
Om habis berapa buat perbaikan2 panther itu?ilhami wrote:Om Vanz benar, tapi ya biasanya nggak langsung sekaligus harus diperbaiki.
sebagai gambaran pernah dapat panther thn 96 atau 97 gitu,
Perbaikan yang dilakukan:
- ganti kopling
- ganti radiator
- servis power steering
- ban yang didapat nggak lama benjol nggak karuan. akhirnya harus diganti.
- ganti tierod dan sekitarnya
- as kopel bermasalah (karena ngebut dibawa turunan cipularang)
- shockbreaker sudah diganti, tapi mentok sampe ke damper nya kalau lewat poldur
hal lain:
- asap ngebul agak biru, belum sempat diperbaiki
- tape nggak jelas kualitasnya
tapi kita nggak sendiri kok, yang penting sabarrrr ke bengkel
-
- Newbie
- Posts: 12
- Joined: Tue Oct 27, 2015 15:28
Re: Minta saran untuk mobil pertama - mobil bekas, bujet max 50jt
Masalah beli dengan cicil, bukan masalah malu atau nggak sih om buat saya. Kondisi ekonomi seperti ini, was2 bunga pinjaman naik terus.newrubble wrote:hari hari skrg ini malah bgt mudah beli cicil.mobil baru dg DP rp.10juta lbh sdikit n byk bonus
skrg mobil baru sedang susah jualan ...byk bonus ...loan period sampai 8thn ....asuransi bisa gratis setahun pertama .
jalan jalan sj ke dealer resmi berbagai brands (kecuali tdk percaya diri itu masalah lain)
sy jamin belanja parts n jasa pasang parts lbh mahal drpd cicilan per bulan mobil dg loan period diatas 5thn
apalagi blm bgt faham mechanical problem mobil (sy juga awam)...mau bawa montir paling ahli-pun ...namanya mobil bekas pakai org lain ...kalo sdh wkt nya rusak ya itu wkt u buka dompet n kurangi isi nya (transfer ke rekening bengkel/toko parts)
tdk usah malu beli dg cicil ...jaman skrg yg punya wang banyak juga ikutan cicil krn beli cash (apalagi punya cuma 50jt) hanya buang buang wang
sdh pernah beli n cicil mobil baru / blm? kalo malu jawap jujur ya tdk usah di jawap ...tapi ini essential start n hanya jij yg tau ...dari jawap ini lah benefit di mulai ...atau ...dari jawap ini lah beban di mulai
Kalau dengan anggaran dana tunai 50 juta bisa dapat mobil yang layak pakai, saya prefer beli bayar tunai saja. Jadi gak ada kepikiran bayar cicilan. Makanya saya minta saran para suhu2 di sini, dengan 50 juta itu gambaran mobil2 yang bisa dibeli apa. Yang pasti range-nya ya mobil bekas... yaiyalah kalau ada mobil baru harga 50juta pasti sudah jadi rebutan
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 7403
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Minta saran untuk mobil pertama - mobil bekas, bujet max 50jt
saat loan interest tinggi ...new loan booking itu loose ...syarat nya jadi ringan
saat loan interest normal ...new.loan booking itu strict ... ada satu sj syarat yg tdk terpenuhi bisa di tolak
bgt juga saat loan interest normal ...kalo ada loan yg macet bayaran bulanan.pasti minggu ketiga sdh datang debt collector u tarik mobil / motor yg macet cicilan
kalo saat interest tinggi n ada yg macet pasti lease company / bank kasih extend bisa sampai bbrp x ...mau lelang kmana mrk? jualan mobil / motor baru aja susah apalagi bekas
skian saran sy n maaf kalo tdk membantu
saat loan interest normal ...new.loan booking itu strict ... ada satu sj syarat yg tdk terpenuhi bisa di tolak
bgt juga saat loan interest normal ...kalo ada loan yg macet bayaran bulanan.pasti minggu ketiga sdh datang debt collector u tarik mobil / motor yg macet cicilan
kalo saat interest tinggi n ada yg macet pasti lease company / bank kasih extend bisa sampai bbrp x ...mau lelang kmana mrk? jualan mobil / motor baru aja susah apalagi bekas
skian saran sy n maaf kalo tdk membantu
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 27
- Joined: Wed Oct 28, 2015 9:48
Re: Minta saran untuk mobil pertama - mobil bekas, bujet max 50jt
Emang beneran ya om belanja sparepart sama pasang pada mobkas usia 5 taon lbh mahal drpd bayar cicilannya???newrubble wrote:hari hari skrg ini malah bgt mudah beli cicil.mobil baru dg DP rp.10juta lbh sdikit n byk bonus
skrg mobil baru sedang susah jualan ...byk bonus ...loan period sampai 8thn ....asuransi bisa gratis setahun pertama .
jalan jalan sj ke dealer resmi berbagai brands (kecuali tdk percaya diri itu masalah lain)
sy jamin belanja parts n jasa pasang parts lbh mahal drpd cicilan per bulan mobil dg loan period diatas 5thn
apalagi blm bgt faham mechanical problem mobil (sy juga awam)...mau bawa montir paling ahli-pun ...namanya mobil bekas pakai org lain ...kalo sdh wkt nya rusak ya itu wkt u buka dompet n kurangi isi nya (transfer ke rekening bengkel/toko parts)
tdk usah malu beli dg cicil ...jaman skrg yg punya wang banyak juga ikutan cicil krn beli cash (apalagi punya cuma 50jt) hanya buang buang wang
sdh pernah beli n cicil mobil baru / blm? kalo malu jawap jujur ya tdk usah di jawap ...tapi ini essential start n hanya jij yg tau ...dari jawap ini lah benefit di mulai ...atau ...dari jawap ini lah beban di mulai