Hal2 yg hrs diperhatikan u/ Civic FD1

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

hehe001
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Fri Jun 12, 2009 7:47

Hal2 yg hrs diperhatikan u/ Civic FD1

Post by hehe001 »

Dear seniors,

Saya akan meminang civic FD1, mudah2an tahunnya dpt yg muda,sekarang masih hunting. Mohon infonya,hal2 apa saja yang perlu diperhatikan saat melihat unitnya mengingat uda cukup berumur nih mobil mungkin 90rb km lebih mileagenya.

Thanks

Sent from my ASUS_T00Q using Tapatalk
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15602
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Hal2 yg hrs diperhatikan u/ Civic FD1

Post by ChZ »

Udah 90ribu?

#1 pasti engine mounting... di FD1 dan CR-V RE cukup bermasalah. Harganya lumayan sekitar 3 juta sepasang, kalo rusak 1 doang ya 1.5an. Gejalanya getaran mesin terasa sekali sampe kabin. Cara ceknya liat karet di mountingnya, biasanya gejala FD1 yang mountingnya kena itu karetnya sudah pecah-pecah.

#2 kaki-kaki... bushing tierod link stabilizer dkk wajib dicek untuk sedan high-mileage.

#3 Lakukan engine tune-up lengkap : cuci injektor, semprot carb jet ke ruang bakar, bersihkan TB, bersihkan Intake manifold, penyetelan klep, ganti filter udara bila perlu (di BeRes sekitar 200ribuan), ganti oli & filter oli bila perlu.

Kalo #1 dan #2 OK rasanya budget buat benerinnya cuma habis 1jutaan lebih dikit di BeRes... di luar bisa lebih murah lg

kalo kena #1 dan #2 ya silahkan siapin extra 5juta :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
hehe001
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Fri Jun 12, 2009 7:47

Re: RE: Re: Hal2 yg hrs diperhatikan u/ Civic FD1

Post by hehe001 »

ChZ wrote:Udah 90ribu?

#1 pasti engine mounting... di FD1 dan CR-V RE cukup bermasalah. Harganya lumayan sekitar 3 juta sepasang, kalo rusak 1 doang ya 1.5an. Gejalanya getaran mesin terasa sekali sampe kabin. Cara ceknya liat karet di mountingnya, biasanya gejala FD1 yang mountingnya kena itu karetnya sudah pecah-pecah.

#2 kaki-kaki... bushing tierod link stabilizer dkk wajib dicek untuk sedan high-mileage.

#3 Lakukan engine tune-up lengkap : cuci injektor, semprot carb jet ke ruang bakar, bersihkan TB, bersihkan Intake manifold, penyetelan klep, ganti filter udara bila perlu (di BeRes sekitar 200ribuan), ganti oli & filter oli bila perlu.

Kalo #1 dan #2 OK rasanya budget buat benerinnya cuma habis 1jutaan lebih dikit di BeRes... di luar bisa lebih murah lg

kalo kena #1 dan #2 ya silahkan siapin extra 5juta :ngacir:
Thanks om ChZ.
Ya,pengalaman pakai greco '94dulu pernah pakai 5 tahun aja uda 50ribuan (dipakai sendiri 2000-2005, belum ditambah mileage pas dapetnya, :d ), apalagi ini nanti fd1 kalo dpt yg 2007 hehehe..
Anyway,apakah ada setiap tahunna perbedaan produksi untuk fd1 ini? Tahun berapa sih yg rekomen?

Thanks berat
User avatar
B 0 YZ
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 313
Joined: Fri Aug 17, 2007 9:03

Re: Hal2 yg hrs diperhatikan u/ Civic FD1

Post by B 0 YZ »

Skalian nimbrung, cara cek steering rack dan power steering utk civic ini bagaimana ya? Apa bisa di cek di beres, krn bag ini biayanya ga murah utk restorasi
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15602
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: RE: Re: Hal2 yg hrs diperhatikan u/ Civic FD1

Post by ChZ »

hehe001 wrote: Thanks om ChZ.
Ya,pengalaman pakai greco '94dulu pernah pakai 5 tahun aja uda 50ribuan (dipakai sendiri 2000-2005, belum ditambah mileage pas dapetnya, :d ), apalagi ini nanti fd1 kalo dpt yg 2007 hehehe..
Anyway,apakah ada setiap tahunna perbedaan produksi untuk fd1 ini? Tahun berapa sih yg rekomen?

Thanks berat
Perbedaan di FD1 hanya sebatasi fitur dan kelengkapan aja. Secara umum FD1 mengalami 2x facelift.

Facelift pertama di 2009 awal berupa penggantian model bemper (jadi mengotak mirip typeR), headlamp smoke, stoplamp hexagonal, tambahan MID. Tapi velgnya masih sama dengan generasi awal.

Facelift kedua di 2010 velgnya ganti model kayak duren (1.8) dan yang 2.0 naik 1inch jadi 17inch yang bentuknya kayak cakar.

Rekomended sih ambil yang keluaran terakhir pasti (sekitar 2010-2011) karena fitur lebih lengkap dan pastinya problemnya lebih minim
B 0 YZ wrote:Skalian nimbrung, cara cek steering rack dan power steering utk civic ini bagaimana ya? Apa bisa di cek di beres, krn bag ini biayanya ga murah utk restorasi
untuk FD1 (1.8L) masih pake hidrolik, oom. Oli power steering nya perlu diperhatikan dan dikuras secara berkala.

Kalo HPS ini problem nya yang lazim itu di selang high pressure atau low pressure nya, biasa terjadi kebocoran karena seal nya sudah jelek, naaaa kalo sudah terjadi kebocoran di bagian ini otomatis minta ganti dan harganya memang gak murah.

Kalo di FD2 (2.0L) sudah EPS, cek nya bisa dari bobot setir yang kadang nggak lazim.

Cek nya bisa dilakukan di BeRes, bisa dilakuin sendiri juga
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
B 0 YZ
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 313
Joined: Fri Aug 17, 2007 9:03

Re: Hal2 yg hrs diperhatikan u/ Civic FD1

Post by B 0 YZ »

thanks penjelasnnya mod CHz,

btw, satu waktu ane pernah tes drive FD1, itu setirnya kalo belok terasa seret, seperti agak getar ketika belok, tapi bobot normal semua normal, hanya ketika diputer di setir terasa getaran, memang karakter FD1 seperti itu atau, ada problem di bagian sana ya?




Dan tambahan lain utk diperhatikan yang ane tau itu, piringan cakram yang hobi bergelombang, ciri2nya remnya getar di kec tinggi, belum pernah coba langsung tapi banyak denger dari orang
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15602
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Hal2 yg hrs diperhatikan u/ Civic FD1

Post by ChZ »

B 0 YZ wrote:thanks penjelasnnya mod CHz,

btw, satu waktu ane pernah tes drive FD1, itu setirnya kalo belok terasa seret, seperti agak getar ketika belok, tapi bobot normal semua normal, hanya ketika diputer di setir terasa getaran, memang karakter FD1 seperti itu atau, ada problem di bagian sana ya?




Dan tambahan lain utk diperhatikan yang ane tau itu, piringan cakram yang hobi bergelombang, ciri2nya remnya getar di kec tinggi, belum pernah coba langsung tapi banyak denger dari orang
Hmm setir terasa bergetar itu sumbernya banyak om, bisa dari ban, bisa dari tie rod, atau oli power steering sudah jelek / kurang juga bisa. Tip nya, periksa kondisi ban, kalo masih bagus coba ngolong cek tie rod ball joint dkk apakah sudah jelek / aus, dan cek apakah ada kebocoran oli di sekitar sistem steering dan selang-selang low pressure maupun high pressure. Biasanya kebocoran pada selang ini cukup langka untuk mobil dibawah 10 tahun sih.

Kalau getar tapi bobot normal mungkin dari tie-rod atau dari ban oom.

Nah betul itu disc brake yang rawan bergelombang, kalo dapetnya yang sudah lecet dan bergelombang gini sebaiknya dibubut, ongkosnya sekitar 200ribuan untuk bubut disc brake.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
B 0 YZ
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 313
Joined: Fri Aug 17, 2007 9:03

Re: Hal2 yg hrs diperhatikan u/ Civic FD1

Post by B 0 YZ »

Thanks sekali lagi mod, uda ada gambaran deh penyebab2nya
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: Hal2 yg hrs diperhatikan u/ Civic FD1

Post by dieselman228 »

permisi om, kebetulan ade ane baru ambil seken Civic FD1 A/T tahun 2008 , nah yang empunya ga gitu paham mobil cuma demen aksesoris yang keliatan doang sprti velg dan lainnya.
ane rencana mau bantu dia menyehatkan mesin dan kaki" terutama. km sih terakhir ane pake 80ribuan.
boleh minta sarannya mulai dari apa dulu mesti di sehatin? dan bengkel luaran yang qualified buat mobil ini. thx infonya :mky_03:
gnki diesel kopling jadi kuda harian :mky_07:
hehe001
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Fri Jun 12, 2009 7:47

Re: RE: Re: Hal2 yg hrs diperhatikan u/ Civic FD1

Post by hehe001 »

dieselman228 wrote:permisi om, kebetulan ade ane baru ambil seken Civic FD1 A/T tahun 2008 , nah yang empunya ga gitu paham mobil cuma demen aksesoris yang keliatan doang sprti velg dan lainnya.
ane rencana mau bantu dia menyehatkan mesin dan kaki" terutama. km sih terakhir ane pake 80ribuan.
boleh minta sarannya mulai dari apa dulu mesti di sehatin? dan bengkel luaran yang qualified buat mobil ini. thx infonya :mky_03:
Ikut dompleng tanya ya,Om.
Sptnya kaki2 sih yg utama,cuman kan banyak tuh bagian2 apa saja.
Mohon dibantu para senior saya ikut mendengarkan.