Dear seniors,
Saya akan meminang civic FD1, mudah2an tahunnya dpt yg muda,sekarang masih hunting. Mohon infonya,hal2 apa saja yang perlu diperhatikan saat melihat unitnya mengingat uda cukup berumur nih mobil mungkin 90rb km lebih mileagenya.
Thanks
Sent from my ASUS_T00Q using Tapatalk
Hal2 yg hrs diperhatikan u/ Civic FD1
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 170
- Joined: Fri Jun 12, 2009 7:47
-
- SM Specialist
- Posts: 16681
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Hal2 yg hrs diperhatikan u/ Civic FD1
Udah 90ribu?
#1 pasti engine mounting... di FD1 dan CR-V RE cukup bermasalah. Harganya lumayan sekitar 3 juta sepasang, kalo rusak 1 doang ya 1.5an. Gejalanya getaran mesin terasa sekali sampe kabin. Cara ceknya liat karet di mountingnya, biasanya gejala FD1 yang mountingnya kena itu karetnya sudah pecah-pecah.
#2 kaki-kaki... bushing tierod link stabilizer dkk wajib dicek untuk sedan high-mileage.
#3 Lakukan engine tune-up lengkap : cuci injektor, semprot carb jet ke ruang bakar, bersihkan TB, bersihkan Intake manifold, penyetelan klep, ganti filter udara bila perlu (di BeRes sekitar 200ribuan), ganti oli & filter oli bila perlu.
Kalo #1 dan #2 OK rasanya budget buat benerinnya cuma habis 1jutaan lebih dikit di BeRes... di luar bisa lebih murah lg
kalo kena #1 dan #2 ya silahkan siapin extra 5juta
#1 pasti engine mounting... di FD1 dan CR-V RE cukup bermasalah. Harganya lumayan sekitar 3 juta sepasang, kalo rusak 1 doang ya 1.5an. Gejalanya getaran mesin terasa sekali sampe kabin. Cara ceknya liat karet di mountingnya, biasanya gejala FD1 yang mountingnya kena itu karetnya sudah pecah-pecah.
#2 kaki-kaki... bushing tierod link stabilizer dkk wajib dicek untuk sedan high-mileage.
#3 Lakukan engine tune-up lengkap : cuci injektor, semprot carb jet ke ruang bakar, bersihkan TB, bersihkan Intake manifold, penyetelan klep, ganti filter udara bila perlu (di BeRes sekitar 200ribuan), ganti oli & filter oli bila perlu.
Kalo #1 dan #2 OK rasanya budget buat benerinnya cuma habis 1jutaan lebih dikit di BeRes... di luar bisa lebih murah lg
kalo kena #1 dan #2 ya silahkan siapin extra 5juta

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 170
- Joined: Fri Jun 12, 2009 7:47
Re: RE: Re: Hal2 yg hrs diperhatikan u/ Civic FD1
Thanks om ChZ.ChZ wrote:Udah 90ribu?
#1 pasti engine mounting... di FD1 dan CR-V RE cukup bermasalah. Harganya lumayan sekitar 3 juta sepasang, kalo rusak 1 doang ya 1.5an. Gejalanya getaran mesin terasa sekali sampe kabin. Cara ceknya liat karet di mountingnya, biasanya gejala FD1 yang mountingnya kena itu karetnya sudah pecah-pecah.
#2 kaki-kaki... bushing tierod link stabilizer dkk wajib dicek untuk sedan high-mileage.
#3 Lakukan engine tune-up lengkap : cuci injektor, semprot carb jet ke ruang bakar, bersihkan TB, bersihkan Intake manifold, penyetelan klep, ganti filter udara bila perlu (di BeRes sekitar 200ribuan), ganti oli & filter oli bila perlu.
Kalo #1 dan #2 OK rasanya budget buat benerinnya cuma habis 1jutaan lebih dikit di BeRes... di luar bisa lebih murah lg
kalo kena #1 dan #2 ya silahkan siapin extra 5juta
Ya,pengalaman pakai greco '94dulu pernah pakai 5 tahun aja uda 50ribuan (dipakai sendiri 2000-2005, belum ditambah mileage pas dapetnya, :d ), apalagi ini nanti fd1 kalo dpt yg 2007 hehehe..
Anyway,apakah ada setiap tahunna perbedaan produksi untuk fd1 ini? Tahun berapa sih yg rekomen?
Thanks berat
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 316
- Joined: Fri Aug 17, 2007 9:03
Re: Hal2 yg hrs diperhatikan u/ Civic FD1
Skalian nimbrung, cara cek steering rack dan power steering utk civic ini bagaimana ya? Apa bisa di cek di beres, krn bag ini biayanya ga murah utk restorasi
-
- SM Specialist
- Posts: 16681
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: RE: Re: Hal2 yg hrs diperhatikan u/ Civic FD1
Perbedaan di FD1 hanya sebatasi fitur dan kelengkapan aja. Secara umum FD1 mengalami 2x facelift.hehe001 wrote: Thanks om ChZ.
Ya,pengalaman pakai greco '94dulu pernah pakai 5 tahun aja uda 50ribuan (dipakai sendiri 2000-2005, belum ditambah mileage pas dapetnya, :d ), apalagi ini nanti fd1 kalo dpt yg 2007 hehehe..
Anyway,apakah ada setiap tahunna perbedaan produksi untuk fd1 ini? Tahun berapa sih yg rekomen?
Thanks berat
Facelift pertama di 2009 awal berupa penggantian model bemper (jadi mengotak mirip typeR), headlamp smoke, stoplamp hexagonal, tambahan MID. Tapi velgnya masih sama dengan generasi awal.
Facelift kedua di 2010 velgnya ganti model kayak duren (1.

Rekomended sih ambil yang keluaran terakhir pasti (sekitar 2010-2011) karena fitur lebih lengkap dan pastinya problemnya lebih minim
untuk FD1 (1.8L) masih pake hidrolik, oom. Oli power steering nya perlu diperhatikan dan dikuras secara berkala.B 0 YZ wrote:Skalian nimbrung, cara cek steering rack dan power steering utk civic ini bagaimana ya? Apa bisa di cek di beres, krn bag ini biayanya ga murah utk restorasi
Kalo HPS ini problem nya yang lazim itu di selang high pressure atau low pressure nya, biasa terjadi kebocoran karena seal nya sudah jelek, naaaa kalo sudah terjadi kebocoran di bagian ini otomatis minta ganti dan harganya memang gak murah.
Kalo di FD2 (2.0L) sudah EPS, cek nya bisa dari bobot setir yang kadang nggak lazim.
Cek nya bisa dilakukan di BeRes, bisa dilakuin sendiri juga
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 316
- Joined: Fri Aug 17, 2007 9:03
Re: Hal2 yg hrs diperhatikan u/ Civic FD1
thanks penjelasnnya mod CHz,
btw, satu waktu ane pernah tes drive FD1, itu setirnya kalo belok terasa seret, seperti agak getar ketika belok, tapi bobot normal semua normal, hanya ketika diputer di setir terasa getaran, memang karakter FD1 seperti itu atau, ada problem di bagian sana ya?
Dan tambahan lain utk diperhatikan yang ane tau itu, piringan cakram yang hobi bergelombang, ciri2nya remnya getar di kec tinggi, belum pernah coba langsung tapi banyak denger dari orang
btw, satu waktu ane pernah tes drive FD1, itu setirnya kalo belok terasa seret, seperti agak getar ketika belok, tapi bobot normal semua normal, hanya ketika diputer di setir terasa getaran, memang karakter FD1 seperti itu atau, ada problem di bagian sana ya?
Dan tambahan lain utk diperhatikan yang ane tau itu, piringan cakram yang hobi bergelombang, ciri2nya remnya getar di kec tinggi, belum pernah coba langsung tapi banyak denger dari orang
-
- SM Specialist
- Posts: 16681
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Hal2 yg hrs diperhatikan u/ Civic FD1
Hmm setir terasa bergetar itu sumbernya banyak om, bisa dari ban, bisa dari tie rod, atau oli power steering sudah jelek / kurang juga bisa. Tip nya, periksa kondisi ban, kalo masih bagus coba ngolong cek tie rod ball joint dkk apakah sudah jelek / aus, dan cek apakah ada kebocoran oli di sekitar sistem steering dan selang-selang low pressure maupun high pressure. Biasanya kebocoran pada selang ini cukup langka untuk mobil dibawah 10 tahun sih.B 0 YZ wrote:thanks penjelasnnya mod CHz,
btw, satu waktu ane pernah tes drive FD1, itu setirnya kalo belok terasa seret, seperti agak getar ketika belok, tapi bobot normal semua normal, hanya ketika diputer di setir terasa getaran, memang karakter FD1 seperti itu atau, ada problem di bagian sana ya?
Dan tambahan lain utk diperhatikan yang ane tau itu, piringan cakram yang hobi bergelombang, ciri2nya remnya getar di kec tinggi, belum pernah coba langsung tapi banyak denger dari orang
Kalau getar tapi bobot normal mungkin dari tie-rod atau dari ban oom.
Nah betul itu disc brake yang rawan bergelombang, kalo dapetnya yang sudah lecet dan bergelombang gini sebaiknya dibubut, ongkosnya sekitar 200ribuan untuk bubut disc brake.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 316
- Joined: Fri Aug 17, 2007 9:03
Re: Hal2 yg hrs diperhatikan u/ Civic FD1
Thanks sekali lagi mod, uda ada gambaran deh penyebab2nya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 978
- Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57
Re: Hal2 yg hrs diperhatikan u/ Civic FD1
permisi om, kebetulan ade ane baru ambil seken Civic FD1 A/T tahun 2008 , nah yang empunya ga gitu paham mobil cuma demen aksesoris yang keliatan doang sprti velg dan lainnya.
ane rencana mau bantu dia menyehatkan mesin dan kaki" terutama. km sih terakhir ane pake 80ribuan.
boleh minta sarannya mulai dari apa dulu mesti di sehatin? dan bengkel luaran yang qualified buat mobil ini. thx infonya
ane rencana mau bantu dia menyehatkan mesin dan kaki" terutama. km sih terakhir ane pake 80ribuan.
boleh minta sarannya mulai dari apa dulu mesti di sehatin? dan bengkel luaran yang qualified buat mobil ini. thx infonya

2015 - 2KD
2024 - K15B

2024 - K15B

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 170
- Joined: Fri Jun 12, 2009 7:47
Re: RE: Re: Hal2 yg hrs diperhatikan u/ Civic FD1
Ikut dompleng tanya ya,Om.dieselman228 wrote:permisi om, kebetulan ade ane baru ambil seken Civic FD1 A/T tahun 2008 , nah yang empunya ga gitu paham mobil cuma demen aksesoris yang keliatan doang sprti velg dan lainnya.
ane rencana mau bantu dia menyehatkan mesin dan kaki" terutama. km sih terakhir ane pake 80ribuan.
boleh minta sarannya mulai dari apa dulu mesti di sehatin? dan bengkel luaran yang qualified buat mobil ini. thx infonya
Sptnya kaki2 sih yg utama,cuman kan banyak tuh bagian2 apa saja.
Mohon dibantu para senior saya ikut mendengarkan.