Mobil buat kerja

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23

Mobil buat kerja

Post by Clonz »

Halo om2 agan2 sekalian,

Maaf saya niubie mau mohon suggestion lagi.
Saat ini saya sedang mencoba memulai usaha (udah mulai beberapa waktu sih) jasa instalatir listrik dan cctv.
Kebetulan sering kali saya musti bawa barang banyak n mulai perlu angkut peralatan yg panjang2 n gedhe2 kayak tangga, pipa, kabel duct, dll. Kira2 mobil apa ya yang cocok? Saat ini saya pakai city car bener2 kerepotan n pusing kepala barbie buat memasukin barang2 ini.

Yang kebayang sih Suzuki APV. Dan rencananya sih mobil ini bakalan dipakai juga ama pegawai dan sesekali untuk keluar ama family jg.
Kira2 apa ya mobil yg cocok, bensin ga terlalu boros, minim perawatan aneh2, bandel, kalau bisa nyaman ya lebih baik lagi (saya tau mobil nyaman biasanya ga cocok buat angkut barang hehe).

Budget sekitar 80-100jutaan deh. 2nd pastinya. Tahun2 jgn lama2 banget. Kalau lebih dari itu kok kayaknya udah ga masuk itungan cashflow usaha saya malah tekor nanti hehe.

Makasi ya agan2 sekalian.
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Mobil buat kerja

Post by amfibi »

Luxio dapet lho om, tahun 2010-2011 ...

Nyaman, ga berasa mobil barang banget, cukup mewah, tangguh pastinya, n ruang barangnya guede bener ... :mky_02:

Image

Image

Image
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1088
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: Mobil buat kerja

Post by aspsilver »

Kalo harga segitu dan sesuai kebutuhan, rasanya sih cuma ada 2 APV dan luxio.

KArena saya punya Luxio, saya pilih Luxio.
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: Mobil buat kerja

Post by KodokPushUp »

Evalia/xenia masuk budget ga si?
Evalia konon termasuk nyaman di kelasnya, model paling tampak mahal (relatif si), dan produk global mestinya lebih bisa dipertanggungjawabkan daripada livina si biang masalah.
Atau xenia, semua montir baru lulus stm juga hapal jeroannya.
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
User avatar
Fiz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 333
Joined: Thu Feb 19, 2015 9:36

Re: Mobil buat kerja

Post by Fiz »

kalo liat installer2 kayak firstmedia atau pln atau telkom, mereka fleet nya memang avanza xenia sih om, kasih roof rack diatas buat tangga, sisanya bangku ketiga copot buat barang2 printilan..

kalo luxio ato evalia kan besar tuh, apa tangganya dimasukin ato ditaro atas? kalo di taro atas, apa gak susah ngambil/naro tangganya gara2 mobilnya tinggi?
User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red

Re: Mobil buat kerja

Post by nyotnyet »

Nah cari xinia/papanja aja om..kasi roof rack buat naro tangga...buat liburan juga bisa taro barang diatas..tgl beli roof box..keinginan saya yg belom kesampaian juga sih beli roof box..harganya lumayan soalnya...

Kalo boleh tau city car yg skrg pake apa om?

Kalo ga mau pake roof rack yah luxio aja om...belom prnh nyetir..cuma prnh bawa apv lukot kok aneh ya driving positionnya...

Soul Red zoom zoom
User avatar
dream_theater
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Thu Dec 03, 2009 2:31
Location: Semarang
Daily Vehicle: Xpander exceed AT

Re: Mobil buat kerja

Post by dream_theater »

Vote for Luxio om. :frm_tumbleft:
Di mata ane, Luxio adalah kombinasi yg pas buat kerja & keluarga.
Dibanding APV, Luxio lebih ganteng, lebih lega, lebih mudah aksesnya (pintu geser), lebih nyaman, lebih baik peredaman mesinnya, lantai di depan jok baris ke-2 lebih rata, posisi nyetir lebih baik, posisi tuas persneling di dashboard deket setir, dan mesin lebih halus & irit.
Dibanding Evalia, Luxio lebih ganteng, bannya ring 15 yg lebih gagah (evalia ring 14), jendela pintu gesernya bisa naik-turun, bentuk bokong & lampu stop lebih manis. Spare part daihatsu lebih mudah didapat & terjangkau drpd nissan.
Evalia menang posisi mesin di depan & power, tapi karena desain awalnya utk mobil niaga, kaca jendela pintu gesernya kaca mati (di tipe XV juga cuma ada lobang kecil kayak loket, gak bisa dibuka full), dimensi jendelanya juga terlalu kecil. :off_no: Buat ane, ini nilai minus bagi mobil keluarga. Suspensi belakang evalia berupa per daun tunggal, luxio & APV arena per keong.
Sepertinya dengan 80-100 jt udah dapet Luxio tipe X (tertinggi) th 2009-2010.
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23

Re: Mobil buat kerja

Post by Clonz »

Wah makasih om2 sekalian udah bantu jawabin. Ane terharu.

Saya langsung jawab jadi satu di sini aja yah.

Saat ini saya pake suzuki sx4. Kebayangnya cuman apv kmrn soalnya udah demen ama suzuki bebas masalah n irit perawatan hehe.

Luxio bagus jg yah kayaknya. Perawatannya jg hemat om? Maksudnya sparepart2nya awet2 kan. Ga kayak mobil lain yg kaki2nya gampang kalah dll?

Kalau untuk nissan evalia saya tampung dulu. Kayaknya agak over budget n agak ngeri lihat service fee nya si nissan kalau masuk bengkel hahaha. Maklum om, mobil kalau udah dibawa pegawai, mobil awalnya bagus pasti jadi jelek. Hahaha.

Kalau pake roof rack kayaknya saya ndak prefer om. Biar rapi aja masuk dalam semua n ga ribet pasangnya. Apalagi kalau kena ujan dll, sayang barangnya jadi kotor semua.

Om yg pake luxio, kursi driver ga panas? Mesinnya di bawah driver seat kan ya?
Ama bangku yg ketiga itu ga bisa diberdirikan yah?
User avatar
aspsilver
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1088
Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
Location: Jakarta

Re: Mobil buat kerja

Post by aspsilver »

Luxio bangku belakang bisa dilipat. MAsalahnya kakiny gak bisa dilipat, jadi agak nonjol.

Fleet saya ada 2 granmax dan 1 luxio.
Gak berasa panas sih.

1 Granmax th 2009 saat ini udah 200k km. Gak ada masalah berarti
hariy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2269
Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT

Re: Mobil buat kerja

Post by hariy »

Clonz wrote:Wah makasih om2 sekalian udah bantu jawabin. Ane terharu.

Saya langsung jawab jadi satu di sini aja yah.

Saat ini saya pake suzuki sx4. Kebayangnya cuman apv kmrn soalnya udah demen ama suzuki bebas masalah n irit perawatan hehe.

Luxio bagus jg yah kayaknya. Perawatannya jg hemat om? Maksudnya sparepart2nya awet2 kan. Ga kayak mobil lain yg kaki2nya gampang kalah dll?

Kalau untuk nissan evalia saya tampung dulu. Kayaknya agak over budget n agak ngeri lihat service fee nya si nissan kalau masuk bengkel hahaha. Maklum om, mobil kalau udah dibawa pegawai, mobil awalnya bagus pasti jadi jelek. Hahaha.

Kalau pake roof rack kayaknya saya ndak prefer om. Biar rapi aja masuk dalam semua n ga ribet pasangnya. Apalagi kalau kena ujan dll, sayang barangnya jadi kotor semua.

Om yg pake luxio, kursi driver ga panas? Mesinnya di bawah driver seat kan ya?
Ama bangku yg ketiga itu ga bisa diberdirikan yah?
Yang saya bold itu: it's daihatsu, om...sudah terkenal awet puluhan tahun, seperti halnya Toyota dg kijang nya...

Kursi driver & penumpang depan ngga begitu panas,apalagi kalo usia unitnya msh terbilang muda & terawat..Ya paling anget2 gitu lah..maklum mesin kolong...apv juga sama,koq..
Luxio jelas worth it lah..dibanding sodaranya si granmax yg fiturnya kopong dan keras (karena lbh cocok buat angkut brg2 drpd manusia....).
Kalo soal bangku blkg, bisa dilipat. Tapi kelihatannya kaki bangku msh nongol dikit..baiknya om TS cek sendiri pas hunting unitnya..jangan lupa tes drive sblm memutuskan beli..
User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red

Re: Mobil buat kerja

Post by nyotnyet »

Ini ceritanya ganti mobil atau nambah armada om? Kalo nambah grandmax blindvan boleh dipertimbangkan tuh..kalo masuknya mobil niaga kan ga kena progresif yah...cmiiw...tapi kalo pengganti sx4 ya cari yg bagusan..hehehehe..

Soul Red zoom zoom
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Mobil untuk kerja

Post by daftar »

kalo mobil buat usaha & angkut2, pilihannya yang cocok berarti Van ya, ada APV, GranMax / Luxio, Evalia
yang masuk budget kayaknya APV sama gran max, tapi karena untuk jalan keluarga juga saya lebih prefer sama APV aja deh
selain karena modelnya yang lebih bagus juga untuk keluarga lebih cocok APV,
kalo gran max kayaknya kesannya mobil niaga / fleet, mobilnya pun juga keras cocok buat angkut barang berat deh, tapi buat manusia kurang cocok :D
plat juga lebih tebel APV, mesin lebih kuat APV tapi lebih irit gran max. gran max bagusnya pake sliding door jadi enak buat masuk2in barang

atau bisa juga ambil avxen, itu mobil service PLN juga pake avanza kan yang biasanya gendong tangga :wkkk:
kelebihannya full bonet mesin di depan & cocok buat bawa keluarga, cuman kabin nya masih kalah lega dari mobil Van


Wah trit nya ternyata dobel :big_smile]
Last edited by daftar on Thu May 14, 2015 6:01, edited 1 time in total.
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Mobil buat kerja

Post by daftar »

kalo buat usaha mobil Van sudah cocok (APV & Luxio / gran max)
kok saya lebih suka model APV ya daripada Luxio, bentuk GranMax / Luxio ini kelihatan "maksa" giru apalagi bagian semi bonet nya, khas insinyur Indonesia yg baru belajar desain mobil deh :D :big_peace: meskipun mobil ini di expor ke jepang juga
menurut saya kok granmax ini kemunduran desain Van Daihatsu, sebelumnya sudah bs bikin Van streamline Espass yang lekukannya mulus, kok jadi bikin penerusnya jadi Kotak pletat pletot gitu, pas awal keluar gran max kelihatan aneh, tapi karena biasa lihat di jalan sekarang jadi biasa aja

Kelebihan Luxio:
- irit
- sliding door, keluar masukin barang lebih gampang
- lebih empuk
- mesin xenia / halus
- lebih rendah, masukin barang lebih gampang

Kelebihan APV:
- Plat lebih tebal
- Lebih bertenaga
- kaki2 sepertinya lebih kuat
- untuk pickup Mega Carry sasis lebih kuat daripada GranMax, sepertinya berlaku juga di APV vs Luxio
- Lebih enak nyetir APV kalo menurut ane

alternatif lain : Avanza Xenia, seperti mobil operasional PLN yang gendong tangga itu :D cuman masih kalah lega kabinnya
hariy wrote: Yang saya bold itu: it's daihatsu, om...sudah terkenal awet puluhan tahun, seperti halnya Toyota dg kijang nya...

Kursi driver & penumpang depan ngga begitu panas,apalagi kalo usia unitnya msh terbilang muda & terawat..Ya paling anget2 gitu lah..maklum mesin kolong...apv juga sama,koq..
Luxio jelas worth it lah..dibanding sodaranya si granmax yg fiturnya kopong dan keras (karena lbh cocok buat angkut brg2 drpd manusia....).
Kalo soal bangku blkg, bisa dilipat. Tapi kelihatannya kaki bangku msh nongol dikit..baiknya om TS cek sendiri pas hunting unitnya..jangan lupa tes drive sblm memutuskan beli..
kalo Daihatsu kenapa om? hehe, Daihatsu dibilang bandel mungkin 1 dekade belakangan ini aja setelah mesin VVTi nya masuk. cuman ya kaki2 daihatsu agak kurang kuat menurut ane
jaman dulu, orang yang usaha / niaga juga tau kalo mesin Suzuki jauh lebih bandel daripada Daihatsu, cuman belakangan2 ini mindset orang sudah berubah semenjak daihatsu laris jualan mobil niaga, karena banyak faktor juga sih (selain mesin)
WalkingStone
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Fri Apr 11, 2014 7:22
Location: Makassar

Re: Mobil buat kerja

Post by WalkingStone »

100 jutaan kayaknya bisa dapet apv gx 2012 deh, saya pake apv 2011-2014 odo 130 k gak pernah ada masalah berarti baik di mesin maupun kaki-kaki, peredam mesin juga udah lumayan kualitasnya, audio juga masih bagusan dari apanjah, dari design juga lebih menarik dari luxio kalo menurut ane.
hariy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2269
Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT

Re: Mobil buat kerja

Post by hariy »

@daftar: owh gitu ya..maaf,maaf..
Saya taunya merk daihatsu era 90's itu zebra yg masih hidup di jalanan sampai sekarang..
Masih dipake buat angkut2 orang & barang..
Sama taft, Espass dan taruna juga (eh,taruna belum puluhan tahun ding...).

Saya berusaha tidak membandingkan merk lain, termasuk merk S, atau N, supaya tidak terjebak adu argumen soal awet tidaknya produk dan biaya perawatannya.

Imo.
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23

Re: Mobil buat kerja

Post by Clonz »

Wah jadi panjang jg nih pembahasannya haha.

Maaf agan2 sekalian ane baru bales. Nyambi pas instalasi cctv jg nih skrg. Mumpung pas rehat haha.

Iya saya jg benernya lebih demen modelnya apv sih. Terutama yg apv arena. Kayaknya udah lumayan kalau misal pas lagi libur buat kerja, bisa diajak ke mana2 ama family dll.

Untuk mobil sx4 tetep pake gan. Soalnya buat bini.

Bini naik sx4, pegawai naik apv/luxio, saya naik sepeda aja hahah.

Blind van mohon maaf ga masuk itungan soalnya itu tadi faktor angkut orang jg.

Jadi kesimpulannya mesin daihatsu ama suzuki sama2 bandel yah?
Kakau kaki2 masih mending suzuki?

After salenya gimana yah? Misal saya ambil apv 2011 atau luxio 2011, kira2 sampai 3-5 tahun ke depan yg depresiasinya rendah yang mana yah?
Saya rada kepincut juga sih ama si luxio soalnya gedhe bangetnya itu lho. Agak merem dikit sih ama tampangnya kalau emang mampu angkut barang banyak haha.
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Mobil buat kerja

Post by daftar »

hariy wrote:@daftar: owh gitu ya..maaf,maaf..
Saya taunya merk daihatsu era 90's itu zebra yg masih hidup di jalanan sampai sekarang..
Masih dipake buat angkut2 orang & barang..
Sama taft, Espass dan taruna juga (eh,taruna belum puluhan tahun ding...).

Saya berusaha tidak membandingkan merk lain, termasuk merk S, atau N, supaya tidak terjebak adu argumen soal awet tidaknya produk dan biaya perawatannya.

Imo.
hehe itu sih dulu om, kalo sekarang sih andalan kedua merk ini masih sama2 reliable (mungkin 10 tahun kedepan baru kelihatan mana yg lebih reliable)
makanya suzuki Carry itu dulu jadi idaman buat niaga selain mitsubishi, harga bekasnya pun lebih bagus ketimbang daihatsu zebra atau espass, bahkan sampe sekarang suzuki carry masih diproduksi.
10 tahun belakangan baru daihatsu kedengeran bagusnya dalam artian lebih banyak yg pakai utk niaga dan ga ada keluhan,
:ngacir:
hariy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2269
Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT

Re: Mobil buat kerja

Post by hariy »

daftar wrote: hehe itu sih dulu om, kalo sekarang sih andalan kedua merk ini masih sama2 reliable (mungkin 10 tahun kedepan baru kelihatan mana yg lebih reliable)
makanya suzuki Carry itu dulu jadi idaman buat niaga selain mitsubishi, harga bekasnya pun lebih bagus ketimbang daihatsu zebra atau espass, bahkan sampe sekarang suzuki carry masih diproduksi.
10 tahun belakangan baru daihatsu kedengeran bagusnya dalam artian lebih banyak yg pakai utk niaga dan ga ada keluhan,
Ah,saya ndak setuju statement kalo daihatsu baru kedengaran bagusnya 10 tahun belakangan..sebelumnya jg sdh bagus koq. Soale pernah miara taruna, jauh sblm kongsi dg Toyota (xenia) dan pake teknologi vvti, selama pake bbrp taun mesin & kaki2 reliable tuh...


@TS: depresiasi kedua merk dalam 3-5 tahun mirip, apalagi belinya sama2 dalam kondisi seken..
Exterior luxio memang kurang manis dibanding apv, karena bentuknya lebih boxy.. Meski juga berimbas pada kelegaan kabin..Kan om TS pengennya kendaraan bisa multiguna...angkut barang ok, bawa penumpang juga ok...
Baiknya om TS tetap bandingkan secara riil antara apv maupun luxio..pilihan sebanding (head to head)..
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23

Re: Mobil buat kerja

Post by Clonz »

Thanks agan hariy. Iya kayaknya setelah baca2 opini agan2 kayaknya saya masih condong ke apv sih. Coba saya hunting dl sekalian ngelirik2 luxio he3.

Kalau cari apv 2nd biasanya yg perlu diperhatikan apa yah?
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: Mobil buat kerja

Post by daftar »

hariy wrote: Ah,saya ndak setuju statement kalo daihatsu baru kedengaran bagusnya 10 tahun belakangan..sebelumnya jg sdh bagus koq. Soale pernah miara taruna, jauh sblm kongsi dg Toyota (xenia) dan pake teknologi vvti, selama pake bbrp taun mesin & kaki2 reliable tuh...
yang saya maksud kan Van / station wagon sama puckup nya om, karena sejak awal ngomongin Van APV
jadi saya compare Zebra, Carry, T120 dan memang begitulah adanya, harga pasaran sdh membuktikan
kalo Taruna, mungkin compared sama.., kijang LGX, Escudo/Sidekick, Kuda kali ya :big_blushing:
tapi saya percaya kalo taruna bagus, buktinya taruna OXXY harganya masih bagus bahkan ada yg di atas xenia
:ngacir:
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7655
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Mobil buat kerja

Post by newrubble »

granmax atau apv blindvan

kalo budget tdk lbh dr 100juta

kalo ditempat sy umum selfemployed pakai bv m punya detachable rows2-3 benchseats dg customized interior

workdays all benches removed n installed on weekends
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23

Re: Mobil buat kerja

Post by Clonz »

Siaapp omm. Makasi atas saran2 nya yahhh. Saya coba hunting duluu dehhhh.
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Mobil buat kerja

Post by amfibi »

Clonz wrote:Siaapp omm. Makasi atas saran2 nya yahhh. Saya coba hunting duluu dehhhh.
Happy hunting om, kalo mobil ginian harus lebih jeli liat unitnya, mostly dipake kerja sih, semoga dapet yg cakep :mky_02:
Clonz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23

Re: Mobil buat kerja

Post by Clonz »

Makasii agan amfibi. Ane rada buta untuk mesin dan kondisi kaki2. Kayaknya nanti bakal ajak temen aja drpd dapet unit yg jelek. Makasi sekali lagii
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Mobil buat kerja

Post by amfibi »

Clonz wrote:Makasii agan amfibi. Ane rada buta untuk mesin dan kondisi kaki2. Kayaknya nanti bakal ajak temen aja drpd dapet unit yg jelek. Makasi sekali lagii
Mobil2 begini sih soal mesin baik2 aja om, paling kaki2 kalo ada bebunyian (awam juga bisa tau kok bunyi2nya), siapin aja dana buat repair kaki2 :mky_01:

Yang paling penting di mobil apv luxio dsb tuh bodinya, biasanya udh pada bonyok2/bekas nyundul/dsb, harus dicek lebih jeli lg :big_smile]