Mobil buat kerja
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 574
- Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23
Mobil buat kerja
Halo om2 agan2 sekalian,
Maaf saya niubie mau mohon suggestion lagi.
Saat ini saya sedang mencoba memulai usaha (udah mulai beberapa waktu sih) jasa instalatir listrik dan cctv.
Kebetulan sering kali saya musti bawa barang banyak n mulai perlu angkut peralatan yg panjang2 n gedhe2 kayak tangga, pipa, kabel duct, dll. Kira2 mobil apa ya yang cocok? Saat ini saya pakai city car bener2 kerepotan n pusing kepala barbie buat memasukin barang2 ini.
Yang kebayang sih Suzuki APV. Dan rencananya sih mobil ini bakalan dipakai juga ama pegawai dan sesekali untuk keluar ama family jg.
Kira2 apa ya mobil yg cocok, bensin ga terlalu boros, minim perawatan aneh2, bandel, kalau bisa nyaman ya lebih baik lagi (saya tau mobil nyaman biasanya ga cocok buat angkut barang hehe).
Budget sekitar 80-100jutaan deh. 2nd pastinya. Tahun2 jgn lama2 banget. Kalau lebih dari itu kok kayaknya udah ga masuk itungan cashflow usaha saya malah tekor nanti hehe.
Makasi ya agan2 sekalian.
Maaf saya niubie mau mohon suggestion lagi.
Saat ini saya sedang mencoba memulai usaha (udah mulai beberapa waktu sih) jasa instalatir listrik dan cctv.
Kebetulan sering kali saya musti bawa barang banyak n mulai perlu angkut peralatan yg panjang2 n gedhe2 kayak tangga, pipa, kabel duct, dll. Kira2 mobil apa ya yang cocok? Saat ini saya pakai city car bener2 kerepotan n pusing kepala barbie buat memasukin barang2 ini.
Yang kebayang sih Suzuki APV. Dan rencananya sih mobil ini bakalan dipakai juga ama pegawai dan sesekali untuk keluar ama family jg.
Kira2 apa ya mobil yg cocok, bensin ga terlalu boros, minim perawatan aneh2, bandel, kalau bisa nyaman ya lebih baik lagi (saya tau mobil nyaman biasanya ga cocok buat angkut barang hehe).
Budget sekitar 80-100jutaan deh. 2nd pastinya. Tahun2 jgn lama2 banget. Kalau lebih dari itu kok kayaknya udah ga masuk itungan cashflow usaha saya malah tekor nanti hehe.
Makasi ya agan2 sekalian.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Mobil buat kerja
Luxio dapet lho om, tahun 2010-2011 ...
Nyaman, ga berasa mobil barang banget, cukup mewah, tangguh pastinya, n ruang barangnya guede bener ...



Nyaman, ga berasa mobil barang banget, cukup mewah, tangguh pastinya, n ruang barangnya guede bener ...




-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1089
- Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
- Location: Jakarta
Re: Mobil buat kerja
Kalo harga segitu dan sesuai kebutuhan, rasanya sih cuma ada 2 APV dan luxio.
KArena saya punya Luxio, saya pilih Luxio.
KArena saya punya Luxio, saya pilih Luxio.
-
- SM Specialist
- Posts: 623
- Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
- Location: Surabaya
Re: Mobil buat kerja
Evalia/xenia masuk budget ga si?
Evalia konon termasuk nyaman di kelasnya, model paling tampak mahal (relatif si), dan produk global mestinya lebih bisa dipertanggungjawabkan daripada livina si biang masalah.
Atau xenia, semua montir baru lulus stm juga hapal jeroannya.
Evalia konon termasuk nyaman di kelasnya, model paling tampak mahal (relatif si), dan produk global mestinya lebih bisa dipertanggungjawabkan daripada livina si biang masalah.
Atau xenia, semua montir baru lulus stm juga hapal jeroannya.
Ikutan trend penghuni garasi:
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 333
- Joined: Thu Feb 19, 2015 9:36
Re: Mobil buat kerja
kalo liat installer2 kayak firstmedia atau pln atau telkom, mereka fleet nya memang avanza xenia sih om, kasih roof rack diatas buat tangga, sisanya bangku ketiga copot buat barang2 printilan..
kalo luxio ato evalia kan besar tuh, apa tangganya dimasukin ato ditaro atas? kalo di taro atas, apa gak susah ngambil/naro tangganya gara2 mobilnya tinggi?
kalo luxio ato evalia kan besar tuh, apa tangganya dimasukin ato ditaro atas? kalo di taro atas, apa gak susah ngambil/naro tangganya gara2 mobilnya tinggi?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
- Location: surabaya
- Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red
Re: Mobil buat kerja
Nah cari xinia/papanja aja om..kasi roof rack buat naro tangga...buat liburan juga bisa taro barang diatas..tgl beli roof box..keinginan saya yg belom kesampaian juga sih beli roof box..harganya lumayan soalnya...
Kalo boleh tau city car yg skrg pake apa om?
Kalo ga mau pake roof rack yah luxio aja om...belom prnh nyetir..cuma prnh bawa apv lukot kok aneh ya driving positionnya...
Kalo boleh tau city car yg skrg pake apa om?
Kalo ga mau pake roof rack yah luxio aja om...belom prnh nyetir..cuma prnh bawa apv lukot kok aneh ya driving positionnya...
Soul Red zoom zoom
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 354
- Joined: Thu Dec 03, 2009 2:31
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Xpander exceed AT
Re: Mobil buat kerja
Vote for Luxio om.
Di mata ane, Luxio adalah kombinasi yg pas buat kerja & keluarga.
Dibanding APV, Luxio lebih ganteng, lebih lega, lebih mudah aksesnya (pintu geser), lebih nyaman, lebih baik peredaman mesinnya, lantai di depan jok baris ke-2 lebih rata, posisi nyetir lebih baik, posisi tuas persneling di dashboard deket setir, dan mesin lebih halus & irit.
Dibanding Evalia, Luxio lebih ganteng, bannya ring 15 yg lebih gagah (evalia ring 14), jendela pintu gesernya bisa naik-turun, bentuk bokong & lampu stop lebih manis. Spare part daihatsu lebih mudah didapat & terjangkau drpd nissan.
Evalia menang posisi mesin di depan & power, tapi karena desain awalnya utk mobil niaga, kaca jendela pintu gesernya kaca mati (di tipe XV juga cuma ada lobang kecil kayak loket, gak bisa dibuka full), dimensi jendelanya juga terlalu kecil.
Buat ane, ini nilai minus bagi mobil keluarga. Suspensi belakang evalia berupa per daun tunggal, luxio & APV arena per keong.
Sepertinya dengan 80-100 jt udah dapet Luxio tipe X (tertinggi) th 2009-2010.

Di mata ane, Luxio adalah kombinasi yg pas buat kerja & keluarga.
Dibanding APV, Luxio lebih ganteng, lebih lega, lebih mudah aksesnya (pintu geser), lebih nyaman, lebih baik peredaman mesinnya, lantai di depan jok baris ke-2 lebih rata, posisi nyetir lebih baik, posisi tuas persneling di dashboard deket setir, dan mesin lebih halus & irit.
Dibanding Evalia, Luxio lebih ganteng, bannya ring 15 yg lebih gagah (evalia ring 14), jendela pintu gesernya bisa naik-turun, bentuk bokong & lampu stop lebih manis. Spare part daihatsu lebih mudah didapat & terjangkau drpd nissan.
Evalia menang posisi mesin di depan & power, tapi karena desain awalnya utk mobil niaga, kaca jendela pintu gesernya kaca mati (di tipe XV juga cuma ada lobang kecil kayak loket, gak bisa dibuka full), dimensi jendelanya juga terlalu kecil.

Sepertinya dengan 80-100 jt udah dapet Luxio tipe X (tertinggi) th 2009-2010.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 574
- Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23
Re: Mobil buat kerja
Wah makasih om2 sekalian udah bantu jawabin. Ane terharu.
Saya langsung jawab jadi satu di sini aja yah.
Saat ini saya pake suzuki sx4. Kebayangnya cuman apv kmrn soalnya udah demen ama suzuki bebas masalah n irit perawatan hehe.
Luxio bagus jg yah kayaknya. Perawatannya jg hemat om? Maksudnya sparepart2nya awet2 kan. Ga kayak mobil lain yg kaki2nya gampang kalah dll?
Kalau untuk nissan evalia saya tampung dulu. Kayaknya agak over budget n agak ngeri lihat service fee nya si nissan kalau masuk bengkel hahaha. Maklum om, mobil kalau udah dibawa pegawai, mobil awalnya bagus pasti jadi jelek. Hahaha.
Kalau pake roof rack kayaknya saya ndak prefer om. Biar rapi aja masuk dalam semua n ga ribet pasangnya. Apalagi kalau kena ujan dll, sayang barangnya jadi kotor semua.
Om yg pake luxio, kursi driver ga panas? Mesinnya di bawah driver seat kan ya?
Ama bangku yg ketiga itu ga bisa diberdirikan yah?
Saya langsung jawab jadi satu di sini aja yah.
Saat ini saya pake suzuki sx4. Kebayangnya cuman apv kmrn soalnya udah demen ama suzuki bebas masalah n irit perawatan hehe.
Luxio bagus jg yah kayaknya. Perawatannya jg hemat om? Maksudnya sparepart2nya awet2 kan. Ga kayak mobil lain yg kaki2nya gampang kalah dll?
Kalau untuk nissan evalia saya tampung dulu. Kayaknya agak over budget n agak ngeri lihat service fee nya si nissan kalau masuk bengkel hahaha. Maklum om, mobil kalau udah dibawa pegawai, mobil awalnya bagus pasti jadi jelek. Hahaha.
Kalau pake roof rack kayaknya saya ndak prefer om. Biar rapi aja masuk dalam semua n ga ribet pasangnya. Apalagi kalau kena ujan dll, sayang barangnya jadi kotor semua.
Om yg pake luxio, kursi driver ga panas? Mesinnya di bawah driver seat kan ya?
Ama bangku yg ketiga itu ga bisa diberdirikan yah?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1089
- Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
- Location: Jakarta
Re: Mobil buat kerja
Luxio bangku belakang bisa dilipat. MAsalahnya kakiny gak bisa dilipat, jadi agak nonjol.
Fleet saya ada 2 granmax dan 1 luxio.
Gak berasa panas sih.
1 Granmax th 2009 saat ini udah 200k km. Gak ada masalah berarti
Fleet saya ada 2 granmax dan 1 luxio.
Gak berasa panas sih.
1 Granmax th 2009 saat ini udah 200k km. Gak ada masalah berarti
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2269
- Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
- Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT
Re: Mobil buat kerja
Yang saya bold itu: it's daihatsu, om...sudah terkenal awet puluhan tahun, seperti halnya Toyota dg kijang nya...Clonz wrote:Wah makasih om2 sekalian udah bantu jawabin. Ane terharu.
Saya langsung jawab jadi satu di sini aja yah.
Saat ini saya pake suzuki sx4. Kebayangnya cuman apv kmrn soalnya udah demen ama suzuki bebas masalah n irit perawatan hehe.
Luxio bagus jg yah kayaknya. Perawatannya jg hemat om? Maksudnya sparepart2nya awet2 kan. Ga kayak mobil lain yg kaki2nya gampang kalah dll?
Kalau untuk nissan evalia saya tampung dulu. Kayaknya agak over budget n agak ngeri lihat service fee nya si nissan kalau masuk bengkel hahaha. Maklum om, mobil kalau udah dibawa pegawai, mobil awalnya bagus pasti jadi jelek. Hahaha.
Kalau pake roof rack kayaknya saya ndak prefer om. Biar rapi aja masuk dalam semua n ga ribet pasangnya. Apalagi kalau kena ujan dll, sayang barangnya jadi kotor semua.
Om yg pake luxio, kursi driver ga panas? Mesinnya di bawah driver seat kan ya?
Ama bangku yg ketiga itu ga bisa diberdirikan yah?
Kursi driver & penumpang depan ngga begitu panas,apalagi kalo usia unitnya msh terbilang muda & terawat..Ya paling anget2 gitu lah..maklum mesin kolong...apv juga sama,koq..
Luxio jelas worth it lah..dibanding sodaranya si granmax yg fiturnya kopong dan keras (karena lbh cocok buat angkut brg2 drpd manusia....).
Kalo soal bangku blkg, bisa dilipat. Tapi kelihatannya kaki bangku msh nongol dikit..baiknya om TS cek sendiri pas hunting unitnya..jangan lupa tes drive sblm memutuskan beli..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
- Location: surabaya
- Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red
Re: Mobil buat kerja
Ini ceritanya ganti mobil atau nambah armada om? Kalo nambah grandmax blindvan boleh dipertimbangkan tuh..kalo masuknya mobil niaga kan ga kena progresif yah...cmiiw...tapi kalo pengganti sx4 ya cari yg bagusan..hehehehe..
Soul Red zoom zoom
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Mobil untuk kerja
kalo mobil buat usaha & angkut2, pilihannya yang cocok berarti Van ya, ada APV, GranMax / Luxio, Evalia
yang masuk budget kayaknya APV sama gran max, tapi karena untuk jalan keluarga juga saya lebih prefer sama APV aja deh
selain karena modelnya yang lebih bagus juga untuk keluarga lebih cocok APV,
kalo gran max kayaknya kesannya mobil niaga / fleet, mobilnya pun juga keras cocok buat angkut barang berat deh, tapi buat manusia kurang cocok
plat juga lebih tebel APV, mesin lebih kuat APV tapi lebih irit gran max. gran max bagusnya pake sliding door jadi enak buat masuk2in barang
atau bisa juga ambil avxen, itu mobil service PLN juga pake avanza kan yang biasanya gendong tangga
kelebihannya full bonet mesin di depan & cocok buat bawa keluarga, cuman kabin nya masih kalah lega dari mobil Van
Wah trit nya ternyata dobel![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
yang masuk budget kayaknya APV sama gran max, tapi karena untuk jalan keluarga juga saya lebih prefer sama APV aja deh
selain karena modelnya yang lebih bagus juga untuk keluarga lebih cocok APV,
kalo gran max kayaknya kesannya mobil niaga / fleet, mobilnya pun juga keras cocok buat angkut barang berat deh, tapi buat manusia kurang cocok

plat juga lebih tebel APV, mesin lebih kuat APV tapi lebih irit gran max. gran max bagusnya pake sliding door jadi enak buat masuk2in barang
atau bisa juga ambil avxen, itu mobil service PLN juga pake avanza kan yang biasanya gendong tangga

kelebihannya full bonet mesin di depan & cocok buat bawa keluarga, cuman kabin nya masih kalah lega dari mobil Van
Wah trit nya ternyata dobel
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
Last edited by daftar on Thu May 14, 2015 6:01, edited 1 time in total.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Mobil buat kerja
kalo buat usaha mobil Van sudah cocok (APV & Luxio / gran max)
kok saya lebih suka model APV ya daripada Luxio, bentuk GranMax / Luxio ini kelihatan "maksa" giru apalagi bagian semi bonet nya, khas insinyur Indonesia yg baru belajar desain mobil deh
meskipun mobil ini di expor ke jepang juga
menurut saya kok granmax ini kemunduran desain Van Daihatsu, sebelumnya sudah bs bikin Van streamline Espass yang lekukannya mulus, kok jadi bikin penerusnya jadi Kotak pletat pletot gitu, pas awal keluar gran max kelihatan aneh, tapi karena biasa lihat di jalan sekarang jadi biasa aja
Kelebihan Luxio:
- irit
- sliding door, keluar masukin barang lebih gampang
- lebih empuk
- mesin xenia / halus
- lebih rendah, masukin barang lebih gampang
Kelebihan APV:
- Plat lebih tebal
- Lebih bertenaga
- kaki2 sepertinya lebih kuat
- untuk pickup Mega Carry sasis lebih kuat daripada GranMax, sepertinya berlaku juga di APV vs Luxio
- Lebih enak nyetir APV kalo menurut ane
alternatif lain : Avanza Xenia, seperti mobil operasional PLN yang gendong tangga itu
cuman masih kalah lega kabinnya
jaman dulu, orang yang usaha / niaga juga tau kalo mesin Suzuki jauh lebih bandel daripada Daihatsu, cuman belakangan2 ini mindset orang sudah berubah semenjak daihatsu laris jualan mobil niaga, karena banyak faktor juga sih (selain mesin)
kok saya lebih suka model APV ya daripada Luxio, bentuk GranMax / Luxio ini kelihatan "maksa" giru apalagi bagian semi bonet nya, khas insinyur Indonesia yg baru belajar desain mobil deh


menurut saya kok granmax ini kemunduran desain Van Daihatsu, sebelumnya sudah bs bikin Van streamline Espass yang lekukannya mulus, kok jadi bikin penerusnya jadi Kotak pletat pletot gitu, pas awal keluar gran max kelihatan aneh, tapi karena biasa lihat di jalan sekarang jadi biasa aja
Kelebihan Luxio:
- irit
- sliding door, keluar masukin barang lebih gampang
- lebih empuk
- mesin xenia / halus
- lebih rendah, masukin barang lebih gampang
Kelebihan APV:
- Plat lebih tebal
- Lebih bertenaga
- kaki2 sepertinya lebih kuat
- untuk pickup Mega Carry sasis lebih kuat daripada GranMax, sepertinya berlaku juga di APV vs Luxio
- Lebih enak nyetir APV kalo menurut ane
alternatif lain : Avanza Xenia, seperti mobil operasional PLN yang gendong tangga itu

kalo Daihatsu kenapa om? hehe, Daihatsu dibilang bandel mungkin 1 dekade belakangan ini aja setelah mesin VVTi nya masuk. cuman ya kaki2 daihatsu agak kurang kuat menurut anehariy wrote: Yang saya bold itu: it's daihatsu, om...sudah terkenal awet puluhan tahun, seperti halnya Toyota dg kijang nya...
Kursi driver & penumpang depan ngga begitu panas,apalagi kalo usia unitnya msh terbilang muda & terawat..Ya paling anget2 gitu lah..maklum mesin kolong...apv juga sama,koq..
Luxio jelas worth it lah..dibanding sodaranya si granmax yg fiturnya kopong dan keras (karena lbh cocok buat angkut brg2 drpd manusia....).
Kalo soal bangku blkg, bisa dilipat. Tapi kelihatannya kaki bangku msh nongol dikit..baiknya om TS cek sendiri pas hunting unitnya..jangan lupa tes drive sblm memutuskan beli..
jaman dulu, orang yang usaha / niaga juga tau kalo mesin Suzuki jauh lebih bandel daripada Daihatsu, cuman belakangan2 ini mindset orang sudah berubah semenjak daihatsu laris jualan mobil niaga, karena banyak faktor juga sih (selain mesin)
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 26
- Joined: Fri Apr 11, 2014 7:22
- Location: Makassar
Re: Mobil buat kerja
100 jutaan kayaknya bisa dapet apv gx 2012 deh, saya pake apv 2011-2014 odo 130 k gak pernah ada masalah berarti baik di mesin maupun kaki-kaki, peredam mesin juga udah lumayan kualitasnya, audio juga masih bagusan dari apanjah, dari design juga lebih menarik dari luxio kalo menurut ane.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2269
- Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
- Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT
Re: Mobil buat kerja
@daftar: owh gitu ya..maaf,maaf..
Saya taunya merk daihatsu era 90's itu zebra yg masih hidup di jalanan sampai sekarang..
Masih dipake buat angkut2 orang & barang..
Sama taft, Espass dan taruna juga (eh,taruna belum puluhan tahun ding...).
Saya berusaha tidak membandingkan merk lain, termasuk merk S, atau N, supaya tidak terjebak adu argumen soal awet tidaknya produk dan biaya perawatannya.
Imo.
Saya taunya merk daihatsu era 90's itu zebra yg masih hidup di jalanan sampai sekarang..
Masih dipake buat angkut2 orang & barang..
Sama taft, Espass dan taruna juga (eh,taruna belum puluhan tahun ding...).
Saya berusaha tidak membandingkan merk lain, termasuk merk S, atau N, supaya tidak terjebak adu argumen soal awet tidaknya produk dan biaya perawatannya.
Imo.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 574
- Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23
Re: Mobil buat kerja
Wah jadi panjang jg nih pembahasannya haha.
Maaf agan2 sekalian ane baru bales. Nyambi pas instalasi cctv jg nih skrg. Mumpung pas rehat haha.
Iya saya jg benernya lebih demen modelnya apv sih. Terutama yg apv arena. Kayaknya udah lumayan kalau misal pas lagi libur buat kerja, bisa diajak ke mana2 ama family dll.
Untuk mobil sx4 tetep pake gan. Soalnya buat bini.
Bini naik sx4, pegawai naik apv/luxio, saya naik sepeda aja hahah.
Blind van mohon maaf ga masuk itungan soalnya itu tadi faktor angkut orang jg.
Jadi kesimpulannya mesin daihatsu ama suzuki sama2 bandel yah?
Kakau kaki2 masih mending suzuki?
After salenya gimana yah? Misal saya ambil apv 2011 atau luxio 2011, kira2 sampai 3-5 tahun ke depan yg depresiasinya rendah yang mana yah?
Saya rada kepincut juga sih ama si luxio soalnya gedhe bangetnya itu lho. Agak merem dikit sih ama tampangnya kalau emang mampu angkut barang banyak haha.
Maaf agan2 sekalian ane baru bales. Nyambi pas instalasi cctv jg nih skrg. Mumpung pas rehat haha.
Iya saya jg benernya lebih demen modelnya apv sih. Terutama yg apv arena. Kayaknya udah lumayan kalau misal pas lagi libur buat kerja, bisa diajak ke mana2 ama family dll.
Untuk mobil sx4 tetep pake gan. Soalnya buat bini.
Bini naik sx4, pegawai naik apv/luxio, saya naik sepeda aja hahah.
Blind van mohon maaf ga masuk itungan soalnya itu tadi faktor angkut orang jg.
Jadi kesimpulannya mesin daihatsu ama suzuki sama2 bandel yah?
Kakau kaki2 masih mending suzuki?
After salenya gimana yah? Misal saya ambil apv 2011 atau luxio 2011, kira2 sampai 3-5 tahun ke depan yg depresiasinya rendah yang mana yah?
Saya rada kepincut juga sih ama si luxio soalnya gedhe bangetnya itu lho. Agak merem dikit sih ama tampangnya kalau emang mampu angkut barang banyak haha.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Mobil buat kerja
hehe itu sih dulu om, kalo sekarang sih andalan kedua merk ini masih sama2 reliable (mungkin 10 tahun kedepan baru kelihatan mana yg lebih reliable)hariy wrote:@daftar: owh gitu ya..maaf,maaf..
Saya taunya merk daihatsu era 90's itu zebra yg masih hidup di jalanan sampai sekarang..
Masih dipake buat angkut2 orang & barang..
Sama taft, Espass dan taruna juga (eh,taruna belum puluhan tahun ding...).
Saya berusaha tidak membandingkan merk lain, termasuk merk S, atau N, supaya tidak terjebak adu argumen soal awet tidaknya produk dan biaya perawatannya.
Imo.
makanya suzuki Carry itu dulu jadi idaman buat niaga selain mitsubishi, harga bekasnya pun lebih bagus ketimbang daihatsu zebra atau espass, bahkan sampe sekarang suzuki carry masih diproduksi.
10 tahun belakangan baru daihatsu kedengeran bagusnya dalam artian lebih banyak yg pakai utk niaga dan ga ada keluhan,

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2269
- Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
- Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT
Re: Mobil buat kerja
Ah,saya ndak setuju statement kalo daihatsu baru kedengaran bagusnya 10 tahun belakangan..sebelumnya jg sdh bagus koq. Soale pernah miara taruna, jauh sblm kongsi dg Toyota (xenia) dan pake teknologi vvti, selama pake bbrp taun mesin & kaki2 reliable tuh...daftar wrote: hehe itu sih dulu om, kalo sekarang sih andalan kedua merk ini masih sama2 reliable (mungkin 10 tahun kedepan baru kelihatan mana yg lebih reliable)
makanya suzuki Carry itu dulu jadi idaman buat niaga selain mitsubishi, harga bekasnya pun lebih bagus ketimbang daihatsu zebra atau espass, bahkan sampe sekarang suzuki carry masih diproduksi.
10 tahun belakangan baru daihatsu kedengeran bagusnya dalam artian lebih banyak yg pakai utk niaga dan ga ada keluhan,
@TS: depresiasi kedua merk dalam 3-5 tahun mirip, apalagi belinya sama2 dalam kondisi seken..
Exterior luxio memang kurang manis dibanding apv, karena bentuknya lebih boxy.. Meski juga berimbas pada kelegaan kabin..Kan om TS pengennya kendaraan bisa multiguna...angkut barang ok, bawa penumpang juga ok...
Baiknya om TS tetap bandingkan secara riil antara apv maupun luxio..pilihan sebanding (head to head)..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 574
- Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23
Re: Mobil buat kerja
Thanks agan hariy. Iya kayaknya setelah baca2 opini agan2 kayaknya saya masih condong ke apv sih. Coba saya hunting dl sekalian ngelirik2 luxio he3.
Kalau cari apv 2nd biasanya yg perlu diperhatikan apa yah?
Kalau cari apv 2nd biasanya yg perlu diperhatikan apa yah?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Mobil buat kerja
yang saya maksud kan Van / station wagon sama puckup nya om, karena sejak awal ngomongin Van APVhariy wrote: Ah,saya ndak setuju statement kalo daihatsu baru kedengaran bagusnya 10 tahun belakangan..sebelumnya jg sdh bagus koq. Soale pernah miara taruna, jauh sblm kongsi dg Toyota (xenia) dan pake teknologi vvti, selama pake bbrp taun mesin & kaki2 reliable tuh...
jadi saya compare Zebra, Carry, T120 dan memang begitulah adanya, harga pasaran sdh membuktikan
kalo Taruna, mungkin compared sama.., kijang LGX, Escudo/Sidekick, Kuda kali ya

tapi saya percaya kalo taruna bagus, buktinya taruna OXXY harganya masih bagus bahkan ada yg di atas xenia

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7655
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Mobil buat kerja
granmax atau apv blindvan
kalo budget tdk lbh dr 100juta
kalo ditempat sy umum selfemployed pakai bv m punya detachable rows2-3 benchseats dg customized interior
workdays all benches removed n installed on weekends
kalo budget tdk lbh dr 100juta
kalo ditempat sy umum selfemployed pakai bv m punya detachable rows2-3 benchseats dg customized interior
workdays all benches removed n installed on weekends
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 574
- Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23
Re: Mobil buat kerja
Siaapp omm. Makasi atas saran2 nya yahhh. Saya coba hunting duluu dehhhh.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Mobil buat kerja
Happy hunting om, kalo mobil ginian harus lebih jeli liat unitnya, mostly dipake kerja sih, semoga dapet yg cakepClonz wrote:Siaapp omm. Makasi atas saran2 nya yahhh. Saya coba hunting duluu dehhhh.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 574
- Joined: Tue Feb 17, 2015 2:23
Re: Mobil buat kerja
Makasii agan amfibi. Ane rada buta untuk mesin dan kondisi kaki2. Kayaknya nanti bakal ajak temen aja drpd dapet unit yg jelek. Makasi sekali lagii
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Mobil buat kerja
Mobil2 begini sih soal mesin baik2 aja om, paling kaki2 kalo ada bebunyian (awam juga bisa tau kok bunyi2nya), siapin aja dana buat repair kaki2Clonz wrote:Makasii agan amfibi. Ane rada buta untuk mesin dan kondisi kaki2. Kayaknya nanti bakal ajak temen aja drpd dapet unit yg jelek. Makasi sekali lagii

Yang paling penting di mobil apv luxio dsb tuh bodinya, biasanya udh pada bonyok2/bekas nyundul/dsb, harus dicek lebih jeli lg
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)