rdy21 wrote:amfibi wrote:Waduh, E46 mah lawan sebandingnya W203 atuh om
Tapi kalo W202 sendiri nggak ada unsur2 sporty nya sih ane bilang, nyamaan banget buat cruising, trus suspensi lembut... Kebalik bgt sama E46 yg suspensinya firm (tp nyaman), trus steeringnya berasa 'alive' banget, berasa bawa gokart
Ane sendiri lebih pengalaman ke E46... Kira2 incer type & pilihan mesin yg mana nih om ?

Hehehe iya sih om tapi kadung naksir W202.
Masalahnya waktu hunting justru kepincut sama E46 pas "diracuni" tetangga 318i E46 dia hehehe.. Bener kata om amfibi nyetir E46 luar biasa sensasinya pas cruising.. Bener dah kata brosurnya Biem is ultimate driving machine
Nah mumpung om amfibi pengalaman piara E46, ane ada TO E46 318i '99 sama '03. Dua-duanya mint cuma yang '03 minus kaki kaki minta peremajaan soalnya pake sepatu alpina "20.
Nah kira kira kalo emg ambil E46 mending ambil yg mana nih? Pre FL ato versi FL? Dari budget 150, mending digimanain yak?

Kalo incerannya 318i, buang jauh2 yang FL (2003). Mesinnya udh jadi N42, yg tenaganya lebih enak daripada 318i pre-FL (M43), tapi...
Rewelnya nggak nahan, langganan bocor sana sini, oli kecampur radiator, dsb dsb, durability nya nggak banget (temen ane yg miara N42 ini kasian bener, mobilnya mulus & rawatan bgt tp ada aja penyakit aneh2...)
Saran ane ambil yang M43 (pre-FL) aja, mesinnya badaaak banget...
Kalo penyakit2 E46 nya sendiri sih di sensor2 yang suka error kyk lampu ABS Airbag dkk nyala, bisa direset aja sensornya ato ya diganti sensornya kalo bener2 rusak...
Maticnya juga perlu di check pas lg nyari2 unit nya, karna suka ada aja yg pemiliknya ga ganti2 oli AT ampe lapuk... Pas lagi TD unit yg diincer, coba kickdown & test Steptronic nya, kalo ga ada gejala aneh2 kyk geter ato lelet responsnya, berarti aman... Nenek ane punya E46 jg sempet transmisi nya ngadat ga mau masuk gigi 4-5 & pas start pertama rada menghentak, alhasil harus overhaul 15jt...

(maklum nenek-nenek, ga punya waktu buat merawat mobil, oli AT nya aja ane rasa ga pernah diganti selama hidup mobilnya)
Kaki2, dia ga ada masalah kecuali selama hidupnya pake velg gede (kyk alpina 20" itu), umur kaki2 jadi merosot drastis...
Kalo baru ambil E46, yg harus dilakukan :
-Restorasi radiator system (makan berjuta rupiah sih, tapi ini lah komponen yg penting banget buat direstore, drpd ke depannya jadi overheat)
-Ganti semua oli mesin & fluida2, terutama oli AT nya
-Parts2 yg sekiranya aus diganti kyk belt2 nya, seal2 karet, dsb
Dengan dana 150jt semuanya udah bisa tercover, plus masih ada sisa buat dandanin mobilnya kalo mau
*barangkali mau baca reviewnya buat referensi, dulu ane sempat buat :
viewtopic.php?t=20983