
Perkenankan ane untuk membuat review mobil kesayangan nenek ane (sudah 70thn, masih mengemudi sendiri, dan fanatik BMW


... Yaitu sebuah BMW 323i M52 2.5L A/T 2000...

Mohon maaf kalo reviewnya jelek/kurang lengkap/dsb...

======================================
E46 ini adalah generasi ke-4 dari BMW 3series, dan merupakan penerus yang benar2 revolusional dari E36...
Mobil ini untuk versi sedan 4-pintu nya didesain oleh Chris Bangle, yang desain produk2 BMW jadi berubah drastis dibanding yang sebelumnya...
BMW sendiri mengklaim, bahwa E46 ini jauh lebih rigid 70% sasisnya dibandingkan E36, dan menganut sistem penggerak RWD serta weight distribution 50/50, yang membuat mobil ini sangat asyik untuk dikendarai...

Di pasaran, E46 ini termasuk sukses, dan seringkali menjadi patokan uji performa untuk small sedan lainnya...

Yang ane review ini adalah 323i, dengan mesin M52 2.5L bertenaga 170PS dan bertorsi 245Nm... Sepertinya menarik

Pada tahun 2001, varian 323i ini dihapuskan, dan diganti menjadi 325i dengan mesin M54...
======================================

Bagian depan sangat khas BMW, dengan moncong panjang, lampu bulat 2, dan grill kidneynya... Terlihat manis di mata ane


Bagian samping, adalah bagian favorit ane...

Sleek sekali, dan terlihat mewah dibanding E36, dengan handle pintu model spt itu...

Untuk velg, berukuran 16 inch, namun ane ngga tau ini velg asli 323i E46, atau pake 323i E36 punya...

Bagian belakang, seksi menurut ane...
Dengan knalpot dobel... Menunjukkan bahwa mobil ini bukan sedan biasa...

Overall, exterior mobil ini tidak termakan zaman ya, sampe sekarang masih terlihat cakep di mata

======================================

Saat pertama kali membuka pintu, langsung tercium bau kulit khas mobil2 BMW...
Interior berwarna full hitam, dengan panel kayu asli berwarna gelap, dan kulit asli yg lumayan bagus, terlihat sangat elegan...
Dashboard mengarah ke pengemudi, menandakan mobil ini untuk disetir sendiri, bukan disetirin...


Softpad terdapat dimana2, dan plastik2 dengan lapisan soft-touch khas mobil eropah yang membuat aura mewah semakin kental, namun sayangnya...

... jadi baret2 seiring pemakaian, tidak enak dipandang

Untuk konsol tengah, sederhana saja, dengan kontrol AC, HU, tuas transmisi, tombol ASC, dan tombol power window...

Doortrim baik di depan ataupun belakang berlapis softpad dan panel kayu berbentuk memanjang... Simple yet elegant...

Kabin bagian belakang spacenya cukup2 lah, tdk sempit spt E36...
Headroom cukup memadai, kepala ane yg biasanya mentok plafon di kebanyakan small sedan, tidak terpentok disini...

Kenyamanan jok belakang lumayan, dengan kekerasan busa pas & posisinya cukup rebah, hanya saja bagian pundak terasa tidak ada busa yg menopang... Aneh

Armrest besar khas BMW, nyaman untuk menyangga tangan


Setir dengan model khas bmw late 90s, gendut & nyaman digenggam, hanya saja agak susah untuk memencet klakson...
Instrumen analog yg sederhana, namun mudah dibaca...
Jok depan menyangga tubuh dengan baik, saat menikung tubuh ga mudah tergeser dari jok...

Untuk perjalanan berjam-jam pun dirasa nyaman, ga bikin pegel...
Settingan jok masih manual, dengan pilihan setelan ketinggian, kerebahan, dan maju-mundur...

AC sudah digital dengan single-zone climate control...
Angin ACnya khas eropah, sangat dingin (tdk perlu rear airvent


Kekedapan kabin dr suara2 di luar tdk lebih baik dari camry V6 ane, lebih2 kekedapan mesin, yg sptnya sengaja dibocorkan oleh BMW...
Namun suara mesin 6-inline nya itu mmg harus kedengeran betul, kalo ga kedengeran ya garing bgt, masa orkestra 6cyl BMW ga dinikmati...

Audio ane ga bs test, krn HU nya rusak...

Tp kalo ane coba dr 325i E46 om ane yg audionya sama2 std, suaranya bagus... Bass dan vokal bulet tanpa ada mendem2

Overall, interiornya asik jg, kesan sporty dan elegan berhasil disatukan dengan baik, dan bahan2 yg digunakan terasa mewah...
==================================
Nyalakan mesin M52 nya, dan mesin pun bergemuruh dengan suara berat, tdk seperti camry V6 yg halus & garing...

Posisi mengemudi rendah, dan legroom luas... Me like

Visibilitas baik, dengan moncong yg terlihat jelas, pandangan ke belakang jelas, dan spion yg ukurannya pas...
Pedal gas berat dan terletak di lantai ala mobil eropah, buat sebagian orang pedal gas spt ini kurang enak, krn harus ditekan betul2, kl nggak tenaga hilang lsg...
Tp ane sendiri sih justru demen yg kyk gini...

Turunkan rem tangan (yes akhirnya rem tangan

Tenaga baru keluar di RPM lbh tinggi, namun utk stop & go sih sdh cukup memadai...
Transfer tenaga halus, tidak menyentak2 ketika digas spt camry...
Baru digas sedikit2, gemuruh indah mesin i6 lsg masuk ke dalam kabin...
Me like, tdk seperti camry yg senyap tanpa suara

Pengereman pun halus & pakem spt camry, tdk seperti econobox yg rem nya langsung mengigit & bikin tersentak2...
Namun transmisinya agak dudul dalam memindahkan gigi, krg sigap...
Setir sudah menggunakan variable steering, jd ratio setir bs berubah2 tergantung kondisi...

Saat parkir/jalan pelan, terasa ringan...
Karakter suspensi keras, dengan rebound ala mobil eropah yg sangat baik, jatohnya jd nyaman...

I like this character, ini jauh lebih baik drpd camry V6 yg empuk & serasa ngambang...

Namun, saat lewat jalan jelek, langsung muncul orkestra panel2 bergetar...

Ah, penyakit BMW mmg begini, interior kurang awet...

Arahkan mobil ke jalan yg agak sepi, dan bersiap untuk tancep gas...
...dan setelah steptronic diaktifkan dan pedal gas to the floor, baru itu kuda2 keluar ngibrit semua dr mesin ke roda belakang

Badan terhempas ke dalam jok, dan mobil terus melaju dengan mantabnya

Suara mesin di rpm 4000 ke atas bagaikan sorga dunaye, i6 BMW memang tdk pernah bohong...

Steernya asik sekali, kaya feedback & responnya akurat...

Apalagi saat dicoba belok dgn speed cukup kencang, body mengikuti selalu tanpa ada limbung2 dsb

Civic/Lancer/dsb yg katanya handlingnya wenak tenan, tak ada apa2nya dibanding dgn mobil ini...

Sayang, ane belom berani utk cornering tailslide dsb ala om metked...

Fuelcons... Sangat menyedihkan, mentok 1:5-6 untuk pemakaian dalkot Medan yg ga macet2 amat spt Jakarta...
This M52 machine is a great fuel-eater!

========
Fitur... Errr...
Ane buta ttg E46 ini, jd ga tau sama sekali apa saja fitur yg terdapat di mbl ini...

Yg jelas, ada on-board computer (318i ga punya fitur ini), dual airbag, abs, ebd, ba, ASC,dll...
========
Kesan setelah 3 hari bawa mobil ini...
...ingin rasanya membuang Camry V6 ke tong sampah

Mobil yg sangat hidup jiwa sportynya, dengan raungan mesin yg berat & tegas, pengendalian lincah & selalu menuruti kemauan drivernya, namun passenger tetap bs menumpang dengan nyaman, menjadikan mobil ini sangat...
Nikmat-able...

PROS :
-Mesin i6 bersuara indah bertenaga besar dipasang body compact, berrrry gud
-Handling mantab, dengan chassis rigid & komposisi berat 50/50
-Feedback setir mantab
-Nuansa sporty & elegan di interior bisa bersatu dgn baik
-Bahan2 interior yang digunakan terasa mewah saat disentuh
-Le ultimate driving machine

CONS :
-Rattling dimana2
-Plastik2 dgn permukaan lembut, tetapi pada baret2 & pecah2
-Jok kulit spt BMW pada umumnya, retak2 & gampang koyak jahitan sampingnya
-Boros ga kira2, padahal kondisi jalanan lancar
========
Untuk masalah perawatan, ane krg tau seperti apa...
Biasanya om ane yg anak BMWCCI chapter Medan yg servis mobil ini, nnt ane coba tanya ke beliau kl sempat...

Yang jelas, E46 ini biasa diberi campur2 antara premium & pertamax, & masih aman dari 2009-skrg...

========
Thankyou very much buat yg udah baca review ane...
Mohon maaf kalo sangat alakadarnya...
