Review: Chevrolet Spin 1.3 Diesel 2014 M/T

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1173
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Review: Chevrolet Spin 1.3 Diesel 2014 M/T

Post by iamwewe »

Selamat malam SMers. Kali ini saya mau review mobil Chevrolet spin LTZ, 1.3 diesel punya kepala suku yg baru dateng dari dealer.
Short review aja sih, dan tes nya juga malem2 nih kebetulan. Rute yang saya test adalah dari Greenville menuju emporium pluit, lalu balik lagi ke Greenville. Kita mulai aja ya langsung.

1. Eksterior
Yes, rasanya nggak perlu dijelasin panjang lebar. Kita semua udh sering liat mobil ini pasti lalu lalang di sekitar kita atau di iklan. Kalau menurut sang empunya, yg ngebedain tipe ini dgn yg lain adalah grille nya chrome spt di foto bwh ini. Kepala suku: neh gw kasih tau lo bedanya dengan tipe lain. Kalo diesel ada chromenya di grille.

Image

2. Interior
Saya tidak banyak foto2 interior di dalem nya, saya hanya foto beberapa yg menurut saya penting dari sisi driver. Untuk full photo interior nya, saya sarankan untuuk mengunjungi web mobil ini.

Manual tranny dengan indicator gear yg unik. Untuk masuk ke gear mundur, driver harus menarik tuas yg ada di bawah gear shifter lalu di geser ke kiri seperti gambar ini.

Image

Integrated audio.

Image

Speedometer yang masih diplastikin oleh kepala suku.

Image
Driver power window yang belum auto. I hate this.

Image

3. Driving experience

Mulai duduk di dalam kabin, coba utak atik posisi duduk, tapi entah kenapa saya nggak ketemu posisi yg pas utk saya. Rasanya tingi banget saya nyetirnya. Kepala juga hampir kebentok atap. Padahal tinggi saya 172cm aja. Karena udah malem, saya males nyari2 tuas pengatur posisi duduk. Ya udah deh terima apa ada nya aja.

Masukkan kunci mobil ini ke dalam tempatnya, dan putar dengan perasaan. Wow, suaranya halus cuy. Bahkan lebih halus dari innova diesel saya. Menggerakkan setir terasa sangat berat. Kalau diukur.. mungkin seberat setir innova kali ya. Ketemu jalan rusak, saya coba geber. Enak loh bantingannya! Ciyus dhe. Emang sih nggak seempuk innova, tapi jelas dibanding dengan market leader di kelasnya, mobil ini terasa di level yang berbeda untuk suspensinya. Kepala suku langsung bilang: Enak ya bantingannya. Mobil amrik geto loch.

Sengaja saya mau jajal mobil ini di dalam tol, saya masuk tol depan rumah sakit jiwa grogol itu, mau jajal mobil ini gimana sih torsinya si diesel yg dibangga2in. Engage gear 1, naek terusss ke gear 3 sampe ketemu gerbang tol tanpa kekurangan tenaga sedikitpun. Mungkin karena manual, saya merasakan mobil ini bener2 enteng, bahkan lebih enteng daripada ipah saya. Oh ya, gear shifting nya enak juga. Jarak antar gear terasa sangat pendek dan mantap dlm perpindahannya.

Di dalam tol, saya penasaran akan kestabilan mobil ini dan kesenyapannya. Dibawa lari 80, mobil anteng, mudah dikendalikan kalo pindah jalur, dan setir tetap terasa berat. Untuk kesenyapan mobil, lagi2 mobil ini menang dibanding sang market leader .
Lagi2 sang kepala suku berkata: Mobil amrik nyaman ya.

Turun tol, macet merayap mulai menyapa. Disini saya rasakan koplingnya cukup berat. Berasa juga sih nginjekkinnya. Tapi kalo udh masuk gear 1, lepas koplingnya aja, speednya pas idle terasa sangat pas dalam kemacetan. Jgn coba2 ditaruh di posisi gear 2 dan dibiarin idle pas macet, kwenceng oi.

Akhirnya kami pun sampai di mal. Parkirnya pun saya rasakan cukup mudah. Nggak kaya ipah saya, kalo parkir harus 2x baru mmasuk. Walopun mobil ini panjang, tapi parkirnya gampang loh. Kelar makan, kepala suku mengantar saya balik, dan dia berkata: enak kan mobil gw? mobil amrik geto loch. Karena udh nggak tahan, saya jawabin aja: itu aktenya kayanya made in bekasi deh, coba di cek deh nanti kalo surat2 udah keluar resmi :ngacir:

Poin negatif utk saya:
1. Power window driver manual.
2. Pencet klaksonnya buset deh keras bingitz. Dan posisinya nggak nyaman.
3. Switch sein dan kunci kontak peletakannya terasa sangat dekat.

Image

4. Turbo lag yang sangat parah. Start awal jalan dengan gear 2 sangat tidak direkomendasikan. Mudah mati mesinnya. Kalau pun sudah terbiasa start dengan gear 2, tenaganya ngempossss abis. Sepertinya turbo mulai ngeboost di rpm 1500 keatas. Akibatnya jadi sering gear shift dari 1 ke 2 ketika stop and go.
5. Setir yg terasa berat.
Poin plus utk saya:
1. Kekedapan suara yg sangat baik di kelasnya.
2. Handling yg ok di kelasnya.
3. Irit sekali. Saya dapet 17km per liter di test drive ini dengan kondisi jalanan 50:50 antara tol dan jalanan biasa yg cukup macet di malming ini.
Image

Sekian review saya, kalau ada salah dalam review ini mohon diluruskan yah. Enjoy.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5952
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Review: Chevrolet Spin 1.3 Diesel 2014 M/T

Post by sintoni »

Pertamaxxx ommm.. Nice ripiuu..

Nice car sih untuk yg cari LMPV diesel.

Tapi dengr2 interiornya ga enak ya. Kursi nya ga enak gt.
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3701
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Review: Chevrolet Spin 1.3 Diesel 2014 M/T

Post by sandal »

Spin diesel :big_smoking:

Mantep nih, nunggu versi ATnya aja deh :ngacir:

Sent from my Ericsson GH 218 4G LTE-A
There is no past nor future, only now - Nathan MLBB

2017 TM2FX MT

2022 NF11T11C01 MT
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1173
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Review: Chevrolet Spin 1.3 Diesel 2014 M/T

Post by iamwewe »

Lho kok nggak muncul ya gambarnya.

Iya, utk jok supir sih ok2 aja ya. Tapi utk penumpang nggak tau deh

@sandal: hooh om, tunggu ertiga diesel aja kayanya mau keluar nih th dpn.
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3701
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Review: Chevrolet Spin 1.3 Diesel 2014 M/T

Post by sandal »

R3 diesel? Mmg asyik ditunggu2 nih...

Btw, driver power window belum auto mmg blunder chevrolet. :big_slap: masih mending R3 ama mobilio walaupun kedua mobil ini hanya auto down. Tapi spin ini ada bbrp fitur yg bisa diotak-atik :mky_02:

Sent from my Ericsson GH 218 4G LTE-A
There is no past nor future, only now - Nathan MLBB

2017 TM2FX MT

2022 NF11T11C01 MT
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Review: Chevrolet Spin 1.3 Diesel 2014 M/T

Post by NYoman »

Untuk "Reversed Gear" Chevrolet selalu meletekkan di bagian depan dengan menarik cincin di bawah knob sambil di gerakan ke arah kiri depan..
Pengalaman TD dengan Spin Diesel, transmisi terutama kopling cukup berat dan torsinya sangat tidak mumpuni untuk mesin diesel, 2nd gear and feeding clutch, stall ok artinya mesin kurang bertenaga, shifting walau pendek tetap terasa saat pergantian tidak sehalus kompetitor kebetulan pernah mencoba beberapa mpv dengan transmisi manual..

Satu lagi posisi duduk di Spin tidak pernah saya dapatkan yang benar2 pas, seluruh tombol nampak sulit untuk di jangkau terutama tombol untuk mengatur spion jauh berada di pilar A. Bagi yang belum terbiasa akan sering mencari tombol central lock yang di letak kan dibawah HU..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1173
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Review: Chevrolet Spin 1.3 Diesel 2014 M/T

Post by iamwewe »

NYoman wrote:Untuk "Reversed Gear" Chevrolet selalu meletekkan di bagian depan dengan menarik cincin di bawah knob sambil di gerakan ke arah kiri depan..
Pengalaman TD dengan Spin Diesel, transmisi terutama kopling cukup berat dan torsinya sangat tidak mumpuni untuk mesin diesel, 2nd gear and feeding clutch, stall ok artinya mesin kurang bertenaga, shifting walau pendek tetap terasa saat pergantian tidak sehalus kompetitor kebetulan pernah mencoba beberapa mpv dengan transmisi manual..

Satu lagi posisi duduk di Spin tidak pernah saya dapatkan yang benar2 pas, seluruh tombol nampak sulit untuk di jangkau terutama tombol untuk mengatur spion jauh berada di pilar A. Bagi yang belum terbiasa akan sering mencari tombol central lock yang di letak kan dibawah HU..
Betul. Sangat setuju sama om nyoman. Tapi utk torsi, selama start dr gear 1 saya rasain sih nggak pernah kosong. Asal jgn start dr 2, kosongggggg abisssss..

@sandal: wow apanya om bs diutak atik? Smalem saya fokus nyupir aja sih soalnya nggak utal atik sana sini.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16681
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review: Chevrolet Spin 1.3 Diesel 2014 M/T

Post by ChZ »

nice review oom!

spinDies ini sebenernya mobil bagus... sayang sekali ngga da versi matik yang bikin blunder buat Chevy. padahal kalo seandainya ada, bisa-bisa penjualannya cukup drastis meningkat.

O ya FCnya irit bener ye, 17 km/l :big_chicken:

@nyoman : kayanya unit yang ente test dengan modcing itu belum inreyen, masih baru kan?

soalnya kapan hari billy dan iming nyoba tanggapannya juga sama kayak TS, torsinya cukup badak kok buat nanjak2.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
grandscenic
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1493
Joined: Wed Dec 23, 2009 4:16

Re: Review: Chevrolet Spin 1.3 Diesel 2014 M/T

Post by grandscenic »

Saya bantu nongolin gambarnya ya..

Eksterior
Image

Interior
Image

Integrated audio.

Image

Speedometer yang masih diplastikin oleh kepala suku.
Image

Driver power window yang belum auto. I hate this.
Image

Image

Image
Etme Bulma Dünyası
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: Review: Chevrolet Spin 1.3 Diesel 2014 M/T

Post by liep »

Dopost...................................
Last edited by liep on Sun Nov 16, 2014 1:58, edited 1 time in total.
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: Review: Chevrolet Spin 1.3 Diesel 2014 M/T

Post by liep »

Thx ripiunya om..ane emang nyari2 nih ripiu chev spin yg diesel...
pernah TD ama bini utk yg bensin..komentnya sih masih enak veloz utk posisi duduk baris ke 2nya
..sayang blm ad diesel maticnya..klo matic muncul ap cukup dg 1300cc aj
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3701
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Review: Chevrolet Spin 1.3 Diesel 2014 M/T

Post by sandal »

iamwewe wrote:@sandal: wow apanya om bs diutak atik? Smalem saya fokus nyupir aja sih soalnya nggak utal atik sana sini.
Bbrp fitur yg pernah dibahas di video review autonetmagz spin activ om :mky_01:
Contoh : Speedometer yg bisa dirubah dari kph jadi mph, bluetooth, dsb :mky_01:

Sent from my Ericsson GH 218 4G LTE-A
There is no past nor future, only now - Nathan MLBB

2017 TM2FX MT

2022 NF11T11C01 MT
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Review: Chevrolet Spin 1.3 Diesel 2014 M/T

Post by montirangin »

thx om. overall liat birunya di ac controller nya bagus namun di speedo digital lampunya kesannya terlalu gmn gitu.
tapi ini mobil mendapatkan review yg cukup bagus di SM ini.
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1173
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Review: Chevrolet Spin 1.3 Diesel 2014 M/T

Post by iamwewe »

@Chz: thx bro. bener banget, torsi saya rasakan bnr2 bengis sih. walaupun tetep harus start dari gear 1. padahal dari jaman diesel kapsul, panther, sampai L300 smua saya start dari gear 2 nggak masalah. yah mungkin karena cc kecil jg kali yah. Oh soal irit, bnr nih 17kpl saya dapetnya di rute kombinasi. saya juga kaget. recommended deh ini mobil utk yg tiap hari high mileage dan ingin gedein betis kaki kiri.

@grandscenic: thx bro udh dibantu munculin gambarnya. padahal saya udh resize itu gambarnya tapi tetep nggak nongol.

@liep: thank u om.. mungkin kalo nanti matic nya muncul, dibuat beda aja torsinya sama yg manual. jadi mirip ipah gitu hehe..

@sandal: ahh.. keren jg ya ada secret menu gitu xixixi..

@montir: sakit ya om matanya ngeliat warna birunya? sama om, saya juga sakit haha.. biru di dashboard dll sih menurut saya bagus yah, tapi pas di speedometer, karena pas di depan mata jadi rasanya sakit.
User avatar
WongZo
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
Location: Bandung

Re: Review: Chevrolet Spin 1.3 Diesel 2014 M/T

Post by WongZo »

Nice review om :big_exellent:
Smpe skrng ane blm sempet TD nih spin diesel, msh sibuk sma skolah :big_smile] .
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Review: Chevrolet Spin 1.3 Diesel 2014 M/T

Post by NYoman »

ChZ wrote:@nyoman : kayanya unit yang ente test dengan modcing itu belum inreyen, masih baru kan?

soalnya kapan hari billy dan iming nyoba tanggapannya juga sama kayak TS, torsinya cukup badak kok buat nanjak2.
Kayaknya ya, tapi untuk kelas diesel ane rasa kurang mungkin karena displacement kecil.. Kebiasan start dengan 2nd gear di mobil ini gak kerasa ada hentakan sama sekali..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
piggypig77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 636
Joined: Tue Feb 11, 2014 13:33
Location: Jakarta

Re: Review: Chevrolet Spin 1.3 Diesel 2014 M/T

Post by piggypig77 »

Sebenarnya spin ini mobil yang nyaman sayang aja chevy bikin blunder di kursinya yg ketinggian n ga nyaman,gada auto power window dan seatbelt yang ketinggian.
@om iamwewe : just info aja om lis chrome di grill ada di tipe ltz n actic bensin n diesel jadi ga cuman di diesel hehehe :big_peace:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Review: Chevrolet Spin 1.3 Diesel 2014 M/T

Post by billyd1773dz »

iamwewe wrote:@Chz: thx bro. bener banget, torsi saya rasakan bnr2 bengis sih. walaupun tetep harus start dari gear 1. padahal dari jaman diesel kapsul, panther, sampai L300 smua saya start dari gear 2 nggak masalah. yah mungkin karena cc kecil jg kali yah. Oh soal irit, bnr nih 17kpl saya dapetnya di rute kombinasi. saya juga kaget. recommended deh ini mobil utk yg tiap hari high mileage dan ingin gedein betis kaki kiri.
wkwk nice car nice review :D :D :mky_02:

betul kurva torsinya steep bngt.... ini khas turbo diesel uda dari jadul jaman tahun 80-90an wkwkkw :D jangan di bandingkan dengan diesel n.a...dia bgtu masuk range turbo baru deh ngehentak torsinya....

ipah std sih flat g kerasa lonjakan turbonya wkwkwk... di oprek2 baru deh.


di spin mending 1500, di daihatsu rugger std harus 2000rpm turbo baru teriak. tp ngisi sampai 4.2K klw spin lewat 3.5K mulai berkurang.

ratio transmisinya juga tergolong halus sih.... ga sekasar ipah. di ipah gigi 1 cuma bwat ngerayap wkwkw :D most of the time gigi 2 startnya.

suspensi somehow ane lebih demen spin hehe.. strokenya memang lebih pendek, tp lebih lentur. blm lg handlingnya :D gw waktu itu sama bro ming nyupir mayan jg sampe di bawa naik gunung.... hehehe :D langsung pembuktian torsinya :D

yg aneh tu driving position nya perasaan rada nengah joknya ga nempel pintu :big_think:


:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1173
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Review: Chevrolet Spin 1.3 Diesel 2014 M/T

Post by iamwewe »

@wongzo: thx om. udah nggak usah diseriusin amat skolahnya, pas UAN (Ujian Agak Nyantai) dan UAS (Ujian Agak Serius) aja baru geber. *kaburrr

@piggy: wah berarti temen saya sotoy dong. trims atas koreksinya om.

@billy: aduh.. kalo saya mobil alirannya JDM sih. Jangan Di Modif. Jadi nggak suka oprek2 gitu om haha.. ipah buat saya yahhh gitu deh. pure transporter point a ke point b yg sangat nyaman dan irit. walopun kalo rem yaaa ndolosor. kalo spin ini lebih enak rem nya. ngegigit gitu.
spin saya rasain kemaren kayanya udh di rpm 3k udh nggak ada tenaga lagi deh. lsg naik gigi lagi deh. ipah saya matic sih.. jadi nggak tau rasanya bawa ipah manual gmn. btw utk turbonya si spin ini udh pake teknologi vgt kan? tetep yah nggak bisa nyamain mesin diesel NA gitu. tetep terasa kosongnya di puteran bawah.
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Review: Chevrolet Spin 1.3 Diesel 2014 M/T

Post by montirangin »

aduh jgn begitu nanti om wong ga maen2 kemari lagi :D
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Review: Chevrolet Spin 1.3 Diesel 2014 M/T

Post by billyd1773dz »

blm vgt om..... yg vgt baru di ertiga ntar... errrr yg seneng2 aja bro modip apa engga gmn masing2 aja wkwkw :D

kondisi stock gw sih demenan spin kemana2 enjinnya, lebih halus n irit lg.

vgt juga ga jaminan di rpm 1000-1500 ud msk range turbo, meski lewat rev itu dan msk range turbo ya bye bye wkwkwk.......

yup powerband nya sempit, peakny sekitar 1750-3000.. di luar itu uda berkurang ga ngehentak, mesti pinter2 jaga rev

ya mending ada sensasi ngejambak ala turbony wkwk, klw n.a ga ada, bgtu ditarik rev tengah atas malah asma..
di low speed mesti biasain ngail turbonya pke clutch jg bisa bwat naikin rev wkwkwk




... urusan diesel kecil... duster 1.5 4x4 pling impresive wkwkwkwk :D

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1173
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Review: Chevrolet Spin 1.3 Diesel 2014 M/T

Post by iamwewe »

bah ciyus blm vgt? parah2.. lagi2 temen gw bilang itu udh vgt, karena turbonya sama kaya captiva, sama2 vcdi tuh di belakangnya kan tulisannya..

kalau duster...... gimana yah, merknya renault. kemarin itu sempet main ke pik aja, dealer ovlov nya berubah jadi hino. merknya sih masih ada disana, tapi kok display unitnya di showroom ya dutro. takut nanti ngilang lagi jg..
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2972
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Review: Chevrolet Spin 1.3 Diesel 2014 M/T

Post by imingwahyudi »

My favorite budget carrier :cupss:

Solid, ac dingin, transmisi enak bgt, feel mobil enak...tranquil :big_grin:

Good job oom :mky_02:
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Review: Chevrolet Spin 1.3 Diesel 2014 M/T

Post by montirangin »

imingwahyudi wrote:My favorite budget carrier :cupss:

Solid, ac dingin, transmisi enak bgt, feel mobil enak...tranquil :big_grin:

Good job oom :mky_02:
ac dinginnya tipe dingin beneran om? atau tipe dinginnya gl yg buat masuk angin dan perut kembung?
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1173
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Review: Chevrolet Spin 1.3 Diesel 2014 M/T

Post by iamwewe »

@iming: thank u omm.. bener banget. saya kalo lagi nyari first car rentang 150-200jtan saya pasti ambil ini jg

@montir: ac nya dingin sih, tapi saya waktu TD kan malem, jadi nggak tau siang gimana. tapi mobil ini triple blower kok. kalo gl 1st gen anginnya kenceng banget nembaknya walopun cuma di posisi 1 aja. dan yg paling mengganggu di gl adalah kompresor ac nya pas nyala, buset dha kenceng gila suaranya.