Short review aja sih, dan tes nya juga malem2 nih kebetulan. Rute yang saya test adalah dari Greenville menuju emporium pluit, lalu balik lagi ke Greenville. Kita mulai aja ya langsung.
1. Eksterior
Yes, rasanya nggak perlu dijelasin panjang lebar. Kita semua udh sering liat mobil ini pasti lalu lalang di sekitar kita atau di iklan. Kalau menurut sang empunya, yg ngebedain tipe ini dgn yg lain adalah grille nya chrome spt di foto bwh ini. Kepala suku: neh gw kasih tau lo bedanya dengan tipe lain. Kalo diesel ada chromenya di grille.

2. Interior
Saya tidak banyak foto2 interior di dalem nya, saya hanya foto beberapa yg menurut saya penting dari sisi driver. Untuk full photo interior nya, saya sarankan untuuk mengunjungi web mobil ini.
Manual tranny dengan indicator gear yg unik. Untuk masuk ke gear mundur, driver harus menarik tuas yg ada di bawah gear shifter lalu di geser ke kiri seperti gambar ini.

Integrated audio.

Speedometer yang masih diplastikin oleh kepala suku.

Driver power window yang belum auto. I hate this.

3. Driving experience
Mulai duduk di dalam kabin, coba utak atik posisi duduk, tapi entah kenapa saya nggak ketemu posisi yg pas utk saya. Rasanya tingi banget saya nyetirnya. Kepala juga hampir kebentok atap. Padahal tinggi saya 172cm aja. Karena udah malem, saya males nyari2 tuas pengatur posisi duduk. Ya udah deh terima apa ada nya aja.
Masukkan kunci mobil ini ke dalam tempatnya, dan putar dengan perasaan. Wow, suaranya halus cuy. Bahkan lebih halus dari innova diesel saya. Menggerakkan setir terasa sangat berat. Kalau diukur.. mungkin seberat setir innova kali ya. Ketemu jalan rusak, saya coba geber. Enak loh bantingannya! Ciyus dhe. Emang sih nggak seempuk innova, tapi jelas dibanding dengan market leader di kelasnya, mobil ini terasa di level yang berbeda untuk suspensinya. Kepala suku langsung bilang: Enak ya bantingannya. Mobil amrik geto loch.
Sengaja saya mau jajal mobil ini di dalam tol, saya masuk tol depan rumah sakit jiwa grogol itu, mau jajal mobil ini gimana sih torsinya si diesel yg dibangga2in. Engage gear 1, naek terusss ke gear 3 sampe ketemu gerbang tol tanpa kekurangan tenaga sedikitpun. Mungkin karena manual, saya merasakan mobil ini bener2 enteng, bahkan lebih enteng daripada ipah saya. Oh ya, gear shifting nya enak juga. Jarak antar gear terasa sangat pendek dan mantap dlm perpindahannya.
Di dalam tol, saya penasaran akan kestabilan mobil ini dan kesenyapannya. Dibawa lari 80, mobil anteng, mudah dikendalikan kalo pindah jalur, dan setir tetap terasa berat. Untuk kesenyapan mobil, lagi2 mobil ini menang dibanding sang market leader .
Lagi2 sang kepala suku berkata: Mobil amrik nyaman ya.
Turun tol, macet merayap mulai menyapa. Disini saya rasakan koplingnya cukup berat. Berasa juga sih nginjekkinnya. Tapi kalo udh masuk gear 1, lepas koplingnya aja, speednya pas idle terasa sangat pas dalam kemacetan. Jgn coba2 ditaruh di posisi gear 2 dan dibiarin idle pas macet, kwenceng oi.
Akhirnya kami pun sampai di mal. Parkirnya pun saya rasakan cukup mudah. Nggak kaya ipah saya, kalo parkir harus 2x baru mmasuk. Walopun mobil ini panjang, tapi parkirnya gampang loh. Kelar makan, kepala suku mengantar saya balik, dan dia berkata: enak kan mobil gw? mobil amrik geto loch. Karena udh nggak tahan, saya jawabin aja: itu aktenya kayanya made in bekasi deh, coba di cek deh nanti kalo surat2 udah keluar resmi

Poin negatif utk saya:
1. Power window driver manual.
2. Pencet klaksonnya buset deh keras bingitz. Dan posisinya nggak nyaman.
3. Switch sein dan kunci kontak peletakannya terasa sangat dekat.

4. Turbo lag yang sangat parah. Start awal jalan dengan gear 2 sangat tidak direkomendasikan. Mudah mati mesinnya. Kalau pun sudah terbiasa start dengan gear 2, tenaganya ngempossss abis. Sepertinya turbo mulai ngeboost di rpm 1500 keatas. Akibatnya jadi sering gear shift dari 1 ke 2 ketika stop and go.
5. Setir yg terasa berat.
Poin plus utk saya:
1. Kekedapan suara yg sangat baik di kelasnya.
2. Handling yg ok di kelasnya.
3. Irit sekali. Saya dapet 17km per liter di test drive ini dengan kondisi jalanan 50:50 antara tol dan jalanan biasa yg cukup macet di malming ini.

Sekian review saya, kalau ada salah dalam review ini mohon diluruskan yah. Enjoy.