review Honda Accord Maestro PGM-FI 1993

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
axala
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2160
Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
Location: Indonesia

review Honda Accord Maestro PGM-FI 1993

Post by axala »

Gday semuanya ,bertemu lagi dengan sang nubie ini di review pertama ane setelah impression wish ane maret lalu
ane haturkan juga kepada Smers,admin,moderator,piyik,grup oot dll :upss:

Hari ini kita kembali ke jaman 90an,yakni jaman dimana honda masih berjaya2nya dalam hal kualitas dan menjaga investasi kita seperti taglinenya...tidak seperti sekarang ini..istilahnya honda sekarang bisa dibilang mulai berpindah orientasinya :ngacir:
Dijaman tahun 1993, dimana merupakan tahun produksi terakhir dr mobil ini,genap sudah 21 tahun usianya, dan masi terasa baik dengan harga jual yg sama sejak dahulu :mky_03:

HONDA ACCORD MAESTRO 1993


Image


Aka accord CB7/maestro ditandai dengan semakin gede sizenya, power dan popularitasnya.Wheelbase kini menjadi 2720 mm dan panjang 4.685 mm dengan bentuk semakin elegan, dengan desain yang timeless bahkan hingga 18 tahun kemudian. Honda Accord ini mengusung mesin 2.0 liter karburator. Pada tahun 1991, Honda menawarkan Accord dengan teknologi 4WS (4 Wheel Steering) dengan populasi yang sangat terbatas. Pada tahun 1993 Honda Accord ini mengalami minor change dimana fuel injection jadi perangkat standar pada semua unit. Mesin 2.0 liter PGM-Fi yang mampu memompa 110 hp kini jadi penghuni tetap kompartemen mesin Honda Accord.Honda Accord ini di Indonesia dikenal dengan nama “Honda Accord Maestro”

The old legacy of Honda, yg dibeli bokap ane dengan kondisi seken sejak 2011 akhir, ditemukan dengan kondisi bak mutiara di titanic, sebuah kondisi yg tak dapat diungkapkan dengan kata2

Le Exterior

Image

Eksterior yg pipih dan absolute, laksana sebuah Acura yg di downgrade, dengan lis krum di jendela...ciri khas sedan medium 90'an yg mewah..
Tentunya dengan krum yg tak akan pernah tak ada disetiap mobil hingga sekarang,hanya depannya benar2 pipih sehingga niat "seporti eleganism" dengan krum dr honda masih dipertahankan dengan estetisme...tidak seperti sekarang ini yg meleber didepan hingga melumer nantinya :upss:
(Sayangnya saya tidak bisa menghentikan niat bokap yg mengganti velg orisinil maestro ala acura nya yg ujung2nya harus disimpan di gudang :ungg: )
Dengan antena elektrik yg masi berfungsi sampai sekarang :mky_03:

Image

interior

One of the part I like :mky_03:

Image

Interior biru tua dengan design yg tak lekang dimakan zaman, kemewahan khas 90'an tercermin disini,interior yg berkualitas tinggi tak lekang oleh sunat2an ala honda zaman sekarang,dimana saya masi bisa menemukan interior bersoftpad yg lembut dan membuat saya mengelus2nya setiap masuk ke mobil ini,demgan rasa syukur masi bisa sentuh softpad :ungg:

Image

Bicara soal kualiti..beludru yg digunakan nya pun sangat lembut, dengan pelafon beludru yg sangat halus bahkan lebih enak disentuh ketimbang sebuah audi Q7 yg tekstur kain plafonnya kasar,lacinya pun diselingi pelapis beludru yg baik, bahkan dr ujung trim hingga ujung bawah masih softpad
Hard plastic hanya di pillar dan sekeliling tuas gearbox...sisanya merupakan softpad yg menipis dijaman sekarang :ungg:

Image

Joknya sangat nyaman dan menopang...dengan legroom dibelakang pun masi sangat nyaman,beludrunya pun untuk mobil berumur 21 tahun masi awet dan tidak belel, bayangkan beludru mobil2 sekarang yg kalo sudah lama mungkin sudah apek dilengkapi dengan electric levelling khusus untuk driver...wonderfull thing indeed

Image

Dan ac auto climate single zone, fitur yg baru tersedia di last FL versi injeksi...salah satu hal yg benar2 advance di zaman 90an dulu, sampai sekarang masi bisa berdingin2 ria dengan prima dan bisa sampai kebelakang tanpa butuh rear vent
Dan juga kenop untuk menutup vent tengah...yg hampir tidak mungkin ditemukan dimobil2 jaman sekarang kecuali lux car

Dan kelemahan dari seluruh maestro, tombol off ac digital luntur yg lain tidak...sudah banyak yg kena kasus gitu dan ane rada ada perbedaan campuran tinta waktu produksinya dahulu....

Ato keseringan dipencet gara2 dingin :upss:
Image

Setir berpola kulit jeruk yang aga tipis dan memang kurang begitu mantap dipegang, dengan speedometer analog ala 90an,dilengkapi penunjuk pintu mana yg masi terbuka/kurang rapat, aga sulit ditemukan dimobil2 jaman sekarang yg hanya indikator bahwa salahsatu pintu masi terbuka/kurang rapat

Dan dr 21 tahun yg lalu...baru menempuh odo sekitar 160k :upss:


engine,ride and the drive

Mesin berkode F20 PGM-FI yg menggantikan versi karburator di awal2 tahun 90an menjadi jantung pacu sekuat 110hp disini, untuk menarik sedan sepanjang 4.6 meter dan berat 1.2 ton masi terasa enak untuk dikemudikan, kehalusan dengan kopling yg ringan dan panjang, it feels so fun dengan transmisi 5MTnya yg sangat ringan koplingnya :mky_03:

Respon setir terhitung ringan untuk mobil dengan hydraulic PS,dan kopling yg lumayanlumayan empuk dan enak,meskipun 100kph baru dicapai di rpm 5000,karena faktor usia yg sudah tidak muda meskipun hingga 120kph belum terasa goyangan

Dapat ane katakan memang dizaman inilah masa2 jayanya dari handling honda yg tidak seperti sekarang...dimana lebih terkesan sintetik...dimobil ini jauh dari itu

dengan setir yg stabil dan rasa berkendara yg jauh funnya ketimbang mobil2 jaman sekarang yg ane bawa...salah satunya dengan honda's mpv yg gampang cornering itu :ngacir:

Diversi ini bukan versi limited 4ws, dimana roda belakang dapat berputar 5 derajat,sehingga berpengaruh penting dalam handlingnya...tetapi...funnya benar2 tiada tara

Dengan handling yg menyenangkan,bahkan bisa ane bilang jauh lebih fun ketimbang honda zaman sekarang,terbukti sudah perbedaannya...feel driving yg natural

Dengan bantingan suspensi yg empuk dan enak pula dikemudikan...menjadi point yg penting di medium sedan lama ini :mky_03:

akhir kata

Untuk sebuah medium sedan tahun 93,dimana merupakan masa produksi terakhir maestro, dia bisa dikatakan sangat baik,untuk beberapa aspek dimana tidak dilupakannya kebutuhan penumpang dan terbutuhinya kebutuhan pengemudi
Terus terang jikalau membeli sekennya dan menemukan yg bagus di sekitaran harga 55 juta (mint condition price) diharga normal 40-50an...anda bisa menemukan mobil yg sangat2 baik ketimbang LCGC baru, apakah ada problem? Biasanya masih ditipikal honda seperti soal powersteering, sisanya....numero uno ketimbang jaman sekarang dimana model2 non lux mulai lack of quality...dimana mobil dibuat dan dibuat untuk sekadar jalan saja....dibanding lebih dr sebuah teman kehidupan
Bahwa sebenarnya sebuah mobil tidak hanya sekadar pengantar harian dr A ke B...tapi juga sebagai kawan kehidupan, hampir setiap produsen mobil melupakan hal itu demi sekadar ongkos produksi...

Meskipun dengan ongkos yg tidak begitu mahal pun masi ada mobil2 yg berkualitas..dan meskipun tidak berkualitas maupun dianggap kurang bagus oleh sebagian orang kepada mobil tersebut apabila terasa adanya rasa cinta terhadap kendaraan tersebut maka mobil tersebut akan tetap tersayangi dan terasa berkualitas :upss:

Image
Last edited by axala on Thu Aug 28, 2014 10:05, edited 1 time in total.
Pursuit of Perfection
jason28
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 645
Joined: Tue Dec 31, 2013 4:38

Re: review Honda Accord Maestro PGM-FI 1993

Post by jason28 »

Nice review vin :mky_02:
Baru sadar kalo nih mobil lbh tua dr ente vin :mky_03: harus sungkem sama nih mobil ente :mky_03:
Pjs sm freed juga dong vin :upss:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16672
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: review Honda Accord Maestro PGM-FI 1993

Post by ChZ »

hmm good review.... Honda jebot iz good. Accord Maestro adalah salah 1 Accord yang ane suka selain CM5, S86, CD5, dan CP2.

build quality, even sebuah Honda Civic Estilo '94 pun jauh lebih baik dari present Accord CR2. Dan interior simpel, nggak seperti Honda jaman sekarang yang kebanyakan tombol justru terlihat semakin complicated.

semenjak Maestro berganti ke CD5 Cielo, Accord sudah mulai naik kelas, dimensinya makin melar, plus teknologi mesin yang pertama mengaplikasi VTEC di Cielo facelift 1997. Yang sekarang? cuma refinement dari CD5 saja.

sayang sekali ride dan handling hanya dibahas sekilas, padahal handling adalah point utama Honda yang terlahir di era ini, apalagi setau ane ini 1-1nya Accord yang pake 4WS. di jaman itu Honda masih getol keluarin 4WS di produk-produknya seperti Prelude dan Integra.

Nineties adalah jaman keemasan Honda..... tahun lahirnya the legendary Honda NSX yang merupakan breakthrough engineering sangat luar biasa, awal mula teknologi F1 diaplikasi di mobil jalanan, sampai membuat seorang Gordon Murray yang adalah "father of McLaren" terkagum-kagum. hingga awal 2000an lahirnya sebuah roadster legendaris S2000 yang mampu menelurkan 240PS dari sebuah engine 2000cc yang mampu ngerev sampe 9000RPM. Honda di jaman itu, bener-bener masterpiece of engineering. sekarang? profit, profit, profit.

and yer a lucky kid indeed, vin, to have one of the masterpiece Honda built that time.
Last edited by ChZ on Thu Aug 28, 2014 10:03, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
axala
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2160
Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
Location: Indonesia

Re: review Honda Accord Maestro PGM-FI 1993

Post by axala »

@jason terimakasih :mky_01: memang ini bisa dibilang yg tertua yg pernah ane punya setelah DanGan :mky_03:

@bro chz terimakasih juga,soal handling nampaknya perlu ane tambahkan...:ngacir: karena bisa dibilang ane aga jarang bawanya...belum terlalu megang jd rasanya...tp overall begitu :ngacir:
Dan memang kualiti sedikit ane fokuskan karena kondisi yg terbilang mintnya...

tapi..memang what a car, jauh berbeda dari honda2 sekarang rasanya, apalagi dari mpv honda yg jago cornering itu...:ngacir:

Old honda never lie :upss: this legacy need to be preserve :ngacir:
Pursuit of Perfection
User avatar
jar-jit-no
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 742
Joined: Thu Nov 29, 2012 5:58
Location: Malang city

Re: review Honda Accord Maestro PGM-FI 1993

Post by jar-jit-no »

nice repiu broo.. :mky_02: :mky_02:

back to 90s nih.coba diperbanyak repiu mobil2 90s bakal menarik kali ya.semacem ownership report, kesan2 selama memiliki & masalah yg pernah dialami....kyknya jadi menarik.. :big_peace:

sebagai eks-user cielo cd5, ane udah sangat familiar ama interiornya yg mirip2. setir jg sama persis..mungkin ride nya mirip kali yah :big_think:

tapi kalo cantik-cantikan lebi cantik maestro :big_smoking:

:ngacir: :ngacir:
4A91 4at - Slow Driver
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: review Honda Accord Maestro PGM-FI 1993

Post by amfibi »

Accord PGM-FI kan belom tentu 4WS, sedangkan accord PGM-FI 4WS udh langka betul...

====

Nice review bro :mky_02:

Sebuah mobil mewah di jamannya iki :mky_02:

Punya ente kinclong bgt, ga kyk maestro yg biasanya ane liat di jalan, gembel :ungg:

Keep it mulusss :mky_02: :mky_02: :mky_02:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: review Honda Accord Maestro PGM-FI 1993

Post by billyd1773dz »

Nice repiu alvin hehehe.. Sering2 ya..


Btw itu beneran 100kmh@5000rpm ? :big_think:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: review Honda Accord Maestro PGM-FI 1993

Post by amfibi »

billyd1773dz wrote:Nice repiu alvin hehehe.. Sering2 ya..


Btw itu beneran 100kmh@5000rpm ? :big_think:
Iya nih, even mobil yg rasio gearnya kasar kyk avanza aja msh 3800... Maestro ini kan sedan :ungg:
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3701
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: review Honda Accord Maestro PGM-FI 1993

Post by sandal »

Wih nice review bro axala :mky_02: :mky_02:

I love old hondas :big_grin:

Accord maestro ini memang bagus menurut ane :mky_01:

Daaaaaannnnnn..... Speedometer klasik yg menurut ane sangat baik tidak seperti speedonya monyong yg kaya err.... :ngacir: :ngacir:

Honda dulu emang tidak sunatan fitur masal, kalo sekarang..... :off_no:

Softpad everywhere iz gud :big_smoking: :big_smoking:

Jangan dijual mobil ini yah.... :upss: :upss:
There is no past nor future, only now - Nathan MLBB

2017 TM2FX MT

2022 NF11T11C01 MT
User avatar
grandis_GT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1553
Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
Location: Riau

Re: review Honda Accord Maestro PGM-FI 1993

Post by grandis_GT »

nice review bro , jaman sekarang susah cari maestro ori yg terawat , kebanyakan udah banyak kropos bodi"nya :frm_salut:
sayang sekali gak pake velg ori bro , padahal lebih mantap pake yg ori :mrgreen:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16672
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: review Honda Accord Maestro PGM-FI 1993

Post by ChZ »

axala wrote: @bro chz terimakasih juga,soal handling nampaknya perlu ane tambahkan...:ngacir: karena bisa dibilang ane aga jarang bawanya...belum terlalu megang jd rasanya...tp overall begitu :ngacir:
Dan memang kualiti sedikit ane fokuskan karena kondisi yg terbilang mintnya...

tapi..memang what a car, jauh berbeda dari honda2 sekarang rasanya, apalagi dari mpv honda yg jago cornering itu...:ngacir:

Old honda never lie :upss: this legacy need to be preserve :ngacir:
yes, kondisi mobil ente yang sangat mint lebih cocok jadi fokus review. great job to be done, though :mrgreen:

anyway, berarti punya ente belom yang 4WS? *kelupaan baca kalo cuma beberapa unit yang 4WS*

nggak cuma overall build quality, bahkan soal NVH dan kualitas damping pun rasanya sebuah Accord CD5 Cielo masih bisa diadu dengan CR2 Accord. belom pernah naik Maestro, tapi dari deskripsi ente rasanya juga masih bisa diadu sama CR2 Accord.

hmm kalo benchmarknya MPV ente yang sangat jago cornering ya jauh sekali steering nya :ngacir: wong nyetir MPV Honda yang ahli cornering itu kayak balapan di simulator wangan midnight di Timezone, feedbacknya wangan midnight malah lebih bagus :ngacir: :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Izark
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 670
Joined: Thu May 17, 2012 16:30

Re: review Honda Accord Maestro PGM-FI 1993

Post by Izark »

newbz is calling mods to resize ze pikture... windskrin newbie kurang besar jadi kurang bisa menikmati foto2 mobil fav newbie :mky_01:
mau nulis apa ya...
User avatar
WongZo
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
Location: Bandung

Re: review Honda Accord Maestro PGM-FI 1993

Post by WongZo »

Nice review vin :big_exellent: , gile yh ahond jaman dulu 21 taun jg msh rapih gtu interiornya (miris liat GE8 aja udh bnyk yg kacau). Jarak giginya panjang gak tuh? Bsa smpe 100kmh di 5rb rpm :mky_04: .
eksodan
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: Tue May 21, 2013 5:58
Location: Wonosari / Klaten

Re: review Honda Accord Maestro PGM-FI 1993

Post by eksodan »

wahhhh
ada yg ngereview maestro thn 93 nih
sama seperti pny ortu ane
sama2 thn 93, sama2 bukan 4ws, cuman beda warna aja :mky_01:
sy sendiri sering banget naik mobil maestro pny ortu ane yg hanya keluar 1 minggu sekali itu
sampe sekarang baru jalan 30ribu++ :mky_04: saking jarangnya dipake dan cuman dipanasin tiap hari :mky_04:

cuman itu beneran jalan 100kpj di rpm 5rb???di gigi berapa itu om??kalau gigi 5 sepertinya tidak mungkin soalnya ini mobil pernah diajak lari sampe 180kpj ++ dan belum sampe redline :big_smoking:

btw, harga pasaran mobil ini sudah gak ada patokannya om...mobil pny ortu ane pernah ditawar 120jt dan tidak dilepas..dan hampir tiap bulan ada yg nawar :big_biglaugh:
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: review Honda Accord Maestro PGM-FI 1993

Post by amfibi »

eksodan wrote:wahhhh
ada yg ngereview maestro thn 93 nih
sama seperti pny ortu ane
sama2 thn 93, sama2 bukan 4ws, cuman beda warna aja :mky_01:
sy sendiri sering banget naik mobil maestro pny ortu ane yg hanya keluar 1 minggu sekali itu
sampe sekarang baru jalan 30ribu++ :mky_04: saking jarangnya dipake dan cuman dipanasin tiap hari :mky_04:

cuman itu beneran jalan 100kpj di rpm 5rb???di gigi berapa itu om??kalau gigi 5 sepertinya tidak mungkin soalnya ini mobil pernah diajak lari sampe 180kpj ++ dan belum sampe redline :big_smoking:

btw, harga pasaran mobil ini sudah gak ada patokannya om...mobil pny ortu ane pernah ditawar 120jt dan tidak dilepas..dan hampir tiap bulan ada yg nawar :big_biglaugh:
30rb km???? Keren :big_chicken:

Boleh cerita g om pernah rusak apa aja mobilnya... Mengingat mobil tua km rendah biasanya rentan :ungg:
eksodan
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: Tue May 21, 2013 5:58
Location: Wonosari / Klaten

Re: review Honda Accord Maestro PGM-FI 1993

Post by eksodan »

amfibi wrote:
eksodan wrote:wahhhh
ada yg ngereview maestro thn 93 nih
sama seperti pny ortu ane
sama2 thn 93, sama2 bukan 4ws, cuman beda warna aja :mky_01:
sy sendiri sering banget naik mobil maestro pny ortu ane yg hanya keluar 1 minggu sekali itu
sampe sekarang baru jalan 30ribu++ :mky_04: saking jarangnya dipake dan cuman dipanasin tiap hari :mky_04:

cuman itu beneran jalan 100kpj di rpm 5rb???di gigi berapa itu om??kalau gigi 5 sepertinya tidak mungkin soalnya ini mobil pernah diajak lari sampe 180kpj ++ dan belum sampe redline :big_smoking:

btw, harga pasaran mobil ini sudah gak ada patokannya om...mobil pny ortu ane pernah ditawar 120jt dan tidak dilepas..dan hampir tiap bulan ada yg nawar :big_biglaugh:
30rb km???? Keren :big_chicken:

Boleh cerita g om pernah rusak apa aja mobilnya... Mengingat mobil tua km rendah biasanya rentan :ungg:
dulu sih pernah konslet pada saat starter...sampai ada asap di dekat setir...
setelah dibawa ke bengkel ternyata kabelnya ada yang dimakan tikus :wkkk: ..mungkin karena jarang dipake jadi rumah tikus.. :mky_04:
kalo masalah lainnya ndut2an aja...jadi dibawah 2rb rpm, mobilnya ndut2an..mobil udah dicoba pake premium sampe pertamax +, tapi tetap sama saja...udah dibawa ke bengkel ahond lebih dari 5x untuk perbaiki masalah ini, tapi mereka tidak menemukan solusinya... :big_slap:
masalah lainnya sering ganti pipa knalpot (sering keropos)... paling tidak setahun ganti 1x..kalau kata montir, ini tanda kalau pengapiannya sempurna :big_chicken:
kalo kaki2 sih aman om, mesin juga aman...
interior no rattling
bensin lumayan irit, dapet 1:8an (5 orang, full ac, barang bawaan bagasi hampir full, kondisi jalan agak jelek + naik turun gunung), yg sy heran ini mobil lumayan bertenaga meskipun dinaikin 5 orang (kira2 320kg + 50kg barang di bagasi)

kalau keluar kota sering deg2an kalau gasruk, soalnya kalo dinaikin 4 orang aja udah jadi ceper itu mobil :big_chicken:
User avatar
axala
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2160
Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
Location: Indonesia

Re: review Honda Accord Maestro PGM-FI 1993

Post by axala »

@om jarjit terimakasih om, mungkin CB7 bisa dibilang cantik betul :cupss: biarpun banyak perkembangan di CD5 cielo....dan entah kenapa ac digital balik ke knop puter2 :ungg:

@fibby maaci pibih :cupss: kemulusan yg rare...ane jd batal menjual nampaknya :upss: hoho
Such an old time"s legacy

@om bill dan om eksodan
ane baru nyadar kalo itu di gigi 4, :mky_01: ane hampir lupa kalo itu masih wajar...memang dah aga jarang dia dipake...seminggu paling pake 3-4x :ngacir:
Dan terimakasih ya...sudah membantu mengingatkan ane...hampir kepikiran mulu...untung jd inget hoho :cupss:

Dan soal harga jual...memang bener dah gelep...paling murah bisa 55 kondisi kaya gini..11-12 ama harga difaktur dulu yg ama owner lamanya dikasi fakturnya ke ane...sekitar 50jutaan dijamannya

tapi 120jt :big_chicken: sebagus apa ampe jd segitu

@bro sandal...terimakasih bro...nampaknya ane gajadi menjual ini...memory must be preserve :ungg:

@om grandisGT...memang kalo ane liat maestro lain dah pada buluk2...memang hoki bener dpt unit ky gini...kalo dulu bokap malah ngambil C180 w202 bisa lain ceritanya :ungg:
Mungkin udh dijual gara2 rewel

@broChz benar2 sejati ni honda lama memang hoho...dibandingin ama mpv of cornering biar kerasa bedanya old honda ama new nya
memang 4ws yg mint itu bagaikan mencari embun ditengah sahara/pajero DiD gen3 yg mint dimana nyari unitnya pun susah setengah mati

dimana 4ws memang jarang dipake di banyak mobil...sekarang yg masi make kalo gasala infiniti

@meneer izark....amfuni hambo...maklum 13 mp langsung ane jebretin dan baru aja belajar resize putu...
terimakasih masukannya :upss: hoho

@wongzo ane baru nyadar kalo itu pas posisi gigi4...makanya ane pun baru nyadar...kecantum direpiu pula..:ungg:
kalo Ge8 yg dah begitu...biasanya yg make juga abg2 serampangan gitu...tau mobil cuma hatch jazz yaris gitu2...isi premium ganti oli aja rada ogah2an dan taunya jalan nyampe aja....

Ntah kenapa owner lama maestro ini apik bener...ampe diasuransiin :ngacir: kalo ane sekarang paling disalon aja setaun sekali :ungg:
Pursuit of Perfection
carl
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 365
Joined: Tue Dec 31, 2013 14:57
Daily Vehicle: transjakarta

Re: review Honda Accord Maestro PGM-FI 1993

Post by carl »

Accordnya masih mulus bgt.. stiker maestro di kaca belakang masih ada pula.. harusnya pake velg bawaannya aja tuh. Top deh jadinya.. btw, tangan keberapa om?
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: review Honda Accord Maestro PGM-FI 1993

Post by montirangin »

oalah..tahun 93 acnya udah digital :D

nice review om
eksodan
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: Tue May 21, 2013 5:58
Location: Wonosari / Klaten

Re: review Honda Accord Maestro PGM-FI 1993

Post by eksodan »

axala wrote: @om bill dan om eksodan
ane baru nyadar kalo itu di gigi 4, :mky_01: ane hampir lupa kalo itu masih wajar...memang dah aga jarang dia dipake...seminggu paling pake 3-4x :ngacir:
Dan terimakasih ya...sudah membantu mengingatkan ane...hampir kepikiran mulu...untung jd inget hoho :cupss:

Dan soal harga jual...memang bener dah gelep...paling murah bisa 55 kondisi kaya gini..11-12 ama harga difaktur dulu yg ama owner lamanya dikasi fakturnya ke ane...sekitar 50jutaan dijamannya

tapi 120jt :big_chicken: sebagus apa ampe jd segitu
di faktur pny ortu ane malah 90jt om :big_childish:
pny ortu sy semuanya orisinil om, kecuali ban (karena udah pada hamil bannya) sama head unit (karena pada zaman itu masih pake kaset, jadi diganti yang bisa baca CD)...bahkan karet wiper pun masih orisinil :big_exellent:
kalo soal harga, bisa di cek di tokob*gus atau yang lainnya om, ada yg buka harga 90jt dan beberapa minggu yg lalu ada yang buka harga 125jt tapi sekarang iklannya sudah tidak ada...
gobale
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 599
Joined: Thu Sep 25, 2008 1:20

Re: review Honda Accord Maestro PGM-FI 1993

Post by gobale »

wahahaha...nice review om.... mengingatkan kembali mobil pas kuliah....

saya pernah miara dari 2003-2006 maestro tahun akhir 93 pgm-fi manual warna smoke grey...body masih kinyis2x... velg masih ori dan lengkap tutup dop nya (soalnya klu lepas barang langka nyarinya ni....makanya pastikan tali bajanya ngiket ke baut roda) and mesin masih sehat.

dari pegalaman miara,

Pros : :mky_02:
- Suara mesin khas honda, lari 160 Kph anteng2x aja...minum full premium, tarikan cukup gahar
- Interior superr....kursi sangat tebal dan empuk, jok supir sudah electric untuk tinggi-rendahnya
- AC super dingin...digital, kereen pada jamannya
- Panel speedo manual dengan backlight warna hijau toska....kereeen, dimana pada jamannya mobil lain backlightnya cuman kuning
- doortrim tebal,empuk ga pernah ada masalah, ada doorlightnya, spion rertractable
- Kabin warna biru sangat nyaman
- Softpad semua dari dashboard sampe doortrim
- Ayunan ga usah ditanya, khas honda jaman dulu...full independent sangat nyaman dan stabil
- bagasi luas banget
- kualitas plat tebal, pintu cukup berat
- moncong depan belakang ga termakan zaman
- Antenna radio otomatis
- Bensin cukup irit di kelasnya
- fast moving sparepart murah
- Part JDM buannyyakkk

Cons : :mky_06:
- Body cenderung mudah keropos....mungkin karena dah mulai umur kali yah...
- selang2x mesin gampang getas, ane pernah berapa kali kejadian selang radiator pecah di jalan....hiks
- kabel2x di engine bay juga gampang getas...harus rajin check klu ga mau check engine nyala terus
- Kaki2x banyak banget komponennya, sekali kerasa bunyi, wadoh...harus periksa semua
- GC rendah gampang gesrot
- Panel AC on/off gampang terkelupas...solusi ? kasih spidol item permanent aja...
- dengan body bongsor dan panjang lumayan mentul klu belok kenceng
- pernah berapa kali overheat
- pernah berapa kali tiba2x check engine nyala and mesin brebet
- trauma nyuci mesin, kena ECU, sampe 2x ganti ECU karena korslet...hiks....
- Antenna otomatis sering patah

but overall buat yang mikirin mobil nyaman, maestro is recommend...bahkan menurut saya lebih nyaman dari Generasi Accord cielo sesudahnya yang lebih sempit....

cuman sudah susah sepertinya sekarang nyari yang masih ori and kondisi bagus...
alf4alf4
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Thu Aug 28, 2014 6:44

Re: review Honda Accord Maestro PGM-FI 1993

Post by alf4alf4 »

om @axala, review nya keren abis, seneng ane liat masih ada honda taonsegitu, ane ngerasa mobil sekarang malah roh honda berkurang, bentuk gak agresif, tenaga malah turun dari sebelumnya, suspensi lembut, gak asik banget dah, keluarga ane sendiri fanatik honda, dari taon 80an selalu ada boil honda digarasi
CMIIW
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: review Honda Accord Maestro PGM-FI 1993

Post by montirangin »

iya masalahnya memang karet2 getes ya gara2 panas dan keringnya cuaca
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: review Honda Accord Maestro PGM-FI 1993

Post by ricz »

Nice ripiu vin...

Review iprit & PJSnya manaaaaaaa????

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3209
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: review Honda Accord Maestro PGM-FI 1993

Post by walid_007 »

Accord 99 smp 03 itu namanya apa?
engine roaring!