ane haturkan juga kepada Smers,admin,moderator,piyik,grup oot dll

Hari ini kita kembali ke jaman 90an,yakni jaman dimana honda masih berjaya2nya dalam hal kualitas dan menjaga investasi kita seperti taglinenya...tidak seperti sekarang ini..istilahnya honda sekarang bisa dibilang mulai berpindah orientasinya

Dijaman tahun 1993, dimana merupakan tahun produksi terakhir dr mobil ini,genap sudah 21 tahun usianya, dan masi terasa baik dengan harga jual yg sama sejak dahulu

HONDA ACCORD MAESTRO 1993

Aka accord CB7/maestro ditandai dengan semakin gede sizenya, power dan popularitasnya.Wheelbase kini menjadi 2720 mm dan panjang 4.685 mm dengan bentuk semakin elegan, dengan desain yang timeless bahkan hingga 18 tahun kemudian. Honda Accord ini mengusung mesin 2.0 liter karburator. Pada tahun 1991, Honda menawarkan Accord dengan teknologi 4WS (4 Wheel Steering) dengan populasi yang sangat terbatas. Pada tahun 1993 Honda Accord ini mengalami minor change dimana fuel injection jadi perangkat standar pada semua unit. Mesin 2.0 liter PGM-Fi yang mampu memompa 110 hp kini jadi penghuni tetap kompartemen mesin Honda Accord.Honda Accord ini di Indonesia dikenal dengan nama “Honda Accord Maestro”
The old legacy of Honda, yg dibeli bokap ane dengan kondisi seken sejak 2011 akhir, ditemukan dengan kondisi bak mutiara di titanic, sebuah kondisi yg tak dapat diungkapkan dengan kata2
Le Exterior

Eksterior yg pipih dan absolute, laksana sebuah Acura yg di downgrade, dengan lis krum di jendela...ciri khas sedan medium 90'an yg mewah..
Tentunya dengan krum yg tak akan pernah tak ada disetiap mobil hingga sekarang,hanya depannya benar2 pipih sehingga niat "seporti eleganism" dengan krum dr honda masih dipertahankan dengan estetisme...tidak seperti sekarang ini yg meleber didepan hingga melumer nantinya

(Sayangnya saya tidak bisa menghentikan niat bokap yg mengganti velg orisinil maestro ala acura nya yg ujung2nya harus disimpan di gudang

Dengan antena elektrik yg masi berfungsi sampai sekarang


interior
One of the part I like


Interior biru tua dengan design yg tak lekang dimakan zaman, kemewahan khas 90'an tercermin disini,interior yg berkualitas tinggi tak lekang oleh sunat2an ala honda zaman sekarang,dimana saya masi bisa menemukan interior bersoftpad yg lembut dan membuat saya mengelus2nya setiap masuk ke mobil ini,demgan rasa syukur masi bisa sentuh softpad


Bicara soal kualiti..beludru yg digunakan nya pun sangat lembut, dengan pelafon beludru yg sangat halus bahkan lebih enak disentuh ketimbang sebuah audi Q7 yg tekstur kain plafonnya kasar,lacinya pun diselingi pelapis beludru yg baik, bahkan dr ujung trim hingga ujung bawah masih softpad
Hard plastic hanya di pillar dan sekeliling tuas gearbox...sisanya merupakan softpad yg menipis dijaman sekarang


Joknya sangat nyaman dan menopang...dengan legroom dibelakang pun masi sangat nyaman,beludrunya pun untuk mobil berumur 21 tahun masi awet dan tidak belel, bayangkan beludru mobil2 sekarang yg kalo sudah lama mungkin sudah apek dilengkapi dengan electric levelling khusus untuk driver...wonderfull thing indeed

Dan ac auto climate single zone, fitur yg baru tersedia di last FL versi injeksi...salah satu hal yg benar2 advance di zaman 90an dulu, sampai sekarang masi bisa berdingin2 ria dengan prima dan bisa sampai kebelakang tanpa butuh rear vent
Dan juga kenop untuk menutup vent tengah...yg hampir tidak mungkin ditemukan dimobil2 jaman sekarang kecuali lux car
Dan kelemahan dari seluruh maestro, tombol off ac digital luntur yg lain tidak...sudah banyak yg kena kasus gitu dan ane rada ada perbedaan campuran tinta waktu produksinya dahulu....
Ato keseringan dipencet gara2 dingin


Setir berpola kulit jeruk yang aga tipis dan memang kurang begitu mantap dipegang, dengan speedometer analog ala 90an,dilengkapi penunjuk pintu mana yg masi terbuka/kurang rapat, aga sulit ditemukan dimobil2 jaman sekarang yg hanya indikator bahwa salahsatu pintu masi terbuka/kurang rapat
Dan dr 21 tahun yg lalu...baru menempuh odo sekitar 160k

engine,ride and the drive
Mesin berkode F20 PGM-FI yg menggantikan versi karburator di awal2 tahun 90an menjadi jantung pacu sekuat 110hp disini, untuk menarik sedan sepanjang 4.6 meter dan berat 1.2 ton masi terasa enak untuk dikemudikan, kehalusan dengan kopling yg ringan dan panjang, it feels so fun dengan transmisi 5MTnya yg sangat ringan koplingnya

Respon setir terhitung ringan untuk mobil dengan hydraulic PS,dan kopling yg lumayanlumayan empuk dan enak,meskipun 100kph baru dicapai di rpm 5000,karena faktor usia yg sudah tidak muda meskipun hingga 120kph belum terasa goyangan
Dapat ane katakan memang dizaman inilah masa2 jayanya dari handling honda yg tidak seperti sekarang...dimana lebih terkesan sintetik...dimobil ini jauh dari itu
dengan setir yg stabil dan rasa berkendara yg jauh funnya ketimbang mobil2 jaman sekarang yg ane bawa...salah satunya dengan honda's mpv yg gampang cornering itu

Diversi ini bukan versi limited 4ws, dimana roda belakang dapat berputar 5 derajat,sehingga berpengaruh penting dalam handlingnya...tetapi...funnya benar2 tiada tara
Dengan handling yg menyenangkan,bahkan bisa ane bilang jauh lebih fun ketimbang honda zaman sekarang,terbukti sudah perbedaannya...feel driving yg natural
Dengan bantingan suspensi yg empuk dan enak pula dikemudikan...menjadi point yg penting di medium sedan lama ini

akhir kata
Untuk sebuah medium sedan tahun 93,dimana merupakan masa produksi terakhir maestro, dia bisa dikatakan sangat baik,untuk beberapa aspek dimana tidak dilupakannya kebutuhan penumpang dan terbutuhinya kebutuhan pengemudi
Terus terang jikalau membeli sekennya dan menemukan yg bagus di sekitaran harga 55 juta (mint condition price) diharga normal 40-50an...anda bisa menemukan mobil yg sangat2 baik ketimbang LCGC baru, apakah ada problem? Biasanya masih ditipikal honda seperti soal powersteering, sisanya....numero uno ketimbang jaman sekarang dimana model2 non lux mulai lack of quality...dimana mobil dibuat dan dibuat untuk sekadar jalan saja....dibanding lebih dr sebuah teman kehidupan
Bahwa sebenarnya sebuah mobil tidak hanya sekadar pengantar harian dr A ke B...tapi juga sebagai kawan kehidupan, hampir setiap produsen mobil melupakan hal itu demi sekadar ongkos produksi...
Meskipun dengan ongkos yg tidak begitu mahal pun masi ada mobil2 yg berkualitas..dan meskipun tidak berkualitas maupun dianggap kurang bagus oleh sebagian orang kepada mobil tersebut apabila terasa adanya rasa cinta terhadap kendaraan tersebut maka mobil tersebut akan tetap tersayangi dan terasa berkualitas

