nah sekarang saya mau nanya ke suhu2 dimati terkait alat2 hemat BBM ini, apakah memang ada landasan teorinya, atau landasan teori yg mereka pakai memang berdasar dan punya relevansi pada penghematan BBM. jangan2 malah gak ada efek sama sekali.
1. Norival (minyak astiri)
yg satu ini udah santer lah ditelingan suhu2 SM. dan udah banyak suhu2 SM yg membuktikan ini barang punya kekuatan magis buat bikin irit BBM + peningkatan performa boil
2. Magneticfs
alatnya macem magnet yg ditempel ke saluran bensin (yg deket sama intake/deket karbu). ini penampakan dan penjelasan produk
3. turbo ventilatorMOTOR PLUS
Penghemat bensin di pasaran kebanyakan memanfaakan kinerja magnet. Atau biasa disebut besi sembrani. Kok bisa bikin irit? Jawabannya lihat komentar DR. Ir. H. Djoko Sungkono Kawano M. Eng. Sc. Beliau kepala laboratorium Bahan Bakar dan Pembakaran Dalam, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Jurusan Teknik Mesin.
Prinsip kerjanya sederhana. Ada yang menempelkan magnet di slang bensin yang menuju karburator. Atau ada pula magnet dilubangi guna mengalirkan bahan bakar di tengahnya, jelas Akam dari Kam Speed yang pernah mencobanya.
Mari dibuat sendiri. Lacak dulu magnet. Paling gampang di bengkel korek. Biasanya magnet bekas sepul yang dicongkel. Seperti di Kam Speed Jl. Arteri Kelapa Dua, No. 5, Jakarta Barat.
Atau ada pula di AJMS (Adi Jaya Motor Sport) di Jl. Pondok Gede, Pusat Ruko Onderdil, Bekasi. Bisa manfaatkan bekas magnet Shogun, Smash atau motor lainnya (gbr. 1). Bebas saja.
Setelah dapat, dipotong sekitar 2 cm (gbr. 2) pakai gergaji besi. Buat sebanyak 2 potong. Setelah itu, tidak bisa langsung tempel. Tapi pelajari dulu jarak gaya tolak kutub S (selatan) dan U (Utara). Lihat berapa milimeter jaraknya (gbr. 3). Ukuran itu dijadikan sebagai patokan besar diameter slang bensin.
Perlu diingat, jarak efektif menentukan diameter slang bensin. Sebab disitu terjadi imbas magnet yang mempengaruhi molekul bensin agar mudah pecah. Dan jika slang bensin kekecilan, harus diganjal supaya ukurannya sama dengan jarak efektif. Pengganjalnya bebas, boleh karet atau bekas slang lagi.
Setelah ukuran slang pas atau sudah diganjal, tempelkan dua magnet di slang bensin dekat karbu sesudah saringan. Posisinya U menghadap S agar saling menempel (gbr. 4). Biar tidak jatuh, gunakan cable-tie untuk mengikatnya. Gampang dan murah meriah.
LABORATORIUM TEKNIK MESIN ITS
Telepon : (031)-592 2941
Faksimile : (031)-594 6230
ALASAN BIKIN HEMAT
Unsur kimia bensin yaitu iso oktan (C8H18) dan n-pentana (C5H12). Medan magnet mempengaruhi kandungan karbon (C) dan hidrogen (H) dalam bensin. Hingga bisa memaksimalkan proses pembakaran dan mengurangi kadar CO2, jelas DR. Ir. H. Djoko Sungkono Kawano M. Eng. Sc.
Tapi, Perlu diperhatikan juga cara pasangnya, ingat Djoko. Ada beberapa syarat yang harus dilakukan supaya medan magnet berpengaruh terhadap aliran bahan bakar di slang bensin. Pertama, slang bahan bakar harus terbuat dari bahan non metal.
Selanjutnya posisi pemasangan juga harus diperhatikan. Jangan dipasang melintang. Bisa ditempatkan di luar slang. Abaikan kedua kutubnya, atur magnet secara sejajar dengan slang bahan bakar, ujar Djoko lagi.
Terakhir, supaya tetap bisa bekerja mempengaruhi senyawa bensin. Jauhkan dari benda lain yang juga mengandung magnet. Dombos
IBARAT ANTRE TIKET
Bagaimanasih ceritanya kok medan magnet berpengaruhbuat pembakaran mesin? Dengar nih penjelasannya.Pria berusia 60 tahun mengibaratkan sekumpulan orangdi depan loket mau beli tiket. Bila antri secara rapi tentu pakaian tidak lusuh, badan tidak berkeringat dan cepat memperoleh layanan, jelas Djoko memberi contoh.
Begitu juga dengan bahan bakar yang mengalir. Unsur karbon dan hidrogen akan tertata saat melintasi medan magnet yang kita ciptakan. Hingga kedua unsur tidak lagi tercampur.
Dan, Secara teratur bergantian mengalami proses pembakaran. Keadaan ini yang bisa membuat kandungan zat berbahanya CO2 atau CO, jelas Djoko Sungkono panjang-lebar.
sumber : motorplus-online
hasil tes
macem kipas gitu bentuknya, langsung aja gambar sama penjelasan produknya ya
VENTILATOR merupakan alat induksi udara yang menambah pasokan udara yang masuk ke dalam Ruang Pembakaran. Setelah Memasang ini, tidak perlu memanipulasi data ECU, karena udara yang masuk masih bisa diatur secara otomatis oleh ECU. Tidak seperti TURBO KIT (yang harus disesuaikan menggunakan Piggyback). Jadi tinggal pasang dan langsung dipakai saja. Rasakan Sendiri BEDAnya. .
Bahan Kipasnya dibuat dari Stainless STEEL dan bearing berkualitas tinggi.
gak ada kata rusak deh. .
fungsi:
-Meningkatkan efisiensi BBM 15% ++
-Meningkatkan tenaga mesin
-Mengurangi carbon pada mesin
-Menambah akselerasi mobil
-Bisa dipasang di semua mobill (sesuai ukuran piping dan gak bisa bt karburator)
-Yang pasti ngilangin "ngempos" dari mobil Anda
VENTILATOR merupakan alat induksi udara yang menambah pasokan udara yang masuk ke dalam Ruang Pembakaran. Banyak orang yang udah cobain. ,,dan akuin bedanya. ,. ,TOP abies deh. ,. ,
untuk sementara ini dulu deh, masih banyak sih. tapi menurut saya 3 produk ini yg paling banyak testimoni positifnya dan secara penjelasan juga masih nyangkut diotak awam saya
