pendapat suhu2 terkait alat2 hemat BBM ini

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

hadiyanfa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 189
Joined: Tue Feb 04, 2014 15:29

pendapat suhu2 terkait alat2 hemat BBM ini

Post by hadiyanfa »

met malam suhu2, kebetulan di thread sebelumnya saya minta tips & trik hemat BBM.

nah sekarang saya mau nanya ke suhu2 dimati terkait alat2 hemat BBM ini, apakah memang ada landasan teorinya, atau landasan teori yg mereka pakai memang berdasar dan punya relevansi pada penghematan BBM. jangan2 malah gak ada efek sama sekali.

1. Norival (minyak astiri)
yg satu ini udah santer lah ditelingan suhu2 SM. dan udah banyak suhu2 SM yg membuktikan ini barang punya kekuatan magis buat bikin irit BBM + peningkatan performa boil

2. Magneticfs
alatnya macem magnet yg ditempel ke saluran bensin (yg deket sama intake/deket karbu). ini penampakan dan penjelasan produk
MOTOR PLUS

Penghemat bensin di pasaran kebanyakan memanfaakan kinerja magnet. Atau biasa disebut besi sembrani. Kok bisa bikin irit? Jawabannya lihat komentar DR. Ir. H. Djoko Sungkono Kawano M. Eng. Sc. Beliau kepala laboratorium Bahan Bakar dan Pembakaran Dalam, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Jurusan Teknik Mesin.

Prinsip kerjanya sederhana. “Ada yang menempelkan magnet di slang bensin yang menuju karburator. Atau ada pula magnet dilubangi guna mengalirkan bahan bakar di tengahnya,” jelas Akam dari Kam Speed yang pernah mencobanya.

Mari dibuat sendiri. Lacak dulu magnet. Paling gampang di bengkel korek. Biasanya magnet bekas sepul yang dicongkel. Seperti di Kam Speed Jl. Arteri Kelapa Dua, No. 5, Jakarta Barat.

Atau ada pula di AJMS (Adi Jaya Motor Sport) di Jl. Pondok Gede, Pusat Ruko Onderdil, Bekasi. Bisa manfaatkan bekas magnet Shogun, Smash atau motor lainnya (gbr. 1). Bebas saja.

Setelah dapat, dipotong sekitar 2 cm (gbr. 2) pakai gergaji besi. Buat sebanyak 2 potong. Setelah itu, tidak bisa langsung tempel. Tapi pelajari dulu jarak gaya tolak kutub ‘S’ (selatan) dan ‘U’ (Utara). Lihat berapa milimeter jaraknya (gbr. 3). Ukuran itu dijadikan sebagai patokan besar diameter slang bensin.

Perlu diingat, jarak efektif menentukan diameter slang bensin. Sebab disitu terjadi imbas magnet yang mempengaruhi molekul bensin agar mudah pecah. Dan jika slang bensin kekecilan, harus diganjal supaya ukurannya sama dengan jarak efektif. Pengganjalnya bebas, boleh karet atau bekas slang lagi.

Setelah ukuran slang pas atau sudah diganjal, tempelkan dua magnet di slang bensin dekat karbu sesudah saringan. Posisinya ‘U’ menghadap ‘S’ agar saling menempel (gbr. 4). Biar tidak jatuh, gunakan cable-tie untuk mengikatnya. Gampang dan murah meriah.
LABORATORIUM TEKNIK MESIN ITS
Telepon : (031)-592 2941
Faksimile : (031)-594 6230

ALASAN BIKIN HEMAT

Unsur kimia bensin yaitu iso oktan (C8H18) dan n-pentana (C5H12). “Medan magnet mempengaruhi kandungan karbon (C) dan hidrogen (H) dalam bensin. Hingga bisa memaksimalkan proses pembakaran dan mengurangi kadar CO2,” jelas DR. Ir. H. Djoko Sungkono Kawano M. Eng. Sc.

Tapi, “Perlu diperhatikan juga cara pasangnya,” ingat Djoko. Ada beberapa syarat yang harus dilakukan supaya medan magnet berpengaruh terhadap aliran bahan bakar di slang bensin. Pertama, slang bahan bakar harus terbuat dari bahan non metal.

Selanjutnya posisi pemasangan juga harus diperhatikan. Jangan dipasang melintang. Bisa ditempatkan di luar slang. “Abaikan kedua kutubnya, atur magnet secara sejajar dengan slang bahan bakar,” ujar Djoko lagi.

Terakhir, supaya tetap bisa bekerja mempengaruhi senyawa bensin. Jauhkan dari benda lain yang juga mengandung magnet. Dombos
IBARAT ANTRE TIKET

Bagaimanasih ceritanya kok medan magnet berpengaruhbuat pembakaran mesin? Dengar nih penjelasannya.Pria berusia 60 tahun mengibaratkan sekumpulan orangdi depan loket mau beli tiket. “Bila antri secara rapi tentu pakaian tidak lusuh, badan tidak berkeringat dan cepat memperoleh layanan,” jelas Djoko memberi contoh.

Begitu juga dengan bahan bakar yang mengalir. Unsur karbon dan hidrogen akan tertata saat melintasi medan magnet yang kita ciptakan. Hingga kedua unsur tidak lagi tercampur.

Dan, “Secara teratur bergantian mengalami proses pembakaran. Keadaan ini yang bisa membuat kandungan zat berbahanya CO2 atau CO,” jelas Djoko Sungkono panjang-lebar.


sumber : motorplus-online

Image

hasil tes
Image
3. turbo ventilator
macem kipas gitu bentuknya, langsung aja gambar sama penjelasan produknya ya

VENTILATOR merupakan alat induksi udara yang menambah pasokan udara yang masuk ke dalam Ruang Pembakaran. Setelah Memasang ini, tidak perlu memanipulasi data ECU, karena udara yang masuk masih bisa diatur secara otomatis oleh ECU. Tidak seperti TURBO KIT (yang harus disesuaikan menggunakan Piggyback). Jadi tinggal pasang dan langsung dipakai saja. Rasakan Sendiri BEDAnya. .

Bahan Kipasnya dibuat dari Stainless STEEL dan bearing berkualitas tinggi.
gak ada kata rusak deh. .
fungsi:
-Meningkatkan efisiensi BBM 15% ++
-Meningkatkan tenaga mesin
-Mengurangi carbon pada mesin
-Menambah akselerasi mobil
-Bisa dipasang di semua mobill (sesuai ukuran piping dan gak bisa bt karburator)
-Yang pasti ngilangin "ngempos" dari mobil Anda

VENTILATOR merupakan alat induksi udara yang menambah pasokan udara yang masuk ke dalam Ruang Pembakaran. Banyak orang yang udah cobain. ,,dan akuin bedanya. ,. ,TOP abies deh. ,. ,

Image

untuk sementara ini dulu deh, masih banyak sih. tapi menurut saya 3 produk ini yg paling banyak testimoni positifnya dan secara penjelasan juga masih nyangkut diotak awam saya :big_think:
User avatar
DDR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
Location: Jakarta & Bekasi

Re: pendapat suhu2 terkait alat2 hemat BBM ini

Post by DDR »

Ane sih agak ragu pasang alat alat atau tambahan kaya begini bro... Ngikutin aliran standar aja ane mah hehehe... Yang penting jadwal maintenance mobil ttp dijaga... Dulu kala, jaman ane pake Terios, ane pake Voltage Stabiliser, pake busi Iridium, pake Filter udara merek tertentu, dan macem macem merek additive, ngga begitu kerasa, kalaupun ada kaya nya suggestive deh...

Additive bensin juga ane ngga pake, selalu pake Shell Super atau Pertamax.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: pendapat suhu2 terkait alat2 hemat BBM ini

Post by Turboman »

Gak perlu yg aneh2

Yg penting mesin sehat dan bersih, Carbon Clean dan purging injector

Lalu gunakan oli viskositas rendah spt 5W30 or 0W30

bahkan utk bbrp mesin tertentu yg diijinkan 0W20 maka gunakanlah 0W20

Jaga tekanan ban, jangan pakai ban lebar, gunakan ban dgn Rolling resistance rendah.

Poles body mobil anda selalu spy hambatan angin berkurang.

Gaya Mengemudi

Inilah yg terpenting, selalu Pulse n Glide, alias toel2 pedal gas secukupnya dan meluncurlah sebanyak2-nya

Intinya :
- Meluncur sebanyak2-nya
- Gas secukupnya
- Rem secukupnya
- Saat berhenti selalu pindahkan tuas ke N (jika matic)

Akan sgt membantu jika mobil dilengkapi consumption meter spt Bar graph atau jarum

Saat di lampu merah dgn counter / menunggu selalu matikan mesin.

Jika anda sudah sampai tahapan "mengerem bisa dihitung sebelah tangan" maka keberhasilan penerapan Pulse n Glide nya sudah bagus, dengan catatan tetap perhatikan aspek safety driving

Ini salah 1 contoh :
http://www.youtube.com/watch?v=49Zyyhqwh30

Perhatikan cara nge-gas nya

Hanya di video tsb yg saya pribadi gak aplikasikan :
- Matikan mesin saat meluncur
- Ngerem panjang menjelang lampu merah

di Video tsb menggunakan prius yg mana saat ngerem justru ngecharge batere (regenerative braking) dan saat coasting otonatis mesin mati sendiri & yg kerja rem electric (regen braking)

sedangkan kita pakai mobil konvensional.
* Bukan ajakan Beli *
ammophobia
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Mon Jul 31, 2006 10:32

Re: pendapat suhu2 terkait alat2 hemat BBM ini

Post by ammophobia »

Setuju dengan om Turboman, tidak perlu pasang alat tambahan apapun karena mostly tidak memberikan efek sesuai yang dijanjikan. Belajar mengaplikasikan pulse & glide, jangan sering menunggu di mobil dalam keadaan mesin menyala, dan yang ingin saya tambahkan, belajar untuk mencari rute alternatif yang tidak banyak lampu merah atau titik kemacetan. Biarpun kelihatannya lebih jauh, tetapi kalau dihitung selisih rata-rata konsumsi bahan bakarnya, bisa jadi lebih hemat. Sekalipun ternyata tidak ada penghematan signifikan dalam total cost bahan bakar, mesin mobil akan jauh lebih sehat karena tidak sering tersiksa sesak nafas di tengah kemacetan.

Selain itu, hal lain yang bisa dilakukan adalah, di malam hari ketika udara tidak panas, temperatur pada thermostat AC bisa dinaikkan sampai batas toleransi kenyamanan anda, dengan melakukan hal ini, maka kompresor AC tidak akan menyala non-stop, sehingga mengurangi beban mesin. Tetapi dari pengalaman saya, gain nya tidak begitu signifikan, sehingga kalau memang dirasa merepotkan, metode ini bisa di skip saja. Yang paling signifikan menurut saya adalah menghindari rute macet atau lampu merah yang menyebabkan mobil banyak berhenti / idle.

Saya pribadi setelah mengaplikasikan hal-hal diatas, tanpa prosedur mematikan mesin di lampu merah (Surabaya panas, hehe), bisa meningkatkan rata-rata konsumsi bahan bakar dari 10-11 km/l menjadi 12-13 km/l, tanpa alat apapun. The best devices for efficient driving are your brain and your right foot.
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: pendapat suhu2 terkait alat2 hemat BBM ini

Post by POS VETT »

Gw ndak percaya dengan alat2 seperti itu. Sayangnya bokap, oom2, dan anggota keluarga lainnya percaya betul dengan yang beginian.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
ammophobia
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Mon Jul 31, 2006 10:32

Re: pendapat suhu2 terkait alat2 hemat BBM ini

Post by ammophobia »

Oh ya, ada lagi yang perlu diperhatikan, adalah untuk berekspektasi yang wajar saja sesuai dengan mobil yang anda gunakan. Carilah informasi dari pengguna mobil yang sama dengan jenis rute yang mirip-mirip, berapa rata-rata konsumsi bahan bakar mereka. Misal ternyata rata-rata konsumsinya adalah 8 km/l, maka dengan memperbaiki teknik mengemudi dan pemilihan rute, masih wajar untuk mengharapkan peningkatan menjadi 9-10 km/l, angka tersebut sudah cukup baik karena sudah lebih efisien dari angka untuk mobil tersebut pada umumnya. Jangan terlalu mengharapkan anda bisa mendapatkan konsumsi rata-rata 12 km/l untuk rute yang sama, apalagi sampai diatas 15 km/l (kadang ada penjual alat penghemat BBM yang menjanjikan angka bombastis seperti ini). Logika saja, kalau dengan alat senilai Rp 5 juta or under anda bisa mendapatkan efisiensi yang sebegitu fantastis, pabrikan mobil tidak perlu susah-susah mengembangkan teknologi efisiensi macam SkyActiv, EarthDreams, etc., cukup beli saja alat tersebut dan pasangkan di setiap mobil yang akan dijual ke customer.

Hati-hati dengan placebo effect, terkadang begitu memasang alat semacam itu, anda akan tersugesti karena kadang secara tidak sadar, anda tentu tidak ingin rugi dengan uang yang sudah dikeluarkan, sehingga you really want to believe it was worth your money.
User avatar
dream_theater
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Thu Dec 03, 2009 2:31
Location: Semarang
Daily Vehicle: Xpander exceed AT

Re: pendapat suhu2 terkait alat2 hemat BBM ini

Post by dream_theater »

Nubi urun rembug sebisanya, kalo ada yg gak bener mohon diluruskan...

1. Untuk minyak urut, ane pernah coba di tavera gak ngaruh secara signifikan... :shrug: tp rekan2 SM lain ada yg merasakan efeknya. Bisa dicoba sendiri.

2. Alat pengirit semacam magnet, turbin siklon, ionizer, water injection dll pernah ditest oleh majalah Popular Mechanics, dulu om Turbo sempat kasi link: http://www.popularmechanics.com/cars/al ... ge/1802932

Hasilnya:
THE MORAL OF THE STORY
We've tested nowhere near all of the fuel-saver gadgets on the market, and I'm sure purveyors of others will be waiting in our lobby soon. But not one of the items we tested worked. At all. There's no ignoring the laws of physics, people. Your vehicle already burns over 99 percent of the fuel you pay for. Less than 1 percent is squandered as partially burned hydrocarbons and carbon monoxide before the exhaust hits the catalytic converter for the last laundering. Even if one of these miracle gadgets could make the combustion process 100 percent complete, the improvement in mileage resulting would be 1 percent. Any device that claims quantum-level increases needs to be examined with considerable skepticism.

We say caveat emptor (let the buyer beware). But there are plenty of people out there who say: "There's one born every minute." Prediction: Within a few weeks after the appearance of this article, there will be gas-saving gadgets on the market that tout themselves as "Featured in Popular Mechanics." Someone will buy them. Probably not you.

Read more: Looking For A Miracle: We Test Automotive 'Fuel Savers' - Popular Mechanics
Follow us: @PopMech on Twitter | popularmechanics on Facebook
Visit us at PopularMechanics.com
- Ada lagi tes oleh Majalah Car and Driver, bisa langsung ke TKP: http://www.caranddriver.com/features/fu ... er-gearbox
Hasilnya tidak seperti klaim pembuatnya, paling pol cm hemat 2%, itu juga pada kecepatan tertentu (pada tes tsb 35 mph)

- consumerreports.org pernah menguji 3 alat penghemat BBM dalam artikel "Gas-saving devices tested
These products that claim to improve fuel economy still don’t work". Kutipannya:
The bottom line: The best way to get the best mileage from a tank of gas is to follow the vehicle manufacturer's service schedule and fine-tune your driving habits. To learn more about saving fuel, see our guide to fuel economy.

(http://consumerreports.org/cro/2012/01/ ... /index.htm)

- caradvice.com juga melaporkan: "Fuel Saver Devices Don’t Work" (http://www.caradvice.com.au/101317/fuel ... dont-work/)

- Artikel lain : Gas-saving devices mostly a scam (By Julie Sturgeon, Bankrate.com) link: http://www.bankrate.com/finance/money-g ... cam-3.aspx

3. Untuk ventilator yg diletakkan pada saluran masuk udara (baik yg statis atau bisa berputar), seorang modifikator mesin bilang bahwa pada putaran mesin tinggi justru akan menghalangi aliran udara ke mesin.

Untuk metode lain seperti HCS (Hydrocarbon Cracked System) yg menambahkan uap hidrokarbon (misal dari pertamax plus) ke mesin, ane belum coba. Kalo baca testimoni pemakainya sih sepertinya meyakinkan, terutama dari owner mobil2 gajah tukang minum seperti Carnival bensin.

Testimoni pemilik mobil yg sudah menjalani TUSS, dgn gaya berkendara yg sama, mobilnya jadi lebih irit. Ane sendiri belum coba.

Kalo mau irit, mending :
- sehatkan dulu mobil kita, baik jeroan mesin dari kerak2 karbon, filter udara, kelistrikan, perangkat pemindah daya (kopling), kondisi ban & aksesori2 eksterior yg tidak perlu.
- menyekolahkan kaki kanan (pake teknik pulse & glide spt dibilang Om Turbo, menjaga emosi saat berkendara, meluaskan pandangan ke depan agar bisa mengantisipasi kondisi lalin) dll.
- Menambah nilai aerodinamika mobil (tp ane sendiri gak ngerti caranya). Contoh di kendaraan besar spt truk, penambahan side skirt utk menambah aerodinamika bs mengurangi konsumsi BBM sampai 7,45% (link: http://www.truckinginfo.com/channel/aft ... mance.aspx)
Image

Image
CMMIW... :thanks:
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: pendapat suhu2 terkait alat2 hemat BBM ini

Post by AD74YA »

Semua comment sudah perfectly well-said.

Ventilator terutama, for me, merupakan alat yang paling bego. Secara semua pabrikan udah memberikan efek spiral di intake nya.. Honda contohnya dengan TBR di i-VTEC. Apa ngaruhnya makin di tambah kipas di ujung intake? Udara makin padat? Non-sense.

Seperti komen bro Ammo, placebo effect, sangat berbahaya.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
hadiyanfa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 189
Joined: Tue Feb 04, 2014 15:29

Re: pendapat suhu2 terkait alat2 hemat BBM ini

Post by hadiyanfa »

wah penjelasannya MANTAAABBBB...!!! emang bedalah kalau pakar yg angkat bicara. :big_exellent:

terimakasih banyak mas DDR, Turboman, POS VETT, aamophobia, dream_theater & AD74Y4 atas ilmunya. especially buat mas Turboman, ammophobia dan dream_theater yg udah berkenan menulis panjang lebar dimari.
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6014
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: pendapat suhu2 terkait alat2 hemat BBM ini

Post by artoodetoo »

Saya pake minyak urut.
Terasa ada peningkatan penghematan BBM, setidaknya di MID terlihat lebih irit.
Bagi saya, pengiritan itu terjadi karena ada peningkatan performa, jadi di RPM sama, kecepatan bisa lebih tinggi, jadi untuk konsumsi BBM sama jarak yg ditempuh lebih jauh.
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: pendapat suhu2 terkait alat2 hemat BBM ini

Post by JESKONENG »

mengenai penghematan dng minyak urut (Norival) is not only well said, but also well proven ... not only by some drivers, but hundreds of drivers...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Salvanost
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3281
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: pendapat suhu2 terkait alat2 hemat BBM ini

Post by Salvanost »

Jangan lupa dilarang bawa nonik,
Tambahan berat 40kg +15 kg tas dan spatu dijamin bikin bbm makin boros
Jadi nonik2 yg cantik tolong disumbangkan buat yg ga peduli bbm boros apa ga :big_smoking:

Oh iya kalau saya cukup nampung alat2 audio aja, mau berat 15kg-30an kilo gapapa dengan senang hati asal biaya pasang juga gratis :big_slap:

Jadi inget post audio, per/shock belakang wajib di upgrade gara2 beban dari alat audio terlalu berat
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: pendapat suhu2 terkait alat2 hemat BBM ini

Post by ecco »

hadiyanfa wrote: ...cut

3. turbo ventilator
macem kipas gitu bentuknya, langsung aja gambar sama penjelasan produknya ya

VENTILATOR merupakan alat induksi udara yang menambah pasokan udara yang masuk ke dalam Ruang Pembakaran. Setelah Memasang ini, tidak perlu memanipulasi data ECU, karena udara yang masuk masih bisa diatur secara otomatis oleh ECU. Tidak seperti TURBO KIT (yang harus disesuaikan menggunakan Piggyback). Jadi tinggal pasang dan langsung dipakai saja. Rasakan Sendiri BEDAnya. .

Bahan Kipasnya dibuat dari Stainless STEEL dan bearing berkualitas tinggi.
gak ada kata rusak deh. .
fungsi:
-Meningkatkan efisiensi BBM 15% ++
-Meningkatkan tenaga mesin
-Mengurangi carbon pada mesin
-Menambah akselerasi mobil
-Bisa dipasang di semua mobill (sesuai ukuran piping dan gak bisa bt karburator)
-Yang pasti ngilangin "ngempos" dari mobil Anda

VENTILATOR merupakan alat induksi udara yang menambah pasokan udara yang masuk ke dalam Ruang Pembakaran. Banyak orang yang udah cobain. ,,dan akuin bedanya. ,. ,TOP abies deh. ,. ,

Image

untuk sementara ini dulu deh, masih banyak sih. tapi menurut saya 3 produk ini yg paling banyak testimoni positifnya dan secara penjelasan juga masih nyangkut diotak awam saya :big_think:
Gak bisa komentar buat yang lain, tapi buat yang satu ini...pengalaman menunjukan tidak menaikan FC.
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: pendapat suhu2 terkait alat2 hemat BBM ini

Post by VanzMatic »

Kalau di saya pribadi sebagai user, saya masih pakai Norival di sampan metik saya.
Worth it secara pribadi.

Yang jelas, bini setelah kursus nyetir pakai ANEX manual lantas pindah nyetirin sampan metik ane, langsung jiper dia, dia bilang gasnya sampan metik ane galak bet.. takut nyosor kalo rame...

Itu aja.

:big_exellent:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
hadiyanfa
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 189
Joined: Tue Feb 04, 2014 15:29

Re: pendapat suhu2 terkait alat2 hemat BBM ini

Post by hadiyanfa »

nah klo ini gimana suhu2. sempet masuk koran online. dan beberapa foto menunjukkan peningkatan FR yg sangat signifikan.
http://www.hydropowerbdg.bravesites.com/
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: pendapat suhu2 terkait alat2 hemat BBM ini

Post by ecco »

Om, kalo sekarang dalkot udah 1:12 kayaknya udah dewa banget tuh...mending simpen duitnya buat kebutuhan lain...kecuali emang kelebihan he..he..he..yaris saya aja dulu vpower dapetnya 1:12 juga...tiap isi bbm geseknya berasa.
Dulu waktu pakai oreo pernah nyobain alat yang namanya Broquet (bener gak sih tulisannya), yang katanya naikin power dan hemat bbm walaupun pakai premium. hasilnya pakai premium serasa pakai pertamax, tapi FC sami mawon alias gak tambah irit cuman tenaga lebih enak aja (testi sopir)...
udah nyoba macem2 Om, yang tablet MPG juga udah...salah dosis bukan tambah irit malah ngocor.
Sekarang lagi mo nyoba norival karena beberapa rekan SM merasakan efek positif he..he..he..padahal baru abis duit banyak buat tuss :big_slap:
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi