Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
lagi lagi merepotkan para master disini
kali ini mohon advice para master , tadi pagi, waktu menyalakan AC , dari blower AC hanya keluar angin , dan tidak ada suara " TEK " tanda kompresor bekerja , waktu dibuka di kabin mesin , puli AC berputar karena engine berputar tapi bagian depan kompresor yang biasanya berputar , diam saja tidak berputar .
mohon bantuannya apa yang mesti diservis dan berapa perkiraan biaya nya ?
doq wrote:Puli kompressor nya ga mau engage ya oom?
kemungkinan nya magnetic clutch kompressor sudah lemah dan mesti diganti cmiiw
betul sekali ngga mao engage , kalo ganti magnetic clutch , semua bengkel ac bisa yah dan harga nya kisaran berapa yah , takutnya diboongin disuruh ganti kompresor 1 set baru gitu, sekarang pake sanden tipe 507 .
Klo soal harga part sy kurang paham oom,sebaik nya di cek ke beberapa toko aja biar tau harga pasaran nya.
Btw yg dibilang oom vett bener jg, ada kemungkinan tekanan freon kurang atau bahkan kosong.......minta bengkel ac utk cek tekanan dulu aja.
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam WE are watching
lagi lagi merepotkan para master disini
kali ini mohon advice para master , tadi pagi, waktu menyalakan AC , dari blower AC hanya keluar angin , dan tidak ada suara " TEK " tanda kompresor bekerja , waktu dibuka di kabin mesin , puli AC berputar karena engine berputar tapi bagian depan kompresor yang biasanya berputar , diam saja tidak berputar .
mohon bantuannya apa yang mesti diservis dan berapa perkiraan biaya nya ?
terima kasih
Itu magnetic clutch-nya pak
Mobilnya udah di atas 4 tahun ?
Memang utk kompressor AC mobil2 tertentu mag clutch ada umurnya
Periksa dr subsistem terdepan dulu, hal yg simple dulu. Relay dan Fuse.
Klo relaynya dan koneksi2 thdp relay tsb dah yakin bener, br beranjak ke hal lbh lanjut.
Yaitu memastikan apkh clutch nya msh bener atau ga. Caranya? ya lansgungin aja pk kabel ke accu. Enggage atau tdk.
Stlh bener2 yakin di point ini, baru lanjut ke langkah2 brkiutnya spt pressure dll dll...
kalo ama rpm itu ada pengaruh gak ya? soalnya di baenol ane pernah kejadian rpmnya rendah banget (sekitar 3 bar di tachometer) kayaknya 600-700an rpm gitu, pas AC dinyalain dia on bentar trus off, on lagi off lagi
tapi klo rpmnya normal (900-1000 rpm) AC nya berfungsi normal dan tetep dingin.
Jangan terlalu cepar ngejudge kompresor magnetic clutch lemah. Bisa jadi setelannya saja. Karena ada keausan maka celah pulley dan magnet terlalu renggang. Cukup ambil satu atau beberapa ring spacer yg berguna menyetel celah magnet dan pulley. Sehingga kerenggangannya lbh rapat. Tidak ada yg perlu diganti partnya. Dijamin masalah selesai. Nb magnet clutch ac jarang rusak lho. Justru kompresor dan bearing ac sering bermasalah
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
kyknya penyebabnya dari Magnetic Clutch, bisa magnetic clutchnya emang rusak atau hanya kabelnya aja yg lepas ato kendor. coba aja diliat deket pulley komp biasa ada kabel buat magnetic clutchnya.
salam para master di sini, masukan nya sungguh berharga
mobil saya suzuki carry minibus, saya bawa ke BENGKEL AC Triyono di Otista , diagnosa beliau adalah freon habis karena bocor di klemp kompressor yang kendor karena goncangan mobil di jalan .
setelah di isi penuh lagi, dan klem klem sambungan di cek dan di kencengin , kompressor engage lagi .
mobil ane dryer bottle nya pakai sekring kata nya beliau jadi begitu freon kosong, kompressor diamankan ngga muter , begitu sih kata pak Triyono di Bengkel AC Triyono Otista.
Tapi beliau juga bilang bisa juga memang dari magnet nya tapi cek yang mudah dulu, freon n bocor.
sekian dan terima kasih sekali masukan berharga para master di sini
Mozawa wrote:Jangan terlalu cepar ngejudge kompresor magnetic clutch lemah. Bisa jadi setelannya saja. Karena ada keausan maka celah pulley dan magnet terlalu renggang. Cukup ambil satu atau beberapa ring spacer yg berguna menyetel celah magnet dan pulley. Sehingga kerenggangannya lbh rapat. Tidak ada yg perlu diganti partnya. Dijamin masalah selesai. Nb magnet clutch ac jarang rusak lho. Justru kompresor dan bearing ac sering bermasalah
kalo ama rpm itu ada pengaruh gak ya? soalnya di baenol ane pernah kejadian rpmnya rendah banget (sekitar 3 bar di tachometer) kayaknya 600-700an rpm gitu, pas AC dinyalain dia on bentar trus off, on lagi off lagi
tapi klo rpmnya normal (900-1000 rpm) AC nya berfungsi normal dan tetep dingin.
Rpm rendah banget itu saat gimana oom?
Mungkin ga ya idle up nya ga beres?
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam WE are watching
salam para master di sini, masukan nya sungguh berharga
mobil saya suzuki carry minibus, saya bawa ke BENGKEL AC Triyono di Otista , diagnosa beliau adalah freon habis karena bocor di klemp kompressor yang kendor karena goncangan mobil di jalan .
setelah di isi penuh lagi, dan klem klem sambungan di cek dan di kencengin , kompressor engage lagi .
mobil ane dryer bottle nya pakai sekring kata nya beliau jadi begitu freon kosong, kompressor diamankan ngga muter , begitu sih kata pak Triyono di Bengkel AC Triyono Otista.
Tapi beliau juga bilang bisa juga memang dari magnet nya tapi cek yang mudah dulu, freon n bocor.
sekian dan terima kasih sekali masukan berharga para master di sini
Sekedar nambahin...
Lebih tepat nya pressure switch namanya om bukan sekring...dn benar fungsinya mengamankan kompresor dr kerusakan termasuk bila terjadi high pressure krn rpm tinggi p.switch akan cut off kompresor jg,krn itu p.switch dual action cut off... low n high pressure.
salam para master di sini, masukan nya sungguh berharga
mobil saya suzuki carry minibus, saya bawa ke BENGKEL AC Triyono di Otista , diagnosa beliau adalah freon habis karena bocor di klemp kompressor yang kendor karena goncangan mobil di jalan .
setelah di isi penuh lagi, dan klem klem sambungan di cek dan di kencengin , kompressor engage lagi .
mobil ane dryer bottle nya pakai sekring kata nya beliau jadi begitu freon kosong, kompressor diamankan ngga muter , begitu sih kata pak Triyono di Bengkel AC Triyono Otista.
Tapi beliau juga bilang bisa juga memang dari magnet nya tapi cek yang mudah dulu, freon n bocor.
sekian dan terima kasih sekali masukan berharga para master di sini
Sebetulnya mendeteksi freon habis mudah sekali, tinggal liat kaca intip yg di pipa freon, kalo terlihat kosong ya wes dah
dan itu semua ditulis dalam buku manual kendaraan
So ga usah bingung
saran saya :
Jika mobil sudah berumur / komponen2 AC nya dah berumur sekalian juga di cek evaporatornya, kalo evap dah keropos parah biasanya umur gak lama lagi
salam para master di sini, masukan nya sungguh berharga
mobil saya suzuki carry minibus, saya bawa ke BENGKEL AC Triyono di Otista , diagnosa beliau adalah freon habis karena bocor di klemp kompressor yang kendor karena goncangan mobil di jalan .
setelah di isi penuh lagi, dan klem klem sambungan di cek dan di kencengin , kompressor engage lagi .
mobil ane dryer bottle nya pakai sekring kata nya beliau jadi begitu freon kosong, kompressor diamankan ngga muter , begitu sih kata pak Triyono di Bengkel AC Triyono Otista.
Tapi beliau juga bilang bisa juga memang dari magnet nya tapi cek yang mudah dulu, freon n bocor.
sekian dan terima kasih sekali masukan berharga para master di sini
Sebetulnya mendeteksi freon habis mudah sekali, tinggal liat kaca intip yg di pipa freon, kalo terlihat kosong ya wes dah
dan itu semua ditulis dalam buku manual kendaraan
So ga usah bingung
saran saya :
Jika mobil sudah berumur / komponen2 AC nya dah berumur sekalian juga di cek evaporatornya, kalo evap dah keropos parah biasanya umur gak lama lagi
Kalo bmw gimana ngintipnya om.
Contoh E36 kan dryernya ga ada permukaan kacanya. Rapet aja ga ada yang bisa diiintip.
octafiantos wrote:Kalo bmw gimana ngintipnya om.
Contoh E36 kan dryernya ga ada permukaan kacanya. Rapet aja ga ada yang bisa diiintip.
Sent from my R821 using Tapatalk
gampang,
1. hembusan udara A/C dinginnya masih nyengat apa enggak?
2. kalo udah nggak terlalu dingin, coba periksa semua jalur pipa dan selang A/C di setiap sambungannya, ada rembes minyak/oli apa enggak. paling sering seal di sambungan udah gepeng karena umur, dan pasti ada kotoran/debu yang nempel di tempat bocor itu.
seal kecil kaya gitu biasanya minta tanpa bayar juga pasti dikasih, yang mahal isi freon dan pelumasnya.
untuk beberapa jenis mobil biasanya ada sensor untuk tekanan freon terpasang dekat dryer. fungsinya mematikan kompresor A/C kalo terjadi kebocoran freon atau tekanan freon kurang dari semestinya.