Review BMW F10 M5 2012

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Review BMW F10 M5 2012

Post by madcat015 »

Selamat siang kembali nubie haturkan kepada para silent readers, members, momods, dan tak lupa, para OOTers...

Ijinkan nubie paling sotoy untuk meripiu mobil lagi... karena nubie masih punya utang ripiu mobil setan terakhir dari negeri Aria... :mky_01:

=====================

Saat lagi santai bersama Mr. V, sang psikopat itu...

Tiba2 ada telpon dari dari dealer di HR Muhammad...

"Pak kucing, unit F10 uda ada, mw liat?"

Tanpa banyak tanya, ane meluncur ke sana. F10, mobil yang jadi korban krisis middle age temen ane... Dipasang berbagai macam aksesoris M Division. Rada apatis sih...

Begitu sampai, tepat seperti dugaan ane, F10 dengan aksesoris yang menunjukkan adanya krisis paruh baya...

Tetapi, si sales yg melihat raut muka ganteng ane yg berubah jadi lebih cool, lgs menyalakan mesin dan... oh my! :big_chicken:

The real BMW F10 M5 2012! :mky_02: :mky_02: :mky_02:

=====================

Eksterior

Standar ala F10 atau 5-series... :big_smile]

Dengan satu perbedaan yang ga bakalan dilakukan sama M wannabe... (M ini adalah divisi enjineer sinting BMW, entah kepanjangan nya apa. Sepertinya kepanjangan M adalah Madcat Division): side air vent...

Kecil kemungkinan seorang owner F10 biasa akan membuat lubang di belakang fender depan... asuransi dan garansi langsung void...

Velg menggunakan standar divisi M, 19 inch multispoke... Ukuran ban lupa liat. Tetapi seperti sedan setan pada umumnya, master brake bisa di cat sesuai keinginan, tetapi di mobil ini di biarkan warna silver dengan logo M tergrafir. Disc brake di keempat rodanya menggunakan cross drilled ventilated disc. Terlihat sporti? Ya. Tapi siapa yg bakal memperhatikan ini? :e-think:

Image

Muncung sedan saloon 4 door ini cukup panjang dengan beberapa lekukan di bonnet... which is bad. Karena ga keliatan bedanya dengan F10 biasa. Minim kasi air vent di atas bonnet lah... :big_slap:

Image

Bokong mobil ini yang menarik... twin tailpipes dengan emblem terhormat M atawa Madcat Division... Menunjukkan trah motoracing BMW yang tidak perlu diragukan lagi... semakin manis dengan diffuser segede gaban di bawah bokong....

Image

Secara keseluruhan, F10 M5 tidak terlalu keliatan berbeda dibandingkan F10 biasa... Sleeper car? Mungkin...

======================

Interior

Sebelumnya, ane minta maaf karena hanya punya satu poto interior. Kehabisan batere saat poto2 mobil ini di Sby Barat. :ungg:

Desain standar BMW yang jujur aja: mulai membosankan. :big_sorry:

Interior M5
Image

Interior Seri-6 GranCoupe yang ane culik
Image

Keduanya nyaris sama persis, bagai duren dibelah golok... :big_slap:

Anyway, satu hal yang ane perhatikan. Di batch 2012 ini, F10 M masih menggunakan softpad di dashboard two tone nya (yang parahnya, bagian berwana silver terbuat dari plastik keras) dan sebagian trim pintu. Menyedihkan, mengingat saingan terdekatnya: Porsche Panamera Turbo dan Mercedes W218 63 CLS AMG menggunakan full leather atau kulit dengan piano finish yang mewah.

Di divisi sound system juga menyedihkan. Masih menggunakan HiFi Standar BMW, sementara Bang n Olufsen hanya sebagai opsi. Di W218CLS 63, ada Harman Kardon dan di Panamera ada Bose (dapat diupgrage ke Burmester).

Untungnya, di 2013 ini, sudah diberikan full leather interior dan bebalnya, sound system yang sama. :big_slap:

Tipe kursi adalah M Seat dengan kulit halus berkualitas tinggi dan berwarna hitam. Logo M segede gaban di bordir di head rest selalu mengingatkan kepada pemilik mobil: Ingat, ini bukan F10 biasa, ini F10 M! Madcat Division!

Berbicara tentang logo M, begitu banyaknya logo M division di dashboard. Mulai setir, shift knob, tombol M di center console, di instrument cluster, dan di banyak tempat lainnya.

O iya, berbeda dengan F10 pada umumnya, instrument cluster M5 sudah menggunakan M Instrument Cluster yang hampir semuanya terdiri dari layar komputer. Terdapat MID di bawah speedo dan tacho meter. Dan tak lupa, MID segede gaban di tengah instrument cluster.

Center console dan center dash standar BMW, tentu saja dengan tambahan tombol untuk setting suspensi, DSC, dll. Dan tak lupa, sekali lagi, logo M.

Legroom sangat luas baik di depan dan belakang, mengingat ini adalah saloon biasa yang dioprek oleh M division dengan penuh hasrat. Untuk penghuni baris kedua, juga diberikan AC dengan pengaturan individual.

Kualitas pembuatan setir sangat baik, dengan lapisan nappa leather yang keset... jadi ga bakal licin... *sepertinya direndem dalam larutan air sirih... :ngacir: * dan paddle shift dari polished aluminium yang mewah.

Ane terdoktrinasi dengan begitu banyaknya huruf M yang ane liat saat itu... :big_chicken:

========================

Under the Cup!

M division mencemplungkan mesin S63 V8 4400cc twin turbo dengan 560hp dan 502nm pada versi 2012 ini yang akan dikombinasikan dengan transmisi M dual-clutch 7 percepatan langsung ke roda belakang.

Image

Untuk versi 2013, mesin dioprek dan torsi menjadi 680nm sementara power tetap sama.

Tenaga akan dikendalikan dengan Active M-Differential... yang akan mengatur kecepatan rotasi secara independen untuk ban belakang kanan dan kiri secara terpisah.

========================

Driving Impression

Sebelum menutup pintu mobil dan cabut ke salah satu kompleks perumahan di Sby Barat, ane iseng menekan pedal gas hingga 4000 rpm... Suara raungan mesin terdengar gahar, agak sedikit tajam dibandingkan Merc W218 CLS 63 dan sedikit lebih lirih dibandingkan Panamera.

Tapi begitu gas dilepas, "BRAAPPPP!!!" suara letupan tertahan. Oh my! bayangkan hal ini terjadi di tiap kali pergantian gigi... menyenangkan. Seperti nya knalpot standar M5 dilengkapi dengan butterfly valve di resonator, untuk membuka dan menutup secara otomatis... :mky_02:

Ane menyetel semuanya ke mode normal, setir terasa nyaman dan ringan. Meskipun menggunakan M Servotronic alias EPS... Di kecepatan rendah terasa sangat ringan dengan assist nya, dan seiring dengan bertambahnya kecepatan akan semakin berat. Namun, dalam kondisi apapun, tetap memberikan akurasi dan feedback layaknya Hydraulic PS.

Suspensi dalam kondisi normal terasa stiff, lebih stiff dari F10 biasa. Sistem suspensi yang dinamakan dengan M Suspension akan mengatur tingkat setting suspensi Normal, Sport, dan Sport+.

Semua diatur via tombol M Drive di steering wheel. Kurang puas, ada tombol M dan tombol setting kendaraan di dekat tuas transmisi.

Kekedapan kabin baik, dan gemuruh ban sayup2 terdengar di jalan paving.

Ane iseng menekan pedal gas, akselerasi baik tapi tidak segila W218 CLS 63. Rem standar mobil setan, lembut tapi begitu diinjak rada keras, badan seakan2 dilempar ke depan. Berkat turbo, torsi di low rev terasa cukup signifikan. Dan dibantu dengan transmisi yang cukup baik, shifting terasa halus dan meski rada lemot, transmisi bakal memilih gear yang cocok.

Handling dan cornering: luar biasa... Ban menapak ke tanah dengan baik dan nyaris tidak kehilangan traksi. Dibantu setir yang akurat, M5 is definitely top notch around the corner. Injak gas dalam2 sambil membelokkan setir. Yes! Power slide. Cukup mudah dilakukan dalam kondisi setting normal meski sway agak terasa. :big_exellent:

Lakukan hal tsb pada Panamera, bokong akan mengayun lembut. Lakukan hal yang sama pada W218 CLS 63, bokong mobil bakal pindah ke depan dan muncung bakal pindah ke belakang, mobil spin. :ngacir:

Setelah mengganggu ketenangan di kompleks tersebut, ane kembalikan unit ke dealer... karena tangki bensin mw habis... :big_weee:

======================

Verdict

BMW F10 M5 2012.

Mobil setan dengan penampilan malaikat. Saloon dengan jamahan M Division yang terkenal dari BMW...

Sayangnya, bentuk saloon nya ini lah yang menjadi titik terbesar kelemahan nya. Tidak ada bedanya dengan F10 biasa. Kecuali bagi para pecinta ototif yang akan memperhatikan side air vent, atau twin tail pipes, atau diffuser segede gaban.

Untungnya, BMW memperhatikan dan ikut bersimpati bagi para pemilik M5. Begitu banyak logo M bertebaran di mobil ini hingga satu2nya huruf yang terngiang di otak adalah huruf M dengan 3 garis warna: Madcat Division! :big_smoking:

Bijimane pun juga, M5 dibuat untuk melaju terkendali di sirkuit. Habitatnya adalah di tikungan2 tajam dan jalan2 perkotaan. Mobil bisnis tapi juga bisa digunakan untuk track day atau touring keluar kota ke arah pegunungan yang berkabut dengan jalan berkelok2...

Pro: :off_good_job:
- Mesin yang kuat, dan teknologi M mulai dari transmisi, suspensi, elektronik, dan lain2.
- Full saloon, kabin lega.
- Handling sangat baik, dibantu differential pintar di belakang.
- Exhaust system yang cukup menggelegar...

Cons: :off_no:
- Bentuk plek blek persis dengan F10 biasa
- Built quality dibawah setan jalan lain. Plastik masih mendominasi dash
- Sound system nya biasa.
- Hal2 terbaik seperti HUD jadi opsional.
- Hal2 terburuk juga jadi opsional, seperti Active Sound Design yang akan memproses suara dari mesin dan knalpot untuk kemudian diteruskan ke kabin via sound system. Fakeeeee! Daripada mendengar suara sintetis palsu begitu, mending upgrade knalpot.

========================

Head to head comparison

Eksterior:
1 Merc W218 CLS 63 AMG - cantik
2 BMW F10 M5 - sleeper saloon
3 Porsche Panamera Turbo - ugly duckling

Interior
1 Porsche Panamera Turbo - full leather, dengan desain dan perhatian ekstra ke detil, terutama stiching
1 Merc W218 CLS 63 AMG - full leather, beberapa aksen krom, sporty, tuas transmisi cakep benerrrrr...
3 BMW F10 M5 - terlalu banyak plastik, no leather untuk produksi 2012

Sound System
1 Porsche Panamera Turbo - Bose Surround Sound, bisa diupgrade ke Burmester
2 Merc W218 CLS 63 AMG - Harman Kardon
3 BMW F10 M5 - apapun itu yang bisa diupgrade ke Bang n Olufsen plus fitur opsional tak berguna yang dinamakan Active Sound Design.

Exhaust!
1 Merc W218 CLS 63 AMG - mengutip om helm: suaranya seharga 2M
2 BMW F10 M5 - rev ke 4000 dan lepas gas... ekstasi!
3 Porsche Panamera Turbo - all rounder

Power
1 Merc W218 CLS 63 AMG - entah mesin darimana yang dimasukkan, insanity!
2 Porsche Panamera Turbo - V8? Porsche?
2 BMW F10 M5 - M engine mengutarakan segalanya...

Akselerasi
1 Merc W218 CLS 63 AMG - setan jalan
2 Porsche Panamera Turbo - AWD, good but not thrilling
3 BMW F10 M5 - akselerasi cukup buas, tapi terkendala bobot dan bentuk saloon

Handling
1 BMW F10 M5 - Built for cornering and power slide
1 Porsche Panamera Turbo - AWD bliss
3 Merc W218 CLS 63 AMG - designed to kill you and impressing the ladies

Suspensi
1 BMW F10 M5 - basis saloon menawarkan kenyamanan
2 Merc W218 CLS 63 AMG - cukup empuk dan nyaman
3 Porsche Panamera Turbo - keras!

Fun to drive
1 Merc W218 CLS 63 AMG - tersenyumlah, dan silahkan gemetar dengan bokong mobil seliar bokong Inul
1 BMW F10 M5 - menyenangkan di tikungan, bawa mobil ini ke pegunungan
2 Porsche Panamera Turbo - berada di tengah2... dan kurang impresif

Kegilaan
1 Merc W218 CLS 63 AMG - Merc from Hell indeed
2 BMW F10 M5 - terlalu banyak huruf M dimana2, di brosur, di eksterior, di interior, di display, di kursi... bahkan di nick ane!
3 Porsche Panamera Turbo - seriusnya bangsa Jerman bakal terlihat di sini, mobil ini bagaikan seorang direktur perusahaan Jerman

Harga
1 Merc W218 CLS 63 AMG - supercar paket hemat
2 BMW F10 M5 - no nonsense saloon dengan imbuhan M dan price tag naujubile
3 Porsche Panamera Turbo - ummmm... yakin? hanya untuk emblem PORSCHE?

Final score (semakin rendah semakin baik):
15 untuk Merc W218 CLS 63 AMG
22 untuk BMW F10 M5
24 untuk Porsche Panamera Turbo

*disclaimer: perbandingan di atas hanya pendapat subyektif nubitol... :ungg: *

====================

Epilogue

Demikian serial telenovela komedi tentang three evil cars and a madcat... :big_grin:

Recap:
Review Porsche Panamera Turbo: http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 19&t=19877
Review Mercedes Benz W218 CLS 63 AMG: http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 19&t=19902
Obey the mahakitteh. :big_cat:
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3148
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Review BMW F10 M5 2012

Post by walid_007 »

Pertamax plus2 gunung kembar
engine roaring!
ocob
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 126
Joined: Tue May 14, 2013 8:56

Re: Review BMW F10 M5 2012

Post by ocob »

Keduaxx
mbah_sby
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 289
Joined: Tue Jun 04, 2013 4:50

Re: Review BMW F10 M5 2012

Post by mbah_sby »

Ninggalin jejak dulu baru baca review nya..
Panjang euy..
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Review BMW F10 M5 2012

Post by ricz »

Nice review...

Itu dash tengahnya menyedihkan ya... masa pake warna silver... Masi kalah ama CRV bokap ini ceritanya..

Mestinya dikasi trim karbon / black wood biar semakin sporti...
2021 Fortuner VRZ
User avatar
Andrian
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1633
Joined: Thu Apr 08, 2010 9:37
Location: Citeureup- Lebak Bulus - Citeureup

Re: Review BMW F10 M5 2012

Post by Andrian »

sial gagal pertamax.. :frm_bang_head:

tapi lumayan lah mejeng di pejwan
:mky_01:
Image
User avatar
Felixz_Yaris
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3211
Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
Location: Jombang, Jawa Timur

Re: Review BMW F10 M5 2012

Post by Felixz_Yaris »

Akhirnya repiu yang ane tunggu datang juga... Thnx om.. :big_grin:
dr kecil ane demen bgt sama bmw.... gara2 liat E46.. ane menyayangkan center dashnya :off_no:
anyway busway very nice repiu :big_exellent:
[TYCI 917]
[YKC]
mbah_sby
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 289
Joined: Tue Jun 04, 2013 4:50

Re: Review BMW F10 M5 2012

Post by mbah_sby »

Depan nya kayak org lg mencureng..
Galak gitu deh.. :p
mbah_sby
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 289
Joined: Tue Jun 04, 2013 4:50

Re: Review BMW F10 M5 2012

Post by mbah_sby »

Baru slese baca..
Nice review om metket..dengan perbandingan sama 2 setan yg lain..it is very good indeed..
User avatar
sukribo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 547
Joined: Fri Sep 06, 2013 3:44
Location: Surabaya

Re: Review BMW F10 M5 2012

Post by sukribo »

Superb review .. as always :big_exellent:
**************
The only reason I'm giving it five stars is because I can't give it 14 - Clarkson
User avatar
axala
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2160
Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
Location: Indonesia

Re: Review BMW F10 M5 2012

Post by axala »

Good review again om medket :mky_02: :mky_02: :mky_02:

jadi, lagi lagi terulang lagi kisah center console silver yg plastikan :mky_03: , di M5 pula :big_slap: ane jadi bingung apa yg dipikirkan oleh para desainer mobil2 european itu :big_think:

Imho ane lebih suka sama cls ,design interior ningrat tapi eksterior sporty dan melandai kebelakang tu bener2 mantap dengan engine from hell

sayangnya ane cuma bisa ngeliat aja cls seliweran dijalanan :mky_01:

:ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Pursuit of Perfection
User avatar
suvmania
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 261
Joined: Fri May 10, 2013 11:33

Re: Review BMW F10 M5 2012

Post by suvmania »

Bagaikan oase di padang pasir! Review terdahsyat tahun ini! Salut sama om medket. Perfect year end car-gasmic review indeed...

Keren banget ekaterior nya menurut ane. Bmw punya gaya yg berbeda emang buat desain model2nya.

Tapi review nya gak adil nih.. Masak reviewer nya jadi antek2 Karl Benz???? :big_slap:
Daily Tol Japek Beater :big_smoking:

Even Plate: 2018 RU1 SE
Odd Plate : 2008 W204 C230
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Review BMW F10 M5 2012

Post by amfibi »

Very nice....! :mky_02:

Cocok buat para OKL yang ga pengen tampil mencolok... :mky_03:

E63 AMG pun masih keliatan lebih sangar daripada M5 ini...
User avatar
OakTree25
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 738
Joined: Sun Mar 24, 2013 13:28
Location: Leica HQ

Re: Review BMW F10 M5 2012

Post by OakTree25 »

hmmm..

ntu dashboard..

:big_think:
Image
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Review BMW F10 M5 2012

Post by amfibi »

BMW emang perlu belajar banyak dari mercy, buat bikin interior...

Interior BMW cuma menang vs E class di E39 vs W210 yak... :big_slap:
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review BMW F10 M5 2012

Post by madcat015 »

@bro kodok, ricz, dan OOT3: makasih bro... entah mengapa di M5 2012 ini interiornya sama sekali ga menarik. IMHO yak... :mky_01:

BMW M5 untuk OKL yang ga ingin terlihat mencolok.
Merc CLS 63 AMG untuk OKL yang ingin terdengar mencolok.
Porsche Panamera Turbo untuk OKL yang ingin terlihat mencolok.

:ngacir:

@bro wasir: makasih bro... :mrgreen: ane mmg harus bikin ini ripiu karena uda janji sama ente... :mky_03:

@mbah sby dan om sukribo: makasih om... :mky_01:

@om axala: makasih bro... :mky_01:

CLS mmg sukses menggabungkan unsur aristokrat ala Merc dan sporti... cakep bener memang. :mrgreen:

@bro suv bondage: makasih bro... :mrgreen: ane mencoba memberikan kontribusi ke SM...

Antek Karl Benz, bujug... :big_chicken:

Kan ane bilang subyektif bro, hehehehe... dan dalam bbrp poin, M5 memimpin lho... :mky_03:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
SilverK610i
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 343
Joined: Sat Sep 21, 2013 1:31

Re: Review BMW F10 M5 2012

Post by SilverK610i »

What a superb review,

Makasih banyak ko medket, seperti terhipnotis ane baca nya.

Setuju dengan poin ttg okl yg ga ingin terlihat mencolok,dan senang nyetir sendiri.tinggal bungkus m5 sebiji...

Ditunggu review seri 6 grancoupe nya #ehh
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Review BMW F10 M5 2012

Post by ak4ng »

mejeng pejwan duluuuu :mky_08: :mky_08: :mky_08:

saatnya wakuncaaarrr................................... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Review BMW F10 M5 2012

Post by haristk7 »

nice review om om madcat

interiornya...horror banget dengan silver finish..below expectation dengan harga mobil. Satu2nya yang ane suka cuma layar hiburannya yang gede banget
Head to head comparison
jujur ane demen bagian ini, pemilihan kalimatnya mantap, mengingatkan ane ama suatu majalah mobil yang berani ceplas ceplos

:frm_salut:
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
Xous
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1239
Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
Location: Surabaya

Re: Review BMW F10 M5 2012

Post by Xous »

Awesome. Humble car. Nice koh. Bungkus yg mana neh. Ane kira review m5 cicih
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Review BMW F10 M5 2012

Post by kompresorz »

wuih mantap madcat.... :off_team:

jd M akselerasi kalah dgn AMG ya..walau tikungan emang bmw masih top..

interior bmw emang kurang cakep desainnya...
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Review BMW F10 M5 2012

Post by artoodetoo »

Nice review :big_exellent: :off_good:
Keknya beberapa hari lalu ane ketemu mobil ini deh dan sempat ane foto tapi karena hasilnya gak bagus ane delete lagi :ungg:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review BMW F10 M5 2012

Post by madcat015 »

@om silver: makasih om :mky_01:

Memang M5 itu sleeper car. Dan ane akui perbandingannya kurang imbang. Harusnya dari kubu BMW pake M6 GranCoupe yang... ummm... sedikit banyak mirip sama M5.

Untuk 6-serie GranCoupe, satu hal yang bikin ane menggelengkan kepala: approach angle nya sempit sekali, mungkin gampang gasruk akibat overhang panjang.

@akang: selamat wakuncar kang... jangan lupa, luwak nya kasi makan dulu.. :ngacir:

@bro haristk: thank you bro... :mrgreen: yg rada ribet waktu bikin perbandingan, karena ane tau, W218 CLS bakalan menang telak. Driving impression nya paling kuat di antara yg lain dan mobil ini benar2 menuntut keahlian mengemudi kalau ingin mengeksplore power nya.

Mmg dua hari ini ane bikin ripiu pusing juga. Satu dari kubu Merc, satu dari kubu BMW. Sama2 terkena wabah plastik silver murahan di tengah center console. :big_slap:

@bro xous: thank you bro... :mrgreen:

Ane ga bungkus bro, mana kuat duid nya. Price tag sadis, setara W218 CLS 63 AMG. Dan ini mobil temen ane sebelum di deliver. Entah dimana mobil itu skr. :ungg:

@om kompresorz: terima kasih om... :mky_01:

Untuk akselerasi trek lurus iya om, M5 sedikit lebih lambat dibandingkan CLS yg sudah ditune itu. Ga adil memang. Karena urusan body form aja sudah beda om. Satunya fast back, satu nya saloon.

Pun dalam kondisi standar, M5 2012 kalah torsi dengan CLS 63. Dan low rev nya lebih bertenaga CLS 63.

Begitu di tikungan, lain cerita... M5 lebih lincah karena Active M-Differentialnya. Merc ga punya differential sebaik itu dalam kondisi standar. Dan Merc terkendala overpower di sumbu belakang nya tanpa diff yg mumpuni. :mrgreen:

Cmiiw :ungg:

@om droid: makasih om... :big_grin:

Populasi M5 cukup jarang bila dibandingkan CLS. Ane bbrp kali liat CLS 63 di Sby, tp baru 3x liat M5, satunya F10 M5 hitam, trus E39 M5 biru, dan E60 M5 silver yang jadi satu2 nya trah M5 dengan V10 engine. :mrgreen:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Review BMW F10 M5 2012

Post by artoodetoo »

Image


:ngacir: :ngacir: :ngacir:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
dubz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 805
Joined: Sat May 11, 2013 2:07

Re: Review BMW F10 M5 2012

Post by dubz »

Review yg cetar membahana :frm_tumbright: