Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
ane ijin gabung braders
salam kenal brothers sekalian ...ane punya cerita...accord maestro bokap ane tahun 90 blm injeksi ada problem nih...
setiap pindah gigi dr nol ke 1...getar abis tuh sampe ke dashbord...trs pas mundur apalagi gleteg2x deh bunyinya...ane kagak tahan bro sekalian
uda ane ganti engine mounting aka pangkon, eh tetep aja...uda ane bubut papas matahari,roda gila,n kampas biar sekalian kopling mantap barangkali disana probnya, eh tetep sama aja...ampe bokap ane diakali bengkel bli rack sterr baru juga tetep nol hasilnya
nah sekalian ane perkenalan disini...mohon dunk brothers sekalian kira nya ada pencerahan ato saran ane minta tulunk
maklum dah abis doku banyak...jajan trs nih boil
Blm bs membantu. Mlh jd pgn nanya nih.
'Kronologi' gejalanya gmana bro? suatu hari tiba2 geter berat spt itu? Atau berasanya mulai dari sedikit demi sedikit?
rpm stasionernya persisnya di brp skrg?
Dibubut papas matahari tu maksudnya dipapas dimananya?
Wktu itu dasar logikanya gmana shg pengen bubut matahri, flywheel, kampas itu?
andy1800 wrote:Blm bs membantu. Mlh jd pgn nanya nih.
'Kronologi' gejalanya gmana bro? suatu hari tiba2 geter berat spt itu? Atau berasanya mulai dari sedikit demi sedikit?
rpm stasionernya persisnya di brp skrg?
Dibubut papas matahari tu maksudnya dipapas dimananya?
Wktu itu dasar logikanya gmana shg pengen bubut matahri, flywheel, kampas itu?
ane gejalanya kurang jls krn ane barusan pegang nih boil,tpi yg jls terjadi sekitar 2-3 thn kmrn bro...geternya pas waktu maw lepas kopling gleteg2x g2...klo rpm 1000an lebih bro....tpi klo dah digas lebih 1500 dah jalan dah ga geter lgi
kta bengkel ane biar pas aja kopling alias maximal setelannya jdi untuk mengurangi geter tsb...btw kampas jg ane ganti dah baru sekalian engine mountingnya
ane bukan montir sih bro, jd pada dasarnya mmg gak ngerti. Aplg klo gak ikut liat ndiri.
Sambil nggu pendpt rekan2 yg paham disini, ada baiknya bawa berkunjunng ke bgkel2/montir2 lain...minta pendptnya..ntar dikumpulin, trus difilter mana yg terbyk dan plg masuk akal.
Klo skedar dugaan sih, itu masalhnya bukan di sistem kopling, krn pas dikopling gpp kan? Tp justru terjadinya persis sesaat kopling dilepas ya?...jd jd kmungkinan masalahnya di dalam gearbox..entah di gigi apa, atau shaft yg mana..pokoknya yg disharing penggunaanya gigi 1 dg gigi mundur.
Nampaknya mmg perlu ke bgkel buat dibelah itu gearbox shg akna kliatan yg mana yg dah aus.
Flywheel kok dibubut ? dikurangi bobotnya atau sekedar diratakan ?
Massa flyswheel gak boleh berkurang, krn Torsi @RPM rendah jadi berkurang.
mending mesinnya di cek total aja dah :
- semua sensor2 mesin
- Kondisi intake / paking2 pada intake
- Kondisi busi / celah busi
- Bearing2 pada puli
- Sistem AC
- mekanisme idle up
- Injector spray pattern
adibom wrote:ane ijin gabung braders
salam kenal brothers sekalian ...ane punya cerita...accord maestro bokap ane tahun 90 blm injeksi ada problem nih...
setiap pindah gigi dr nol ke 1...getar abis tuh sampe ke dashbord...trs pas mundur apalagi gleteg2x deh bunyinya...ane kagak tahan bro sekalian
uda ane ganti engine mounting aka pangkon, eh tetep aja...uda ane bubut papas matahari,roda gila,n kampas biar sekalian kopling mantap barangkali disana probnya, eh tetep sama aja...ampe bokap ane diakali bengkel bli rack sterr baru juga tetep nol hasilnya
nah sekalian ane perkenalan disini...mohon dunk brothers sekalian kira nya ada pencerahan ato saran ane minta tulunk
maklum dah abis doku banyak...jajan trs nih boil
ini kejadian lumayan mirip dengan yg pernah ane alami di mobnas Timor DOHC 2000 ane
getar (khususnya di rpm rendah) & pas masuk gigi trus mulai lepas kopling getaran makin hebat
kalo ga lepas kopling & injek gas nya ga ngepas serasa naik genset gilingan beras.
ternyata setelah di cek, penyakitnya ada di ISC (Idle up)
setelah ane ganti, jadi alus, nyaman & lancar jaya
kabeh wis ono sing ngatur.....
Gusti Allah mboten sare....
andy1800 wrote:ane bukan montir sih bro, jd pada dasarnya mmg gak ngerti. Aplg klo gak ikut liat ndiri.
Sambil nggu pendpt rekan2 yg paham disini, ada baiknya bawa berkunjunng ke bgkel2/montir2 lain...minta pendptnya..ntar dikumpulin, trus difilter mana yg terbyk dan plg masuk akal.
Klo skedar dugaan sih, itu masalhnya bukan di sistem kopling, krn pas dikopling gpp kan? Tp justru terjadinya persis sesaat kopling dilepas ya?...jd jd kmungkinan masalahnya di dalam gearbox..entah di gigi apa, atau shaft yg mana..pokoknya yg disharing penggunaanya gigi 1 dg gigi mundur.
Nampaknya mmg perlu ke bgkel buat dibelah itu gearbox shg akna kliatan yg mana yg dah aus.
uda ane bawa ke bengkel gan bwat dicek driveshaftna kali ....semoga cepet sembuh nih boil ya gan
Massa flyswheel gak boleh berkurang, krn Torsi @RPM rendah jadi berkurang.
mending mesinnya di cek total aja dah :
- semua sensor2 mesin
- Kondisi intake / paking2 pada intake
- Kondisi busi / celah busi
- Bearing2 pada puli
- Sistem AC
- mekanisme idle up
- Injector spray pattern
cman sekedar diratakan ko gan....prm rata2x 900 an punya ane
iya gan ane cek ntar byar cepet sembuh
Bhanaspati wrote:menyambung ide & saran dari om andy & mod Turbo,
ini kejadian lumayan mirip dengan yg pernah ane alami di mobnas Timor DOHC 2000 ane
getar (khususnya di rpm rendah) & pas masuk gigi trus mulai lepas kopling getaran makin hebat
kalo ga lepas kopling & injek gas nya ga ngepas serasa naik genset gilingan beras.
ternyata setelah di cek, penyakitnya ada di ISC (Idle up)
setelah ane ganti, jadi alus, nyaman & lancar jaya
iya gan semoga ga kena banyak...maklum doku makin tipis
Bhanaspati wrote:menyambung ide & saran dari om andy & mod Turbo,
ini kejadian lumayan mirip dengan yg pernah ane alami di mobnas Timor DOHC 2000 ane
getar (khususnya di rpm rendah) & pas masuk gigi trus mulai lepas kopling getaran makin hebat
kalo ga lepas kopling & injek gas nya ga ngepas serasa naik genset gilingan beras.
ternyata setelah di cek, penyakitnya ada di ISC (Idle up)
setelah ane ganti, jadi alus, nyaman & lancar jaya
partnya itu letaknya dmn bro posisinya?
braders sekalian ada yang taw gak harganya brp isc/idle upnya handa maestro accord 90?
Bhanaspati wrote:menyambung ide & saran dari om andy & mod Turbo,
ini kejadian lumayan mirip dengan yg pernah ane alami di mobnas Timor DOHC 2000 ane
getar (khususnya di rpm rendah) & pas masuk gigi trus mulai lepas kopling getaran makin hebat
kalo ga lepas kopling & injek gas nya ga ngepas serasa naik genset gilingan beras.
ternyata setelah di cek, penyakitnya ada di ISC (Idle up)
setelah ane ganti, jadi alus, nyaman & lancar jaya
partnya itu letaknya dmn bro posisinya?
braders sekalian ada yang taw gak harganya brp isc/idle upnya handa maestro accord 90?
btw punya ane maestro 90 belum injeksi emang ada yah isc nya?
broo. share pengalaman ane aja ya nih buat perbandingan.
panther ane juga pernah nih geter2, gejalanya mirip banget tapi di ane masalahnya timbul kalo mobil ud sering stop and go alias kampas kopling nya panas kali ya, nah kalo ud gitu dari berenti masuk gigi 1 lalu angkat kopling geter ampe berasa ke kabin tuh, kalo mw dikurangin geternya mau gak mau dari awal gas ud ditinggiin diatas 1000 RPMnya, usut punya usut bawa ke bengkel langganan ternyata kampas kopling ane yg masalah, bukan karena ud habis tapi plat kopling yg ane pake itu kualitasnya kurang bagus. nah setelah diganti kopling set NEW dan GENUINE hilanglah semua masalah geter geter kondisi kopling panas ataupun dingin.
m4rio wrote:broo. share pengalaman ane aja ya nih buat perbandingan.
panther ane juga pernah nih geter2, gejalanya mirip banget tapi di ane masalahnya timbul kalo mobil ud sering stop and go alias kampas kopling nya panas kali ya, nah kalo ud gitu dari berenti masuk gigi 1 lalu angkat kopling geter ampe berasa ke kabin tuh, kalo mw dikurangin geternya mau gak mau dari awal gas ud ditinggiin diatas 1000 RPMnya, usut punya usut bawa ke bengkel langganan ternyata kampas kopling ane yg masalah, bukan karena ud habis tapi plat kopling yg ane pake itu kualitasnya kurang bagus. nah setelah diganti kopling set NEW dan GENUINE hilanglah semua masalah geter geter kondisi kopling panas ataupun dingin.
ane coba tinggiin deh rpm nya sekalian borosin dikit
ane rada takut jg gan klo ente bilang "NEW dan GENUINE"
total abis brp tu gan ente 1 set ORI kopling semuanya ?
ya pasti bisa lah bro dibikin gak geter, lha sebelomnya mank gak geter kan? skrg cuman musti di cari aja penyebab geternya dimana, coba diinget2 sebelom geternya muncul tuh mobil diapain, ada yg diganti atau apa gtu.
Gan mohon update nya gan...
Urgent nih mobil civic fd 1 manual ane juga sama nih gan
Kalo pas 1st gear pas mau jalan alias angkat kopling mobil bergetar tapi pedal kopling nya enggak getar
Lantas kalo pas gigi mundur..lebih parah lagi getar body mobilnya,apalagi kalo macet di jalan yg agak nanjak..hrs injek pedal agak dalem...ane mohon sharing update nya..karena kalo kata montir ane bisa bbrp penyebab antara lain
1.pengapian (koil bocor bs berpengaruh)
2.flywheel (mengingat 1 set kopling ane baru semua sampe dek klaher, dekrup) civic fd gak pake pilot bearing
Tapi check flywheel ongkosnya mahal karena sama aja turun kopling bs 1 juta an...
Sama 1 lagi pertanyaan ane di check driveshaft nya?maksdnya camshaft? Or crankshaft(kruk as)?
permanaeza wrote:Gan mohon update nya gan...
Urgent nih mobil civic fd 1 manual ane juga sama nih gan
Kalo pas 1st gear pas mau jalan alias angkat kopling mobil bergetar tapi pedal kopling nya enggak getar
Lantas kalo pas gigi mundur..lebih parah lagi getar body mobilnya,apalagi kalo macet di jalan yg agak nanjak..hrs injek pedal agak dalem...ane mohon sharing update nya..karena kalo kata montir ane bisa bbrp penyebab antara lain
1.pengapian (koil bocor bs berpengaruh)
2.flywheel (mengingat 1 set kopling ane baru semua sampe dek klaher, dekrup) civic fd gak pake pilot bearing
Tapi check flywheel ongkosnya mahal karena sama aja turun kopling bs 1 juta an...
Sama 1 lagi pertanyaan ane di check driveshaft nya?maksdnya camshaft? Or crankshaft(kruk as)?
Coba mounting engine, tranny check dulu Om...
Lanjut ke clean up & tune up, check dtc kalau bisa...
Kayaknya dr sekitaran kaki/ drive shaft om, coba cek ke bengkel spooring/ bengkel knalpot jg bisa (pokoknya ada 1 org yg bisa perhatiin dr kolong) jd 1 orang ada yg di kolong mobil, trus 1 lg jalanin mobil maju (gigi 1) atau mundur, nanti yg dikolong perhatiin ada geternya d part yg mana.
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
nah jawaban paling masuk akal semua ini...
ane jadi yakin kalo ini masalah driveshaft (as roda dalam /cv joint) untuk penyebab getar /goyang sebody di fd 1 ane..
skrg ada 2 problem
1.getar abis sebody saat kecepatan konstan ONLY saat kecepatan di antara 50-80 km /jam di tol ,dibawah & diatas kecepatan tsb..fine2 aja (fix drive shaft/cv joint kyaknya)
2.getar saat pas 1st gear pas mau jalan alias angkat kopling mobil bergetar tapi pedal kopling nya enggak getar
Lantas kalo pas gigi mundur..lebih parah lagi --> antara lain impact cv joint dan kopling (karena ane walopun baru ganti tapi ane pake kopling set EXEDY/DAIKIN) gak beli di beres honda nya...karena mahal bgt ori nya bisa 3 jutaan (katanya merk FCC unutuk yg ori honda)
om2 ada update nya gak yah untuk gejala lepas kopling mobil getar hebat?saya udh bubut flywheel,ganti 1 set kopling honda ORI beli dari honda imore,ganti master kopling total habis 4,6 juta tetapi gejala getar makin parah ....minta tolong nya kalo ada yg pernah ngalamin dan sekarang sudah sembuh..