knalpot kolong 4-tak khas malang

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

motobiker91
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Sun Dec 26, 2004 8:35

knalpot kolong 4-tak khas malang

Post by motobiker91 »

bro! apakah knalpot kolong 4-tak (pernah diulas di salah satu tabloid sepeda motor) bagus buat race (drag/road race) kalau dibandingkan dengan knalpot racing lain yang sering dipake buat balap
User avatar
Crash
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 421
Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
Location: Jakarta

Post by Crash »

Knalpot kolong ini maksudnya underseat exhaust?

Benernya sih, knalpot ini lebih berat daripada yang di samping, karena pipa harus lebih panjang. Cuma, buat road race lebih bagus karena bisa kasih ground clearance lebih, sehingga motor bisa lebih miring.
Image
User avatar
jihad koplo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 366
Joined: Tue Jun 29, 2004 15:53

Post by jihad koplo »

cuman gitu doang kelebihannya??? performa??? mmiiring doang yaa :p
Scorpio Bedebah!!
kymco free LX lamban tapi nyaman
Faster Is Safer
gauss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 914
Joined: Sun Mar 21, 2004 18:15
Location: Jakarta

Post by gauss »

Bro Crash....saya yakin dengan yang dimaksud 'knalpot kolong' adalah knalpot yang posisi penempatannya pas dibawah area mesin. Makanya disebut 'kolong'......memang knalpot ini populer untuk RX King dan suaranya memang bulet-let gitu....hehehe...

Kalo untuk balap/drag race rasanya lebih baik disesuaikan dengan settingan motor tersebut atau bisa bikin sendiri/custom seperti bro Crash.
User avatar
Crash
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 421
Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
Location: Jakarta

Post by Crash »

Ooooo...... itu toh. Yang gas buangnya langsung nyembur ke bawah abis dari header?

Kalau setahu saya, dengan pipa yang lebih pendek, maka gas buang akan jadi lebih bebas keluar, sehingga tenaga motor di putaran tinggi juga akan semakin tinggi.

Kekurangannya, di putaran rendah tenaga akan kurang, karena back pressure juga lebih sedikit.

Mengenai back pressure, secara kasar kita bisa bilang begini: kalau gas yang keluar itu lebih terhambat, maka back pressure juga lebih banyak sehingga tekanan di ruang bakar juga bisa tetap terjaga pada putaran rendah. Namun, pada putaran tinggi, gas yang masuk juga semakin sedikit sehingga tenaga juga tidak banyak.

Nah, demikian pula sebaliknya, kalau back pressure itu kurang, di putaran rendah tekanan juga kurang, tapi di putaran tinggi, gas bisa masuk dengan leluasa dan tenaga lebih tinggi.

My 2 cents worth
Image