TIPS MUDIK AMAN DAN NYAMAN
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 999
- Joined: Thu Jun 13, 2013 8:58
TIPS MUDIK AMAN DAN NYAMAN
Membaca Prilaku Pemudik Lain
Sepeda Motor
Terus terang, inilah ujian nyata saat mudik. Ada ribuan bahkan jutaan sepeda motor tumplek blek saat mudik di jalur utama. Tanpa komando, mereka seolah bergerak menyesakki sudut-sudut yang masih kosong di jalanan. Jelas, Anda butuh konsentrasi ekstra untuk itu.
Bila Anda mendekati pengendara motor atau malah berniat untuk menyalipnya, jangan sungkan untuk membunyikan klakson. Ini untuk memberitahu kehadiran Anda.
Bunyikan klakson 2 atau 3 kali dengan nada pendek. Kalau ia menggerakkan atau menolehkan kepalanya ke salah satu sisi, berarti ia sudah mengetahui kehadiran Anda.
Kalau ruang yang tersedia cukup, silakan menyalipnya. Bila belum, klakson lagi sambil nyalakan lampu sein sebagai tanda Anda ingin mendahuluinya.
Pengendara dengan Beban Berlebihan
Pemudik dengan sepeda motor cenderung membawa beban berlebih. Mudah ditemui bikers yang membawa lebih dari 1 penumpang. Itu pun kadang masih ditambah barang bawaan yang ditaruh di buritan atau samping motor.
Beban berlebih bisa mengurangi keseimbangan dan kontrol pengendara atas sepeda motornya. Ini bisa terjadi akibat bagian tubuh pengendara yang tidak bisa bergerak optimal dan bergesernya titik berat motor.
Bila ingin menyalipnya, beri jarak yang cukup jauh. Kalau terlalu dekat, aliran udara di samping mobil bisa dengan mudah mengganggu stabilitas pengendara motor yang kelebihan beban tersebut.
Begitu juga bila berada di belakangnya saat masuk tikungan. Beri jarak aman dengannya sehingga Anda bisa mengerem secara optimal. Soalnya motor yang kelebihan beban saat menikung relatif lebih mudah tergelincir atau terpeleset.
Waspada Saat Disusul/Disalip Pengendara Sepeda Motor
Menyalip yang baik tentu dari sisi kanan. Cuma yang mesti diperhatikan, pengendara sepeda motor yang menyalip itu begitu melewati mobil Anda biasanya akan langsung memotong atau masuk lagi ke jalur Anda.
Ketika dari spion luar melihat pengendara motor bersiap melakukan manuver menyalip mobil Anda, sebaiknya beri ruang sedikit. Sehingga ia bisa tetap menyalip di jalurnya dan tidak akan melakukan manuver memotong. Oh ya, angkat sedikit pedal gas agar ia bisa lekas melewati Anda.
Waspada Saat Disusul/Disalip dari Arah Kiri
Ruang yang tersedia di kiri mobil kerap dimanfaatkan pengendara sepeda motor untuk mendahului Anda. Pilihannya ada dua. Pertama, memberikan ruang lebih lebar bagi mereka untuk menyalip. Kedua, menutup ruang tersebut agar pengendara sepeda motor tidak memanfaatkannya untuk menyalip.
Menikung
Umumnya pengendara sepeda motor yang melaju dengan kecepatan 60-70 km/jam menikung dengan memiringkan badan mengikuti kemiringan sepeda motor. Tujuannya agar motor tetap berada di lintasan tikungan.
Sayangnya, ada pengendara motor yang terlalu kencang saat masuk tikungan. Akibatnya arah menikung motor menjadi melebar sehingga keluar jalan dan jatuh.
Masalah lain yang bisa timbul adalah terpeleset. Ini bisa terjadi karena ban sepeda motor kehilangan grip atau mengunci akibat pengendara tiba-tiba menginjak rem.
Sehingga saran terbaik saat berada di belakang sepeda motor yang sedang menikung adalah jaga jarak. Sehingga kita bisa melakukan pengereman bila pengendara tersebut kehilangan kontrol saat menikung.
Membaca Kebiasaan Warga Lokal
Bagaimanapun standar berlalu lintas, tetap saja kebiasaan masyarakat setempat alias lokal mesti menjadi perhatian Anda sebagai pemudik. Pameo Bumi dipijak, langit dijunjung begitu menggema mengasosiasikan perihal ini.
Kendaraan Lokal
Anda tidak sendirian di jalan lintas provinsi. Apalagi singgah di daerah tertentu dengan beragam moda transportasi seperti sepeda, becak, delman dan lainnya.
Sekali lagi, jangan ambil risiko bila berbagi jalan dengan mereka. Jangan terbawa emosi untuk segera mendahului beragam moda ini, terutama transportasi non-mesin seperti becak dan delman.
Berikan sinyal baik lampu beam atau klakson bila hendak menyalip atau
sekadar memberikan tanda keberadaan Anda. Tidak hanya Anda yang wasapada, sinyal inipun memberikan ke mereka hal yang sama.
Pasar Tumpah
Ini dia salah satu keunikan sekaligus hambatan dalam ritual mudik, keberadaan pasar tumpah. Sebenarnya, bukan eksistensi dan denyut ekonomi pasar tumpah, tapi keberadaannya tepat di pinggir jalan membuat para pengendara jalan mesti mafhum dalam hal ini.
Hingar bingarnya memang membuat suasana menjadi crowded. Hilir mudik para penjual dan pembeli melintas, jelas menghambat perjalanan mudik Anda. Awas, konsentrasi tetap terjaga dalam keriuhan pasar tumpah tadi.
Anggap saja, kesabaran Anda kembali diuji sembari tetap konsentrasi ke jalan. Tidak perlu main serobot dengan pengguna jalan lain. Ikuti saja, instruksi petugas di lapangan dalam mengatur alur lalu lintas yang sedikit tidak beraturan ini.
Kendaraan Umum
Beruntung, saat mudik, pemerintah tidak mengijinkan truk tetap beroperasi di jalur utama. Setidaknya, mulai dari H-4 hingga H+7, membuat keruwetan di jalur utama mudik sedikit lenggang.
Namun jangan senang dulu, absennya truk justru membuat angkutan umum secara masif turun ke jalan dalam mengakomodasi para pemudik lainnya.
Komunikasi antar-bus
Anda memang bukan sopir bus lintas kota, namun sedikitnya perilaku serta cara komunikasi mereka bisa terbaca. Langkah ini, untuk memahami karakter mereka dalam mengemudi lintas kota, terutama saat mudik.
salah satunya adalah Klakson:
Bila bus tepat di belakang Anda dan klakson dibunyikan, artinya ia hendak menyalip. Lihat kondisi aktual di sekitar, sembari menurunkan kecepatan dan memberi ruang untuk bus menyalip.
Demikian pula bila bus pada arah berlawanan membunyikan klakson, Anda mesti waspada. Bisa jadi, Anda tidak tepat berada di jalur sebenarnya dan koreksi segera sembari mengatur kecepatan.
Kemudian Sinyal Sein :
Bila sinyal lampu sein kanan diaktifkan oleh bus, jangan sekali-kali Anda menyalip. Faktanya, bus ini memberi sinyal kalau masih ada kendaraan pada arah berlawanan dan jangan menyalip.
Sementara saat bus memberikan sinyal sein kiri, artinya Anda dipersilahkan menyalip dikarenakan karenakan kendaraan di arah berlawanan relatif jauh atau kosong. Bila Anda ingin menyalip, berikan tanda klakson atau lampu beam untuk segara melaju.
Pengemudi Kota Besar
Pemudik umumnya adalah pengemudi perkotaan. Bahkan kalau mau lebih spesifik lagi, mereka adalah pengemudi dari Jakarta. Karakter dan gaya mengemudi di ibukota umumnya terbawa hingga saat perjalanan pulang kampung. Berikut beberapa prilaku dan ciri-cirinya :
Tidak sabar
Kehidupan perkotaan yang serba-cepat dan selalu diburu waktu tercemin pada gaya mengemudi. Umumnya pengendara ibukota tidak sabaran. Mereka mudah memainkan klakson atau lampu dim, bila merasa respons pengendara di depan mereka sangat lambat. Entah menggerakkan mobil di traffic light atau dalam antrean kendaraan.
Memanfaatkan ruang yang tersedia
Oleh karena mereka tidak sabar, pengemudi Jakarta suka memanfaatkan ruang apapun yang tersedia untuk bergerak maju. Makanya bahu jalan kerap dipakai bila terjebak kemacetan atau menerobos arus yang berlawanan, Pengemudi Jakarta umumnya menyisakan jarak yang sedikit dengan kendaraan di depan atau di samping saat terjebak kemacetan.
Tidak mau mengalah
Kebiasaan menghadapi lalu lintas yang padat dan macet membuat pengemudi Jakarta umumnya bertipe tidak mau mengalah. Mereka jarang mau memberikan ruang bagi pengemudi lain untuk menyalip atau masuk ke dalam jalurnya. Khususnya terjadi saat terjebak kemacetan.
Demikian info dari newbie bau asem
mudah2an bermanfaat, mudik aman, nyaman, adem, ayem, toto, tentrem, lohjinawi, kertorahardjo
ingat keluarga besar & handaitaulan kita menanti untuk dapat berkumpul dihari yang Fitri
Hati-hati diperjalanan
sumber : http://www.autobild.co.id/read/2011/08/ ... peda-Motor
Sepeda Motor
Terus terang, inilah ujian nyata saat mudik. Ada ribuan bahkan jutaan sepeda motor tumplek blek saat mudik di jalur utama. Tanpa komando, mereka seolah bergerak menyesakki sudut-sudut yang masih kosong di jalanan. Jelas, Anda butuh konsentrasi ekstra untuk itu.
Bila Anda mendekati pengendara motor atau malah berniat untuk menyalipnya, jangan sungkan untuk membunyikan klakson. Ini untuk memberitahu kehadiran Anda.
Bunyikan klakson 2 atau 3 kali dengan nada pendek. Kalau ia menggerakkan atau menolehkan kepalanya ke salah satu sisi, berarti ia sudah mengetahui kehadiran Anda.
Kalau ruang yang tersedia cukup, silakan menyalipnya. Bila belum, klakson lagi sambil nyalakan lampu sein sebagai tanda Anda ingin mendahuluinya.
Pengendara dengan Beban Berlebihan
Pemudik dengan sepeda motor cenderung membawa beban berlebih. Mudah ditemui bikers yang membawa lebih dari 1 penumpang. Itu pun kadang masih ditambah barang bawaan yang ditaruh di buritan atau samping motor.
Beban berlebih bisa mengurangi keseimbangan dan kontrol pengendara atas sepeda motornya. Ini bisa terjadi akibat bagian tubuh pengendara yang tidak bisa bergerak optimal dan bergesernya titik berat motor.
Bila ingin menyalipnya, beri jarak yang cukup jauh. Kalau terlalu dekat, aliran udara di samping mobil bisa dengan mudah mengganggu stabilitas pengendara motor yang kelebihan beban tersebut.
Begitu juga bila berada di belakangnya saat masuk tikungan. Beri jarak aman dengannya sehingga Anda bisa mengerem secara optimal. Soalnya motor yang kelebihan beban saat menikung relatif lebih mudah tergelincir atau terpeleset.
Waspada Saat Disusul/Disalip Pengendara Sepeda Motor
Menyalip yang baik tentu dari sisi kanan. Cuma yang mesti diperhatikan, pengendara sepeda motor yang menyalip itu begitu melewati mobil Anda biasanya akan langsung memotong atau masuk lagi ke jalur Anda.
Ketika dari spion luar melihat pengendara motor bersiap melakukan manuver menyalip mobil Anda, sebaiknya beri ruang sedikit. Sehingga ia bisa tetap menyalip di jalurnya dan tidak akan melakukan manuver memotong. Oh ya, angkat sedikit pedal gas agar ia bisa lekas melewati Anda.
Waspada Saat Disusul/Disalip dari Arah Kiri
Ruang yang tersedia di kiri mobil kerap dimanfaatkan pengendara sepeda motor untuk mendahului Anda. Pilihannya ada dua. Pertama, memberikan ruang lebih lebar bagi mereka untuk menyalip. Kedua, menutup ruang tersebut agar pengendara sepeda motor tidak memanfaatkannya untuk menyalip.
Menikung
Umumnya pengendara sepeda motor yang melaju dengan kecepatan 60-70 km/jam menikung dengan memiringkan badan mengikuti kemiringan sepeda motor. Tujuannya agar motor tetap berada di lintasan tikungan.
Sayangnya, ada pengendara motor yang terlalu kencang saat masuk tikungan. Akibatnya arah menikung motor menjadi melebar sehingga keluar jalan dan jatuh.
Masalah lain yang bisa timbul adalah terpeleset. Ini bisa terjadi karena ban sepeda motor kehilangan grip atau mengunci akibat pengendara tiba-tiba menginjak rem.
Sehingga saran terbaik saat berada di belakang sepeda motor yang sedang menikung adalah jaga jarak. Sehingga kita bisa melakukan pengereman bila pengendara tersebut kehilangan kontrol saat menikung.
Membaca Kebiasaan Warga Lokal
Bagaimanapun standar berlalu lintas, tetap saja kebiasaan masyarakat setempat alias lokal mesti menjadi perhatian Anda sebagai pemudik. Pameo Bumi dipijak, langit dijunjung begitu menggema mengasosiasikan perihal ini.
Kendaraan Lokal
Anda tidak sendirian di jalan lintas provinsi. Apalagi singgah di daerah tertentu dengan beragam moda transportasi seperti sepeda, becak, delman dan lainnya.
Sekali lagi, jangan ambil risiko bila berbagi jalan dengan mereka. Jangan terbawa emosi untuk segera mendahului beragam moda ini, terutama transportasi non-mesin seperti becak dan delman.
Berikan sinyal baik lampu beam atau klakson bila hendak menyalip atau
sekadar memberikan tanda keberadaan Anda. Tidak hanya Anda yang wasapada, sinyal inipun memberikan ke mereka hal yang sama.
Pasar Tumpah
Ini dia salah satu keunikan sekaligus hambatan dalam ritual mudik, keberadaan pasar tumpah. Sebenarnya, bukan eksistensi dan denyut ekonomi pasar tumpah, tapi keberadaannya tepat di pinggir jalan membuat para pengendara jalan mesti mafhum dalam hal ini.
Hingar bingarnya memang membuat suasana menjadi crowded. Hilir mudik para penjual dan pembeli melintas, jelas menghambat perjalanan mudik Anda. Awas, konsentrasi tetap terjaga dalam keriuhan pasar tumpah tadi.
Anggap saja, kesabaran Anda kembali diuji sembari tetap konsentrasi ke jalan. Tidak perlu main serobot dengan pengguna jalan lain. Ikuti saja, instruksi petugas di lapangan dalam mengatur alur lalu lintas yang sedikit tidak beraturan ini.
Kendaraan Umum
Beruntung, saat mudik, pemerintah tidak mengijinkan truk tetap beroperasi di jalur utama. Setidaknya, mulai dari H-4 hingga H+7, membuat keruwetan di jalur utama mudik sedikit lenggang.
Namun jangan senang dulu, absennya truk justru membuat angkutan umum secara masif turun ke jalan dalam mengakomodasi para pemudik lainnya.
Komunikasi antar-bus
Anda memang bukan sopir bus lintas kota, namun sedikitnya perilaku serta cara komunikasi mereka bisa terbaca. Langkah ini, untuk memahami karakter mereka dalam mengemudi lintas kota, terutama saat mudik.
salah satunya adalah Klakson:
Bila bus tepat di belakang Anda dan klakson dibunyikan, artinya ia hendak menyalip. Lihat kondisi aktual di sekitar, sembari menurunkan kecepatan dan memberi ruang untuk bus menyalip.
Demikian pula bila bus pada arah berlawanan membunyikan klakson, Anda mesti waspada. Bisa jadi, Anda tidak tepat berada di jalur sebenarnya dan koreksi segera sembari mengatur kecepatan.
Kemudian Sinyal Sein :
Bila sinyal lampu sein kanan diaktifkan oleh bus, jangan sekali-kali Anda menyalip. Faktanya, bus ini memberi sinyal kalau masih ada kendaraan pada arah berlawanan dan jangan menyalip.
Sementara saat bus memberikan sinyal sein kiri, artinya Anda dipersilahkan menyalip dikarenakan karenakan kendaraan di arah berlawanan relatif jauh atau kosong. Bila Anda ingin menyalip, berikan tanda klakson atau lampu beam untuk segara melaju.
Pengemudi Kota Besar
Pemudik umumnya adalah pengemudi perkotaan. Bahkan kalau mau lebih spesifik lagi, mereka adalah pengemudi dari Jakarta. Karakter dan gaya mengemudi di ibukota umumnya terbawa hingga saat perjalanan pulang kampung. Berikut beberapa prilaku dan ciri-cirinya :
Tidak sabar
Kehidupan perkotaan yang serba-cepat dan selalu diburu waktu tercemin pada gaya mengemudi. Umumnya pengendara ibukota tidak sabaran. Mereka mudah memainkan klakson atau lampu dim, bila merasa respons pengendara di depan mereka sangat lambat. Entah menggerakkan mobil di traffic light atau dalam antrean kendaraan.
Memanfaatkan ruang yang tersedia
Oleh karena mereka tidak sabar, pengemudi Jakarta suka memanfaatkan ruang apapun yang tersedia untuk bergerak maju. Makanya bahu jalan kerap dipakai bila terjebak kemacetan atau menerobos arus yang berlawanan, Pengemudi Jakarta umumnya menyisakan jarak yang sedikit dengan kendaraan di depan atau di samping saat terjebak kemacetan.
Tidak mau mengalah
Kebiasaan menghadapi lalu lintas yang padat dan macet membuat pengemudi Jakarta umumnya bertipe tidak mau mengalah. Mereka jarang mau memberikan ruang bagi pengemudi lain untuk menyalip atau masuk ke dalam jalurnya. Khususnya terjadi saat terjebak kemacetan.
Demikian info dari newbie bau asem
mudah2an bermanfaat, mudik aman, nyaman, adem, ayem, toto, tentrem, lohjinawi, kertorahardjo
ingat keluarga besar & handaitaulan kita menanti untuk dapat berkumpul dihari yang Fitri
Hati-hati diperjalanan
sumber : http://www.autobild.co.id/read/2011/08/ ... peda-Motor
Last edited by Bhanaspati on Sun Jul 21, 2013 15:23, edited 3 times in total.
kabeh wis ono sing ngatur.....
Gusti Allah mboten sare....
Gusti Allah mboten sare....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2002
- Joined: Fri Oct 26, 2012 12:47
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 999
- Joined: Thu Jun 13, 2013 8:58
Re: TIPS AMAN & BIJAK SAAT MUDIK
waduuuhh.... ane lupa Pertamax nya ga ane amanken duluan
ketigax dah
ketigax dah
kabeh wis ono sing ngatur.....
Gusti Allah mboten sare....
Gusti Allah mboten sare....
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2002
- Joined: Fri Oct 26, 2012 12:47
Re: TIPS AMAN & BIJAK SAAT MUDIK
atas ane kayanya bentar lagi kawin
tapi pertanyaannya, apa benar kucing sekali beranak cuma 2? bukannya banyak ya, bisa sampai 015 ekor?
tapi pertanyaannya, apa benar kucing sekali beranak cuma 2? bukannya banyak ya, bisa sampai 015 ekor?
"The Power of ren-Dreams"
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: TIPS MUDIK AMAN DAN NYAMAN
Yang beranak kan kucing betina...
Ane kucing jantan...
Ane kucing jantan...
Obey the mahakitteh.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 491
- Joined: Fri Jun 29, 2007 10:23
Re: TIPS MUDIK AMAN DAN NYAMAN
╔══╦═╦═╦══╦═╦═╦╦╦╗
║║║║║║║╠╗╔╣║║║║║║║
║║║║╦║║║║║║╦║╔╬╬╬╣
╚╩╩╩╩╩╩╝╚╝╚╩╩╝╚╩╩╝
Om..tambahin lagi donk infonya.. tools apa yang harus disiapkan, tips jika terjadi kemacetan panjang, tips jika kendaraan bermasalah selama perjalanan..
Nubie lom pernah mudik pake mobil pribadi..
║║║║║║║╠╗╔╣║║║║║║║
║║║║╦║║║║║║╦║╔╬╬╬╣
╚╩╩╩╩╩╩╝╚╝╚╩╩╝╚╩╩╝
Om..tambahin lagi donk infonya.. tools apa yang harus disiapkan, tips jika terjadi kemacetan panjang, tips jika kendaraan bermasalah selama perjalanan..
Nubie lom pernah mudik pake mobil pribadi..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 491
- Joined: Fri Jun 29, 2007 10:23
Re: TIPS MUDIK AMAN DAN NYAMAN
╔══╦═╦═╦══╦═╦═╦╦╦╗
║║║║║║║╠╗╔╣║║║║║║║
║║║║╦║║║║║║╦║╔╬╬╬╣
╚╩╩╩╩╩╩╝╚╝╚╩╩╝╚╩╩╝
Om..tambahin lagi donk infonya.. tools apa yang harus disiapkan, tips jika terjadi kemacetan panjang, tips jika kendaraan bermasalah selama perjalanan..
Nubie lom pernah mudik pake mobil pribadi..
║║║║║║║╠╗╔╣║║║║║║║
║║║║╦║║║║║║╦║╔╬╬╬╣
╚╩╩╩╩╩╩╝╚╝╚╩╩╝╚╩╩╝
Om..tambahin lagi donk infonya.. tools apa yang harus disiapkan, tips jika terjadi kemacetan panjang, tips jika kendaraan bermasalah selama perjalanan..
Nubie lom pernah mudik pake mobil pribadi..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: TIPS MUDIK AMAN DAN NYAMAN
Semakin cepat kendaraan anda melaju, semakin tinggi tingkat konsentrasyon Anda dalam mengemudi. Artina, bakal semakin cepat lelah.
Lelah, tanda tandanya: Mulai ngerjapin mata lebih sering. Sempet blank sedetik saat mengemudi konstan. Mulai paah, mulai menampar sedikit muka untuk menyuruh mata melek lagi.
Kalau sudah kondisi kayak begini, langsung cari pom bensin untuk menepi dan tidur bagi mudiker style backpacker macam keluarga ane, atau cari penginapan bagi mudikers style koper macam juragan2 di SM..
Point is, tidak perlu ngejar waktu lah untuk perjalanan luar kota. Kalau teman teman saya bilang saat tidak lebaran mereka bisa mnempuh Jakata-Jogja dalam 11-12 jam, gue ngeri. Ngerinya adalah, tidak seluruh jalan luar kota itu lebar lebar jalannya. Tidak bisa hantam kromo begitu aja. Saya April kemarin mudik by car ke jogja bareng keluarga. Habis waktu 18 jam.
Ngantuk ya minggir tidur di pom, macet ya udah ngga usah maksa nyalip2... Laper ya brenti dulu, maem..
Apalagi kalau pas mudik, macet, biasanya kalo udah longgar dikit, langsung deh Alonso KW5 pada bejek gas gila gilaan, sampe mepet mepetin motor motor penduduk lokal yang kita lewatin.
Apa nda kasihan?
Mereka penduduk asli disitu loh, sedangkan kita itu orang luar, harusnya kita sedikit 'permisi' dan sopan pada mereka.
Kalau terjadi apa apa, bagaimana?
Saya pernah hampir kejadian kecelakaan, kalo nda salah sebelum masuk purworejo. Saat itu saya sedang berusaha nyalip sebuah Kijang Super yang berjalan super pelan, hanya 30km/jam. Saya sudah sein kanan, sudah injek gas, A/T sudah downshift, akselerasi sudah narik....EEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEE...tau tau dari depan Kijang Super itu, motor anak sekolah boncengan langsung ke kanan, mepet as jalan, mau belok kanan, tanpa sein.....!
Daihatsu NeoZebra di blakang ane juga udah ikutan akselerasi tuh...
Hampir aja...!
Subhanallah..! Tuhan masih melindungi kami....
Detik itu, saya SAMA SEKALI TIDAK membunyikan klakson pada alay bermotor itu. Karena ane udah feeling, kalau ane klakson, pasti langsung kaget, setang godek, malah jatuh sendiri, ntar dikiranya ane yang nabrak. Ribet.
Jadi, bener kata mbah, hormati penduduk lokal, jangan picingkan mata pada mereka kalau arus lalulintas jadi melambat sekali.
Karena, bisa bisa kita yang gradakan malah menimbulkan bencana kecelakaan.
Lelah, tanda tandanya: Mulai ngerjapin mata lebih sering. Sempet blank sedetik saat mengemudi konstan. Mulai paah, mulai menampar sedikit muka untuk menyuruh mata melek lagi.
Kalau sudah kondisi kayak begini, langsung cari pom bensin untuk menepi dan tidur bagi mudiker style backpacker macam keluarga ane, atau cari penginapan bagi mudikers style koper macam juragan2 di SM..
Point is, tidak perlu ngejar waktu lah untuk perjalanan luar kota. Kalau teman teman saya bilang saat tidak lebaran mereka bisa mnempuh Jakata-Jogja dalam 11-12 jam, gue ngeri. Ngerinya adalah, tidak seluruh jalan luar kota itu lebar lebar jalannya. Tidak bisa hantam kromo begitu aja. Saya April kemarin mudik by car ke jogja bareng keluarga. Habis waktu 18 jam.
Ngantuk ya minggir tidur di pom, macet ya udah ngga usah maksa nyalip2... Laper ya brenti dulu, maem..
Apalagi kalau pas mudik, macet, biasanya kalo udah longgar dikit, langsung deh Alonso KW5 pada bejek gas gila gilaan, sampe mepet mepetin motor motor penduduk lokal yang kita lewatin.
Apa nda kasihan?
Mereka penduduk asli disitu loh, sedangkan kita itu orang luar, harusnya kita sedikit 'permisi' dan sopan pada mereka.
Kalau terjadi apa apa, bagaimana?
Saya pernah hampir kejadian kecelakaan, kalo nda salah sebelum masuk purworejo. Saat itu saya sedang berusaha nyalip sebuah Kijang Super yang berjalan super pelan, hanya 30km/jam. Saya sudah sein kanan, sudah injek gas, A/T sudah downshift, akselerasi sudah narik....EEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEE...tau tau dari depan Kijang Super itu, motor anak sekolah boncengan langsung ke kanan, mepet as jalan, mau belok kanan, tanpa sein.....!
Daihatsu NeoZebra di blakang ane juga udah ikutan akselerasi tuh...
Hampir aja...!
Subhanallah..! Tuhan masih melindungi kami....
Detik itu, saya SAMA SEKALI TIDAK membunyikan klakson pada alay bermotor itu. Karena ane udah feeling, kalau ane klakson, pasti langsung kaget, setang godek, malah jatuh sendiri, ntar dikiranya ane yang nabrak. Ribet.
Jadi, bener kata mbah, hormati penduduk lokal, jangan picingkan mata pada mereka kalau arus lalulintas jadi melambat sekali.
Karena, bisa bisa kita yang gradakan malah menimbulkan bencana kecelakaan.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12275
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: TIPS MUDIK AMAN DAN NYAMAN
Yang terpenting: kalo kondisi udh mulai ngantuk & gk ad tpt buat berhenti, usahakan jgn ngebut agar cpt ampe di tujuan... Makin gak konsen jadinya....
Bokap gue pernah cerita, dulu pas jaman dia masi bujangan, dia nyetir dari Medan - Pekanbaru pake IsPan temen dia, pas udh mau ampe Pekanbaru, udh mulai ngantuk dia, makin dia bejek gasnya.... Alhasil gegara kehilangan traksi ato apalah,tuh mbl spin.... Untung kondisi jalan kosong, kalo nggak, habislah....
Bokap gue pernah cerita, dulu pas jaman dia masi bujangan, dia nyetir dari Medan - Pekanbaru pake IsPan temen dia, pas udh mau ampe Pekanbaru, udh mulai ngantuk dia, makin dia bejek gasnya.... Alhasil gegara kehilangan traksi ato apalah,tuh mbl spin.... Untung kondisi jalan kosong, kalo nggak, habislah....
2021 Fortuner VRZ
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 999
- Joined: Thu Jun 13, 2013 8:58
Re: TIPS MUDIK AMAN DAN NYAMAN
setubuh dengan om VM
terkait dengan ngantuk, memang sebaiknya mampir SPBU yg cukup aman utk istirahat
blank sedikit saja bisa fatal akibatnya.
misal kita dalam kecepatan 80 km/jam
blank 1 detik berarti :
"22 meter mobil meluncur tanpa ada kendali"
beeehhg.... ngeri.....
terkait dengan ngantuk, memang sebaiknya mampir SPBU yg cukup aman utk istirahat
blank sedikit saja bisa fatal akibatnya.
misal kita dalam kecepatan 80 km/jam
blank 1 detik berarti :
"22 meter mobil meluncur tanpa ada kendali"
beeehhg.... ngeri.....
kabeh wis ono sing ngatur.....
Gusti Allah mboten sare....
Gusti Allah mboten sare....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: TIPS MUDIK AMAN DAN NYAMAN
klu mw aman dan nyaman, sebaiknya cari hotel aja. besok pagi baru lanjutkan perjalanan. apalagi pastinya klu mudik bawa keluarga. keselamatan nomer satu.
klu di pantura, ane biasanya mampir di kota tegal. hotelnya lumayan bagus dibanding kota lainnya. klu maksain kasian si kecil, udah teler berat... maklum punyanya cuma kaleng krupuk yg mentul2 trus selama perjalanan....
klu di pantura, ane biasanya mampir di kota tegal. hotelnya lumayan bagus dibanding kota lainnya. klu maksain kasian si kecil, udah teler berat... maklum punyanya cuma kaleng krupuk yg mentul2 trus selama perjalanan....
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 999
- Joined: Thu Jun 13, 2013 8:58
Re: TIPS MUDIK AMAN DAN NYAMAN
wah.... bisa juga tuh rekomendasi nya om Anjas
kabeh wis ono sing ngatur.....
Gusti Allah mboten sare....
Gusti Allah mboten sare....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6012
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: TIPS MUDIK AMAN DAN NYAMAN
Keren tipsnya mbah
Wah, ane jadi kepingin mobil2an lagi selama lebaran .... cuma sayang, STNK belum jadi
Wah, ane jadi kepingin mobil2an lagi selama lebaran .... cuma sayang, STNK belum jadi
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5489
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: TIPS MUDIK AMAN DAN NYAMAN
Om Anjas mampir Hotel, buat update Status Facebook n bikin trit lagi di SMBhanaspati wrote:wah.... bisa juga tuh rekomendasi nya om Anjas
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: TIPS MUDIK AMAN DAN NYAMAN
Jiahhh.... ga keburu om.. paling2 lgsg ngecharge gadget dan orangnya skalian... biar besok pagi udah seger dan sekeluarga siap melanjutkan perjalanan.
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 999
- Joined: Thu Jun 13, 2013 8:58
Re: TIPS MUDIK AMAN DAN NYAMAN
om R2D2, sama om, STNK ane jg belum jadi
Bismillah..... hajar aja dah
Bismillah..... hajar aja dah
kabeh wis ono sing ngatur.....
Gusti Allah mboten sare....
Gusti Allah mboten sare....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6012
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: TIPS MUDIK AMAN DAN NYAMAN
Wooogh, jadinya ambil apa om?Bhanaspati wrote:om R2D2, sama om, STNK ane jg belum jadi
Bismillah..... hajar aja dah
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 999
- Joined: Thu Jun 13, 2013 8:58
Re: TIPS MUDIK AMAN DAN NYAMAN
hehehehe..... GL XV manual, yg facelift 2013 (bukan yg all new 2013)artoodetoo wrote: Wooogh, jadinya ambil apa om?
track record pendahulunya lumayan bikin was was nih om
tapi ngomong2 ini udah satu bulan kok belum jadi juga STNK nya ya om?
biasanya berapa lama tho?
kabeh wis ono sing ngatur.....
Gusti Allah mboten sare....
Gusti Allah mboten sare....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6012
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: TIPS MUDIK AMAN DAN NYAMAN
Pengalaman bapak saya beli Avanza, 1 bulan jadi kok STNK nya. Jadi surat jalannya gak perlu diperpanjang.Bhanaspati wrote:hehehehe..... GL XV manual, yg facelift 2013 (bukan yg all new 2013)artoodetoo wrote: Wooogh, jadinya ambil apa om?
track record pendahulunya lumayan bikin was was nih om
tapi ngomong2 ini udah satu bulan kok belum jadi juga STNK nya ya om?
biasanya berapa lama tho?
Itu GL nya CBU atau CKD sih? Dengar2 kalo CBU memang lebih lama
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 999
- Joined: Thu Jun 13, 2013 8:58
Re: TIPS MUDIK AMAN DAN NYAMAN
lha.... apa GL 2013 ada yg CBU om, wah ane ga tau tuh, ntar ane tanyain ke pihak batu makam dehartoodetoo wrote: Pengalaman bapak saya beli Avanza, 1 bulan jadi kok STNK nya. Jadi surat jalannya gak perlu diperpanjang.
Itu GL nya CBU atau CKD sih? Dengar2 kalo CBU memang lebih lama
kabeh wis ono sing ngatur.....
Gusti Allah mboten sare....
Gusti Allah mboten sare....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6012
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: TIPS MUDIK AMAN DAN NYAMAN
Lha siapa tau CBU Om. Dunia otomotif khan suka aneh2, di luar nalar. Apalagi yg beli dukunBhanaspati wrote:lha.... apa GL 2013 ada yg CBU om, wah ane ga tau tuh, ntar ane tanyain ke pihak batu makam dehartoodetoo wrote: Pengalaman bapak saya beli Avanza, 1 bulan jadi kok STNK nya. Jadi surat jalannya gak perlu diperpanjang.
Itu GL nya CBU atau CKD sih? Dengar2 kalo CBU memang lebih lama
BTW, mudiknya dari mana ke mana om? Biasanya surat jalan khan mencakup area lumayan luas, seperti punya saya bisa dipake di DIY dan Jateng
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 999
- Joined: Thu Jun 13, 2013 8:58
Re: TIPS MUDIK AMAN DAN NYAMAN
artoodetoo wrote: Lha siapa tau CBU Om. Dunia otomotif khan suka aneh2, di luar nalar. Apalagi yg beli dukun
BTW, mudiknya dari mana ke mana om? Biasanya surat jalan khan mencakup area lumayan luas, seperti punya saya bisa dipake di DIY dan Jateng
waktu ane beli, ane pake style ababil unyu2 om, bukan style dukun, jadi mereka tau nya ya ane ababil unyu2
di surat jalan ane ga ada penjelasan ataupun keterangan tentang area & waktu
cuma menerangkan STNK mobil bla bla bla.... dst masih dalam proses, gitu
mudiknya lumayan om.
Semarang - surabaya - jakarta - semarang (tempuh total 1 minggu + nginap)
istirahat 1 atau 2 hari, lanjut.... semarang - magelang - jogja - kebumen - semarang (tempuh total 2 hari + nginap)
test uji nyali buat GL ane, ancur ya sekalian ancur, ane masukin ke beres
jadi bisa sekalian ketahuan ketahanan nya
besok setelah mudik ane review om
kabeh wis ono sing ngatur.....
Gusti Allah mboten sare....
Gusti Allah mboten sare....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6012
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: TIPS MUDIK AMAN DAN NYAMAN
Siiip, ditunggu repiunyaBhanaspati wrote:artoodetoo wrote: Lha siapa tau CBU Om. Dunia otomotif khan suka aneh2, di luar nalar. Apalagi yg beli dukun
BTW, mudiknya dari mana ke mana om? Biasanya surat jalan khan mencakup area lumayan luas, seperti punya saya bisa dipake di DIY dan Jateng
waktu ane beli, ane pake style ababil unyu2 om, bukan style dukun, jadi mereka tau nya ya ane ababil unyu2
di surat jalan ane ga ada penjelasan ataupun keterangan tentang area & waktu
cuma menerangkan STNK mobil bla bla bla.... dst masih dalam proses, gitu
mudiknya lumayan om.
Semarang - surabaya - jakarta - semarang (tempuh total 1 minggu + nginap)
istirahat 1 atau 2 hari, lanjut.... semarang - magelang - jogja - kebumen - semarang (tempuh total 2 hari + nginap)
test uji nyali buat GL ane, ancur ya sekalian ancur, ane masukin ke beres
jadi bisa sekalian ketahuan ketahanan nya
besok setelah mudik ane review om
Nanti ane juga bakal repiu Miras ane
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net