Mobil Anda diharuskan konversi ke BBG, gimana dong?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Mobil Anda diharuskan konversi ke BBG, gimana dong?
Bbrp kalangan memberikan strong advise bhw roadmap energi yg plg pas utk bangsa kita adlh beralih menjadi BBG.
Maka ini berandai2...apabila suatu saat nanti entah kpn, ada pemegang government yg punya cara pikir sama dg kalangan tsb, maka dilaksanakanlah policy ektrem tsb: menggiring masyarakat utk kenversi bahan bakar kendaraannya mnjdi BBG.
Maka, apa yg akan terjadi dg mobil anda?
Sekali lg, jgn bygkan itu dlm wktu dekat ya.. tp siapa tau sekian belas, atau puluh taun lg benar2 diberlakukan policy smacam itu.
Dan spt biasa klo ane starting trid, silakan membahasnya dr sisi mana saja, bebas, tdk terbatas dlm ruang lingkup kecil, mau diperluas kemana silakan aja. Mau berpendapat dr sisi policy nya silakan...terutama mohon pendapat dr sisi teknikal mesin, adjustment2 apa saja yg perlu dilakukan jika tanki dah diganti sm BBG. Misal adjustment AFR nya kah? atau apa...
Maka ini berandai2...apabila suatu saat nanti entah kpn, ada pemegang government yg punya cara pikir sama dg kalangan tsb, maka dilaksanakanlah policy ektrem tsb: menggiring masyarakat utk kenversi bahan bakar kendaraannya mnjdi BBG.
Maka, apa yg akan terjadi dg mobil anda?
Sekali lg, jgn bygkan itu dlm wktu dekat ya.. tp siapa tau sekian belas, atau puluh taun lg benar2 diberlakukan policy smacam itu.
Dan spt biasa klo ane starting trid, silakan membahasnya dr sisi mana saja, bebas, tdk terbatas dlm ruang lingkup kecil, mau diperluas kemana silakan aja. Mau berpendapat dr sisi policy nya silakan...terutama mohon pendapat dr sisi teknikal mesin, adjustment2 apa saja yg perlu dilakukan jika tanki dah diganti sm BBG. Misal adjustment AFR nya kah? atau apa...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2002
- Joined: Fri Oct 26, 2012 12:47
Re: Konversi mobil anda ke BBG, apa yg akan terjadi?
Pertamaaax... eh BBG ya.. 

"The Power of ren-Dreams"


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Konversi mobil anda ke BBG, apa yg akan terjadi?
BBG ya,jadi ingat tabung 3 KG,ngeriiii takut meledug,buseeettt,liat aja pas konversi gas 3 kg,berapa banyak ledakan di indoneSia,parahnya g ada cover asuransi n something like that,kuda cuki eh pertamina mah cuek aja,sooooo no thanks for BBG
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Konversi mobil anda ke BBG, apa yg akan terjadi?
Yoi...ane aja td mau pertamaxxx gaj jd gara2 ngomonginnya BBG ™Ќîiîk.·:::D Ќîiîk
::·. Ќîiîk™ .
ngeri ya?
Tp kata pak wamen dulu siapa yg almarhum itu, konverternya dah teruji aman man man...mgkin jg klo thdp kndaraan, mestinya dibarengi sistem asuransi gede.
Dan klo terjadi policy nyuruh konversi gitu, pasti kan pakai pengkondisian, misalnya, bensin jd nyaris ilang dr pasaran..klopun ada muahall...ya kek minah wktu itu..
Jd pada mau gak mau terpaksa konversi kan? Hampir gak mgkin jg dong say no atau say thanks to BBG?


ngeri ya?
Tp kata pak wamen dulu siapa yg almarhum itu, konverternya dah teruji aman man man...mgkin jg klo thdp kndaraan, mestinya dibarengi sistem asuransi gede.
Dan klo terjadi policy nyuruh konversi gitu, pasti kan pakai pengkondisian, misalnya, bensin jd nyaris ilang dr pasaran..klopun ada muahall...ya kek minah wktu itu..
Jd pada mau gak mau terpaksa konversi kan? Hampir gak mgkin jg dong say no atau say thanks to BBG?
Last edited by andy1800 on Tue May 14, 2013 3:00, edited 2 times in total.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Konversi mobil anda ke BBG, apa yg akan terjadi?
Seinget ane, untuk saat konversi ke tabung gas kecil, kasus terjadinya ledakan itu bukan melulu salah tabungnya. Tapi ada banyak aspek.. :
1. Perubahan kebiasaan masyarakat. Tabung gas biru / besar, harganya mahal, samada isi mahupun tabungnya. Sehingga, dulu tabung biru besar itu (12kg) hanya untuk konsumsi rumah tangga yang sudah terbilang mapan, dibanding yang kemampuannya baru untuk beli minyak tanah.
2. Perbedaan kebiasaan ini karena masyarakat menengah bawah yang mengonsumsi gas ukuran 3 kg, belum mencukupi product knowledgenya, antara lain, perlunya membeli regulator dan selang gas yang berkualitas. Saat konversi tabung gas kecil, marak juga regulator dan selang mutu abal abal geje dari antah berantah. Sudah gitu, cara masang regulator juga kurang paham benar. PLUS, mereka (mungkin) belum paham kalau gas ada yang bocor atau tidak, ada indikasinya, misalnya bunyi mendesis "sssssss..." atau bau menyengat.
3. Sudah gitu, diperparah lagi dengan kebiasaan lama pakai kompor minyak tanah yang mana ventilasi dapurnya justru minim, untuk mencegah api kompor mati. Padahal, kondisi ini bertolak belakang dengan syarat pemakaian kompor gas: Ventilasi udara di dapur harus baik, agar udara mudah masuk dan keluar ke dan dari dapur.
Kalau masyarakat kelas menengah bawah tersebut masih ngejar murahnya di depan doang untuk regulator dan selang tanpa diedukasi resiko ledakan yang bakal terjadi akibat mutu asal asalan, mereka belum tau kondisi yang bagaimana yang menandakan gas bocor atau kurang rapat, plus dapur rumah yang pengap dan sumpek sehingga gas yang bocor halus tersebut dengan seketika memenuhi ruang dapur, ya ngga heran kalau baru mau mantik api kompor udah langsung DUAARRR...
IMHO, CMIIW sangat ya..

1. Perubahan kebiasaan masyarakat. Tabung gas biru / besar, harganya mahal, samada isi mahupun tabungnya. Sehingga, dulu tabung biru besar itu (12kg) hanya untuk konsumsi rumah tangga yang sudah terbilang mapan, dibanding yang kemampuannya baru untuk beli minyak tanah.
2. Perbedaan kebiasaan ini karena masyarakat menengah bawah yang mengonsumsi gas ukuran 3 kg, belum mencukupi product knowledgenya, antara lain, perlunya membeli regulator dan selang gas yang berkualitas. Saat konversi tabung gas kecil, marak juga regulator dan selang mutu abal abal geje dari antah berantah. Sudah gitu, cara masang regulator juga kurang paham benar. PLUS, mereka (mungkin) belum paham kalau gas ada yang bocor atau tidak, ada indikasinya, misalnya bunyi mendesis "sssssss..." atau bau menyengat.
3. Sudah gitu, diperparah lagi dengan kebiasaan lama pakai kompor minyak tanah yang mana ventilasi dapurnya justru minim, untuk mencegah api kompor mati. Padahal, kondisi ini bertolak belakang dengan syarat pemakaian kompor gas: Ventilasi udara di dapur harus baik, agar udara mudah masuk dan keluar ke dan dari dapur.
Kalau masyarakat kelas menengah bawah tersebut masih ngejar murahnya di depan doang untuk regulator dan selang tanpa diedukasi resiko ledakan yang bakal terjadi akibat mutu asal asalan, mereka belum tau kondisi yang bagaimana yang menandakan gas bocor atau kurang rapat, plus dapur rumah yang pengap dan sumpek sehingga gas yang bocor halus tersebut dengan seketika memenuhi ruang dapur, ya ngga heran kalau baru mau mantik api kompor udah langsung DUAARRR...
IMHO, CMIIW sangat ya..

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Konversi mobil anda ke BBG, apa yg akan terjadi?
I N D O N E S I A
Bajaj yg biru dari India aslinya pakai BBG, sampai di Indonesia didownspek jadi BBM karena sulitnya cari SPBG. Beginilah kondisi negaramu.
Bajaj yg biru dari India aslinya pakai BBG, sampai di Indonesia didownspek jadi BBM karena sulitnya cari SPBG. Beginilah kondisi negaramu.
Ready to Race
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Konversi mobil anda ke BBG, apa yg akan terjadi?
Klo masalah mutu regulator...seinget liatnya ane wktu itu, kpd masyarakat ekonomi lemah, yg dibagikan/dikaish cuma2 tu bukan cm tabungnya kok...tp sepaket: tabung + kompor + regulator.
(klo di RW ane semua rumah tangga dapet msg2 satu paket, regardless kemampuan ekonominya).
Jd maksdunya, intinya, regulator jg bukan hrs beli sndiri, tp dikasih jg dari sono.
Gitu kan ki VM ?
(klo di RW ane semua rumah tangga dapet msg2 satu paket, regardless kemampuan ekonominya).
Jd maksdunya, intinya, regulator jg bukan hrs beli sndiri, tp dikasih jg dari sono.
Gitu kan ki VM ?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Konversi mobil anda ke BBG, apa yg akan terjadi?
@asudarsono
Tentu saja bila itu dilaksanakan, tentu akan terjadi siih kekacauan di awal2 krn availibility BBG msh blm settle...ya kayak BBG Rumah tangga dulu.
Tp itu kan di awal2 aja..dan seiring wktu, bbrp lama kmudian dah lancar jaya.
Yaa asumsikan krn dah ada pngalaman dulu, maka klo yg utk kendaraan nantinya si goverment dah lbh siap ttg availibilitynya.
Tentu saja bila itu dilaksanakan, tentu akan terjadi siih kekacauan di awal2 krn availibility BBG msh blm settle...ya kayak BBG Rumah tangga dulu.
Tp itu kan di awal2 aja..dan seiring wktu, bbrp lama kmudian dah lancar jaya.
Yaa asumsikan krn dah ada pngalaman dulu, maka klo yg utk kendaraan nantinya si goverment dah lbh siap ttg availibilitynya.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Konversi mobil anda ke BBG, apa yg akan terjadi?
Omong2, yg bs dikonversi tu hanya mesin bensin saja kah? Atau mesin diesle jg?
Batasan mesin yg bensin gmana?
Maksudnya yg kompresi brp minimum atau maximum? Yg turbo jg bs dikonversi?
Batasan mesin yg bensin gmana?
Maksudnya yg kompresi brp minimum atau maximum? Yg turbo jg bs dikonversi?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Konversi mobil anda ke BBG, apa yg akan terjadi?
Membangun negara, yang seharusnya menjadi panglima pembangunan adalah P E N D I D I K A N. Sehingga kebijaksanaan kebijaksanaan apapun, ada dasar ilmunya, dan sebagai rakyat juga kritis untuk tanya ilmu nya apa, bagaimana caranya.asudarsono wrote:I N D O N E S I A
Bajaj yg biru dari India aslinya pakai BBG, sampai di Indonesia didownspek jadi BBM karena sulitnya cari SPBG. Beginilah kondisi negaramu.
Kaisar Hirohito, saat Jepang hancur, yang ditanya pertama kali BUKAN : Berapa cadangan devisa, berapa gedung pemerintahan yang masih ada, berapa tank yang masih tersisa, berapa tentara yang masih hidup,
TAPI:
1. Berapa GURU dan DOSEN yang masih hidup
2. Berapa gedung sekolah yang tidak kena bom dan berapa yang hancur.
3. Berapa MURID yang kehilangan orang tua dan tidak mampu sekolah.
4. Berapa BUKU yang hancur terbakar?
5. Berapa gedung yang bisa dialihfungsikan sebagai sekolah?
6. Berapa orang tua yang rumahnya hancur dan kehilangan pekerjaan sehingga anak2nya tidak bisa sekolah?
Kelihatannya sepele, tapi justru itulah titik baliknya.
Amerika, Eropa, sudah menggarisbawahi, PENDIDIKAN sebagai satu satunya jalan mengantarkan kemakmuran negara....dan beberapa negara yang merdeka belakangan dan bangkit belakangan dari kita maupun Jepang juga begitu. Malaysia, singapore, Brunei dan Vietnam.
Mau kebijaksanaan kayak apa juga, kalau rakyatnya tidak mendapat informasi yang benar, alias ekonomi masih sebagai panglima, ya begitu hasilnya:
1. Cari yang regulator murah, selang murah
2. Cari tabung gas palsu yang penting murah
PLUS, tidak adanya edukasi pada rakyat.

Edited:
@simbah, ada hubung kait nya dengan posting ane, mbah. Asumsi aja, regulator dan selangnya bagus. Product knowledge yang lain, misalnya, indikasi gas bocor, nanti ada bau. Nah, baunya kayak apa? Apa kayak gas buang mobil atau kayak gas buang manusia?
Bagaimana kondisi ventilasi dapur?
Saya pernah pakai kompor minyak tanah bbrp tahun. Padahal kondisi dapur saya saat itu malah banyak jendelanya sehingga sirkulasinya bagus. Setengah mati tu saya tutup jendela, tutup pintu, udah gitu kompornya juga saya kasih 'dinding' di sekitarnya supaya tidak ada angin yang bikin mati api kompor saya.
Di rumah yang dapurnya malah didesain untuk kompor mitan, ini berbahaya. Apalagi seringnya rumah yang ber-mitan itu identik (tidak selamanya loh) dengan rumah yang berdesak2an di gang gang sempit. Sirkulasi udara buruk.
Kalaupun ada yang ngeh ada gas bocor, ga bakal sempet gas itu segera keluar, udah keburu kesamber api kompor itu sendiri.
Nah sekarang, kita ngga pernah tau bagaimana sebenarnya mutu regulator dan selang gratisan itu. TAPI tidak sedikit juga yang menggantinya akibat termakan bujuk rayu sales regulator dan selang yang saat itu marak. Mereka yang ngga ngerti, bakal mengganti regulator dan selang gratisan itu, yang mungkin mutunya malah masuk standar aman, tapi diganti dengan yang lebih buruk, akibat bujukan maut yang menjelek2an mutu regulator dan selang gratisan sebagai,"Mana ada barang gretongan itu bagus, bu?"
Harga ngga pernah boong. Mereka mungkin ngga pernah atau sangat sangat jarang melihat, berapa sih sebenarnya harga regulator dan selang yang aman itu? 200? 300ribu? Kalau mereka ngga pernah ngeh hal itu, ditawarin regulator dan selang yang 75 ribu apalagi dicicil 3 bulan, jelas aja gelap mata..Apalagi ditawarinnya di arisan ibu ibu pulak...

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Konversi mobil anda ke BBG, apa yg akan terjadi?
Omong omong juga, busway BBG itu mesinnya diesel kah?andy1800 wrote:Omong2, yg bs dikonversi tu hanya mesin bensin saja kah? Atau mesin diesle jg?
Batasan mesin yg bensin gmana?
Maksudnya yg kompresi brp minimum atau maximum? Yg turbo jg bs dikonversi?

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Konversi mobil anda ke BBG, apa yg akan terjadi?
Oiya ya...tu dia, buswe BBG
Naah, brarti ntar2nya akan sama rata sama kasta dong diesel sm bensin?
Jd apa ntar yg membedakan ya?
Eh, BBG bs self ignition?

Naah, brarti ntar2nya akan sama rata sama kasta dong diesel sm bensin?
Jd apa ntar yg membedakan ya?
Eh, BBG bs self ignition?

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Konversi mobil anda ke BBG, apa yg akan terjadi?
mensin benzin dan diesel sih iso kabeh pak.... mesin cuci yang mungkin belum bisa dikonversi ke bbg...andy1800 wrote:Omong2, yg bs dikonversi tu hanya mesin bensin saja kah? Atau mesin diesle jg?
Batasan mesin yg bensin gmana?
Maksudnya yg kompresi brp minimum atau maximum? Yg turbo jg bs dikonversi?

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Konversi mobil anda ke BBG, apa yg akan terjadi?
mo diesel mo benzin ya iso pak... kecuali mesin cukur...andy1800 wrote:Oiya ya...tu dia, buswe BBG
Naah, brarti ntar2nya akan sama rata sama kasta dong diesel sm bensin?
Jd apa ntar yg membedakan ya?
Eh, BBG bs self ignition?

............

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2002
- Joined: Fri Oct 26, 2012 12:47
Re: Konversi mobil anda ke BBG, apa yg akan terjadi?
kenapa harus merasa ribet dg konversi BBM ke BBG? pada dasarnya konversi seperti itu akan melalui proses yg amat panjang. tidak mungkin secara tiba2 menutup SPBU dan berganti SPBG. karena perubahan secepat kilat semacam itu justru akan menyebabkan kegoncangan ekonomi, sosial sampai politik.
kalau berkaca dari pengalaman, perubahan regulasi ttg kendaraan bermotor kan bukan kali ini aja kan?
1. kalau dulu mobil2 menggunakan karburator skr dg injeksi,,, tapi bukan berarti mobil berkarburator ilang dari dunia kan? tapi semakin lama populasinya akan semakin sedikit sebelum akhirnya punah (ntah kapan).
2. Motor2 2 tak jg sampe sekarang masih ada kan yg keliaran dijalan? malah mobil 2 tak jg masih ada yg hidup (trungtung), dan ada tritnya jg di SM.
Maksud saya, kalau pertanyaannya apa yg akan terjadi dg mobil (dan motor) kita, ya ga akan terjadi apa2. Karena kendaraan2 itu akan dibiarkan punah perlahan2 secara alamiah bukan dibunuh tiba2.
cmiiw
kalau berkaca dari pengalaman, perubahan regulasi ttg kendaraan bermotor kan bukan kali ini aja kan?
1. kalau dulu mobil2 menggunakan karburator skr dg injeksi,,, tapi bukan berarti mobil berkarburator ilang dari dunia kan? tapi semakin lama populasinya akan semakin sedikit sebelum akhirnya punah (ntah kapan).
2. Motor2 2 tak jg sampe sekarang masih ada kan yg keliaran dijalan? malah mobil 2 tak jg masih ada yg hidup (trungtung), dan ada tritnya jg di SM.
Maksud saya, kalau pertanyaannya apa yg akan terjadi dg mobil (dan motor) kita, ya ga akan terjadi apa2. Karena kendaraan2 itu akan dibiarkan punah perlahan2 secara alamiah bukan dibunuh tiba2.
cmiiw
"The Power of ren-Dreams"


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Mobil Anda diharuskan konversi ke BBG, gimana dong?
Soal gentarnya masyarakat berasumsi soal safetynya BBG pd mob, nggak terlepas dr kontrol pemerintah pd produsen.
Entah gimana caranya, pokoknya harus dibikin aturan ketat bahwa HANYA perangkat konversi terstandarisasi yg boleh beredar. Di luar itu, no way. Bunuh aja produsennya.
Entah gimana caranya, pokoknya harus dibikin aturan ketat bahwa HANYA perangkat konversi terstandarisasi yg boleh beredar. Di luar itu, no way. Bunuh aja produsennya.
Das Beste oder nichts.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Mobil Anda diharuskan konversi ke BBG, gimana dong?
Om ada sedikit cerita kenapa saya ogah di kapal LPG, tahun 1999an di pelabuhan singapura ada kapal LPG DWT 7523 yang ada kapsulnya , meledak,itu kapal terpotong body kapalnya,yang atas terbang 300 mtr,itu kapal LPG No 1 safety,apalagi pas di singapura yang strait peraturannya,tidak ada yang selamat, pelabuhan renovasi lagi,itu kapal,yang perwira dan abknya terlatih menangani LPG,kebakaran dan safety crew n cargo,so gaklah kalau buat mobil
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Mobil Anda diharuskan konversi ke BBG, gimana dong?
@beuk
Naah, tu dia maksudnya, makanya kita ngarep, ni SM sbg forum otomoto terkemuka, mohon master2nya berkenan utk ngasih pencerhaan2 apa saja yg diperlukan.... shg sooner or later bila policy tsb ntarnya bener2 diberlakukan, maka diharapkan org2 akan pada merefer kpd master2 dimarih.
Misalnya ttg, klo spot2 di alat konversinya yg hrs mdpt perhatian lbh, dlm rangka safety nya.
Lalu misalnya jg ttg: klo di mesin bensin, maka ni bBg akan setara dg oktan sekian, klo diesel akan setara dg cetane sekian. Kandungan sulfur akan begini, kandungan air akan jd begitu, kandungan dtergen nya akan begina...dll...lalu peningkatan performansi mesin yg akan terjadi, powernya akan naik segini, reliabilitas akan memanjang...
Jg mohon pemahaman, prinsip2 konversinya tu akan bagaimana...
Settingan2 aapa saja yg hrs diubah/ditune-up spt apa...
Naah, tu dia maksudnya, makanya kita ngarep, ni SM sbg forum otomoto terkemuka, mohon master2nya berkenan utk ngasih pencerhaan2 apa saja yg diperlukan.... shg sooner or later bila policy tsb ntarnya bener2 diberlakukan, maka diharapkan org2 akan pada merefer kpd master2 dimarih.
Misalnya ttg, klo spot2 di alat konversinya yg hrs mdpt perhatian lbh, dlm rangka safety nya.
Lalu misalnya jg ttg: klo di mesin bensin, maka ni bBg akan setara dg oktan sekian, klo diesel akan setara dg cetane sekian. Kandungan sulfur akan begini, kandungan air akan jd begitu, kandungan dtergen nya akan begina...dll...lalu peningkatan performansi mesin yg akan terjadi, powernya akan naik segini, reliabilitas akan memanjang...
Jg mohon pemahaman, prinsip2 konversinya tu akan bagaimana...
Settingan2 aapa saja yg hrs diubah/ditune-up spt apa...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Mobil Anda diharuskan konversi ke BBG, gimana dong?
@om nubagor: ow!...ada trauma dr pengalamn pribadi gitu ya...ic
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Mobil Anda diharuskan konversi ke BBG, gimana dong?
Omong2 yg akan disupplykan tu BBG yg LPG atau LNG sih?
Memungkinkan dua2nya kah?
Perbedaan karkteristiknya apa antara keduanya?
Adakah Liquid Gas type lain lg?
Memungkinkan dua2nya kah?
Perbedaan karkteristiknya apa antara keduanya?
Adakah Liquid Gas type lain lg?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Mobil Anda diharuskan konversi ke BBG, gimana dong?
kalau BBG (CNG/envogas) itu tekanan tinggi, tabung berat dan tebal, tapi harga gas lebih murah. contohnya dipakai di busway, bajaj bbg, taksi. Kalau bocor gas CH4 langsung melayang ke udara bebas, lebih aman. ledakan lebih karena tabung bocor di rekondisi tidak semestinya, atau tabung melemah karena berkarat (ada kandungan air di gas alam).
kalau LPG dijual dengan nama vigas, tabung lebih ringan, tekanan hanya beberapa puluh bar. Harga lebih mahal, oktan setara 98. Kalau bocor di ruangan tertutup, gas nya mengendap di bawah, sehingga rawan ledakan kalau ada api. Cocok untuk mobil kecil.
kalau LPG dijual dengan nama vigas, tabung lebih ringan, tekanan hanya beberapa puluh bar. Harga lebih mahal, oktan setara 98. Kalau bocor di ruangan tertutup, gas nya mengendap di bawah, sehingga rawan ledakan kalau ada api. Cocok untuk mobil kecil.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Mobil Anda diharuskan konversi ke BBG, gimana dong?
CNGandy1800 wrote:Omong2 yg akan disupplykan tu BBG yg LPG atau LNG sih?
Memungkinkan dua2nya kah?
Perbedaan karkteristiknya apa antara keduanya?
Adakah Liquid Gas type lain lg?
Compressed Natural Gas atau Gas Alam Terkompresi
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Mobil Anda diharuskan konversi ke BBG, gimana dong?
Oo CNG ya...ic 
Lalu bagaimana dia bs berperilaku sbg "dua alam", bisa berperilaku sebagai bensin, dan bisa pula dia berperilaku laiknya solar?
Itu dia berbentuk gas atau gimana sih?
Pengucurannya ke tangki mobil spt refill tabung LPG? Atau tuang kayak isi bensin biasa gitu?
*mohon ktrenagan dsini aja, dg alasan spt biasaaa...krn lg pk hp jd klo buka link atau google jd ngehang....uwåЌåЌåЌΨåЌåЌ

Lalu bagaimana dia bs berperilaku sbg "dua alam", bisa berperilaku sebagai bensin, dan bisa pula dia berperilaku laiknya solar?
Itu dia berbentuk gas atau gimana sih?
Pengucurannya ke tangki mobil spt refill tabung LPG? Atau tuang kayak isi bensin biasa gitu?
*mohon ktrenagan dsini aja, dg alasan spt biasaaa...krn lg pk hp jd klo buka link atau google jd ngehang....uwåЌåЌåЌΨåЌåЌ

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Mobil Anda diharuskan konversi ke BBG, gimana dong?
masih pake hape yang itu? ganti nape...andy1800 wrote:Oo CNG ya...ic
Lalu bagaimana dia bs berperilaku sbg "dua alam", bisa berperilaku sebagai bensin, dan bisa pula dia berperilaku laiknya solar?
Itu dia berbentuk gas atau gimana sih?
Pengucurannya ke tangki mobil spt refill tabung LPG? Atau tuang kayak isi bensin biasa gitu?
*mohon ktrenagan dsini aja, dg alasan spt biasaaa...krn lg pk hp jd klo buka link atau google jd ngehang....uwåЌåЌåЌΨåЌåЌ

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Mobil Anda diharuskan konversi ke BBG, gimana dong?
emang pernah liat?...ketemua aja belomm, liat dr mana !? 
