Start Stop Engine ....memang bermanfaat atau kurang?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 520
- Joined: Wed Mar 27, 2013 2:05
Start Stop Engine ....memang bermanfaat atau kurang?
Dear all SM fellow,
mohon pendapat dari teman2 terutama yg sdh pake/punya mobil dgn fitur tombol start stop engine (contoh di mazda CX5, honda civic 2.0, focus 2.0, dll). Apakah fitu ini lebih banyak manfaatnya dalam keseharian ato malah banyak merepotkan?
Bbrp hal yg saya pikirkan (sorry kalau keliru tlg dikoreksi) :
1. Manfaat : tdk ada kunci kontak yg menggantung saat mobil jalan, tidak perlu mengeluarkan kunci dari saku kalau mau menyalakan mobil
2. Repotnya : kalau kena medan magnet yg cukup besar dan X-ray, signal bisa error dan harus di reset di beres, kalau baterai habis ga bisa dipakai (mesti sedia baterai cadangan di mobil), kalau mau pakai power window atau menyalakan radio/peralatan elektronik lainnya, harus menyalakan mesin (kalau di model biasa, tinggal putar kunci ke posisi "acc" tanpa start mesin). Padahal kita kadang lupa menutup window saat mesin sdh telajur dimatikan dan kita ga mau membuat kebisingan yg mengganggu terutama kalau sdh malam hari.
Dari kedua hal diatas kok saya merasa fitur ini lbh banyak repotnya dr manfaatnya< maaf kalau terlalu dini ambil kesimpulan>.
karena itu mohon rekan2 memberi masukan/pengalaman....
thanks for reading
mohon pendapat dari teman2 terutama yg sdh pake/punya mobil dgn fitur tombol start stop engine (contoh di mazda CX5, honda civic 2.0, focus 2.0, dll). Apakah fitu ini lebih banyak manfaatnya dalam keseharian ato malah banyak merepotkan?
Bbrp hal yg saya pikirkan (sorry kalau keliru tlg dikoreksi) :
1. Manfaat : tdk ada kunci kontak yg menggantung saat mobil jalan, tidak perlu mengeluarkan kunci dari saku kalau mau menyalakan mobil
2. Repotnya : kalau kena medan magnet yg cukup besar dan X-ray, signal bisa error dan harus di reset di beres, kalau baterai habis ga bisa dipakai (mesti sedia baterai cadangan di mobil), kalau mau pakai power window atau menyalakan radio/peralatan elektronik lainnya, harus menyalakan mesin (kalau di model biasa, tinggal putar kunci ke posisi "acc" tanpa start mesin). Padahal kita kadang lupa menutup window saat mesin sdh telajur dimatikan dan kita ga mau membuat kebisingan yg mengganggu terutama kalau sdh malam hari.
Dari kedua hal diatas kok saya merasa fitur ini lbh banyak repotnya dr manfaatnya< maaf kalau terlalu dini ambil kesimpulan>.
karena itu mohon rekan2 memberi masukan/pengalaman....
thanks for reading
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Start Stop Engine ....memang bermanfaat atau kurang?
Enakan kalo mau nyalain mesin tinggal bilang..
kabur ah.................

"Engine Start!"
kabur ah.................





" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 520
- Joined: Wed Mar 27, 2013 2:05
Re: Start Stop Engine ....memang bermanfaat atau kurang?
Someday all cars will be made that wayVanzMatic wrote:Enakan kalo mau nyalain mesin tinggal bilang..
"Engine Start!"
kabur ah.................![]()
![]()
![]()
![]()

-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Start Stop Engine ....memang bermanfaat atau kurang?
Saya tambahkan:hosea wrote:Dear all SM fellow,
mohon pendapat dari teman2 terutama yg sdh pake/punya mobil dgn fitur tombol start stop engine (contoh di mazda CX5, honda civic 2.0, focus 2.0, dll). Apakah fitu ini lebih banyak manfaatnya dalam keseharian ato malah banyak merepotkan?
Bbrp hal yg saya pikirkan (sorry kalau keliru tlg dikoreksi) :
1. Manfaat : tdk ada kunci kontak yg menggantung saat mobil jalan, tidak perlu mengeluarkan kunci dari saku kalau mau menyalakan mobil
2. Repotnya : kalau kena medan magnet yg cukup besar dan X-ray, signal bisa error dan harus di reset di beres, kalau baterai habis ga bisa dipakai (mesti sedia baterai cadangan di mobil), kalau mau pakai power window atau menyalakan radio/peralatan elektronik lainnya, harus menyalakan mesin (kalau di model biasa, tinggal putar kunci ke posisi "acc" tanpa start mesin). Padahal kita kadang lupa menutup window saat mesin sdh telajur dimatikan dan kita ga mau membuat kebisingan yg mengganggu terutama kalau sdh malam hari.
Dari kedua hal diatas kok saya merasa fitur ini lbh banyak repotnya dr manfaatnya< maaf kalau terlalu dini ambil kesimpulan>.
karena itu mohon rekan2 memberi masukan/pengalaman....
thanks for reading
1. manfaat: tidak ada kunci menggantung, jadi ketika manuver tidak akan pernah tangan kita kepentok kunci, dan dengkul juga gak akan kepentok. Ane mengalami hal ini di varian Mercedes, kalau Toyota Honda gitu nampaknya aman.
Saya koreksi:
2. Signal error itu unlikely, hampir gak pernah mengalami. Baterai habis, tinggal pakai kunci, karena di remote nya biasanya ada kunci tersembunyi. no problem, gak akan trigger alarm. ACC masih bisa, pencet saja tombolnya tampa injak rem.
Di bentley udah ada sih pakai voice gitu..hosea wrote:Someday all cars will be made that wayVanzMatic wrote:Enakan kalo mau nyalain mesin tinggal bilang..
"Engine Start!"
kabur ah.................![]()
![]()
![]()
![]()
with few memory voice recognition....jadi inget film jadul KITT dulu
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Start Stop Engine ....memang bermanfaat atau kurang?
Sedap beneeer koleksi nya om helm putih....Macam B bersayap yang ada di film 2012....AD74YA wrote: - cut -
Di bentley udah ada sih pakai voice gitu..
andai aja kayak om helm putih ya, tinggal Hatchiing gitu aja, logo B bersayap udah bertengger siap di TD...
..............................


" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 520
- Joined: Wed Mar 27, 2013 2:05
Re: Start Stop Engine ....memang bermanfaat atau kurang?
Thanks bgt infonya...terutama ACC masih bisa difungsikan.
Satu hal lagi apakah kalau mobil lagi jalan (posisi tuas selain N), tombol tsb jika tdk sengajka ditekan misalnya oleh anak2, apakah mobil akan berhenti mendadak? Kalau di impreza letak tombol ini di sebelah kana setir jadi lebih aman dr jangkauan anak2.
Satu hal lagi apakah kalau mobil lagi jalan (posisi tuas selain N), tombol tsb jika tdk sengajka ditekan misalnya oleh anak2, apakah mobil akan berhenti mendadak? Kalau di impreza letak tombol ini di sebelah kana setir jadi lebih aman dr jangkauan anak2.
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Start Stop Engine ....memang bermanfaat atau kurang?
Buseettt... yang dateng biasanya odong-odong sih kerumah...VanzMatic wrote:Sedap beneeer koleksi nya om helm putih....Macam B bersayap yang ada di film 2012....AD74YA wrote: - cut -
Di bentley udah ada sih pakai voice gitu..
andai aja kayak om helm putih ya, tinggal Hatchiing gitu aja, logo B bersayap udah bertengger siap di TD...
..............................![]()



Betul berhenti, tapi tidak mendadak diatas kecepatan 20 kpj. Biasanya ada sistem failsafe, mesin mobil akan mati, tapi mobil akan terus jalan.. Tapi untuk starter lagi harus posisi diam.hosea wrote:Thanks bgt infonya...terutama ACC masih bisa difungsikan.
Satu hal lagi apakah kalau mobil lagi jalan (posisi tuas selain N), tombol tsb jika tdk sengajka ditekan misalnya oleh anak2, apakah mobil akan berhenti mendadak? Kalau di impreza letak tombol ini di sebelah kana setir jadi lebih aman dr jangkauan anak2.
CMIIW
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Start Stop Engine ....memang bermanfaat atau kurang?
seinget gw, Mercedes masih ada kunci yg menggantung kok.. walau tetap nyalain pakai tombol start-stop.. (Example C250)
Ada kurang lebih nya sih tombol ini..
Ada kurang lebih nya sih tombol ini..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Start Stop Engine ....memang bermanfaat atau kurang?
Betul.. Di E300 tidak ada sih tombol start stop, masih kunci gantung infra red...NYoman wrote:seinget gw, Mercedes masih ada kunci yg menggantung kok.. walau tetap nyalain pakai tombol start-stop.. (Example C250)
Ada kurang lebih nya sih tombol ini..
Ngeselin sekali sarungnya (sarungnya model yang slim-swivel) sering terkena tangan ketika muter setir dan kesenggol dengkul ketika mau istirahatin kaki....
Tapi kalau peletakan tombol kunci di Honda dan Toyota untuk kunci gantung lumayan aman.. Ga akan kesenggol tangan saat muter setir
Itu maksud poin saya diatas..
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 520
- Joined: Wed Mar 27, 2013 2:05
Re: Start Stop Engine ....memang bermanfaat atau kurang?
AD74YA wrote:Buseettt... yang dateng biasanya odong-odong sih kerumah...VanzMatic wrote:Sedap beneeer koleksi nya om helm putih....Macam B bersayap yang ada di film 2012....AD74YA wrote: - cut -
Di bentley udah ada sih pakai voice gitu..
andai aja kayak om helm putih ya, tinggal Hatchiing gitu aja, logo B bersayap udah bertengger siap di TD...
..............................![]()
![]()
![]()
![]()
Betul berhenti, tapi tidak mendadak diatas kecepatan 20 kpj. Biasanya ada sistem failsafe, mesin mobil akan mati, tapi mobil akan terus jalan.. Tapi untuk starter lagi harus posisi diam.hosea wrote:Thanks bgt infonya...terutama ACC masih bisa difungsikan.
Satu hal lagi apakah kalau mobil lagi jalan (posisi tuas selain N), tombol tsb jika tdk sengajka ditekan misalnya oleh anak2, apakah mobil akan berhenti mendadak? Kalau di impreza letak tombol ini di sebelah kana setir jadi lebih aman dr jangkauan anak2.
CMIIW
thanks bgt utk feedback dari master2 disini..emang mantab experience dan knowledge nya, bahkan dibandingkan media spt Autobild (yg main ngaco kalau review)..sorry kalau ada yg ada hub dgn AutoBild tapi itu yg saya rasakan.
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Start Stop Engine ....memang bermanfaat atau kurang?
Autobild bagus kok.. Tapi yang versi jerman..
Kalau yang indonesia juga bagus kalau mau ketawa-ketawa.. Banyak dagelan soalnya isinya
Kalau yang indonesia juga bagus kalau mau ketawa-ketawa.. Banyak dagelan soalnya isinya
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6014
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Start Stop Engine ....memang bermanfaat atau kurang?
Wah, trit ini mesti ditandai, siapa tau kelak dapat rejeki bisa beli mobil yg ada tombol on/off nya selain tombol on/off dvd player 

Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 944
- Joined: Fri Jul 20, 2012 13:31
Re: Start Stop Engine ....memang bermanfaat atau kurang?
Sejak autobild indo ada di internet sy ga pernah lagi beli majalahnyaAD74YA wrote:Autobild bagus kok.. Tapi yang versi jerman..
Kalau yang indonesia juga bagus kalau mau ketawa-ketawa.. Banyak dagelan soalnya isinya
Ternyata sekarang seperti ini ya
Prihatin deh
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Start Stop Engine ....memang bermanfaat atau kurang?
Paling sering salah mengenai spesifikasi.. Contohnya kayak review Mazda Biante ditulisnya 6-speed... Halah..RVR wrote:Sejak autobild indo ada di internet sy ga pernah lagi beli majalahnyaAD74YA wrote:Autobild bagus kok.. Tapi yang versi jerman..
Kalau yang indonesia juga bagus kalau mau ketawa-ketawa.. Banyak dagelan soalnya isinya
Ternyata sekarang seperti ini ya
Prihatin deh
http://autobild.co.id/read/2012/09/20/6 ... zda-Biante
Gak banget deh...
Apalagi kalau udah bahas mobil patokannya gak jelas.. "Suspensi yang empuk.." -> ya seempuk apa? Seempuk kasur? seempuk triplek?
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Start Stop Engine ....memang bermanfaat atau kurang?
sebenernya yg lbh umum utk tombol start/stop tsb lbh byk yg menyebutnya dg Keyless Starter Button *)
sdgakan klo istilah Start Stop Engine/Start Stop System, lbh biasa digunakan utk menunjuk kepd sistem otomatis menshutdown mesin ketika mobil brenti, dan otomatis nyalain mesin persis saat mau jalan kembali.
*) istilah tsb pun kalau bagi yg freak2 amat dg benernya istilah, tentu msh akan memperdebatkannya, soalnya tombol tsb gak cm utk Starter, tp jg utk menSwitch-off engine. dan mereka lbh biasa menyebutnya Keyless Power Button.
sdgakan klo istilah Start Stop Engine/Start Stop System, lbh biasa digunakan utk menunjuk kepd sistem otomatis menshutdown mesin ketika mobil brenti, dan otomatis nyalain mesin persis saat mau jalan kembali.
*) istilah tsb pun kalau bagi yg freak2 amat dg benernya istilah, tentu msh akan memperdebatkannya, soalnya tombol tsb gak cm utk Starter, tp jg utk menSwitch-off engine. dan mereka lbh biasa menyebutnya Keyless Power Button.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 146
- Joined: Thu May 01, 2008 16:36
- Location: KL-Jakarta
Re: Start Stop Engine ....memang bermanfaat atau kurang?
buat saya, ini lebih kepada kepraktisan nya gak perlu ribet ngeluarin kunci dari kantong untuk lock/unlock pintu, dan pada saat menyalakan mobil. tinggal pencet2 aja.
tapi yg utama buat saya gak lebih daripada gaya aja, apalagi bisa dinyalakan melalui tombol engine start yang terletak di tuas perseneling (bener gak sih bahasanya). kan keren pencet tombol persneling, lalu setir dan bangku adjust sesuai memori terus mesin nyala.
untuk kondisi mesin jalan, kalo gak salah inget, waktu itu naik camry ponakan saya pencet2 pas lagi kondisi jalan, gak mati ato gak ada warning koq.
tapi yg utama buat saya gak lebih daripada gaya aja, apalagi bisa dinyalakan melalui tombol engine start yang terletak di tuas perseneling (bener gak sih bahasanya). kan keren pencet tombol persneling, lalu setir dan bangku adjust sesuai memori terus mesin nyala.

untuk kondisi mesin jalan, kalo gak salah inget, waktu itu naik camry ponakan saya pencet2 pas lagi kondisi jalan, gak mati ato gak ada warning koq.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1493
- Joined: Wed Dec 23, 2009 4:16
Re: Start Stop Engine ....memang bermanfaat atau kurang?
Autobild Indonesia sebegitunya ya,,AD74YA wrote:Autobild bagus kok.. Tapi yang versi jerman..
Kalau yang indonesia juga bagus kalau mau ketawa-ketawa.. Banyak dagelan soalnya isinya
Btw om helm udah baca Autocar yg edisi Maret blom?
Di hal. 53 sedang ngebahas Mazda CX9 yg baru, disitu ditulis :
"Salah satu nilai plus dari mobil ini adalah sudah menggunakan sistem penggerak all wheel drive. Karena pada model sebelumnya masih berpenggerak roda depan."
Emang ada CX9 yg FWD ??, setau ane dari pertama keluar CX9 udah AWD,, mohon koreksi mana yg bener?


Etme Bulma Dünyası
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Start Stop Engine ....memang bermanfaat atau kurang?
CX9 dari awal AWD deh.. Cuman emang sebelum facelift gak ada batch AWD nya dibawah batch CX-9..grandscenic wrote:Autobild Indonesia sebegitunya ya,,AD74YA wrote:Autobild bagus kok.. Tapi yang versi jerman..
Kalau yang indonesia juga bagus kalau mau ketawa-ketawa.. Banyak dagelan soalnya isinya
Btw om helm udah baca Autocar yg edisi Maret blom?
Di hal. 53 sedang ngebahas Mazda CX9 yg baru, disitu ditulis :
"Salah satu nilai plus dari mobil ini adalah sudah menggunakan sistem penggerak all wheel drive. Karena pada model sebelumnya masih berpenggerak roda depan."
Emang ada CX9 yg FWD ??, setau ane dari pertama keluar CX9 udah AWD,, mohon koreksi mana yg bener?![]()
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1493
- Joined: Wed Dec 23, 2009 4:16
Re: Start Stop Engine ....memang bermanfaat atau kurang?
om helm,, coba isengin send email autocar indonesia,, sebagai user kan lbh tau, masa iya CX9 FWD,,



Etme Bulma Dünyası
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Start Stop Engine ....memang bermanfaat atau kurang?
Ya mau di email juga majalahnya dah rilis kan oom... masa mau di recall..grandscenic wrote:om helm,, coba isengin send email autocar indonesia,, sebagai user kan lbh tau, masa iya CX9 FWD,,![]()
wkkk

Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: Start Stop Engine ....memang bermanfaat atau kurang?
Ada beberapa hal yang salah informasi.
- Untuk "Accessory On", tidak harus mesin hidup. Di Corvette tinggal tekan tombolnya ke arah "Stop". Mau off, tekan lagi.
- Kalau ada EMI (Electro Magnetic Interference) memang jadi masalah tapi tidak harus dibawa ke bengkel.
- Kalau baterai keyfob mati tidak perlu dibawa ke bengkel untuk reset. Di Corvette ada slot-nya yang bisa menginduksi keyfob supaya bisa bekerja sementara baterainya mati.
- Problem dengan aki mati sama dengan yang pakai kunci, cuma lebih sensitif.
Tapi gw pribadi memang ndak suka dengan keyless engine start/stop; terlalu banyak elektroniknya.
- Untuk "Accessory On", tidak harus mesin hidup. Di Corvette tinggal tekan tombolnya ke arah "Stop". Mau off, tekan lagi.
- Kalau ada EMI (Electro Magnetic Interference) memang jadi masalah tapi tidak harus dibawa ke bengkel.
- Kalau baterai keyfob mati tidak perlu dibawa ke bengkel untuk reset. Di Corvette ada slot-nya yang bisa menginduksi keyfob supaya bisa bekerja sementara baterainya mati.
- Problem dengan aki mati sama dengan yang pakai kunci, cuma lebih sensitif.
Tapi gw pribadi memang ndak suka dengan keyless engine start/stop; terlalu banyak elektroniknya.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6014
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Start Stop Engine ....memang bermanfaat atau kurang?
Setidaknya di edisi berikutnya ada ralat gituAD74YA wrote:Ya mau di email juga majalahnya dah rilis kan oom... masa mau di recall..grandscenic wrote:om helm,, coba isengin send email autocar indonesia,, sebagai user kan lbh tau, masa iya CX9 FWD,,![]()
wkkk

Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 133
- Joined: Sun Jul 06, 2008 16:21
Re: Start Stop Engine ....memang bermanfaat atau kurang?
Kebetulan ada yang bahas soal ini..
ane juga mau tanya
Mobil2 yang pake engine start knob/button begini kan biasanya juga udah dilengkapi sama immobiliser tuh..
Nah kalo seandainya batere remote habis kan katanya ada slot buat kunci kontak biasa dan mobil bisa tetep dihidupkan tanpa trigger alarm...
Nah berarti kalo ada yang pecahin kaca trus idupin lewat slot kunci kontaknya pake kunci T misalnya, bisa idup dong tuh mobil? trus immobilisernya ga ngefek dong ya?
Mohon pencerahan dong soal hal ini.....
Thanks.
ane juga mau tanya

Mobil2 yang pake engine start knob/button begini kan biasanya juga udah dilengkapi sama immobiliser tuh..
Nah kalo seandainya batere remote habis kan katanya ada slot buat kunci kontak biasa dan mobil bisa tetep dihidupkan tanpa trigger alarm...
Nah berarti kalo ada yang pecahin kaca trus idupin lewat slot kunci kontaknya pake kunci T misalnya, bisa idup dong tuh mobil? trus immobilisernya ga ngefek dong ya?

Mohon pencerahan dong soal hal ini.....
Thanks.
Ga usah kebut-kebut, yang penting cepet sampe aja.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Start Stop Engine ....memang bermanfaat atau kurang?
tnpa peduli ada atau tidak ada slot/lobang utk anak kunci....tp sepanjang mobilnya ber-immob, maka dikunci T pun tentu gak bisa nyala dong.dianw wrote:Kebetulan ada yang bahas soal ini..
ane juga mau tanya![]()
Mobil2 yang pake engine start knob/button begini kan biasanya juga udah dilengkapi sama immobiliser tuh..
Nah kalo seandainya batere remote habis kan katanya ada slot buat kunci kontak biasa dan mobil bisa tetep dihidupkan tanpa trigger alarm...
Nah berarti kalo ada yang pecahin kaca trus idupin lewat slot kunci kontaknya pake kunci T misalnya, bisa idup dong tuh mobil? trus immobilisernya ga ngefek dong ya?![]()
Mohon pencerahan dong soal hal ini.....
Thanks.
kan si anak kunci, yg notabene ada chipnya itu, gak berada di dekatnya. bgitu bukan?
biasanya, prosedur klo batere habis adl: deketin banget/tempelkan anak kunci (chip) nya ke power button tsb, trus bbrp lama kemudian led yg di power button tsb akan menyala hijau. nah, baru bisa ditekan dia, start.
si anak kunci, biasanya disediakan hanya utk membuka pintu secara manual.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 133
- Joined: Sun Jul 06, 2008 16:21
Re: Start Stop Engine ....memang bermanfaat atau kurang?
Betul om, memang setau ane juga begitu prosesnya untuk mobil yang pakai power button tanpa slot kunci..andy1800 wrote: tnpa peduli ada atau tidak ada slot/lobang utk anak kunci....tp sepanjang mobilnya ber-immob, maka dikunci T pun tentu gak bisa nyala dong.
kan si anak kunci, yg notabene ada chipnya itu, gak berada di dekatnya. bgitu bukan?
biasanya, prosedur klo batere habis adl: deketin banget/tempelkan anak kunci (chip) nya ke power button tsb, trus bbrp lama kemudian led yg di power button tsb akan menyala hijau. nah, baru bisa ditekan dia, start.
Nah kalo seandainya yang model knob kan biasanya knobnya bisa dilepas lalu dimasukin kunci seperti biasa aja..
Atau kalo spt evalia, bisa masukin kunci lewat ujung knobnya... Nah proses immoblisernya gimana tuh?
Kan posisi remote udah abis baterenya..
Apakah ada proses deketin remote ke mana gitu spt yang pake power button? Soalnya kalo pake kunci doang lantas bisa idup tanpa ritual yang mengharuskan pake remotenya, logikanya bisa aja dong diidupin pake kunci T?
Mohon pencerahan lagi ya om

Ga usah kebut-kebut, yang penting cepet sampe aja.