WTA Penjelasan

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Call_me_Tank
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Mon Feb 25, 2013 2:02

WTA Penjelasan

Post by Call_me_Tank »

numpang tanya nih empu2 SMers sekalian...

nubie agak penasaran dengan modifikasi mesin dengan istilah Stage 1, stage 2, Stage 3, dst (kalo ada lanjutannya)

mohon penjelassanya tentang hal diatas ini.... :ungg:
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: WTA Penjelasan

Post by POS VETT »

Bikinan toko/pabrik aftermarket; ndak ada pastinya.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: WTA Penjelasan

Post by AD74YA »

Coba bantu jawab dengan pengetahuan dangkal ane, mohon di koreksi kalau ada yang salah..

Sebenernya penyebutan stage 1,2,3 itu nggak ada peraturan pastinya mengenai parts apa saja yang di modifikasi, ukurannya lebih ke berapa banyak horsepower (hp) yang ditambakan ke mesin mobil lewat tuning / modifikasi.

Kalau zaman dulu, jarang ada perusahaan yang menggunakan istilah ini, karena memang secara spesifikasi rancu, dan kurang jelas.. Tapi pada saat ini ada beberapa yang menawarkan settingan mesin berdasar stage.. Kalau yang settingannya mirip-mirip dengan pengertian "umum" stage contohnya ada di Greddy atau Unichip, sudah ada mapping berdasar modifikasi yang dibuat.. Kalau aftermarket yang bikin kelas-kelas stage sendiri juga ada, contohnya Roush. Jadi sebenernya "stage" itu sendiri nggak ada ukuran pastinya parts apa saja yang diubah, tapi ada "peraturan tidak tertulis" mengenai parts apa saja yang basically di tuning/ubah pada masing-masing stage, diantaranya:

Stage 1 : Pada level ini kata kuncinya adalah optimalisasi mesin. Dalam artian modifikasi yang dilakukan ke mesin menggunakan parts yang dibuat langsung untuk replacement atau add-on untuk jenis mesin itu sendiri (bukan dari mesin mobil lain). Perubahannya antara lain: filter udara, header sampai sportier exhaust, PnP, remapping ECU untuk timing pengapian dan fuel pressure regulator, dll.

Stage 2 : Pada level ini kata kuncinya adalah memberikan kit tambahan diluar perangkat bawaan pabrikan agar memberikan hp lebih besar dari stage 1 tapi dengan syarat reliabel (didesain khusus untuk mobil tersebut) dan tujuan utamanya masih nyaman dipakai harian. Parts yang diubah jamaknya: pengubahan alat-alat intake dengan kapasitas lebih besar, seperti sport open air filter, atau penambahan turbo, atau supercharger.. Penambahan piggyback, dll.. Di sektor kaki-kaki biasanya juga mulai dilakukan perubahan; biasanya ganti lowering kit, velg racing, ban racing, rem dengan diameter lebih besar.. Di chassis juga mulai ditambahkan berbagai macam modifikasi yang makin bikin kaku, seperti strut bar front & rear, H brace, dll.

Stage 3 : Pada level ini kata kuncinya adalah modifikasi untuk mobil kompetisi (track) sehingga seringkali kurang nyaman dipakai harian. Parts yang diubah jamaknya: penggantian cam mesin, penggantian transmisi "balap", maksimalisasi turbo & perangkat lain yang udah di install sebelumnya, mengganti semua yang bisa diganti yang bisa menawarkan hp lebih besar, dan mulai melegalkan swap parts dengan mobil lain. Di sektor kaki-kaki perubahannya biasanya menggunakan kit pengereman performa tinggi, full performance coilover package, dll. Di bagian interior, biasanya tahap ini melakukan langkah yang lebih extreme agar berat mobil tetap ringan, contohnya seperti melepas jok belakang, penggantian jok bucket, dipasangnya roll bar agar chassis makin kaku, pelepasan trim trim mobil seperti audio, dll.

CMIIW.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: WTA Penjelasan

Post by andy1800 »

^^^
spt dibilang PosVette tsb...di amrik, istilah Stage biasa dipakai utk Turbo Kit.
Disana, biaya labour/jasa bongkar pasang tu muahaalllll. kondisinya beda jauh sm disini. Pdhl harga partsnya sndiri sebenernya malah bs cukup murah2 saja.
Situasi tsb, membuat produsen modifikasi turbo jd mikirin, lalu mengemasnya rangkaian part turbo tsb menjadi package2, dg maksud bisa cukup mudah dipasang secara DIY....nah package2 tsb lah yg kemudian biasa disebut Turbo Kit Stage I, II, III

as simple as that
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: WTA Penjelasan

Post by AD74YA »

Tapi di Indonesia bukan turbo kit mbah.. :mrgreen:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: WTA Penjelasan

Post by andy1800 »

Ya mgkin saja, capek jg pakae hp klo nulis lgkap kalimat hukumnya:: "...biasa di dlm, namun tidak terbatas pada, turbo kit..."
selain itu, di bbrp hal, if any, lumrah saja terjadi pergeseran kebiasaan, thdp serapan2 dr luar, yg lalu tersesuaikan dg kondisi kebiasaan di indo.
scara pelajaran bahasa dan sastra indonesia, peristiwa tsb disebut: adaptasi dan/atau asimilasi

Nah capek jempol nihh klo hrs nulis kalimat hukum...wkwkwk
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
Call_me_Tank
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Mon Feb 25, 2013 2:02

Re: WTA Penjelasan

Post by Call_me_Tank »

wahhh sedap bener ni penjelasan bung AD...

makasing bung AD...

maklum.. nubie demen sleeper car... dan pengen bangun... moga2 taon ini kebeli mobilnya.. .dan setelah itu entah mau diapakan.... :mky_01:
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: WTA Penjelasan

Post by AD74YA »

andy1800 wrote:Ya mgkin saja, capek jg pakae hp klo nulis lgkap kalimat hukumnya:: "...biasa di dlm, namun tidak terbatas pada, turbo kit..."
selain itu, di bbrp hal, if any, lumrah saja terjadi pergeseran kebiasaan, thdp serapan2 dr luar, yg lalu tersesuaikan dg kondisi kebiasaan di indo.
scara pelajaran bahasa dan sastra indonesia, peristiwa tsb disebut: adaptasi dan/atau asimilasi

Nah capek jempol nihh klo hrs nulis kalimat hukum...wkwkwk
Makin tua emang makin bijak ngomongnya :frm_salut:
Call_me_Tank wrote:wahhh sedap bener ni penjelasan bung AD...

makasing bung AD...

maklum.. nubie demen sleeper car... dan pengen bangun... moga2 taon ini kebeli mobilnya.. .dan setelah itu entah mau diapakan.... :mky_01:
Daripada capek-capek bangun, beli aja Audi RS6 oom.. :upss:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
Call_me_Tank
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Mon Feb 25, 2013 2:02

Re: WTA Penjelasan

Post by Call_me_Tank »

AD74YA wrote:
andy1800 wrote:Ya mgkin saja, capek jg pakae hp klo nulis lgkap kalimat hukumnya:: "...biasa di dlm, namun tidak terbatas pada, turbo kit..."
selain itu, di bbrp hal, if any, lumrah saja terjadi pergeseran kebiasaan, thdp serapan2 dr luar, yg lalu tersesuaikan dg kondisi kebiasaan di indo.
scara pelajaran bahasa dan sastra indonesia, peristiwa tsb disebut: adaptasi dan/atau asimilasi

Nah capek jempol nihh klo hrs nulis kalimat hukum...wkwkwk
Makin tua emang makin bijak ngomongnya :frm_salut:
Call_me_Tank wrote:wahhh sedap bener ni penjelasan bung AD...

makasing bung AD...

maklum.. nubie demen sleeper car... dan pengen bangun... moga2 taon ini kebeli mobilnya.. .dan setelah itu entah mau diapakan.... :mky_01:
Daripada capek-capek bangun, beli aja Audi RS6 oom.. :upss:
maksud hati sih ingin... tp apa daya rembulan begitu jauh disana....~ halahhhhhhh :big_slap:

cape bangunnya asal maksud hati tersalurkan tak apalah....

pernah mau dibeliin mobil city car tp ane tolak.. itu ajah 3 taon lalu... jd 3 taon naek roda 2 mulu... hahahaha

gimana lagi... bukan passion nya di mobil begituan... hidup cm sekali juga kan... Make Art no War dah..... :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: