Betul, jika lihat pricelistnya memang harga city car vs hatchback lain bedanya lumayan. Tapi jika pembayarannya di cincang banyak jadi misalnya 3 tahun, selisih cicilan sebulannya jadi kecil, ya tinggal TSnya tanya sendiri mampu ngak nambah dikit lagi uang, jika bisa, kan bisa naik class dapat mobil lebih besar, fitur lebih banyak, lebih enak baris 2nya.
Saya kasih contoh deh. Pakai situs simulasi credit KKB BCA :
http://www.bca.co.id/id/individual/prod ... anding.jsp
http://www.bca.co.id/id/simulasi-pinjam ... it-kkb.jsp
Jika beli brio misalnya, cicil 3 tahun, assumsi harga brio matik 159 juta, DP 30%. Jadi cicilannya adalah 3.443 juta. DP pertama termasuk asuransi adalah 64.3 juta.
Jika naik class misalnya beli fiesta 1.4 trend AT yang harganya 201 juta, DP 30% juga, cicilan per bulannya jadi 4.35 juta. Pembayaran pertama adalah 81 juta.
Tinggal TS tanya sendiri, kuat dan rela ngak nambah extra 907,000 sebulan untuk nambah cicilan mobilnya ? Dan pembayaran pertama nambah 16.7 juta ? Jika iya, jelas bisa naik class, dan dapat mobil yang fiturnya jauh lebih banyak, lebih sporty, classnya lebih tinggi,
Dan jangan lupa, habis pakai 5 tahun misalnya, udah pasti nilai ford fiesta atnya toh akan lebih tinggi banding brionya.
Cuman jika budgetnya agak mepet, memang mungkin masih berasa.
Namun karena harga city car sekarang seperti brio juga ngak bilang murah banget, udah 150-160 jutaan, toh udah bisa beli mobil 3 baris seperti spin atau ertiga ? ertiga lumayan tuh size bangkunya gede, busanya tebal duduknya enak empuk, ruang kaki baris 2 lega banget jika baris 3nya di dirikan dan baris 2nya di mundurin full ke belakang.
Dan design interiornya cukup high class. Ngak berasa duduk di mobil murahan. Karena fwd juga terbukti irit, dan toh terbukti resale valuenya mano a mano ama avanza alias boleh di bilang sama persis kuatnya.
Plus sekarang kan ertiga udah double blower, sampai iklan ertiga udah muncul penguin , es batu semua keluar tuh. iklan ledekan daihatsu xenia yang nyindir ertiga ngak ada double blower sudah ngak berlaku lagi sekarang.
Tapi khusus untuk berapa hari ini, TS sabar dikit, coba ke dealer chevy, katanya hari ini udah ada dealer yang mulai terima contoh spinnya. Tinggal kita lihat interiornya enak ngak dan bagus ngak. Fiturnya seperti apa.
Baru bicara lagi nanti. Jika interior spin ternyata lebih sempit, ya saya rasa ertiga adalah pilihan yang amat bagus dengan harga segitu saat ini. Semoga spin juga enak, bisa piara dieselnya nanti.