indikator rem habis

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ferryset
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 217
Joined: Fri Jan 25, 2013 9:54

indikator rem habis

Post by ferryset »

saya mau bertanya apakah indikator brake pad sudah mulai habis tuh ditandai dengan ukuran minyak rem yang turun mendekati ukuran lower? apakah itu satu-satunya indikator (soalnya kalau sudah bunyi berarti besi di brake pad sudah bergesekan dengan disc brake menyebabkan disc brake sudah tidak rata dan harus dibubut) thanks ya :mky_01:
There’s no secret. You just press the accelerator to the floor and steer left.
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: indikator rem habis

Post by andy1800 »

indikatornya mata..cek visual secara berkala. plg tdk per 10rb km. Klo tipis, ganti.

Hanya ada bbrp mobil yg brakepadnya ada kabelnya sbg smacam TWI yg memicu lampu indikator utk nyala.
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2733
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR

Re: indikator rem habis

Post by Jambangan »

om andy, sebenernya kampas rem itu habis biasanya di jarak tempuh brp sih??
soalnya dulu mobil lama ane ampe dijual di jarak tempuh 69rb KM ga pernah ganti kampas rem
pas ane servis rem di bengkel kata mekaniknya msh tebel. ane kurang percaya trus pas ganti ban kempes ane liat kampasnya ternyata emang msh tebel lho di jarak tempuh 65rb KM waktu itu
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: indikator rem habis

Post by andy1800 »

brakepad depan ya bro?
gak ada testimoni yg seragam...beda mobil jg sangat bisa beda tgkat habisnya, beda jalur tempuh/beda kota, beda driving style, beda matic/manual.
sm sekali gak mustahil 65rb km msh tebel kayak gitu.. ...
ane mobil matic, pernah ganti di 50rb km, ada pernah jg di 40rb. ni parts genuine semua ya.

krn gak ada keseragaman itulah bro, maka ane msh meyakini bhw yg sip adlh cek berkala, lihat scara visual, plg tdk tiap 10rb km...dan ini kan mmg bareng dicheck di beres, pas perawatan berkala, termasuk ke dlm item yg mmg hrs P/G oleh si mekanik.
klo gak boleh masuk stall bengkel utk ikut menyaksikan sendiri, ya terpaksanya percaya sm mekanik/SA nya beres deh.

mmg ganti per 40rb km, regardless tebel tipisnya, bisa mjd langkah standar yg "statistically" aman bro.
Last edited by andy1800 on Mon Feb 04, 2013 11:39, edited 1 time in total.
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: indikator rem habis

Post by imsus2c »

Jambangan wrote:om andy, sebenernya kampas rem itu habis biasanya di jarak tempuh brp sih??
soalnya dulu mobil lama ane ampe dijual di jarak tempuh 69rb KM ga pernah ganti kampas rem
pas ane servis rem di bengkel kata mekaniknya msh tebel. ane kurang percaya trus pas ganti ban kempes ane liat kampasnya ternyata emang msh tebel lho di jarak tempuh 65rb KM waktu itu
Selain kualitas material, tergantung gaya nyetir juga...
Kalau penganut faham GPRP ya boros juga...
Dulu pernah ada temen yang ganti kampas 6-8 bulan sekali... :e-wall:

Saya juga ada pengalaman aneh, biasanya kampas rem yg habis depan duluan, nah ini yg saya pakai, malah habis belakang duluan (depan cakram; belakang tromol)
Padahal sama2 pakai kampas genuine... dan masangnya sih setau saya normal (tdk ada kesalahan pemasangan)
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: indikator rem habis

Post by andy1800 »

nah tu...pada dasarnya akur sm meneer imsus itu
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2733
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR

Re: indikator rem habis

Post by Jambangan »

andy1800 wrote:brakepad depan ya bro?
gak ada testimoni yg seragam...beda mobil jg sangat bisa beda tgkat habisnya, beda jalur tempuh/beda kota, beda driving style, beda matic/manual.
sm sekali gak mustahil 65rb km msh tebel kayak gitu.. ...
ane mobil matic, pernah ganti di 50rb km, ada pernah jg di 40rb. ni parts genuine semua ya.

krn gak ada keseragaman itulah bro, maka ane msh meyakini bhw yg sip adlh cek berkala, lihat scara visual, plg tdk tiap 10rb km...dan ini kan mmg bareng dicheck di beres, pas perawatan berkala, termasuk ke dlm item yg mmg hrs P/G oleh si mekanik.
klo gak boleh masuk stall bengkel utk ikut menyaksikan sendiri, ya terpaksanya percaya sm mekanik/SA nya beres deh.

mmg ganti per 40rb km, regardless tebel tipisnya, bisa mjd langkah standar yg "statistically" aman bro.
yoi om. brakepad depan
berarti amannya brakepad depan tiap 10rb KM dicek aja ya om. kalo sepatu rem tromol mungkin harus di bengkel ya om. soalnya ane ga bisa buka tromol belakang yg dipukul palu gitu :mky_01:
sip2 thx infonya om. lengkap bgt penjelasannya :beer:
oh iya ini mobil ane cuma dipake dalem kota doang om ga pernah keluar kota naik turun gunung. mungkin berpengaruh jg kali ya
imsus2c wrote: Selain kualitas material, tergantung gaya nyetir juga...
Kalau penganut faham GPRP ya boros juga...
Dulu pernah ada temen yang ganti kampas 6-8 bulan sekali... :e-wall:

Saya juga ada pengalaman aneh, biasanya kampas rem yg habis depan duluan, nah ini yg saya pakai, malah habis belakang duluan (depan cakram; belakang tromol)
Padahal sama2 pakai kampas genuine... dan masangnya sih setau saya normal (tdk ada kesalahan pemasangan)
GPRP apaan om??
oh ternyata kesalahan pemasangan bisa berdampak pada umur kampas jg ya om??
mantap2 jadi tau nih ane. thx infonya om :beer:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: indikator rem habis

Post by imsus2c »

^^^
Yang pernah saya amati, kalau kurang sip pasangnya atau ada kerusakan (failure), biasanya kampas rem habis sebelah

GPRP = Gas Poll Rem Poll :big_weee:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: indikator rem habis

Post by DOHC »

mengenai indikator rem abis... bener kata si mbah dan meneer... musti cek fisik rutin karena ga ada parameter absolut kapan abis nya... minyak rem dan indikator keausan pun ga bisa patokan saklek nya... beberapa kampas rem malah ga ada indikator metal nya lohh... contoh nya sperti yg kluaran akebono.. utk yg ipah dan apansa ane liat ga ada indikator nya... minyak rem pun ga bsa jadi patokan karena kadang ketinggian nya bisa brubah2 dikit, apalagi yg reservoir nya jadi satu dengan jalur hidrolik kopling..

kalo kondisi sehat sehh, kampas tromol puanjangggggg banget umur nya... lipina ane odo skrg uda ampir 90 rebu, ketebalan kampas tromol masi 3/4 dari yg baru... padahal kampas depan uda ganti sekali... itupun ganti di odo 70 atau 80 rebu lupa ane.. padahal ane penganut GPRP....

@ jambangan : tromol digetok2 kayanya itu jarang diservis rem tuh mobil nya, atau abis kerendem banjir... atau yg paling sering yahh montir dudul nyetel kampas tromol kelewat mepet ama tromol nya... guna nya buat apa coba... bikin kampas cepet abis aja ama mengurangi tarikan mobil aja... biasa ane kalo lg bongkar tromol, ga perlu getok2 pake palu sgala... copotin ban, trus muter2 tromol nya dikit jg uda kendor tuh...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2733
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR

Re: indikator rem habis

Post by Jambangan »

@DOHC
ga tau tuh om. ane liatnya sih gitu kalo servis di beres atau di belang semua mobil kalo mo buka tromol dipukul palu dulu :mky_01:
apa mekaniknya males keluar tenaga ya makanya pake bantuan palu gitu?? :wkkk:
nah yg nyetel kampas ampe mepet tromol gitu bahaya jg yak. kyknya banyak deh mekanik2 kyk gitu. apalagi beres :ungg:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: indikator rem habis

Post by DOHC »

kalo mepet tapi ga bkin putaran tromol nya ampe seret sehh masi gpp om... tp biasanya yg ane temuin tuh, mreka nyetel ampe bkin putaran tuh tromol jadi agak seret... buat apa coba ide nya gt...

biasa ane nyetel ampe agak seret trus ane kurangin 2 klik tuh stelan nya... uda enak koq itu... tarikan pedal rem tangan ga terlalu tinggi tp ga bkin tromol seret...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
dtx_100
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Fri Nov 30, 2012 7:10

Re: indikator rem habis

Post by dtx_100 »

beberapa brake pad ada yg pakai sensor, plat tipis yg akan menggesek piringan sebelum kampas habis. Sensor bunyi
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2733
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR

Re: indikator rem habis

Post by Jambangan »

DOHC wrote:kalo mepet tapi ga bkin putaran tromol nya ampe seret sehh masi gpp om... tp biasanya yg ane temuin tuh, mreka nyetel ampe bkin putaran tuh tromol jadi agak seret... buat apa coba ide nya gt...

biasa ane nyetel ampe agak seret trus ane kurangin 2 klik tuh stelan nya... uda enak koq itu... tarikan pedal rem tangan ga terlalu tinggi tp ga bkin tromol seret...
mantap nih om DOHC hampir semuanya dikerjain sendiri :roll:
ane mah level cuma meriksa oli mesin doang om ama ganti ban :wkkk:
sumpah semprot2 TB pake carb cleaner aja ane ga bisa om (ga berani sih sebenernya takut rusak :mky_03: ). pernah kejadian mobil ane RPMnya ga stabil bawa ke bengkel ternyata cuma ISCnya doang kotor harus ngeluarin 150 rebu :wkkk:
kalo bisa DIY asik jg bisa menghemat biaya. tinggal beli carb cleaner 40 rebu
harus banyak belajar DIY nih ama om DOHC,om andy1800 ama om Unta_Item :off_good:

dtx_100 wrote:beberapa brake pad ada yg pakai sensor, plat tipis yg akan menggesek piringan sebelum kampas habis. Sensor bunyi
nah kalo kampas rem ori biasanya pasti ada sensor ini kan bro??
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: indikator rem habis

Post by DOHC »

cuman modal nekat ama nongkrongin montir kalo lg d bengkel doank om... itu aja uda ga keitung brapa kali check engine nyala gara2 kutak katik bgituan...

semprot2 carb cleaner gt, intinya jgn ampe kena sensor2 atau socket aja om... baik itu di TB atau sensor2 di manifold... kalo cuman semprot ke arah klep intake dan lobang busi mahh, lancar jaya dijamin itu...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
dtx_100
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Fri Nov 30, 2012 7:10

Re: indikator rem habis

Post by dtx_100 »

tidak bisa dipastikan, malah kadang2 yg asli tidak ada sensornya tapi merk diluar ori malah ada sensornya..
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2733
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR

Re: indikator rem habis

Post by Jambangan »

DOHC wrote:cuman modal nekat ama nongkrongin montir kalo lg d bengkel doank om... itu aja uda ga keitung brapa kali check engine nyala gara2 kutak katik bgituan...

semprot2 carb cleaner gt, intinya jgn ampe kena sensor2 atau socket aja om... baik itu di TB atau sensor2 di manifold... kalo cuman semprot ke arah klep intake dan lobang busi mahh, lancar jaya dijamin itu...
nah ini yg sulit om
kadang sensor aja ga tau yg mana :wkkk:
yg penting ada soketnya gitu ya om??
emang harus nongkrongin montir kalo mereka lagi kerja :mky_01:
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3112
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: indikator rem habis

Post by m4rio »

kalo mnrt ane sensor besi di kampas rem depan itu biasanya pengalaman ane ya kalo beli baru gak ada, nah harus mindain dari kampas rem yg lama ke kampas rem yang baru nah kadang ada yg lupa mindain jadi ilang dah. itu modelnya klip kan, jadi bisa di cabut pasang kok.
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3112
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: indikator rem habis

Post by m4rio »

kampas rem depan ane juga awet bener nih, ane beli panther second KM hampir 100rbu, pas mau mendekati 200rbu kampa rem depan ane masih tebel, nahh ane gak berani pake lagi deh, takut malah kemakan disknya, lgsg ane ganti pake ORI aja dah, kalo kampas rem belakang ane udah ganti sekali.
ferryset
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 217
Joined: Fri Jan 25, 2013 9:54

Re: indikator rem habis

Post by ferryset »

bener juga ya bos tergantung gaya mengemudi, sering lewat jalan macet atau ga, transmisi manual atau matic, jadi minyak rem turun ke posisi lower juga ngga bisa jadi patokan buat menentukan rem habis atau tidak kali ya. hehehehe mungkin kl pengen irit jangan dipake kali ya rem nya hahahahaaha :big_peace:
There’s no secret. You just press the accelerator to the floor and steer left.
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: indikator rem habis

Post by imsus2c »

Di beberapa tipe mobil (setau saya ada di Peugeot), di kampas rem-nya ada sensor (elektrik?), jadi bukan hanya sekedar plat besi
Pengalaman ganti kampas Pug806, di kampasnya ada sensor dan colokan kabel-nya
Mungkin kalau kampas tipis (habis), ujung sensor kena piringan dan kasih tanda di lampu indikator rem di meter-cluster
Cuma memang belum sempat mengalami kejadian sensor kena cakram
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: indikator rem habis

Post by y_anjasrana »

m4rio wrote:kalo mnrt ane sensor besi di kampas rem depan itu biasanya pengalaman ane ya kalo beli baru gak ada, nah harus mindain dari kampas rem yg lama ke kampas rem yang baru nah kadang ada yg lupa mindain jadi ilang dah. itu modelnya klip kan, jadi bisa di cabut pasang kok.
ane pernah ngalamin di apanja ane. di brake pad yg ane beli ga ada klip besinya tp di pad yg udah dicopot ada. si montir pura2 ga tau. akhirnya ane suruh bongkar pad yg udah dipasang sbelah. orangnya cuma nyengir. utg ane tongkrongin.
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2733
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR

Re: indikator rem habis

Post by Jambangan »

y_anjasrana wrote:
m4rio wrote:kalo mnrt ane sensor besi di kampas rem depan itu biasanya pengalaman ane ya kalo beli baru gak ada, nah harus mindain dari kampas rem yg lama ke kampas rem yang baru nah kadang ada yg lupa mindain jadi ilang dah. itu modelnya klip kan, jadi bisa di cabut pasang kok.
ane pernah ngalamin di apanja ane. di brake pad yg ane beli ga ada klip besinya tp di pad yg udah dicopot ada. si montir pura2 ga tau. akhirnya ane suruh bongkar pad yg udah dipasang sbelah. orangnya cuma nyengir. utg ane tongkrongin.
wah info bagus nih kalo ntar2 genti kampas rem. Harus ditonglrongin mekaniknya jgn sampe itu klip ga dipasang ama mekanik
Kalo pasang di beres gmn ya om??
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: indikator rem habis

Post by BADAK »

Untuk indikator kampas rem mulai menipis mmg bisa dilihat dr menurunnya volume minyak rem, selain itu pijakan pedal rem semakin dalam.
Kalo mau lebih pastinya ya harus dilihat dr ketebalan kampas nya.
Brake pad ori atau non ori gak selalu ada sensor plat nya.
Tergantung mobil & merk kampas nya. Satu lg yg sering salah diartikan, belum tentu kampas rem ori selalu lebih baik dr non ori. Banyak kampas rem aftermarket yg kualitasnya justru lebih baik dr kampas rem ori.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27647
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: indikator rem habis

Post by DOHC »

kalo di boil ane koq malah brubah2 yahh kadang indikator minyak rem nya dak ??? padahal kampas rem masi tebelll... baru ganti gt... pijakan jg masi tetep sama aja..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: indikator rem habis

Post by BADAK »

Harusnya untuk mobil2 penumpang biasa sih minyak rem ketinggian gak berubah2 scr drastis, karena sistem nya close loop. Beda lg dgn mobil niaga macam truk n pickup, yg hingga saat ini ane msh belum tau pasti jawabannya koq minyak rem nya selalu berkurang trz walopun masih baru. Asumsi ane saat ini yg masuk akal adalah, karena beban mobil niaga begitu berat, otomatis tekanan pada sistem rem macam selang2 n master rem juga besar, sehingga menyebabkan ada kebocoran2 disambungan2nya. Mungkin master2 yg lain bisa menjelaskan lebih logis.. :frm_salut:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today