rem tidak maksimal

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ferryset
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 217
Joined: Fri Jan 25, 2013 9:54

rem tidak maksimal

Post by ferryset »

saya mau bertanya nih. mobil saya 2000 carnival bensin remnya single piston. remnya ga pakem nih. bisa ga diganti dengan double piston. apakah bisa diganti dengan rem merek brembo? thanks ya
There’s no secret. You just press the accelerator to the floor and steer left.
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: rem tidak maksimal

Post by andy1800 »

ow, ternyata ada ya mobil yg dr pabriknya mmg rem nya gak pakem?
Udah dikonfirm kpd para carnival owner, itu remnya mereka tu gak pakemnya mmg sejak baru atau krn dah uzur aja?

*menunggu jg pendapat/konfirmasi dr vim (mskpun sedona)
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: rem tidak maksimal

Post by POS VETT »

Ganti pads-nya. Rem gede bukan berarti tambah pakem; rem gede artinya kapasitas thermalnya tinggi alias buat direm mendadak ber-kali2 tidak berkurang atau tidak jadi blong.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: rem tidak maksimal

Post by imsus2c »

POS VETT wrote:Ganti pads-nya. Rem gede bukan berarti tambah pakem; rem gede artinya kapasitas thermalnya tinggi alias buat direm mendadak ber-kali2 tidak berkurang atau tidak jadi blong.
Hoo...
Baru tau nih, ternyata rem gede (pengertian saya "gede" = diameter cakram lebih besar) bukan berarti lebih pakem.
Umumnya, kalau diameter tambah gede, berharapnya lebih instant/pakem

:off_good_job:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
ferryset
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 217
Joined: Fri Jan 25, 2013 9:54

Re: rem tidak maksimal

Post by ferryset »

menurut bengkel sih memang carnival yang single piston lebih kurang pakem bila dibanding double piston. saya ingin mengetahui solusi yang harus dilakukan supaya mobil saya rem nya tambah pakem. apa bisa kalau diganti dengan Brembo? tapi biaya nya besar sekali mungkin ya?
There’s no secret. You just press the accelerator to the floor and steer left.
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: rem tidak maksimal

Post by POS VETT »

Kalau mobilnya dalam merk/generasi yang sama, ada kemungkinan remnya bisa di retro-fit. Musti ganti semua dari kaliper (dan braketnya), rotor, dan pads. Ada kemungkinan selang mesti diganti juga. Kalau PCD dan hud diameter tidak sama, rotornya mesti dibor dan dibubut.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: rem tidak maksimal

Post by asudarsono »

Setahu saya Brembo hanya bisa dipasang di velg 17 inci ke atas, krn dimensi kepalanya emang gede.

Rem mobil Korea emang rata2 gak pakem, suka ngejam dan pada dasarnya payah. Aku jangan diflame ya, karena ini menyangkut keselamatan dan di bawah aku kasih solusinya. Intinya diretrofit ke sistem Jepang, kalau gak kuat baru ke sistem Eropa / Italia. Mengapa Jepang, karena sederhana jadi mudah masangnya.

Brembo emang pasti solusi yg pasti benernya, kalau diganti satu set dari atas ke bawah. Kalau cuma diganti kepalanya takut nginjek remnya jadi berat sekali. Lagian rem Brembo mahal walau sebetulnya worth it, dalam opini saya.

Solusi murah meriah adalah pertama mengganti booster rem. Yang faforit adalah booster Crown krn paling gede untuk sedan dan harganya murah. Saya gak tahu untuk MPV yg bagus apa, booster truk kali? Hati2 dalam memilih, jangan sampai kegedean ntar gak masuk bak mesin.

Kedua adalah kepala rem. Diganti makin gede makin siplah, jumlah pistonnya juga yg makin banyak. Tapi yg lebih penting adalah bahan kanvas remnya. Makanya kepala rem yg ngetop adalah buatan Honda dan Nissan, karena kanvas rem balapnya banyak.
Ready to Race
ferryset
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 217
Joined: Fri Jan 25, 2013 9:54

Re: rem tidak maksimal

Post by ferryset »

asudarsono wrote:Setahu saya Brembo hanya bisa dipasang di velg 17 inci ke atas, krn dimensi kepalanya emang gede.

Rem mobil Korea emang rata2 gak pakem, suka ngejam dan pada dasarnya payah. Aku jangan diflame ya, karena ini menyangkut keselamatan dan di bawah aku kasih solusinya. Intinya diretrofit ke sistem Jepang, kalau gak kuat baru ke sistem Eropa / Italia. Mengapa Jepang, karena sederhana jadi mudah masangnya.

Brembo emang pasti solusi yg pasti benernya, kalau diganti satu set dari atas ke bawah. Kalau cuma diganti kepalanya takut nginjek remnya jadi berat sekali. Lagian rem Brembo mahal walau sebetulnya worth it, dalam opini saya.

Solusi murah meriah adalah pertama mengganti booster rem. Yang faforit adalah booster Crown krn paling gede untuk sedan dan harganya murah. Saya gak tahu untuk MPV yg bagus apa, booster truk kali? Hati2 dalam memilih, jangan sampai kegedean ntar gak masuk bak mesin.

Kedua adalah kepala rem. Diganti makin gede makin siplah, jumlah pistonnya juga yg makin banyak. Tapi yg lebih penting adalah bahan kanvas remnya. Makanya kepala rem yg ngetop adalah buatan Honda dan Nissan, karena kanvas rem balapnya banyak.

wih edun komplit bnr jawaban nya thanks ya bos asudarsono. emang kalo ganti booster rem pasti jadi tambah pakem ya? soalnya saya punya pengalaman pas mau mulai jalan saya injak gas perlahan ternyata ada motor nyelonong dan saya injak pedal rem sekuatnya tapi mobil ngga langsung berenti. nabrak deh. beda banget dengan mobil CRV 2009 yang remnya pakem banget. saya jadi was-was kalau dijalan harus extra hati-hati takut nabrak hehehehe.
:mky_01:
There’s no secret. You just press the accelerator to the floor and steer left.