Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
saya lagi bingung mo cari mobil pengganti kijang diesel 97 yg dah laku kejual, apa harus ganti mobil baru atau cari mobil second tahun 2005 ke atas.
kemarin sempat lihat2 ertiga, livina, ma veloz (enak baru, tp rasanya kurang cocok ma body ketiganya)
untuk mobil second saya dah lihat innova diesel 2005 (agak cocok, tp second dah 7 tahun apa gak boros di biaya perawatannya?)
bingung mo ambil yg mana, atau ada masukan lain dari sesepuh?
budget saya maksimal 180jt, pinginya mobil yg murah tp yang enak..
Krn sbg upgrade dr kijang, maka keywordnya:
1. akomodasi buat keluarga
2. hari gini ya hrs irit
Mmg dilema ya. Bs dipahami klo baru tu ngarepnya bs bener2 clean dr printilan yg bermasalah.
Masalahnya, harapan itu klo ambil nissan tetep utg2an sih. Stereotipnya gitu. tp ya ga sdikit jg yg beruntung dpt nissan yg bener2 clean. Selain livina, ada evalia. Apa keberatannya klo evalia? Bentuk/model? Jendela yg paten? jok tipis?
Innova diesel mmg ideal. Tp supaya jg clean dr printilan, tetep bs sih, tp hrs:
- cari unitnya sabar banget, dan cermat banget
- trus ntar ngerawatnya perlu rajin yg lebih, mskpun cm nyampur additif + ganti filter solar lbh srg.
Jd pandangan ane, urutan:
- innova disel.
- evalia. klo lbh mengutamakan lapang n ga ada kbertaan bentuk blkg yg agak minus, tp tampang ok.
- livina. klo mengutamakan kelembutan, tp kelapangan dikorbankan.
andy1800 wrote:Krn sbg upgrade dr kijang, maka keywordnya:
1. akomodasi buat keluarga
2. hari gini ya hrs irit
Mmg dilema ya. Bs dipahami klo baru tu ngarepnya bs bener2 clean dr printilan yg bermasalah.
Masalahnya, harapan itu klo ambil nissan tetep utg2an sih. Stereotipnya gitu. tp ya ga sdikit jg yg beruntung dpt nissan yg bener2 clean. Selain livina, ada evalia. Apa keberatannya klo evalia? Bentuk/model? Jendela yg paten? jok tipis?
Innova diesel mmg ideal. Tp supaya jg clean dr printilan, tetep bs sih, tp hrs:
- cari unitnya sabar banget, dan cermat banget
- trus ntar ngerawatnya perlu rajin yg lebih, mskpun cm nyampur additif + ganti filter solar lbh srg.
Jd pandangan ane, urutan:
- innova disel.
- evalia. klo lbh mengutamakan lapang n ga ada kbertaan bentuk blkg yg agak minus, tp tampang ok.
- livina. klo mengutamakan kelembutan, tp kelapangan dikorbankan.
Ntar lanjut lg, nggu pandangan balik dr TS
bener itu om,, mobil keluarga yg irit ini yg lagi dicari
kalo evalia lagi2 gak cocok ma bodynya,
livina cakep, tp yg saya rasakan di gigi 1 terasa pendek, kasar, dan terkandang nyendal2,, apa karena setelan giginya salah, atau karakteristik livina memang begitu?
Beberapa tetangga saya, ada yang asoy2 aja dengan body Veloz, tapi ada juga yang ngga suka. Mereka biasanya ambil seken yang taunnya paling muda. Sekira taun 2010 atau 2011 awal. Kalau generasi avanza xenia, ini mobil memang tergantung "butt-o-meter" pemiliknya. Kalau sendirian, kalau lewat poldur miring bakal kayak sampan. Nyamannya kalau 3-4 orang aja. Kalau udah 7 orang, lewat poldur kudu pelan, supaya engga mentok stopper saat ngayun ke bawah sebelum rebound. Kabin? So so lah...
Kalau simbah Andy bilang sempit, yaa wajar lah...simbah biasa di kursi goyang yang empuk dan besar, lantas masuk kabin avania, nanti komplen tongkat simbah mau taruh mana...
BTT, coba buat janjian testdrive ketiga mobil itu dulu plus Innova diesel... Subjektivitas jelas dominan disini...
Biasa pakai Kijang Diesel 97, pasti udah terbiasa dengan kabin yang luas, kenyamanan yang memang paten dari Kijang diesel.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
Mmg akan ada bbrp printilan yg bikin kagok klo berpindah dr toyota ke nissan. Spt karakteristik gigi 1 tsb, ada jg yg menotice kecetekan koplingnya. Tp kayaknya itu masalah blm tune-in saja.
Jgn salah, inova diesel pun ga sdikit yg menotice tanaga nya lembek klo buat nanjak. Tp terutama itu klo sblmnya terbiasa dg kekuatan nanjaknya panther sih.
Ok jd kndidat kuatnya adlh inova disel bekas vs GL baru ya. Mginginkan M/T kan? Ga ada minat A/T? bkn di jkt kan ya?
Cm biasanya org justru ingin upgrade dr GL ke inova diesel krn space GL dirasakan minus, utk mengakomodir keluarga.
Jd so far ane vote inova diesel bekas aja deh. Demi ngejar kenyamanan penumpang dr faktor lapangnya. Faktor kelembutan trpaksa ane prioritaskan blkgan aja, krn ga tahan sm sempitnya GL.
Paklik VM, lg2 ini bhw ane memandangnya sbg penumpang ya, bukan yg nyetir.
Masalahnya tu, ini dr sblmnya pengguna kijang kapsul loh...mgkin klo ttgga2 paklik VM itu, tadinya bukan penumpang kijang trus ke avanza, maka no complain sm space nya.
Tp klo yg tdnya penumpang kijang, maka stlh pakai avz kemgkinan besar akan rindu deh dg space kijnagnya.
andy1800 wrote:Paklik VM, lg2 ini bhw ane memandangnya sbg penumpang ya, bukan yg nyetir.
Masalahnya tu, ini dr sblmnya pengguna kijang kapsul loh...mgkin klo ttgga2 paklik VM itu, tadinya bukan penumpang kijang trus ke avanza, maka no complain sm space nya.
Tp klo yg tdnya penumpang kijang, maka stlh pakai avz kemgkinan besar akan rindu deh dg space kijangnya.
Gitu, kali :mky_00: ff_peace:
Leres, mbah...
Rata2 mereka upgrade dari Kisup, Getz..dan yang seangkatan...
Atau...cabinless...alias ex motorist...kayak ane...
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
andy1800 wrote:
Jgn salah, inova diesel pun ga sdikit yg menotice tanaga nya lembek klo buat nanjak. Tp terutama itu klo sblmnya terbiasa dg kekuatan nanjaknya panther sih.
kalo masalah innova diesel lembek di tanjakan baru denger skrg ini om,,
semalam saya jalan ke daerah nanjak pake fortuner diesel 2009, dari dlm kabin terasa nyaman & lembut, mesin juga gak berisik di dalam. tapi pas di tanjakan yg mestinya pake innova bensin bisa gigi 2-3, pake fortuner diesel ini malah minta pindah ke gigi 1,,
kalo mantan kijang diesel ane sih sama,, juga minta pindah ke gigi 1
mesin + karakteristik innova diesel apa jauh beda ma fortuner diesel?
andy1800 wrote:
Jgn salah, inova diesel pun ga sdikit yg menotice tanaga nya lembek klo buat nanjak. Tp terutama itu klo sblmnya terbiasa dg kekuatan nanjaknya panther sih.
kalo masalah innova diesel lembek di tanjakan baru denger skrg ini om,,
semalam saya jalan ke daerah nanjak pake fortuner diesel 2009, dari dlm kabin terasa nyaman & lembut, mesin juga gak berisik di dalam. tapi pas di tanjakan yg mestinya pake innova bensin bisa gigi 2-3, pake fortuner diesel ini malah minta pindah ke gigi 1,,
kalo mantan kijang diesel ane sih sama,, juga minta pindah ke gigi 1
mesin + karakteristik innova diesel apa jauh beda ma fortuner diesel?
oo gitu ya... sukurlah klo ternyata begitu. berarti saya lah yg salah pemahaman pas baca2 trit: Innova kurang kuat di tanjakan, atau pembahasan semacamnya. mgkin yg dikemukakan itu kasuistik sekali ya.
sip deh kalau gitu....berarti makin menguatkan kecondongan ane ke innova diesel
lanjut
andy1800 wrote:Paklik VM, lg2 ini bhw ane memandangnya sbg penumpang ya, bukan yg nyetir.
Masalahnya tu, ini dr sblmnya pengguna kijang kapsul loh...mgkin klo ttgga2 paklik VM itu, tadinya bukan penumpang kijang trus ke avanza, maka no complain sm space nya.
Tp klo yg tdnya penumpang kijang, maka stlh pakai avz kemgkinan besar akan rindu deh dg space kijnagnya.
Gitu, kali :mky_00: ff_peace:
Space Kijang Kapsul diesel hanya bisa disamain ama si Mini Truck Panther, Bahkan kelas Inovapun masih cempiitttt .......... ...
buat keiritan perawatan ya panther no1 filter solar cuman 25 ribu (orisinil) filter olie cuman 35 ribu (orisinil)
isi olie mesin ya cuman 4 liter, ganti olie cuman 125 ribu cukup pake meditran SX ...
cuman rajin bebersih sediment (DIY) sementara mesin puluhan ribu km ngak perlu diservis kecuali kalau udah kletek2 disetel klep aja...
andy1800 wrote:Paklik VM, lg2 ini bhw ane memandangnya sbg penumpang ya, bukan yg nyetir.
Masalahnya tu, ini dr sblmnya pengguna kijang kapsul loh...mgkin klo ttgga2 paklik VM itu, tadinya bukan penumpang kijang trus ke avanza, maka no complain sm space nya.
Tp klo yg tdnya penumpang kijang, maka stlh pakai avz kemgkinan besar akan rindu deh dg space kijnagnya.
Gitu, kali :mky_00: ff_peace:
Space Kijang Kapsul diesel hanya bisa disamain ama si Mini Truck Panther, Bahkan kelas Inovapun masih cempiitttt .......... ...
buat keiritan perawatan ya panther no1 filter solar cuman 25 ribu (orisinil) filter olie cuman 35 ribu (orisinil)
isi olie mesin ya cuman 4 liter, ganti olie cuman 125 ribu cukup pake meditran SX ...
cuman rajin bebersih sediment (DIY) sementara mesin puluhan ribu km ngak perlu diservis kecuali kalau udah kletek2 disetel klep aja...
sepertinya panther bisa juga dijadikan pertimbangan nih om..
saya blm pernah jadi supir panther,, cuma jadi penumpang aja
Hmm, pilihannya udh bagus tuh bro innova diesel 2004-2005. Ini mobil nyaman,bbm lumayan irit,kabin luas pokonya enak bgt deh. Saran ane kalo ambil mobil seken siapain dana minimum 10 jt buat beres2. Namanya mobil umur 8-7 tahun pasti ada aja masalahnya. Apalagi innova tuh biasanya buat "kaki" ama pemilik sebelumnya jadinya jarak tempuhnya dah jauh2
Kalo mobil baru enak jg hampir ga ada masalah. Tapi dgn budget segitu paling dapetnya low mpv atau minibus macam avanza-xenia,ertiga,apv,grand livina, luxio atau evalia. Luas kabin pasti kalah ama kijang si bro dulu. Low mpv biasa kabin agak sempit. Kecuali minibus macam luxio ama evalia ya kalo itu sih kabin gede bgt tapi kan si bro ga demen minibus
Tapi dgn beli low mpv baru si bro bakal dapet mobil yg bebas masalah,irit bbm (kapasitas mesinnya kecil) dan lumayan nyaman
Tapi pilihan tetep di tangan si bro kan si bro yg mo beli. Ane hanya nyaranin aja
andy1800 wrote:Paklik VM, lg2 ini bhw ane memandangnya sbg penumpang ya, bukan yg nyetir.
Masalahnya tu, ini dr sblmnya pengguna kijang kapsul loh...mgkin klo ttgga2 paklik VM itu, tadinya bukan penumpang kijang trus ke avanza, maka no complain sm space nya.
Tp klo yg tdnya penumpang kijang, maka stlh pakai avz kemgkinan besar akan rindu deh dg space kijnagnya.
Gitu, kali :mky_00: ff_peace:
Space Kijang Kapsul diesel hanya bisa disamain ama si Mini Truck Panther, Bahkan kelas Inovapun masih cempiitttt .......... ...
buat keiritan perawatan ya panther no1 filter solar cuman 25 ribu (orisinil) filter olie cuman 35 ribu (orisinil)
isi olie mesin ya cuman 4 liter, ganti olie cuman 125 ribu cukup pake meditran SX ...
cuman rajin bebersih sediment (DIY) sementara mesin puluhan ribu km ngak perlu diservis kecuali kalau udah kletek2 disetel klep aja...
om, memang baris ketiga panther yg hadap depan luas ya?
mohon pencerahan-nya
Jambangan wrote:Hmm, pilihannya udh bagus tuh bro innova diesel 2004-2005. Ini mobil nyaman,bbm lumayan irit,kabin luas pokonya enak bgt deh. Saran ane kalo ambil mobil seken siapain dana minimum 10 jt buat beres2. Namanya mobil umur 8-7 tahun pasti ada aja masalahnya. Apalagi innova tuh biasanya buat "kaki" ama pemilik sebelumnya jadinya jarak tempuhnya dah jauh2
Kalo mobil baru enak jg hampir ga ada masalah. Tapi dgn budget segitu paling dapetnya low mpv atau minibus macam avanza-xenia,ertiga,apv,grand livina, luxio atau evalia. Luas kabin pasti kalah ama kijang si bro dulu. Low mpv biasa kabin agak sempit. Kecuali minibus macam luxio ama evalia ya kalo itu sih kabin gede bgt tapi kan si bro ga demen minibus
Tapi dgn beli low mpv baru si bro bakal dapet mobil yg bebas masalah,irit bbm (kapasitas mesinnya kecil) dan lumayan nyaman
Tapi pilihan tetep di tangan si bro kan si bro yg mo beli. Ane hanya nyaranin aja
antara baru ma bekas memang bikin galau,, (kalau duitnya pas2an )
sukasoto wrote:gimana kalo innova diesel 2005 vs ertiga baru?
Ertiga bagus jg bro. Modelnya lumayan manis. Mesin K14 baca2 katanya lumayan irit. Cuma kabin ya ga gitu luas. Ya cukuplah. Lagipula ertiga mobil baru hampir bebas masalah
Kenapa ane bilang "hampir"?? Soalnya ga semua mobil baru bebas masalah. Contohnya mobil ane. Baru 3 bulan jarak tempuh sekitar 3400an KM rack steering udh mulai bunyi2 kalo lewat jalan jelek. Baca2 ini penyakit bawaan mobil ane
Tapi mobil baru sih emang lebih nyaman. Jarak tempuh jg msh sedikit hehe..
Terserah si bro aja sih lebih baik test drive supaya sesuai dgn ekspektasi kita
sukasoto wrote:gimana kalo innova diesel 2005 vs ertiga baru?
Ertiga bagus jg bro. Modelnya lumayan manis. Mesin K14 baca2 katanya lumayan irit. Cuma kabin ya ga gitu luas. Ya cukuplah. Lagipula ertiga mobil baru hampir bebas masalah
Kenapa ane bilang "hampir"?? Soalnya ga semua mobil baru bebas masalah. Contohnya mobil ane. Baru 3 bulan jarak tempuh sekitar 3400an KM rack steering udh mulai bunyi2 kalo lewat jalan jelek. Baca2 ini penyakit bawaan mobil ane
Tapi mobil baru sih emang lebih nyaman. Jarak tempuh jg msh sedikit hehe..
Terserah si bro aja sih lebih baik test drive supaya sesuai dgn ekspektasi kita
sukasoto wrote:gimana kalo innova diesel 2005 vs ertiga baru?
Ertiga bagus jg bro. Modelnya lumayan manis. Mesin K14 baca2 katanya lumayan irit. Cuma kabin ya ga gitu luas. Ya cukuplah. Lagipula ertiga mobil baru hampir bebas masalah
Kenapa ane bilang "hampir"?? Soalnya ga semua mobil baru bebas masalah. Contohnya mobil ane. Baru 3 bulan jarak tempuh sekitar 3400an KM rack steering udh mulai bunyi2 kalo lewat jalan jelek. Baca2 ini penyakit bawaan mobil ane
Tapi mobil baru sih emang lebih nyaman. Jarak tempuh jg msh sedikit hehe..
Terserah si bro aja sih lebih baik test drive supaya sesuai dgn ekspektasi kita
makasih masukannya om..
nimbrung dikit aja
ertiga 3rd row memang sempit untuk dewasa
share aja
ane pernah 1 tahun pake APV ARENA GX 4AT (2011MY)
puas, no problem , lumayan irit, yg paling worthed ---> muat 8 dewasa enak aja (ga ada comment sempit) serasa bawa bis
paling suspensi depan aja kalau mau agak lembut/natural tinggal lepas stabilizer
bukti bahwa ini pilihan yg menarik, coba aja maen ke bali
mobil ini jadi alternatif angkut bule yg tinggi2 posturnya